Friday, March 28, 2014

SAMARINDA TRIP

Holaaa apa kabarnya duniaaaaa? celingak....celingukk....Pada kemana yeuhhh?! I am back......setelah sekian lama sibuk autis sendiri, eh bisa juga nih gua kangen kepengen eksis lagi dimari. hahahaha...susah emang kalo udah bawaan dari sononya begitu,...Sebulan kemaren rasanya ogah banget deh buka-buka blog, boro-boro browsing, urusin blog sendiri aja telantar...kagak sempet melulu. Sibuk sama peliharaan...hehehhe

Kali ini ceritanya kan udah lama nih gua kagak pergi keluar kota dalam rangka kampanye caleg, tugas kenegaraan ....sigghhh, tau-tau bulan ini udah harus menjelajah wilayah Kalimantan Timur, tepatnya ke kota Samarinda. Hmmm..emang sih kunjungan kesini bukan untuk yang pertama kalinya, ini baru mau yang kedua kali. Dan begitu denger harus pergi ke Samarinda, bawaannya tuh udah males duluan. Kenapa? Soalnya, di Samarinda.kagak ada bandaranya, jadi kita naek.pesawatnya harus ke Balikpapan dulu karena airportnya adanya disitu. Abis itu lanjutin lagi naek mobil dengan jarak tempuh sekitar 3 jam, baru deh nyampe Samarinda. Tuhhhh....males bangeett kann! 


Jadi nihh pas hari H nya, dari.subuh mah udah nyangkut di airport Soekarno Hatta, dan sukses tiba.di Samarindanya jam 4.30 sore. Ck.ck.ck....perjuangan banget lah.pokoknya. Yahh emang sih di mobil kerjaan gua cuman duduk doang terkantuk-kantuk, tapi kan teuteup diitungnya perjuangan! ( bela diri....). Karena lama nyampenya....Untunglah tadi pas makan siang udah disumpel dulu perutnya sama sepiring kepiting masak lada hitam ala Resto Kepiting Kenari di Balikpapan. Dulu pertama kali gua kesini ( sekitar taon 2005 ), diajak makannya disini juga. Dulu mah ramenya minta ampun , sampe harus antri kalo mau makan. Eh kali ini, restonya sih emang udah bagus dan kinclong, tapi pengunjungnya udah banyak berkurang. Banyak yang pindah ke resto kepiting Dandito yang pas gua lewat aujubilaah ramenya, sampe gak bisa parkir.  Nih foto pesanan kita, kepiting lada hitam :
Menurut gua sih yang rekomended yah yang lada hitam ini. Sebenernya kita pesen dua macem , satu yang lada hitam, satunya lagi yang saos tiram. Tapi yang saos tiram rasanya kurang maknyusss! Sekalian gua kasih sama harganya deh nih....jadi kalo kesini siapin duit yang banyak yaa...
Disini kita nginep di hotel Aston. Kebetulan malam itu ada acara Monster Food yang memamerkan beberapa jenis makanan dalam ukuran jumbo dengan thema Monster Food.
Nahh, lomba makan burgernya tuh harus kuat abisin burgernya yang segede bagong itu. huahhhhh, gede banget yahh dibandingin sama ukuran normal yang di sebelahnya.
Kayak gini deh suasana lomba makan burgernya. sepi banget yahhh? hahahaha....itu para pesertanya kalo gak salah sih para petinggi hotel dan beberapa undangan dari media. Sebenernya gua kepengen ikutan lomba ini ...kan kursinya masih kosong tuh. Cuman sayang, MC nya nawarin lomba ini khusus buat bapak2 doang. Dipikirnya ibu2 mah pada jaim kagak pada mau ikutan. Huhhh....coba tawarin ke gua yaaa! wkwkwkwk...Gua sih mau mau ajaa...sebagai peramai suasana doang. Padahal mah ntar kalo udah segigit dua gigit langsung teler kekenyangan. hehehehe...Pemenangnya mas mas baju hitam dari Kaltim Pos ...( sesuai deh sama bentuk tubuh..). Jangan-jangan dia udah persiapan puasa tiga hari tiga malem tuh buat ikut lomba ini? hahahaha
Dan ini beberapa jenis makanan yang lainnya yang ukurannya guedeee....kita para tamu juga boleh icip-icip kok....
Tapi entah kenapa yahh...kalo ukurannya guedee begini, malah keburu kenyang liatnya. Gak napsu lagi. Coba kalo bentuknya kecil-kecil langsung masuk mulut dehhh..... ( lhaaa...itu mah laen acaranya kali...bukan monster food lagi...tapi lilifood....#liliput ..hihihihihi).

Hotelnya sendiri terbilang masih agak baru...( baru beberapa tahun ), jadi masih bersih dan nyaman deh. Kalo ukuran kamar dan bed sih standard aja gak ada yang istimewa. Paling yang agak unik adalah kolam renangnya yang di dalam ruangan. Kayak begini deh kolam renangnya :..cuman sayang lagi sedikit renovasi ditutupin tenda biru ( bukan ada yang lagi nikahan lohhh yaaa....hahahaha ..ini beneran tenda plastik biru...)
Terus....selama di Samarinda makan apa ajaaa? Tentunya soto Banjar yang udah ngetop seantero kota....yaitu soto Amado...plus sate ayamnya yang maknyusss! Jadi jangan lewatkan tempat ini kalo kesana.
Ada juga tempat makan ikan patin bakar...cuman lupa namanya. Ini juga enak...cuman sambelnya puedesss ruarrrr binasa dahhh! Ati-ati sakit perut ...jangan banyak2 sambelnya.
Terus gua nyobain juga yang namanya mie Banjar....gua bilang sih kayak mie kuah dokdok gitu...( dokdok tuh tukang nasi goreng yang getok-getok kayu jadi bunyinya dok dok dok ...gituuu...). Gua sih kurang suka ....enakan juga mie bangka....hahahaha

Jangan dilewatkan yang satu ini : duren Melak....( Melak adalah nama daerah di Kaltim ). Bentuknya kecil-kecil...tapi yang dipasang harganya Rp. 10.000 mah yang udah sisa bekas dibuka. Kalo baru buka mah harganya Rp. 100.000 per 3 biji. Tergantung besarnya. Kalo yang lebih kecil bisa dapet 4 biji dengan harga segitu.. Yang lucu dari duren ini adalah : pasti ada ulat di dalemnya...gitu kata abangnya. Jadi jangan kaget. Hihhhhh...agak serem juga sih dipesenin gitu. Ternyata maksudnya tuh di ujung buahnya itu pasti agak busuk dan ada ulat durennya. Jiahhhhh....beli duren bonusnya ulat! Capee dehh!
Di tempat makan duren yang gua mampir ini, bersebelahan dengan tukang es. Ada es teler, es campur atau sop buah. Gua pesen es teler.....durennya gua cemplungin dehh ke dalem es. Mamamiaaaaaa....lezattoo!
Sebenernya ada lagi buah yang cuman ada di Kaltim sini. Namanya buah Lai. Bentuknya persis duren, tapi dalemnya warnanya kuning tua, bahkan kadang ada yang merah. Sayang gua udah kekenyangan, jadi gak beli dan cobain. Katanya sih rasanya cuman manis-manis gitu aja, gak beraroma seperti duren. Terus dipegang nya bakal meninggalkan bekas warnanya di tangan. Kalo digigit juga di gigi bakal ninggalin bekas kuning2 atau merah. Hihh....serem juga yah, bisa dikira jigongan. wkwkwkwk. Kalo yang penasaran, bisa liat disini :
gambar diambil dari kaskus
Dan ternyata di sepanjang jalan dari Samarinda ke Balikpapan itu ada beberapa lokasi perkebunan buah naga. Jadi di sepanjang jalannya itu banyak sekali para pedagang buah naga bertebaran. Kemaren waktu gua baru sampe sih belom banyak seperti sekarang saat gua jalan balik ke airport. Harganya cukup murah kalo lagi musim begini, sekitar Rp. 15.000 / kg. Kalo udah masuk supermarket di Jakarta mah bisa berapa duit tuhh...Sayang gua gak hobi makan buah naga, kalo kagak mah udah diborong dehhh. Ahhh tapi males banget sih nentengnya. Berattt bo! hehehehe
Di tengah perjalanan menuju Balikpapan, kita mampir ke resto tahu sumedang. Iyahh, kagak salah, namanya emang begitu. Jauh2 dari Jawa Barat, eh disini ketemu tahu sumedang. Cuman disini cocolnya petis. Terus yang bentuknya segitiga itu adalah pisang goreng. Kulitnya itu kayak kulit molen, tapi kagak garing. Gua sih kurang suka, rasanya jadi kayak kue.

Yang perlu gua ceritain lagi adalah soal bandaranya nih.... ceritanya waktu 5 hari kemaren gua sampe, kita masih turun di terminal yang lama yang masih jadul. Nahh pas kemaren gua di SMS in sama Garuda kalo semua penerbangan terhitung mulai tanggal 22 Maret ( pas gua balik Jakarta ), sudah mulai dioperasikan di terminal yang baru. Pas turun di terminal keberangkatan pantesan aja banyak banget polisi, ternyata pagi ini terminal yang barunya sedang diresmikan oleh gubernur Kaltim Nihh ...kayak gini dehh airportnya yang baru ...oh iya, namanya Sepinggan International Airport.
Pokoknya bentuk modern gitu deh...beda banget sama Soetta.
Ini konter pelayanan cek in.....rapi dan bersih pastinya. Wong baruuuuuu.....!
Nahhh ini view dari atas...Ini sisi sebelah kanan, kalo nengok ke kiri, bentuknya kayak gini juga. Jadii bener2 lebarrrrr gitu dehh,
Lumayan juga kalo disuruh jalan dari ujung ke ujung mah. Jauhh bo!
Nahhh ini Lounge Garuda yang barengan diresmiin juga. Kalo lounge yang lain belum ada, jadi gua kagak bisa masuk kesini karena kagak punya kartu platinum Garuda...adanya kartu kredit dan jelas2 ditolak disini.hehehe....

Nahhh pas lagi turun dari lounge, gua berpapasan deh sama rombongan bapak gubernur dkk.....sekompi deh yang ngintil di belakangnya. hehehhee....Sebelahnya yang di tengah itu kalo tidak salah suaminya Maudy Koesnaedy.....( halahhh....jadinya blogtainment dehh nihhh....). Sebenernya gua pengen nyetop buat ajak foto bersama...tapi kagak mungkin juga tohhh? wkwkwkwk.....bisa langsung dihajar massa dahh!
Pas gua naek ke lantai 2, meja-meja jamuan pak gubernur dan rombongan masih ada nih....
Terus kan katanya ini airport mall pertama gitu yahhh katanya? Jadi di lantai bawahnya itu juga masih banyak space kosong dan masih dalam taraf penyelesaian....tapi udah keliatan kinclong dahhh!
Nahh...ini selasar di sepanjang waiting room....kerenn yahh kayak di mall....

Dan ini waiting room nya di setiap gate......suka banget sama warna kursi ijo lemonnya bikin segerrr!
Kagak lupa narsis dulu donggg.....sebelom terbang balik ke Jakarta. Seru juga ikutan dalam euforia pembukaan terminal baru airport Sepinggan ini, Kan nanti kalo gua balik lagi ke Kaltim, mungkin aja airport nya yang di Samarinda udah jadi...denger-denger sih sekarang lagi dalam pengerjaan ( entah kapan selesainya....).Kalo udah selesai, gua kan enak kalo mau ke Samarinda kagak perlu naek mobil total 6 jam bolak balik. Cukup landing di Samarinda dan langsung nyampe tengah kota.
Dann...oleh-olehnya apa lagi kalo bukan kepiting! Yahh ampunnnn....dalam seminggu ini gua makan kepiting 3 kali...so far sih belom sampe puyeng-puyeng ( kolesterol tinggi ...). hehehhee...jadi masih amannnn! Dan satu lagi yang gua beli bawa pulang adalah amplang, sejenis kerupuk atau snack gitu lah. Rasanya enak jugaa. Nyesel deh beli dikit. hahahhaa....
Ini mah judulnya : pegimana mau diet malihhh???!! Timbangan udah pasti naekkk. ...#tepok jidat #siap-siap beli timbangan baru siapa tau yang lama emang rusak tuhh yaaa...masa timbangan naek mulu kagak ada turunnya!! #jadi emosi jiwa setiap kali liat timbangan......wkwkwkwkwk!

24 comments:

  1. Hahaha, iya ya, Samarinda ibukota provinsi tapi gak ada bandara besarnya jadi kalo mau terbang mesti via Balikpapan :D .

    Ah, itu gila bener yang porsi monster itu! Tapi donatnya kayaknya enak soalnya rasanya macem-macem!! Hahahahaha :D

    Bandara barunya Balikpapan keren ya. Suasananya beneran kayak mall gitu. Dan ruang tunggunya keren ada kursi ijonya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak aneh juga sih yah ko...ibukota propinsi tapi gak ada airportnya...tapi sekarang on progress dibangun....cuman kagak jelas kapan jadinya...harusnya juga sekeren yang disini

      Delete
  2. airport nya keren banget ya yan... :) tapi emang belakangan ini di indo rata2 airportnya pada direnov semua ya. surabaya, medan, makassar juga udah pada keren2 sekarang kan ya. soeta yang ketinggalan nih ya. hahaha.

    gile itu monster food nya. gede banget. tapi gak selera ngeliatnya ah yan. gak keliatan yummy. mendingan makan kepiting, soto ama sate nya itu! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Man...keren lah. tidak malu2in...seperti lagi di luar negeri...hahahhaa

      Delete
  3. Gue udah baca soal airport ini bbrp kali, tapi belum ada laporan pandangan mata sekomplit elu nih. Ternyata emang bener luar biasa bagus ya!! JAUH BANGET SAMA SOETTA! Malu2in. Di sana pasti banyak disponsorin jg sama perusahaan minyak yang bertaburan, dan pasti banyak expatriate yang bakalan bolak balik. Jakarta emang memalukan sih kalo gue bilang. Gue aja kadang ragu juga buat invite temen gue ke Jakarta. Suruh direct ke Bali aja dah huahhaha.

    Gue sih demenan Kenari. Di Sby kan juga ada. Gak pesen saos spesialnya itu yg pake jeruk kiatna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener le....yang airport Bali juga udah cakeppp banget. ooohhh saos special itu pake kietna? yahhh sayanggg sekali...gua gak cobain. biasa favoritnya lada hitam mulu...hehehehe, kudu balik lagi lahh

      Delete
  4. yang kayak aku bilang di path, kayaknya cc sepesawat sama staff kantor aku..hahahaha.. udah gitu makanan2nya juga hampir sama, dan dioleh2in amplang juga.. enak ya ituuu..hihihi..

    btw kepitingnya sih super menggiurkan lohh ci,, tapi mehong yah~~

    dan bandarannya kereeenn, bersihhh, keliatan nyaman~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh kantor lu ada cabang di daerah sono juga the? wahhh bisa-bisa elu juga nanti dikirim kesana dong? asikkk the, airportnya keren. hehehhe. kepitingnya beli setengah porsi aja jadi gak mehong...yang penting icip2 aja...

      Delete
  5. Itu si oom bule sebelahan ma pak Gub suaminya si Maudy Kusnaedi kan yah ci Yan? ;p hihii *salah pokus*..

    Keceeee bener airportnya.. Kapan yah soeta bisa sekece itu, begitulah kalo airport lama. Tunggu dah Terminal 4.. haha.. Ahh.. Jadi pengen ke Samarinda juga.. :D Enyak2 keknya makanannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahhhh benerr kannn? suaminya si ituuu......hehehhee
      ohh iyah nihh kemaren landing keliatan lagi dibangun di Soetta....mungkin calon terminal 4 yaa

      Delete
  6. Ngiler sama kepitingnya ci!

    ReplyDelete
  7. Keren bgt mbak airport nya berharap soetta direnovasi ya biar kinclong Dan modern

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahhh sedang di renov sepertinya rin...tapi entah kapann selesainya...

      Delete
  8. kepiting lada hitamnyaa boookkk... bikin ngecessss... nyummm... cuma harga nya mahal bener dah..! btw seporsi isi brp ci yance?? isi 1 ekor??

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu porsi isinya 4 ekor ning....bisa beli 1/2 porsi kok

      Delete
  9. Aaaaaaa, Mbak! Langsung pingsan aku liat foto kepiting!! Dari semalem kepengen, cari-cari delivery gak dapeeeet, huhuhu :'D Seru deh foto jalan-jalannya. Meski tertutup tenta biru tetep indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh penyuka kepiiting juga nih rupanya ndi.....

      Delete
  10. Airportnya bagus ya, mirip2 keliatannya sama airport Makassar. Kepiting kenari emang sensasional dan muahal, dulu sempet makan di Manado. Tapi pikir2 dagingnya gak tll istimewa juga ya, masih enakan Rasane menurut gua, tapi kalau ke mana2 pasti harus enjoy kulinernya to the max:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya el...sekarang airport baru bentuknya mirip2...bening pake kaca-kaca gitu. Kepitingnya emang gak terlalu istimewa banget sihh ya, emang bener sih enakan rasane...tapi yang namanya wisata kuliner yahh dinikmatin aja dahh.

      Delete
  11. ci, gw ngelamar kerja dong di kantor loe habis sering pergi2 gitu...tapi gw nggak mau pergi yg naik kapal kejebak ombak hahahaha bisa nangis2 kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa....ini mah sindrom rumput tetangga lebih ijo fel....kalo bisa mah gua malah pengen di rumah kayak elu...wkwkwkwk

      Delete
  12. kalau ke samarinda lagi
    jgn lupa coba makan di POndok borneo
    lebih enak dari kenari atau dandito
    cuma kayaknya harus booking dl
    rame, sering kali nunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh nanti kapan2 harus dicoba nihh...sippp deh infonya

      Delete