Saturday, June 13, 2020

DRAMA DI MASA PSBB

Holaa holaa.....udah bulan Juni aja nihh...cepet banget kannn tau2 2020 ini udah setengah tahun berlalu....dan gua belom jalan-jalan kemana-mana...just stay at home! Tapi terus terang juga sih, dikasih tiket gratis pun saat ini pasti ditolak, lebih banyak takutnya dibanding kenikmatan jalan2 yang didapat. Ye gakk?

Kalian udah pada jenuh dan butek belum stay at home nya? Yahh kalo gua sih sebenernya betah betah aja kalo disuruh di rumah terus tuuh, memang dasarnya males keluyuran gak jelas, males ke mall kalo kagak ada kepentingannya. Toh dibilang lagi masa PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) dan WFH ( Work From Home ) dengan segambreng aturan yang kalo baca2 informasi di media sosial dan TV tuh setiap hari/minggu berubah2 melulu, pelaksanaannya kacau balau di lapangan, tapi yah ke kehidupan sehari2 gua mah gak terlalu berdampak banyak. Disaat pandemi Covid 19 ini, udah bikin gua tersadar, bikin gua tertampar, gua seharusnya adalah termasuk orang beruntung dan musti banyak2 bersyukur. Gua masih bisa belanja ke pasar, masih bisa ke supermarket, masih bisa ke kantor dengan leluasa dan malah nyaman banget tanpa ada kemacetan. Kalau pas WFH pun, internet di rumah udah mendukung, so far mah fine2 aja. Thankgod! Waktunya pun lebih banyak di rumah yang bagi emak2 mah never ending duty...dari bangun tidur sampe mau tidur lagi tuh ada ajaa kerjaan, yang kadang malah bikin stress melebihi kerjaan kantor. Kadang2 sihh...hehehe. Yang penting mah menjaga otak biar teteup waras di masa2 begini, supaya berpengaruh positif ke jiwa dan raga juga...yee kann! 

Buat yang udah merit, masa PSBB dan WFH ini pasti sedikit banyak ada aja yang bisa jadi pemicu keributan rumah tangga. Bener gak? Bener apa bener? Yah sama juga lah seperti Maria and Ferguso, karena tiap saat berdua di rumah aja, udah kayak kucing sama anjing, ada aja masalahnya. Urusan yang kecil2 remeh temeh bisa jadi bahan berantem. ..wkwkwk. Contohnya, gua ini kalo di rumah bisa dibilang sedikit OCD, maunya bersih dan tertata rapi. Tapi si Papoy dan si Miko itu tukang berantakin segala macem hal, ambil barang dari lemari, pintu lemarinya kadang gak ditutup, katanya lupa. Ntar ambil barang dari kotak, kotaknya ada di lantai gak ditaro lagi di rak. Katanya lupa. Belom lagi kalo gua udah sapu dan pel lantai, lalu mereka makan keripik, kerupuk, apa lah apalah. pada jatoh di lantai, di karpet..dan kagak dipungut, udah bikin gua emosi jiwa. Mereka alasannya kagak keliatan. Ampunnnnn! Yahh gitu2 lah contohnya..dan masih banyak lagi...dan itu setiap hari...*elap keringet.
Tapi jadi seru kann, hidupmu akan jadi lebih berwarna kalo begitu, daripada cuma diem2an sepanjang hari? Huh...hambar!

Nahhh, masih banyak lagi deh drama2 di saat2 stay at home kemaren, berikut rangkuman kegiatan mamie saat sebelum dan selama masa PSBB ini dalam rangka menjaga otak tetap waras....Simak aja di bawah ya gaess...( tapi aseli, postingan ini bakal panjang banget, yahhh namanya aja mamie udah berbulan2 kagak "ngoceh2", jadi pelampiasannya dimari dehhh...)

BFI RUN
Setelah tahun lalu berhasil finish di Half Marathon BFI Run 2019 ( baca disini : BFI Run 2019 ), ceritanya pas Oktober 2019 mulai dibuka lah pendaftaran untuk BFI Run 2020. Si Papoy cencunya tanpa pikir panjang langsung daftar. Sementara gua sih dah bilang dalam hati : kagak mau ikut event2 lari lagi, males latihannya, dan udah tau diri merasa kagak bakal kuat lagi nyampe finish kalo dibatasin cut off time 3,5 jam. Aku kan pelari hore2, suka2 aja, mau finish berapa jam kek, udah gak peduli. Aku kan bukan atlit yang dituntut untuk mencapai best time nya. Ehh dasar si Papoy, entah dapet mantera jampi2 darimana, bisa2nya ngerayu gua buat daftar ikutan lagi....half Marathon pula....21 kilometer! Ujug2 aja pas awal bulan November 2019, gua udah daftar dan bayar Rp. 550.000 untuk kategori Half Marathon ( 21K ).  Demi apahhh coba! Lalu seperti biasanya, abis daftar, sibuk mau jual slot nya itu...wkwkwkwk..*si Papoy jedot2in kepala ke aspal. Kesel belio tuh, liat bininya males. Oh iya, event nya sendiri bakal digelar tanggal 29 Maret 2020. 
Jadi dari bulan November tahun lalu sampai sekitar bulan Pebruari 2020, kita on off latihannya. Kalau pas rajin yah latihan, kalau lagi males yah leyeh2 aja guling2 di rumah. Kali ini walaupun gua males latihan, pelatihnya alias si Papoy gak bisa maksa2, soalnya udah perjanjian, kalo dia maksa2, gua batal ikutan..hihihi. Dan sepertinya feeling gua tuh kuat loh buat males2an latihan larinya, karena akhirnya event BFI Run 2020 ini batal diselenggarakan yah karena wabah Covid 19 jahanam itu. Thankgod, aku mah jingkrak2 kesenengan, sementara kalau liat akun IG @bfirun_id abis2an diserang runner yang menurut gua norak banget dan kagak tau diri gitu, masa sih disaat wabah ganas begini, ada yang menuntut tetap diselenggarakan lah, ada yang bilang panitia untung banyak lah, pokoknya pada kecewa terus maki-maki panitia. Huh, lari aja lo sendiri. KZL aku tuhh bacanya. Pengen tombakin satu2...wkwkwk! *emosi jiwa, padahal gua bukan panitianya. Panitia sendiri persiapannya udah 90% an, tinggal nunggu hari H nya doang. Kita para peserta lombanya tetap dikirimin kaos lomba dan kaos finishernya serta medali finisher. Jadi sebenernya kagak ada rugi apa2 sih....*menurut gua yaa..
Dan pas hari H nya, tanpa banyak cang cing cong, gua dan si Papoy teuteup lari dong....anggap aja lombanya tetap ada. toh kita bisa ukur sendiri durasi lari nya. Kita mulai start sekitar jam 5.30 an nih, masih gelap2 gimana gitu...
Dannn....aujubillah yaaaa, namanya lari sendiri itu kan bener2 butuh motivasi buat finish dong, dan sekarang gua kagak ada motivasi apa2. Kalo ikut lomba kan terbawa euforia dan suasana lomba, malu dong di antara ribuan peserta kalo gua cuma jalan kaki, terus keliatan paling belakang larinya, belom lagi ada paparazi dimana2 yang fotoin kita. Lha sekarang lari sendirian mau kejar apaan? Yah santai2 aja,  jadi lah 21 kilometer itu kayak neraka, kaki udah mau copot pun kagak nyampe2 perasaan. Kagak ada yang narik2 gua lagi, karena si Papoy lari duluan mengejar ambisinya buat pecahin waktu larinya. Belio finish sekitar 2,5 jam. Sementara gua? Berhasil finish dengan lari campur ngesot2 setelah 3 jam 43 menit! Kemunduran....tahun lalu bisa 3 jam 20 menit. Ampunnnn dahhh! Untung juga event nya batal, kalo kagak kan malu gua finish naek mobil....wkwkwk. Beruntung juga...biar pun kelewat waktunya, gua masih dapet medali...*curang....
Arrrgggghhh, udah dehhh abis ini beneran kagak usah ikut2an lomba lari lagi...Ehh, tapii....taon depan panitia nya kan kasih gratis ke seluruh peserta tahun ini kalau mau ikut BFI Run tahun 2021...*ah jadi galau kannn! Trus, begitu kita selesai lari ini, kira2 seminggu kemudian diberlakukan lah PSBB, dan Maria live happily ever after, terbebas dari siksaan lari lari ituhh..hahaha. Mau lari dimana? Gak boleh olahraga outdoor. Damai dan tentram rasanya....gak usah bangun pagi, gak usah cape2 lagi...Eh tapi...waktu bulan Januari kan si Papoy beliin sepatu buat dipake lomba, nahh itu sepatu baru belom dipake...Hiks, jadi apahhh yaa taon depan?

BOX DESINFEKTAN
Begitu diberlakukan PSBB, di komplek rumah gua langsung deh dibikin box desinfektan yang mana semua warga komplek wajib masuk kesitu ketika mau masuk komplek. Walaupun misalnya cuma belanja ke Alfamart yang ada di sebelah gerbang ini, wajib disemprot. Semua paket2 belanjaan online dan tamu yang berkunjung juga wajib disemprot tidak terkecuali. Demi keselamatan bersama. 
Padahal besok2nya beredar artikel yang bilang kalo WHO aja menyatakan bahwa penyemprotan desinfektan ini berbahaya bagi kulit manusia, tidak pada tempatnya gitu loh. Tapi mau gimana lagi, masyarakat dunia kan lagi pada panik, pake cara masing2 untuk cari selamat.
Nahh ini, kita masih sempet lari pagi setelah pengumuman PSBB, pulang lari udah keringetan, masuk ke box langsung disemprot desinfektan. Kalo gua sih jadi gatel2 gitu kulitnya ya. Sedikit manjur juga nih efek box desinfektannya, bikin males keluar rumah dan tambah males lagi mau lari2 keluar komplek. Udah gak ada acara lari2 lagi deh....( eh tapi si Papoy mah masih aja tuhh...dia udah gila lari...gila sepedaan. Jadi teuteup ajaaa seminggu sekali sepedaan dan lari pagi ). Gua sih udah pensiun lari....

KULKAS MATI, AC BOCOR, GORDEN NGATUNG
Yah namanya aja orang hidup, ada aja masalahnya...ye kannn! Udah lagi masa pandemi begini, tau2 pas malem2 kulkas gua mati. Padahal paginya baru aja ke pasar beli daging dan ikan buat nyetok bahan makanan seminggu ke depan. Yah panik dong, kalo tuh kulkas matinya lama, itu daging dan ikan bakal busuk lah. Udah hubungin tukang AC deket rumah yang katanya bisa juga merangkap jadi tukang servis kulkas, bilangnya mau dateng pagi, tapi gak nongol2...Yah owoh, menguji kesabaran juga nih. Dia nongol berdua sama temennya udah sekitar jam 1 siang....
Daging dan ikan gua udah lumer semua..
Karena si tukang service kulkas nya gak nongol2, dan sangking gua parno takut daging dan ikannya pada busuk, jadilah gua masakin semuanya, kalau udah jadi sayur kan nanti tinggal disimpen di kulkas dan bisa panasin pas mau makan. Ampunn deh, gua udah kayak buka katering aja, banyak banget yang dimasak hari itu....sampe gua cuti dari kantor loh! Amsyiong deh...Trus, yang rusak itu katanya otomatis kulkasnya, biayanya habis Rp. 500.000, udah termasuk jasa service dan beli alat otomatisnya itu. Jam 5 sore udah nyala lagi kulkasnya....horeeee! 
Sekitar seminggu setelah servis kulkas, tau2 AC di kamar si Miko bocor dong. Yah owoh, ada2 aja cobaannya ya. Terpaksa panggil lagi tukang service yang kemaren...dan sekalian bersihin semua AC yang ada di rumah....
Dan gara2 si Covid 19 ini yang menuntut kita harus hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan apapun dan dimanapun, jadi kepikir buat bersih2in rumah mumpung kita ada di rumah. Kebanyakan liatin iklan yang seliweran di IG, jadi kepengen juga cuci sofa yang keliatan udah dekil, dan gua nemu akun IG @supercleanjakarta, langsung kontek dan buat janji dateng ke rumah untuk bersihin sofa kita. Hasilnya emang bersih dan wangi, seperti baru lagi....Yeayyy! Yang heran sih satpam komplek rumah kita, ini si ibu banyak banget panggil tukang2, tukang AC, tukang kulkas, tukang vacuum, trus besok2nya masih ada lagi tukang2 lainnya....wkwkwkwk! Ampunnn dehh...saat PSBB orang2 malah pada berdatangan ke rumah....
Duhh, gara2 kebanyakan di rumah dan kurang kegiatan, jadi otaknya mikir macem2. Dari sofa, lanjut kepikir mau ganti gorden. Akhirnya pesen online, kasih ukurannya. Pilih warna pun dikirimin foto2nya lewat WA. Ehh ternyata fatal nih kalau bukan ahlinya yang ukur. Ceritanya rumah gua ada 3 jendela. Gua pikir ketiga tiganya sama ukurannya, jadilah pesen gorden dengan ukuran sama. Eh ternyata, ada 1 jendela yang tingginya beda sendiri. Haduhhhh, pas udah dipasang, ternyata ngatung ( gantung ) dan parah keliatannya jelek kann...*jambak2 rambut. Lha itu kagak nutup jendela bawahnya. Kacau! Gua ngomel2 sama si Papoy, nyalahin yang bangun rumah...wkwkwk. Pegimana sihh, bangun rumah kok asal2an banget, bikin jendela aja kagak becus pake ukuran beda2, wong disamain aja gitu..jadi kan kalo mau bikin gorden enak seragam, bisa ditukar2 pula pasangnya toh? Si Papoy cuma manggut2 aja, dalem hati sih mungkin berontak : "ini bini gua yang salah ukurnya, malah ngomelin tukang yang bangun rumah sihh?" sambil garuk2 kepalanya yang gak gatel pasti....wkwkwkwk.
Yahh udah, gua kontek lagi ke tukang gorden, minta tolong dipermak ( emangnya levis? ), pokoknya minta dipanjangin sekitar 20 cm gitu. Plus sama ada satu gorden lagi yang juga kurang panjang sedikit, gua minta dipanjangin sekitar 10 cm. Udah lah gua kirim balik tuh gorden by gosend biar cepet sampe. Trus, ditunggu ditunggu, sampe udah seminggu kagak ada beritanya. Ditanyain gak dibales2 sampe akhirnya ditelponin, rupanya belum dikerjain karena tukang jahitnya lagi rame, kan bulan puasa mau Lebaran katanya. Huh...bikin abis kesabaran aja ya. Waktu awal pesen 4 lembar, 3 hari jadi langsung minta dilunasin. Ehh ini tinggal permak doang dipanjangin, malah makan waktu lebih lama. Kan kesel juga yaa. Akhirnya sekitar 10 hari an katanya udah selesai, nambah ongkos Rp. 100.000 buat upah ke tukang jahit. Dan begitu dipasang.....jeng jeng jengg.......kepanjangan donggg! Sampai menyentuh lantai. Begitu dikomplen by WA, katanya mungkin tukang jahitnya inisiatif panjangin sendiri, gak sesuai permintaan gua yang minta dipanjangin 10 cm an. *jedotin kepala ke tembok. Untunglah, gua taro sofa buat nutupin gorden ini, jadi gak terlalu keliatan...
Trus ada lagi yang bikin sakit kepala, pas kirim gorden ke gua itu pake gosend, pas hujan angin. Dikasihnya cuma diplastikin biasa aja, gak dilapis, jadi lah tukang gojek nya kehujanan, itu plastik gorden nya kemasukan air dan basah demek2 di sebagian kainnya, sehingga menjadi bercak2 kayak kelunturan belang2 gimana gitu. Ampunnn, gua fotoin dan gua kasih tau lagi ke tukang gordennya, dia bilang suruh cuci dan basahin semua gordennya biar gak belang2. Bikin kerjaan tambahan ajeeee nihh. Udah keluar duit, malah cape harus cuci2. Katanya peres tangan aja, takut benang2 bahannya itu berutulan ( apalah bahasanya ). Yah kali kain gorden begitu kalo udah kerendam air bisa jadi berapa kilo tau beratnya. Akhirnya gua cemplung mesin cuci aja lahh, sekalian peras keringin. Eh beneran, begitu kering diangin2, memang belangnya hilang, tapi benang2nya pada kayak kecabut cabut gitu. Bahannya gak bagus, gak paten. Arggghhhhhh.....udah deh gua diem aja..udah cape....
Tapii, kalo dari jauh sihh keliatan bagus2 aja kannn? *menghibur diri....Yahh begitulahhh urusan gorden yang menguras energi...

RIP POPOH
Disaat nontonin TV dan baca berita, dimana orang2 yang meninggal baik karena kena virus Covid 19 ataupun penyakit lainnya diberlakukan tata cara pemakaman yang diluar kebiasaan, pihak keluarga sampai gak boleh lihat mayat dan bahkan dijadikan PDP dan dikarantina, tidak ada yang datang melayat, mayatnya dikubur aja sendirian, lalu ada yang dibungkus plastik, ada yang ditolak dikuburin di tanah makam umum, yang lebih extreme bahkan dikubur massal, dan lain-lain kasus yang bikin gua garuk2 kepala dan jadi banyak2 berdoa : Tuhan, tolong jauhkan kami dari segala musibah...Tuhan lindungi kami.. 
Dannnn, pada akhirnya kebagian juga musibah ini. Gak bisa menolaknya...Popoh gua pergi untuk selama2nya tanggal 27 April 2020 di usia 99 tahun ( tertulis di pengumumannya 100 tahun mengikuti kalender China, biasa ditambahin 1 tahun umurnya ). Si Popoh udah sekitar sebulan belakangan ini drop kondisinya, udah susah makan dan sesak napas. Ini yang bikin dilema, karena mau di bawa ke dokter atau rumah sakit pun resikonya besar. Saat itu lagi panas2nya berita penyebaran virus Covid 19 dimana staff rumah sakit pun tidak berdaya dan ketularan. Lha kita warga biasa, jadi lebih ketakutan dong. Apalagi si Popoh juga udah gak bisa jalan, bingung juga kann. Untungnya masih ada kenalan dokter yang bisa dipanggil ke rumah. Saat diperiksa pun, yah memang kondisinya karena usia tua, cuma diberi obat entah apa dan vitamin2 doang. Akhirnya sekitar beberapa hari kemudian, Popoh gua pergi selama2nya, terbebas dari rasa sakitnya...Rest in Peace Poh...
Mana lagi ketat2nya PSBB, jadi kepikiran, siapa yang bisa urus, siapa yang mau ke rumah duka disaat begini, katanya juga dilarang berkumpul lebih dari 20 orang, dan seterusnya. Untungnya seluruh keluarga besar lumayan kompak koordinasi di grup WA, bisa diurus semua. 
Cuma ada sedikit cerita nih, katanya Popoh gua itu udah dibaptis karena dulu tinggal bareng tante gua yang sekarang udah meninggal. Nah, sekarang Popoh gua tinggal bareng tante gua yang lain lagi, katanya pernah tanya Popoh gua mau pake agama apa nanti kalo meninggal, bilangnya mau pake cara Lithang ( Konghucu ). Jadi lah akhirnya, diputuskan pakai tata cara pemakaman lithang itu. Kita anak cucu mantu cicit yang gak mengerti tentang Konghucu ini, yah asal ikut2an aja caranya, disuruh sujud memberikan penghormatan, ada yang kasih komando dan doa2 serta lagu yang dipanjatkan pun juga gak ngerti lagi, asal ikutan aja. hehehe... Yang penting dalam kondisi physical distancing, gak boleh deket2an. Nahh, berdasarkan pengalaman dari Popoh gua ini, mungkin udah saatnya orang2 terbuka mengenai "kematian", dimana kalau dulu2 tuh ngebahas kematian dianggap tabu dan sepertinya :"udah, gak boleh dibahas, serem ah, takut ah." sampai saatnya orang meninggal, yang ditinggalkan jadi kebingungan. Apalagi yang tiba2 kena virus Covid 19, belom sempet meninggalkan pesan apa2, gak ada persiapan apa2, tau2 udah meninggal aja. Keluarganya kocar kacir kelabakan. Aduhhhh, kepikir gak sih itu rasanya gila kayak apaaaaa?! Bener gakk? Yahh itu sih pemikiran gua, mumpung masih hidup yah boleh aja dibahas mengenai nantinya akan bagaimana dan kalau perlu udah disiapin dananya juga. Entah lahh...gua sih udah kepikir, tapi belom diungkapin juga....wkwkwk...
Pada akhirnya, ada hikmahnya juga kita anak mantu cucu cicit semua jadi bisa berkumpul walaupun sebelumnya jarang bertemu. Bisa saling menguatkan dan lumayan kompak.
Katanya dalam aturan penerapan PSBB, tidak boleh berkumpul lebih dari 20 orang, jarak minimal 1 meter. Lha bagaimana mau taat aturan, kita semua terbawa suasana, sedikit bergerombol dan jarak berdekatan. Yang penting pake masker dan cuci tangan, jangan keselamatan sendiri2. Yang penting si Popoh sudah dimakamkan dengan layak berdampingan dengan makam Engkong gua alias suami si Popoh dan tidak seseram dalam bayangan gua seperti yang ada di TV itu. Pemakaman berjalan lancar dan diberi cuaca yang cerah. Setelah itu langsung hujan angin sampe pulang Jakarta malah sebagian area pada banjir.  
Satu fakta lagi yang baru gua tau, ternyata tanggal kematian Popoh gua sama dengan saat Engkong gua meninggal yaitu tanggal 27 April, selang 21 tahun kemudian. Kok bisa yaa?

CUKUR RAMBUT
Nahh, gara2 gak boleh keluar rumah, plus tukang cukur dan salon juga pada tutup, akhirnya mamie terpaksa deh turun tangan jadi tukang cukur rambut si Miko yang udah gondrong. Kebetulan kita lagi dateng ke rumah nyokap gua di Cibinong, dan adik gua punya clipper nya, ceritanya dia juga baru beli di toko online. Awalnya ragu2 juga, apa bisa potongin pake clipper gitu, takutnya ntar pitak atau kependekan, walaupun udah ada ukurannya di pisau cukurnya itu. Si Miko juga udah teriak2 ketakutan jelek hasilnya, berkali kali dia bilang : Mamie bisa gak? Mamie yakin bisa cukurin?Awas kalo jelek ya....bla bla bla....cerewet banget nih customernya. Yah kali, aku pun baru pertama kali pegang clipper seumur hidup, kalo langsung bagus mah mamie mu ini bakal buka salon tohh nak....wkwkwk. Yah syukurlah, walaupun si Miko ngomel2 ujungnya, tapi masih oke lah hasilnya masih layak, gak jelek2 banget....hehehe. Itu potongnya pas di bulan April, sekarang udah bulan Juni, rambutnya udah panjang lagi...hadeuhhh! Apakah harus ku beli clipper juga ?
Begitu juga pas lagi video call sama si Alvin, lebih parah lagi tuh anak gondrong minta ampun, sampe dikuncir begitu...wkwkwk. Apa iya kita sekeluarga beralih jadi aliran gondrong aja nihh? Atau mamie ikut kursus salon aja ya? Entahlah...

MOTHER'S DAY
Uwuwww, gak disangka2, pas sore2 tanggal 10 Mei 2020, ditelponin si Alvin katanya ada paket buat mamie. Tumbenan banget kannn? Gak biasa2nya kirim2 paket. Ternyata dia kirimin bunga....ceritanya hari itu kan International Mother's Day, jadi dia kirimin mamienya bunga. Hati mamie pun seketika ikutan berbunga-bunga ..
So sweet yaahhh my boy.....
Tapi selidik punya selidik, tujuan utama dia mah ngirimin bunga untuk someone specialnya, trus sekalian pesen juga buat emaknya...jadi mamie tuh cuma peran pendukung doang, biar mamie gak ngomel kalo udah boros beli2 bunga segala....gituuhhh! wkwkwk, mamie udah GR aja...ternyata ada udang dibalik bakwan. Tapii, yahhh mamie seneng2 aja sihhh! Jarang2 kann ada yang ngirimin bunga..kasih bunga...*sambil melirik sadis ke si Papoy....hihihii....kena lagi si Ferguso.

TAMAN
Stay at home tuh bikin gua bener2 jadi baru perhatiin rumah gua ada aja kurangnya. hehhee. Selama ini kan pagi2 udah ke kantor, pulang kantor udah sore, sibuk masak, makan malam terus tidur...Repeat... Gak liat2 lagi deh apa aja yang berantakan, pikiran nanti pas libur Sabtu Minggu aja diberesin. Tapi ntar Sabtu Minggu udah sibuk sama yang lain, atau biasa habis waktunya buat istirahat, nonton, santai2, goler2an stalkingin orang...wkwkwk. Nahh salah satunya yang udah berantakan banget adalah taman depan rumah. Yang dulu awalnya udah bagus2 dibikin minimalis, gak banyak tanaman, lalu karena keisengan sesaat liat pot2 putih kok unyu2 , lalu diborong banyak2, ditanemin segala rupa, ujung2nya males rawatnya. Anget2 tai ayam. Ini aja yang rajin siramin taneman tiap hari cuma si Papoy. Tapi belio tuh cuma hobby nyiramin doang, gak diatur, gak ditata, pokoknya udah seneng aja pohon2 ini kagak mati. Udah...gitu doang. Secara yaa itu kalo diliat lama2 kok berantakan banget kagak ada unsur2 artistik sama sekali, lama2 bikin hati jadi bergejolak pengen rombak. Tapi pasti cape banget kalo kerjain sendiri. Mana udah musim panas sekarang tuh, pagi jam 8 aja mataharinya udah ganas banget sinarnya bisa menembus kulit rasanya. Ntar kulit incess bisa gelap seketika...ye kann! Bergeraklah jari2 ini, scroll2 cari jasa tukang taman apa lah apalah yang bisa mempercantik taman incess ini. Tapiii, semuanya mentok di budget sodara! Cuma taman seuprit itu doang mintanya 4 juta, 3  juta....ber jut jut lah, bikin incess terkejut kejut. Gak cucok di kantong ahh..biarin aja lahh berantakan gitu, gak ada tamu yang dateng juga toh? Buat apa dibagus2in...kalo bikin kantong jadi bolong? Prinsip mamie kan hemat bin irit always and forever..
Ehh dasar incess mah ada aja jalannya yaa, pas lagi lewatin tukang taneman, sekalian tanya2 ada tukang taman gak yang bisa rapiin taman, bukan desain baru, cuma bantu rapiin doang. Dikasih lah nomor WA nya dan akhirnya kita nego2 an dapet lah harga jasanya doang Rp. 500.000. Tanemannya semua dari yang ada di rumah aja, ditata ulang. Plus nambah tanam rumput gajah mini, beli rumputnya sekitar 3 karung Rp. 300.000. Dan beginilah proses perombakan tamannya....
Wihhh, udah keliatan lebih rapi kannn..... 
Setelah ditanamin rumput gajah mini...jadi dehh taman yang didesain oleh kanjeng mamie...hehehe. Puas sih, karena jadi lebih rapi dan gak berantakan. Walaupun belum punya pohon2 hias yang mahal2 semisal kayak beringin korea, atau bonsai2 apa lah....Next project lah. Yang ini percobaan dulu, kalau tumbuh subur berarti tanahnya cocok. Soalnya dulu udah pernah tanam anting puteri dan pohon sikas disini, eh tapi mati karena banyak rayap. Pohon anting putri dan sikas juga mahal harganya. Jadi kali ini gak berani tanam pohon yang mahal2 dulu, diuji coba dulu tanahnya layak tanam gak....
Pot2 putih yang tadinya tersebar di depan rumah pun jadi mubazir dan harus dikaryakan, ada sebagian masuk ke dalam rumah, dan sisanya masih terbelengkalai gak tau mau pajang dimana...wkwkwk. Itulah kalo terlalu napsu belanjanya, semua dibeli tanpa dipikir, ujung2nya gak kepake dan bingung taro dimana....Sigghhhh. Jadi sakit kepala kann...Rapihin yang depan, berantakan di belakang...wkwkwk.
Nahhh, selain taman, sekarang gua lagi kalap kepengen koleksi kaktus koboi. Sebelomnya koleksi kaktus mini, semuanya mati. Padahal kan kaktus katanya paling gampang rawatnya, gak usah disiram sering2, tapi entah kenapa, yang gampang itu aja pada mati, gak cocok nih tangan gua buat bercocok tanam. Tapi sekarang penasaran, kepengen lagi piara kaktus koboi ini yang keliatan keren....Nahhh mulai hunting deh di tokopedia, shopee, lazada..apa aja lah, pokoknya bisa dapet harga paling murah..hehehe. Ketemu satu seller yang jual 3 kaktus Rp 75.000. Gua bilang udah paling murah lah dengan kondisi kaktusnya bagus, seger gak bocel2 dan tingginya sekitar 40-50 cm. Di tempat lain udah diatas 100 ribuan. Oke banget kann..
Nahh udah dipindahin ke pot nih...karena dikirim belum ada akarnya, jadi kita tunggu sampe dia tumbuh akar, mungkin nanti baru dipecahin lagi pot nya...
Ceritanya, yg pesenan online tadi tuh belom dateng, gua udah pergi ke tukang taneman mau cari media tanam. Eh tukangnya jual kaktus koboi juga yang udah tinggi2 70 cm an, harganya Rp.100.000, langsung gua beli gak pake tawar2 lagi. Udah murah lah pikirnya, trus udah jelas ada akarnya dan memang udah tumbuh....Jadi sekarang total ada 9 batang kaktus koboi nih, termasuk yg ditanam di tanah...
Ehhh, tapi yg di tanam di tanah ini mulai busuk 1 biji. Ini juga belinya online, dikiriminnya yang jelek, agak bocel2 gitu kaktusnya, gak ada akar...jadi pas dipindah ke tanah pun kagak cocok nih. Sellernya langsung gua kasih bintang 1 plus complain karena dia janji kasih pot dan media tanam, taunya gak ada semua. Resiko deh kalo belanja online ketemu seller nakal. Hadeuhhh...sekarang mulai muncul masalah baru, harus cabut tuh kaktus busuk dan bongkar batu2 itu yang udah rapi...Males banget kannn!

KUCING KUTU KUPRET
Ceritanya udah abis rapihin taman, ehhh kenapa pagi2 buka pintu depan langsung semriwing bau kotoran kucing yaa? Dan keliatan tuh kucing lewat2 di depan halaman gua. Langsung emosi jiwa dan udah kepengen ambil karung buat nangkep tuh kucing. Rasanya sebeelllll banget sama kucing. Padahal gua kagak anti binatang loh, kalo dulu di rumah nyokap gua malah piara anjing sama kucing. Kalo namanya hewan peliharaan kan biasanya kotorannya kagak mengganggu karena mereka tau harus berak dimana, udah diajarin. Kalo ini kan hewan liar yang gak dipelihara, jadi sembarangan aja beraknya. Kebetulan tuh kucing seneng banget berak di halaman rumah gua. Masalahnya, dibilang hewan liar, tapi yang tiap hari kasih makan tuh tetangga persis sebelah rumah gua. Hueeee.....*jambak2 rambut. Mau bilang apa yaa? Lalu mulailah pembahasan tentang kucing kepada siapa pun yang bisa menampung kekeselan gua....wkwkwk...
Dan di Instastory pun gua pasang pengumuman minta tips yang bisa ngusir kucing dengan ampuh. Dan macem2 lah ceritanya yang ternyata bukan gua aja yang ketiban sial dikelilingin sama kucing liar.
Dann, ada juga yang kasih tips lebih gampang, suruh taro botol berisi air, katanya kucing takut. Ada 3 ekor nih kucing liar yang beredar di depan rumah gua.
Yah gua coba aja toh, kagak ada ruginya. Cuma taro2 botol isi air doang kan gampang, disebarin deh di kebun belakang tempat biasa tuh kucing2 pada boker.
Gua pikir berhasil dong tipsnya karena pas intip2 jendela kagak ada kucing yang berseliweran di kebon gua.Eh tau2 besok paginya buka pintu depan, malah si kucing gali2 tanah di pot gede depan pintu persis dan tanahnya tumpah semua ke bawah, acak2an...Langsung murka lah kanjeng mamie. Begitu liat bapak pengurus komplek yang tinggal depan rumah, langsung gua curcolin, bilang mau tangkep kucingnya dan buang kemana kek suruh satpam komplek. . Si bapak mah sabar aja dengerin, dan ujung2nya bilang : dulu2 udah pernah sih bu ditangkepin dan dibuang, eh balik lagi. Gua ngotot, buangnya kurang jauh kali pak. ke laut aja, ke Kalimantan kek! wkwkwk....Pokoknya kalo lagi emosi omongannya ngaco belo deh. Bapaknya iya iya aja, gua juga udah bilang siap bantuin tangkep, siapin karungnya, sama goloknya sekalian...wkwkwk! Ampunnn, jiwa preman udah mendidih pokoknya dikerjain sama kucing jahanam ini. Soalnya kejadian ini tuh pas gua libur Lebaran, jadi selama di rumah aja kan sialan bener yaa kalo tiap hari harus ngurusin kotoran kucing sama tanah2 yang digali2 si kucing. Itu pot nya aja udah gak ada indah2nya, pinggir2nya dipelet2in sabun colek sama si Papoy...teteup aja kucingnya naek...kutu kupret!
Akhirnya, gak ada yang tangkepin kucingnya. Kerjaan gua ngintipin kucing lewat, terus buru2 ambil selang air dan semprot sekenceng2nya. Udah itu, bikin pager pembatas dari botol isi air...udah ngibarin perang membrantas kucing liar dah. Maklum ini rumah town house, kagak ada pagernya. Jadi sama tetangga sebelah batesnya cuma kasih pohon2 , pot2 taneman dan gua tambahain pager botol air. Bodo amat lah kagak indah juga...yang penting bebas kucing...
Nahhh, yang kasih tips sampe nanyain...dan memang belum berhasil sihh..Masih aja tuh kucing balik lagi. 
Dan setiap orang2 yang bermasalah dengan kucing tuh bilang : pasti balik lagi kucingnya. Aduhhhh, kesel gakkk coba? Lama2 kepikir mau beli senapan angin nih...wkwkwkk...
Terus seperti biasa, kalo lagi scroll2 cari ide, tiba2 aja kepikir mau beli patung anjing buat nakut2in kucing. Ada penjual patung yang bisa custom gitu. Langsung pesen aja dengan perkiraan ukurannya udah cukup gede lah patung anjingnya buat taro di kebon. Gua sempet ambil penggaris kok waktu pesennya. Udah bilang ke si Papoy : tunggu aja sampe patung anjing pesenan gua dateng, pasti tuh kucing kabur deh! Si Papoy pun ikut2an nungguin patung dateng, mau buru2 taro di kebon. Begitu dateng barangnya sih memang dus nya gede, udah seneng aja dong bakal berhasil nihh trik gua buat usir kucing. Ehhh, taunya setelah dibongkar dusnya, patung anjingnya kecil aja dong....lebih gedean juga kucingnya...wkwkkwkwk *tepok jidat. Ampun dijeee! Pegimana mau taro di kebon yaa...akhirnya sementara taro di atas meja aja deh buat pajangan. 
Gara2 nyari2 patung yang cocok untuk outdoor, ketemu nih patung flamingo yang keliatannya lucu dan gua pikir waktu itu harganya murah dapet 2 pcs. Ehh taunya, salah liat, cuma dapet 1 pc dan berasa harganya kok mahal yaa. Yah sudah mau gimana lagi...taro aja deh di taman, bagus juga kannn?! *menghibur diri. Ini semua gara2 kucing sialan, kalo kagak kan gua hemat kagak liat2 beginian, kagak belanja patung2 apa lah apalah...Si Papoy cuma bisa geleng2 kepala. katanya : "mamie kagak cocok nih belanja online, salah melulu." Iyah sih, kemaren beli kaktus dibohongin, beli gorden kepanjangan, beli baju kagak muat, beli anjing kekecilan..apa lagi ya? Banyak benda2 jadi mubazir gara2 belanja online. Tapiii, banyak juga kok yang berguna dan beneran kepake ...Suwer dahhh! *lanjutin scroll2 marketplace...cari barang2 lain lagi..

AQUASCAPE
Kalo gua kan lagi kena demam belanja online perintilan rumah yang unyu2 gitu, nahh laen lagi ceritanya sama si Papoy. Dia juga punya belanjaan online nih...bentuknya adalah akuarium dan perintilannya. Ceritanya kepengen punya aquascape, abis nontonin youtube nya si Baim Wong yang punya paludarium sama youtubenya Irvan Hakim yang lagi bikin megatank apalah apalah itu yang semuanya pada ngabisin ratusan juta. ck ck ck...Yahh tentunya si Papoy kagak segila itu, kagak ada budgetnya juga...wkwkwk. Awalnya si Papoy nanya dulu, boleh gak beli akuarium...Yahh gua cuma nanya : harga berapa, ukuran berapa, mau taro dimana, susah gak urusnya en de brai en de brei..wkwkwkwk, panjang yaa nanya nya. Maklum, jiwa auditor, harus detail. hihihi...Jawabannya meyakinkan : murah kok, kecil doang ukurannya, bisa taro di pojok ruang tamu ( yang biasa buat pohon Natal ), urusnya gampang banget, gak repot kok. Hmmmm....trus, kalo gua mau taro pohon Natal, jadi dimana? Dia gak bisa jawab. Nanti aja dipikirin katanya...kalo perlu, gak usah pasang pohon Natal. Whaattt?! Nahh yang remeh temeh gini aja udah bisa memancing keributan rumah tangga kan yaaa? Tapi bininya lagi happy karena bisa belanja2 online tanpa batas..hihiihi, jadilah diapprove tuh beli akuariumnya. Sampe ambil akuariumnya jam 10 malem pun dijabanin, sampe beres tengah malem jam 12 an pasang2 lampu dll. Hmmmm bagus juga sihh....
Namanya aja aquascape, bukan piara ikan, jadi ikannya gak terlalu banyak. Lama2 sih gatel juga, dibeli lagi ikannya, jadi mulai rame deh warna warni...
Baru 2 minggu, si Papoy bilang mau beli lagi akuariumnya yang lebih gede. Dan dia berambisi mau develope sendiri dari awal aquascapenya. Yang kemaren itu kan udah dibikinin sama orang, beli jadi istilahnya. Kali ini dia mau tanam2 sendiri dan arrange sendiri tanaman airnya. Jadi begitulah, dari kosong menjadi isi...isi adalah kosong...( apaaa seehh! ...hihihii ). 
Lagi gila aquascape, asal jangan anget2 tai ayam aja...hahaha..ntar tuh tanamannya mati semua.
Udah mulai keliatan bagus nya....ikutan seneng sih liatinnya..
Eh ternyata tanaman air ini cepet gondrong juga loh, jadi harus rajin di trim...
Jadi begitulah, sekarang ini si Papoy punya keterikatan dengan 2 akuariumnya ini. Pagi2 kasih makan ikan2nya, pulang kerja nanti entah diapahin lagi tuh, kadang sampe lupa mandi, lupa makan. Kadang sampe tengah malem masih aja urus akuariumnya. hahaha. ..gua cuma ledekin, kalo sampe kita nanti mau jalan2 keluar negeri 2 minggu, apa jadinya tuh akuarium? Sekarang aja tiap hari harus kasih makan ikan, ganti airnya, ganti tabung CO2 nya, belom lagi perabotannya banyak bener , ada selang2 air, ember, baskom, tampah, botol2 air, filter air, dari depan sampe belakang perabotannya bertebaran...halahhh! Puyeng ah ...bikin orang OCD senewen ....hihihihi...

BAKING & COOKING, NO DIET2
Dietnya sih udah kelaut aje...udah kagak lari, kagak jaga makan. Entahlah, selesai PSBB bisa jadi apa nih badan...hiks! Yang penting kepuasan batin dulu aja lah. Waktu luang buat mencoba resep2 baru, masak yang belum pernah, bikin makanan yang udah lama gak dibikin...dan seterusnya. Kali ini kesempetan baking chiffon cake yang belom pernah dicoba, ternyata berhasil juga. Dan yang penting si Papoy dan Miko doyan. Sedihh kann kalo udah bikin kue tapi gak dimakan tuh...masa akuh makan sendirian...gendut sendirian...
Sempet bikin mpek2 yang dibilang cukup berhasil lah. Yang masih kurang tuh bikin cuka nya, padahal udah sengaja beli gula batok supaya bisa bikin cuka yang mirip sama cuka mpek2 palembang, tapi masih ada yang kurang rasanya, entah apa nih rahasia yang belum terungkap dari pembuatan cuka mpek2. Perasaan udah diikutin resepnya, tapi kurang maknyus rasa cukanya....
Kalo bakmi babi home made ini mah udah sering bikin. Dan ini udah pasti dijamin ludes dalam sekejap, apalagi ditambahin baso ikan dan kekian goreng...nyam nyammm!
Sate babi juga udah paling enak lah kalo lagi bingung masak apa, soalnya bikinnya paling gampang. Masalahnya cuma satu, asapnya aja yang bisa terbang ke seluruh ruangan karena panggangnya di kompor. Hmmmm, apa perlu beli alat barbeque outdoor itu yaa? *menciptakan kebutuhan
Donat pun udah bikin beberapa kali, tapi sedikit repot aja bikin donat, ujung2nya mendingan beli sih, masih murah meriah...hahaha
Nahh ini yang jarang2 bikin nih, lempah bakut daun kedondong. Gua baru tau kalo di depan pos satpam komplek rumah gua tuh ada pohon kedondong. Yaolohhh, kemana aja gua ya? Begitu tau, langsung dong mintain pucuknya buat dibikin sayur ini. Jadi ketagihan deh, udah beberapa kali masak ini. Rasanya asem manis pedes, nano nano lahh! Resep aseli dari mertua gua...dan dimasak ulang oleh menantu seingetnya aja...Rasanya teteup sama kok...hehehe
Foto sayur pare ini sih cuma dipajang aja karena warnanya cakep, bukan menu istimewa, tapi emang enak dan gua suka kok cah pare udang...
Dan yang baru2 ini gua masak adalah lempah ikan timun ala bangka, yang kali ini berhasil rasanya udah persis sama yang biasa dijual di restoran bangka langganan kita. Langsung ludes dalam sekejap. Perasaan resepnya udah di share dahulu kala. Silakan dicari2 di postingan tahun 2008-2010, akupun lupa...Ini aja masaknya gak liat resep lagi, cari aja di akun2 masak Instagram...
Tumis cumi asin cabe ijo juga masakan paling gampang dan cepat. Yang pasti orang rumah pada doyan. Itulah yang paling penting, masak yang orang rumah doyan. Kadang beredar banyak banget resep2 masakan, tapi pas dibikin, kagak ada yang doyan...kan reypot yaa...

REFUND TIKET
Yang menurut gua paling banyak membuang energi dan makan pikiran di saat PSBB ini adalah ngurusin refund tiket pesawat, refund voucer hotel, refund paket cruise, pokoknya semua yang berurusan dengan jalan2 dan duit. Itu udah bisa bikin emosi jiwa dan sakit kepala banget.
 
Yang beli di Traveloka, awalnya udah bikin spaneng karenaaaaa : penerbangan dibatalkan oleh pihak airlinesnya, tapi kagak mau full refund. Padahal jelas2 ini adalah pembatalan flight oleh airlines nya.
Waktu isi form refund dan isi alasan karena pembatalan dari pihak airlines, malah ditolak loh, di cancel. Gilaa kannn! Udah bikin emosi jiwa tingkat dewa...disubmit 2 kali form refundnya, ditolak terus. Gua langsung chat sama CS nya , karena kantor mereka juga tutup, semua pada WFH. Kalo buka kan bisa didatengin dan diacak2 kantornya...wkwkwk. kalo perlu ditebalikin meja nya. *jiwa preman muncul. Yahh abis gimana kagak emosi, bukan kesalahan kita kok, tapi dipaksa suruh isi formnya sebagai pembatalan pihak penumpang sendiri dan dana refund dipotong sesuai kebijaksanaan airlines. Kan kampret ya. Tapi, sudahlah. Gua berusaha berpikir bijak, semua orang, setiap perusahaan lagi pada susah kena dampak Covid 19. Gua mending ngalah , mending dibalikin duitnya walaupun dipotong, daripada ujung2nya perusahaan airlines dan agent penjual tiketnya ini keburu bangkrut, collaps karena semua orang minta refund. jadi buru2 gua submit lagi form refund dengan alasan batalin sendiri. Huh, baru sukses deh tuh...
Dan kayaknya sekitar 3 minggu gitu, dana refundnya udah berhasil masuk lagi ke rekening gua. Wahhh, lumayan loh potongannya 3 juta...tapi berpikir positif aja lah, daripada kagak balik? Hayoo pilih mana? Sementara di grup2 traveling, orang2 pada ribut dana refund nya belum balik, ada yang nunggu 3 bulan, 6 bulan..entah lah...Harus bersyukur atau apa...yang jelas udah lega aja..satu urusan dah beres.
Abis dicancel flightnya, tentunya masih berusaha beli tiket lagi dong. Masalahnya ini tiket buat si Alvin balik Indo karena harusnya dia tuh liburan, harusnya bulan April dia udah sampe Indo, tapi gara2 dicancel flightnya, otomatis gua masih berjuang cari tiket lagi supaya dia bisa pulang. Ini juga penuh drama nihh cari tiket pulang buat si Alvin. Udah tinggal enter klik beli, eh si Alvin kirimin berita kalo penerbangan ke Indonesia ditutup, pengumuman dari menteri perhubungan. Astagaa....langsung kita pending beli tiketnya. Padahal mah ternyata untuk penerbangan international masih bisa mendarat kok. Yahh oloh, jadi lah si Alvin masih terdampar di Toronto, karena gua masih pending2 beli tiketnya, ikutin berita2 dulu karena peraturan berubah2 terus. Begitu udah reda dan googling sana sini kondisinya udah tenang dan memang ada flightnya, gua coba booking lagi tiketnya di Tiket.com. Ehh dasar emang apes, tau2 di SMS in kalo flightnya dicancel juga. Ampunnnn...

Jadilah harus urus refund lagi ke Tiket.com yang ternyata sistem refund nya beda lagi sama Traveloka. Dia cuma bisa balik berupa kredit voucher, gak bisa balik duitnya. Dan itu minimal sebulan nunggunya. Yah oloh, cobaan apa lagi inihh? Gimana nasib anakku? Mau pulang ketunda2 terus...Kasiannn banget kann. 
Tapi perjuangan beli tiket kepulangan si Alvin masih berlanjut, tiap hari cek2 penerbangan apa aja yang bisa tembus sampe Jakarta di saat lockdown di negara2 transit. Doain aja dehh berhasil...

Ada lagi yang harus direfund, yaitu paket Genting Cruise yang seharusnya gua sailing tanggal 4 Maret 2020, tapi di Pebruari gua udah minta cancel duluan dan minta refund. Gak lama kemudian dari Genting Cruise nya juga memang batalin cruisenya. Berarti harusnya full refund dong..entah lah, karena gua beli di agent, jadi gua serahin aja ke agent. Gua cuma isi form refund nya aja. Tapi tiap kali ditanyain, disuruh tunggu tunggu terus, bikin habis kesabaran, sampe baru2 ini entah kenapa tuh agent kasih gua alamat email pribadi petinggi perwakilan Genting Cruise Indonesia, dan suruh coba tanyain sendiri ke beliau dan langsung direspon cepat dan mendapat pencerahan dari jawabannya, katanya udah dari bulan Mei dibalikin dananya. 
Abis itu, gua langsung balikin lagi ke agent nya dong...Dia bilang dia pun beli lagi sama agent lain. Gila kannn. Gua pun baru tau model bisnisnya begitu. Dan gua uber terus..sampe akhirnya dia nyerah dan bilang mau balikin pake duit pribadi dia. Dan itupun refundnya gak full, dipotong 3 juta. Bahhhh! Udah lahhh, gua iya in aja biar urusan tuntas dan gak bertele2 jadi bahan pikiran terus. Biar aja kalau agent2 itu misalnya nilep duit atau apa, gua dah gak peduli. Yang penting gua mau ketenangan dan gak ada urusan yang nyangkut2 lagi. 
Di Air Asia juga masih untung bisa refund 70 %, voucher hotel ada yang bisa full refund, ada juga hotel yang gak kasih refund, cuma pilihan reschedule doang. Hmm, siapa juga yang mau pergi sampe tahun 2021? Jadinya hangus deh tuh...So far mungkin udah rugi sekitar 8 jutaan dari potongan2 refund dan cancel bookingan hotel. Sakit ati juga sihh, soalnya cari duitnya kan pake tetesan keringet dan airmata darah...Lebayyy! Hahaha, tapi teuteup gua mah bersyukur aja lah, masih bisa balik sebagian dananya. Entahlah, situasi jaman sekarang ini serba gak pasti dan gak jelas...urusan duit jadi masalah nomor satu sekarang, harus hemat dan kumpulin semua sumber2 duit. Urusan refund begini juga harus ngotot to the max, biar bisa balik hak kita. Tapi sedih juga sih, banyak airlines, agent travel dan yang berhubungan dengan pariwisata pada bangkrut. Speechless....

WALLDECOR
Bulan Pebruari Maret kan lumayan banyak tuh hujannya. Dan tembok belakang rumah tuh rembes airnya dan bikin temboknya retak merekah. Pernah tanya tukang kalo mau benerin tembok perkiraan biayanya sekitar 15 juta. Whattt?! Mahal amatttt! Hmmmmmmmm, mikir lamaaa. Terus si Papoy bilang, bisa kerjain sendiri, abis liatin youtube katanya bisa itu sih gampang. Okey lah, sekarang udah bulan Mei, udah masuk musim panas, baru dikerjain dan kita liat aja jadi apa...Nih dikupas dulu semen luarnya, jangan ditanya deh debu nya kayak apa...masya oloh...cuma selebar gitu aja, debunya kemana2.
Dan inilah hasil kerjaannya si Papoy, macem melukis di tembok, geradakan kagak rata. Abis itu dia sendiri yang bilang : susah ratanya. Oke lah, gak masalah, ini tembok di belakang, kagak ada yang liat. Yang penting temboknya gak retak2 merekah lagi. Yang penting hemat gak usah keluarin duit bayar tukang.
Tapi teuteup dalem hati gua kagak terima sih yang geradakan itu...hahaha. OCD anaknya. Kebetulan gua abis copot2in walldecor di ruang makan, mau diganti. Tadinya udah mau dibuang atau kasih satpam, tapi masih disimpen karena masih mikir2 sayang juga kalo dibuang. Eh dipikir2, tempel2in aja buat nutupin tembok yang kagak rata itu. Yah lumayan kann, jadi ada sedikit pemandangan di belakang..
Di kolong tangga pun temboknya udah mulai geradakan akibat rembesan air. 
Sementara ditutupin  sama pot gantung dan walldecor kaktus aja dulu lah. Nanti dipikirin lagi mau gimana...Itu pot udah beli beberapa tahun lalu, tapi belom sempet dipasang karena bingung mau pasang dimana. Sama si Papoy dilarang pantek2 tembok, jadi gua beli cuma taro digudang aja selama ini. Sekarang baru deh bisa dipasang.....
Lumayan rapi kan jadinya...hehehe *muji sendiri. Beginilah kalo gak ada kerjaan di rumah, selalu menciptakan kerjaan baru...
Ini juga hasil belanjaan online ku...hehehe...
Kulkas pun jadi korban keisengan orang yang kagak ada kerjaan.... padahal pasang stiker nya itu lumayan susah...gak bisa rata mulus gitu. Tapi jadi punya kepuasan sendiri liat hasilnya.

FACEAPP
Nahh yang baru2 ini nih, lagi musim oplas, operasi plastik. Gak usah jauh2 ke Korea, langsung jadi. Jadi sekarang kita sekeluarga udah dioplas yaa, dan inilah hasilnya...wkwkwk! Mamie udah stress...kagak ada kerjaan...
Yahh pokoke, selama bisa cari hiburan buat mengisi waktu dan menghilangkan keruwetan  hidup jaman sekarang, apapun itu, dijalanin aja lah. Hidup udah berserah dan pasrah tapi tetap usaha menjaga kesehatan dan pikiran waras. 
Sekian dulu cerita dari orang stress....semoga kagak ikut stress bacanya. Jaga kesehatan dan keselamatan diri kalian juga ya gaess. Sampe ketemu di cerita drama lainnya....
Babay Ciaobella!

12 comments:

  1. Ci, gimana itu patung flaminggo nya, berhasil ga nakut2in kucing? Siapa tau bisa jd tips lanjutan untuk masalah kucing bandel, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. So far belum liat lagi kucing masuk2 ke halaman rumah...hehehe...semoga aja awet tuh flamingo..

      Delete
  2. wfh dan psbb memang membuat jiwa beberes mamak2 berkembang.
    gw juga jadi rajin beberes setiap sudut rumah. barang yg ga kepake dibuang2in.
    tiap hari buka marketplace mulu liatin dekorasi rumah.
    tapi belum segila elu beli patung anjing dan burung flamingo sih yan. hahaha

    itu suami gw jg kemaren sempat ngomong mau piara ikan. gw pura2 ga dengar aza.
    moga2 dia segera lupa.

    eh jadi sampe skrg alvin blm mudik ke indonesia nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih ati2 deh buka marketplace itu kayak ada santetnya..ga bisa lepas klo udah muncul gambar, bakal kebayang2 terus klo belom diklik beli..hahaha. iyaaa belomm, tapi udah beli tiketnya tgl 15 juni ..semoga sampe n lancar2 aja perjalanannya..doain yaa

      Delete
  3. niat banget ya yan kompleks lu sampe ada box desinfektan segala. tapi kalo masuknya naik mobil gimana? disuruh turun dulu yan?

    trus sepedanya gak disuruh didesinfektan juga? hehehe

    btw ikut berduka cita ya yan ata meninggalnya pho pho lu...

    ReplyDelete
  4. Iya bener Man..yg naek mobil, motir, sepeda, orangnya hrs turun..jd orgnya doang yg disemprot.thanks ya ucapan dukacitanya..

    ReplyDelete
  5. Ci, beli zat buat usir kucing. Banyak kok di toped gitu2. Jadi kayak usah koleksi botol Aqua hahahaha. Turut berduka buat meninggalnya nenek lu. Ngakak liat gorden gantung. Tp gpp msh bisa direvisi. Lah di sini gorden ud ada ukuran tetapnya. Kalo custom mahal beneerrr. Mendingan kepanjangan sih drpd gantung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg gel pengusir kucing udah pernah beli le, gak mempan. Baunya amit2, bikin eneg, tapi tuh kucing masih aja seliweran di dalam halaman gua. Thanks ucapan dukacitanya. Emang sih, mendingan kepanjangan yaa tuh gorden, daripada ngatung gitu...

      Delete
  6. Turut berduka cita atas meninggalnya Popohnya ya.

    Wah iya nih lagi PSBB ada-ada aja ya kejadian-kejadiannya.

    Dan iyaa itu niat bener kompleksnya sampai ada boks disinfektan segala, hahaha. Di sini mah nggak ada deh, cuma di pintu masuk beberapa toko aja paling disediain hand sanitizer, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ucapan dukacitanya ya Ko....iya disini mah apa2 cepet ikut2an nya..hehehe. Sekarang sih udah selesai PSBB, yah selesai juga tugas shower box nya..

      Delete
  7. Belanja online shop, bersih-bersih emang gak bisa di lewatin untuk kegiatan psbb ini. Btw faceapp emang menarik banget untuk dimainkan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..semua kegiatan itu udah jadi rutinitas sehari2...

      Delete