Wednesday, September 3, 2014

BANGKOK 2 ( THAILAND TRIP PART 6 )

Dari Wat Arun, kita turun di dermaga yang sama tempat kita naek perahu sebelumnya. Dari situ tinggal berjalan kaki menuju ke Wat Pho yang letaknya di seberang dermaga ini, jadi langsung sampe deh kagak pake lama.

Untuk masuk ke dalam Wat Pho ini kita harus membeli tiket masuk sekitar 100 bath per orang.
Wat Pho merupakan salah satu kuil tertua di Bangkok dimana terdapat reclining/sleeping Budha yang berlapis emas sepanjang 46 meter dan tinggi sekitar 15 meter.
Jadi posisi foto yang paling top yah dari angle begini dehh.....mainstream banget yahh...
Nahh tuh kakinya sang Budha berwarna hitam penuh ukiran simbol-simbol.
 Di dalam sini kita bisa menukarkan 20 bath dengan semangkuk uang koin yang bisa kita cemplungin ke dalam gentong2 kecil yang berjejer rapi dari ujung tempat penukaran koin sampai dengan pintu keluar. Mitosnya kalo sampai uang koin yang kita cemplungin itu berhasil habis tepat di gentong terakhir, maka permintaan kita yang kita ucapkan saat mencemplungkan koin-koin itu niscaya akan terkabul. Wahh si Alvin dan Miko semangat tuh cemplungin koin2nya, katanya mau minta ini mau minta itu. Tapi diantara kita bertiga yang melakukan ritual ini, tidak ada seorangpun yang berhasil menghabiskan koinnya tepat di gentong terakhir. Semua koin habis di tengah jalan....hahahaha
Setelah itu kita pun berkeliling di komplek Wat Pho yang ternyata luas juga loh dan lumayan cape kalo semua dikelilingin abis.
Disini bentuknya unik-unik, tapi menurut gua lebih bagus di Grand Palace yang warnanya gonjreng keemasan dan terlihat mewah ( karena kan konsepnya istana gitu yaa ).  Kalo disini warna bangunannya agak gelap dan pucat, kurang wahh gitu ya.
 Ini dindingnya terbuat dari keramik warna warni yang disusun membentuk ornamen bunga. Kebayang gak sih ngerjain ginian satu persatu ditempel?
Kalo yang satu ini mirip bentuknya dengan yang di Wat Arun itu.....
Di salah satu gedung di kompleks kuil ini, ada bangunan yang di dalamnya terdapat patung Budha emas yang diberi efek lampu, cukup menarik dan tampil beda dengan kuil lainnya yang udah kita kunjungi.
Di dekat pintu keluar, kita menemukan bangunan seperti istana ini....dan karena agak sepi, baru lah bisa ada kesempatan untuk foto berempat dengan tripod. Padahal dari pagi udah bawa tripod di tas, tapi mana sempat dipake saking ramenya para pengunjung.
Setelah puas mengelilingi komplek Wat Pho, kita kembali lagi ke dermaga. Haiyaa......kita tuh udah kayak seterikaan, bolak-balik disini aja maennya. hahahha....Di kiri kanan jalan menuju ke dermaga itu banyak penjual makanan dan minuman. Diantaranya tukang kelapa yang pasti bikin ngiler nihh di cuaca panas begini. Langsung mampir beli kelapa dulu deh.
Ada juga yang jual sate ayam dan kacang mede...semua harganya murah meriah nih...Hayuu ngemil dulu sebelom lanjut lagi.
Selanjutnya kita naek perahu untuk menuju ke Asiatique. Naek perahu sekitar 45 bath per orang. Perahunya bagus dan kita bisa menikmati pemandangan di kiri kanan sungai.
Di sungai ini lumayan rame perahu-perahu yang berseliweran.
Bentuk perahunya juga beraneka macam. Contohnya seperti perahu yang dimiliki oleh salah satu hotel yang ada di pinggir sungai Chao Praya ini.
Dari atas perahu ke arah kota terlihat bangunan gedung-gedung tinggi...Sayang nih cuacanya mendung-mendung dan memang udah agak sore juga, jadi langitnya kelabu.
Sempet juga melihat patung sleeping Budha dengan ukuran kecil yang ada di pinggir sungai....
Dari jauh sudah terlihat tempat yang akan kita tuju yaitu Asiatique dengan ciri khas ada ferris wheel nya yaitu Bangkok Eye.
Nahhh begitu sampe, jangan lupa foto dulu disini...hehehehe

Di sekitaran pier ini terdapat patung2 karya seni seperti ini :
Ada juga yang seperti ini :

Dan view ke arah ferris wheelnya saat masih sore...
View ke arah kota di seberang sungai....
Dan ini ada sejarahnya sebelom menjadi Asiatique ini.
Asiatique the Riverfront ini diresmikan tahun 2012 dan di sini terdapat restaurant2 dan night market dan menjadi tempat hang out yang asik di malam hari.
Di dalamnya ada juga yang unik, yaitu ada satu space bernama Juliet Love Garden yang di sekujur besi pagarnya itu dicantolin gembok yang berbandrol lambang love berwarna pink tua yang bertuliskan semacam ungkapan cinta ataupun make a wish gitu deh.

Terus di seberangnya view ke arah ferris wheel dengan deretan resto dikiri kanannya.
Kita pas banget nih dateng kesini pada sore hari menjelang malam, jadi bisa mendapatkan view mulai dari terang sampe gelap. Nahh begitu mulai malam, seperti begini lah viewnya..Kita sempet shopping juga di night marketnya yang lengkap banget seperti di MBK. Harganya pun relatif murah.
Lampu-lampu sudah mulai menyala dan memberikan suasana berbeda dengan tadi saat sore hari.
Kita ketemu yang unik-unik sperti patung ini :gaya the Beatles dulu dong...( tapi kurang satu nihh anggotanya...hahaha *tongsis...mana tongsis! ).
Banyak yang antri foto disini....kita juga ikutan deh...
Suasana pier menjelang malam... banyak orang yang hanya sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan
Dan restaurant-restaurant di sepanjang pier ini paling banyak diincar pengunjung karena makan disini suasananya sangat bagus.
Nihh liat aja view ke arah seberang sungai di saat malam hari....baguss kan?
View ke arah sisi sungai yang ada deretan perahu ini juga bagus.....
Oh iya, kita sih cukup puas dengan foto berempat dengan background ferris wheel ini tanpa perlu menaikinya. Fyi, Bangkok Eye ini mempunyai ketinggian 60 meter dan 42 gondola. Hmm.....sepertinya pemandangan dari atas sini ke arah kota Bangkok pasti bagus dengan lampu-lampu kota dimana-mana.
Sayang kita tidak sempat naek kincir raksasa ini karena baru sadar sudah jam 8 malam dan belum makan malam. Dari tadi ngemil dan foto-foto terus jadi kagak berasa lapar. Jam 8 malem ini adalah jadwal kedatangan perahu yang gratis, makanya kita akhirnyaa malah harus berlarian menguber perahu jangan sampe ketinggalan...( ogah rugi ). Wahh perahu gratis ini rame sekali yang naek sampe antri dan kita gak kebagian duduk. Yahh eyah lahh, yang gratis mah semua orang juga mau yaa. Dan ternyata perahu gratis ini cuma sampe di Saphan Taksin pier. Jadilah kita terdampar disini...( rencana mau balik lagi ke Wat Arun saat malam hari gagal total...karena tidak ada perahu ke Wat Arun lagi setelah jam 8 malam )
Akhirnya dengan bermodalkan tanya kiri kanan dan membaca papan informasi, kita berhasil membeli tiket BTS ke arah Mall Siam Paragon. Ahh ternyata gampang kok kalo mau naek BTS, asal kita punya uang receh aja dan tinggal masukin ke mesin tiket sesuai tujuan dan nanti ada kembaliannya kalo uangnya lebih. Kalo tidak punya uang receh, kita tukarkan dulu di loket.
Jug gijag gijuugggg....( halahhh....tentunya kagak pake bunyiii lah disini keretanya halusss ). Di dalam BTS sepi-sepi aja, masih dapet duduk. Nyaman juga kok. Hmm..coba di Jakarta ada kayak beginian yaa...
Kita turun di station yang tembus di Mall Siam Paragon, salah satu mall besar di Bangkok. Nahh ini view dari atas jembatan penghubung antara stasiun dan mall Siam Paragon.
Mall ini bersebelahan juga dengan Siam Center...jadi mall to mall. Kalo dikelilingin semua bisa gempor juga nih...hahahha
Di mall ini ada Siam Ocean World, tapi karena sudah malam, udah tutup deh akses elevator ke wahana ini. Jadi kita cuma bisa mejeng di depannya aja....
Di mall ini juga ada museum patung lilin terkenal itu lohh...Madame Tussauds. Di lantai bawah ada booth yang promoin museum ini dengan memajang patung si Tom Cruise. Berhubung kita kesini tujuannya mau cari makan, yahh kita cukup puas lah foto dengan Tom Cruise aja....hahahha *alesan doang padahal masuk sini kan tiketnya lumayan mahal juga. Sementara kalo cuman foto-foto sama patung lilin kan dulu udah pernah di Madame Tussauds Hongkong...gua anggap sama aja lah...wong artisnya juga itu-itu aja...malah kadang yang disini keliatan gak mirip dan artisnya udah pada tua...hahahhaa
Berhubung udah lapar berat dan  jam menunjukkan jam 9 malam, kita cari makanan di foodcourt aja dan pilihannya lumayan banyak bikin bingung. Akhirnya pesen nasi hainam, bihun soup dan ayam teriyaki  dan somay. Seperti kemaren2, rasanya tidak diragukan lagi...enak-enak semua lah. Harganya aja yang kagak enak...hahahhaa...maklumlah harga di mall...
Eh lagi muter-muter disini ketemu sama kembaran gua...hmm...kok dia ikut2an gua sihh belang-belang gini? Gaya tangannya juga sama pula...Huhh!
Setelah kenyang makan, kita langsung pulang ke hotel dengan naek tuktuk seharga 80 bath. Siam Paragon ini dekat dengan MBK jadi kisaran harganya sekitar segitu deh. Alhasil sampe hotel langsung sukses tepar semua kecapean dan tidur nyenyak.

Besok paginya kita udah harus cek out dan masih ada waktu sebelum jam 3 sore kita udah harus harus ke airport balik ke Krabi lagi. Jadi kita titip ransel di bagian luggage hotel dan nanti siang balik lagi kesini. Kita memanfaatkan waktu yang cuma beberapa jam ini buat pergi ke Chinatown. Kali ini kita memakai taxi untuk menuju ke Yaowarat street dengan tarif 100 bath. Nahh ini taxi meter rate yang ada di belakang kursi...lumayan bisa buat jadi pedoman kalo mau pakai taxi di Bangkok.
Sebenarnya kita minta diantar taxi ke sebuah kuil di daerah Chinatown ini. Tapi supir taxinya kurang tahu dan akhirnya kita lihat ada sebuah restaurant yang rame sekali dan langsung minta turun di depan restoran itu aja. Karena belum sarapan, jadi kita sarapan dulu aja disini yang sepertinya terkenal akan nasi campurnya. Ternyata rasanya emang enakkk sekali...maknyus dahh!
Lagi asik duduk nunggu pesanan kita dateng, ehh lewatlah tukang duren dengan segerobak duren. Langsung napsu dan uber tukang duren dulu. Setelah terjadi tawar menawar, dapetlah sekotak gede duren dengan harga 250 bath ( sekitar Rp. 92.000 ). Duren bangkok memang tiada duanya dahh...langsung dieksekusi saat itu juga saking udah ngiler berat. Ini aja karena udah kenyang, masih ada sisa dan terpaksa deh harus kita bawa tenteng2 sepanjang jalan...hahahha
Setelah makan, saatnya kita mencari kuil yang dimaksud. Tanya orang-orang sekitar sini rata-rata mereka pada tahu dan langsung memberi petunjuk arah, tinggal lurus aja ikutan jalan raya ini. Jadilah kita berjalan kaki menuju ke kuil, karena disini jalan rayanya juga satu arah.
Dan setelah beberapa menit berjalan santai ( agak jauh juga sihh ), sampelah kita di seberang kuil yang bernama Wat Traimit Wittayaram ( Sukothai Traimit Golden Budha ). Hahahaha....kenyang deh gua sama kuil...dari kemaren ke kuil-kuil terus.
Hari ini panas terik luar biasa....lihat aja langitnya pun biru....kulit langsung gosongggg song!
Ada foto raja di depan kuil nya....
Lalu kita naek ke bagian atas dimana didalam kuilnya ini terdapat Golden Budha yang terbuat dari emas dengan berat sekitar 5,5 ton senilai 28,5 juta pounds ( langsung ambil kallkulator...hihihihi, mau kerokin emasnya ahh se ons dua ons mah! ) dan berumur sekitar 700 tahun

Dari atas kuil ke arah gedung di komplek Wat Traimit
Berhubung hari terakhir di Bangkok, jadi puas-puasin lah foto di kuil....hahahha
Keluar dari kompleks kuil ini, kita menemukan tempat pijat yang masih sepi. Wahhh, kebetulan banget nih dari kemaren kan belom sempat merasakan thai massage yang terkenal itu. Langsung melipir kesini dan kagak salah deh....memang enakkkk banget pijatannya. Duhhh rasanya betah berlama-lama disini. hahaha...Kalo tidak salah tarifnya 400 bath untuk 1 jam. Yang dipijit pertamanya cuma gua aja, eh lama-lama si Alvin kepengen juga. Jadi kita berdua deh yang dipijit, sementara si Papi dan Miko cuma jadi penonton, karena waktu udah mepet tidak bisa berlama-lama disini.
Saat dipijit tadi gua tanya2 sama si tukang pijit itu, kira-kira ada mall atau tempat shopping gak disekitar Chinatown ini, soalnya kita masih punya waktu sekitar 1 jam lagi buat muter2. Dan dikasih tau lah ada satu tempat shopping area yang namanya Sampheng. Sehabis pijit, langsung lah kita nyetop taxi bilang mau ke Sampheng. Tapi udah 2 orang supir taxi yang geleng2 kepala tanda tidak tahu Sampheng dimana. Akhirnya kita nyetop tuktuk, dan jelasin kita mau shopping di Sampheng, baru deh tau tuh supir tuktuknya....*sighhh..elap keringet...cape juga ngomong sama orang Thai...
Jadi Sampheng itu seperti pasar baru...tempat belanja terbuka gitu deh ( ada juga sih yang ber AC nya..kalo gak salah namanya Sampheng Plaza ). Kita seperti lagi blusukan ala Mr. Presiden kita aja nih....satu-satu dicobain....dan tentunya yang enak-enak. Ada jus jeruk yang enak banget nihh langsung dari buah aseli. Mangga thailand nya juga enak. Argghhh...lapar mata deh...
Gua yakin jarang yang posting soal tempat belanja yang satu ini. Kebanyakan orang ke Bangkok kan belanja di mall. Lhaa gua dong...belanja di pasar..Anti mainstream banget kann! wkwkwkkwk. Tapi seru lah...harganya murah meriah bo! Bisa dapet seraup!
Keasikan belanja, jadi agak molor deh waktunya. Tau-tau panik udah mepet jamnya untuk balik ke hotel. Langsung cari jalan keluar dari Sampheng plaza yang seperti labirin tidak berujung. Begitu ketemu jalan raya langsung nyetop tuktuk lagi dan minta diantar ke hotel Mandarin. Untunglah tuktuknya pinter cari jalan alternatif supaya gak kena macet, jadi sekitar 10 menit udah sampe di hotel. Eits, tapi ternyata kita masih nenteng2 kantong isi duren...Astagaa... Gak mungkinlah bawa masuk ke hotel atau bahkan ke airport. Terpaksa deh kita melipir dulu di emperan samping hotel buat ngabisin duren. ..*sayang kan durennya dibuang, nawarnya susah pake bahasa Tarzan...hahahha
Di hotel kita masih sempat cuci muka dan beres-2in barang dulu sebelom naek taxi ke airport dengan tarif 400 bath all in.
Akhirnya kita sampe juga di airport tepat waktu, padahal tadi jalanannya agak macet dan udah mulai khawatir terlambat nyampenya.
Proses cek in lancar jaya dan kita langsung masuk boarding room yang jalannya lumayan jauh juga nih sampe ke gate 77. Keliatan sepi-sepi ajaa yaa? Pada kemana orang2? Jangan2 udah pada boarding nihh...
Tempat nunggunya gak terlalu besar...dan orang2 udah rame yang nunggu disini. Oh iya, tadi kita sempet beli McD buat makan siang. Langsung makan dulu deh disini...makannya juga cepet-cepet karena setelah itu langsung dipanggil untuk naek pesawat. Terpaksa deh minuman dan kentang gorengnya direlakan ke tong sampah...haissss!
Selanjutnya dari Bangkok ini kita menuju ke : Aonang Krabi....

( BERSAMBUNG )

1. yan.. kamera lu apa sih yan? mau tau dong.. hehe.
    foto2 pas malemnya bagus banget.. apalagi yang foto perahu2 itu... keren dah...

1. kita pake kamera sony nex 5 aja Man....inii juga udah mulai jadul deh, udah keluar lagi seri baru yang ada wifi bisa langsung upload...cucok buat yang narsis2 ...hahahaha

2. Iya poto lu pas mlm di asiatique bgs2 Yan. kemaren g kesana pas ujan di asiatique males dah poto2 soalnya taun lalu jg dah kesana n poto . hi22
      tp emang bgs luh itu poto malem di asiatique , btw lu ga ke Platinum ya ?Foodcourt di paltinum itu enak2 smua n ga mahal .

3. hahaha tengkyu ven...pasti si papi senang nihhh ada yang puji2 fotonya...pan dia fotografernya, gua mah modelnya...wkwkwkwk
      ihhh waktu di bangkok itu kayaknya padet banget dehh gua gak sempet shopping puas2 dan wisata kuliner..kebanyakan jalan ke kuil2 doang...lain kali balik lagi ahhh

2. hehe hebat bener deh keluarga lu yan. sarapannya duren :p

1. hahaha...pagi-pagi makan duren mah udah terbiasa dari kecil lim...bokap gua kalo beli duren tuh se bak mobil...jadi pagi, siang, sore, malem..makan duren terus...

3. Seru banget ci.. Itu tempat tempat lum pernah TK datengin pas ke bangkok dulu.. Nanti taon depan ada temen merit disana, rencana mau ekstend dan mu cobain ah mampir ke tempat tempat ini... Terutama asiatique.. Kayanya hits banget yah tempatnya... Hehehe

1. hmmm...asiatique cocok deh buat elu teka...tempat hang out gahul bangkok gituu loh...wkwkwkwk

4. Dari Grand Palace gw jalan kaki ke wat pho soalnya deket. Nah gw bingung kenapa kalian ga ke wat pho dulu baru ke wat arun ya?

Gw biasanya ke Saphan Taksin dulu kalo mau ke Asiatique, naik free shuttle hehee...

Durennya mantap banget tuh.. ngilerrr..

Terakhir ke bangkok udah nyampe ke Sampeng Lane tapi cuma lewatin bentar soalnya yg lain dah ga betah pengen nge-mall hahhaaa... padahal gw pengen ke pasar tekstil-nya.

1. iyahh kita tuh nguber waktu ke wat arun supaya gak terlalu panas udaranya kalo siang2 tengah hari bolong, kan mau naek sampe ke atasnya juga xiao. Iyah kemaren gak ngerti cara ke saphan taksin nya itu...kebetulan dari wat pho kan deket pier, jadi naek yang ada aja. Duren bangkok mah gak bosenin lah. Itu sampheng rame yang belanja grosiran...cocok buat yang jualan online gitu kali...

5. hadoh ci yan... klo part2nya udah abis entar, gua request ya ci tips traveller ala backpacker. di ransel itu apa aja yang dibawa... dan bawa belanjaan2 dimana... bawa berapa baju... dll hahahaha...
    penasaran gua...

1. ransel gua kan ransel ajaib des...luarnya kecil, dalemnya luas....hahahhaa

6. Lama ga maen ke sini langsung diajak jalan-jalan. Lengkap banget ci. Jadi mupeng deh.. Hhahaa..

1. iya nih dan...postingan ini juga udah telat banget...hahaha

7. haduh cici itu foto terakhir tangan siapa sih? Miko ya? gosonggggggg haha

1. hahahha...iyahhh yul, si miko yang paling gosong di antara kita semua...sampe sekararang aja belom balik normal...*tepok jidat.

8. Gilakk.. Sarapannya duren bokk.. haha :D*ngencesss* hahaha..

Ci Yan, baru mau bilangin coba yah itu patung2nya dikerok dikitt aja... Kan lumayan..hahah :D

1. ini shopping abis kerok kerokin patung tau py...hahahha *bohong banget yaa

9. kok ga ke pattaya? gw kalo jalan2 banyak gitu kaki suka kram... pegel2.. kudu bawa counterpain... hiks

1. iyah nih saking padatnya acara mau kesana mau kesini....si pattaya di skip aja deh karena keliatan kurang menarik. ohhh counterpain mahh pasti bawah lah...sama gua juga suka kram kakinya...hahahha

10. Sleeping Buddha yang di Bangkok itu memang yang paling mantab ya. Paling keren dah pokoknya! Dulu pernah lihat juga yang di Penang, bagus juga sih, tapi lebih bagus yang Bangkok punya, hehehe :D .

Thailand memang nyenengin ya, apa-apanya murah :D . Btw, itu pijatnya cuma kaki doang?

Dan Asiatique bagus juga ya kalau malam gitu :D .

Btw, dulu diceritain tour guide-nya katanya beneran pernah ada yang mencoba mengerok patung Golden Buddha itu. Trus akibatnya pelakunya kena kutukan beneran dong. Serem banget dah...

11. Benerrr ko...sleeping budha di bkk udah yg paling top deh. Kita ga sempet pijit seluruh badan karena waktu udah mepet. Seru belanjanya kalo murah2 hehehehe...ihhh aku cuman nyeplos aja mau kerok emas...eh udah ada yg ketangkep yaa...seremm ihh kena kutukannya

12. Anak-anak gak protes ci, seharian muter kayak gitu?

Gue belom pernah ke Asiatique nih, terakhir ke BKK tahun 2010. Kayaknya wajib dikunjungi tuh.

1. Anak2 sih moody lah ngel..kalo kecapean yah protes mau cepet cari makan. Kalo udah kenyang, mereka asik2 aja.sih ikutan foto2 dan keliling2. Yah Bangkok sih kalo udah puas shopping dan udah.bosen ke kuil harus ke.Asiatique cari suasana berbeda

13. mamie_fungky... Kalau boleh tau tuh total2 termasuk tiket dll brp IDR ya yg keluar per orangnya? Ada rencana ke bangkok juga nich.. lagi ngitung2 budget.. hehehe..

1. Hmmm...*berpikir keras....hahahha..agak susah jawab secara akurat, soalnya harga tiket dan hotel relatif..kamu dapet tiket murah atau mahal...hotel mau losmen, dormitory atau bintang...yang jelas sih makanan murah dan enak2...rata2 by makan 50.000/org perhari. Sy cek tiket airasia paling murah (lagi promo rp.0 atau seat gratis) bisa 500.000 an, hotel di nasa vegas beli di agoda sekitar 200.000 an...nah tinggal dikali brp mlm km stay...kira2 begitu kisarannya

14. mo ke Bangkok kok ngga pernah jadi alias batal terus. KZL.. tahun depan harus deh kayanya !

1. Iyahh ri...gua aja udah pantengin AA lagi buat taon depan

15. Ternyata wat pho gede juga yaaa, gw dah males buat keliling, cuman liat budh atidur nya aja trus balik. Lebih demen nongkrong di pinggiran sungai sambil makan + ngeliatin orang lalu lalang hahaha

1. iyah kelilingin semua sih lumayan gempor cum..emang highlightnya cuman budha tiduran doang sih, lebih enak nongkrong ngupi2 di tempat adem ...hahahha

16. ciciiiiii fotonya bagussss!! apalagi foto malemnya jelas abiss, itu diedit lagi apa bener2 dari cam?

anti mainstream ya belanja di pasarr, pulang nambah berapa koper? :P

1. itu editnya paling dikontras atau di filter aja the....sisanya ya begitu aja. hahaha...asik the belanja di pasar murah meriahhh!

17. oh sony nex 5 ya. bagus ya buat feature foto malemnya...

1. Iyah ...kalo ga salah karena sensor kameranya gede Man

18. Argh... durenn ciii durennya gede" bangett yahh,,,,, >,<
    Tapi ko beli duren bangkok disini ga pernah nemu yg enak :(

1. pokoknya durennya mantapppp dahh jur....pulen, legit, banyak dagingnya, biji kecil. sluurrppp dahhh

19. Cie,di pasar sampreng byk jualan apa aja ya? Recommebd gak buat ddatangi? thanks before

1. Halo dina, sampheng itu tempat belanja grosiran...mungkin semacam tanah abangnya bangkok kali yaa,yang pasti segala macam ada deh...cuma banyakan orang taunya pratunam lebih ngetop, jenis jualannya mirip2 lah...ada tas, kaos, jins, sendal, pernak pernik, asesoris, ikat pinggang, jam tabgan, topi.dll