Saturday, January 26, 2008

CITA-CITA

Zaman gua dulu SD, SMP or even SMA (skrg mah SMU), gua tuh punya buku kenang2an yang biasanya diiderin ke temen2 sekelas pas mau naek2an kelas or perpisahan dan mereka disuruh isi deh tuh buku dengan format yang biasanya udah ada : Nama, Tempat tanggal lahir, alamat, No. Tlp, Agama, Hobi, dan ujung2nya pasti ada :Cita-cita. Pokoke yang seangkatan ama gua pasti ngerti deh buku apa yang dimaksud..
Nah, pasti deh isinya lucu2 kalo dibaca2 lagi zaman2 sekarang ini. Ada yang cita2nya jadi Insinyur, jadi Dokter (kedua profesi itu pastilah yang paling banyak!), jadi Polisi, jadi Pengacara, jadi Guru... dan sisanya yang males mikir ,ga mau pusing ,pasti isi cita2nya : jadi orang berguna. Ih, ga punya khayalan banget! Hihihi,maklum lah ...kan masih kecil, masih lucu2nya, masih bego, belom ngarti kejamnya dunia! Hehehehe, kacau ya zaman dulu...Anak2 kecil tuh otaknya diinstall dengan hal2 begituan. Pokoknya kalo gede harus jadi ini...jadi itu...biasanya mah ortu2 pesennya begitu deh. Padahal mah, realitanya jauh banget ya. Coba aja liat lagi, cita2 sama kehidupan sekarang mah beda banget deh...Cita2 jadi dokter, sekolah udah ambil jurusan A1 (Fisika), belajar Kimia, ikut2an experimen di lab, ujung2nya malah kerja di bank or marketing. Ga nyambung dah! Hehehehehe, ini yang namanya banyak belajar sesat dimana2...Mending ga usah belajar....ujung2nya sesat juga! Jadi sama2 sesat.
Nah ceritanya laen lagi kalo nanya cita2 anak zaman sekarang (era 2000 an deh). Kayak anak2 gua tuh misalnya. Kalo ditanya : Nanti udah gede mau jadi apa ? Mau tau jawabannya? Yang gede pilih mau jadi Power Ranger...sementara yang kecil pilih mau jadi Ultraman....(kadang Ultramannya bisa beda2, tergantung mood. Kadang Ultraman Ryuki, kadang Ultraman Cosmos...bisa juga Ultraman Gaia). Gubrak! Hahahahahha, kacau balau ya? Anak siapa neh? Hihihihi...Tapi, dibalik kata2 mereka yang polos, biarpun kesannya bercanda dan maen2, mereka serius banget loh. Ternyata dibalik cita2 itu mereka punya pikiran bahwa kalo mereka jadi Power Ranger or Ultraman, mereka tuh bisa nolongin orang...bantuin orang lain. Tuh ....hebat kan! Gua aja ga kepikir! Emang daya khayal anak kecil tuh bener2 ajaib. Kadang2 kita ga kepikir apa yang anak2 kecil tuh pikirin. Taunya mereka juga bisa punya pikiran dan pendapat sendiri. Itulah yang belakangan ini gua pelajarin dari anak2 gua. Bahwa orang tua selalu merasa dirinya banyak tau, banyak pengalaman, banyak ilmu, lebih pinter... Selalu memaksakan kehendak, keinginan, pikiran,pendapat mereka kepada anak2nya. Padahal ga selalu loh orangtua itu lebih tau, lebih pinter. Memang sih orang tua lahir duluan, tapi ga selalu mereka tuh pasti lebih tau, lebih pinter dll. Anak2 itu juga punya loh pengalaman sendiri, punya apresiasi sendiri, punya pikiran sendiri, pendapat sendiri juga...Harusnya tuh ada timbal balik. Ga selalu anak tuh harus dengerin nasehat ortu, tapi ortu juga sekali2 harus denger suara dari anak2nya. Ini neh yang suka bikin orang tua misscom sama anaknya. Karena maksain kehendak itu tadi. Gua aja sering diomelin anak2 gua. "Mami mah ga tau sih....Mami mah ga mau dengerin sih....Mami mah begini...Mami mah begitu...." Wah..gitu deh protesnya kalo gua mulai memaksakan kehendak. Misalnya suruh mereka belajar, suruh mereka mandi, suruh mereka makan (kerjaan Mami emang nyuruh2 melulu....!Itu tuh yang mereka sebelin!!!). Terakhirnya kalo udah pada tereak2 berdebat....baru dah gua juga mikir...intropeksi diri....Ooooooooohhhhhh, ternyata begini toh..Ooooooooohhhhh, taunya begitu toh....
Nah...baru deh situasi damai...Biasanya gua yang toleransi....(karena gua merasa gua juga kalo jadi anak ga mau digituin sama ortu gua...ga mau dipaksa...ga mau diomelin,dll). Wuih...sok tua dah!
Balik lagi deh ke masalah cita2 anak2 gua...(jadi ngelantur panjang lebar euy!). Begitu mereka bilang bahwa mereka mau jadi Power Ranger dan Ultraman, nah kebawa2 deh tuh ke tingkah laku mereka sehari2. Kerjaannya berdua jadi berantem2an mulu. Pusiiiiiiiiiing deh! Udah gitu, yang ga tahan tuh kalo difoto. Pasti gayanya begitu terus : bergaya Power Ranger dan Ultraman lagi action! Terutama sih yang kecil, si Miko tea. Gubrak deh......Hehehehe..
Anak siape neh?!!!! Anaknya Mami Funky lah!!!!!







Padahal Mami punya cita2 bakal liat mykids kayak gini....: (ga tau tahun brp deh..)


No comments:

Post a Comment