Saturday, February 23, 2019

JALAN JALAN KE MONTREAL DAN OTTAWA

Mariii, kita lanjutkan Canada trip story nya.....
Tapi sebelum lanjut nih, buat yang belum baca part 1 nya, mendingan baca dulu deh. Silakan klik disini : Quebec Trip : Tempat shooting drama Korea Goblin. Nyesel loh kalo belom baca, karena gua bilang itu adalah the best part of Canada Trip mamie funky. Postingan yang ini pun tentunya gak kalah seru dong! Pokoknya dibaca aja dehhh, postingan mamie funky mahh dijamin bikin nagih ..ya gak sihh? Hahh ? Apahh? Kagakkk? krik krik krik.....*ngambek.....langsung pergi bertapa ke gunung.

Back to the story.....

Jadi setelah acara makan siang di Cabane a sucre Chez Dany Quebec, kita melanjutkan perjalanan ke Montreal dan tempat pertama yang kita kunjungi di Montreal adalah ke Olympic Stadium.
Disini para pengunjung bisa menaiki furnicular menuju ke lantai atas Olympic Tower untuk melihat pemandangan kota Montreal dari atas. Tiket masuknya CAD 22 ( sekitar Rp. 230.000 ) per orang. Nahh inilah antrian yang mau naek furnicular dari rombongan bis kita.
Dari satu bis itu, paling cuma grup kita yang ber 4 plus ada 3 orang India yang gak mau ikut naek ke atas. Kita mah sayang2 duit aja bayar segitu mahal, soalnya kayaknya gak ada yang menarik untuk diliat dari atas. Plus siang ini juga cuacanya gloomy gitu, pastinya gak banyak yang bisa diliat juga. Toh tadi pagi kan kita udah masuk ke Observatoire de la Capitale yang di Quebec buat liat Quebec City dari atas. Pastinya mirip2 begitu lah...*sotoy. Jadi sekarang kita jadi penunggu aja sambil keliling area stadium. Di bagian lobby nya ini ada toko souvenir, jadi kita liat2 kesitu aja.
Disini jual tempelan kulkas yang hampir aja gua beli nih...bentuknya ya olympic stadium ini. Tapi pikir2 sayang juga ah, harganya lumayan mahal.
Ada juga yang gambar bendera Kanada, tapi perasaan pintu kulkas sampe ke samping2nya juga udah penuh ditempelin....hiihihi.
Paling karena udah haus, kepaksa beli air minum sebotol kecil gini harganya CAD 2.5 ( sekitar Rp. 27.000 ). Busett, mehong amat yaa...Abis itu simpen botolnya lah....ntar ketemu tap water kan bisa diisi lagi....lumayan jadi hemat kan.
Kita berjalan ke arah luar stadium dan beginilah bentuk bangunannya dari arah luar.
Dan di belakang sana adalah Olympic Tower nya yang bentuknya miring makanya pengunjung bukan naek lift, tapi naek furnicular menuju ke atas tower.
Gak tau deh buat rombongan kita yang lagi naek ke atas sana, apakah pemandangan yang didapat bagus2 aja di cuaca winter gini?
Di depan Biodome tadi terdapat lambang olimpiade yang berupa 5 lingkaran berwarna warni melambangkan 5 benua.
Olimpiade Montreal adalah olimpiade ke 21 yang diselenggarakan pada tahun 1976. Wihh dah lama banget yaaa. Itu jamannya gua masih imut segede marmut....hihihii.  Di dalam kotak ini berisi nama2 atlet yang mendapatkan medali olimpiade beserta kode negaranya. Gua cari bendera Indonesia gak ketemu, cari nama atlet di kotak ini juga gak ada. Pas googling, pada tahun itu Indonesia cuma mengirim 2 orang atlet di cabang olahraga panahan. Jadi mungkin memang belum juara saat itu.
Aseli pas disini tuh anginnya lumayan kenceng dan cuacanya jadi dingin banget. Gak tahan buat berlama2 diluar gedung. Tapi si Alvin sempet jalan ke ujung yang ada lapangan sepak bola. Rumputnya ketutup salju semua..
Konon penyelenggaraan olimpiade ini mengakibatkan kota ini berhutang sebesar 15 triliun gara-gara jadi tuan rumah olimpiade. Dan dilunasi setelah 30 tahun kemudian yaitu di tahun 2006. Welee, ngeri juga yaaa, ternyata behind the scene penyelenggaraan event yang keliatan megah dan meriah pada masanya, menyisakan cerita suram dan kesusahan bagi warga kotanya serta negara juga harus menanggung akibatnya. Ck ck ck...
Dan warga setempat yang sudah muak dengan hutang olimpiade ini akhirnya memplesetkan nama Olympic Stadium yang kini dijadikan lapangan baseball bernama julukan The Big O menjadi The Big O W E, alias berhutang besar.
Dari situ kita lanjut lagi ke tempat berikutnya yaitu Notre Dame Basilica...salah satu landmark di Montreal yang dibangun pertama kali tahun 1672 dan selesai pembangunan keseluruhannya pada tahun 1843. Busett...ratusan tahun yaaa bangunnya.
Kita sampe disini udah mulai gelap, jadi lampunya udah mulai nyala. Keren juga kann. Kalo datengnya pagi atau siang, lampunya belum nyala, keliatan biasa2 aja.
Dengan adanya lampu yang menyala, jadi menambah keindahan dari gereja ini.
Karena kita cuma dikasih waktu sekitar 30 menit untuk foto2 disini, jadi kita gak punya kesempatan untuk masuk ke dalam gereja.
Yah udah foto2 aja yang banyak dari luarnya.
Kalo tidak salah, tinggi bangunannya sekitar 60 meter.
Memang sih bangunan gereja nya megah banget, berarsitektur gaya gothic revival atau neo gothic gitu.
Gak cuma gerejanya aja yang bagus untuk difoto, ke arah sebaliknya pun kece banget, macem di Eropah gitu yaa....ya gak sihh? *gak yakin, karena belom pernah ke Eropah...wkwkwk
Nahhh rasanya mau nangis nihhh karena gua gak sempet masuk ke dalam gereja.....nangis guling2 beneran. Indahhhh, cantikkkk, keceeee banget yaaaa ternyata! Ya lordddd! Kenapa juga gak cukup waktu buat masuk ke dalam yaa...Gambar diambil dari : http://furnizing.com/article/notre-dame-basilica-montreal-gereja-dengan-pertunjukkan-sinar-yang-indah-salah-satu-bangunan-arsitektural-bergaya-gorhic-yang-harus-dikunjungi
Dan disinilah katanya penyanyi Celine Dion menikah. Yalord, akupun mauuuuu! Mau masuk ke dalam maksudnya....*ati2 aja salah konotasinya. Gilingan cakepnya kelewatan amat yaa...Jadi ceritanya tuh, di dalam sini ada pertunjukan lampunya gitu, makanya jadi cakep banget ya di foto. Pertunjukan itu diberi nama Aura yang menggunakan 140 lampu, 4 laser, 20 cermin, dan lebih dari 20 layar proyeksi. Tidak hanya pertunjukan lampu saja, tapi dikemas juga dengan audio yang berkualitas dengan aransemen orkestra. Astagaaa...*celangap. Gilaaaa....gua udah gila....*jambak2 rambut. Kenapaaa gua gak masuk....*nyesel setengah  mampus. Kayaknya harus balik lagi ini sih.

Terus mulai deh tuh drama awal terjadi....Pas diabsen di bis, ternyata tamunya kurang 2 orang dan itu adalah dari grup kita yaitu sepupunya si papoy dengan istrinya yang belum muncul. Tour guide nya udah jutek waktu nanya ke gua dan si Alvin. Gimana jawabnya cobaaa....kita tadi emang berpencar pas foto2 di depan gereja. Tapi untung gak lama kemudian mereka muncul tuh...gak sampe 5 menit kok telatnya.
Dan rombongan kita langsung jalan lanjut ke tempat berikutnya yaitu St. Joseph's Oratory. Ini di pintu masuknya
Gua agak kesusahan menterjemahkan apakah oratory ini, pokoknya gereja aja lah....hihihi. Tapi di dalam sini ada museumnya, ada cafetaria, ada toko souvenir, terdiri dari 6 lantai kalo gak salah inget. Pokoknya gede banget lah buat ukuran gereja mah...
Di dalamnya banyak lilin2 warna warni di tempat berdoa nya..Dan gua sempet berdoa disini, memohon semua yang bisa gua inget....kalo bisa sih keliling dunia. wkwkwkwk. Doa orang pasrah pasti dikabulkan. ye kannn!
Lilinnya warna merah dan hijau....bagus yaa. Jarang liat ada lilin warna hijau di gereja. Yah eyahlah, gua nya juga jarang ke gereja...*ngaku dosa.

Dan gua mah sembarang foto aja, begitu mau kasih keterangan, gua gak yakin ini foto siapa. Mungkin juga ini pendiri oratory ini. Jadi tempat ini didedikasikan untuk St. Joseph di dunia dan didirikan oleh Brother Andre.
Ada banyak penyembuhan dan mukjijat di gereja ini. Ada satu bagian yang menampilkan barisan kruk ( tongkat kayu ) dari para penderita lumpuh yang akhirnya bisa sembuh dan bisa berjalan kembali. Dan itu berkat Brother Andre. Ada lebih dari 2 juta orang pengunjung dan peziarah yang datang kesini setiap tahun.
Dan disinilah jantung Brother Andre disemayamkan. Itu atas permintaannya sendiri demi untuk keselamatan dan perlindungan terhadap tempat ini dan orang yang masuk ke dalam gereja ini. Okay, berarti gua pun dilindungi dan diberkati nih...Aminnn!
Ini langit2 dalam gerejanya. Untuk menuju kesini kita harus menaiki eskalator dan area dalam sini memang luas juga ya. Jadi segini pun gereja ini masih dalam tahap pembangunan terus, belum selesai sampai saat ini.
Katanya bisa menampung kapasitas 3000 tempat duduk....Interior dalam nya lumayan bagus juga. Tapi gua udah kesengsem sama si Notre Dame Basilica itu yaa, lebih keren dan cetar badai.
Nahh jadi beginilah bentuk St.Joseph's Oratory dari luar...karena kita kan sampe disini udah malem gak bisa liat dari depannya. Jadi gambar gua ambil dari : http://gomontrealtourism.com/saint-josephs-oratory/
Jadi Saint Joseph's Oratory of Mount Royal adalah basilika minor Katolik Roma dan tempat sanctuary nasional di Westmount Summit Mount Royal di Montreal. Ini adalah gereja terbesar di Kanada dan mengklaim memiliki salah satu kubah terbesar di dunia. (Begitulah terjemahan yang mungkin bisa menjelaskan apakah oratory itu ).
Dan drama selanjutnya terjadi ketika gua nyasar di dalam gereja ini. Huahhhh, mamaaaaa! Gua kok jadi orang paling bodoh sedunia saat itu. Gua gak bisa nemuin pintu keluar nya! Gila gak?! Gua udah nanya ke 3 orang, mereka kasih petunjuk suruh naek ke lantai 5, tapi pas di lantai 5 gua cuma liat toko souvenir doang. Padahal disamping toko souvenir itu ada gang yang menuju ke pintu keluar. Ini aseli terjadi karena pintu masuknya beda dari pintu keluar, jadi gua tuh sotoy, gua balik ke bawah ke tempat tadi kita datang, tapi gak ada pintu keluarnya. Metong dahh! Ada kali gua naek turun lift 3 kali, dan telat hampir 15 menitan dimana satu bis udah nungguin gua doang. Gua udah berdoa sepanjang cari jalan keluar itu....teuteup aja nyasar gak jelas. Akhirnya bisa ketemu juga seperti ada yang nuntun ke toko souvenir itu. Tulisan exit nya pake bahasa Perancis sih, jadi gua gak paham itu adalah exit. Ahhh payah nihhh mamie funky bisa nyasar juga! Malu2in aja! hahaha. Yah pasrah aja deh ngeliat tour guidenya udah cembetut cariin gua dan papasan di pintu keluar. Gua cuma bisa minta maaf doang deh...mau gimana lagi. Grup kita yang ber 4 ini memang kaco banget! hahaha. Si Alvin sampe bilang : Mi, bisa gak Alvin pindah grup aja? Malu banget nihh! Kita telat mulu!....hahaha, emang dia pikir grup apaan pake minta pindah segala...
Yah sudah, lupakan lah urusan memalukan itu, setelah itu rombongan kita diajak ke restorant Fu Lam buat dinner. Disini makannya all you can eat lagi...Ini kocak aja kita lagi foto bareng, eh yang di meja sebelah belakang malah ikutan foto....
Harga buffet disini CAD 29 ( sekitar Rp. 314.000 ) per orang...wihhhh lumayan mahal juga yaa harganya. Makanya jangan mau rugi, ambil aja yang banyak....hahaha
Pilihannya sh lumayan banyak juga, dari gorengan, mie, pasta, salad, sayur, sushi2, daging2, buah dan dessert.

Ini juga enak nih roasted beef nya...
Ini lah babak awal saat baru ambil makanan...
Sushi seginii banyak abis juga tuh si Alvin makan sendiri...masih nambah pula..
Lumayan seger dan manis jeruk sunkist nya
Oh iya, dapet fortune cookies yang bunyinya gini : your talents will shine today. Okayy, noted! I will rise and shine! Not only today dong harusnya.....but forever
Setelah makan, barulah kita di antar ke Ruby Foo's Hotel. Lumayan gede juga lobby  hotelnya.

Dan kita harus melewati lorong ini menuju ke liftnya. Ternyata liftnya kecil banget, jadi kita terpaksa naek tangga darurat biar cepet sampe kamar yang ada di lantai 2. Untung cuma lantai 2 ya, kita gotong2 kopernya gak terlalu repot.
Dan beginilah kamarnya untuk ber 4 orang...
Lega juga kamarnya...
Dan ini kamar mandinya...
Menurut ramalan cuaca akan turun hujan salju malam ini. Eh bener aja, pas paginya kita keluar, semua udah putih ketutup salju.
Hari ini hari ke tiga, hari terakhir kita ikut tour ini. Dan pas di Montreal ini cuacanya hujan sepanjang jalan. Hari ini kita lanjutin perjalanan menuju ke Ottawa yang ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.
Kita mampir untuk washroom time ( toilet stop ) di rumah dinas governour Kanada. Habis ke toilet malah kita foto2 disini....hahaha.
Cakep kann view nya, kayak di film2 korea entuh...( efek abis nonton Goblin...)
Nahh ini namanya : Rideau Hall
Disini ada pohon maple yang daunnya belum rontok....jadi norak deh foto2 dulu...
Warna daunnya cakep banget yaa....
Nahhh inilah daun maple yang masih utuh....
Bangunan di sebelah toilet nya....
Nemu view kayak gini aja kita udah seneng banget, rasa dingin udah diabaikan aja, malah sibuk foto2 deh....*turis norak.
Dari situ, gak lama kemudian kita sampe di Parliament Hill. Yihaaa....officialy kita dah sampe di ibukotanya Kanada nihh....yaitu Ottawa. Halahhh kadang gua suka kecele,  kalo ada quiz ditanya ibukotanya Kanada apaa, kayaknya di otak tuh jawabannya gak mungkin Ottawa deh...hahaha. yang lebih familiar di lidah tuh Vancouver, Toronto atau Montreal. Soalnya Ottawa tuh kayaknya kurang famous gitu di kuping gua....iya gak sih? pada ngerasa gitu juga ga sih? Iya in ajaaa.....biar cepet...wkwkwk!

Udah cuacanya dingin, sekitar -14 derajat Celcius, mana anginnya lumayan kenceng, ditambah orangnya rame di belakang sana., duhhh...bikin putus asa deh foto disini, gak bisa dapet foto yang bagus. Kepengen cepet2 balik ke bis aja. Udah beku tangannya.
Entah gimana, gua tiba2 aja pengen ngedeprok di salju....dan happy banget dengan hasil fotonya. Bagus kannn! Keren kann! Iya in aja napa sihh...biar yang punya blog seneng....hihihihi
Di sebelah  kiri dan kanan Parliament, Hill itu juga gedungnya bagus2, semuanya bergaya gothic kayak castle bentuknya.
Tuhh bagus kannn gedungnya....kalo ngantor disitu asik juga kali yaa....
Padahal gak kuat sama dingin, tapi kalo udah nemu spot foto bagus, kenapa bisa lupa sama dinginnya ya? hahaha. Segini kita cuma dikasih waktu cuma 15 menit doang buat foto2 disini.
Setelah itu lanjut lagi ke Museum of History...
Tentunya kita dari awal udah skip gak mau masuk ke museum ini. Tiket masuknya ada CAD 22 ( sekitar Rp. 230.000 ) per orang. Gua tuh orangnya emang gak minat sama sejarah, pastinya di museum ngeliat benda sejarah, cerita2 masa lalu, hewan sejarah, entah apalah itu, pokoknya intinya kita gak masuk aja ke museum ini. Tinggal browsing aja ntar di google atau youtube, pasti adalah. hahaha. Yang ada sekarang kita keliling di halaman luar museum aja...
Dan ketemu salju tebel kita malah maen lempar2an salju di depan gedungnya....*turis norak.
Sambil nunggu rombongan bis kita yang masuk ke dalam museum, kita duduk di lobby nya sambil jajan Tim Hortons again...Terus kita ngobrol sama driver bis kita yang ternyata adalah orang aseli Vietnam, yang di umur 13 tahun kabur dari negaranya dengan naek perahu kecil dan terombang ambing di lautan lalu diselamatkan oleh nelayan Indonesia yang membawanya ke Tanjung Pinang. Lalu dia ke Singapore dan entah bagaimana pemerintah Kanada akhirnya membawa dia ke Kanada dalam upaya kemanusiaan dan memeliharanya di panti asuhan. Sehingga bila ada waktu senggang, si driver ini akan touring pake motor gede dengan teman2nya untuk menggalang dana yang akan diberikan ke panti asuhannya. Wihhh, seru juga denger kisah hidupnya dia. Udah kayak di film2, ngebayangin anak umur 13 tahun terombang ambing di perahu kecil di tengah2 lautan. Mendengar dia cerita gak berasa tau2 udah sekitar 45 menit an dan rombongan kita udah keluar semua dari museum.
Dari museum itu kita lanjutin untuk makan siang di sebuah resto bernama House of Dragon.
 Pilihan makannya lumayan banyak juga nih...
Gila juga dari kemaren makanannya all you can eat terus....bisa2 pulang Jakarta banting timbangan ini sih!
Dan inilah yang berhasil kita ambil....banyak juga kan...Yah namanya all you can eat, suka khilaf gak mau rugi ambil makanannya. Makan disini harganya lebih murah daripada yang semalem, disini kena charga CAD 19 ( sekitar Rp. 200.000 ).
Mari makannn....rasa makanannya sih xoxo lah...lebih enak yang semalem.
Di depan resto ada patung beruangnya...
Dan di halaman parkir belakang ada mobil van begini nih....jarang2 liat kann, jadi foto dulu ah.
Perjalanan dilanjutkan dengan melewati kota Kingston....bagus juga kotanya rapi dan teratur.
Kita diajak melewati universitas apa gitu, gua lupa namanya...hahhaa. Tapi kece banget yaa lingkungannya.
Terus rombongan kita dibawa ke Kingston City Hall....
Ini juga bangunannya bagus yaa...
Di seberang City Hall tadi, ada Kingston Station. Tapi sepertinya udah gak aktif...
Pas disini juga malah turun hujan rintik2, kebetulan kita gak dikasih waktu lama2 ...cuma 10 menit doang foto2 disini.
Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan dan kembali berhenti untuk washroom time di sebuah tempat yang bernama The Big Apple. Kadang orang lokal sini bilang di washroom cewe itu adalah magic washroom dimana washroomnya itu gak pernah ada antrian, karena cewe2nya pada menghilang....pada shopping.
Disini adalah sebuah bakery, restaurant dan rest area gitu deh yang lengkap dengan minimarket dan toko souvenirnya.
Di The Big Apple ini yang terkenal adalah pie apelnya....
Nahh ini lah promo pie nya...
Kayak gitu deh pie applenya ( sebelah kiri ). Gua sih merasa kagak doyan, jadi gak tertarik mau beli. Pasti rasanya manis....aku gak suka manis, aku kan udah manis. Eyahh eyahh! *minta dilempar kerupuk
Selain pie, ada juga apple bread yang katanya lumayan terkenal. Nah gua beli roti ini aja, harganya CAD 4.95 ( sekitar Rp. 53.000 ). Rasanya sih xoxo lahh....roti rasa apel. Udah gitu aja...hihihi.
Disini ada beberapa Christmas decoration spot yang lucu2.....banci foto mah gak bisa melewatkan tempat ini dong yaa....lucu sihh!
Setelah itu kita lanjutkan perjalanan menuju Toronto sekitar 3 jam lagi. Lumayan juga sih pas pulang ini baru berasa jauh amat yaaa Ottawa Toronto. Kok perasaan gak sampe2. Dan ketika sampe di Toronto pun, kita masih mengantar peserta tour lain ke hotel masing2, dan grup kita yang ber 4 di drop paling terakhir di subway terdekat. Jadi kita masih harus gerek2 koper lagi naek subway dan turun subway pun masih harus jalan kaki 400 meter menuju ke rumah di tengah cuaca dingin. What a trip!
Jadi begitulah rangkaian trip dari Quebec, Montreal dan Ottawa yang berlangsung selama 3 hari full. Terlihat singkat dan cepet banget berlalu. Tapi sangat berkesan, terutama Quebec City yang kotanya cantik banget, Montreal pun gua terkagum2 sama Notre Dame Basilicanya serta Ottawa dengan Parliament Hill nya. Masing2 kota punya keistimewaan tersendiri. Dan rasanya gak cukup 3 hari ituhhh.....huhuhu....*pengen balik lagi. Tapi yang paling terutama sih gua merasa beruntung banget karena bisa mengunjungi tempat2 shooting drakor Goblin. Karena ketemunya gak disengaja, jadi berasanya ajaib aja, apalagi setelah nonton filmnya...Awwwwwww! Gua jatuh cinta sama tempat2 shooting filmnya itu. Dan sepertinya di musim apapun, tempat itu emang cantik dan indah. Untung juga udah sampe kesitu yaa....*ngomong berkali2. Thankgod!
Okay deh, abis ini Canada trip nya masih ada lohh.....kita masih mau ke Niagara Falls. Tungguin aja post berikutnya yaa! Babay Ciaobella!

1. Iyaaa, foto yang ngedeprok di salju di depan Parliament-nya itu memang keren banget kok! Notre Dame-nya juga menarik. Modelnya memang dasarnya model Eropa gitu ya, tapi ada feel modern-nya juga. Jadi keren!

Ah, jadi makin penasaran sama Kanada!! :D

2. Thank you ci yance buat cerita2nya. Selalu ditunggu tiap minggu. Gk nyangka dah jadi reader ci yance hmpr 6 tahun nih dan ternyata co worker suami pernah bareng kerja di tempat sama cici dl. ternyata dunia itu sempit y ci.. smoga sehat slalu sekeluarga.. keep blogging ya..

1. Wahh...6 tahun? Tengkyu juga dah jadi pembaca setia blog ini...hahaha. btw, jd penasaran siapa co worker yg dimaksud ituhh....*mikir keras...

3. Selalu nagih ci postingan jalan2nya :D seruuuu

Itu gerejanya bagus bangettt. cakeppp!

Wkwkwk tur guidenya dah bete banget ya kayaknya. LOL

1. Hahaaha...tur guide nya dah blacklist orang indo deh abis ini...
      Iya gereja nya kece banget, sayang banget gua ga sempet masuk nihh...

4. Thanks yah udah nulis ini. Saya senyum2 terus baca nya. Dan berharap smoga suatu hari bisa kesana. Hihihi

1. Makasih jg dah mampir kesini...hehehe. iyah semoga suatu hr bisa kesanajuga yaa