Friday, March 13, 2020

LIFE IN TORONTO

Holaaa, pakabarnya dunia? Long time no post....pasti udah ada yang ngintip2 maen ke blog, siapa tau aja ada postingan baru...ye kannn?! *GR tingkat provinsi. Yahh eyah lahh, kalian pasti kangen akan ocehan mamie yang kadang suka banyak info akuratnya, pengetahuan baru dan info2 menarik lainnya. Tul gak? .......krik......krik......( gak ada yang jawab ....hiks! Sedihhhh! ).

Emang kemana ajaaa sihh sampe gak posting apa2 selama sebulan lebih ini? Yahh gak kemana2 juga sih, muter2 di sekitar rumah - kantor, rumah - kantor, repeat, terus aja begitu sampe tua...wkwkwkwk! Lagi males ngeblog, gak ada bahan ceritaan. Mau jalan2 ke luar negeri dicancel semua gara2 wabah Corona yang mendunia ituh. Bahkan jalan-jalan di dalam negeri pun jadi ikutan dicancel pula..hiks! Jadi akuh jatuh terpuruk dalam duka nestapa, lagi berusaha merefund semua yang udah dibayar pake duit hasil tetesan keringat dan air mata darah! wkwkwk...Lebayy nya keluar kalo udah urusan duit. KZL nya sampe ke ubun2. Emosi jiwa bikin cepet tua dan keriput aja nih. Makanya lagi pelan2 berusaha melepaskan...let it go..let it go. Supaya awet muda dan kembali bangkit... Gak cuma gua doang yang merana gara2 Corona, di luar sana lebih banyak lagi orang yang lebih parah nasibnya, gak cuma korban secara materi tapi juga ribuan nyawa melayang. Banyak negara yang udah kasih travel warning, bahkan lockdown kotanya dari turis2, acara2 besar dibatalkan atau diundur,  perekonomian negara dan bisnis pada menurun tajam akibat Corona. Bahkan terakhir pemerintah Indonesia mengumumkan ada 2 orang Indonesia yang positif terpapar virus Corona untuk pertama kalinya, langsung gonjang ganjing deh negara perwayangan ini. Belanja ngeborong bahan makanan dan masker sampe udah gak pake logika lagi. Panic attack! Tapi itu cuma di beberapa daerah Jakarta doang kok, gak secara nasional. Untungnya gua juga masih waras dan santai, gak ikut2an. Tambahan lagi diumumin yang positif corona bertambah jadi 34 orang....otomatis udah gak napsu mau jalan2 keluar negeri dah, walaupun promo tiket murah bertebaran dimana2. Bayangin aja....ke Jepang cuma Rp. 850 ribuan. Mana bakal ada kesempatan begitu lagi seumur hidup...ye kannn?! Yahh, tapi tapi, kalau pulang bawa virus Corona, bisa mati dirajam massa pula. Hadeuhhh....!!! Entahlah sampe kapan kondisi begini. Mari sama2 berdoa.Semoga aja kondisi membaik dan bisa kembali seperti semula deh...Please God, berkati dan lindungi dunia ini....

Nahh daripada sutris gak karuan, jalan2 juga kagak, gua mau posting tentang kehidupan si Alvin di Toronto aja dehh yaaa, biar ada bahan perbincangan...hahahha. Trus memang ada yang request juga sihh kepengen tau kalau setelah dikirim ke Toronto, gimana kehidupannya sehari2. Gak berasa tau2 udah setahun lebih 2 bulan si Alvin tinggal disana. Yah udah, tanpa banyak basa basi kepanjangan, cusss kita kepohin ajaa yaaa....Bagi yang mau lebih kepoh lagi, bisa follow IG atau Youtube nya: @anthonyalvin9. Kalo bisa Subscribe aja dehhh biar kita cepet kaya raya macem si Atta...you know what I mean kannn! wkwkwk...( emaknya yang ambisius nihh! ).

1. TEMPAT TINGGAL
Hal yang paling urgent dan mendasar untuk memulai hidup dimana pun di seluruh dunia adalah tempat tinggal, baik berupa rumah atau apartemen atau apapun itu. Nahhh begitu juga di Toronto, seperti yang udah pernah gua bahas di tulisan pertama saat ke Toronto ( baca disini : JALAN JALAN KE TORONTO ), saat pertama kali nyampe Toronto, si Alvin udah tinggal masuk ke rumah yang udah disewa sepupunya bareng temen2nya. Tinggal bayar sewanya patungan ber 5 per bulan gitu. Range sewa satu buah rumah di daerahnya itu termasuk masih yang termurah dibanding rumah2 tinggal lain atau tinggal di apartemen. Kisarannya dari CAD 2500 - 3000 per bulan. Bangunannya yang di sebelah kiri yaa ( bukan yang kanan....yang kanan itu tempat tinggal pemiliknya ).
Dan karena si Alvin jadi "anak bawang" yang masuk belakangan, dia pun menempati "kamar" tambahan yang dibuat dadakan ( bukan digoreng dadakan bulat-bulat....#eh, itu mah tahu bulat ya..) dari yang tadinya ruang makan, jadi tanpa pintu, cuma disekat tirai kain/hordeng aja. Cuma disediain tempat tidur ( tanpa bantal ) dan drawer meja rias, gak ada lemari.
Si Alvin mengeluh kamarnya gak ada privacynya, orang bisa selanang selonong aja masuk, gak aman juga kalo ada barang2 berharga kayak laptop, duit, hp dll. Trus juga terpaksa harus beli sendiri perabotannya seperti meja, kursi dan lemari, nambah biaya lagi, tapi untungnya cuma buat sekali pengeluaran ini.
Maklumlah, si Alvin kan dapet beasiswa nya dari sebuah yayasan....yaitu mamiefunky foundation yang dananya terbatas, jadi kudu irit bin hemat always and forever whereever whenever! wkwkwk....*mantera ajaib milik mamie seorang....
Anggota rumahnya pun bukan temen2 dia, jadi harus penyesuaian lagi, kadang mungkin aja bisa gak cocok kalau misalnya orang2 itu seenaknya sendiri, minjem2 barang gak pake bilang, jorok, gak mau kerjain bagian dari jadwal piket yang udah dibuat bersama, contohnya yang bagian buang sampah, bisa seminggu gak dibuang2, kan itu bisa bikin ilfill yaa. Apalagi si Alvin sekarang kan suka pake dapurnya untuk masak demi untuk hidup hemat ( ajaran mamie tentunya....hihihihi ), nahhh yang bagian piket di dapur itu gak kerjain bagiannya dia. Wahhh udah deh dapurnya udah kayak kapal pecah ( sempet dikirimin videonya ). Emak2 sih bisa ngejerit kalo liat dapur begitu...hahaha. Gua jadi ikutan emosi jiwa liatnya...kepengen langsung bebenah! Yahh jangankan temen yaa, kadang keluarga sendiri juga kalo tinggal bareng dan jorok begitu kan bikin makan ati tohh? Gak enakkk gitu lohh! Gak mungkin ditegur, apalagi posisi si Alvin paling muda, anak bawang....yahh sutra lahh jadi makan ati sendirian aja tuh!
Terus, jarak rumahnya itu ke tempat kuliahnya pun jauh, jadi masih perlu biaya transport bolak balik. Masih mending sih, ke mall lumayan deket, jadi bisa belanja kebutuhan sehari2 disana. Di sono tuh kagak ada Alfamart atau Indomaret tiap 100 meter kakakkkk! Itulah gua bilang : masih enakan di Indo ahhh, kecap abis tinggal jalan kaki 2 menit udah sampe Alfamart. Gak ada garam tinggal beli. Gak ada makanan tinggal pake Grabfood, banyak promo pula...yee kannn! Disono mah kagak ada sis...bro! Mau nangis kannnn kalo laper! wkwkwk...rasain dehhh yaaa, kalo mamie masak makanya dimakanin....( lhooo jadi curcol....).
Yah mau gimana lagi, namanya aja anak umur 18 tahun, baru dateng ke negara orang yang tanpa ada kenalan kecuali sepupunya itu, yah sementara dia harus bertahan hidup disana, sampai menemukan temen2 yang cocok untuk tinggal bareng dan sewa rumah baru yang lokasinya lebih dekat kemana2, tapi itu pun mentok lagi di harga...ye kann! Arrghh, pokoknya kepala mamie mau pecah deh kalo udah bahas rumah ini. Sementara diskip dulu cari tempat tinggal barunya, liat gimana nanti.....bertahan dulu deh yaa, kuatkan hatimu nak! Be strong!

2. PEKERJAAN RUMAH TANGGA
Sebelum berangkat ke Toronto dulu, si Alvin udah ditraining sedikit buat mengerjakan pekerjaan rumah tangga, contohnya seperti cuci piring, cuci baju ( yang cuma pencet tombol on doang di mesin cuci ), menjemur baju, melipat baju. Udah sih, trainingnya segitu doang...untung gak banyak2 ya. Soalnya, ternyata disana dia menemukan banyak kemudahan yang gak perlu dia kerjakan. Misalnya : cuci baju udah ada pengering nya, gak usah dijemur. Gak tiap hari cuci baju, ada jadwalnya.Terus ada kayak semacam tissue basah gitu yang dicemplungin ke mesin cuci saat mencuci baju, fungsinya biar bajunya gak kusut, jadi gak perlu disetrika lagi. Nahhh...kesenengan dong si Alvin. Ringan kerjaannya. Ngepel pun cuma satu ruangan kamar dia doang, bisa pake tissue basah, gak usah peras2 lap pel. Nah paling yang gak enak tuh, dia kebagian piket bersihin toilet dan kamar mandi. Di rumah aja gak pernah sikat lantai kamar mandi, gak pernah bersihin toilet, entah lah gimana tuh dia kerjainnya disana.... hahaha. Dan kemajuan yang paling mencengangkan adalah sekarang dia bisa masak. Ini karena terpaksa disuruh berhemat sama emaknya....hihihii. Yahhh eyahlah, bayangin aja harganya bisa 10-15 CAD sekali makan sehari, gimana mamak kagak jerit2 : hemat oyy, hematt!!! wkwkwkwk.... Jadilah dia harus kreatif makannya gak Indomie terus, gak telor ceplok terus.
Mau masak pun kompornya pake kompor listrik, bukan kompor gas kayak di rumah kita yang begitu gas nya abis, mamie mogok masak, kagak ngerti cara pasang regulatornya, takuttttt kakak! wkwkwk. Biasa suruh tukang gasnya aja, tapi kalo pas abis gas nya malem2, yah udah ...bubar dapurnya gak ngebul. wkwkwkwk! Disana sih kagak pake acara mati2 listrik macem di Jakarta, jadi aman2 aja. Kapanpun mau masak, selalu ready.
Nahh ini contoh2 makanan yang dimasak sendiri sama si Alvin, dia suka posting di IG storynya dan semuanya bikin ngiler....ya gak sihh?
 Tampilannya udah kayak makanan di cafe yaa...
 Hmmm...apa mungkin tuh anak salah ambil jurusan yaaa? Harusnya ambil jurusan kuliner aja nih.
 Lumayan kann bisa masak nasi plus lauk model begini, dibandingin indomie....
Spagetti ala si Alvin...
Beuhhh, daging biba nya bikin ngiler banget nih..
Tuhh, terbukti kan : bisa karena terpaksa....eh, bisa karena biasa. Entah lah, pokoknya anak2 itu harus diajarin mandiri sedini mungkin, biar hidupnya gak susah dan ribet. Tapi teuteup aja sih, begitu dia banyak kegiatan dan pulang malem2, gak sempet masak, terpaksa beli makan diluar deh.

3. TEMPAT2 MENARIK DI TORONTO
Udah sekitar setahunan tinggal di TO, tentunya si Alvin udah kelayapan ke beberapa tempat menarik disana, diantaranya seperti foto2 yang dia kirimin ini :
Ripley's Aquarium of Canada
Graffiti alley
Sepanjang gang ini tembok2 bangunannya penuh dengan lukisan cat warna warni...
Osgoode Hall
High Park
Tempat ini heits banget kalau lagi musim cherry blossoms....duhhh, padahal ini mah cita-cita mamie mau pepotoan disini, malah si Alvin yang kesampean duluan...
Ini sih di taman biasa aja, tapi fotonya saat autumn, dimana daun2 pohonnya berwarna merah merona, kuning dan orange. 
Downsview Park
Saat menjelang Halloween, banyak labu berwarna orange ...trus ada cerita receh dari foto bertiga bareng temennya ini. Katanya mereka dihubungi oleh sebuah agency yang menawarkan mereka untuk jadi model. Iyahhh, model! Gua pas diceritain pun kagak percaya, dan bilang itu pasti mau nipu agencynya, jangan polos2 dan tergiur sama tawarannya. Ehh bener aja, begitu dihubungi balik, agencynya sepertinya minta bayar semacam agency fee gitu kali ya....Entahlah, gua gak ngerti, tapi yang jelas, masa sihh keturunan mamie bisa jadi model? Gendut gituu....wkwkwk....
Nathan Phillip Square
Padahal cita-cita emaknya kepengen foto disini waktu itu, ehh cuman kita kesini malem2, fotonya blur gak jelas dan turun hujan pula. Arrghhhh......begitu si Alvin kirimin foto disini, emaknya langsung ngomel2 kepengen balik lagi....hahaha
Trillium Park
Bahkan si Alvin balik lagi ke Niagara Falls, ikut acara retret dengan teman2nya. Setahun bisa 2 kali balik kesini di musim winter ...ck ck ck....
Christmas Market at Distillery Historic District
Christmas vibes
Jalan-jalan ke Christmas Market saat Christmas time tahun 2019 lalu...
Keliatannya seru dan asik yaa suasananya....
Dateng ke Toronto pertama kali pas salju dan sekarang udah melewati winter lagi...setahun sudah...dimana kalau udah lagi badai salju tuh dinginnya gak kira-kira, menusuk tulang. Untung aja si Alvin kuat yaa....
View ke arah Toronto Tower yang menjadi icon building kota Toronto.

4. LAIN-LAIN
Kerja paruh waktu, nahhh, enaknya tinggal di TO tuh, anak2 kuliahan bisa aja bekerja paruh waktu mencari uang jajan tambahan. Jadi begitu ada kesempatan kerja, gua suruhlah si Alvin kerja, biarpun itu cuma sebagai tukang cuci piring paruh waktu. Yahh prinsipnya gua sih kerja apa aja pokoknya yang bisa buat cari pengalaman dan anak bisa tau serta bisa merasakan susahnya cari duit. wkwkwk. Kasiannn yaa jadi anak mamiefunky.....Gak lah, memang harus dididik mandiri, hidup itu keras nak! Mental kamu harus siap, tidak selamanya hidup itu manis dan gampang2 aja. Ada pahitnya, ada susahnya. Jadi begitulah, setelah dia bekerja beberapa lama, dikirimin lah slip gaji pertamanya ....Nahh lumayan kannn! Walaupun cuma sebentar, setelah itu dia balik sibuk kuliah dan gak kerja lagi, yang penting judulnya : udah pernah merasakan gajian, udah pernah dapet duit dari hasil kerja sendiri. Eh abis itu, habis buat shopping beli apa lah apa lah...*emaknya elap keringet. Capee deh! Besok2 minta duit lagi sama yayasan mamiefunky foundation....hahaha,...
Makanan Indo, kadang gua suka penasaran, di Toronto itu ada yang jualan nasi padang gak? atau makanan khas Indonesia...ternyata ada lohh! Ada yang jual mirip2 nasi padang juga disana.....paling gak bisa mengobati kangen makanan Indo nya si Alvin...
Ayam goreng kremes pun ada disana...asik juga kannn. Kadang suka ada bazaar yang diadain KBRI yang isinya kuliner Indo semua kayak sate ayam, somay, mpek2, dll ,jadi kesempatan deh si Alvin pergi kesana khusus mau cari makanan2 yang udah lama dia gak makan. Harganya pun yahh terhitung mahal lah kalo udah dalam Canada dollar sih...di Indo misalnya Rp. 20 ribu, disana bisa CAD 7,5 atau sekitar Rp. 80 ribu....*kejengkang pingsan kannn?! Hueeee....kalo udah pensiun, mamie mau buka resto Indonesia aja disono ahhh..
Resto favorit,  di sana ada satu buah resto masakan Philipina, yang menu nya itu mirip semacam nasi liwetnya Indo, yang semua makanannya ditebar di atas daun pisang. Nama restonya Tinuno. Ini termasuk resto favorit si Alvin, sering banget makan ke sana. Gua sih mikir, disana kok bisa supply daun pisang nya ya? Perasaan gak liat perkebunan pisang, apalagi kesono pas winter...hihihi. Atuh kalo import daun pisang, pasti mahal dong jualnya...ya gak?
Mau dibaptis, oh iya, si Alvin lagi proses mau dibaptis nih, jadi dia mengikuti pelajaran agama Katolik dari tahun lalu dan kemungkinan akan dibaptis saat Paskah tahun ini. Selamat ya nak, kamu sudah di jalan yang benar...hehehe. Karena mamie dan papinya aliran liberal, sengaja gak baptis dia dari bayi, supaya bisa memilih sendiri keyakinannya saat sudah dewasa. Menurut kita, itu kan udah hak asasi seorang anak, jangan sampai nanti udah gede malah terpaksa menjalaninya karena hak pilihnya udah dicabut orangtua dari bayi. Dan inilah pilihannya sendiri. Good job!

Urusan pergaulan, si Alvin bilang agak susah cari teman seumuran disana. Pertama, di kampusnya itu kebanyakan sekelas dengan orang2 yang udah bekerja, udah senior. Jadi ngobrolnya gak nyambung. Terus kebanyakan juga orang India yang kuliah disitu yang mereka udah punya komunitas sendiri. Paling ada mahasiswa international dari Korea, itupun satu dua orang, sisanya orang negro, jarang yang bule Canada. Yah iyah lah, bule Toronto nya kebanyakan mungkin ke University dong ya kuliahnya. Kan murah tuh biaya kuliah kalo citizen mah. Jadi temennya gak ada yang bule. Sekalinya ada pun mereka bule2 sana gak mau bergaul sama orang Indo...sedikit rasis hah? Entahlah....Jadi yah paling si Alvin ikut futsal dan basket di kampusnya, yang itupun gak rutin dan berenti pas winter karena faktor cuaca. Trus ada ikut perkumpulan mahasiswa Indo juga, dan paling ketemu temen di gereja. Yah seputar begitu2 aja pergaulannya, susah katanya mau cari orang yang bisa dijadiin sahabat . Jadi bener2 yang mentalnya harus kuat banget bisa bertahan disana, karena apa2 dikerjain sendiri, gak ada yang bisa dimintain bantuan. Hikss....gak kebayang yaa!

Gimana kalau sakit? Beruntung banget si Alvin jarang sakit, paling meriang2 dikit, minum panadol, atau tolak angin terus istirahat tidur seharian juga udah langsung membaik. Kalau sampe parah, bisa ke klinik deket rumah. Paling bingung makanannya aja kalo pas sakit. Gak ada yang masakin, mau pesen bubur mahal, gak napsu makan pula. Disitu kadang akuh merasa sedihhh!

Cashless, orang2 di TO tuh semua rata2 gak bawa duit cash, semua tinggal tap kartu, mau naek mrt, bus, udah tinggal tap kartu Presto. Mau belanja tinggal tap debet atau credit card. Jarang bayar2 pake cash. Makanya si Alvin juga gak punya duit sama sekali di dompet nya....hihihihi.

Scam, gua pikir di negara maju sana gak bakal ada scam2 lewat telepon kayak di negara berflower warga +62 yang maha benar itu...ternyata ada dan korbannya si Alvin dong! *mamak menjerit histeris. Ceritanya si Alvin dapet telepon yang ngaku dari petugas imigrasi atau apa lah gitu, yang minta ditransfer sejumlah duit ( lupa berapa..kayaknya CAD 250...setara dengan Rp.2,7 jutaan deh ) dengan ancaman kalau gak ditransfer nanti ijin tinggalnya dicabut atau dipersulit atau gimana gitu deh, gak jelas juga gua ceritanya si Alvin waktu itu. Dan dengan polos2nya, tanpa tanya2 atau cerita2 ke temen2 serumahnya, tanpa cerita ke gua, si Alvin maen transfer2 aja tuh ke rekening itu orang. Yahh udahh, byeee! Duit melayang....apa2an coba?! Gilaa kannn...Di dunia ini mana ada yang aman?! Tapi gua masih gak percaya, si Alvin gampang amat dibohongin orang begitu?! KZL dengernya...*mamak gulung lengan baju, asah golok. wkwkwkwk. Gileee, cari duit susah, eh malah kena tipu gampang banget. Besok2 dia suka cerita, ditawarin ini lah , itu lah, gua langsung skeptis dan bilang : gak usah ikut! Gak usah...Gak usah...Gak usah...pasti kamu ditipu! hahaha...Si Alvin kadang kesel juga sih, gua menyamaratakan semua hal yang harus bayar2, pasti tipu2 punya.  

Kurus mendadak, Gilaaa, gua kaget waktu dikirimin foto, tau2 si Alvin kurus banget. Katanya berat badannya turun sekitar 10 kilogram. Yahh ampunn, kenapa? Emangnya diet? Bukannya disana makannya enak2? Kok malah kurus? Baju dan celana nya semua kedodoran. Dia bilang gak napsu makan, udah bosen sama makanan disana. Terus banyak tugas kuliah, bikin dia stress gak napsu makan. Bahkan liat Indomie goreng kesukaannya aja jadi udah eneg duluan saking terlalu sering. Sampe kita suruh dia ke dokter. Tapi emang jadi ortu tuh serba salah sih ya. Dulu waktu di Jakarta, si Alvin selalu kita bilangin jangan makan kebanyakan, badannya udah gede banget, sampe ukuran baju berubah semua. Segala macem dimakan. Sekarang, pas tau dia udah kurusan, kita suruh2 dia makan yang banyak. Halahhh....bingung! Yang penting selalu jaga kesehatan....kesehatan itu nomor satu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sakit itu mahal anakku! Tapi banyak yang bilang, dengan berat badan dia yang segitu, malah lebih bagus, gak bengkak kayak yang sebelumnya. Hmmm, ada hikmahnya juga yaa kurusan tanpa diet.....

Gunting rambut mahal , Kalo di Jakarta, si Alvin bisa potong rambut sebulan sekali karena rambutnya tebel dan cepet panjang. Enak sih di Jakarta mah paling cuma Rp. 20 ribu. Lhaaa, begitu mau gunting rambut di TO....minimal CAD 30, atau Rp. 300 ribu! Bujuggg dahhh! Kalo gitu sih kuncir aja dah rambutnya, biarin panjang. Potongnya setengah tahun sekali aja....wkwkwkwk! Atau mungkin beli razor sendiri, potong sendiri? Jadi harus punya budget tersendiri nih khusus buat gunting rambut.
Ahhhh, pokoknya disana apa2 serba mahal. Gak bisa dibandingin dehh sama harga2 di Indo. Bisa sakit jantung! hahaha...Terlebih lagi dikirimin artikel sama si Alvin yang menunjukkan data bahwa hidup di Toronto itu udah serba mahal.
Apa2 mahal.....Hueeeeeee....apa kita salah kirim anak kita ke Toronto ya pap? *ngomong ke si Papoy....krik krik krik....gak ada jawaban.
Cepet lulus ko! Cepet lulus!  Cepet cari kerja! Kerja! Paling cuma itu doang dehhhh mantera mamie saat ini...hahaha *stress anaknya.

Yah udah segitu dulu yaa bocoran hidup di TO....sampe nanti ada cerita2 lainnya....Mamie mau pacul2 tanah dulu, barangkali nemu sebongkah berlian.

Babay Ciaobella!

Eh iya, yang mau baca cerita jalan2 mamie waktu ke Toronto, silakan klik di bawah ini :
Jalan jalan ke Quebec
Jalan jalan ke Montreal dan Ottawa
Jalan jalan ke Niagara Falls

Monday, January 27, 2020

NEW YEAR, NEW HOPE IN 2020

Astagaaa nagaaa.....
Ini yang punya blog kemanaaa cobaaaa? Bulan Januari sampe udah mau berganti bulan aja, blog nya kagak diupdate2. Hikss! Akuh sibukkkk.....*sibuk latihan Tik Tok....wkwkwk! You know kannn, kalo kagak ikutan maen Tik Tok tuh berarti kagak gahul, gak kekinian, bisa-bisa dicoret dari anggota geng. Jadi harus latihan yang giat, biar perfect hasilnya. Halahhh! *mamie mulai ngaco.
Kagak dingg...akuh tuh lagi sibuk menata hati, biar kuat menghadapi tahun 2020 ini yang belom apa2 udah ditimpa musibah bertubi-tubi, bikin berat banget rasanya buat melangkah di tahun yang baru ini....tsahhhh! Drama apalagi nihh Maria?!

Ceritanya dimulai dari malam tahun baru, tanggal 31 Desember 2019, cuaca udah jelek banget, udah hujan geledek dari sore. Memang kita kagak ada rencana ngapa2in, cuma makan malam bersama aja dirumah. Kita udah males kalo harus keluar rumah, males kena macet, males kalo harus antri makan, pokoknya dirumah aja lah, paling nonton TV. Selesai makan malam, si Miko pamit mau pergi sama temen2nya, katanya mau ngerayain malam tahun baru bareng. Alesannya, abis ngapain di rumah, mami papi paling juga tidur. Gak asik kalo malem tahun baruan di rumah. Gitu katanya.Yahh eyah lahh, emangnya mau ngapain lagi? *ketauan generasi tua. Emangnya ngerayain tahun baru harus keluar rumah apah? Akhirnya gak bisa dilarang, padahal ujan masih turun, tapi dia nekad aja pergi naek motor. Meninggalkan gua dan si Papoy yang entah mau gimana ngerayain malam tahun baru ituh.
Ditinggal tidur aja lah, walaupun ditengah malem kebangun gara2 orang pasang petasan jedar jedor kayak bom di sekeliling komplek. Gak berhenti2 tuh petasan sampe sekitar 1/2 jam. Ck ck ck...masih rela yah bakarin duit? Lanjutin tidur lagi dehh abis itu. Eh, ternyata hujannya semaleman semakin deras dan gak berhenti2. Pas paginya ngintip dari jendela kamar, lho lho lho....kok di halaman depan rumah udah tergenang air, warna coklat pula. Huaaahh, itu coklat gara2 tetangga persis sebelah rumah baru bongkar kebunnya, jadi tanah merahnya kebawa hanyut sama air hujan.
Ternyata banjir sodara2! Siapa yang nyangka ini bakal terjadi? Dalam sejarahnya, kagak pernah air itu sampai masuk ke dalam komplek rumah kita. Duhhhhh, mimpi apa semalem yaa?
Langsung si Papoy juga meninjau ke depan komplek, malah lebih parah, airnya udah setinggi paha orang dewasa. Beliau malah sempet foto2 segala.
Dan tahu gak? Si Miko kan semalem pergi, dia belom pulang!! *histeris.  Mamie udah panik, telepon gak diangkat2, WA gak dijawab2, DM di IG juga gak dibaca. Yalordddd....otak udah tuing2 sakit kepala mikirin kemana tuh anak. Masalahnya dia kan naek motor, kalo jalanannya banjir begitu, gimana dia bisa lewat? *mamie sih mikirin motornya. wkwkwkwk. Kagak ding, mikirin anaknya lahhh! Dia kan kecil, imut, pegimana kalo sampe harus dorong2 motornya pulang? Gak kebayang! Hadeuhhh....itu anak nyiksa emaknya amat ya.

Udah lahh, dipikirin gak ada abisnya, udah gak ngantor, jadinya di rumah nonton TV seharian, nontonin berita kebanjiran dimana2, hampir seluruh wilayah Jakarta, di Bekasi dan Bogor juga. Yalorddd! Bener2 tahun baru yang berkesan. Persis di tanggal 1 Januari 2020 kejadiannya. Dan pas tengah hari, si Miko baru telepon kabarin kalo dia nginep di rumah temennya. HP nya hang gak bisa kasih kabar. Tadi pagi dia udah berusaha pulang, tapi jalanan banjir, jadi dia balik lagi ke rumah temennya itu. Yah akhirnya gua suruh dia tunggu surut aja baru pulang. Jam 3 sore baru deh dia sampe rumah. Hadeuhhhh Mikkkk....cepet tua nih mamie kalo kamu pergi ngilang gitu!

Besoknya tanggal 2 Januari 2020 masih banjir, di depan kantor malah sedengkul banjirnya. Ini fotonya persis di depan gerbang RCTI, dikirimin sama temen kantor gua yang udah nyampe di situ jam 7 pagi, saat gua belum berangkat kerja. Yah udah dikirimin ke group WA, diputuskan kantor diliburin. Yeayyy! dapet tambahan libur lagi sehari. hahaha....*ada hikmah dibalik musibah.
Dan gua bener2 bersyukur banget, yang banjir cuma di jalanan depan komplek rumah kita aja, gak sampe masuk ke rumah, gak sampe parah. Listrik pun masih nyala. Di tanggal 2 Januari 2020 sore, airnya sudah surut dan kering. Aneh banget deh, kayak gak terjadi apa2...udah macem kena tsunami, yang tertinggal sampah dan lumpur. Seperti mimpi aja.
Yalooorrrddd, gua sih udah gak komplen2 lagi deh, udah bersyukur gak habis2nya. Dibandingin di tempat2 lain,  rumah kebanjiran berhari2 sampe ada yang seminggu loh banjirnya kagak surut2, perabotan kerendem, listrik mati. Lengkap sudah penderitaannya. Bisa stress level dewa itu sihh!

Terus, warga kompleks kita kan ada acara arisan ibu2, udah rencana tanggal 4 Januari 2020 mau adain acara kumpul2 seluruh warga beserta keluarga buat rayain tahun baru. Udah ketar ketir juga takut banjir lagi, untunglah akhirnya terlaksana juga walaupun disiram hujan pas acara. Kita pesan paket nasi tumpeng komplit yang rasanya maknyus. Ditambah cemilan pisang dan kacang rebus plus buahnya jeruk dan salak.
Setelah itu, hari2 selama bulan Januari diisi oleh hujan....panas...hujan...panas, gak menentu cuacanya. Mau menyambut Tahun Baru Imlek juga udah gak semangat, gak ke mol, gak beli baju baru. Beli angpao juga order di Tokopedia...*lagi2 ngiklanin Toped.

Yahhh, perayaan Sincia tahun ini juga biasa2 aja, kebawa suasana males, gak semangat gitu. Paling cuma bisa keluarin pohon meihua, tinggal hias2 pake angpao dan lampion kecil.
Males mau dekor2 rumah juga, karena kagak bakal ada yang ke rumah kita kalo Sincia. Kita kan tim pemburu angpao, kita pasti akan beredar ke rumah sodara. Nanti deh, kalo udah saat nya jadi orang yang "di tua kan", baru deh open house, baru dekor2 rumah....hehehe.
Ditambah lagi 2 hari menjelang Sincia, hujan berturut2, bikin suasananya gloomy2 dan bener2 ambyar rasa Sincia tahun ini. Tapi teuteup harus bersyukur sih. Kiriman kue dari cici ipar gua masih nyampe setiap tahun. Kue lapis legit bangka yang maknyus itu, temen ngopi setiap hari. Kue nastarnya juga top markotop, plus kue sagunya. Terus dikasih wine dari temen kantor
Dan lumayan dari supllier bengkel ada yang kirim parcel kue kering. Daripada kagak ada...ye kann!
Ehh, yang surprise tuh malah dikirimin kue bolu gulung dan bolu ciffon dari temen specialnya si Alvin. Mamie mah pokoknya harus selalu bersyukur dehh...Rejeki gak boleh ditolak.
Pas hari H nya, tentunya kita meneruskan tradisi dari dahulu kala. kionghi pai2 istri kepada suami
Senyuman akan merekah saat angpao ditebarkan....wkwkwk! *ketauan mamie matre!
Anak juga wajib kionghi kepada orangtua.
 Tinggal satu anaknya....sepiii yaaa...
 Lepasin gak nih angpaonya?
Kita memasuki Tahun Tikus nih...makanya angpaonya jadi bisa pake gambar si Mickey & Minnie Mouse. Lucu yaa...
Ucapan2 yang beredar di WA juga kreatif2 dan bagus2 menurut gua. Contohnya kayak gini nih.
Seperti biasa, ritual paipai udah kita lakukan di rumah pagi2. Setelah itu baru deh kita mulai beredar.
Jadwal beredar kita di Sincia tahun ini berkurang 2 rumah, karena kedua pemilik rumah itu meninggal di tahun kemaren, jadi biasanya, di rumah yang ditinggalkan itu anggota keluarganya tidak menjadikan rumahnya tempat berkumpul yang sifatnya happy2 gitu, termasuk dalam momen Sincia ini. Yahh udah, berkurang dehh kunjungan kita tahun ini.
Yang pasti, gua ke rumah mama gua dulu. Agak kesiangan sampe sana karena tol Cibubur macet banget akibat ada pelebaran jalan plus hujan. Masih sempet bertemu sodara2 yang dateng kesini, jadi foto2 dulu dong yaa.
 Sebenernya keluarganya keluarga besar, cuma keluarga kita mencar2, dan gak ada tradisi dikumpulin satu tempat gitu biar ngumpul semua. Udah gak ada sesepuhnya sih yang ngatur, jadi udah generasi ke dua dan ketiga pada suka2 dewek, mau dateng2, mau kagak ya udah...masa dipaksa.
Abis itu, ke rumah Popoh gua yang baru ulangtahun ke 101 di tanggal 1 Januari kemaren. Karena banjir jadi gak bisa dateng ke rumahnya deh waktu itu. Semoga sehat2 aja deh si Popoh.
Itupun gak lama2, karena khawatir hujan deras, jadi sebelum hujan kita udah pulang dulu. Bener aja, pas udah di mobil langsung hujan deras tak terkira. Ampunn dehh...

Lanjut sorenya balik ke Jakarta, menuju ke rumah cici ipar gua, jadi terminal terakhir acara perayaan Sincia tahun ini.
Udah gak foto2 makanan lagi deh, udah kenyang dan kue2nya sejenis juga di setiap rumah yang gua datengin. hahaha. Hayoo ada yang tau gak, kue semprong yang mana? Anak2 jaman now tuh rasanya udah gak ngerti dan gak doyan juga kue2 jadul gitu. Anak gua juga begitu soalnya. Dari semua toples ini, gak ada yang bikin si Miko ngiler kepengen makanin. Dia mah cuek aja liat kue2 begitu banyak. Gak ada yang dia doyan soalnya.
Mumpung masih ada hawa2 Tahun Baru Imlek, kita mau ucapin : Kionghiiiii! Gong Xi Fa Cai buat yang merayakan....*tebar angpao.
Entahlah, kok kayaknya di tahun 2020 ini di awal tahun aja udah begitu berat yaa? Banyak masalah banget kayaknya di seluruh belahan dunia, gak cuma banjir Jakarta doang deh. Kebakaran di Australia aja juga parah banget, sampe entah berapa juta kangguru dan koala yang hangus terbakar. Kasian bangettt! Gimana kalo hewan2 itu punah? Akuh kan belom sempet ketemu mereka? Belom lagi liat para pemadam kebakaran yang sampe cemong2 mukanya bekerja tanpa mengenal lelah, semua volunteer yang turun tangan membantu juga bikin hati jadi trenyuh liatnya.
Dan yang baru2 ini terjadi dan viral banget tuh soal virus Novel Corona yang beredar di Wuhan China dan udah nyebar ke beberapa negara. Virusnya parah banget dan liat video2 yang beredar, bikin ngeri dan takut banget. Kejadiannya kayak di film World War Z yang orang digigit zombie, terus satu kota berubah jadi zombie semua. Halahhhh! Udah kayak film Train to Busan...pokoknya segala macem film sejenis yang dibikin sama manusia yang kepikir begitu, ternyata bisa kejadian di dunia nyata dan sekarang terjadinya. Gila gak sihh?! Seremmm liat orang pada ambruk di jalan2, ada yang kejang2, dan keluarga juga pasrah gak bisa nolongin karena bisa terpapar virus juga. Dokter dan suster di RS juga udah kerja rodi siang malem sampe mereka stress, bahkan direktur RS nya sendiri akhirnya meninggal karena virus itu. Yalorddd! Virus nya bahkan 8x lebih cepat perkembang biakkannya dibanding SARS yang pernah beredar juga beberapa tahun lalu...*tepok jidat. Udah gila dehh pokoknya! Dan ujung2nya? Nasib jalan2 gratis gua dari kantor yang mau ke China di bulan April, akhirnya dibatalkan dan diputuskan kagak ada jalan2 ke luar negeri tahun ini, ditunda sampe tahun depan. Bad news! Di bulan Maret gua juga mau jalan2 ke luar negeri, jadi maju mundur syantik nihh. Takutttt! Tapi semua udah dibooking, udah dibayar! *lemes, tak berdaya. Mau marah kesiapa coba?!
Pasrahhh! KZL!
Terus, pagi ini beritanya si pemain basket Kobe Bryant diberitakan meninggal dunia karena kecelakaan helikopter bersama anaknya. Whattt?! Pokoknya tiap hari beritanya cetar2 menggelegar bikin jantungan dehhh! Kadang bikin melongo....macem si Sunda Empire....belom tau kan? Cari deh beritanya. Itu tuh laknat banget, bikin ngakak so hard, bikin otak lo bakal kebalik2.

Ahh udahlah, dijalanin aja hidup ini, pokoknya di Tahun Tikus Logam ini, semoga aja semuanya berjalan lancar, sehat2 selalu dan rejeki mengalir terus deh.  Aminnnn.

Pas nemu quote bagus nih, lumayan bisa bikin semangat :

Don't cry over the past, it's gone.
Don't stress about the future, it hasn't arrived.
Live in the present and make it beautiful.

Ini cerita Sincia ku, apa cerita Sincia mu?

Sampe ketemu Sincia tahun depan....Babayyy Ciaobella!