Monday, September 28, 2020

JALAN JALAN KE GEOPARK CILETUH

Holaaa!

Akhirnyaaa, mamiefunky squad beraksi kembali.....
Ampunnn deh yaaa....udah setaon dipasung di rumah, kagak pernah jalan jalan, rasanya udah stress tingkat dewa. Jadi sebelom dicibirin netizen yang maha benar, mamie mau ngaku dosa dulu.
Yahh, gimana dong ya.... kita mah emang manusia biasa doang, yang kagak tahan godaan dan rasa kepengen yang warbiasa, maka tau2 mendadak aja pergi jalan2 gak pake mikir panjang2. Awalnya juga males, mau jalan kemana? Setelah dilepas masa PSBB per Juni lalu, banyak orang sepertinya udah pada lepas kendali. Ngeliat tempat2 hiburan dimana pun selalu penuh pengunjung, rame sampe uyek2an. Tempat makan, cafe, restoran, tempat hiburan, semuanya rame sampe waiting list. Apalagi Bandung, udah diserbu abis2an lah sama orang Jakarta. Sepertinya kebanyakan orang2 tuh udah gak peduli lagi sama si virus Corona, dianggapnya tuh virus gak ada dan ngerasa udah balik normal lagi aja gitu hidupnya. Kita sih masih peduli, masih takut banget sama ancaman virus Corona. Tapiiii, takut dimulut doang lah, begitu ketemu Sabtu Minggu dimana si Papoy bisa libur, kita pun langsung cabut ke sebuah tempat yang belom pernah kita "acak2" sebelomnya. Gak jauh2 banget sih, di daerah Jawa Barat tepatnya di daerah Sukabumi. Nama tempatnya adalah Geopark Ciletuh. Hayoo deh, mulai di googling atau cari pake hashtag #ciletuh #geoparkciletuh, nanti bakal ketemu deh foto2 yang cakep2 melambai2 minta dikunjungi. Kita pun begitu soalnya....hihihihi.

Yah tentunya, mau jalan2 juga penuh perjuangan. Segala hal yang mau dicapai itu butuh usaha, gak ada yang gampang dan mudah di dunia ini. Apalagi saat wabah Covid19, jadi dobel2 dong usahanya. Pertama2, kita butuh bangun subuh2 supaya bisa kejar waktu dan nanti gak kesiangan sampe lokasi yang kita tuju. Udah bangun jam 1/2 5, tapi ujung2nya, kita berangkat jam 6 an juga karena saling males mandi, tunggu2an. hahaha...drama banget deh pokoknya. Gak sempet sarapan, jadi berangkat dalam keadaan perut kosong. Dan tentunya gak lupa kita bermodalkan masker, hand sanitizer, semprotan desinfektan dan bawa duit juga dongg buat beli makan. Karena terus terang, rasanya kan repot tuh kalo mau bawa makanan dari rumah. Terus juga karena perginya pagi2, gak bisa beli nasi padang atau nasi rames gitu, belom ada yang buka warungnya. Kita pikir, pasti banyak yang jualan lah di sepanjang jalan nanti. Oh ya, kita juga kan mau nginep semalam, jadi maunya yang gak ribet lah. Bawa duit dan baju aja....
Nahh, karena kita mau ke arah Sukabumi, maka nanti kita ambil jalur tol Bogor arah Ciawi, terus akan lewatin tol Sukabumi yang baru, exit nya yang paling ujung aja pokoknya. Nanti belok kiri, dan ikutin jalan raya Sukabumi. Sisanya pake aplikasi google map atau waze aja yaa kakak...hihihii. Soalnya ada belok2annya. Kita diarahin lewat jalan  Cikidang yang astaganaga jalurnya berkelok2 tajam, tanjakan curam dan lewatin hutan dan pohon sawit. Gila banget deh jalurnya, walaupun aspalnya  mulus sih, tapi curam banget tanjakannya dan terhitung sempit untuk ukuran 2 mobil. Mesin mobil aja sampe mendengung di tanjakan. Tapi banyak motor juga yang lewat sini, hebat juga tuh motor2. Kebanyakan seperti komunitas yang pada touring gitu. Mereka convoi bareng2. Seru juga sih...Tapi pastinya cape banget lahhh, kita yang naek mobil aja berasa lama banget gak sampe2. Belom lagi, di sepanjang jalan Cikidang itu kan lewat hutan2, kagak ada yang jualan lah kakak. Jadi kita yang belom sarapan ini udah hopeless banget, cuma bisa nahan lapar dan berharap segera nemuin warung makan apa kek. Tapi yahh gitu, sekalinya nemuin warung makan, kagak napsuin gitu keliatannya. Jadi tahan lapar terus aja deh. Tau gitu, mendingan tadi di sepanjang jalan raya Cicurug, Caringin, Sukabumi, kita berhenti dulu makan bubur. Buburnya Sukabumi kan enak tuh. Tapi tadi setiap tukang buburnya selalu aja rame pembelinya, kita agak takut juga buat berhenti makan disitu. Terus mikirnya juga gak mau banyak berhenti2 buat makanlah, buat ke toilet lah, biar cepet sampe. Jadi yah gitu lah, akhirnya zonk kagak nemu tempat jualan makanan sepanjang jalan. Dan kita sama sekali kagak berhenti buat ke toilet loh.
Sekitar jam 9 an baru sampe daerah Pelabuhan Ratu. Disini ada pantai yang namanya Pantai Sangrawayang. Disini ada warung2 makan yang jualan kelapa muda, gorengan, indomie..tapi gak napsuin...tempatnya sedikit "kumuh". Kita cuma numpang ke toiletnya aja...
Nah kita sempet foto2 dulu nih di pantainya...cuacanya malah gloomy2 gimanaa gitu pas sampe sini.
Lumayan lah pemandangannya, memuaskan mata yang udah lama kagak jalan2.
Padahal kalo kita udah pernah ke Labuan Bajo, yahh pantai begini sih B aja yaa ...wkwkwk..sombong banget lo! Yahh emang faktanya gitu....disini tuh pantainya banyak sampah dan pasirnya warna hitam. Gua gak suka pantai berpasir hitam, kesannya jorok. ye gak sihh? Tapi kalo di foto mah bagus2 aja kannn? Siapa dulu modelnya....*pletakk! dilempar centong...
Kita lanjutin perjalanan lagi dan mulai menanjak ke daerah perbukitan. Lalu di beberapa spot, jalanannya itu punya view ke laut. Kece bangettt! Tapi kita gak sempet foto, karena fokus sama jalanan yang berkelok2. Sekitar 1 jam dari pantai tadi, sampai lah kita di tempat pertama di kawasan Geopark Ciletuh. Namanya Puncak Darma. Jadi dari sini ada beberapa spot yang bisa melihat view dari atas ke arah pantai dan laut gitu. Salah satu spot nya berbentuk anjungan sederhana yang terbuat dari bambu2 yang menjorok ke tengah tebing. Tiket masuknya Rp. 3000 per orang. Awalnya kita doang tuh yang masuk ke situ, ehh gak lama ada rombongan keluarga yang ikutan masuk dan kagak pake physical distancing, malah deket2..Harusnya kan antri dulu yaa gitu di pintu masuknya. Huh..petugasnya juga kagak aturin sih. Kan kita mau foto2 juga jadi kagak bebas ada mereka....Herannn dehhh!
Nahhh beginilah beberapa spot foto yang sempet diambil di anjungan ini...
Tuhh kalo sepi gak ada orang kan enakk yaa bergaya nya...lagian serem juga loh ini anjungannya menjorok ke tengah dibawahnya langsung jurang...hiyyy, agak2 uji nyali juga sih nih.
Awannya cetar banget yaaa....
Emang bagus sihh yaa disini....
Jadi pas kita disini tuh, awannya on off gitu, bentar mendung, bentar cerah. Jadi fotonya pun bervariasi, ada yang mendung2, ada yang terang cerah ceria. Mantul lahhh view nya!
Kita pindah ke spot lain, bayar tiket masuknya Rp. 3000 per orang. Nah disini ada semacam papan informasi yang berisi penjelasan tentang Puncak Darma ini,
Nahhh ..ini iconnya Puncak Darma...
Salah satu spot fotonya lagi....
Dan ada photobooth nya juga, yang bentuknya kursi dengan meja diujung jurang dengan view langsung ke laut lepas.
Maria en Ferguso pun berfoto ala2 prewed...eh postwed ding...
Kata Ferguso : tuhh...bagus kannn view disini..makanya jangan nolak diajak ke Ciletuh
Maria : iya ya, gak nyangka ihhh sebagus ituhh...( sebelumnya gua gak mau diajak jalan2 kesini, biasaaa, udah underestimate duluan..hehehen ).
Kalo udah sampe sini, jangan lupa foto yang banyak...hehehe. Rugi kalo dikit2 mah...Udah jauh, bayar pula tiket masuknya.
Terus, kita lanjutin perjalanan lagi...ituh tuhh naek2 terus ke bukit di atas sana. Masya olohh jalurnya...curam2 loh ini tanjakannya. Berkelok2 pula. Bayangin, pulangnya kita malem2 jam 7 an, gelap gulita kagak ada lampu sedikitpun. Merayap turun pelan2. Ada motor pula....ck ck ck.....salut deh yang kesini touring naek motor...
Tempat pertama yang kita temuin setelah Puncak Darma itu adalah air terjun....gak tau namanya apa. Tempatnya pun cuma ada warung kecil gitu, gak ada plang namanya. Yah mungkin bukan yang tempat wisata resminya, tapi ini masih di kawasan Geopark Ciletuh, jadi kita mampirin aja. Lumayan bagus juga lah air terjunya. Namanya udah lama kagak jalan2, jadi norak aja gituu..liat beginian pun udah bersyukur...berasa indah banget...
Ini foto jam 10.30 an, pas cuacanya panas terik...yang ada failed aja gitu...semua foto terlalu terang. Saking udah lama fotografer pribadinya gak latihan foto2, jadi kacau dehh...hahaha
Yah untungnya, masih ada juga yang bagus fotonya....
Mamiefunky and the bodyguard...hehehe
Dari air terjun tadi, kita dikasih tau sama pemilik warung dekat tempat kita parkir mobil, kalo di seberang jalan ada lagi air terjun yang lebih besar. Yah udah, kita langsung nyebrang jalan, lewatin jalan setapak sebentar, nyampe dehh ke air terjun kedua yang entah apa namanya....hidden gem gitu lah, karena kagak ada papan petunjuknya.
Tuhh liat air terjunnya bagus kan...
Airnya dari sungai yang di air terjun pertama tadi, masih nyambung alirannya.
Diujung air terjun itu langsung jurang.....
Ini kondisi airnya lagi surut, jadi kita masih bisa berjalan di batu2nya. Kalau musim hujan, mungkin ini jadi sungai gitu...
Dari air terjun tadi, kita langsung cari tempat makan karena udah berasa laper banget. Udah jam 12 an lewat. Mana kagak sarapan, jadi udah bahaya deh kalo jalan2 sama orang lapar. Apapun bisa ditebalikin...wkwkwk. Nah kebetulan ketemu rumah makan menunya seafood nih, namanya Kuring Kapikat ...kita pun terpikat mampir kesini, padahal tadi mah sepi gak ada yang makan...eh begitu kita parkir sini, langsung ada 2 mobil yang ikutan mampir...hehheehe
Nahh ini makanannya...enak2 juga lah rasanya. Maklum, lagi lapar berat. Itu ikannya ikan kakatua, dagingnya empuk, dibakar kecap gitu aja juga udah syedap. Total kerusakan abis Rp. 310.000. Minumnya 4 gelas es jeruk.
Nahh, kalo perut udah kenyang, jadi lebih santai deh jalannya. Kita nyari2 lagi air terjun ( curug ) lain yang ada di kawasan Geopark Ciletuh ini. Pake google map juga sampe. Namanya Curug Sodong, bentuknya air terjun kembar gitu...Sayang nih, pas kesini debit airnya kecil karena masih musim panas. Coba kalau kesini pas musim ujan, wahhh...air terjunnya lebih bagus lagi. View air terjun ini difoto gak jauh dari tempat parkir mobil. Waktu parkir mobil pun, udah keliatan air terjunnya.
Pas di parkiran, ketemu tukang parkir yang ternyata dia bisa juga nge guide in pengunjung ke air terjun yang lebih tinggi lagi. Ternyata ada 2 curug di kawasan ini. Akhirnya kita deal pake jasa dia, sekalian jadi tukang foto kita juga.....makanya kita bisa punya foto berempat disini...
Curug Sodong yang cantik...
Asik juga ada fotografer pribadi...mamiefunky squad jadi bisa bergaya ber 4 terus.
Setelah kita foto2 ini, tiba2 aja langsung rame banget pengunjung lainnya...jadi maskernya tetap harus terpasang.
Saking udah nyaman pake masker, sampe foto2 pun lupa dilepas maskernya...
Nah yang ini spot nya dari belakang air terjunnya...
Foto editan cetar tiada tara...
Tapi emang sebagus ituhh kok air terjunnya....
Lebih bagus lagi kalo debit airnya banyak ya...kesini harus musim hujan kayaknya. Eh tapi, 2 minggu setelah kita kesini, daerah Sukabumi malah banjir bandang loh. Serem juga kalo dikasih hujannya kebanyakan sampe banjir2 mah yaa...
Mamiefunky squad bergaya terus......mumpung ada yang fotoin.
Nahh, guidenya ngajakin kita foto disini.... dibatu2 di tengah sungai....
Mungkin kalo gak pake guide, kita gak nemu spot ini....
Udah cape abis foto2 di tengah siang bolong, kita mampir minum es kelapa dulu. Sluurrppp, seger banget...emang kalo lagi jalan2 gini, dah lupa deh sama virus Corona. Mau gimana lagi, udah haus banget, jadi jajan aja di warung yang ada disini.
Udah seger abis minum es kelapa, baru deh disiksa lagi kita trekking sedikit mau ke air terjun yang letaknya lebih tinggi lagi dari Curug Sodong tadi. Mana panas, mana jalanannya sedikit terjal...hadeuhhh, harus ngeluarin jurus berteduh dibawah sweater biar kulit gak gosong.
Kayak Dora the Explorer lah, lewatin sungai, jembatan....
Dan sampe deh kita ke air terjun kedua...Nahh disini juga kalo musim hujan, air terjunnya bakal deras banget, batu2 itu kagak bakal keliatan, air semua.
Sayang nih, kita kesini pas musim panas, jadi debit airnya sedikit dan yang terlihat kebanyakan batunya.
Kebayang dong kalo di belakang gua itu air terjun semua....pasti lebih keren lagi...
Yahhh, terlihat banyak batu2nya juga masih keliatan bagus juga sihh yaa...artistik gitu..tsahh! Abis ini, kita bakal menuju ke air terjun yang lebih tinggi lagi di belakang sana...
Yah pastinya, mau ke tempat yang tinggi tadi tuh harus menempuh jalur yang begajulan banget, melewati batu2 yang segede2 bagong malang melintang di tanah curam.
Bukannya enak2 lewatin jalan setapak gitu.... ampunn deh, mau jalan2 tapi nyiksa kaki begini. Sempet kakinya kram karena ketarik waktu mau angkat kaki ke batu yang tinggi banget. Tapi mamiefunky squad kan udah terlatih lewatin jalur ugal2an begini....jadi masih oke lah bisa dilewatin.
Nahhh begitu sampe atas, jadi berenti deh ngomel2nya. Duhhh, bagus nihh air terjunnya...oh iya, namanya Curug Cikanteh.
Eh udah ada yang nyemplung aja tuh di bawah air terjun...seger banget liatnya pas hawanya panas2 gini, karena air di kolam itu dingin banget loh.
Kalo kesini sekitar jam 3 an sore, saat mataharinya mengarah ke air terjun, pasti bakal nemuin pelangi disitu....kerenn banget deh.
Yaudah, foto2 dulu aja deh disini.
Tapi sayang juga sih, guide kita kurang bisa fotoin pake kamera, agak2 blur gitu...
Tapi yang penting ada foto2 kita ber 4 disini..
Kalo anak kampung yah begini, gak tahan kalo kagak nyemplung...
Dah puas foto2 di air terjun, akhirnya kita lanjutin lagi perjalanan mau jalan ke arah hotel. Sambil lewat, kita mampir dulu ke pantai yang ada tulisan Geopark Ciletuh nya...tanda bahwa kita udah pernah kesini nih..Tapi rame banget dah disini orang foto2, kagak mau gantian lagi. Udah foto malah ngetem ngobrol2 nongkrong2 disitu....Hadeuhhh..kesel beut!
Nih ada papan informasinya juga disini..
Nah, pantainya kayak gini dehhh viewnya. Lumayan rame orangnya. Ini cuma difoto sama si Papoy, gua dan anak2 sih nunggu di mobil, kagak tertarik buat maen ke pantai.
Udah hampir sunset disini. Udah sore dan kita mau uber waktu jalan ke hotel supaya gak kemaleman.
Eh pas di tengah perjalanan ke hotel, ketemu satu tempat lagi, namanya Curug Cimarinjung. Udah sepi sih yang parkir mobil disini karena udah jam 5 an sore. Untuk masuk ke dalam, kita bayar tiket masuk Rp.5000 per orang.
Tuh dari jauh udah keliatan air terjunnya. Ini dari tempat parkir lumayan jauh juga jalan kakinya.
Bergaya dulu dehh di sini..
Udah sepi nih disini...
Puas2 in foto deh, mumpung gak ada orang..
Bebas aja mau foto dimana, dari spot manapun bagus semua...
Maria en Ferguso di depan curug Cimarinjung
Nahh, akhirnya kita ketemu spot foto di bawah pohon, dan untuk menuju kesini harus nyebrangin sungai dulu..
Ceritanya mau gaya saranghae...
Pokoknya fotonya harus banyak deh, biar puas..
Jadi tuh seharian ini kita jalan2nya berthema air terjun semua...hopping curug, curug to curug..
Menurut gua, yang paling bagus yah curug terakhir ini...Curug Cimarinjung. Kalo menurut kalian, yang mana?
Akhirnya sesi foto2 di air terjun selesai, kita sampe disamperin petugasnya, karena mau tutup tempat wisata ini jam 6 sore. Emang udah mulai gelap2 maghrib gitu juga sih. Kita nya aja keasikan foto2..hahaha. Abis itu buru2 jalan ke parkiran dan kita lanjutin jalan ke hotel.
Jadi cerita dikit nih, waktu booking hotel, kita taunya daerah Ciletuh kan ya. Kirain bakal deket2 area Geoparknya gitu. Eh pas tadi siang kita cek, taunya lokasi hotelnya ada di kota Pelabuhan Ratu, berarti sekitar 40 km dari area Geopark Ciletuh ini. Hadeuhhh, jadilah kita masih harus menempuh perjalanan keluar dari area Geopark Ciletuh itu yang mana jalanannya itu berkelok kelok curam, tikungan tajam dan kagak ada lampu sama sekali karena hutan2 kan. Mobil kita jalan turunin bukit merayap2 karena gelap gulita banget deh. Sesekali ketemu mobil dan motor...abis itu mobil kita sendirian aja gitu lewatin jalur ini. Serem juga sihh...hahaha.
Akhirnyaa, setelah sekitar 1.5 jam berkendara, sampe juga kita di daerah pemukiman dan masuk ke kota Pelabuhan Ratu. Langsung cari restoran dulu karena udah laper banget. Akhirnya nemu jejeran restoran seafood dan kita pilih yang menurut kita paling bersih dan oke lah restonya. Dan kita makan seafood lagi malam ini..Menunya ikan kerapu asam manis, cumi goreng tepung dan capcay. Minumnya semua pilih yang manis2 dan seger, ada soda gembira, lemon squash, es coffee late. Total kerusakan persis sama kayak tadi siang : Rp. 310.000. Kok bisa gitu ya?
Abis makan, kita jalan ke hotel yang ternyata deket aja dari jejeran restoran yang tadi kita makan. Letaknya berarti di seberang pantai Pelabuhan Ratu. Hotelnya biasa aja, bagian dari grup OYO dan kita gak kasih rekomendasi deh karena nyampe udah malem, pas dikasih kamar nya mencar2 jauh banget. Yang satu depan parkiran mobil, yang satu dikasih yang di ujung belakang, mana lagi renovasi yang di bagian belakang, jadi kayaknya acak2an gitu. hahaha...Terus yang kamar gua juga sebenernya ruangannya gede banget, ada ruang tamunya segala, tapi kran wastafel nya gak keluar air. Yahh sudahlah, sisa nya sih oke2 aja. Cuma tidur semalem doang, kagak banyak komplen lah. Walaupun sebenernya dengan harga 350rb di kota ini tuh mungkin harusnya dapet yang lebih bagus, tapi kemaren karena carinya mendadak dan kirain lokasinya yang terdekat dengan Geopark Ciletuh, jadi  gak berharap banyak sama fasilitas hotelnya, udah salah pilih dari awalnya juga.
Eh tapi, malah bersyukur kita salah pilih lokasi hotel, karena tadinya kan cuma mau ke Geopark Ciletuhnya doang. Nahh dengan nginep di hotel yang lokasinya di kota Pelabuhan Ratu, besok paginya kita jadi bisa rencanain jalan2 ke tempat wisata lain yang masih di area Sukabumi sini juga. Dimana tuhhh? Tunggu aja postingan berikutnya yaaa....*sok sok rahasia...hahaha
Babay Ciaobella!

1. meski view nya kaya biasa ditambah kamera kece jadi luar biasa, kalau pergi2 jaman coronce gini sama keluarga doang sih masih ok yg penting kalau udah banyak kerumunan menjauh, yang bikin gedek tuh yg ngumpul2 macem arisan atau pengajian kalau mamak2 atau nenek2 mah hehe jadi curcol.. kangen juga baca blog travelling cici, kapan ya bisa go abroad lagi hikssss....

1. iya, kita juga kangen go abroad...tapi ahh sudahlah, balik dipasung lagi, masuk kandang aja. hahaha

2. Salam kenal omkuh, sehat selalu. :)
    Udah kemana aja btw ini om paling jauh?