Friday, August 21, 2020

BIKIN KTP DI MASA PANDEMI COVID-19

Dari judulnya aja udah jelas banget yaa kita mau ngapain...iyahhhh betull! Mau bikin KTP baru buat si Miko yang udah berusia 17 tahun bulan April kemaren. Tuh anak udah merengek2 terus minta dibikinin KTP. Udah dibilangin kan belom butuh2 banget, mau ngapain cepet2 bikin KTP? Kantor pemerintahan juga pada tutup kali, pegawainya pada WFH....*mamie sotoy aja, biar nanti2 aja ngurus KTP nya. Tapi rengekannya makin sering, jadi pusing kepala kalo urusannya belom tuntas..ye kann! Gak mungkin juga nunggu sampe vaksin Covid 19 ditemukan yang entah kapan. Tapi buat apa juga punya KTP cepet2? Kan kagak kemana2 juga....*tau ah, sambil garuk2 kepala.

Terus di pertengahan bulan Juni, pas lagi chat sama adik gua, iseng2 gua suruh dia kirimin data si Miko ( akta lahir + KK ) ke pak RT, minta tolong dibantu urus KTP nya. Dua hari kemudian, si Pak RT nya anterin ke rumah surat pengantar ke Kelurahan untuk bikin KTP dan kita diminta dateng langsung. Gua inget banget waktu itu langsung pergi ke Kelurahan kita tanggal 17 Juni 2020. Soalnya itu tanggal kepulangan si Alvin yang sampe rumah jam 2 pagi, jadi kita baru tidur2 ayam beberapa jam doang, emak gua pagi2 udah telepon suruh kita buru2 dateng ke Kelurahan buat urus KTP. Beuhh...itu kepala langsung keleyengan kurang tidur, langsung jalan dari rumah kita di Jakarta menuju ke kampung halaman gua nun jauh di sana yaitu Citeureup. Huh...namanya kagak keren amat yaaa?! wkwkwk...Kesel gua tuh, orang2 jaman dulu bikin nama kagak ada cakep2nya amat. hihihi. Makanya si Miko juga kemaren mau pilih sendiri bikin KTP Jakarta aja, supaya deket urusnya, dan namanya kagak kampungan gitu. Cuman kan, mana bisa pindah sendiri gitu ya? Kita orangtua nya kan masih terdaftar di kampung, KK nya juga di kampung. Harus pindah jiwa dulu namanya. Tapi kan gak semudah itu toh! Nanti semua data kita harus bikin pernyataan perubahan alamat , kayak urusan bank, passport, kartu kredit..Arrrggggghh ribet banget lah, makanya jadinya balik ke kampung aja dah.

Untung lagi masa2 PSBB, gak begitu macet banget. Kalau hari2 normal sih biasanya muacettt parah di tolnya. Jam 11 an siang kita udah sampe di Kantor Kelurahan dan si Papoy yang masuk ke dalam kantor untuk minta tanda tangan pak Lurah di surat pengantar yang dari pak RT. Gua sama Miko sih nunggu di mobil aja. Lalu diinfo sama pak Lurah, kalau jam 11 ini tempat perekaman ( foto ) KTP di Kecamatan udah tutup. Kalau mau, coba datang ke Disdukcapil kabupaten yang ada di Cibinong.Wahhh, jadi begitu tohh pak? Gak bisa dibantu aja pak? hiihihihi....Gak bisa dek, urus sendiri ke kantor disdukcapil aja ya atau besok2 datang lagi langsung ke Kecamatan aja ya.....Oke deh..makasih pak infonya.  Begitulah kira2 percakapan si Papoy dengan pak Lurah. Dipanggil dek, dipikirnya si Papoy yang mau bikin KTP. Dalam hati Pak Lurah pasti bingung nih, di formulirnya tertulis umurnya 17 tahun, tapi penampakannya kok lebih dewasa banget yaaa orangnya? Mana uban disana sini pula.... wkkwwkwk....

Karena udah siang, kita buru2 mencoba nasib ke kantor Disdukcapil yang ada di area Pemda Cibinong. Wah, sampe sini keliatan sepi2 aja nih. dan keliatan kantornya bagus dan nyaman ber AC nih kalo sampe kita disuruh antri. Jadi dengan semangat 45 kita merangsek masuk buat tanya2 informasinya.
Dan ternyata, itu cuma tipuan belaka. Untuk pelayanan apapun, adanya di bagian belakang gedung. Jadi kita harus jalan keluar dari gedung, menuju ke bagian belakang yang mana udah terjadi antrian yang gila2an. Ratusan orang yang tanpa physical distancing antri buat mengurus surat2 entah apa. Rame banget deh kayak pasar malem tumpah ruah. Yahh oowhh,....kagak disangka , kagak diduga yaa? Lagi PSBB gini orang2 juga butuh urus surat2 segala macem? Yah kali..kirain si Miko doang yang kepengen buru2 punya KTP...hahaha...Akhirnya nyerahh lahh kita, kagak sanggup disuruh antri begini. Kita pulang aja...lagipula, kantor layanannya udah gak terima nomor antrian baru. Jadi kalau mau kesini, harus ambil nomor antrian dulu dari pagi, sehari dibatasi berapa orang gitu. Yang gak kebagian, harus balik lagi besok2. Hadeuhhh! Begini ini nih yang suka bikin emosi jiwa yaa. Pelayanan nya parah, lama dan gak jelas. Sering baca dimana2 orang bikin EKTP juga susah, dan bisa berbulan bulan, bahkan tahunan gak dapet2 KTP nya. Kan kita juga jadi jiper yaaa. Biasa KTP kita diurusin sama pak RT, dateng langsung foto. Terima beres aja. Tapi lagi PSBB gini, gak bisa lagi segampang itu, harus urus sendiri. Pak RT juga gak mau ambil resiko ketularan virus kali...lebih banyak di rumah. hahaha
Sebelum balik ke Jakarta, kita iseng mampir ke kantor Kecamatan, siapa tau masih buka dan bisa dilayani. Taunya udah tutup juga. Eh tapi beruntung banget, masih ada petugas yang bisa ditanya2 dan kita disuruh isi data di form pendaftaran. Itu pun daftar untuk pemotretan tanggal 3 Juli 2020. Dalam satu hari katanya cuma dikasih slot 25 orang, dan si Miko udah di nomor 24 aja. Astagaaa.....nyaris kan tuhh gak dapet slot. Masa kita harus balik lagi cuma untuk daftar doang, trus nanti balik lagi untuk foto? Wahhhh...makanya gua bilang kita beruntung. Jadi tinggal balik lagi nanti 2 minggu lagi untuk foto.
Tanggal 3 Juli 2020 kita balik lagi ke Kecamatan Citeureup untuk foto KTP si Miko. Dateng pagi banget, sekitar jam 7 udah sampe, masih sepi dong. Di depan gedung nya udah disiapin kursi2 untuk warga yang punya kepentingan disini. Pelayanan dibuka jam 8 pagi, jadi kita masih bisa tunggu lah sebentar. Udah seneng aja dong...kirain dateng lebih pagi, bakal dilayanin duluan dan gak pake antri lama2.
Ehhh, kagak taunya......dipanggil berdasarkan urutan yang ada di formulir pendaftaran kemaren itu. Jelas2 si Miko nomor 24, dipanggilnya yah nyaris terakhir lah. Aje gileee...sekitar jam 10 an baru dipanggil namanya. Mau pingsan rasanya! KZL gak sihh?! Ini kantor pemerintahannya yang kagak mengerti cara melayani atau gua nya yang sotoy berasumsi sendiri : siapa dateng duluan, bakal dapet nomor antrian sesuai kedatangan seperti di dokter2 gitu? Trus, kalo sampe ada yang nomornya dipanggil tapi orangnya belom dateng, harusnya kan ditaro diakhir ya, lanjut terus aja gitu. Ehh ini sih, begitu orangnya lapor dia udah dateng, langsung dipanggil masuk.  Arggghhh.....bete dan emosi jiwa kann yaa. Tau begitu mah, dateng aja jam 10 an, jadi kagak pake masuk angin nunggu di tengah2 lapangan gitu. Amsyiong juga dah! Miko ngomel2..si Mamie sotoy sihh, pake disuruh dateng pagi2 banget. hahaha. Eh tapi masih mending ada pak satpam yang perhatiin kita dari pagi udah duduk antri disitu, sampe udah mau abis slot 25 orang, kok belom dipanggil2 juga. Jadi dia kasih tau petugas yang manggilin orang2 utk masuk, jadinya kita disuruh masuk duluan, skip sekitar 2 orang..lumayan lah jadi gak nunggu lebih lama lagi. hehehe, masih ada untungnya... 
Begitu foto, langsung boleh pulang. Gak dikasih apa2 lagi. Kalo dulu2 kan dikasih resi, atau KTP sementara. Kalo sekarang disuruh nunggu aja, nanti KTP asli nya bakal dikirim ke alamat masing2. Jadi gak bertele2 gitu, udah dipasang informasinya di pintu masuk kantor Kecamatan.

Dan sekitar tanggal 26 Juli 2020, KTP nya udah dianter ke rumah mama gua dan pas gua lagi maen kesitu kan. Gua sendiri yang terimain KTP nya dari bapak kurirnya. Wahhh lega deh...udah jadi KTP nya. Ternyata kali ini layanannya malah cepet banget. Gak sampe sebulan! Plok plok plok! Hebat yaa, kena pandemic malah jadi cepet layanannya. Seinget gua dulu waktu urus KTP si Alvin, sekitar 3 bulan baru jadi. Bersyukur aja deh urusannya udah beres, jadi gak bolak balik bertele2 dan gratis pula, kagak pake bayar. Keren kann!

Begitu dehhh pengalaman kita urus KTP baru di masa pandemi Covid 19. Berikutnya, masih ada lagi yang mau diurus2 dan ceritanya ada2 aja pokoknya. Penasaran kannn?! Tunggu aja yaaa!

Babayy Ciaobella!

6 comments:

  1. gak heran lah kalo ribet gitu yan. gua masih inget pas bikin ektp juga ribet bener. hahhaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedikit rempong, tapi puas kali ini cepet jadinya...dulu2 lebih lama..

      Delete
  2. kalo pengalaman gw malah beda yan. gw bikin ektp cepat banget kok prosesnya. datang antri ke kelurahan, ga lama lgs disuruh foto.
    apa karena kelurahan gw sepi yak?

    btw ektp skrg berlaku seumur hidup ya? ektp gw masih ada tulisan expired kapan. minta perpanjang ke pak erte katanya ga usah. udah berlaku seumur hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..tempat lu sepi tuh yg umur 17 th an..jd ga perlu bikin KTP..hehehe. iya skrg berlaku seumur hidup, yg format lama diabaikan tgl kadaluarsa nya

      Delete
  3. Ah Indo banget ya, bikinnya ribet bener!! Tambah ribet mana lagi pandemi begini kan ya. Dulu ektp-ku juga jadinya lama bener dah. Ah tapi yang penting sekarang uda jadi sih jadi gak perlu urus-urus beginian lagi, hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ko..ribet, tapi untung berlaku seumur hidup..jadi cuma sekali doang..heheheh

      Delete