Friday, October 24, 2014

CIREBON TRIP

Ceritanya sekitar akhir bulan Agustus kemaren gua harus tugas kenegaraan ke kota udang yaitu Cirebon. Seumur-umur belom pernah nih ke Cirebon. Waktu mau berangkatnya udah males2an karena kota ini bikin galau aja. Emang kenapa? Yahh pegimana kagak galau coba? Bingung kesananya naek apa. Mau naek mobil jaraknya jauh dan macet pula, mungkin bisa 6 jam perjalanan.. Mau naek pesawat  kagak ada yang rutenya kesini. Pilihan terakhir yahh naek kereta api lahh! Kebayang kann bakal ber jug gijag gijug ria...jesss jesss jess plus tuttt tuttt tutt! ( bukan kentut yaa...hihihi ).Tuhh...udah males duluan kan?! Tapi mau bagaimana lagi, ga pergi sekarang, suatu hari nanti juga.teuteup harus kesana toh?



Okayy lah, akhirnya kasak kusuk sana sini dapet info kalo mau beli tiket kereta api bisa dibeli di Indomaret. Akhirnya pergilah gua ke Indomaret dan pesen tiket kereta disana. Setelah itu kita bakal dapet struk tanda pembayaran kayak gini:
Nahh, pas hari H nya, gua nyampe di stasiun Gambir sekitar jam 7.30 an. Wahh ternyata stasiun Gambir sekarang udah lebih modern yah, tidak terlihat kumuh lagi seperti beberapa tahun lalu terakhir gua naek kereta. Tadinya gua pikir gua bawa koper kecil aja udah bakal jadi orang aneh nihh, karena gua pikir kalo naek kereta tuh paling juga orang bawa ransel atau tas travel tenteng biasa. Eh taunya disini udah kayak di airport loh, pada bawa koper nya yang segede-gede bagong. hahaha...Itu mau travel kemana yaa bawaannya banyak banget gitu? *tiba-tiba kepoh. Karena gua masih harus tukerin struk Indomaret dengan tiket aslinya, maka gua langsung liat kiri kanan depan belakang dan langsung menemukan tempat untuk mengeprint tiket asli nya itu dengan mudah, karena ada papan petunjuknya ( tanda panah biru itu tempatnya ).
Terlihat deretan mesin yang namanya adalah CTM ( Cetak Tiket Mandiri ). Kalo masih bingung, ada petugasnya yang akan membantu kita untuk mencetak tiket nya.
Kita tinggal masukin kode / nomor booking yang tertera di struk dari Indomaret itu.
Langsung tercetak deh tiket nya. Mudah dan praktis bukan? Tanpa perlu antri di loket. Padahal awalnya gua udah under estimate bakal terjadi antrian panjang waktu penukaran tiket, ternyata gampang bingit sodara!
Tiket udah ditangan udah lega deh. Tinggal berkeliling menghabiskan waktu tunggu. Di Gambir ini udah banyak resto, cafe serta kios2nya. Ada Starbuck, Indomaret dll.
Akhirnya masuk ke Dunkin Donuts aja deh. Udah lama kagak makan donat ini, masih enak juga. hehehe
Setelah sarapan donat, gua memutuskan untuk nunggu keretanya di tempat keberangkatan aja. Sedikit kecewa, karena tempat nunggunya dari dulu yah begini begini aja. Gak ada perubahan. Ruang terbuka, kursinya sedikit tidak menampung orang banyak, ada yang merokok dan terasa gerah.
Pagi ini cukup rame yang menunggu naik kereta karena jadwal pagi ini ada beberapa kereta yang berangkat dari sini. Gua naek yang Argo Jati jurusan Cirebon.
Terlihat beberapa orang bule yang mau naek kereta juga.....pada mau kemana yaa mereka? Kok gak takut nyasar yaa? Secara di Indo itu papan petunjuk nya kagak jelas banget...hahaha
Begitu kereta dateng, kita langsung deh menuju gerbong yang tercetak di tiket. Wihh ternyata dalemnya rapi dan cukup bersih juga. Kursinya bisa diputar 180 derajat. Ada kejadian lucu nih, pas naek kereta ini ada bapak2 yang kursinya diputar menghadap ke arah yang berbeda dengan yang lain. Kita sebagai anak cemen yang baru naek kereta jadi bertanya2, haruskah ikutan muterin kursinya atau kagak. Sementara si oppa Korea yang duduk di seberang gua udah ikutan muterin kursi tuh. Tapi diliat2 ke depan, yang lain pada gak diputer tuh, semua menghadap ke depan. Cuman si bapak ini doang sama si oppa. Lalu datanglah seorang ibu yang ternyata nomor kursinya bersebelahan sama si bapak tadi. Si ibu itu minta kursi diputer ke arah yang sama dengan orang lain. Si bapak nya ngotot pake bilang kalo kareta bakal jalan searah dengan kursinya dia. Lhaa..kita yang dengernya jadi bingung dong, mau ikutin yang mana. Akhirnya kita sih nunggu aja sampe keretanya jalan, dan beneran gak perlu diputer kursinya. Ini sih si bapak2 itu aja yang sotoy, bikin sesat aja. Si ibu-ibu itu yang bener. Kalo gua jadi ibu2 sih pasti udah nyerocos deh....hehehhe sotoy bangt sihh si bapak, kirain udah biasa naek kereta ke Cirebon, taunya baru juga kayak gua. Mending kan ikutan orang2 aja yahh, jangan anti mainstream gitu taunya juga ngaco. Hadeuhhh...aya2 wae.
Bagi yang punya kaki panijang, jangan khawatir, jarak antar kursi cukup lega kok, kaki juga bisa leluasa ditaro di sandaran kaki. Buat yang takut mati gaya karena gadget lowbet, jangan khawatir juga....ada tempat colokan listrik nya bo! Tuhh asikk mantapp kann?! Tiga jam perjalanan mah tenang ajaaa....bisa on terus...hahahaha
Cukup nyaman kok berkereta api ke Cirebon yang memakan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Jakarta. Bagi yang belum sarapan, jangan khawatir karena bakal ada pramugari kereta yang menawarkan makanan dan minuman.
Naek kereta api pun udah kayak pesawat pake acara delay. Jadi dari perkiraan tiba jam 11.30, malah molor 1 jam...hadeuhhh *tepok jidat. Dan beginilah penampakan stasiun Cirebon itu...
Berhubung udah lewat jam makan siang, maka pertama-tama kita langsung menuju ke tempat empal gentong Ibu Darma. Selama ini gua pikir empal itu adalah daging sapi yang potong tipis dan digoreng ...empal kann? Tapi ternyata yang dimaksud empal gentong disini adalah soto daging sapi gitu. Termasuk jeroan juga ada sih, tapi gua pesen yang cuma dagingnya aja tanpa jeroan dan kikil. Nah makan empal gentong ini lebih seru lagi pake kerupuk kulitnya yang kriuk kriuk itu. Rasanya enakk lah...gua suka.Dan ternyata kagak mahal kok, masih wajar lah harganya.
Setelah itu mulai rempong deh cari hotel, karena pas di telepon sana sini, rata-rata full. Gawattt dehh, gak nyangka kalo kota Cirebon serame itu sampe hampir sebagian besar hotelnya penuh. Akhirnya dapet satu malam di Hotel Santika. Agak tua sih hotelnya yaa, tapi yang penting bersih dan nyaman. Segini aja dapet ratenya sekitar Rp. 630.000...
Pagi2nya buka jendela ketemu view ke kolam renang....wihh segerrr juga.Tapi sayang, biar sebagus apapun hotelnya, gua mah mana ada waktu berenang-berenang segala? Bangun aja udah males-2an...hahahhaa
Menu sarapannya lumayan banyak juga nih...
Kue dan rotinya juga banyak pilihannya....
Lhaa...disini malah ada empal gentong juga....tapi gua kagak cobain, bosen lah kemaren siang kan udah makan ini....
Siang harinya kita lunch di Maxi Restaurant, sebuah resto chinese food gitu. Wahh disini makanannya enak-enak dan porsinya gede-gede banget nih, sampe kekenyangan karena makan sebanyak gini cuma bertiga orang aja. Widihh...kenyang banget deh! Harganya juga standard lah rata2 Rp.40.000 an per porsi
Sore hari sepulang kantor, sempetin mampir makan es teler dulu. Wahh pokoke ini es teler rasanya enak banget lah...kelapanya legit dan alpukatnya banyak. Selain es teler, ada juga es campur nya.
Karena di hotel Santika cuma dapet kamar untuk satu malam saja, maka gua harus cek out dan pindah hotel. Kita pindah ke Swiss belhotel Cirebon.
Beginilah tampilan lobby nya.....
Yahh kalo yang narsis mah wajib dong foto2 disini.....hehehhe
Kayak gini lah kamarnya...
Lumayan bagus juga lah kamarnya.....
Dari kamar keliatan view ke kolam renangnya ...wahh keliatan gersang banget yaa kolam renangnya...
Nah di depan resto hotel, kita akan menemui barisan patung gajah warna warni di sebuah meja panjang...
Dan ini biang gajahnya... terlihat bagus ya kalo berjejer begini..
Kita sarapan di resto hotel, kayak gini deh suasana restonya....
Pagi ini yang sarapan sepii...cuman ada satu dua orang aja. Pada kemana yang lain yaa? Apa kita kepagian nih sarapannya? Tapi ini udah sekitar jam 8 pagi loh...biasanya kan udah rame aja.
Nah mulai rame deh , bermunculan satu per satu orang yang mau sarapan...
Siang hari nya kita makan di warung nasi jamblang Ibu Nur yang katanya terkenal banget. Gua jadi penasaran dan kepengen cobain jadinya.
Emang apaan sih nasi jamblang itu? Yah nasi putih dan lauk pauknya yang buanyaaak banget pilihannya itu. Nasi putihnya ditatakin dengan daun jati. Cuma begitu aja sih. Tapi rasanya memang enakk, masakannya bumbunya bener2 medok dan berasa. Cucok di lidah lah. Itu pilihan lauk pauk dan sayurnya banyak, mungkin sekitar 25 an macem kali. Waduhh, kalo dicobain satu per satu lama-lama bukan sepiring lagi nih makannya, tapi sebaskom. Harganya pun gak mahal. Inilah mungkin daya tariknya ya... sampe orang rela antri makan disini saking ramenya.
Tuh liat aja, yang antri pilih sayur udah rame, yang duduk makan pun rame. Ck ck ck ck..hebat banget yah kalo punya warung makan kayak gini.
Dan terakhir sebelum pulang, sempetin dulu beli oleh-oleh dong. Gua beli emping kesukaan gua. Belinya yang masih mentah, nanti tinggal goreng sendiri deh. Yang lain2 ada manisan mangga, cemilan snack2 gorengan gitu deh. Ada tempe, keripik paru, belut, segala macem emping mulai dari emping manis, emping asin, emping balado, kerupuk udang, rengginang, dan masih banyak lagi. Bisa sekarung kalo mau diangkut mah....wkwkwkwk...
Sebenernya ada satu macam kerupuk yang gua doyan banget yaitu kerupuk melarat. Bukannn....bukan sejenis kerupuk yang kalo dimakan bikin kita jadi melarat lahhh. Ini jenis kerupuk yang digoreng pake pasir, jadi tidak berminyak gitu. Enakkk banget dicocol sama sambel kacang. Cuma males juga bawa segembolan kerupuk yang gak mungkin bisa dikempesin kantongnya kann? Mana naek kereta pula, taronya dimana? Secara tempat bagasinya imut2 gitu. Yahh sudah lah, terpaksa cuma diliatin aja tuh kerupuk, udah kenyang liatnya. hahahaha...
Begitulah sekilas perjalanan yang cuma 2 hari di Cirebon...kurang lama memang. Belom sempet ke tempat batik yang katanya terkenal. Wisata kulinernya pun belum lengkap. Huhh...harus balik lagi nih kapan2. Asik juga sihh ber jug gijag gijugggg... gijag gijuggg ....tak terasa udah sampe lagi di Gambir.
Sampe bertemu lagi sama si bolang dilain petualangan.....Ciaooo belahh 

34 comments:

  1. Huaaaa, cerita cirebon lagi. barusan nutup blog yang cerita trip ke sana dan ini ditambah foto-foto makanan yang enak-enak. Ngiler!!! :-9
    Hotelnya bagus ya Ci Yanie...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan..hotelnya bagus juga...dan di cirebon pada penuh lohh..ck ck ckk...kotanya rame

      Delete
  2. Gile... itu hotel.. udah dari gue pergi bulan maret, sampe sekarang kolam renangnya masih super gersang aje hahahah. Ya nanti balik sama anak2 Ci. Di sono makanan mursida2 jadi kalo mau membabi jg bisa lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gersang banget ya le..ga enak liatnya gitu...iyah harus balik lagi buat membabi...hahaha

      Delete
  3. keretanya bagus ya yan...
    gua inget pas dulu pernah ke cirebon pas pulang cuma dapet kelas ekonomi yang gak ada ac nya. gile deh parah abis. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua juga ga nyangka.dalemnya bagus dan bersih gini Man...kalo ekonomi dulu2 emang parah, sekarang udah lebih mending lah keretanya bagusan dikit

      Delete
  4. wuaah ga pernah naek kereta...dalam pikiran gw Gambir itu kumuh, banyak penjahat, dll hahahaha abis ga pernah nih ke stasiun.. heehe :)
    mana cerita kerjaannya? Tau2nya udah pulang aja :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gambir banyak perubahan fun...udah lebih bagus dan gak kumuh. Dulu mah agak serem ga banyak toko2 & resto..banyak calo nongkrong2..

      Delete
  5. Wah, kereta di Indo sekarang memang makin maju ya. Lebih bagus daripada dulu, hahaha. Kalau di dalam keretanya yg eksekutif kayaknya sama lah fasilitasnya, hehehe :) . Btw sekarang makanan gitu dikasih complimentary atau kita harus bayar sih? Dulu banget complimentary tapi beberapa kali terakhir aku naik kereta jadi nggak gratis lagi, haha...

    Cirebon kayaknya seru ya. Makanannya kayaknya enak2!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko..keretanya udah bagus. Makanannya bukan complimentary, kita harus bayar lagi. Makanan di Cirebon enak2 yaa...cucok sih di lidah...

      Delete
  6. dari dulu pengen bgt ke cirebon. pengen wiskul hahaha

    seru jg kali ya ajak anak2 naik kereta. anak2 gw blm pernah naik kereta wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga rencana mau ajak anak2 naek kereta ke cirebon...tapi kok kalo dihitung2 jatohnya 2 jt buat tiketnya doang kagak rela yaa...wkwkwkwk

      Delete
  7. mantep ci...

    bapak2 emang hobi anti-mainstream ci... lah babe gua aja hobbi pake kaos pink motif. dan jalan2 pula ke mall (ini termasuk anti-mainstream ga ci) hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh itu sih antimainstream banget des...piss yo..hahaha

      Delete
  8. Bahahaha..tugas kenegaraan..macam menteri aja ci..
    Aku juga 2 thn lalu ke cirebon pas saudara merit naik argo jati..keretanya lumayan bagus & bersih juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rib...kemaren2 aja aku udah dipanggil pak jokowi tapi aku ga gubris...wong namaku yance...hahahha...*terobsesi jadi menteri. Ho oh keretanya ga malu2in deh ya...bagus juga

      Delete
  9. Kalau naik eksekutif udah paling okelah ci yan masih tergolong nyaman dibanding ekonomi AC *yaelah ya* hihihihi.. :D

    nanti balik lagi aja. aku juga belum pernah ke cirebon. panas ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihh panas juga loh pi di cirebon....sepertinya udara panas nya merata se jawa deh nihh...semua ribut hawa panas dimana2

      Delete
  10. wah keretanya cakep bangett deh ci, ga jauh beda nyamannya sama naik pesawat yahh :D
    temen gw juga sering tuh ke cirebon beli tiket kereta di indomaret,,
    makanan2 cirebon kayanya enak2 jadi pengen main sana haahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gerbongnya bagus mey..bersih dan nyaman. Hayoo ke Cirebon..enak2 juga makanannya...gampang pula beli tiketnya

      Delete
  11. Sejak liat postingan Leony lalu postingan Cici soal Cirebon, daku jadi pingin ke Cirebon buat wiskul juga nih :D

    Naik kereta rada membingungkan petunjuknya. Waktu aku ke Mojokerto kemarin jg naik kereta & takut salah naik =)) Apalagi pas mo naik dibilang "buruan buruan kereta mo berangkat" makin panik lagi. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngel...petunjuknya suka ga jelas dan harus bnyk tanya, kalo kagak..bisa-bisa salah naek kereta...wkwkwwk...ini 2 hari aja lumayan dapet banyak makanannya..apalagi kalo lebih lama tuhh...

      Delete
  12. ga makan nasi lengko ci? makanan sederhana yang nagihin tuh..
    malah aku belum pernah makan nasi jamblang..
    iya tuh.. orang kantor kalau ke cirebon pasti bawa kerupuk melarat segambreng.. udah kayak mau jualan.. wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh itu dia fen..sy ga sempet ke tempat nasi lengko nih..emang harus balik lagi sihh yaa baru lengkap wisata kulinernya...

      Delete
  13. Ci, aku baru tau itu stasiun Gambir udah cakep gitu dan keretanya juga bagus yaa.. Belum pernah naik kereta disini. Hahaha sedih bener. Ngakak aku baca bule2 yang pada ga takut nyasar itu, aku jg sering mikir tuh kl ada bule kesini kasian banget ya mereka secara papan petunjuk di sini kan arahnya suka ga jelas dan bahkan ga ada malah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mar..gambir udah bagus dan berubah , keretanya juga udah bagusan lah...walopun ga seperti MRT di luar negeri..hehehe

      Delete
  14. Wahh ci Yan underestimate sama KAI, hati2 lho udah jadi mentri skrg pimpinannya..muahaha :p *trus knp gitu yak :p*

    Belum kesampaian nih ke Cirebon.. Ada tujuan wisata apa aja yah disana? Jadi mupeng deh ci Yan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... Untung akhirnya puji-puji juga kann diujung nya? Kalo wisatanya belom sempet ditunjungin tuh py...karena ini kan kuker...

      Delete
  15. Ciaooo Bellaaa...
    Pernah denger katanya kalau di Cirebon itu, tempat makan makin kumuh, jelek, makin enak. Makanya KFC nggak laku hihihi. Lebih enakan makan empal gentong atau nasi jamblang~
    Mi, kok nggak narsis-narsis di stasiun ama kereta? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener na, di sini mah pada cari makanan tradisional...yang western2 kurang laku bagi para pendatang...udah bosen...hahahha. Lhaa pegimana mau narsis sama kereta, pas baliknya itu gua nyaris ketinggalan kereta loh, jadi lari lari nyari gerbong otak udah gak kasih sinyal buat foto2 dulu., udah panik...hhahahaha

      Delete
  16. Kayaknya si empal gentong sama nasi jamblang famous banget yah di cirebon! cc kmren ksana krna ad kerjaan? kyknya blogger" lg banyak yg jalan" ke cirebon nih.. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah jur...ada kerjaan, bukan jalan2...hiks. Mungkin orang udah bosen ke Bandung, jadi pada nyari tempat lain yang deket2, cirebon lah salah satu nya.

      Delete
  17. Pengen nyobain ajak Madeline jalan-jalan naik kereta deh. Boleh juga nih ke Cirebon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ngel..nyaman kok kerera nya kalo bawa anak kecil. Gua juga kepengen bawa anak2 jalan2 kesana

      Delete