Wednesday, February 8, 2017

JALAN-JALAN KE TAIWAN ( PART 3 )

Wih wih wih....udah bulan Pebruari ajaaaa. Gila yaa cepet banget. Lhaa kemaren kan gua baru ceritain tahun baru, berarti udah sebulan berlalu nih. Ck ck ck....Nahh ini juga cerita si Taiwan trip terbelengkalai sampe sekarang Perginya kapan, sampe sekarang belom beres juga ceritanya. Yahh gitu lah, dibikin cerita bersambung, malah gak tamat2 diselak kesibukan. Gimana kagak sibuk cobaa? My stupid maid itu akhirnya "dideportasi" ke kampungnya. Kejadiannya saat gua di Taiwan pula! Jadilah begitu sampe rumah, gua kembali menjadi Oshin. Hadeuhhhh.....*balada emak2. Sekian breaking news nya...wkwkwkwk. Kali2 aja ada yang kepoh2 sama my stupid maid, dibaca aja dahhh yaa . Klik disini : My Stupid Maid


Ngomongin Taiwan, gua kok baru sadar yaaa kalo salah satu penyanyi legendaris Teresa Teng  itu kan artis asli Taiwan. Halahhh! Dasar guanya aja kuwas ( kurang wawasan ) yaa. Abisnya selama ini kan mirip-mirip lah antara artis2 Taiwan dan China, secara fisik susah bedainnya. Malah belakangan ini kebanyakan artis2 Taiwan pada migrasi ke China karena bayarannya lebih mahal, jadi yahh beranggapannya pasti artis2 dari China semua lah. Kecuali yang belakangan muncul artis2 drama Taiwan seperti Meteor Garden. Nahh itu sih melek sedikit dahh soal artis2 Taiwan.

 Yahh gua sadarnya juga pas di bis distel lagu2 nya Teresa Teng dan jadi kembali bernostalgia dengan lagu2nya yang gua masih inget, antara lain yang paling gua inget adalah Tian Mimi dan Yue Liang Dai Biao Wo De Xin. Duhhh lagunya itu kan mendayu2, suaranya merdu dan memang pantes jadi idola di masanya karena selain suaranya bagus, orangnya juga cantik. Ahh sekarang juga masih terngiang2 lagunya. Malah gua sempet nontonin di youtube beberapa lagunya dan konsernya di HK. Hayoo dehh pada liat youtube nya.
Cuman yang sampe sekarang masih kontroversial adalah soal penyebab kematiannya yang tiba2 saat lagi berlibur di Chiangmai dan dinyatakan meninggal karena penyakit asma. Whatttt?! Kematiannya bener2 membuat kaget para fans nya, semua gak percaya.  Memang gak percaya sihh gua juga, masa penyanyi dengan kualitas suara seperti beliau, ada penyakit asmanya dan fatal banget gitu sakitnya sampe meninggal? Entahlah, misteri itu cuma pihak keluarganya aja yang lebih tahu.

Dan saat pemakaman, sepertinya beliau adalah artis Taiwan satu2nya yang digelar upacara kemiliteran karena jasa2nya sebagai penghibur para tentara Taiwan di masa hidupnya. Kuburannya pun berada di tempat tertinggi  ( di bukit ) yang menghadap ke laut dan berukuran besar dan luas serta dibuat seperti taman. Terusss, apa hubungannya tour ke Taiwan ini dengan Teresa Teng? Emangnya  tour kita mengunjungi kuburannya? Yahhh kagak lahhh....gua cuma mo ceritain ajaa kehebatan beliau....hahahaha. Pasti yang seangkatan mah tau lahh lagu2 beliau dan jangan2 malah fans nya?  Googling aja yaa bagi yang penasaran kepengen tau kuburannya kayak gimana. Yahh begitulah sekilas mengenai Taiwan...eh Teresa Teng. Lanjut lagiii ke cerita jalan-jalannya....

Setelah dari Taroko Gorge, rombongan kita mampir ke salah satu old street market yang bernama Jiu Fen. Asik sihh, saatnya kita shopping nihh. Tapi kagak asiknya, pas turun disini pas ujan gede dan cuma dikasih waktu 1 jam aja. Yahhh....namanya emak2 mau shopping mah mana cukup yaa waktunya cuma 1 jam doang? Apalagi disini banyak juga yang bisa diliat dan dibawa pulang nih....*kalap sesaat. Tapi sebenernya jangan banyak2 belanja disini. Harganya tergolong tidak begitu murah2 juga.
 
Foodstreetnya begitu menggoda...padahal abis ini kita mau makan malam, tapi malah diajak ke tempat yang jualan foodstreet, jadi icip sana icip sini deh.
Ini seperti es mochi gitu...ada kacangnya, rasanya lumayan enak.
Gua baru tau yang namanya Ocarina....ternyata kalo ditiup seperti suling bunyinya.
Segala macem gantungan kunci yang harganya kisaran NTD 80 - 150, tergantung kalo beli 10 bisa gratis 1. Disini lebih banyak jualan foodstreet, yang jualan baju dan tas cuma ada satu dua toko aja.

Setelah selesai belanja belenje nya, kita diajak makan malam di sebuah tempat makan steak. Mereka mengclaim restonya itu Top 1 brand in Taiwan.
 Hmmm...kita cobain aja steaknya. Dari tour kita dikasih 3 macam pilihan dagingnya. Gua cobain ketiga2nya karena sharing bareng temen semeja, bisa tuker2an. Yang ini chicken steaknya, rasanya xo xo lah.
Yang ini pork steak...lumayan enak juga rasanya.
Ini beef steak nya...sayang disini yang aneh tuh rasa saus nya. Bukan saus barbeque kayak steak di Indo. Agak aneh rasanya. Lagian steak dicampur spagheti gitu, gua kurang suka ah. Mending dikasih jagung manis kek, lebih enak.
Selain main coursenya yang berupa steak, side dish nya sistem all you can eat, jadi silakan deh tuh ambil sebanyak2nya. hehehe.
Pilihan steaknya ada banyak kayaknya....ada seafoodnya juga. Cuma dari tour kita cuma siapin 3 pilihan aja.
Zupa soupnya bikin ngiler yaa....berjejer banyak tinggal ambil.
Duhh, padahal perutnya lumayan masih kenyang gara2 tadi ngemil2 foodstreet di Jiufen old market. Jadi gua gak cobain semuanya, cuma foto2 doang.
Jadi kalo ditanya rasanya gimana, yahhh kurang tau juga ya...hahaha. Payah yaaa? Dari penampakannya sih sepertinya es te de alias standard aja yaa. Apalagi sepertinya lidah gua agak error disini. Gak ada yang berkesan selama di Taiwan gak keinget makanan yang enakkkkkk sekali tuhh apaaa. Rasanya belom nemu deh dari kemaren.
Pilihan eskrimnya ada 6 macam, gua campur2 aja semua. Yang enak tuh yang ijo rasa kiwi, asem2 segar. Yang kuning rasa nanas juga enak. Yang lainnya biasa aja rasanya.

Sesudah makan, baru dehh diajak lagi mampir di Shilin Night Market.
 
Wahh...disini langsung pada heboh dehh yang dari kemaren2 belom belanja. sekarang deh waktunya ngabisin NTD nya ya. Terus disini kan street market gitu ya, jadi harganya bisa ditawar2. Ketemu snack pork crispy yang enak banget, yang kanan bawah fotonya. Sekotak itu 200 NTD.
 Yahh nawarnya kalo gua mah separo harga aja...paling-paling diomelin sama penjualnya, kagak ngerti ini bahasanya. hahaha.. Kalo kita tinggal pergi dan dipanggil2, berarti memang dikasih tuh. Tapi kalo kagak dipanggil2 lagi...yahhh relakan lahhh! Masih banyak yang jualan kok....hihihihi

Malam ini kita kembali nginep di Lea Lea Garden. Kebagian kamarnya yang guede, ada extra bed nya. Sepertinya ini kamar untuk bertiga gitu ya, sementara kita cuma berdua tidurnya.
Kamar mandinya juga luas banget nih...untunglah 2 malam terakhir tidur disini, jadinya nyaman banget kan.
Dan malam ini udah mulai beberes isi koper yang semakin hari semakin kagak muat aja. Padahal belanjaan gua paling sedikit di antara yang lain...*iya gituhh? Gak tau deh, kali ini kayaknya gak begitu heboh belanjanya. Barang2nya terlihat biasa aja...*harganya yang warbiasahh! hahaha. Yang nyesek tuh kayak kue2 Taiwan dan snack2 nya itu....harganya ratusan ribu satu kotak, jadi agak kagak rela beli banyak2. Belom lagi packing nya kan susah kalo kotak gede2, makan tempat bo!

Paginya kita bakal city tour aja, gak pergi ke tempat yang jauh2 lagi. Dari hotel kita melewati President Building. Keren yaaa kayak istana..yahh emang istana kepresidenan dong ya.
Ini tampak depannya.....fotonya juga dari atas bis yang melaju. Kebayang dongg perjuangan gua buat fotoin ini? hahaha *lebay.  Anehh yaa, kenapa tournya kagak turun di tempat ini buat foto2 yaa? lupa nanya.
Di sebelahnya juga ada gedung megah ini......gua lupa ini gedung apa. Atau jangan2 yang ini istananya? Ahhhh...memori gua udah low bat nih...gak inget loh!
Yang penting bagus, cekrek....cekrek....gua fotoin aja dah. hahaha
Nahhh inilah tujuan utama kita hari ini : Chiang Kai Sek Memorial Hall. Wihh pintu gerbangnya aja terlihat kerenn yaaa....
Nahh, mau foto terlihat sepi begini aja penuh perjuangan banget...harus lari2 dari ujung memorial hall nya.
Ini bangunan yang ada di samping kiri dan kanan setelah gerbang masuk. Entahlah di dalamnya ada apa, karena kita gak masukin.
Nahh di gedung belakang sana lah terdapat patung Chiang Kai Sek nya dan memorial hall nya yang berisi barang2 peninggalan beliau.
Kalo liat begini, jadi mirip2 seperti Tian Anmen Square yang di Beijing yaa? Gak tau deh ini luasnya berapa, pastinya berhektar2 lah tanahnya. Jadi tadi tuh waktu mau foto di gerbang depan sana, gua lari dari sini...jauhh juga kannn? *demi foto yang sunyi sepi sendiri. wkwkwkwk
Untuk melihat patung Chiang Kai Sek, kita menaiki tangga dan masuk ke dalam gedung berbentuk pagoda itu.
View dari atas ke arah gerbang masuk....rapi, bersih dan bagus yaa...
Nahh inilah patung Chiang Kai Sek yang katanya menghadap ke utara karena beliau masih berharap bisa dikubur di negara asalnya yaitu di Tiongkok sana. Gua denger sekilas2 doang sejarahnya bahwa sampe sekarang jasad beliau itu belum dikuburkan.
Disini ada penjaganya loh....
Beginilah langit2 di dalam bangunan pagoda tadi.....Keren yaa langit2nya.
Dari bangunan atas, kita menuju ke gedung bagian bawah dengan menuruni tangga. Kita akan masuk ke sebuah ruangan seperti aula besar berlangit2 tinggi. Di depannya ada hiasan unik berbentuk seperti pohon berlampion.
Di depan exhibition hall nya.
  Di dalam sini berisi foto, lukisan dan barang2 peninggalan sang presiden.
  Ini mobilnya....jaman itu sih keren banget yaa. Eh jaman sekarang juga masih keren ding. Kalo dikasih sih gua mau2 aja loh. hahaha
Kayak gini deh benda-benda peninggalannya.
Ada keterangannya di setiap benda2 itu, cuma gua males baca...hehehe. Foto pun aku sulit, apalagi membaca...
Kostum militer, sepatu, jubah dan bendera peninggalannya.
Ada foto pernikahannya ( entah dengan istri ke berapa )...
Ruangan kepresidenannya seperti begini kali yaa?
Mobilnya ada satu lagi nih...Hayo bagusan yang atas atau yang ini mobilnya?
Lama2 sih mabok juga keliling di memorial hall itu, Banyak banget deh barang2nya. Secara gua kagak suka sejarah, jadi yahh sekilas2 aja liatnya. Untungnya kunjungan kita juga gak lama2 disini.
Setelah itu kita diajak mampir ke sebuah toko kue nanas yang terkenal di Taiwan yaitu Vigor Kobo.
Wah tester nya banyak banget nihh, karena selain kue nanas ada moci, ada kue talas dll. Sampe kenyang nyobainnya. hahaha *ogah rugi. Beli mah cuma satu kotak kue nanas dan satu kotak kue talas. Males beli banyak2, secara yaa....pertama : kue nanasnya gua bilang mah enakan juga kue nastar di Jakarta biasa gua beli atau bikinan cici ipar gua. Kedua : harganya bo! Liat harganya. Sekotak itu 400 NTD isi 12 biji kalo gak salah. 400 NTD = Rp. 160.000 cuma buat kue nanas? Hadeuhhh...... gua heran orang2 bilang enak banget enak banget, tapi lidah gua mahh error kalii?.not my type lahh kue ini...apalagi gua lagi diet. Malahan gua bilang yang enak tuh kue talasnya. Wihh...rasanya lembut, sama seperti moci yang gua beli di Jepang waktu itu. Nahh itu juga sama sih harganya...Ahhh mahal2 lahhh kue nya

Abis itu kita diajak mampir ke gedung Dr. Sun Yat Sen. tapi bukan mau masuk ke dalam gedung itu. Cuma numpang di pelatarannya aja.
 
Tujuan kita mau foto group di lapangan depannya dengan back groud gedung Taipei 101. Cuma sayang...pas kesini pas turun kabut nih, jadi puncaknya ketutupan kabut dehh.
Yahh memang sih, kalo mau fotoin Taipei 101 ini lebih bagus dari spot foto di bukit. Cuma tour kita gak ada waktunya, jadi cuma mampir dilapangan ini doang deh. Ini pun karena gua request, kok kita kagak foto dengan background gedung 101 sih? Malah itin nya masukin mall 101sebagai tempat kunjungannya. Lhaa kalo kita ada di dalam mall nya, gimana mau foto gedung ituu yaa? Nahh siapa yang tau, bentuk gedung Taipei 101 ini menyerupai apa hayoo? Banyak yang nebak ini seperti tumpukan duit kuno China, tumpukan kotak duit. Tapi sebenernya kata tour guide kita , gedung Taipei 101 ini dibuat berbentuk pedang yang menuncep ke tanah, yaitu untuk meredam hawa2 jahat karena tanah di daerah sini dahulu kala adalah tempat pembantaian saat perang melawan tentara Jepang. Begituuu sodara2 ceritanya. Dan konon hotel di daerah sini salah satunya adalah Hotel Grand Hyatt Taipei adalah hotel yang paling berhantu sampe di lobby nya itu dulu dipasang 2 tulisan phu gede2 yang dibingkai dan dipasang di tembok lobby untuk mengusir setan. Lalu suatu hari tiba2 hilang misterius. Hilang ajaa gituu...gak ada yang tau, gak ada yang liat. Hiyy seremm yaa? Coba aja googling deh....kalo mau ke Taipei jangan nginep di situ ahh.
Habis foto di lapangan tadi, baru lah kita mengunjungi mall Taipei 101. Sebelum masuk mall nya, gua keliaran di halaman depannya, jadi bisa foto gedung Taipei 101 dari bawah ( gak keliatan puncaknya yaa ...cape dehh ). Oh iya, gedung ini  mempunyai lift dengan kecepatan sekitar 60 km/jam. Wuisss......kayak naek mobil tapi vertikal...Kebayang yaa? Tentunya konstruksi gedung ini juga sudah dibuat canggih tahan gempa dan taifun yang sering melanda Taiwan. Pernah saat taifun kencang, bandul penyeimbangnya sampe bergeser 1 meter. Menyeramkan juga yaa. Cuma sayang tour kita kagak naik keatas gedung Taipei 101 ini, soalnya bayar lagi tersendiri kalo mau ke observasi decknya. Tapi cuaca juga lagi mendung2 begini, gak bagus juga ah pemandangannya dari atas langit abu2 berkabut gitu. Bagusnya kan kalo langitnya biru, bisa liat pemandangan kota dari atas.
Beginilah bagian halaman depan gedung  Taipei 101 itu.....
Di depannya ada lambang embrio yang gua lupa ini melambangkan apa yaa.....*jedot jedotin kepala ke tembok...teuteup kagak inget. hahaha.
Nahh bola2 gold dan silver ini melambangkan 101 juga...semua pasti ada artinya nih...cuma gua gak paham, cari wikipedia aja dah ya.
From Taipei with Love....ini kayak yang di KL itu yaa....
  Nahh ini pintu masuk ke mall Taipei 101 nya.....
Ehh ini dindingnya keren kayak kertas angpao yaa? Emang udah mau Sincia sih, jadi hiasannya juga udah berthema tahun baru Imlek.
Di dalam gedungnya ada tulisan Welcome to Taipei 101 gede2...yahh foto aja dulu disini....
Beginilah dalam gedung mall Taipei 101...keliatan elite nya ya? Sepi bangetttt mall nya...
Lift nya dihias sama lampion2 dan pita merah2.....
Mall nya cuma ada sekitar 5 lantai gitu deh...gak gede2 banget juga....
Langit2 mall di lantai paling atas berbentuk unik...
Disini mah penuh dengan outlet2 barang branded semua....
Yang ada gua mah kagak belanja disini...cuma jajan di foodcourt nya doang. Sementara yang lain pada nyerbu outlet Zara yang lagi big sale. Ahhh, gua gak demen belanja yang kagak pake nawar2. Kurang seru. Enak tuh yang bisa nawar...sambil diomelin orang, tapi dapet barangnya murah. hahaha *antimainstream
Setelah itu kita diajak ke sebuah tempat yang jualannya grosiran. Lupa namanya apa. Tapi aseli disini barangnya bagus2 dan sepertinya buat orang jualan lagi ya. Penjaganya sombong2 banget kalo kita cuma beli satu biji, mereka gak begitu layanin. Mungkin udah terbiasa orang belanja konteneran kali yee....
Fashionnya stylish abisss....bikin ngiler. Tapi harganya juga mahal2 sih....
Yahh yang penting udah pernah kesini lah....mau shopping juga bingung ngomongnya. Beli satu biji kagak dilayanin. Males lahh..Udah gitu cuma dikasih waktu 1,5 jam doang. Mana cukupppp?
Setelah itu sebelum makan malam malah diajak ke Raohe night market yang jelas2 disini jualannya tuh foodstreet semua.
Wah makanan yang dijual disini bener2 menggugah selera...bikin ngiler.
Keliatannya enak2 semua yaa....tapi bentar lagi kita mau makan malam. Gimana dongg?
Yahh akhirnya gua cuma cobain beli sosis merah ini yang rasanya endang bambang gulindang. Katanya yang merah ini sosis babi hutan. Enakkk bingittt!
Yang putih ini juga enak. Kalo gak salah sosis ayam atau babi gitu deh....gua cuma tunjuk2 doang, lupa nanya ini pork or chicken. hahaha...
Abis itu nyeberang dehh ke sebelah sana...ada apahan sihh disono?
Yahhh lumayan dehhh ada lampion warna warni yang digantung.....bagus juga kannn
Nahh persis di sebelah si Raohe night market itu ada kuil yang biarpun udah malem tapi masih rame nih pengunjungnya.
Gak tau nama kuilnya, tapi lampu2nya bikin kinclong di malam hari.
Udah deh abis itu kita makan malam di sebuah resto Thailand, tapi rasa makanannya biasa aja dan kurang berkesan, jadi males fotoin. Selesai deh acara jalan2nya. Saatnya tidur dan beres2 karena besok paginya jam 4 pagi udah morning call supaya kita bisa cek out pagi2 buat menuju ke airport. Saking paginya jam cek out ( jam 5 pagi ), jadinya kita dapet sarapan snack box yang isinya satu kotak yogurt, 1 biji jeruk dan 1 buah roti. Rasanya xoxo semua lah.
 
Sampe di airport terjadi antrian panjang waktu mau masukin bagasi. Yahhh ampun,,,,beginilah kalo pergi berombongan. Begitu pulang, semua bagasinya beranak pinak, jadi makan waktu buat cek in nya.
Sekilas airport Taiwan di jalan menuju gate ruang keberangkatan.
Di dindingnya terdapat tulisan kanji dari neon sign gitu yang gak tau artinya apa tuhh yaa?
Di dinding seberangnya dipenuhi dengan pot2 tanaman yang menyegarkan mata yang melihatnya.
Pulangnya kembali kita naek pesawat China Airlines. Makanannya dapet yang Nasi ayam, rasanya xoxo lah, masih enak dimakan. Yang enak sih rotinya itu....boleh minta dua kagak yaa?
Yahhhh begitulah Taiwan Trip Story tahun 2017 nya udah tamat nih.Total perjalanan sih 6 hari, tapi 2 hari udah abis di airport dan pesawat aja ya. Jalan2nya efektif cuma 4 hari. Itupun mengunjungi tempat2 yang jauhnya ditempuh sekitar 3-4 jam perjalanannya. Kurang puas sih yaa belom mengelilingi Taiwan semuanya. Cuma beberapa tempat doang. Tapi....yahhh paket tripnya dapetnya begitu, yahhh disyukuri aja dehhh. Yang penting judulnya : udah pernah ke Taiwan. hehehe. Abis ini kemana lagi yaaa? Entah lahhh....tanyakan sama rumput yang bergoyang aja.....*bikin penasaran.
Akhir kata, sampe ketemu di cerita perjalanan lainnya. Babayy Ciaobella!

18 comments:

  1. paling asik bagian ke market2 ya.. baik yang barang2 oleh2 ataupun yang makanan2... bikin ngiler.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagian shopping sihh yang bener2 menghibur hati Man..hahaha. Soalnya tempat2 wisatanya kurang cetar....*menurut saya

      Delete
  2. Ci.. Pas lu ngomongin Teresa Teng, gue kira lu beneran mau ke kuburannya. Soalnyaaaa.... GUE DULU BENERAN KE KUBURANNYA!! Hahahahah... Kuburannya sederhana, tapi mmg di area yang katanya buat orang2 kaya. Nisan dia item biasa, cuma di atasnya ada patung cewe kepalanya lagi tiduran beralaskan tangan (mirip pose dia di salah satu cover album kayaknya). Terus di depannya ada tuts piano dari marmer hitam putih, sama ada kayak tiang yg kalau orang lewat, langsung keputer lagunya dia. Dulu gue pergi 10 hari makanya jadi sempet deh ngeliat yg ajaib2. Selain itu antar kota gak pakai train/ bus, tapi naik pesawat. Ada tour tetangga pricenya lbh murah, tp naik bus terus, akhirnya nyerah n mnt dibeliin tiket pesawat sm guide kita. Hahaha. Tp mmg ga gimana berkesan sih Taiwan itu. Mungkin kudu balik lagi suatu hari nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh iyalah kalo 10 hari plus naek pesawat sih puas banget kelilingan di Taiwan ya Le.....kita mah paket hemat sih. Oh malah elu yaa yang udah pernah ke kuburan Miss Teresa Teng...gua liat yang beredar di dunia maya memang gitu kuburannya ya, ada tuts piano dan taman lumayan luas.

      Delete
  3. Cici... Selesaii.. selesai selesai ..
    Jadi bulan depan mo kemana? haha
    edisi maidless ya ? Pantes tuh body dah jadi gitar.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya madam...tamat riwayat si Taiwan dah...hahaha. Blom jadi gitar ini mah, masih bass betot...wkwkwk.

      Delete
  4. O iya baru tahu juga Teresa Teng itu dari Taiwan! Hahaha!! Tapi lagu-lagunya memang legendaris banget ya! Dulu di Indo kayaknya tiap makan di resto Chinese food yang bagusan dikit (ada musiknya), seringnya dimainin lagunya Teresa Teng, hahaha...

    Street food-nya Taipei kayaknya menariiikk!! Pengen nih kesana!!

    Biasanya nambah roti di pesawat boleh kok, asalkan rotinya masih sisa aja sih dan semua penumpang udah kebagian, haha :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya baru ngeh kan ko, klo Teresa Teng itu dari Taiwan. Dulu kalo pesta kawinan juga pasti denger lagu2nya. top banget deh jaman itu mah. Wah kapan2 kalo naek pesawat lagi mau minta nambah roti ah...

      Delete
  5. Tempat grosiran baju yang deket raohe market namanya wufenpu, pas gw kesana sepi jadi ga seru soalnya ngebayangin bakal kayak chatuchak hehehee..

    iya setuju.. enakan nastar sini dan mahal pula itu pinapple cake

    makanan yg berkesan buat gw disana LuRouFan ama Hotstar aja.. DinTaiFung-nya malah ga doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya wufenpu yaa xiao. Thanks udah ngingetin, otak gua tiba2 beku. hahaha. Emang agak sepi sih, jadi pelayannya juga pada ngilang, gak ada yang layanin. Oh lo sempet nhyobin din tai fung ya?

      Delete
  6. abis baca postingan part 3 ak langsung penasaran ketik google "kuburan Teresa Teng" wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. itu makanan street food disana emang paling juara ci.. pas kemarin gw pergi jalan backpack selalu nyicipin satu2, Yang paling enak sih sosis babinya, tiap ngeliat pasti selalu beli. Tapi kok rasanya yang jualan oleh2nya mahal ya harganya...perasaan 2 tahun lalu gw kesana harganya paling sekitar 100 ntd per kotak. Apa mgkn beda toko jadi harganya jg beda yah..

    So far taiwan emang objek wisatanya kebanyakan sejarah dan alam sih, tapi pas gw pergi itu spring dan cuacanya sejuk. Jadi gw nikmatin banget jalan2 disana, biayanya juga lumayan murah pas seminggu disana cm abis skiar 5 juta udh include makan, belanja, hostel, dan transport antar kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo billy...iya foodstreetnya banyak ragam nya yaa...enak2 semua keliatannya, sayang gak bisa cobain semua. hiks. Emang nih harganya mahal2 souvenir dan kue2nya...ga tau deh kurang jago nawarnya kali. kebetulan aku gak suka sejarah, jadi makanya kurang menarik yaa tempat2 wisatanya menurut aku..hahaha, sukanya shopping2...

      Delete
  8. Ci...Jalan2 ke Taiwan 2017 bulan apa,aku Minggu depan ke Taiwan pertama kalinya,perlu bawa jaket tebal kah?tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bulan Januari kemaren....bulan depan kayaknya udah masuk agak hangat2 gitu mungkin....cek weather di google aja sebelum pergi

      Delete
  9. Ci, kalo di taiwan banyak yang jual bunny copenhagen ga? terus kisaran harga buat oleh' berapa ya? thank you cii

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo karnela...hmmm rasanya ada deh, cuma karena saya kebetulan gak cari barang2 itu, jadi gak liat harganya. Rata2 sih untuk tempelan kulkas dan gantungan kunci sekitar 30 rb an. Kalau kue2 nya agak mahal sih menurut saya..hahaha, karena saya gak terlalu doyan kue2 nya, jadi mahal.

      Delete