Tuesday, November 13, 2018

JAKARTA MARATHON 2018

Ceritanya sekitar bulan Mei atau Juni itu biasanya udah mulai dibuka pendaftaran early bird untuk Jakarta Marathon 2018. Udah 2 taon berturut2 nih kita ikutan event ini, yaitu mulai tahun 2016 dan 2017. Nahh, harusnya tahun 2018 ini kita ikutan lagi dong. Tentunya si Papoy langsung mendaftarkan diri ye kannn, tapi sekarang belio kan udah gila lari, belio langsung daftar buat kategori full marathon, lari 42,2 kilometer....Hueeee, udah sinting kali! Gua ngelarang pun udah gak digubris lagi. Gua bilang buat apahan sih lari jauh2 gitu, lari mah buat kesehatan dan buat enjoy aja, bukan buat menyiksa diri....bla bla bla, panjang kali lebar sama dengan luas deh wejangan gua ke belio. Terus ditambahin embel2 bahwa belio udah gak kompak lagi, gak mau temenin gua lari yang jaraknya 10K.
Dulu kita mulai ikut event lari sama2 dari 5 kilometer, terus naek level 10 kilometer. Terus mulai taon lalu si Papoy mah udah naek level lagi ke 21 kilometer, lhaaa gua dong orangnya konsisten...masih aja di kategori 10K gak maju2 lagi. Udah mentok! hahaha......Makanya kalo sekarang belio naek level lagi ke 42,2K, gua gak sanggup ikutin lagi deh. Daripada lari2 sendirian di kategori 10K, gua mending jadi cheerleader aja dah taon ini, fix gak ikutan event Jakmar. Memang sih harusnya gua tuh udah naek level ke kategori 21K, tapi apa daya ....banyak banget cobaannya. Males banget bangun paginya. Sekalinya rajin bangun pagi, ehhh turun hujan. Lebih enak selimutan lagi tohh? hahaha. Belom lagi kalo udah lari di kilometer 8 tuh rasanya kaki udah mogok, gak mau diajak lari lagi. Yang ada tinggal jalan kaki campur ngesot. Yah gitu deh makanya, larinya gak ada kemajuan. Disitu2 aja......*aku lelah bang!

Pas hari H nya, tanggal 28 Oktober 2018 lalu, kita berangkat dari rumah sekitar jam 03.40 subuh. Acaranya kali ini bukan di Monas lagi, tapi di Gelora Bung Karno ( GBK ). Kebetulan deh deket dari rumah, jadi setelah nganter si Papoy, gua bisa pulang dan tidur lagi. hahaha....Waktu mau start jam 4.30 pagi, dikirimin foto nya sama si Papoy....
Rame juga sih, tapi gak sampe belasan ribu orang pesertanya untuk tahun ini, karena udah kepecah ke event dua minggu sebelum ini yaitu Jakarta City Marathon yang ujung2nya dibatalin event nya sama sponsornya dengan alasan tertentu. Untung aja si Papoy daftarnya Jakmar yang ini, bukan yang satunya lagi itu. Aneh juga memang tuh panitianya, kok bisa2nya bikin event yang mirip2, pake nama mirip2, tapi beda sponsor dan cuma selang 2 minggu doang. Ada2 aja Indonesia mah, kan harusnya gak sampe begitu dong yaa. Berapa banyak pelari tuh yang kecewa, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang udah daftar jauh2 hari. Parahnya lagi, dibatalkannya 2 hari menjelang event loh! Udah banyak pelari yang datang jauh2 ke Jakarta, udah ambil racepacknya tanpa dikasih info apa2, tau2 dibatalin event larinya. Damn! Gila ituh sih! Walaupun uang pendaftaran dikembalikan, tapi kan rasa kecewanya pasti mendalam yaa. Kagak profesional banget kannnn! *kok jadi gua yang emosi jiwa yaa...
Oh iya, biaya pendaftaran untuk full marathon Jakmar ini Rp. 900.000, tapi berhubung si Papoy daftar early bird, jadi cukup bayar separonya ( dapet diskon ) yaitu Rp. 450.000. Terus event ini menyediakan aplikasi untuk tracking para pelari nih serta profile pelari...canggih juga yaa jaman now mah.
Nah enak kan jadi bisa ketauan si Papoy udah berada di kilometer berapa di jam berapa, gua kan tinggal kira2 mau jalan jam berapa buat jemput belio. Karena menurut perkiraan belio bakal finish sekitar 5 jam 50 menit...Gila yaa, lari selama ituhh...kalo gua sih udah pingsan di jalan kali yaa...
Dan akhirnya, setelah sekian lama, muncul juga si Papoy di garis menjelang finish...Mukanya masih biasa aja, gak keliatan capek. Heran gua....hahahaha....Catatan waktunya 6 jam 8 menit, masih oke lah dari waktu cut time yang disediakan yaitu 7 jam. Kalo lebih dari 7 jam, yah udah gak bakal dapet medali dan kaos finishernya.
Sayang nihh, event ini gak kerjasama dengan penyedia foto2 saat lagi lari..macam si Pic to go waktu di Milo Run yang canggih sampe bisa baca chip nomor BIB bisa menghitung kecepatan larinya berapa. Jadi yahh foto si Papoy adanya cuma saat lari menjelang finish aje dehh...itu pun fotografernya gua sendiri, fotonya ala kadarnya dehh..hahaha..
Nah Jakmar 2018 ini disponsorin sama PLN ( Perusahaan Listrik Negara ), makanya namanya jadi Electric Jakarta Marathon 2018. 
Demi apah lari sejauh 42,2 km? Demi buat medali inihhh......hadeuhhhh!
Congratulation for your first full marathon....it's amazing!
Disini disediain beberapa booth foto dengan background beda2, tapi yang ini paling bagus menurut gua.
Akuh yang setia setiap saat, mengantar dan menjemput serta menemani foto ...
Dapet kaos finisher nya juga....
Ini orang emang warbiasak yaa....abis lari full marathon, masih bisa loncat2....
Loncat2 terus, abis itu tepar seharian.....wkwkwk
Mengabadikan moment yang mungkin cuma sekali seumur hidup...lari full marathon dari GBK.

Dan ini info resmi dari panitia untuk para pelari....
 
Jadi begitulah bedanya antara orang yang rajin latihan dengan orang yang rajin selimutan. Yang rajin latihan bakal keliatan hasilnya. Berhasil menuntaskan misi buat finish full marathon. Sementara yang rajin selimutan juga bakal keliatan hasilnya sih....yaitu nambah tas pinggang di perut alias buncit...wkwkwkwk! Hadeuhhh gua gak kepikir dan gak ada ambisi buat lari sejauh itu. Kepengen juga kagak! Kayaknya itu bakal menyiksa diri deh..Mending jadi pelari hore2 aja lah! Santaiiii, mau lari kek, mau jalan kaki kek, suka-suka aja! hahahaha *saya type pemalas! Gimana, kalian ada yang berminat mencoba lari full marathon?
Sampe ketemu di acara lari2 lainnya. Babayy Ciaobella!

6 comments:

  1. Wahhhh, keren banget full marathon trus bisa selesai juga, plus lolos cutoff 7 jamnya!! Gilaaaa, aku pun gak kebayang mesti lari 42 km begitu, hahaha :P .

    Tapi iya sih ya, udah bangun pagi, eh hujan, kan males ya mesti keluar buat latihan lari, hahaha....

    Btw iya ya itu panitia event satunya gak profesional banget. Kalau dipikir-pikir pengembalian biaya pendaftaran pun juga sebenarnya nggak cukup sebagai kompensasi ya. Kok enak bener mereka tinggal ngembaliin biaya pendaftaran gitu, apalagi pembatalannya cuma dua hari sebelum jadwal event-nya. Lha yang udah datang jauh-jauh, keluar biaya transport/hotel, plus cuti dari kantor pula, gimana dong ya itu??? Hahaha, kok jadi ikutan emosi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran males banget ko latihannya.....mending tidurrrr deh. Iyah, itu sponsornya parah banget deh, apalagi eventnya kan international gitu, ada pelari elit yang ikut, dateng dari luar negeri yang biayanya juga gak sedikit. Gak tau juga gimana endingnya tuh....tapi kita yang baca beritanya aja pada ngedumel2, apalagi para peserta nya ya....

      Delete
  2. Gilak si Ko Ivan kerennnnn!! Kayaknya selain persiapan fisik, persiapan mental juga kudu dilakuin ya, Ci. Seperti cici blg, rasa males tuh bisa datang kapan saja. Si Koko mentalnya udah penakluk deh, urutannya jg lumayan bagus dr ribuan pelari. Congrats!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang butuh mental yg kuat le, macam latihan militer aja harus disiplin. Kalo gua mah dah nyerah duluan lah

      Delete
  3. wuahh.. makin canggih aja jaman sekarang ya, bisa di-track udah sampe mana larinya. Timing chip-nya ga perlu dipulangin? boleh dibuang?

    ReplyDelete
  4. Iya jaman now mah makin canggih Xiao..chip nya nempel di nomor dada ( BIB ) , memang punya kita ga usah dipulangin. Habis lari yah dibuang aja...hahaha

    ReplyDelete