Saturday, June 17, 2023

GOWES KE PUNCAK PASS & KEBUN RAYA CIBODAS

Hola again!

Duhh...cepet amat sih waktu berlalunya...Udah banyak yang mau diceritain, tapi gak ada waktu buat update2 blog. Acara gowes kan udah mulai rutin di weekend, jadi udah banyak momen2nya buat posting disini. Salah satunya yang bakal diceritain ini...

Pas bulan puasa adalah momen yang ditunggu2 oleh Ferguso buat gowes ke luar kota, karena jalanannya cenderung sepi. Beliau pilih salah satu hari Minggu di minggu kedua bulan puasa kalau gak salah, buat gowes ke Puncak Bogor. Yang gowes yah dia aja sendiri, Maria sih masukin sepeda aja ke mobil, ntar turunin sepedanya pas ada spot foto bagus aja...wkwkwk! *penipuan. Demi apah coba gowes di jalur puncak yang tanjakannya gak berkesudahan dan bikin hopeless sepanjang jalan? Yah cuma Ferguso dan temen2nya deh yang sanggup. Maria ikut karena dijanjiin pulangnya mau makan di Resto Amen Cipanas. Jadi ada tujuannya, gak cuma nungguin yang gowes doang. Iyah, Maria mah sereceh itu, diajakin kemana juga hayuu asal ada upetinya. Padahal kalo dipikir2 kan ngapain coba ngintilin orang gowes..kan bosen nunggu di mobilnya. Mendingan rebahan di kasur ya. Tapi karena udah lama gak jalan2, jadi diajakin begitu aja juga udah seneng. Bisa ke Puncak lagi...

Jadi ceritanya dari Jakarta kita naek mobil, lalu Ferguso turun dengan sepedanya di sebrang mesjid di daerah Gadog sebagai tempat kumpul bareng temen2nya. Lalu mereka mulai gowes dari situ.
Sementara Maria ikutin rombongan mereka dari belakang, kadang2 kalau lama gowesnya, Maria tunggu beberapa kilometer di depan.  Padahal lalu lintas di Puncak ini biarpun bulan puasa terhitung rame, gak kayak jaman pandemi Covid dulu. Motor, angkot, truk, bis dan mobil pribadi rame berseliweran di jalan. Pegowes juga harus hati2 banget gowes di pinggir.
Start gowes dari Gadog sekitar jam 6 an, akhirnya sampailah kita di warung Mang Ade Puncak atau biasa disingkat MAP sekitar jam 8 an. Lumayan cepet ya buat para pegowes handal. Sekitar 2 jam aja kakak!Nahh, kalo udah sampe tentunya wajib foto di plang warung Mang Ade Puncak ini dong ya ! Icon kebanggaan pegowes2 strong...wkwkwk.
Iyah, yang sanggup gowes sampe ke MAP ini udah terbukti kuat fisiknya.Tadinya Maria mau main sandiwara, mau turunin sepeda dan numpang foto aja di depan warung ini, tapi Maria masih waras dan urat malu belom putus, karena pasti ada yang liat dan nanti bisa dihujat massa..cilaka kan kalau sampe viral! Bisa terkenal : ada seorang emak2 yang numpang foto doang seakan2 habis gowes dari bawah sampe ke MAP...Nahh! Berabe ah kalo udah viral, ntar disuruh bikin permintaan maaf pula karena udah menipu massa..Bahh!

Nah Maria juga happy2 aja disini, karena bisa pepotoan bikin konten..wkwkwk. Selain emang bisa breakfast with a view, makanannya juga pada mengunggah selera nih. Baca aja tuh menu di spanduknya..banyak juga ya
Kita pesen pisang bakar coklat keju...maknyuss. Apalagi hawanya adem2 disini dengan pemandangan ke bukit2 kebun teh.
Eh ketemu tukang gemblong, makanan kesukaan gua ..dah lama banget gak makan gemblong...langsung borong semua! E kagak ding, Maria masih waras, beli secukupnya aja.
Foto dulu atuh berdua, yang satu atlet sepeda, yang satu managernya...wkwkwk!
Setelah itu, gak direncanain, karena masih terhitung pagi dan belum lapar, kita langsung aja meluncur ke Kebun Raya Cibodas buat ngisi waktu sampe jam makan siang nanti. Kan searah tuh dengan resto Amen. Pas Puncak Pass, mampir sebentar buat foto2 karena sekarang ternyata dijadiin spot foto dari atas bukitnya dengan view ke arah pegunungan di belakang sana.
Malahan ada beberapa fotografer juga disini...kan memang  udah ngetrend nih fotoin para pegowes yang lewat kayak di PIK dan dalkot aja...Lumayan deh bisa ada kenang2annya pernah gowes di puncak pass...
Sebenernya tebus foto juga cuma Rp.5000 perfoto, tapi fotografernya pinter, maen jepret2 aja yang banyak biar kita tertarik tebus semua. Pilih2 paling ada 5 foto yang bagus, eh pas banget saat itu Maria gak punya uang kecil, adanya pecahan 50 ribuan, abangnya gak punya kembalian ( atau alesan dia aja tuh ) jadi pagi2 udah melayang deh Rp. 50.000 buat tebus foto. Dikasih semua file nya sama si abang fotografer, ada 16 foto ....hahaha.Tapi kan mirip2 semua...haiyaa...gpp deh rejeki si abangnya.
Setelah itu lanjut lagi perjalanan ke Kebun Raya Cibodas nya. Kirain kan cuma mau muter2 naek mobil terus bisa rebahan di rerumputan yang ada di dalem gitu buat abisin waktu. Eh taunya Ferguso ajakin gowes di dalem kebun raya nya itu yang luasnya berapa hektar tau. Oh iya, ini tiket masuknya...lumayan mahal juga bayar sepeda dan mobil ...hiks!
Ini buat gua sendiri, mobil dan sepeda. Si Ferguso udah bayar sendiri tadi karena dia kan gowes dari Puncak Pass kesini. Dia nyampe gerbang langsung bayar sendiri. Sementara gua tadi tungguin dia tempat parkiran yang jauh dari gerbang masuk mobil, jadi belakangan baru nyusul.
Yaudah, akhirnya berkeliling lah kita di dalam Kebun Raya Cibodas itu. Cape cuy! Di dalamnya itu ternyata ada tanjakan2 laknat nya juga. Kirain rata aja dong jalanannya.
Sampe dituntun manja nih sepedanya..
 Lumayan adem nyemplung ke air terjun mini di tengah jalur ..
Dan gua baru inget, kendaraan pribadi pun bisa masuk ke dalam untuk berkeliling setelah tadi dilewatin sama mobil dan motor.
Yahh, kenapa kita mah pilih pake sepeda..kan cape ya. Dasar Ferguso, emang senang menyiksa bini.
Tapi yah udah kepalang bayar sepedanya kan...dimaksimalin aja dah. Maria sekalian bikin konten buat reels dan foto2 aja segambreng.
Ada yang lucu saat kita berjalan menuntun sepeda di atas rumput menuju danau yang ada di tengah2 Kebun Raya, kita tuh kan sambil rekam2 video dan foto2. Tau nya kita tuh lagi dikejar2 sama petugas Kebun Raya. Dia lari2 di belakang kita dan setelah ketemu kita yang lagi stop jalan kaki karena mau foto2, dia baru bilang :"Maaf, bapak ibu, sepeda dilarang dibawa masuk ( ke arah danau maksudnya ). Bisa dititip aja sepedanya di tempat parkir." Yah elah pak, bilang dong dari tadi kita lewatin tempat parkir, malah diliatin doang. Sekarang kita udah ada di tengah2 ( udah jauh dari tempat parkir ), baru dilarang bawa sepeda. Kan kudu jalan balik lagi yang lumayan jauh dan nanjak dalam kondisi sepeda dituntun ( bukan digowes ). Cape kann. Sementara saya harus foto2 di danau ituh buat kenang2an.
Yah udah, terpaksa kita titip sepeda dulu di tempat parkir motor, terus balik lagi jalan ke danau.
Ketemu pohon gede ini foto dulu ah..
Dan plot twistnya, ketika kita lagi asik2 foto di danau, eh malah ada fotografer yang nawarin kita yang fotografernya ternyata yang tadi ada di Puncak Pass yang nawarin kita foto, tapi kita tolak karena kita foto sendiri aja pake handphone . Dia ngenalin kita..Katanya : "Ibu yang tadi foto sama sepeda di Puncak Pass ya?" Tadi saya kan disana juga." Gua jawab :"Iya Mas, tadi sempet foto disana. Lha ini Mas nya malah kesini juga." "Iya, biasa disini rame kalau hari Minggu. Tapi ini lagi puasa mah sepi banget." katanya lagi.Yah udah lah atuh..mari kita foto2 segambreng. Yang banyak ya mas! Kan sama toh harganya  Rp.5000 sebiji? *susah lah narsisnya kumat to the max.  wkwkwk...Mas nya nurut aja..jepret2 sambil aturin gaya kita...Lumayan kan dapet duit. Soalnya gua perhatiin orang2 mah pada kagak mau ditawarin difotoin sama mas nya gitu.Orang2 mana mau beli foto? Ye gak? Mending pada foto sendiri pake hp. Cuma kita aja yang super narsis.hahaha. .
Nah ini bisa jadi inspirasi model foto prewed dengan kostum sepeda nih...wkwkwk!
Jaman dulu kan belom ngetrend naek sepeda roadbike..kayaknya blom ada yang foto prewed pake kostum sepeda deh ...ye kann!
Nahh, asik kann...kita jadi punya foto2 yang bagus disini...( walaupun pake kostum sepeda, tapi tanpa ada sepedanya...).
Berasa jadi model iklan apaa yaa goler2 di rumput begini?
Udah mau ketemu pintu keluar, ada bangunan museum atau apa gitu, yang halamannya penuh dengan bunga..
Bagus juga sih bunganya warna warni meriah.
Wajib foto disini biar gak dikira hoax aja gowes di dalam Kebun Raya Cibodas..LOL!
Setelah puas foto2, baru berasa laper deh. Sempet ganti baju dan bersih2 di toilet Kebun Raya, abis itu  kita langsung menuju ke Resto Amen. Pas di pintu gerbang keluar, banyak yang jualan strawberry, beli dulu deh 1 pak karena ngiler liatnya gede2. Harganya Rp. 50rb 1 pak.
Lanjut ke Resto Amen, parkirannya full sampe ke belakang. Padahal kita sampe situ udah lewat jam makan..sekitar jam 1 lewat. Tapi masih rame aja. Kita pesen 3 macem sayur, itupun dengan porsi gede2. Rasanya enak2 aja.
Gak abis makannya sampe dibawa pulang. Gak lupa beli pisang gorengnya juga dong, buat cemilan di jalan.
Keluar dari Amen sih masih lancar jalanannya. Satu kilometer menjelang Taman Safari, tiba2 aja mobil berenti semua. Rupanya udah mulai diberlakukan one way. Alhasil, kita stuck 3 jam disitu dengan sebab yang gak jelas. Kesel dan jengkel banget. Untung ada pisang goreng buat penghibur di saat macet. Kita baru sampe Gadog sekitar jam 5 an.
Dan sampe tol Jagorawi diguyur hujan deras banget. Liat aja ini awan hitamnya udah bergelayutan dari masuk tol Bogor.
Sampe rumah sekitar jam 7 malem. What a day! Hadeuhh..dibilang kapok sih kapok ..setiap ke Puncak gak pernah bener jalanannya. Selalu kena macet gak jelas! Tapi kangen juga kesana. Gimana dong...Untung lah perut kenyang, hati senang...jadi macetnya cuma bikin kesel sebentar aja..kan yang nyetir Ferguso. Maria mah jadi penumpang enak bisa tidur2an....hahaha.
Emang nih..sampe kapan ituh jalur Puncak bener2 bebas macet. Kita kesana kan 2 minggu sebelum Lebaran. Nah pas Lebaran dong, berita2 macetnya lebih horor lagi. Sampe ada yang 24 jam baru bisa keluar dari kemacetan di Taman Safari. Sampe orang yang mau pulang kampung ke Cianjur atau sebaliknya gak bisa tembus jalur puncak saat itu. Macet semacet2nya. Bahkan motor aja gak bisa gerak. Yaolohhh!
Yah begitulah cerita kita gowes ke Puncak saat bulan puasa. Ga tau juga kalau saat weekend gimana kondisinya. Yang pasti sih belum kepengen jalan2 ke daerah sana lagi dalam waktu dekat ini. Mending cari tempat jalan2 yang lain, biar beda lagi suasananya. Ok deh, segitu dulu ceritanya, sampai ketemu lagi di cerita gowes berikutnya ya...