Tuesday, November 10, 2020

TREKKING KE SENTUL ( LAGI )

Halo gaess!

Wahhh parah banget nih, masa mamie jadi kecanduan "disiksa" si Papoy. Welee welee, jadi ceritanya, dari yang kemaren kita pulang jalan2 ke curug Sentul itu ( baca disini : Menjelajah Curug Sentul ), ternyata si Papoy jadi ketagihan, kepengen trekking ke curug lainnya lagi. Memang Bogor itu selain terkenal sebagai kota sejuta angkot, juga terkenal sebagai kota seribu curug. Lebayyy yee! Tapi beneran, banyak banget curugnya di sana. Googling aja deh! Yah mungkin gak sampe seribu sih, tapi yang pasti kagak bakal kelar2 setahun dikunjungin mah, apalagi perginya sebulan sekali... ye kan! Terus begitu si Papoy bilang mau pergi ke Sentul lagi, sebenernya gua  masih agak males2an, kaki paha pegel2 yang 2 minggu lalu aja kayaknya belom ilang, eh udah mau digenjot trekking lagi? Masya olohh! Tapi dipikir2, jaman sekarang tuh bahaya banget kalau punya suami kagak dijagain ketat, daripada ntar dia nekad ngajak orang lain? Kan ntar gua gigit jari malah "trekking" di tangga rumah, dari kamar ke dapur ke kamar mandi...repeat. Cilaka butut kann?! Jadi mendingan gua buru2 iya in aja dah...bener gak? hihihihi....Padahal orang lain kalo diajakin trekking juga belom tentu mau....tul gak? Bakalan disiksa soalnya....wkwkwk!

Yah tentunya, udah jawab oke gak cuma oke2 doang, tapi dengan syarat dan ketentuan berlaku....beuhh! Belagu lo! hihiihi. Syaratnya gampang aja kok, mamie kan orangnya suka receh2, jadi cukup mampir ke hutan pinus Gunung Pancar aja. Gua pengen pepotoan ditengah2 hutan pinus yang keliatannya kerenn gituh, hasil liatin foto orang2 di IG..ye kann! Udah deal, langsung deh si Papoy booking lagi  guide kita waktu itu untuk next trekking. Harga paket trekking masih sama, Rp.150.000 per orang dengan durasi 5 jam. Oh iya, akun IG nya @pesonaalamsentul_hiking ya, dengan contact personnya Abdul di nomor WA : 0857-1740-1614. Silakan dikontak langsung yaaa...dengan kita jalan2 memakai jasa guide begini, jadi turut membantu mereka juga loh gaess! Karena si Abdul ini juga salah satu korban terdampak pandemic Covid19, sebelumnya dia bekerja di sebuah perusahaan sebagai admin IT. Eh perusahaannya bangkrut karena gak bisa beroperasi di masa wabah Covid19. Jadilah akhirnya dia menjadi guide di daerah rumahnya ini sebagai sumber penghasilannya. Kita tuh udah kayak berjodoh aja sama dia, anaknya pinter foto2 dan nyambung aja ngobrol yang lucu2. Makanya kita sampe 2 x nih pakai jasa dia. Semoga aja rejeki dia semakin bertambah deh seiring dengan semakin ramainya tempat2 wisata di daerah Sentul ini.

Kali ini kita pergi sedikit lebih pagi lagi, jam 5.30 udah jalan supaya cepet sampe dan gak terlalu siang takut nanti keburu panas sinar mataharinya. Ehhh tapii, agak sedikit kurang beruntung nih, pagi ini udah disambut gerimis aja dong di Sentul. Cuacanya gloomy2 gitu. Metong dahhh kalo trekking sambil ujan2an. Mana ada bagusnya? Udah becekk, gak ada ojekkk, pasrah aja lah.
Nih liat aja langitnya pas di bunderan Sentul Nirwana, tempat meeting point sama guidenya. Eh nyampenya hampir sama aja nih, sekitar jam 6.20 pagi udah sampe dan guidenya juga udah dateng terus langsung menuntun kita ke lokasi parkir mobil yang masih sekitar 6-7 kilometer lagi dari sini.
Kita sampe di lokasi parkiran mobil yaitu rumah warga yang mungkin kenalan guidenya sekitar jam 7 an, cuma kita doang dong yang parkir disitu. Karena kan emang private trekking, gak campur sama orang lain. Trus lanjut pemanasan dulu sebelum mulai trekking. Kayaknya ini wajib yaa..soalnya biar kakinya gak kram. Oh iya, gerimisnya udah berenti nih. Lega deh kita...gak takut keujanan.
Baru juga jalan keluar dari tempat parkiran, udah langsung nemu view sawah hijau menghampar di depan mata...Argghhh...pengen rasanya lari ke tengah sawah, tapi sayang kagak ada jalurnya, gak tau lewat mana nih. 
Kebayang kalo sampe bisa foto di tengah2 sawah sana...pasti cetar dongg yaa dengan kostum mamie yang pinky menyala...wkwkwk. Pede beut! Yaudah, fotonya dipinggir sawah aja deh...
Dan belom apa2, baru juga jalan 50 meter, udah nemu tanjakan begajulan begini. Bikin kaki auto lemes dan males melangkah. 
Abis lewatin tanjakan itu, ketemu pohon2 berdaun merah yang merupakan kebun warga sini yang memang mengembangbiakkan pohon ini untuk dijual.
Ceritanya kita ini sedang menuju ke hutan pinus, tujuan pertama dari jalur trekking kita kali ini. Kata guidenya, kan sesuai request dari ibu....Okehhh! Nahh, kita bakal melewati rerumputan yang rimbun banget. Eh salah, sekilas emang mirip rumput tinggi, tapi ini pohon sereh loh gaess!
Tuh rimbun banget kann, tumbuh diantara pohon cengkeh. Jadi kita melintasi kebun warga nih ceritanya.
Oke deh, Maria udah siap disiksa Ferguso lagi nih....Bagus juga view nya disini, ke arah perbukitan daerah Sentul.
Nahh kalau ketemu jalan rata kayak gini sih enak nih, bisa ngebut masuk gigi 4...hihiihi
Nah memasuki hutan pinus, kita mulai nemu biji2 pinus yang jatuh nih, langsung pungut buat hiasan pohon Natal, kebetulan kan sebentar lagi udah Natal...hehehe
Wahh, banyak yang warna hijau juga nih...
Maria en Ferguso sebenernya lagi berdoa nih, jangan sampe turun hujan, soalnya disini tiba2 gerimis lagi. Liat aja langitnya gelap begitu.
Wele weleee....jalur trekking kali ini bener2 the real jalur trekking, bukan buat sembarang orang. Pantesan si guidenya bilang :"Cuma bapak dan ibu aja nih yang mau kesini. Orang2 lebih pilih ke Leuwi Hejo. Padahal disini kan viewnya bagus2." Hmmm...menurut ngana? 
Iya sih, viewnya bagus...tapi kaki melintir nih. Pantesan aja orang2 normal mah kagak mau kesini..wkwkwk. Berarti kita yang kagak normal yaa
Yah tapi bagus juga pilih jalur antimainstream begini, jadinya kan gak rame dan gak bertemu orang2. Cocok dong dimasa pandemi Covid begini, dimana kita teuteup harus peduli pada protokol kesehatan, social distancing, dst.

Blackpink in this area!
Tuhh makin begajulan aja jalurnya, udah gak berbentuk jalan setapak lagi ini sih. Kebayang gak kalo ujan bakal gimana nih jalanan tanah merah begini? Kalo kata orang Sunda mah : belok! iyah belok, gak usah ditambahin kanan atau kiri...ini bukan belok kanan atau belok kiri. Cukup baca belok dengan e taling, seperti ngucapain be...rak! hihihi
Dan arahnya nanjak terus yaa sodara2....karena kita bener2 mau ke atas bukit, ke hutan pinus.

Ahh senangnya...perut ku udah mulai kempes sedikit. hahahha. Fyi, sejak psbb ini berat badan gua udah gak terkontrol lagi. Udah jarang lari, seringnya makan. Terus sengaja kagak mau nimbang sejak bulan Maret. Eh, sekalinya nimbang baru tau beratnya udah naek 5 kilogram. Mampus! Metong! *nangis guling2.
Uhuyyy, liat dong tulisan di legging akuh? Cemana? Keren kann! Iyain aja, kalo gak bisa2 diblock nih...hihihihi.

Nah ini yang namanya getah pinus, disini ada petaninya juga yang ambilin getahnya. Dijual harganya Rp. 5000 per kilo.
Nahh ini kita foto sama si bapak yang ambilin getah pinus, bawanya galah panjang banget.
Lanjut lagi lebih ke atas, jalurnya udah mulai kejam gaess....tapi lebih kejam ibukota sih ya.
Nahhh sampe deh di "hutan pinus" nya. Akuh pikir kan hutan pinus Gunung Pancar tohh, kan si Papoy yang ngurus booking2nya, yang chat sama guidenya. Gak taunya, kalau Gunung Pancar itu jalannya berbeda dengan jalur trekking kita, jadi karena tujuan utama si Papoy kan emang mau trekking, si guide nya "terpaksa" meng iya kan request kita dengan mampir ke hutan pinus terdekat yang memang the real hutan pinus alami gitu loh, bukan hutan pinus tempat wisata Gunung Pancar yang gua maksud. Jadi ceritanya gua kagak nyambung..ngebayanginnya hutan pinus yang mana, sekarang nyampenya di hutan pinus yang lain. Sama sama hutan pinus sih....cuman yang ini gak selebat hutan yang entuh. 
Yah udah lah yaa, terima apa adanya aja. Udah sampe nya ke hutan pinus yang ini, kita foto2 aja dah disini. 
Nahh, malah fotogenik kan kita disini? hihihihi...

Susah emang kalo udah narsis akutnya kumat, gak tengok kanan kiri lagi, langsung aja pose terus.
Eh, tiba2 muncul ibu2 yang mau lewat bawa belanjaan di kepalanya. 
Yah olohhhh, ternyata ibu ini punya warung di atas hutan ini. Dan hampir tiap hari dia bakal lewatin jalur yang tadi kita lewatin udah mau pingsan ituh! Astagaaaa buuu? Malu saya jadinya....dari tadi ngeluh cape dan pegel melulu sepanjang naek kesini. Lha ibu dengan santuy nya bawa belanjaan berat gitu, lewatin jalur ini....*akuh celangap, gak tau mau bilang apa. Ampunn bu....jago amat siii si ibu
Abis itu kita langsung turun lagi mau menuju ke curug yang letaknya beda lagi. Jalan turun sih lebih lancar dan cepat, walaupun sedikit meliuk liuk nguber si Papoy yang jalannya cepet banget kayak The Flash.
Tuhh, tau2 beliau udah menghilang ajaa...
Padahal tadi kan bareng2....
Jadi ceritanya, hutan pinus ini adalah jalur bonus yang gak ada di paket trekking, setelah dari sini kita mau menuju ke curug yang jalannya berlawanan arah dengan hutan pinus ini, makanya udah naek sampe atas, yah kita harus turun lagi deh. Kurang kerjaan yaa? wkwkwk..Tapi asik sih pas turun mah bisa lari2, jadi gak berasa ...
Sesudah itu, kita harus melewati sungai...untung lagi gak hujan, jadi airnya gak deras.
Melewati sawah yang sayangnya baru abis dipanen, jadi sebagian tanahnya udah botak gak ada padinya.
Untung kagak pake baju ijo ya, ntar sama kayak padi...
Melewati jembatan bambu juga...udah kayak anak pramuka..
Untuk menuju curug2 yang ada di jalur trekking kali ini, kita diajak melewati jalan pintas ke perkampungan warga yang gak disangka2 yaa masih bener2 perkampungan alami gitu, yang masak masih pake kayu bakar, masih pelihara kambing dan kita lewat2 rumah mereka pun masih menyapa dengan ramah...hal yang jarang kita jumpai di perkotaan. Padahal ini cuma 1/2 jam an dari perumahan Sentul City yang udah dibilang modern dan mewah, kontras banget sih yaa. 
Dan asiknya tuh, disini ada warung yang jualan minuman dingin....bahagia nya bukan mainn! Kebetulan kan udah haus banget dari tadi tuhh...
Akhirnya, setelah beberapa lama berjalan, akhirnya kita sampe juga di pintu masuk kompleks Curug Kencana. Tiket masuknya Rp. 25.000 per orang.
 Begitu lewatin pintu masuk, kita nemuin air terjun kecil, yah gak cetar gimana sih, tapi wajib foto aja disini. Namanya anak kota, gak boleh nemu pemandangan yang gak ada di kota, jadi rasanya bagus bagus aja...hehehe
Terus lanjut lagi jalannya, lewatin warung2 yang ada di Curug Kencana, tapi kita gak berenti disini karena mau menuju ke curug utama dulu yang menurut si Abdul lebih sepi. 
Namanya kompleks, berarti disini kita bakal nemuin beberapa curug nih...emang banyak banget sih disini ya.
Tampak dari atas aliran sungainya yang panjang...
Kalau gak salah yang ini disebutnya juga Curug Cibaliung, namanya sama seperti curug yang 2 minggu lalu kita kunjungi .  Heran, emang gak ada nama lain apa ya? 
Ini yang disebut Curug Putri Kencana...sayang gak ada jalan turun ke bawah nya nih, sepertinya harus memutar dulu.
Kalau liat begini bagus banget yaa kayak lukisan
Ngaso dulu bentar ah...
Lalu kita jalan masuk ke hutan bambu, yang langsung berasa dingin, adem..bikin betah. 
Tapi jalannya nanjak terus arahnya, bikin kaki melintir.
Untungnya siang itu gak ujan loh, kalo ujan sih cilaka butut deh...mau berteduh dimana?
Mantan model....majalah Kuncung. ( yang tau majalah ini berarti kita seangkatan hihihi )
Masuk hutan bambu ini bener2 asik deh, adem soalnya.
Udah lewat hutan bambu ini, ketemu deh curug pertama yaitu CURUG LOVE...mungkin karena bentuknya mirip bentuk Love gitu ya, ada batu di tengah2 dan airnya meluncur jatuh di kiri kanan batu.
Wahh disini airnya lumayan bening, cuma disini banyak pohon2 yang menutup sebagian curugnya, jadi sedikit agak gelap. Airnya pun tidak sebiru atau sehijau curug yang sebelumnya kita pergi.
Tapi disini memang sepi gak ada orang lain, bikin kita bebas deh mau foto2 atau berenang. Lihat dong Maria dan Ferguso...kita action dulu mumpung kagak ada orang...hihihi
Bahagia itu sederhana ya bang...begini aja eneng udah happy, soalnya adem disini, gak usah pake AC
Disini gak ada ikan hiu nya kann Ferguso?
Airnya dingin banget, tapi ternyata gak sebening keliatannya, disini airnya tuh kayak ada pasirnya yang halus gitu, jadi begitu kita nyebur, airnya jadi keruh gitu. Dibuat foto underwater pun gak bening.
Asikk...sekalian mandi ahh, adem benerrr..
Keren nih airnya...pas banget yaaa yang fotoin
Puas puasin foto deh mumpung sepi..

Halo..halo? Apahh? Apahh? Hah? Susah sinyal disini...gak kedengeran..
Ferguso, tolong akuhhh.....
Beginilah akibat kelamaan di rumah aja...sekalinya keluar rumah langsung lepas kendali.
Emak bapaknya siapa nihh lepass?
Ferguso kenapa tuhh? Tadi waktu nanjak kebanyakan gaya sih, sekarang tepar ya
Aduhh, Maria takut nih Ferguso, jembatannya licin banget..
Nyangkut di jembatan....
Udah puas foto2 di Curug Love, kita lanjut jalan ke curug yang paling atas lagi, yang namanya Curug Cikuda. Ayok Ferguso, kita pindah tempat mainnya...
Kerjaan Ferguso tuh uber2 orang dari belakang disuruh lari...emang eikeh atlet apaaa?!
Jalannya pun lebih menanjak lagi dan lewatin pohon pohon kopi yang mana dari sini terlihat ke bukit seberang banyak monyet liar yang lagi berayun ayun di atas pohon.
Nahh, akhirnya sampe deh kita di curug yang namanya Curug Cikuda. 
Pas kita datang, udah ada rombongan beberapa orang yang lagi bersiap2 jalan balik, setelah itu tinggal kita sendiri deh. Gak ada orang lain lagi....Jalannya emang agak ekstrim sih, gak semua orang mau kesini.

Air terjunnya lebih besar lagi sih, karena jatuh dari batu yang letaknya tinggi.
Nah untuk foto di dekat air terjunnya itu, kita terpaksa harus manjat batu supaya lebih dekat lagi. 
Perjuangan juga nih...dan berbahaya banget, karena itu batunya licin banget banyak lumutnya.
Akhirnya berhasil deh mejeng di atas sini....*bangga.
Kerennn kannn Ferguso di atas sini....
Kayak lagi musuhan yaa...duduknya jauh jauhan wkwkwk, 
Sekalian nyemplung lagi di kolamnya, airnya dingin jadi kita langsung berasa segerrr.
Nih jalanannya nanjak pas mau balik, berat banget karena semua basah, baju basah, celana basah, sepatu basah...
Abis itu kita jalan balik turun lagi ke arah Curug Love Kita balik foto2 lagi ke Curug Love, soalnya  masih belum puas foto2 tadi disini karena keburu ada orang juga yang nungguin kita foto. Jadi kita ngalah, kita pergi dulu ke Curug Cikuda, dan begitu balik ke Curug Love, udah sepi deh gak ada orang sama sekali.
Tapi disini serba salah fotonya, kalau tadi masih kepagian dan mataharinya mendung2, jadi hasil fotonya agak gelap.
Sekarang mataharinya muncul, tapi udah terlalu tinggi mataharinya, jadi pantulannya udah gak bagus juga hasil fotonya. Sigghhh! Mungkin kita udah lelah....jadi fotonya gak banyak2 deh ah.
Abis foto2 selesai, kita langsung menuju ke warung yang ada di atas curug Love, langsung pesen Indomie dan gorengan. Aduhhh...rasanya maknyuss banget deh. Udah tadi lapar banget kan dari pagi kagak sarapan...kayaknya bisa makan banyak nih...Nikmat banget dahhhh!
Abis itu disini ada bilik untuk tempat ganti baju, jadi sekalian ganti baju yang udah basah dari tadi nyebur2 di curug.
Selesai makan, kita lanjutin mau balik ke curug2 yang kita lewatin saat awal tadi kita datang. 
Jadi sepanjang sungai ini tuh, cuma beda jembatan aja, nama curug nya beda2nya. Jadi makanya namanya kompleks curug.

Ini juga namanya Leuwi Cibaliung, namanya sama dengan yang 2 minggu lalu kita kunjungi. 
Kayak yang ini, namanya curug Demang, disini ada sekitar 4 orang yang lagi berendam. 
Memang airnya bening yaa, kepengen nyemplung aja nih siang2 begini..
Yang ini curug Baliung kalau gak salah.. 
Kalau salah yah maapin aja dah, kurang jelas juga ini curug apa....pokoknya sungainya mah sama satu aliran...hehehe
Yang ini Curug Pariuk, yang di atasnya ada jembatan bambu
Ahhh kita udah ganti baju sih..jadi males deh maen air lagi...
Suit dulu, yang kalah gendong yaaa sampe ke mobil, Ferguso harus kalah pokoknya....wkwkwk
Jadi kita foto2 berhenti dari satu curug ke curug lain. Lumayan lah curugnya bagus2 juga, cuma beda aja sungainya, yang di daerah sini airnya kurang biru..
Semua curug ini jalannya searah ya, dengan satu pintu masuk di awal tadi. Jadi kita harus balik ke arah sana lagi pulangnya.

 Asik nih, kalau jalan turun tuh lebih cepet dan kita bisa ngebut loh..
Pulangnya melewati jembatan bambu yang tadi lagi..
Menuju ke lokasi parkir mobil, kita bakal melewati jalan kampung yang pemandangannya ke arah Pendopo Ciherang yang lagi heits itu, dengan sawah hijau menghampar di bawah sana.
Dan ternyata, keseluruhan total trekking hari ini adalah sekitar 12,5 kilometer. Glek! Pantesan kaki udah mati rasa, udah males diajak jalan. Dan kita selesai trekking sekitar jam 1.30 an, sementara tadi mulainya jam 7 pagi. Jadi sekitar 6,5 jam, kelewat 1,5 jam dari paket yang kita ambil. hahaha..lama dimana yaa? Perasaan tadi jalannya udah ngebut deh...Dan trekking kali ini emang lebih cape dari yang 2 minggu lalu, sampe pegel2 nya itu baru 4 hari hilangnya. Jalan naek tangga sampe ngesot saking ngilu dan sakit2 semua. Hadeuhhhh, Ferguso siksaannya mantap bener. Dia sih fine2 aja, heran juga ya. Sementara gua serasa babak belur kayak abis digebukin massa. Ini sih trekking bukannnya bikin kurus, tapi bikin kaki mau copot rasanya. Lagian gimana mau kurus, pulang2 langsung makan nasi padang. Nikmattt banget! hahaha...

Oh iya, cerita makanan, jadi inget waktu trekking itu kita kan sambil cerita2 juga sepanjang jalan. Pas si Abdul dia cerita katanya dia dapet tamu yang mau ke curug tapi bukan untuk trekking, melainkan mau bakar2 ikan bersama rombongannya sekitar 17 orang gitu. hahaha...Si Abdul sampe heran, dia kan di IG nya pasang iklan jasa trekking ( guide ) gitu ya, kenapa ada orang yang mau sewa jasa dia buat wisata kuliner di curug? Dan akhirnya dia sih oke aja, jadi mereka gotong2 itu peralatan untuk bakar ikan dan tentunya ikannya juga, lalu piknik deh di curug apa gitu. Katanya, asik juga sih bakar2 ikan sambil makan rame2 gitu. Kebayang gak rempong banget bawa perabotannya? Gua trekking bawa badan aja udah berat. hahaha. Terus si Abdul cerita lagi, katanya ada lagi tamu nya cuma satu orang, kepengen private trekking dan sepanjang jalan diem aja gak ajak ngomong, kayak orang stress. Ngomongnya kalo pas minta tolong foto doang. Itu pun jarang2. Jadi awkward gitu kali ya. Si Abdul  juga diem aja kalo tamunya gak ajak ngomong. Gak kayak kita yang bawel bin cerewet plus banyak gaya yaaa dul? Jalannya 6,5 jam pula!  wkwkwk! Kebayang dia pasti cape tuh. Hadeuhh, aya2 wae kan ceritanya si Abdul.

Sekian dulu laporan dari Sentul....Kali kali aja tempat trekking kita hari ini bisa jadi salah satu pilihan liburan kalian di masa pandemi Covid19 ini. Yang penting teteup jaga protokol kesehatan ya gaess! 
Sssttt! Tungguin aja yaa, abis ini masih ada lagi episode selanjutnya. Stay tune!
Babay Ciaobella!

4 comments:

  1. Cuma mo bilang, cakep ci pake baju pink gonjes. Di foto jadi tambah mantep karena kontras sama ijo-ijonya! Selamat yah, punya suami petualang. Kaki pengkor yang penting udah kelarnya disayang2 hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe cakep ya pink nya, meuni hebring. Hadeuhhh bener le, kaki sampe pengkor euy, jadi wajib dipijitin nih...

      Delete
  2. Di sekitar Bogor ternyata banyak tempat-tempat tujuan wisata begini ya. Ah sisi positifnya diajakin ke hutan pinus yang ini mungkin karena relatif kurang terkenal jadi lebih sepi kali ya, jadi lebih bebas buat foto-fotonya, hahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ko, aku yg orang Bogor aja baru tau disana punya tempat2 begini ko, padahal udah lama ada, cuma di saat pandemic gini malah jadi heits tempat2nya karena orang banyak yang cari tempat2 sepi, terus diviralin dan sekarang jadi rame deh..

      Delete