Friday, December 21, 2018

TEMPAT MENARIK DI SINGAPURA

Akhir November lalu gua dan si Alvin jalan-jalan ke Singapore. Anggap aja liburan singkat, karena hidup itu berat, jadi butuh refreshing...tsahhhh! Perasaan udah lama gak ke sana, dan waktu dulu ajak si Alvin kan saat dia masih SD, memorinya juga udah pudar tentang Singapore. Sekarang kita mengulang lagi beberapa tempat iconic yang gak boleh terlewati setiap kali berkunjung ke Singapore. Durasinya gak lama kok, cuma 3 hari 2 malam aja. Kali ini si Miko gak diajak, karena dia gak bisa bolos dari sekolahnya, dan lagi gua kan beli tiketnya tiket promo yang tanggalnya gak pas sama jadwal libur si Miko. Yahhh paling dia ngomel2 sebentar doang karena gak diajak....*jadi mamie harus pinter2 ngebujukin nih biar dia gak meradang berkepanjangan. Terus si Papoy juga kok gak ikut? Hmmm, menurut belio, Singapore itu mah udah biasa, kalo belio tuh maunya pergi ke kota2 yang belum pernah dikunjungin...kalo bisa ke laut, ke gunung....*ini sih kode nih, naga2nya gua bakal diseret naek gunung lagi dahh! *elap keringet. Yahh udah, tinggalin aja dia di rumah deh, gua ma si Alvin mau hepi2 dulu...


Dan inilah highlights dari Singapore trip kita kali ini, capcus ke tekape aja yaa....

T4 CHANGI AIRPORT
Pesawat Air Asia yang kita naekin mendarat di T4 Changi International Airport. Kebetulan banget kann, kita jadi bisa liat2 airport yang terbilang masih baru ini. Balik ke Jakarta nya pun sama, melalui T4, jadi puas deh bisa explore disini. Nahhh beginilah penampakan T4 itu :
Foodhall nya ada di lantai 2


Disini kita cobain autogate imigration nya, walaupun tulisannya khusus untuk Singaporean, tapi ternyata bisa juga untuk passport kita....
Yang merah gede banget itu gak tau apaan.....tapi eye catching banget di tengah2 hall ..
Bagian bawah diperuntukkan untuk jualan makanan...
Bagian tengah atasnya itu untuk show kayak opera gitu....show gerak dan lagu...dan di depannya ada kids playground nya dan sofa2 merah
Keliatan luas dan keren banget yaa

Lumayan sih jalan dari ujung ke ujung jauh juga

Tentunya gak boleh dilewatkan foto sama pohon Natal dong yaa....

4G SIM CARD

Nahh selama di Singapore, kita pake SIM Card Singapore yang belinya lewat website Klook. com seharga SGD 12 atau sekitar Rp. 117.355 ( kurs saat beli ) untuk masa aktif 7 hari. Nanti kita akan mendapatkan email vouchernya kayak begini nih :

Lumayan banget kan dapet kuota 100 GB, bisa buat youtube an itu sih.....
Terus kita tunjukin voucher ini di minimarket Cheers dekat pintu keluar di T4. Disitu udah ada petugas dari Klook nya...

So easy right? Begitu pasang, langsung konek deh dengan dunia....*loncat2 senang....

SHUTTLE BUS FROM T4 TO T2
Dari T4 ini gak ada skytrain buat menuju ke T2 yang terkoneksi dengan MRT Singapore. So, kita harus naek shuttle bus dulu dari T4, menuju T2. Lokasi Shuttle bus ada di ujung T4 dari pintu keluar terminal kedatangan. Jarak T4 ke T2 sekitar 3 menit dengan bus.

SINGAPORE TOURIST PASS
Begitu sampe T2, kita langsung cari konter tempat jual Singapore Tourist Pass. Kita beli paket yang untuk 3 hari unlimited seharga SGD 38 ( dirupiahin sekitar Rp. 406.220 ) per kartu. Offcourse karena pergi berdua, kita harus beli 2 kartu...*ngejeritttt keluarin SGD dari dompet. Bisa juga sii bayar pake card, tapi biasa kursnya lebih tinggi. Jadi total untuk beli 2 buah kartu Singapore Tourist Pass ini adalah SGD 76 atau Rp. 812.000. Mahal juga yaaa. Tapi gua sih ngerasa ini lebih efisien dibanding beli EZ link yang harus top up setiap kali habis saldonya, sementara kita pasti bakal bolak balik naek MRT terus selama 3 hari disini. Yah tentunya kartu ini gak cuma berlaku untuk naek MRT doang, tapi naek bis juga bisa. Cuma gua gak mau ribet baca rute bis, mending naek MRT yang udah familiar jurusan-jurusannya. Terus kita naek turun MRT sampe bolak balik puas2in dan gak usah antri top up di mesin lagi. Pokoknya kartu ini kartu sakti, dan kita bisa memilikinya, gak perlu refund, aktif sampe 3 tahun kalo gak salah inget, jadi klo nanti ke Singapore lagi, tinggal top up aja kayak kartu EZ link.

SPACEPOD HOSTEL
Semua orang tahu Singapore lahh, harga hotelnya bikin dompet menjerit. Udah luas kamarnya gak gede2 banget, fasilitasnya alakadarnya, tapi harganya juta-jutaan. Malesin banget kann. Padahal kita ke Singapore itu biasanya pergi dari pagi, pulang nya udah malem. Cuma buat numpang tidur doang. Nahh,  saking pelitnya, gua kagak rela tuh bayar hotel mahal2. Jadilah gua hunting capsul hostel yang belakangan ini menjamur di Singapore. Gua gak tertarik Airbnb di Singapore, karena harganya beda-beda tipis sama hotel, sama-sama mahal. Dan katanya Airbnb Singapore juga ilegal kan. Sempet liat2 di Airbnb pun gak ada yang menarik.
Nahh akhirnya ketemu deh capsul hostel yang keliatannya oke, gua pilih Spacepod Hostel di daerah Kallang yang ratingnya di Agoda sekitar 8,8 ( artinya Excelent ) dan letaknya persis di seberang Kallang MRT Station. 
Kayak ginilah bentuk hostelnya dari luar....cuma kayak ruko sempit gitu aja...

Saat kita check in, kita cuma drop tas doang karena mau langsung jalan2. Nahh sepertinya tamu lain pun sama nih, tas2 nya numpuk di samping meja recepcionistnya.
 Nahh, gimana bentuk kapsulnya dan tempat tidurnya? Yah kayak begini nih...
 Kayak ranjang tingkat gitu, ada anak tangga nya untuk yang di bagian atas.

Kita ambil type delux yang bisa berdua ( dalam satu kapsul ) dengan harga Rp. 539.300 per malam. Tuh udah murah banget kann. Kita dapet yang di bagian atas nih...lampu biru itu bisa gonta ganti warna, ada kuning, ungu, hijau muda...ada pilihan di tombol2 di bawah kaca itu. Ada colokan USB juga untuk ngecharge batere...
Kita pun akan mendapatkan loker untuk menyimpan barang2 kita..Satu kapsul jatahnya 1 loker...

Toiletnya bersih dan kamar mandinya juga lengkap dengan shower air panas air dingin, sabun dan shampoo nya plus dapet handuk bersih.
Ada hair dryernya juga...
Mesin cuci dengan dryer nya juga ada.
Sarapannya roti dan telor dengan bermacam selai dan pilihan minuman ada teh dan kopi.
Semuanya self service, ada toaster dan pan untuk goreng telor, sampe kita juga harus rapihin dan cuci piring sendiri. Seruu kan, berasa kayak di rumah sendiri aja. Nyaman juga sih tidur di capsul hostel gini, cuma masalahnya, ada dua orang bule yang chek in malem2 dan mereka tidur di bagian bawah kapsul kita, trus mereka sibuk beberes, mandi, dan bongkar tas, jadi berisik aja sampe tengah malem, bikin gak bisa tidur. Tapi gantian sih, pas paginya mereka tidur, gua yang sibuk beberes koper karena mau check out, tapi gua gak terlalu bikin suara berisik kok...hehehe, jadi mereka tidur nyenyak aja tuh. Selebihnya oke-oke aja sih, gak ada masalah.

Pokoknya, gaya jalan-jalannya mamiefunky itu mah susah diikutin deh. Maklum lah, mamie funky mah kan aliran antimainstream. Jadi kalo cewe-cewe atau emak2 biasa kan pasti maunya nginep di hotel mewah nan cetar membahana, baik harganya, maupun fasilitas hotelnya. Atau paling gak, maunya hotel standard gitu lah, tapi jarang2 kayaknya yang pilih tidur di capsul hostel. Betul atau betul?

FOOD CULINARY
Dan beneran gua merasa gak salah pilih hotel. Di sebelah hostel kita itu ada tempat jualan mie udang yang sepertinya terkenal karena rame banget pengunjungnya.

 Harga mie nya SGD 4 dan rasanya enak2 aja.
 Menunya gak cuma mie udang sih, di dalam masih ada pilihan makanan lainnya...

Di station MRT Kallang pun ada Old Chang kee yang udah pasti rata2 semuanya enak.

Tentunya kita gak boleh  melewatkan Nasi Ayam seharga SGD 4 di foodcourt Albert daerah Bugis.

Laksa nya juga enak, seharga SGD 4 
Aneka jus dingin, ada yang SGD 1 dan SGD 2

Duren Musangking SGD 38 di Bugis
Duhh, sebenernya gak rela juga beli duren seharga sekitar Rp. 400.000 an...glek, pengen disimpen bijinya trus dibawa pulang buat ditanem...hihihihi. Enak sih enak durennya, yang gak enak harganya. Mending beli duren monthong sih ....cuma gua mau si Alvin cobain aja...biar jangan norak kalo ada yang cerita duren Musangking.
 Wonton mee di Chinatown dan nasi ayam seharga SGD 8
Eskrim Uncle SGD 1,2 di daerah Orchard

Tim Ho Wan Dimsum...dulu ada buka di PIK, eh entah kenapa, tau2 tutup. belom sempet cobain yang di Jakarta, nemu di Singapore.
 
Resto White
Diajak makan bihun seafood disini, tapi lupa difoto saking enaknya keburu abis...hahaha....Rasanya enak banget, memang recommended deh.

HAJI LANE
Tahun 2016 udah pernah kesini, saat itu juga udah heits tempat ini. Apalagi sekarang, tambah rame aja pengunjungnya...
Padahal ini cuma jalan gang gitu doang yang di temboknya penuh dengan grafiti / mural warna warni nyeni banget..

Dan deretan cafe2 di kiri kanannya...
Dulu waktu kesini belom sempet foto2 sama mural nya...
Patungnya ini juga keren banget...
Selain cafe, juga terdapat toko2 yang didekor keren keren banget...
Numpang foto di tangga warna warni ini...

MESJID SULTAN
Dari Haji Lane, jalan sedikit kita akan menemukan Mesjid Sultan yang juga rame pengunjungnya. Di sepanjang jalan depan mesjid ini juga terdapat cafe, resto dan tempat berjualan souvenir.


GARDEN BY THE BAY
Nahh ini adalah salah satu must visit di Singapore nih, jangan sampe terlewatkan. Menuju kesini gampang kok, naek MRT turunnya di stasiun Bayfront, terus ikutin aja petunjuknya, pasti nyampe. Sebaiknya kesini sekitar jam 3 atau jam 4 an sore gitu, karena hawanya panas banget kalo siang2. Ini juga saat kita kesana mendung2 ngelekep hawanya, gloomy gitu deh, buat foto2 pun kurang bagus..


Kalo cuma foto2 di supertree groove yang diatas itu, gak usah beli tiket masuk, keliling keliling aja disini sampe gempor. Tapi kalo kita mau masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest, kita harus beli tiket masuknya. Karena takut antri di loketnya, gua beli dulu voucher nya di Klook.com juga ( barengan sama beli SIM Card ). Harganya per orang Rp. 236.550 per orang, total Rp. 473.100 ( kurs saat itu ). Dapet diskon Rp. 41.000, lumayan kan.
Nahhh, pas banget nihh thema di Flower Dome nya adalah Disney Tsumtsum Christmas....lucuuuk kann!
Ihhh super gemesh dehh disini...
Padahal ini dekornya baru di depan pintu masuknya doang, udah antri deh foto2 disini...Pengunjungnya rame banget saat itu, karena pas hari Minggu.
  Di bagian bawah, dekornya lebih meriah lagi...
Kiyut lucuk menggemaskan...
Dari Flower Dome, kita pindah ke Cloud Forest...begitu masuk kita akan menyaksikan  air terjun buatan yang keren....
Kita bisa naek ke bagian atas, tapi lagi2 terjadi antrian panjang waktu mau naek liftnya, bener2 rame deh pengunjungnya. Tapi untung cepet nihh antrinya.
View dari salah satu spot di atas....
Menurut gua ini keren bangett...sayang cuacanya lagi gloomy gloomy gimana gitu...
Dan ke Garden By the Bay akan lebih cetar lagi kalo lampu2 di Supertree Groove nya udah nyala...
Lebih bagus lagi kalo kita naek ke OCBC Skybridge nya....
Dan setiap hari akan ada Garden Rhapsody light and sound show....setiap jam 19.00 dan jam 20.00. Cuma kemaren itu saat jam 19.00 , langitnya masih terang sehingga cuma ada 1 kali show di jam 20.00.
Pokoknya lampunya keren dehh warna warni berkelap kelip mengikuti irama lagu...

Dan ini view dari jembatan dari dan menuju ke MRT Station...ke arah Marina Bay Sands dan Singapore Flyer...


BUGIS
Bugis memang terkenal sebagai shopping area dan wisata kulinernya. Sambil shoping2,  kemaren kita gak sengaja ketemu Spiral Staircase di sebuah gang persis di samping lorong tempat orang2 belanja. Tempat ini lumayan lagi heits sii di IG. Instagramable banget kann...
Sisa waktu nya kita habiskan buat shopping2 di lorong Bugis street sampe sore...

ORCHARD
Nahh kalo di Orchard udah berasa nih suasana Christmas nya...padahal kita kesini masih bulan November....
 
Di sepanjang trotoar dari ION sampe ke ujungnya, di dekor dengan thema Disney Magical Moments...
Yahh cencunya akuhh tidak melewatkan spot2 ini dong yaa...
Padahal rata2 anak2 yang foto disini....mamie mah ikut2an ajaa...
Yang ini dekor di depan ION Mall, kurang bagus hiasannya kali ini. Lebih cetar waktu tahun 2011 kesini, lebih banyak dan full dekornya.
Suka banget sama kanopi putih ini, padahal ini jalan menuju subway ION...
Dan ada kincir gede di depan ION juga....
Merry go round...ini ada di depan Ngee Ann City
Malaikat tak bersayap.....ketemu sayapnya disini..
Pohon natalnya simple...tapi i like it

CHINATOWN
Sempet mampir ke Chinatown...masih sepi karena masih pagi. Toko2 dan resto2nya juga belum semuanya buka..
Di sekitaran China town banyak mural2 lucu...salah satunya kayak gini...
Deretan rukonya dicat warna warni...eye catching..
Zoom in mode on...

BUDDHA TOOTH RELIC TEMPLE
Akhirnya kita menemukan temple ini juga setelah jalan jauh banget karena salah baca map. Padahal mah harusnya deket aja dari station MRT. Kita jadi berkeliling ria dulu. Tapi yang penting udah pernah ke temple ini lah pokoknya...


MEET UP WITH FRIENDS
Sempetin ketemu teman SMA...gilee udah berapa taon tuh berarti temenannya yaa...seneng bener rasanya...
Apalagi ditraktir temen yang udah jadi boss...hahaha...
Yang ini temenan waktu kuliah, gua suka nyontek ke dia karena dia lulusan cumlaude di Binus.....hahhaaha, ahhh teman2 gua hebat2 deh pokoknya...Gua nya aja yang melempem nihh...*nangis di pojokan...

MERLION
Nah yang ini juga gak boleh dilewatkan kalo ke Singapore. Udah pasti harus dan wajib foto di icon nya Singapore ini. 
One shoot, 3 spots captured...Merlion, Marina Bay Sands dan Art Science Museum

Viewnya bagus yaa dari sini...
Sekarang udah ada Jubilee Bridge yang menghubungkan Merlion ke Esplanade langsung. Kalo dulu kan harus melewati jembatan yang di pinggir jalan raya.


ESPLANADE
Nahhh tempat ini juga wajib sekalian dikunjungi karena letaknya diseberang patung Merlion. Ini foto di seberang jalan raya yang dipenuhi dengan bunga bougenvile yang sedang berkembang....

Esplanade tampak dari Merlion park...
Bentuk atapnya persis seperti kulit duren ya....
Yahh cuma segitu deh yang sempet di explore. Padahal kemaren itu di T3 Changi Airport lagi ada Changi Wizarding World, yaitu dekorasi dengan thema Harry Potter yang keliatannya sih bagus ya. Cuma karena kita mau check in cepet2 di T4, kita gak sempet mampir ke T3. Sayang banget. Ternyata sesampainya di T4, pesawatnya delay 1 jam. Kita udah masuk imigrasi autogatenya tuh dan berniat balik ke T3 lagi buat foto2 di spot Harry Potter itu. Eh petugasnya bilang, gak bisa keluar lagi kalo udah masuk imigrasi. Lagipula, dekorasinya gak bagus katanya, cuma buat anak kecil. Haiyaaa, petugasnya sendiri malah ngomong gitu yaah, sementara ini turisnya kepengen banget foto2 disana. Yah udah deh, terpaksa kita habisin waktu nunggu di T4 dengan berkeliling2 dan makan aja. Udah cape juga 3 hari ini jalan kakinya jauh banget perasaan. Sampe berasa kurusan ...hahahaha
Okay deh, sekian dulu cerita jalan-jalan di Singapore nya. Sampe ketemu lagi di kisah jalan2 selanjutnya. Babayyy Ciaobella!

9 comments:

  1. Aku juga udah lama ngga explore singapur, terakhir cuma transit aja di changi. T4 nya bagus amat. Sayang banget ga sempet liat yg Harpot nya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang banget deh gak sempet liat yang Harpot...

      Delete
  2. Salfok sama Changinya!! Hahaha :D . Btw itu autogate-nya bisa untuk paspor biasa juga, atau cuma untuk e-passport aja? Lumayan ya kalau paspor biasa pun uda bisa.

    Begitu-begitu (biarpun mahal, haha) Singapore sebenarnya asyik2 aja ya untuk city trip singkat gitu kalau di Asia Tenggara. Ya at least kotanya modern banget kan dibandingin kota-kota lain di sekitarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan paspor kita udah epaspor sih, jadi kurang tau juga bisa atau gak kalo paspor biasa , tapi waktu itu nyoba autogate T3 Soetta aja udah bisa pake paspor biasa...enak juga gak antri di imigrasinya. Trus memang jangan lama2 klo Singapore, bingung lama2 mau kemana lagi, mau shopping pun mahal banget diitung pake dollar nya....hahaha

      Delete
  3. Percaya gak, aku dua kali ke Singapore tapi gak pernah yang namanya foto sama Marlion, hahaha. Keren banget deh, cuma 3 hari tapi mampir ke banyak tempat. Banyak foto-fotonya pula. Pasti happy banget bisa quality time sama anak :) Minggu kemaren juga aku ke Singapore lagi, cuma hotel-taksi-hotel doang sih, gak tahu kenapa paling gak bisa aku jalan-jalan. Semua tempat yang mamiefunky sebutin ini gak ada satupun yang aku pernah ke sana. Eh, ada ding satu, Orchad, yang ada Frozen itu. Cuma mampir ke ATM terus balik lagi ke hotel di Victoria street, hahaha. Ditunggu ya post jalan-jalan lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 3 hari pun dapetnya lumayan banyak tempat2 wisatanya ndi...hahaha, lain kali kamu harus mampir sejepret dua jepret di tempat yang iconic nya aja...

      Delete
  4. gua rada2 claustrophobic jadi kalo ngeliat hotel yang kapsul gitu langsung sesek napas rasanya yan. hahaha.

    changi t4 keren abis ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya Man, memang gak semua orang mau tidur di kapsul hostel gitu...hahaha. Tapi klo buat budget traveller mah terpaksa tidur situ, untungnya tempatnya oke2 aja...
      T4 nya emang keren sii....

      Delete
  5. wah kalau lagi jalan ke singapore jangan lupa kesini ya guys Patung Lilin Agnes Mo

    ReplyDelete