Saturday, August 25, 2007

SANG JUARA

Setiap orangtua pasti kepengen dong kalo anaknya berprestasi, ga muluk2 deh, yah paling ga di kelas bisa dapet rangking yang bagus. Gua pribadi sih ga terlalu pusingin soal prestasi2 begituan, dalam arti gua ga maksain ke anak gua bahwa dia harus berprestasi, harus beginilah, harus begitulah. Karena berdasarkan pengalaman pribadi gua sendiri neh, selama masa sekolah gua rasa2nya rangking 1 (paling apes juga rangking 2 or 3) mah udah langganan tiap cawu or semester (hihihi nyombong dikit!). Tapi apa kenyataannya sekarang? Gua malah lihat dan denger, rata2 temen2 gua yang dulu di sekolahan biasa2 saja, kaga rangking 10 besar, yang suka nyontek sama gua (hehehe),kaum seleb di sekolahan, yang suka hura2 dan haha hihi, malah kehidupan mereka itu lebih sukses (dalam artian : jadi orang kaya dan sukses dan ngetop!!!). Hehehehe, parah kan? Tapi gua anggap aja itu takdir dan hoki mereka masing2 di dunia ini..Caelaaa...dalem neh!Ya abis, mau bilang apa..emang gitu kok kenyataannya. Dunia ini memang kejam! hehehe..
Kalo dipikir2 bisa stress sendiri, knapa bisa begitu..kok ga adil ya?Kok begini ya , kok begitu ya..aaaah cuapeee deh. Makanya jangan dipikirin, percaya aja sama Tuhan kita masing2. Setiap orang di dunia ini pasti punya jalan masing2 buat mencapai kesuksesannya. Malah gua sekarang percaya banget kalo orang tuh berhasil karena 10% dari kerja keras, 90% yah karena si hoki itu tadi!hehehe, ini sih pengalaman pribadi loh...ga usah didebat!
Oleh karna itu lah, gua kadang2 selalu ngasih "dispensasi" ke anak2 gua kalo mereka merasa males ke sekolah akibat kecapean sehabis jalan2 misalnya. Ato kadang2 ada PR yang dia ga bisa jawab, gua bilang aja, ga papa lah ga bisa ngerjain PR juga, nyontek aja sama temen kamu (hahaha dasar mami gelo!)Abis dah kepepet. Ato ulangan dapet 50, gua masih maapin dan cari tau kenapa anak gua ga bisa kerjain. Paling cuma gitu aja, tanpa tuntutan : Kamu harus dapet 100! Paling juga cuma bilang, laen kali belajarnya lebih rajin ya, ato ga : emang susah yah pertanyaannya,mami juga ga bisa neh..hehehe.Gitu doang. Lagian kurikulumnya juga menurut gua kecanggihan buat jaman sekarang.Emang ga bisa dibandingin juga sama jaman gua dulu sekolah sih! Jaman rikiplik tea. Tapi kalo sampe gua sebagai ortunya aja ga bisa kerjain PR anaknya, apa bukan susah namanya? Pernah gua sampe ikutan frustasi bareng anak gua gara2 pelajaran sempoa yang bagi anak gua susahnya setengah mati.(menurut gua juga sih!).Seumur2 gua ga pernah belajar sempoa, tapi berkat sekolahan anak gua, gua jadi tau belajar sempoa tuh kaya apa. Susah bo! Pantesan anak gua dapet gocap mulu!hehehe, maminya aja kaga bisa! Yah, dispensasi lagi..gua bilang aja ga papa lah, nanti juga kamu ngitungnya pake kalkulator! Tuh kan...selalu ada alasan buat ngasih "support" ke anak gua..hehehe. Sesat ya..Don't do it at home!!
Makanya gua anjurin ke anak2 gua buat maen sepuas2nya. Mumpung masih masanya bermain, yah mainlah puas2. Anak2 gua ga ada tuh yang ikutan ngeles Inggris, or Mandarin, or Musik, or apapun...(hehehe,maminya pelit kali?). Pokoke sekarang mah tugas mereka sekolah sambil bermain.Tapi kadang2 gua suka streng juga kok, malah ditambah pake ngomel kalo anak gua males2an.Takut jadi kebiasaan sampe gede. Ga tau deh, jadi orangtua kadang ribet juga. Anak dikerasin malah berontak, dilembutin malah manja. Jadi harus gimana dong? Yin dan Yang lah kali.Balance.
Satu hari Alvin ikutan lomba di Ancol dalam rangka pertandingan antar sekolah. Tau ga lomba apa? seumur2 gua juga baru tau neh, yaitu lomba menggiring kentang! Sampe gua tanya lagi tanya lagi..apaan sih tuh? Taunya kentang didorong2 doang sambil berlari, itupun estafet, berkelompok sama temen2nya. Kalo ga salah dapet juara I deh..(sori,ga inget!). Trus, waktu perayaan hari Kartini di sekolahnya, Alvin ikutan lomba pakaian daerah tuh dan menang jadi juara I .Trus diliput media lokal di daerah gua dengan fotonya terpampang disitu! Hehehehe, coba siapa yang ga bangga tuh? Walopun bukan prestasi akademik dan lombanya agak "sepele" mungkin, tapi bagi gua (yang seumur2 ga pernah dapet piala!),ternyata anak gua hebat juga! Yah paling ga, bisa jadi kenang2an buat dia. Sukur2 kalo prestasinya lebih dari itu. Tapi mami ga paksa loh, be yourself! I love u just the way u are. Go Alvin Go!


No comments:

Post a Comment