Saturday, March 2, 2019

JALAN JALAN KE NIAGARA FALLS CANADA

Just for your information, gua udah tamat dong nonton drama Korea Goblin....dan gua masih susah move on dari film itu. Apalagi begitu lihat adegan pas di tempat shootingnya yang di Kanada, lhaaa gua jadi baper abis. Teringat dong, gua pernah berdiri disitu, foto2 disitu, berada disitu....jadi bener2 menjiwai filmnya sepenuh hati. Pantesan aja si Alvin waktu itu heboh sendiri yaaa, ternyata begituu toh rasanya kalo udah nonton...hahaha. Untung juga yaa waktu gua ke Quebec itu dalam keadaan belom nonton Goblin, kalo udah nonton mah udah pasti gua yang lebih heboh dan lebayyy....*masih untung...wkwkwkwk! Gua bener2 suka sama filmnya, sama soundtrack lagunya yang melow mendayu2 dan cencunya tambah jatuh cinta sama lokasi shootingnya yang di Quebec City itu.
Pokoknya film Goblin dapet bintang 5 dari gua, recommended banget buat ditonton. Hmmmm, ini mau nulis review film atau cerita jalan2 yaa? Udah telat juga kali kalo mau ngereview film kak, itu kan film 2 taon lalu boomingnya. Iya maklum, mamie baru kena demamnya sekarang...*kudet. Ahh tapi gua yakin masih banyak diluar sana yang belom nonton film Goblin. Iya kann?! Ini aja gua lagi ngerayu si Papoy dan si Miko buat nonton Goblin juga...hahaha. Pokoknya gua mau racunin kaum cowok buat nonton drama2 korea yang bagus2, biar membuka wawasan! ( baca : biar lebih romantis jadi cowok tuhh! ....*kasih kode keras , if you know what I mean ).

Dan yang belom nonton film Goblin, gih cepetan nonton, ntar keburu ilang dari viu.com....hehehe, malah promosiin si viu.com. Dan buat yang belom baca cerita jalan2 gua ke tempat shootingnya film Goblin ini, harus banget baca postingannya loh. Silakan klik disini : Tempat shooting Goblin di Kanada

Okayy, sebelom jadi lebih dalam lagi bahas Goblin, mending kita lanjutin cerita jalan2nya aja yaa...
Jadi ceritanya, selama kita di Toronto, kita mah manut dan nurut aja sama guidenya, yaitu sepupunya si Alvin yang udah tinggal setahun di Toronto. Kita yakin aja dia udah hapal jalan dan tau tempat2 bagus yang bisa kita kunjungi selama disini. Kalo sampe gak hapal pun, jaman now yang udah canggih begini mah serba gampang lah, ada aplikasi2 yang bisa bantu cari jalan, transportasinya apa, caranya gimana...en the brai....en the brei.

Kita bakal sering2 naek subway dan bis disini, jadi kita udah disiapin kartu namanya Presto yang bisa ditop up kapan aja. Asiknya tuh, sekali tap kita akan dipotong CAD 3 ( baik naek subway ataupun bis ), dan bisa bolak balik gratis gak dipotong lagi dari saldo kita dalam kurun waktu 2 jam. Yang gak asiknya, per Januari 2019, udah gak ada subsidi buat student lagi. Biasa kartu subway ada diskonnya untuk langganan sebulan. Tapi per 2019, udah gak ada lagi. Yahhhh, bakal mahal deh nih biaya transportasi si Alvin....*mamie langsung ambil kalkulator. wkwkwk!

Cara top up nya gampang banget, karena kan si Alvin juga udah punya kartu atm, jadi tinggal debet rekening bank aja. Terus disini mah gak ada antrian buat top up macem di China...yah mungkin karena warga Toronto gak sebanyak warga China kali yee. Naek subway pun santai kayak di pantaiii...hihihii, gak ada desak2an, kagak pake berdiri di dalam subwaynya. Atau pas gua kesana itu karena pas holiday season yaa? Mungkin warga Toronto nya sendiri sedang pergi liburan, jadi gak keliatan di stasiun dan di dalam subway? Entah lah...mungkin aja gua perginya bukan pas jam orang pergi pulang kantor, bukan jam anak2 sekolah atau kuliah, jadi sepi2 aja keliatannya.Yang jelas, gua berasa nyaman aja gak antri dan uyek2an kayak di mrt Singapore atau di Shanghai. Petunjuk rute subwaynya pun jelas. Sekali jalan dan dikasih tau, kita langsung ngerti. Yuk deh kita cusss....

Oh iya, dari campus tour yang di postingan pertama itu, baca disini yaa: Toronto : The Beginning Chapter, kita mampir ke Scarborough Town Centre ( STC ) yang deket dari kampus si Alvin, buat makan siang. Kita makan di foodcourt nya yang pilihannya banyak juga. Si Alvin pilih nasi yang bisa pilih2 lauknya berapa macam di resto Manchu Wok. Ada paket nasi dengan pilihan 1 macam lauk, 2 macam lauk, dan 3 macam lauk. Si Alvin beli yang 3 macam lauk, dan begitu dikasih ternyata porsinya aujubilah banyak banget yee, bisa buat makan berdua ini sih. Jadi gua bisa hemat, gak usah beli lagi. Segini harganya CAD 15,79 plus minum.
Gilingan.....Rp. 170.000 ajeeee! Mamie langsung gak napsu makan....wkwkwkwk! Untung aja yaa itu bisa buat makan berdua, kalo kagak mahh bisa puasa 7 hari 7 malam ini sihh! *mamie keluar pelitnya! Bukan apa2, ini tuh hari pertama jalan2 di Toronto, masih panjangg perjalanan kitahhh! Bisa kagak cukup nihh kalo tiap hari makan beginian mah....*itung dolar Kanada di dompet berulang2....hihihihi. Untungnya lagi, rasa makanannya enak pake banget! Bikin nagih...besok2 nya kita mampir makan ini lagi. Sementara disini mah say babay dulu sama stok Indomie yang kita bawa dari Jakarta....wkwkwk! Hedon aja dulu....
Kalo kita makan nasi, sepupunya si Papoy beli makanan khas sini yaitu putin alias kentang goreng yang dikasih saus. Enak juga rasanya....tapi bagi gua yah mending kentang goreng yang original, lebih enak.
Nah, setelah isi perut, baru deh kita lanjutin perjalanan lagi. Dari stasiun Scarborough ini kita mau menuju ke downtown dan naek keretanya bukan yang dibawah tanah, jadi bisa liat pemandangan di luar.
Tempat pertama yang mau kita kunjungi adalah Casa Loma. Kalo gak salah ingat, kita turun di stasiun Dupont. Soalnya gua sempet fotoin. Di stasiun2 subway di Toronto sini mah kaga ada bangku2 untuk nunggu, karena keretanya cepet dateng. Ini aja paling ada bangku kecilnya...
Dari stasiun Dupont, kita berjalan kaki menuju Casa Loma mungkin sekitar 300 meter, dan begitu menyebrang jalan, kita mengambil jalan pintas melalui anak tangga yang lumayan tinggi menuju ke atas.
Dan setelah sampai di ujung atas tangga, berbalik badan, kita akan menemukan view ke arah kota Toronto dan keliatan juga CN Tower dari kejauhan. Dan jalan di bawah situ adalah jalan yang tadi kita lewatin menuju ke atas sini.
 Karena kita lewatin jalan pintas, keliatan deh view Casa Loma nya dari balik pagar belakang...
 Cantik ya, seperti castle dalam cerita dongeng dimana tuan puteri kerajaan tinggal.....
 Inilah bagian depan dari arah gerbang masuk si Casa Loma.
 Jadi Casa Loma itu adalah mansion dan taman bergaya gothic revival yang ada di tengah kota Toronto dan sekarang menjadi museum dan landmark rumah bersejarah.
 Casa Loma dibangun pada tahun 1911 - 1914 sebagai tempat tinggal bagi pemodal Sir Henry Pellat yang menggandeng arsitek E.J Lennox untuk membangun gedung ini, dia adalah orang yang juga  merancang bangunan landmark kota lainnya.
Kita cuma foto2 di luarnya aja karena ternyata pas malam Natal ini museum nya tutup lebih cepat dari hari biasa. Iya, kita jalan2nya ini pas tanggal 24 Desember 2018, pas menjelang malam Natal. Sebelumnya juga udah diinfo sih sama sepupunya si Alvin, kalo hari ini semua mall, restorant dan perkantoran tutup setengah hari. Yahh sayang banget yaa....gak sempet masuk ke dalamnya yang kalo kita googling sih dalamnya bagus juga. Memang timingnya kurang tepat nihh....
Tadi pertama2 sampe disini cuacanya gloomy gitu, eh lama2 nongol juga mataharinya dan bikin langitnya jadi biru banget. Tapi teuteup sih cuacanya dingin banget...Ini view di depan Casa Loma yang sepertinya perumahan gitu yaa...Rapi dan asri banget...

Pas berjalan balik ke stasiun subway, kita melewati Toronto Archives yang bangunannya eye catching berwarna merah bata.
 Dan inilah daun maple pertama yang gua liat.....*terharu. Lebayyy yaa....wkwkwk.
 Dari situ, kita lanjut menuju ke Downtown dan naek streetcar. Kayak gini lah modelnya...
Oh iya, sepanjang naek subway dan streetcar ini, kita jarang ketemu bule ya. Memang Toronto ini terkenal sebagai kota dengan multiras banget, kebanyakan ketemunya orang India, orang hitam entah Africa atau orang Perancis, orang China, orang Philipina...dan kita merasa nyaman aja jadi bagian dari mereka. Jalan2 juga aman2 aja, gak ada orang yang macem preman, pengemis...gua belom ketemu sih...
Kita melewati Chinatown sepanjang jalan Dundas street dan Spadina Avenue street, view nya kayak gini :
Kita mampir ke Chinatown besok malamnya untuk beli oleh2 dan souvenir yang harganya lebih miring dibanding di mall atau di tempat wisata.
 Dan dari kejauhan keliatan CN Tower yang merupakan icon kota Toronto...
Turun dari stasiun, kita melewati gedung apa gitu, mampir dulu foto di pohon Natal... gantungan hiasan natalnya serba blink2...kece dah!
Dan kita juga melewati old station yang interior langit2nya juga cakep banget kalo difoto...
Kalo gak salah ini jalan menuju ke gedung Rogers Centre gitu deh....agak lupa juga. Bawahnya itu tembus ke subway.

Keluar2 dari stasiun, tau2 udah gelap. Dan kita udah berdiri dibawah CN Tower aja nihh....Lampunya udah nyala bergonta ganti warna...

Di seberang CN Tower, adalah Rogers Centre yang awalnya bernama Sky Dome, merupakan stadion serba guna. Dibuka pada tahun 1989 di bekas Railway Lands dan rumah bagi Toronto Blue Jays dari Major League Baseball.
Di depan Rogers Centre ada icon Canada dari lampu yang juga bisa bergonta ganti warna...Gimana cara bisa foto disini tanpa mukanya gelap yaa? Ilmunya si Alvin gak nyampe, jadi gua gak foto disini deh...hihihihi.

Dan di sebelah CN Tower ini terletak Ripley's Aquarium of Canada. Kita gak masuk kesini, cuma lewatin aja.
Abaikan foto yang sedikit blur akibat tangan fotografernya beku kedinginan...yang penting udah foto sama icon nya Toronto : CN Tower.
Berhubung ini malam Natal dan katanya restoran pada tutup semua, kita berkeliling mencari resto yang buka di daerah Korea Town ( kalo gak salah ), jadi malam ini kita makan korean food di Huh Ga Ne Resto...Rombongan kita lagi merangsek masuk ke dalam resto nih, udah dingin banget hawanya malam ini.
Disini kita harus waiting list sebentar, karena rame banget pengunjungnya. Yah mungkin efek resto2 yang lain pada tutup, jadi pada nyerbu kesini.
Ini menu side dish nya...bisa refill, terutama daun seladanya yang segar dan juga kimchi tentunya.
Yang kuah rebus2 ini juga rasanya lumayan enak....
Tapi favorit semuanya adalah daging panggang berlemak ini....maknyuss di mulut. Lupakan diet, lupakan lemak yang bakal nyangkut di perut.
Kita makan ber 4 habis sekitar CAD 78 atau sekitar Rp. 840.000, gak mahal juga lah yaa untuk harga makan berlima orang.
Tanggal 25 Desember 2018 adalah hari Natal dan kita mau ke gereja nih ceritanya. Gerejanya terletak di dalam komplek perumahan gitu. Jadi turun dari bis, kita lewatin rumah2 orang Kanada nih.
Yahh kayak gini lah komplek perumahannya...tenang gak banyak mobil lalu lalang.
Kita udah sampe nih di gereja nya...
Kita itu ke Gereja UKI ( Umat Katolik Indonesia ) yang bertempat di gereja St.Anselm.
Foto dulu di pintu  masuk gereja.
Kita datang lebih awal karena sepupunya si Alvin kebetulan ikut koor untuk misa Natal hari ini. Makanya suasana gerejanya masih sepi nih pas kita sampe.
Peserta koor latihan dulu sebelum misa dimulai.
Buku acara misa Minggu Natal.
Cuma mamie funky tour aja yang bisa begini, jalan2 ke Kanada sempet2nya ikut misa Natal. Asik kann. Lebih asik lagi, disini memang komunitas orang2 Indonesia, jadi setelah misa selesai, ternyata ada acara ramah tamah dan makan2nya di ruang aula gereja di basement. So kita pun ikutan juga beramah tamah dan makan yang menunya adalah nasi kuning komplit dengan lauk pauknya seperti perkedel kentang, tempe orek, kerupuk, sambel dll. Enakkk banget deh pokoknya.
Kita juga sempet berkenalan dengan beberapa orang disana, ada pengurus gereja, ada mahasiswa, ada orangtua peserta koor, macem2 deh. Semuanya pada welcome gitu, senang banget rasanya. Kita kagak berasa ada di Kanada jadinya, kayak ada di gereja Jakarta aja, saking semuanya orang2 Indonesia. Malahan Konjen Indonesia pun hadir di acara misa tadi dan memberikan kata2 sambutan dan pengarahan bagi warga Indonesia yang hadir di misa ini. Seruuu! Bener2 pengalaman baru....
Setelah kenyang dan selesai beramah tamah, dari gereja kita pergi lagi ke downtown untuk mampir ke Nathan Phillip Square. Abaikan foto yang blur ya, yang penting judulnya udah pernah ke Nathan Phillip Square Toronto...hahaha
Tadinya rame banget yang pada maen ice skating disini, tapi gak lama datang mesin pembersih, jadi lapangannya dikosongin dulu sebentar. Abis itu turun hujan, kita sih langsung bubar cari tempat berteduh.
Nahh di sebelah Nathan Phillip Square itu, menyebrang jalan sampe lah kita di Old City Hall.
Old City Hall merupakan gedung sipil dan gedung pengadilan bergaya Romawi tempat para Dewan Kota. Memang gedungnya seperti yang ada di komik Asterix gitu yaa....
Terus kita sempet masuk ke mall Eaton Centre, tapi yah karena pas Natal, semua tokonya tutup. Kesini mau cari toilet pun tutup. Tapi herannya, kenapa pintunya dibuka sehingga pengunjung bisa masuk ya?
Masih penasaran sama CN Tower karena dari kemarin gua merasa belum dapet fotonya yang proper, jadilah lewatin jalan lain yang bisa mengcapture CN Tower dan Rogers Centre dalam satu frame.
CN Tower ( Canadian National Tower ) ini adalah menara ke 3 tertinggi di dunia setelah Menara Kanton dan Tokyo Sky tower. Tingginya adalah 553.33 meter, yang dibangun tahun 1973. Mempunyai restoran yang bisa berputar dan lantai kaca dengan pemandangan indah. Biaya masuknya CAD 39 atau sekitar Rp. 423.000 per orang...hiyahhh gua langsung skip gak mau naek. hahaha. Mamie anti kalo yang berbayar mahal2. Menara ini juga dikunjungi oleh lebih dari dua juta orang per tahunnya. ck ck ck...Pantes aja jadi icon kota Toronto ya. Menara ini punya fasilitas yang sangat modern dan canggih. Memiliki 6 lift dengan kecepatan tinggi dan bermaterial kaca yang sangat kokoh. Lift nya dapat mencapai puncak menara dalam waktu 58 detik saja dengan kecepatan 22km/jam.
Di lantai paling atas ada restoran yang bernama 360 yang memberikan pemandangan 360 derajat kota Toronto secara penuh karena restoran ini benar2 berputar selama 72 menit.
Lalu ada atraksi yang memacu adrenalin yaitu Edge Walk, uji nyali berjalan di ketinggian tower. Buat para petualangan sejati sih udah pasti mau coba nih.
Biasanya pada bulan Oktober, organisasi United Way mensponsori acara "Naik Tangga untuk Amal", banyak orang yang berpartisipasi dalam acara ini, dimana mereka harus menaiki sekitar 1776 anak tangga. Acara ini sudah menjadi agenda tahunan.
Terdapat Skypod Lookout Level yang bisa memandang seluruh kota Toronto dari sisi pemandangan terbaik, bahkan air terjun Niagara pun dapat terlihat. Bahkan dapat dilihat dari jarak 29 mil tanpa teropong. Ck ck ck...tinggi banget yaa kann towernya. Awalnya tower ini digunakan untuk komunikasi dan observasi, namun kini digunakan sebagai pusat hiburan karena tower ini sudah menjadi landmark terbesar di Toronto. Sejarah pernah  mencatat di tahun 1995, CN Tower menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Nahh, makanya harus foto yang proper di sini. Sayang, gua gak bawa fotografer pribadi nih, jadi hasilnya yahh teuteup alakadarnya. Haisss!
Setelah 3 hari kita ikut Canada East tour ke 3 kota : Quebec, Montreal dan Ottawa, silakan baca disini buat yang belom baca : Montreal dan Ottawa Trip, besok paginya tanggal 29 Desember 2018 kita mau pergi ke Niagara Falls. Sebelumnya kita udah booking online Megabus yaitu bis yang akan ke Niagara. Nahh sekarang kita mau ke terminal bis di daerah downtown. Ini kita turun dari subway dan tau2 udah tiba di Yonge Dundas Square.
Masih pagi sekitar jam 8 an, suasananya masih sepi sekali.
Udaranya dingin banget pagi ini......makanya mungkin orang2 males berkeliaran di jalan raya. Mending bobo aja sihh masih pagi begini mah...
Untung aja di deket terminal bis ada outlet Tim Hortons, mampir dulu dehh kitahh! Udah anteng deh megang hot vanila chocolate nya Tim Hortons....sluurrppp! Endeuss!
Dan beginilah pintu masuk terminal bis nya....
Di dalamnya berjejer counter penjualan tiket bis dari berbagai armada bis.....Kalo gak salah tiket bis kita CAD 95 berdua PP , sekitar Rp. 1 jutaan untuk berdua. Hmmm....lumayan lah yaa harganya.
Gak gede2 banget sih terminalnya....dan pagi ini juga gak terlihat penumpukan penumpang.
Nahh beginilah tim penunggu yang mau ke Niagara Falls.
Beginilah penampakan Megabus yang akan membawa kita ke Niagara City. Setiap bis nya full sekali jalan. Kita aja duduk terpencar karena sepertinya tiketnya tidak ada nomor seatnya. Lama perjalanan sekitar 2 - 2,5 jam dari Toronto ke Niagara City.
Sampai lah kita di terminal bis Niagara
Jadi semua yang naik bis dari kota, akan diturunkan disini. Dari sini masih ada bis lagi yang akan membawa kita ke lokasi air terjunnya. Kalo tidak salah harus bayar CAD 8 per orang atau sekitar Rp. 86.000. Itupun ada jam jam keberangkatan bis nya. Kita tidak mau menunggu karena bis berikutnya masih sekitar satu atau dua jam lagi. Kita menyetop taxi yang lewat disitu aja dan untungnya kita ber 5 muat tuhh karena mobilnya minivan gitu....hahaha, cilaka deh kalo harus pake 2 taxi, karena kita belum tau biayanya berapa. Pokoknya naek aja dulu....gimana nanti....

Akhirnya kita sampe di tempat drop penumpang. Biaya taxinya CAD 14 ( menurut argometernya ), kita kasih tips CAD 3, jadi bayar taxi CAD 17 ( sekitar Rp. 184.000 ) aja. Wahhh malah hemat yaa! Supir taxinya pun baik hati, dia bilang kalau mau dijemput untuk pulangnya nanti, bisa kontek dia aja. Oke lahhh!
Dannn.....gua sama si Alvin agak bengong nih....karena dalam pikiran kita kalo ke air terjun itu kan macem di Indo harus masuk2 ke hutan, naek2 ke bukit atau semacem itu lah yaa. Lhaaa, ini mah udah kayak kota tersendiri. Liat aja tuh gedung2 hotel berjejer di seberang sana. Mewah dan megah....*norak banget deh ahh. Biasa maennya ke air terjun Cibodas sihhh....wkwkwkwk.
Nahhh, dari tempat drop taxi tadi tinggal jalan sedikit, ketemu deh sama air terjun nya yang besarrr ituhh....
Mandatory photo in front of Niagara Falls.....
Untung aja, walaupun cuaca dingin banget, tapi airnya belum membeku. Kalo gak salah, setelah kita pulang Jakarta, sekitar bulan Januari kan terjadi penurunan suhu yang extreme di US dan Canada, sehingga sebagian air nya membeku. https://travel.detik.com/international-destination/d-4397971/saat-air-terjun-niagara-membeku
Terdapat pohon kering di tepi pagar, coba bagusan yang mana fotonya? yang ada pohonnya, atau yang gak ada?
Sebelum gua mau ke Kanada, khususnya ke Toronto, gua kagak tau sama sekali bahwa Niagara Falls ini terletak dekat dengan Toronto, cuma sekitar 1.5 - 2 jam berkendara. Kirain mah di kota mana atau bahkan di Amerika sana doang adanya....*maklum mamie kurang banyak membaca. Makanya gua excited banget begitu dikasih tau si Papoy, kalo nanti nganter si Alvin ke Toronto, sekalian aja ke Niagara Falls...wahhhh senang banget donngggg, makanya harus foto yang banyak disini....hihihi
Mikir gak abis2...betapa beruntungnya gua bisa sampe disini....I'm blessed beyond measure
Aseli di sini udaranya dingin banget, ditambah lagi anginnya pun cukup kencang. Setelah ngambil foto beberapa saat, kita pun masuk ke dalam gedung untuk makan siang....

Disini ada foodcourt dan ada restorant juga. Kita pilih makan di Element Restorant yang mempunyai view langsung ke air terjunnya. YOLO kann.....sekali2 cobain makan keren disini. Ehh panjang juga nih waiting listnya.
Tapi untungnya gak lama kok nunggunya, sekitar 10 menit kita udah duduk manis di meja kita. Sayangnya kita gak dapet meja yang persis di samping jendela yang bisa langsung liat pemandangan air terjun. Tapi segini aja udah bersyukur deh, kita gak nunggu lama. Walaupun kita juga gak bisa foto2 dengan background jendela yang diluarnya view ke air terjun, karena backlight, mukanya gelap semua....yahh udah, kita nikmatin aja deh view nya sambil makan.
Beginilah menunya....
Si Alvin pesen steak...rasanya enak2 aja...
Gua pesen Caesar salad....total makan disini ber 2 CAD 60 , sekitar Rp. 650.000. Bayarnya merem aja lah....hahaha...
Awalnya cuacanya gloomy, sempet hujan salju juga. Jadi foto air terjunnya juga gak begitu bagus.
Nahhh akhirnya bisa dapet view air terjun di 2 negara, yang kiri adalah niagara falls sisi Amerika dan yang kanan adalah niagara falls sisi Kanada. Dan katanya kalo liat Niagara Falls memang lebih bagus dari sisi Kanada, karena tampak jatuh air terjunnya terpampang nyata dari sisi depan. Kalo liatnya dari Amerika, jatuh air terjunya itu cuma tampak sampingnya doang. Begitu gaess katanya mah....saya kan belom pernah liat yang dari US sono....nanti someday yaaa saya buktikan dan saya posting lagi perbedaannya.
Huahhh, one of my dreams come true......*terharu biru. Tuhan kok baek amat yaa, kasih kesempatan gua nyampe kemari....
Inilah Niagara Falls sisi Amerika....
Di sana adalah New York (yah bukan kotanya sihh), pokoknya America lahhh....ahhhhh sedikit lagiiiii akuh sampe US nih....
Close up mode on..l
Arrghhhh....kenapa visa US susah banget yaaa. Semoga tahun2 mendatang gua bisa sampe ke sana dehh.....*doa yang kenceng dari sekarang. Eh nabung juga yang kenceng dong....biar kesampean cita2 kuh....Aminnn. Ituhh tinggal nyebrang doang lewatin jembatan ituhh, sampe deh di US.... Ihiy!
Eh menjelang sore kita mau pulang, mataharinya baru muncul dan bikin view yang cakep banget nih....Padahal gua pengen nunggu agak gelap, supaya bisa dapetin view Niagara Falls dengan lampu2 warna warni yang nyala saat malam hari. Cuma sayang, karena jadwal bis kita balik ke Toronto itu jam 5, jadi kita harus uber waktu balik ke transit terminal. Ahh sayang banget, memang udah kode nih disuruh balik lagi someday....bareng si Ferguso dehhh yaa! *kasih kode keras.
Ternyata di sini bisa macet juga loh....antrian kendaraan yang berkunjung ke sini panjang juga nih..
Gua gak nyangka disini ada casino segala.....jadi kalo kesini mah gak cukup sehari dong ya ...harus nginep disini, baru puas kelilingnya.
Ada towernya juga.....Pokoknya Niagara city ini luas banget deh, ada taman hiburannya juga. Kita mah cuma fokus ke air terjun aja sih, jadi gak explore kemana2 lagi.
Kita sempet mampir ke toko souvenir nya, gua malah beli icewine chocolate, sampe sekarang belum sempet dimakan, jadi gak tau gimana rasanya....hahaha. Harganya CAD 6.98. Oh iya, kalo shopping di Canada tuh, harga yang terpampang itu belom include tax 13 % ya, jadi taxnya itu namanya HST. Jadi harus tambahin lagi sama tax nya, baru deh hitung konversiin ke rupiah. Tambah mehong dehh kalo belanja oleh2...
Baliknya kita pake grab taxi untuk ke transit terminal bis. Ongkosnya juga sama seperti tadi perginya, CAD 17. Jadi bagi yang mau ke Niagara Falls, mending naek taxi aja dari transit terminal bis itu, lebih hemat dan lebih cepat sampe.
Pulangnya kita turun di terminal bis yang sama saat tadi pagi kita pergi yaitu di daerah downtown. Dari situ kita janjian buat makan malam bersama seluruh housemates si Alvin buat farewell karena besok gua udah balik ke Jakarta. Kita makan all you can eat buffet di resto Korea ( again ). Namanya Jangwon Korean Cuisine. Rame juga disini.
Nahh tuhh, kita udah ngumpul disini...dah siap buat makan.
Disini kita makan daging yang panggang2 plus dapet sidedish kimchi dan sayuran.
Dagingnya bisa diorder berkali kali...nyammm!
Pokoknya enak juga lahh....total habis CAD 270 sekitar Rp. 2.8 juta. Glekk! Mamam dehh yaa puas2...abis itu balik Jakarta langsung puasa Senin Kamis...wkwkwk!

Hari ini hari kepulangan gua ke Jakarta, jadwal pesawatnya malam sih. Dan paginya gua masih sempet ke mall buat shopping2. Agak nyesel juga karena pas lagi Black Friday Big Sale Canada, kita tuh pas lagi tur ke Quebec itu, jadi gak bisa ngerasain shopping dimana harga2nya murah2 semua. Tapi kata housemates si Alvin, antriannya gila juga. Berjam jam buat dapetin barang2 bermerk dengan harga miring. Yahh mending gak deh...makasih! hahaha.  Oh iya, hari terakhir mau balik Jakarta, salju turun dengan deras. Tebel juga nihh pagi ini....dingin nya sihh yahh dingin banget lah. Brrrrrr....Oh iya, dari kemarin kita disini, karena semua orang pada pake jaket winter, si Alvin perhatiin orang2 tuh pada pake jaket yang di lengan atasnya ada lambang lingkaran bordiran tepinya warna merah dan tengahnya putih entah gambar apa. Terus dia bilang : Mie, itu orang2 pada pake jaketnya keren2 banget yaa. Memang sih keren, ada bulu2nya di topinya. Pas kita cek, taunya itu adalah jaket merk Canada Goose yang harganya mau tau gak berapa duit? CAD 1000 ke atas coy! Rp. 10 jutaan buat sebuah jaket winter! Mamie langsung pingsan kalo si Alvin minta dibeliin sih...Aseli, biarpun kita kedinginan, mending pasrah pake jaket yang kita bawa dari Indo aja lah. Itu si Canada Goose nunggu ada Black Friday lagi aja pun mungkin masih CAD 500 an kalo diskon 50%. Arggghhh, geela sihh! Mehong amattt yaa...Emang sih pernah diulas sama New York Post : The $1000 parka that quietly took over Hollywood fashion. Ck ck ck....gua mah made in Cibaduyut aja lah...Eh tapi jaket gua ini merk St. Oliver juga tahan banget, beli dari tahun 2011 waktu ke Harbin dan suhu minus 39-40, masih bisa tahan. Harganya gak mahal banget kayak si Canada Goose entuh. Mantul kann....mantap betul!

Kita ke mall yang kemaren lagi, yaitu STC dan yang deket rumah yaitu Fair View Mall. Oh iya, sempet anterin si Alvin belanja sabun, shampoo, odol dll gitu. Yaolohhh, ternyata beli begituan aja mahal2 banget yaa harganya. Yah memang sih botolnya ukuran gede2, harusnya bisa awet untuk 2-3 bulan, tapi teuteup aja kaget bayarnya. Contoh sabun Biore scrub harganya CAD 11.99 belom include HST 13%. Odol harganya CAD 6.99 belom HST. Yah begitu deh, semoga aja si Alvin awet2 pakenya....kan sekarang lagi musim dingin, pasti dia males mandi. Awet kannn sabun nya...*mamie gemblung.
Dan beginilah hasil hunting oleh2 dan hasil belanja hari ini. Coklat2 dan permen itu belanjanya di Dollarama, yang semua serba CAD 2 atau CAD 1, demen banget kan jadinya, maen comot2 aja masukin keranjang. Entahlah gimana packingnya, padahal pas sampe rumah cuma punya waktu 2 jam sebelum jalan ke airport....hahaha. Eh iya, jangan lupa, harga CAD 2 itu belom termasuk HST 13% yaa....
Akhirnya setelah berhasil packing dengan kilat, gua udah harus ke airport. Nahh balik ke Jakartanya bareng nih sama istrinya sepupu si Papoy itu. Jadi kita berdua doang, suaminya udah pulang duluan tadi pagi karena beda pesawat. Kita dianter oleh anak masing2, jadi ber 4 orang yang ke airport nih. Pesenlah taxi grab, lhaa yang dateng mobilnya sedan dong. Pegimana cara bawa bagasi yang segede2 gaban cobaaaa! Akhirnya gua kayak dejavu waktu pertama nyampe disini, naek taxi sambil mangku koper. Gilaa kannn yaa! hahaha....
Saat drop bagasi pun terjadi sedikit drama, dimana koper isitrinya sepupu si Papoy itu salah satu koper nya ada yang kelebihan berat dari batas yang ditentukan 23kg, jadi harus diatur ulang dipindahin ke tas tentengnya. Untunglah pas ditimbang ulang akhirnya lolos juga. Kalo gua sih aman, karena gak banyak beli oleh2. hehehe
Jadi kita tuh bakal naek pesawat Eva Air, nyampe di Pearson International Airport, masih belum buka konternya, jadi nunggu sebentar setelah Air Canada close, karena ternyata mereka memakai konter yang sama.
Jadi mamie itu berat....gak akan kuat. Suruh Dilan aja....#eh. Jadi akhirnya tiba juga saat kita berpisah, Maria dan Fernando akan berpisah. It's time to say goodbye....but goodbye means : see you again. Tiba-tiba jadi melow, cedihh rasanya. Apalagi liat ada orang sebelah kita tuh udah nangis2 saat mau berpisah. Gila...gila....mamie harus mengeluarkan jurus menaklukkan bulan dengan tenaga matahari.....*mulai ngaco, pokoknya mamie harus tahan, harus strong, gak boleh cengeng dan mewek2 depan si Alvin. Kan kasian ntar dia pasti ikutan nangis, padahal dia disini pasti hidup senang. Mamie aja betah loh sebenernya, kagak pengen balik ke Jakarta yang krodit dan macet. Tapi gimana dongg....masih ada Ferguso dan Eduardo yang menunggu kepulangan Maria. Maria harus hidup di dua alam....*kodok keleus! Arghhh, pokoknya mamie mulai error deh, menahan perasaan yang campur aduk saat mau balik ke Jakarta. Mata udah mulai berkaca-kaca, dalam hati baca mantra : tahannn...tahannnn...jangan sampe air mata meluncur keluar. Babayyy my big fat Panda....see you again. Mamie janji pulang nanti bakal sering ubek2 website pencari tiket murah....hahaha. Tapi kagak ada yang murah nihhh, pegimana dong. Ada yang murah, tapi ke negara lain....*jitak2 kepala. Tunggu aja dahh yaa, I'll be back soon!
Sesudah berdadah dadah ria dengan anak masing2, kita masuk tuh ke security check dengan menunjukkan boarding pass. Setelah itu udah selesai langsung masuk ruang tunggu. Gua sampe bingung. Kok gak ada pemeriksaan imigrasi? Kok gak ada cap pasport ? Kok gak lewatin autogate juga? Aneh juga...dilepas begitu aja. Mungkin kasarnya : sono balik gih ke negara lo. hihihii
Ah udah gak usah dipikirin deh, begitu lewatin security check kita udah ketemu toko2 dan duty free. Otomatis langsung melipir dan masih usaha cari2 barang buat abisin Canada dollarnya....*sombong banget! Padahal cuma sisa paling CAD 50 doang....Yah untung ada juga yang murah dan belom sempet kebeli kemaren, yaitu icewine! Icewine yang katanya adalah oleh2 khas Canada. Sampe hari ini gua posting di blog, gua belom cobain tuh rasanya kayak apa. Yang penting beli dulu aja deh! hahaha
Terus yang juga jadi oleh2 khas Canada adalah maple syrup....
Gua beli aja sebotol yang paling kecil, segitu pun harganya lumayan mehong yaaa..sekitar Rp. 100.000 an deh ditambah HST mah. Sampe hari ini bingung mau makan maple syrup pake apa. Gua gak terlalu suka pancake...Jadi masih utuh tuh maple syrupnya.
Untung gua masih waras, jadi gak kepengen beli tumbler2 lucu ini.
Abis beli beli, mending duduk manis aja deh di ruang tunggu. Disini ada ruang tunggu yang model open lounge gitu, tersedia ipad di setiap meja. Entah gimana itu bayarnya dan penggunaannya...gua mah lewatin doang.
Model cafenya pun terbuka begitu...bisa nunggu boarding sambil ngupi2 dan makan cantik.
Kita boarding di gate E79, yang paling ujung mentok.
Lumayan panjang juga nihh ruang tunggunya
Dan bahagia itu ketika ketemu Tim Hortons untuk terakhir kali sebelum cabut dari negeri Kanada....hot vannila chocolatenya emang juwara! Maknyuss!
Kita tuh boarding jam 00 : 00 ....suatu kebetulan bukan?
Welcome aboard .....
Nah seat di dalam Eva Air itu formasi 3 3 3 per row. Jadi kayak SQ gitu lah. Kabinnya juga lega. Cuma LCD nya aja yang masih model lama, gak secanggih si SQ. Tapi oke juga lah buat long flight. Berasa nyaman .
Dapet sandal juga.....jarang2 ada yaa? Lhaa gua juga jarang2 amat terbang yang sampe 12 jam an gini.
Dapet makannya 2 kali....yah lumayan lahh rasanya.
Kenyang juga lama2 disuguhin makan lagi...minum juga...Untung aja kita duduk paling belakang dekat dengan toilet, jadi bisa bolak balik ke toilet dengan leluasa.
Toiletnya juga ada tersedia peralatan toiletris. Ada sikat gigi, odol, handbody, sabun...lengkap banget ya. Perasaan gua baru nemu model beginian cuma di Eva Air. Di pesawat lain kayaknya standard cuma sabun cuci tangan doang....Iya gak sih? *gak perhatiin juga sih...
Kadang2 ngecek layar LCD, kita udah sampe mana....nemu nama kota yang aneh2, kita tuh rutenya lewatin apa sihh yaa....dan ini sebenernya kita udah lewatin malam tahun baru di atas pesawat. Dan seperti yang udah gua bayangkan, kagak ada yang notice, kagak terjadi apa2. Semua rata2 pada tidur pulas. Udah sunyi senyap aja pergantian tahunnya, dari 2018 berganti 2019. Happy New Year ! *ucapin buat diri sendiri. Dan tiba2 entah darimana air mata udah basah di pipi. Gua jadi inget si Alvin...hu hu hu, di pesawat baru deh pertahanan jebol. Jadi sinting, nangis sendiri gak ada sebab. hahaha....Maklum deh, mamie mah pencitraan, tampang doang preman, hati masih Rinto!
En tadaa! Akhirnya sampe deh di kota transit Eva Air : Taiwan. Lumayan lama juga sekitar 3 jam an atau 5 jam yaa transitnya. Udah agak lupa...
Dari Taiwan lanjut lagi ke Jakarta, dapet makan lagi di pesawat. Yahh mirip2 lah menunya.
Akhirnyaaa, setelah 7 jam terbang, sampe juga di Jakarta. Thankgod! Praise The Lord. Kita landing dengan selamat. Penerbangan juga mulus gak ada turbulen segala. Dan gua bersyukur banget, tahun 2018 ditutup dengan the ultimate holiday ever so far. Padahal waktu mulai awal 2018 kayaknya bakal berat jalanin hari2, bakal banyak aral melintang, banyak masalah, udah hopeless gak bakal jalan2 ke tempat yang oke. Ehh, ternyata dikasih kesempatan jalan2 ke Kanada....bener2 anugrah. What a beautiful life...

Oh iya, ada update an sedikit, sepeninggal kita balik ke Jakarta, suhu di Toronto sempet extreme turun sampe minus 21 derajat Celcius, ada beberapa kali badai salju. Kampus si Alvin sempet diliburin, jadi gak kuliah deh. Disuruh belajar di rumah. Si Alvin juga udah bisa masak, karena belum terlalu sibuk, dia jadi punya waktu buat coba2 resep. Keliatannya sih enak2 ya dari kiriman fotonya. Kayaknya tambah gendut aja tuh anak makan terus. Cuaca dingin kan bikin laper yaa. Terus lumayan juga nilai2 quiz si Alvin rata2 dapet nilai A. Good job deh! Yah mudah2an aja doa mamak pagi siang malam ini akan dikabulkan, akan indah pada waktunya. Semoga aja si Alvin sukses hidup di negara orang. Aminnnn!

Dengan demikian, tamat dehhh cerita Canada Trip nya. Yahhhh.......masa sihh udah tamat? Yahh eyah lahhh, udah abis bahannya, udah dikeluarin semua tuhh, makanya agak panjang yaa postingannya. Sampe ketemu lagi di cerita jalan2 lainnya. Babayyy Ciaobella!

1. keren bangett ce..semoga bisa menjelajah tempat2 yang lain lagi yaa :)

2. aku pun susah move on dari goblin hahahaha... fotonya cakep2 amat ci, dan korean foodnya bikin ngiler... endingnya mellow ya... semoga nanti ada rejeki ya ci buat nengokin anak di negeri orang...

1. si Goblin bikin baper mel...iya tengkyu semoga aja banyak tiket promo kesana nih

3. Huaa jadi inget pas dulu pertama kali pisah dari orangtua! Dulu kejadiannya sempat 2x sih sebenarnya, waktu kuliah S1, trus S2 pisah lagi, hahaha :P . Mudah-mudahan segera ada tiket promo jadi bisa nengokin Alvin yaa, sekalian jalan-jalan lagi, hahaha :D .

Ah, iya aku baca-baca juga gitu!! Kalau Niagara memang bagusan dari yang sisi Kanadanya daripada Amerikanya. Yang sisi Amerikanya itu memang negara bagiannya New York, tapi naik pesawat dari kota terdekatnya (Buffalo) juga masih sejaman sih dari kota New York-nya, hahaha :P . Air terjunnya memang kece banget ya! Kudu banget deh kesana, tapi mesti ada visa Kanada jadi bisa dapat view yang oke!!

Hahaha, iyaa. Kalau terbang ke luar negeri dari Amerika dan UK juga gitu kok. Berangkatnya nggak pakai lewat pemeriksaan imigrasi kayak di negara-negara lain. Kalo di Amerika sebelum security-nya itu ada polisinya yang ngecek paspor dan dicocokin dengan boarding pass sih. Dulu pas pertama kali aku heran soalnya kok tiba2 sampai di gate aja gitu kaga pake imigrasi. Kirain salah ambil jalan, tapi kan gak mungkin juga ya, hahaha.

Ah minuman yang juga terkenal dari Canada itu maple whiskey-nya! Manis gitu rasanya! Aku sukaa, dulu sempet temen yang orang Canada bawa itu sebagai oleh-oleh jadi sempet nyobain, hehehe :D .

4. Iya ko...harus sering2 cek tiket murah kesana nihh..agak heran emang sih pas ga lewatin imigrasi, oh ternyata emang gitu yaa. Iya Niagara klo diliat2 dr foto yg beredar, emang bagus yang sisi Kanada..beruntung dehh aku udah kesana... ohh malah ada maple whisky nya ya? Maklum ga suka minum2 begitu, jadi ga sempet liat2 minumannya

5. hi, boleh tahu biaya kuliah di canada berapa ya? thanks

1. hmmmmmmmmmm, kalo mau tau biayanya, silakan ke website nya :https://www.centennialcollege.ca/