Tuesday, July 2, 2019

TREKKING KE ANNAPURNA BASE CAMP ( ABC ) - PART 1

Namaste!

Hadeuhhh mie, kenapa jalan2nya pilih ke Nepal sihh? Suara si Miko jadi backsoundnya.

Jadi ini semua ulah nya si Ferguso yaa sodara2....blame him! Gak mungkin dong Maria yang sukanya ke mol ini pilih jalan2nya ke gunung. Jadi ceritanya, setelah kita berhasil mendaki Gunung Rinjani, kemudian trekking ke Huangshan, si Ferguso kayaknya sakau ketagihan naek gunung melulu. Dipikirnya anak bininya pada kuat kuat semua, bisa diajak ke gunung terus. Blom tau aja kita di belakangnya udah ngeluh2 dan mogok massal. hahaha. Di dalam otaknya kayaknya udah bersarang tuh nama2 gunung yang diincer bakal didatengin, mulai dari yang di Jawa sampe di Himalaya. Nah salah satunya adalah Annapurna.
Bahh, gua taunya Annabelle...gua ngertinya paripurna. Kalo Annapurna baru tau saat si Ferguso bilangin. Pokoknya Annapurna itu mimpinya Ferguso, dan dia berusaha mencuci otak gua dan si Miko, berusaha supaya kita juga ikutin mimpinya belio. Dia bilang Annapurna itu bagus banget..bla bla bla sambil unjukin foto2nya. Gua sama si Miko iya iya in aja ...biar cepet dan gak terjadi drama rumah tangga! hihihihi... Dan mimpi Ferguso, jadi mimpi gua juga saat itu.....

Jadi pemirsah, yang belom tau Annapurna itu apa dan dimana, seperti gua juga nih yang ngaku2 anak gaul tapi urusan gunung mah meneketehe yaa..mau namanya secakep apapun, gak kepengen tau lah...*emang nih kurang wawasan anaknya.
Annapurna adalah nama gunung, salah satu yang tertinggi di dunia yang terletak di pegunungan Himalaya dan memiliki 8 buah puncak. Yang tertinggi adalah salah satu diantara 3 puncak yang dimiliki Annapurna I yaitu dengan ketinggian 8.091 mdpl ( meter diatas permukaan laut ). Buset, nama gunung aja udah kayak sinetron berjilid2 yaa...ada Annapurna I, II, III dst. Tapi tenang, kita bukan mau ke gunung yang tertinggi nya itu kok. Kalo itu sih terlalu extreme lah, bisa2 kita kayak yang di film Everest itu ya..kena badai salju..frost bite....seremmm! Kita cuma mau ke Annapurna Base Camp yang tingginya  4.130 mdpl. Annapurna Base Camp itu biasa disingkat ABC. Kalo Everest Base Camp disingkat EBC ketinggiannya sekitar 5.500 mdpl. Nahh, starting point ke ABC ( Annapurna Base Camp ) itu yah melalui Nepal. That's why we went to Nepal....

TIKET PESAWAT
Pada penasaran dong, berapa sih harga tiket pesawat ke Nepal itu? Kemaren itu kita dapetnya Thai Airways PP Jakarta Kathmandu transit di Bangkok sekitar Rp. 15 jutaan buat bertiga. Jadi per orang Rp. 5 jutaan.  Bagi gua sihh : MAHAL! wkwkwk. Lhaa, harga segitu bisa ke Jepang ber 3 lohh! Malah kemaren dapet 11 jutaan ber 3, si Papoy bilang masih mahal. *lempar laptop! Emang dia gak niat ke Jepang aja, semua dibilang mahal kecuali ke Nepal! *pengen jitak! Well, soal mahal atau murah mah balik lagi aja dahhh yaa ke kantong masing2. Kalo mau lebih murah, naek Malindo aja, sekitar Rp. 2,9 jutaan PP tuh...ciyus! Makanya, gua bilang pake Thai Airways ini kemahalan....Hadeuhhh! Udahlah, kalo urusan tiket murah, tongkrongin terus aja promo2 yang berseliweran..aku dah gak kuat. Sekalinya murah banget, cutinya gak ada....Tau dong cuti kuli macem gua tuh? Cuma ada di high season dimana harga2 semuanya udah  mahal....hiks! Nasib....

GUIDE & PORTER
Berhubung manja anaknya, gua bikin kesepakatan dulu nihh sebelum pergi trekking. Harus pake porter buat bawain barang2 kita. Belajar dari pengalaman ke Gunung Rinjani, 3 hari trekking aja kita udah semaput dan mau pingsan rasanya. Segitu udah pake porter 4 orang....( baca disini : Mendaki Gunung Rinjani ).
Tapi tentunya beda gunung, ya beda lagi caranya. Sebenernya, trekking ke ABC ini bisa aja pergi sendiri tanpa guide. Karena jalur trekkingnya udah jelas, tinggal ikutin aja. Terus kagak usah bawa2 tenda, karena di sepanjang jalurnya itu kita bakal melewati desa2 yang menyediakan penginapan dan sekaligus makanan. Jadi jalur trekkingnya itu cuma jalan dari desa ke desa gitu. Asal kuat kaki, kuat bawa barang kita sendiri, gak usah guide, gak usah porter. Yah tentunya hal ini bisa menghemat budget trekking. Kalo gua sih bukannya gak mau menghemat, siapa sih yang gak mau hemat ..ye kannn! Apalagi motto gua adalah hemat always and forever ...hahhaa. Tapi mau gimana lagi, gua udah bisa ngebayangin, trekking ke Annapurna ini bisa sekitar 6 hari ditambah lagi pulangnya masih mau mampir ke gunung lain lagi...beuhhh! Emang udah gila si Papoy...gunung terus! Dari Annapurna masih mau lanjut trekking ke Mardi Himal, nambah 3 hari lagi. Jadi total 9 hari. Glek!  Gak tau lagi berapa jauh jalannya. Emang sih kita bakal bawa baju secukupnya aja, gampang kalo kurang bisa beli. Yang berat adalah perabotan lenong buat menghadapi udara dingin. Udah pasti jaket, longjohn, sweater tebal bakal makan tempat di ransel. Ditambah lagi dengan perintilan2 lainnya, gak mungkin dibawa sendiri lah. Terpaksa deh kita harus pake jasa guide dan porter. Akhirnya si Papoy dapet nomor kontek guide Nepal dari grup backpacker. Terus kontek2an dan beginilah harga untuk jasa guide dan porter nya : guide USD 25 per hari, porter USD 20 per hari. Dan kita bakal trekking 9 hari. Tinggal dikalikan aja tuh harganya...Wowww, fantastic baby! Gak usah ambil kalkulator, ini gua udah itungin ...hehehe. Pokoknya jasa guide dan porter sekitar 5,8 juta untuk 9 hari. Hmmmm...pilih mana? Mau hemat atau bayar aja? Balik lagi deh ke masing2 kantong...Kalo merasa sanggup bawa barang sendiri, yahh lupakan porter. Kalo merasa bisa jalan sendiri tanpa guidance, gak usah pake guide. Gitu aja kok repot.

Tapi, guide dan porter kita recommended kok. Mereka baik banget sama kita, juga ke orang2 yang ketemu sepanjang jalur trekking. Pengetahuan jalur trekking, penginapan, resto, dll nya juga oke. Bahasa Inggrisnya pun jelas, jadi nyambung ngomongnya. Buat yang berminat, bisa kontek nomor WA nya di +9779866004144 atau FB nya Umesh Acharya dan IG/websitenya dengan nama Umeshadventure. Oh iya, ini belum termasuk lagi biaya menginap dan makan selama trekking di gunung, yang katanya rata2 per hari bisa sekitar Rp. 700.000 untuk 3 orang, tinggal dikalikan 9 hari yaitu sekitar Rp. 6,3 juta. Busettt....biaya guide, porter dan biaya menginap dan makan selama di gunung aja udah sekitar Rp. 12 jutaan yaa. Mantul dahh! *siapin kalkulator terus.

PERSIAPAN FISIK
Karena si Papoy udah terlalu banyak baca, jadi ketakutan sendiri kalo gua gak bakal kuat trekking 9 hari yang katanya rata2 setiap hari bakal jalan berkilo-kilo meter, bisa 8 jam tiap hari selama kita trekking. Makanya harus latihan, harus ada persiapan fisik. Jadilah gua digebah terus suruh latihan lari. Apalagi waktu itu juga kan memang mau ikutan event lari half marathon, jadi latihannya sekalian deh.
Selain latihan lari seminggu 2 kali, yang kadang kenyataannya mah suka males bangun paginya, jadi kadang cuma seminggu sekali paling lari di car free day, terus disambung yang bulan April ke Gunung Prau. Anggap aja itu sebagai pemanasan sebelum beneran trekking ke ABC.
Kalo si Miko gak pernah pake latihan, diajak lari pun gak pernah mau ikut. Untungnya sih dia kuat2 aja. Jadi antara yang rutin latihan sama yang gak pernah latihan ( antara gua dan si Miko ), hasilnya sama aja yaa....sama2 bisa sampe ke ABC nih! Halahhh...! Tapi yang penting sih memang harus siapin fisik yang prima, apapun caranya.


PERLENGKAPAN TREKKING
Mumpung sempet, sekalian deh gua kasih list barang2 yang kita bawa saat trekking :
1. Sepatu trekking
    Penting banget pake sepatu trekking yang aman dan nyaman. Jangan sampe kejadian kayak waktu ke Gunung Rinjani dan Huangshan, kaki pada melepuh dan kuku cantengan. Gawat kann! Jadilah si Papoy suruh kita beli sepatu buat trekking, pilihnya merk The North Face. Yahh elahh, tau dong harganya berapa, rata2 sekitar Rp. 1,6 juta pas lagi diskon. Bagi gua maharani pitaloka banget yaa! Mana belinya langsung 3 pasang, satu orang satu....*mendadak sakit kepala. Mending beli sepatu buat jalan2 ke mol..ye kann! Tapi sekarang kan lagi butuh, jadi terpaksa dibeli juga deh walaupun sambil ngoceh2 kagak rela. Ini mau trekking aja kok modalnya gede amat sih! *melolong panjang. Tapi ini sepatunya anti air dan anti salju loh...kagak basah waktu kita kena hujan. Beneran! Ada harga ada rupa...Oh iya, jangan lupa, size sepatu pun harus 1 atau 2 ukuran lebih besar ya, supaya gak terlalu ketat. Gua aja beli ukuran 40, biasa pake ukuran 38, jadi agak koplok2 sedikit, it's okay daripada kaki lecet.

2. Carrier ( atau anak gunung biasa bilangnya : Keril )
    Namanya aja mau pergi ke gunung, gak mungkin dong kita bawa koper. Memang sih kita punya ransel masing2, tapi mana muat barang kita ber 3 untuk pergi selama 12 hari? Terpaksa lah beli ransel carrier gede 65L merk The North Face ( TNF ), tapi tentunya yang KW...wkwkwk! Pake KW aja bangga yak! Yah bangga lah, harganya cuma 350 ribu, sementara TNF ori mah bisa 3,7 jutaan. Weww! Gua bisa ngamuk2 lah kalo disuruh beli ransel segitu mahal. Tas branded aja gua kagak punya, masa kudu beli ransel carrier ber juta juta! *garuk2 aspal. Yang penting barang kita kebawa ajalah..gak penting tasnya mahal atau gak...*jadi sensi.

3. Celana trekking
    Ini juga beli khusus di Decathlon, bahannya yang super dry dan ringan, kalo basah pun cepet kering. Rata2 harganya Rp. 300 ribuan per buah. Tinggal dikali 3 orang masing2 2 celana. Jadi berapa? Prok prok prok...*dadah dadah sama duit dalem dompet. Gilaa...semua harus beli yaaa kakak! Kita kan bukan anak gunung, selama ini mana punya celana beginian yaa? Jadi KZL harus beli beli semua perlengkapannya. Gak bisa pinjem apahh? *kagak rela belinya
4. Jaket downlight
    Biarpun barang kita bakal dibawain sama porter, tapi kalo urusan jaket pastinya mendingan bawa masing2. Kalo nanti kepisah sama porter ( pasti kepisah, porter jalan lebih cepat ), kita kagak kedinginan. Tapi ransel kita kecil2, mana muat kalo harus masukin jaket tebel2, belom lagi bawa botol minum dll. Jadi terpaksa beli lagi jaket yang agak tipis tapi anget. Kita beli di Decathlon juga, harganya Rp. 999.000 per piece, beli 2 pcs buat gua dan si Miko. Sementara si Papoy beli yang tahan air beda jenisnya. Kita gak beli di Uniqlo karena katanya kalo buat naek gunung lebih bagus kualitasnya yang di Decathlon karena khusus buat outdoor activity gitu. Katanya loh...Jadi kita mah ikutin aja dah...

5. Legging
    Kalo cewek kan ada yang namanya legging thermal, jadi gua bawa juga.
6. Longjohn
7. Sweater
8. Kaos
9. Kaos tangan panjang
    Kalo gak punya kaos tangan panjang, beli manset aja. Gunanya untuk melindungi tangan dari sinar matahari. Kalo kita jalan siang hari, ngebantu banget pake manset ini.
10. Pakaian Dalam
      Bawa agak banyak, karena sepanjang jalan pasti akan basah kuyup keringetan atau kena hujan.
11. Handuk kecil
12. Tissue gulung & tissue basah
      Ini penting banget, karena tidak tersedia di penginapan di atas gunung.
13. Perlengkapan mandi : sabun, shampoo, sikat gigi, odol
14. Sarung tangan ( kalau tahan dingin, gak usah bawa ).
15. Kaos kaki ( bawa agak banyak, takut hujan )
16. Bendera merah putih ( gak wajib )
17. Charger, colokan listrik, power bank
18. Sendal jepit
19. Botol air
      Kita beli botol air ukuran 800 ml, ini berguna banget karena beli air di atas gunung itu mahal banget. Jadi mending refill pake air gunung dan masukin aquatab ( tablet untuk sterilin air ).
20. Aquatab ( beli di apotik/toko obat/toko serba ada di Pokhara )

21. Pulpen
22. Tongsis dan tripod ( akhirnya gak kepake, minta tolong guide aja fotoin ).
23. Makanan pribadi : indomie goreng, popmie, bengbeng, biskuit, coklat, permen dll.
24. Trekking pole ( tongkat trekking )
      Ini perlu banget buat ngebantuin kita jalan di medan yang susah. Kita beli di Thamel seharga 1000 Nrs per pasang ( sekitar Rp. 130.000 ). Kita beli 3 pasang total 3000 Nrs ( Rp. 390.000 ). Dan ujung2nya pas mau balik Jakarta, kita kasih  ke guidenya ada deh, gak sanggup lagi bawanya. Kalo gua sih sengaja, biar si Papoy kagak ngajak ke gunung lagi...hahaha. 

MATA UANG
Mau pergi ke Nepal, jangan harap bisa nemuin duit Nepal di Indonesia. Lhaa? Jadi gimana? Yah kita bawa aja USD, nanti tuker di sana aja. Kurs nya 1 Nrs ( Nepali Rupees ) = Rp. 128 ( buletin aja 130 biar gampang ). Kalo disana kita tukar USD 100 = 10.800 Nrs.
Berhubung kita bakal transit di Bangkok, jangan lupa bawa bath juga. Kalo gak bawa bath pun, masih bisa tukar USD ke bath di airport atau di tempat2 penukaran uang.

Oke, kayaknya udah lumayan komplit juga kannn persiapannya. Cuss berangkat!

JAKARTA - BANGKOK
Nah beginilah posisi duduk kita di dalam pesawat Thai Airways Boeing 777 200 ER...lucu juga warna cover kursinya, warna warni dengan dominan warna pink dan ungu...unyu unyu yaa. Bisnis class nya juga semua dengan nuansa ungu, tapi biasa aja gak terlihat mewah. Formasi duduk kelas ekonomi dengan 2 4 2 per row. Tapi kita duduk kepisah sama si Papoy karena waktu booking udah agak penuh. Terus juga, kursi agak keras dan jarak antar kursinya agak sempit, LCD nya juga masih yang model lama, tapi masih mendingan yah ada LCD nya, film2nya lumayan baru2 juga. Penerbangan ke Bangkok ditempuh sekitar 3,5 jam. Pas take off gua udah gak berasa lagi saking ngantuknya...hehehe
Pilihan makanannya ada 2 macem, nasi atau mie. Yang nasi dengan spicy udang dan sayur gitu.
Sementara yang mie , pake ayam dan sayuran. Rasanya xoxo lah...
Kita landing di Swarnabhumi Airport sekitar jam 22.25 an, terus harus antri di gate transit untuk security check. Sampe sepatu boot juga dibuka semua. Kita bakal transit sekitar 10 jam. Awalnya gua senang dibilang transit di Bangkok 10 jam, tapi ternyata transit nya jam 11 malam sampe pagi jam 8 an, jam orang tidur. Beuhh, langsung lenyap deh angan2 gua mau wisata kuliner dan pijit2 manja di kota Bangkok. Kita kagak keluar airport, jadi manyun aja dah transit di airport sini...Bahhh! *jadi KZL.
Abis itu kita cari ruang tunggu yang paling ujung dan untung ada bangku kosong di bagian pojok ruangan. Tapi disitu dingin banget AC nya. Untung si Miko bisa tidur lumayan nyenyak nih.
Sementara gua tidur2 ayam, gak jelas dah gak bisa tidur gitu. Mondar mandir cari tempat yang agak hangat, tapi gak ada tempat duduknya. Akhirnya berujung di meja tempat colokan listrik berada, lumayan bisa ngecharge hp disini....*hadeuhh...ngantuk coy!
Akhirnya sampe juga ke pagi harinya...bangun tidur langsung melipir ke foodcourt. Maklum lah, kalo mamiefunky squad jalan2 tuh pasti bawaannya lapar mulu, jadi harus makan.
 Akhirnya pilih nasi ayam dan pork rice...lumayan mahal juga loh harganya. Beli 2 macam nasi itu sekitar Rp. 200 ribuan. Glek...
Pas jalan ke boarding room, lewatin pohon2 bonsai, jadi kepengen foto dulu dahh dimari...Maklumlah, biasanya naek Air Asia landing di Don Mueang ( DMK ) Airport...sekarang naek Thai Airways jadinya baru nemu Swarnabhumi lagi. Dulu pernah kesini tahun 2008 saat pertama kali ke Bangkok..jadi udah lupa...
 
Gate C7 ini jalannya jauh juga, soalnya paling ujung...
Keliatan keren juga yaa airportnya...padahal termasuk airport yang agak jadul juga...

BANGKOK - KATHMANDU
 Penerbangan Bangkok Kathmandu ditempuh dalam waktu 3,5 jam juga...Jadi total2 lama penerbangan Jakarta Kathmandu ya sekitar 7 jam. Pesawatnya on time. Rata2 penumpangnya orang bule, jarang yang orang Indonesia.
Di pesawat dapet makan lagi, pilihannya nasi ayam dan nasi ikan.
Yang nasi ayam, rasa ayamnya tuh kayak kari ayam, tapi rasa rempah2nya berasa banget...dapet roti prata dan dagbal juga serta cemilan cashew nuts. Minumannya sama kayak kemaren Jakarta Bangkok, bisa minta juice, wine, coke dll. Lalu nanti masih ada lagi teh dan kopi. Kenyang dah!

WELCOME TO NEPAL
Pas mau landing, ada banyak awan, jadi sedikit turbulensi dan terguncang. Terus pas landing, sedikit keras bantingan rodanya. Weww...mana jarak landasannya pendek. Jago lah pilotnya...hehehe. Kita diarahin turun dari pintu belakang, dan nunggu bis dulu, hawanya panas banget nih.
 
Eh baru juga naek bis, udah turun lagi. Bercanda nihh....jadi nyambung jalan kaki lagi deh ke terminalnya. Terlihat kan Tribhuvan Airport nya gedung yang berwarna coklat kemerahan itu..sedikit jadul yaa.
 And...welcome to Nepal. Kita sih wajib foto dulu disini, sementara penumpang yang lain udah hilang. hihihi...Ini aja kita difotoin sama bule Aussie yang baik hati menawarkan bantuan. Asik kan, jadi kita punya foto ber 3...

VOA ( VISA ON ARRIVAL )
Setelah itu kita harus antri deh buat urus Visa on Arrival ( VOA ). Jadi tadi udah dibagiin form visa nya di dalam pesawat. Udah di isi juga, jadi kita langsung antri di loket bayar.
Nah beginilah antrian untuk bayar visa nya...
Biaya visa adalah USD 25 per orang, plus lampirkan pas foto ukuran 3x4
Setelah bayar, akan dapet receipt nya
Abis itu kita ngeloyor ke antrian imigrasi, begitu sampe giliran kita, sama petugas imigrasi nya ditanyain kertas visa nya mana? Lhaa, kita pikir kan udah bayar dan unjukin receipt bayar itu udah beres dong....Owalahh, ternyata kita harus daftar di mesin2 pendaftaran visa yang ada di pinggir ruangan. Jadi kita isi data dulu disitu, tenang aja, bakal dibantuin sama petugasnya kalo gak ngerti. Entahlah, urutan prosedur nya mana yang harus duluan, isi data di mesin baru bayar ke loket, atau bayar di loket dulu lalu daftar di mesin. Pokoknya yang penting kita harus punya resi putih kecil dari mesin itu dulu, baru ke petugas imigrasi.
Nahh kayak gini lah resi Visa entri nya....wajib ada baru jalan ke antrian imigrasi. Kalo kita jadi lama karena udah antri imigrasi, taunya balik lagi ke mesin, trus ikutan antri lagi di imigrasi yang keburu rame karena ada pesawat baru tiba dan penumpangnya pada antri imigrasi....halahhh *ribet pabaliyeut!
Nahh tuh antrian imigrasinya sih gak terlalu rame pas kita di mesin lagi daftar2...
Abis lewatin imigrasi, baru lega dehh. Soalnya agak lama diliatin pasportnya ...entah apa yang diliat...hehehe. Keluar imigrasi ketemu spot foto....wajib dong foto disini..hehehe
Abis itu baru deh kita ke conveyor pengambilan bagasi. Ruangannya cuma segini doang...Kita mah nungguin di conveyor, tapi 10 menit kok gak ada tas kita. Padahal tadi kita urus visa dan imigrasi kayaknya udah lama banget sekitar 40 menit. Eh taunya tas kita udah ngejogrok di pojokan, udah turun dari conveyor. Yang di conveyor itu udah penerbangan selanjutnya. Halahh...kita kelamaan urus visa dan foto2 segala sih, jadi tas nya udah yang paling terakhir muter2 deh dan nyaris masuk lost & found...hahaha. Oh iya, gua sempet ke toilet nya juga, yahhh masih bisa ditolerir lah...agak kotor dan bau pesing sedikit. Jadi gua bersyukur banget Indonesia udah jauh lebih modern dan keren airport2nya.
Keluar dari terminal, udah berderet yang nawarin taxi. Kita langsung aja ke loket prepaid taxi. Harga taxi nya udah ada pricelist nya, jadi kagak tipu2, kagak pake scam. Resmi sama harganya dengan loket2 lain, ke daerah Thamel seharga Nrs 700 ( sekitar Rp. 91.000 ).
Nahh kayak beginilah mobil taxinya...Disini rata2 mobilnya warna putih...kayak di India.

SIM CARD
Kali ini kita gak beli SIM card lokal, karena menurut info guide kita, dibawa ke gunung pun percuma gak akan ada sinyal. Jadi yah sudah lah, kita cuma mengandalkan wifi hotel aja. Yah kalo mau beli pun harganya gak terlalu mahal kok, klo gak salah Nrs 1000 ( sekitar Rp. 130.000  an ).

PERBEDAAN WAKTU
Perbedaan waktu antara Nepal dan Jakarta adalah 1 jam 15 menit lebih awal dari Jakarta. Jadi kalau di Jakarta jam 8 pagi, di Nepal baru jam 06.45. 

THIS IS KATHMANDU
Dan inilah Kathmandu! Supir taxinya ternyata bisa bahasa Melayu karena udah pernah kerja cukup lama di Malaysia. Lumayan jadinya bisa ditanya2 infonya. Wahh, Kathmandu ternyata kota yang sangat berdebu dan taxi nya kagak ada AC nya. Welee...pokoknya kota ini kagak cocok buat cewek2 manja yang pengen keliling2 kota. Kotanya aja sedikit jadul, bangunan tinggi nya yah kagak tinggi2 banget, mengingat pada tahun 2015 juga terkena bencana gempa bumi besar yang menghancurkan kota. Pokoknya Jakarta mah lebih keren! Bersyukur deh jadi orang Indonesia.
Dan inilah hotel tempat kita menginap, Kathmandu Home Hotel yang terletak di daerah Jyata di Thamel. Tadi dari airport mungkin sekitar 20 menit.
Beginilah lobby dan meja recepcionist nya...sedikit jadul ya, tapi homy. Recepcionist nya ternyata bisa bahasa Melayu juga disini. Karena dia dari Singapore. hahaha..gak usah repot2 keluarin bahasa Inggris deh.
Dan beginilah kamarnya...persis seperti foto di Agoda.
Kita booking seharga Rp. 400 ribuan..lumayan kan bisa ber 3, dengan 1 bed besar dan 1 single bed.
Kamar mandinya terbilang kecil, tapi lumayan bersih.
Ada restorannya, dan kali ini kita booking dengan breakfast.
Masih sepi saat kita sarapan besok paginya..
Dan awalnya kita ketemu auntie ini di lobby, si Papoy maen ajak ngobrol aja, kirain turis juga. Malah nanya : auntie, do you go trekking to Annapurna too? Dia jawab : NO, I'm too old. Dann ternyata, beliau adalah pemilik hotel ini. Halahhh! Terus kita jadi ngobrol2 panjang lebar menghabiskan waktu dan mendapatkan banyak info dan juga wejangan2 layaknya orangtua. Nice chat. Dan ujung2nya kita foto bersama deh...
Setelah istirahat sebentar, sorenya kita jalan-jalan ke daerah Patan, mau ke Patan Durbarsquare. Naek taxi bayar Nrs 500 ( sekitar Rp. 65.000 ) kita diturunin di pintu gerbang belakang, kalo gak salah Lalitpur namanya.
Gerbangnya itu dipenuhi dengan gambar dewa gitu...
Zoom in mode on...gambar dewa yang tangannya banyak...hayoo dewa apa?
Nihh ketemu yang ada tulisan Patan nya...sebuah toko buku...
Di belakang itu masuk ke dalam pertokoan dan perkampungan warga sini...
Karena sedikit lapar, kita melipir ke sebuah resto, namanya Annapurna sweet and fastfood. Disini jual makanan vegetarian dan kue2 khas tradisional Nepal sepertinya.
Contoh kue dan harganya...namanya Mawa Phul...
Berhubung resto vege, jadi kita pesennya kentang goreng aja deh. Ini sore2 jam nanggung, mau makan berat, nanti masih mau makan malam. Tapi sedikit lapar...bingung deh. Sama cobain ice cream nya. Lumayan enak juga..
Abis itu kita masuk ke dalam gang2 perkampungan dan udah seperti labirin bentuknya sama semua. Kita muter2 disini mau cari Patan Durbarsquare.
Melewati pertokoan
Di tengah2 nya ternyata ada kolam buatan dan air mancur kecil.
Dan ada stupa khas Nepal yang berwarna putih dan ada matanya dengan bendera warna warni.
Padahal si Papoy udah download aplikasi google maps, tapi sepertinya ngaco dan kita dibawa berputar2 sampai jauh.
Sampai ke pelosok2 kampung deh sepertinya...udah gak tau lagi. Kaki sampe pegel muter2 gak jelas.
Tapi sepertinya memang udah deket tempat wisata, karena nemuin orang2 yang jualan souvenir2 gitu
 Ada juga kuil di dalam gang2 itu, tapi sepertinya ini udah jadi tempat wisata, kita harus bayar untuk masuk ke dalam, jadi kita skip aja.
 Dan akhirnya, gak sengaja ketemu satu cewe Nepal yang bisa bahasa Inggris dan kebetulan dia mau ke Patan Durbarsquare juga, jadi kita jalan bareng sama dia.
Sampee dehhh ....beginilah yang disebut Patan Durbarsquare itu. Terlihat di sana sini ada bangunan yang sedang direnovasi. Sepertinya akibat gempa bumi yang melanda Nepal tahun 2015 menyebabkan bangunan ini ada yang rusak atau hancur.
 
Rame juga sore ini pengunjungnya...banyak yang duduk duduk berkumpul disini...
Dan ada sebuah bangunan yang juga ramai dimasuki pengunjung...
Sepertinya mereka masuk ke dalam untuk sembahyang...
Patung yang ada di halaman depan..
 Foto dulu dengan kesayangan....ye kann!
Dan pas kesini timingnya kurang pas nih buat foto2...banyak yang backlight...
Bagus yaa ukirannya...detil banget...
Nahh ini temboknya sampe ditunjang begini...masih dalam tahap renovasi.

Rame banget deh pengunjungnya, jadi mau foto2 gaya sepi sendiri tiada yang menemani yahh gagal dehh! hihihi
Nahh disini dehh tuh yang katanya jadi lokasi shooting film Doctor Strange
Tapi entah yang mana...kudu nonton lagi filmnya...
Sepertinya sih yang ini...keliatannya cocok buat shooting film yaa...*sotoy
Bangunan ini bentuknya unik yaa...
Kita pun gak berlama2 ria disitu, karena tadi kita datang dari arah belakang, kita gak perlu bayar. Kalo semakin ke depan, itu ada petugasnya dan kata cewe Nepal yang bawa kita tadi, kemungkinan bisa diperiksa petugas dan bayar Nrs 1000 ( sekitar Rp. 130.000 ) per orang. Kita cepet2 balik deh ke jalan kampung tempat tadi kita dateng...hahaha, daripada disuruh bayar, kagak ada yang special juga disini...
Foto dulu di tempat yang ada tulisan Patan Durbar Square...tandanya udah pernah kesini..gitu loh!
Di depan Patan tadi, kita naek taxi balik ke dekat hotel. Bayar Nrs 500 juga. Jalanan di Patan ini kan gang2 sempit yaa, itu supirnya nyetir udah kayak shooting Fast & furious aja...semua mobil motor diklaksonin sama dia, ngebut gak kira2 kayak mau bawa emak2 melahirkan aje...hahaha. Trus supir taxi nya gak tau jalan ke hotel kita, malah nanya ke kita hotelnya dimana. Lhaa? Tadi waktu diunjukin di awal kita mau naek, katanya dia tau. Halahh, daripada terjadi obrolan kagak jelas, jadi kita minta diturunin di daerah pertokoan dekat hotel aja sekalian mau cari makan malam dan juga siapa tau bisa shoping.
Kita beli trekking pole dulu di salah satu toko yang jual perlengkapan trekking di deretan toko2 di foto ini. Harga trekking pole sepasangnya Nrs 1000 ( sekitar Rp. 130.000 ). Karena kita ber 3, yah beli 3 pasang dunk. tinggal kalikan aja berapa total harganya. Gilee, modal banget sihh mau trekking ajaa. *kekepin dompet.
Terus pas lagi mau cari makan, ketemu tulisan resto Chinese, yah udah kita masuk aja ke dalam gang situ dan nemu satu restoran Chinese food, tapi yang masak sih kokinya orang Nepal juga.
Kita pesen beef goreng apa gitu deh namanya...rasanya enak juga.
Terus sapo tahu...
Sama ayam asam manis...sebenernya ada satu lagi kita pesen cah kangkung, tapi gak difoto. Porsinya gede2 semua, untung aja abis nih kita makan ber 3. Jadi kalo kita ke Nepal dan kurang cocok dengan makanan orang lokal, mending cari Chinese food. Biasanya pasti cocok cocok aja di lidah...hehehe. Total habis Nrs 1500 semuanya.
Nahh besok paginya kita udah check out dari Kathamandu Home Hotel karena mau menuju ke Pokhara. Si Miko sarapan mie instan dulu, sementara supir taxi udah datang. Padahal janji dijemput jam 6.15, taunya jam 6.00 udah nongol. Salah siapa coba. Supir taxi nya yang kemaren anter kita ke Patan Durbarsquare.
Sebenernya kita dapet sarapan, tapi berhubung kita pergi nya pagi jam 6.15, jadi sarapannya belom jadi, kita dibungkusin bekal aja nih. Itupun isinya telur rebus, jus mangga dan biskuit. Tapi rasanya enak semua kok.

KATHMANDU - POKHARA
Jadi semalam itu kita udah pesen tiket bis ke Pokhara di recepcionist hotel. Dapet lah bis Global dengan toilet di dalam seharga Nrs 1000 per orang ( sekitar Rp. 130.000 ). Tapi sebenernya kalo ditawar bisa dapet Nrs 9000 sih...karena nanya2 orang Indo yang satu bis dengan kita dia belinya Nrs 900 di hotelnya dia nginep. Arrghh..tuh kesel kann, mendingan jangan nanya2 kalo gitu...hahaha.
Tempat naek bis nya itu bukan di terminal, jadi di pinggir jalan aja. Kita naek taxi dari hotel ke tempat bis nya itu bayar Nrs 250 ( sekitar Rp. 32.500 ), agak dekat tempatnya, tapi kalo jalan kaki yah lumayan jauh, apalagi kita bawa ransel gede..wahh bisa metong! Jadi bis2 semua udah berderet panjang. Meneketehe yang mana bis kita. Jadi caranya adalah unjukin aja tiket nya ke calo2 yang berdiri di pinggir jalan. Nanti supir taxi yang bantu tanyain yang mana bis kita. Gicuuu!
Nahh ketemu deh....ini dia bis kita yang akan membawa kita ke Pokhara.
Masih sepi di dalam bis, karena kita kepagian jam 6.25 udah nyampe, sementara jadwal berangkat bis jam 7.00. Trus karena gak tau nomor bangkunya liat dimana, kita asal duduk dulu aja. Taunya bangku kita yang di belakang dekat toilet sana. Arrgggghhh! Untung aja toiletnya gak bau!
Perjalanan dari Kathmandu ke Pokhara sekitar 7 - 8 jam...tergantung lancar atau gak nya di jalanan. Kita duduk di belakang pas roda bis, begitu ketemu jalanan ancur berasa naek gerobak dah. Kebayang gak sih? Hadeuhh..
Terus bis akan berhenti 2 kali untuk sarapan dan makan siang. Jadi rest resto yang pertama di singgahi adalah yang bentuknya kayak gini. Entah apa namanya...
Disini ada yang sistem buffet gitu, ada juga yang per orderan makanannya.
Si Miko mau makan kari ayam dan disuruh ambil yang di meja buffet ini. Lumayan kan bisa ambil nasi sebanyak2nya...hehehe. Rasa makanannya enak katanya. Gua gak makan, masih kenyang soalnya. Si Papoy juga cuma beli cheese sandwich. Rasanya juga dia bilang sih enak. Tapi kita harus gerak cepat ya, waktu berhentinya paling cuma 25 menit. Perasaan baru antri ke toilet, pesen makanan, tau2 udah dipanggil ke bis lagi...
Perhentian kedua juga mirip2 modelnya, ada pilihan buffet dan menu yang bisa diorder. Disini kita cuma minum aja, gak makan lagi.
Toiletnya ada di ujung bangunan resto..gak tau deh bersih atau gak. Gua gak survey kesana.
Pokoknya jalanan dari Kathmandu ke Pokhara itu melintasi satu gunung ke gunung lain, bukit satu ke bukit lain gitu, jalanan naek turun berkelok2 dan penuh dengan truk serta bis2, jadi sedikit macet, antri dan merayap. Rasanya lama banget, udah tidur, bangun...tidur lagi...bangun lagi, masih belom sampe juga.

WELCOME TO POKHARA
Akhirnya sekitar jam 2 siang, kita sampe di terminal bis Pokhara. Guide kita Umesh sudah menunggu dan langsung kita naek taxi menuju ke hotel.
Nahh inilah hotel tempat kita menginap di Pokhara. Namanya The North Face Inn, di foto itu yang di tengah2 nyempil di antara hotel sebelah2 nya yang lebih besar dan tinggi. Hotel ini dikelola oleh guide kita juga, jadi dia yang atur deh. Satu kamar dikenakan charge Nrs 1635 - 1800  ( sekitar Rp. 200 ribuan ). Murah meriah bisa rebah...hahaha..
 
Kayak beginilah area recepcionist nya...
Dan ada ruang tamunya juga..
Dan beginilah kamar nya yang memang bisa untuk ber 3.
Dengan jendela2 besar bisa melihat pemandangan sekitar hotel.
Kamar mandinya terlihat baru dan bersih.
  Di depan kamar di lantai 3 ada ruang duduk nya juga, bisa wifi an disini dengan santai karena hawanya adem.
View dari balkon kamar....
Setelah beresin barang, kita briefing sebentar dengan guide kita untuk membahas rute trekking buat besok. Setelah itu guide kita pergi mengurus ijin trekking dan biaya ijin ini adalah Nrs 5000 per orang ( sekitar Rp. 650.000 ). Jadi total ber 3 adalah Nrs 15.000 ( sekitar Rp. 1,9 juta ). Weww...langsung kempes dehh duitnya. Mau trekking aja modal juga yaa. Untuk urus ijin trekking itu dibutuhkan data passport ( kita udah kirim via WA ) dan pasfoto ukuran 3x4 masing2 2 lembar. Oh iya, kita juga langsung bayar jasa guide dan porter saat itu. Karena mereka juga butuh buat pengeluaran pribadi mereka. Kita bayar pake USD.
Setelah itu kita cari makan di sekitar hotel...beginilah suasana depan jalan menuju hotel kita.
Kita ketemu sebuah resto chinesefood Sichuan. Langsung melipir kesini. Cuma kita doang nih yang makan saat itu. Mungkin karena udah kelewat jam makan siang yaa..nanggung juga sih. Tapi kita kan memang belum makan dari pagi.
Pesen ikan masak cabe, lupa namanya apa. Rasanya maknyuss!
Ayam juga masak cabe...namanya aja masakan sichuan ya, semua spicy2 gitu..
Dan cah kangkung....beda jenis kangkungnya. Yang ini enak lembut gitu. Total habis Nrs 2.350 ( sekitar Rp. 300 ribuan ). Tapi kita puas banget..kenyang maksimal. Nahh kan, ketemunya chinesefood lagi, jadi kalo ada yang bilang pergi ke Nepal gak cocok sama makanannya, mungkin cari makanannya lokal punya ya. Tapi di Pokhara sini ada KFC, Thai food, jadi tinggal berani explore aja.
Dan saat kita makan itu, terjadi lah hujan angin badai, sampai kita di dalam makan "dikurung" karena rolling doornya ditutup semua sama pemilik resto akibat angin kencang dan hujan deras banget. Katanya hampir tiap hari hujan disini. Yaowohhh, kok gak tepat amat yaa timingnya pas kita kesini begini. Langsung kepikir, gimana kalo kita trekking ke gunung dan diterpa hujan badai gini yaaa? Metong dahh! Terus pas kita udah selesai makan, ternyata angin kencang itu sampai menghancurkan papan nama restoran ini loh...dashyat banget kann!
Sorenya menjelang malam, sekitar jam 1/2 7 gitu, kita jalan2 lagi ke pertokoan dekat hotel.
Disini jam segini masih terlihat terang...Di sekitar sini banyak juga tempat2 penukaran mata uang asing, jadi kita langsung tuker USD ke Nrs karena nanti di gunung semua dibayar tunai. Sahhh? Sahhh!! *macem lagi baca ijab kabul aja
Ternyata hotel kita dekat dengan Fewa Lake, jadi kita sekalian jalan jalan ke tepi danau.
Cuma cuacanya agak gloomy2 gitu..jadi view nya kurang keliatan semua. Jadi terlihat biasa2 aja.
Mungkin kalau cuaca cerah bisa keliatan jejeran gunung bersalju nihh di ujung danau sana...
Sayang juga nih timingnya kurang tepat pas kita kesini...
Dari danau kita lanjut liat ke toko perlengkapan trekking, siapa tau ada yang murah2..

Akhirnya beli celana trekking buat cadangan kalo kena hujan. Dan setelah kita selesai belanja, hujan turun lagi dengan derasnya. Tapi cepat reda, kita buru2 balik ke hotel deh.
Oh iya, pas cek suhu di Pokhara sekitar 22 derajat Celcius waktu itu...gak terlalu panas, gak terlalu dingin.Tapi hujan semalaman nih..

Besok paginya, cuaca langsung cerah. Kita sarapan dulu di resto depan hotel karena hotelnya tidak menyediakan breakfast.
Beli masala tea atau chai...enakkk!
Sarapannya pilih paket, dapetnya roti dan omelete. Sementara si Miko milih pancake.
Oh iya, pas di hotel kita baca koran, ternyata pas malam kita menginap di Thamel Kathmandu kemaren itu ada ledakan bom dan menyebabkan 4 orang tewas. Semuanya terkait urusan politik gitu deh. Tapi dibilang kalo untuk turis sih masih aman situasinya. Wahh, pantesan kemaren pas pagi kita checkout dari hotel, banyak tentara yang berjaga2 di depan gang.
Lhaa, ini juga pas kita sarapan di depan hotel di Pokhara, banyak tentara juga. Tapi ini sepertinya sih lagi latihan yaa...Untungnya aman2 semua nya sih.

POKHARA - GHANDRUK
Paginya jam 7.30 an kita menuju ke terminal bis Pokhara ( namanya Baglung Bus Park ) untuk naik bis yang tujuan Ghandruk. Naek taxi ber 4 bareng Umesh si guide, bayar Nrs 200 ( sekitar Rp. 26.000 ). Nanti ketemu porternya di terminal bis. Eh pas kita sampe terminal bis, pas banget ada bis yang mau berangkat, jadi kita ber 5 langsung naek..duduk nya mencar2 karena pas banget cuma ada 5 bangku kosong. Kayak ginilah bis nya.Bayar ongkos bis langsung ke kenek nya. Kita ber 5 bayar Nrs 1800  ( sekitar Rp. 234.000 ).
Gua duduk sebangku dengan turis bule dari Jerman, dari kota Bamberg. Gua juga baru denger ya, taunya paling Hamburg..ye kann! Kita ngobrol2 sepanjang jalan...caelahhh ngobrol2..gaya lo tuhh, kayak Inggrisnya ngerti aje. Yahh tau lahhh dia ngomong apa...terus gua balesnya terbata bata karena mikir dulu. Udah banyak vocab yang ilang dari otak.. wkwkwk. Yang penting you know i know lahh. Bayangin aja, perjalanan kita tuh sekitar 2,5 jam an, kan awkward banget kalo diem2an. Itu aja gua yang nanya dulu : eh bule, elo mau trekking ke Annapurna juga? *sok akrab dalam English dong tentunya. Dia bilang :" iyee...lha kamu mau trekking nya jalur mana?" dia tanya balik. Daripada susah2 gua jawab, gua unjukin aja hp gua yg ada foto peta trekking kita menuju ke ABC. Dia langsung ngerti deh. Tuhh..gampang kann! Sementara dia sendiri akan trekking melalui jalur Poonhill. Dan cuma 4 hari aja trekkingnya.
Pokoknya lucu juga ngobrol sama dia, waktu nanya2 umur, dia nebak umur gua 30 an something. Pas dikasih tau umur gua sebenernya, dia kaget. Whattt? Kok kamu muda banget, gak sesuai umurnya. Wohooo...*langsung melayang layang....*tiba-tiba jadi ganjen. wkwkwk! Tenang, si Papoy justru yang kasih tau umur sebenernya karena belio ikutan nimbrung ngobrol bareng. You know kan, my english acak kadut style, jadi kalo gua mau ngomong tapi gak nemu kata2nya, gua colek2 si Papoy deh!
Oh iya, ini jalanan ke Ghandruk cukup ancur yaa..jadi bener2 badan kita dikocok2. Bikin lapar. Terus bis nya mampir ke sebuah warung..katanya breakfast time.
Kayak beginilah makanan yang dijual di warung itu. Orang2 sih pada beli cobain kali yaa.
Kita sih duduk aja nunggu di depan warung. Oh iya, inilah Umesh guide kita...dia ini ternyata banyak job nya juga loh. Sebagai dosen iya, pengelola hotel iya, guide berlisensi iya, pernah masuk koran loh. Bisa bahasa Spanyol juga. Pokoknya recommended lah. Silakan kontek dia aja kalo berminat ya.
Abis itu lanjut lagi perjalanan. Berhubung si bule mau ke jalur Poonhill, jadi dia turun duluan di Nayapool. Dadah dadah deh sama si bule...*sok akrab. hahaha.
Oh iya, di sini ada check point untuk registrasi para trekker dengan menunjukkan kartu TIMS kita. Porter kita yang turun dari bis untuk urusnya.
 Jadi ijin trekking itu itu berupa kartu begini, ada foto dan data kita.
 Semua nya terdaftar dan di cap sama petugas nya.
Sementara bis kita masih lanjut jalan lagi sekitar 2 jam lagi. Jadi total 4 - 5 jam an dari Pokhara. Dan setelah itu jalanannya warbiasa ancur, bukan aspal cuma batu2an gitu. Udah gitu sempit dan di pinggir2 jurang.
Berkelok2 di sepanjang bukit, cuma jalan tanah seadanya aja...
Gak kebayang dehh kita bakal melewati jalan kayak begini...tapi seru juga sih..
Pokoknya lama banget deh berkelok2 naek ke atas gunung....gak nyampe2..
Dan begitu berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, salah satu harus berhenti minggir dulu. Untung aja gak rame jalur ini, lagi low season, jadi cuma sesekali aja mobil lain lewat. Tapi supirnya udah jago lah, santai aja dia nyetirnya. Kebayang kalo lagi high season, berapa banyak tuh mobil2 berpapasan di jalan sempit begini?

BEFORE GHANDRUK - MATKYU
 Nahh kayak ginilah peta jalur trekking kita. Dari Pokhara kita turun di tengah jalan sebelum Ghandruk ( garis biru ).  Umesh guide kita itu bilang kita potong jalan lebih cepat kalo lewat sini. Kalo turun di Ghandruk , kita harus jalan kaki sekitar 1 jam an lebih lama. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga.
Nahh beginilah awal mula mamiefunky squad trekking ke ABC..begitu turun dari bis, cuacanya panas aujubilah, langsung deh keluarin payung ajaib demi untuk kesehatan kulitkyu...halah! Yah kan, daripada gosong...

 
  Abis itu kita lewatin jembatan biar cepet potong jalan ke jalan setapak di seberang sana.
Dan masih terus jalan mengikuti jalan setapak di tengah terik matahari...Ini sekitar jam 11.30 an gitu , pas lagi panas2nya.
Seperti biasa, gua dan si Miko ketinggalan di belakang jalannya. Males banget deh nih, belum apa2 udah nemu tanjakan...
Ketemu pohon buah goldenberry gitu, ternyata enak ya buahnya..kita petikin aja, lumayan buat ilangin rasa haus.
Gak lama berjalan, kita akan bertemu satu desa yang bernama Matkyu.
Langsung semangat deh waktu dibilang kita bakal istirahat dan makan siang disini.
Nah ini nama warung makannya...ternyata bisa menginap disini juga.
Kita pesan fried potatoes, kirain gua bakal kayak french fries gitu ya, taunya beneran kentang digoreng dan dikasih bumbu2 bawang bombay, tomat, bawang putih gitu kayaknya. Rasanya enak juga loh.
Terus pesen fried chicken, keluarnya potongan dada ayam yang digoreng garing. Enak juga rasanya.
Sebelum makan berdoa dulu...eh foto dulu...
Nahh mumpung inget, jari2 kaki kita dikasih plester dulu nih, biar gak lecet2...begitu kata si Papoy.  Kita nurut aja deh, daripada nanti beneran lecet, malah susah jalan.
Nahh tuhh, jari2 kaki gua udah "dibungkus" plester...biar aman terkendali...hahaha

MATKYU - CHOMRONG
Abis makan kita lanjut lagi jalan menuju desa Chomrong. Terlihat cuacanya mulai mendung2.
Dan kita udah langsung siapin jas hujan aja dong...biar gak basah.
Ampun dehh jalan pake jas ujan itu sesuatu banget yaa...kita udah kayak sauna, langsung basah kuyup keringetan.
Sementara ujannya on off gitu, bikin kita keder. Baru juga jas hujan dilepasin karena gerah, eh gak lama dia mulai lagi hujan rintik2. Bahhhh...jadi rempong deh sama jas hujan. Harusnya pake payung aja tadinya mah...
  Pemandangan di sepanjang jalan, terlihat samar2 gunung bersalju di depan sana...
Nahh inilah yang disebut New Bridge, panjang jembatan gantung ini sekitar 280 meter. Pokoknya panjang bener deh..
Dan goyang goyang dong pas lewat sini...hadeuhh. Sedikit uji nyali, tapi yakin aja lah jembatan ini kuat dan aman. Setiap hari dilewatin kuda, keledai dan orang2 yang lewat sini.
Di jembatan ini penuh dengan bendera2 warna warni yang isinya adalah doa2 ( prayer flag ), dalam kepercayaan umat Budha kalau bendera berisi doa ini akan menyebarkan doa ke semua penjuru mata angin.
Masih sempet mejeng dulu di tengah jembatan...abis itu cepet lari ke seberang. Tinggi banget loh jembatan ini, dibawahnya mengalir sungai dan batu2an kali bertebaran.
Jadi jembatan pertama yang kita temui ini menghubungkan desa Matkyu ( jalur atas ) atau desa New Bridge ( jalur bawah ) dengan desa Jhinu Dhanda.
Menuju desa Chomrong ini betul2 cape dan menguras tenaga banget karena anak tangganya banyak bener...
Bener2 tangga jahanam deh..gak abis2. Dan kaki gua sempet kram nih. Kacau deh, jadi lama berenti2 dulu.
Kalo dihitung mungkin ada ribuan nih, cuma kita gak sempet hitung. Mau napas aja susah. hahaha. Kesel lah pokoknya, gak sampe2...
Akhirnyaaa...sampailah kita di hotel pertama yang kita temuin setelah melewati anak2 tangga jahanam itu. Luluh lantak rasanya sampe disini.
Nah ini lah namanya : Heaven View Guest House
  Beginilah penampakan kamar nya untuk ber 3...
Kamar mandinya di dalam, jadi enak gak campur dengan tamu lain.Ada hot shower nya juga.Tapi kita harus bawa sendiri perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, shampoo, sikat gigi dan odol. Karena guest house nya tidak menyediakan.

  Dan beginilah ruang makan di guest house ini.

Untuk makan malamnya kita pesan nasi dengan noodle soup.

 Si Miko pesan nasi kari ayam. Rasanya enak katanya.

Nahh, untuk baju2 kita yang seharian ini basah kena keringat dan hujan bisa dijemur di dalam kamar dan sebagian dijemur di luar kamar.


Dan malam ini kita tidur dengan nyenyak deh karena udah cape banget. Hari ini udah jalan sekitar 12 km dengan total waktu sekitar 5 jam . Sebenernya ada wifi sih, kita harus bayar Nrs 100 unlimited per satu hp, tapi karena cuaca juga kurang bagus karena hujan, jadi sinyalnya lemot banget, cuma bisa untuk chat aja. Begitu buka IG sih...loading terus. Jadi mending tinggal tidur deh, menyiapkan fisik buat besok.

Dan pas cek suhu di sini, ternyata dingin juga nih, makanya kita tidur sampe pake longjohn dan jaket, lalu tambah lagi selimut. Desa Chomrong ini berada di ketinggian 2170 mdpl.

Besok paginya sebelum sarapan, kita foto2 dulu mumpung cuacanya terang. Baru keliatan deh view di sekitar guest house pagi ini.

Tuh lumayan bagus pemandangan ke arah lembah dan bukit2 di seberang sana.

Dan kita pilih sarapan di outdoor dong...asik yaa...



Dan kita pilih menu breakfast set, dapetnya kentang goreng, telor mata sapi setengah matang dan gurung bread. Gurung bread ini rasanya enak loh, gua doyan banget dan pesen roti ini waktu balik lagi kesini.

Toast dulu dehh...merayakan cuaca cerah pagi ini...Kita udah siap untuk lanjutin trekking ke desa berikutnya. Oh iya untuk semalam kita menginap di sini, plus makan malam, makan pagi dan tambahan wifi, dikenakan charge Nrs 3820 ( sekitar Rp. 496 ribu an ). Murah meriah juga kann.
Nahhh segini dulu yaa ceritanya. masih panjang lagiiii deh pokoknya perjalanan kita mencari kitab suci. Ampunnnn dije...pokoknya gua cuma pesen : harus siapin kaki kalo mau kesini. Udah harus latihan jalan atau lari. Ini aja berarti udah hari ke 4 kita di Nepal hitungannya. Mulai dari Kathmandu, Pokhara, lalu sampe ke desa Chomrong. Fisik udah lumayan terkuras nih, walaupun hitungannya baru melewati hari pertama trekking, memasuki hari ke dua.

Tunggu aja lanjutannya yaa...karena kita belum sampe ke tujuan utama kita yaitu ABC!
Babayy Ciaobella!

Baca berikutnya disini ya :Trekking ke ABC Part 2 dan disini : Trekking ke ABC Part 3

36 comments:

  1. Woww, mantap banget perginya ke Nepal!!!

    Terakhir kali naik Thai duluuu banget, pas Bandara Suvarnabhumi belum jadi dan jadilah terbangnya masih ke Don Mueang. Waktu dulu sih kurang cocok sama makanannya, hahaha :P

    Kathmandu-nya kayaknya kotanya bagus ya bangunan-bangunannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah rasa makanannya xoxo lah ko. Kathmandu kotanya berdebu banget, kayak pergi ke daerah kota jaman 80 an gitu yg belum banyak gedung2 tinggi dan jalan raya sempit2

      Delete
  2. mihh trekking pake payung hihi... seruuu bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada gosong kulitnya put...ye kann...hehehe

      Delete
  3. Hello Mamie..aku penggemar mamie funkie selalu ngikutin cerita mamie yg seru seru and lucu. Selama ini cuma silent reader aja..tp post an kali ini gatal jg mau coment krn trip hiking di Nepal ini bener bener wow..still my dream destination tp masih ngumpulin nyali buat hiking kaya mamie..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. helo juga...wah namanya siapa nihh? thanks juga dah suka baca blog akuh..

      Delete
  4. hebat banget ci... nepal aja kayaknya ga pernah ada di list negara yang mau dikunjungi, apalagi buat hiking... ditunggu cerita2 selanjutnya ya ci...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...bukan hebat inih sih mel...kepaksa aja udah dibeli tiketnya. wkwkkwk

      Delete
  5. woowww... destinasi jalan2 mamie sungguh anti mainstream deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih saya juga heran, kenapa perginya ke tempat2 yang antimainstream gini...hahaha

      Delete
  6. yan, gw cukup baca cerita lu aza udah merasakan pegalnya kaki hahaha

    hebat banget sih lu kuat trekking gitu. 4 jempol dah utk lu.
    miko masih pasrah ya diajak trekking sm papoy. jadi ingat yg waktu trekking di rinjani itu yang dia sempat sakit demam.
    skrg udah tinggi banget anaknya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pegel lagi lim...udah sampe mati rasa...hahaha. tengkyu deh buat jempolnya..Iya si Miko udah pasrah gak bisa berkutik lagi. Tingginya pesat juga memang, skrg udah hampir sama kayak bapaknya..

      Delete
  7. Keren mamie.. Usia bole tdk muda lg tp jiwa ttp hrs muda ya mie.. Smoga saya bs spt mamie ktika anak2 sdh gede2.. Mamie penasaran apa yg p3k mamie klo ktmu mkn2an yg menjaga perut mules apalagi dsana makanan mgk gk cocok d perut ato tdk higienis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak kira2 nih jalan2 kali ini, yang muda pun bisa langsung auto menua...wkwkwk, tiba2 jadi renta ketemu jalan tanjakan gak kira2. Paling cuma bawa diapet dan minyak angin buat dioles di perut..sisanya pasrah aja..hahaha

      Delete
  8. buset cii, ini si Ko Ivan tuh bener2 sakau ya. dari hobi lari, sekarang bertambah jadi hobi naek gunung~~

    btw si alvin knp gak ikutan ya? kayaknya sepanjang aku baca, gak ada namanya dy. cm si miko doang. eh, apa ak ke skip ya hahaha

    ps: ak jg gak tau tuh ada gunung namanya Annapurna hahaha. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nihhh emang Ferguso hobby nya makin menyeramkan the..hahaha. ohh...si Alvin udah selamat terbebas dari penderitaan inihhh...dia kan lg kuliah di TO Canada

      Delete
  9. Cii aku udah lamaa bangett ga buka blog, n pas liat postingan nepal ini di IG aku langsung meluncurrr cek blog nya cci.. penasaarraan abiss...hehehe mantapp bngttt ciiii...ga sabar mau bacaa lanjutannyaa...hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mantapp kakinya sampe mati rasa ..hahhaa..sabar yaa lanjutannya lagi on process

      Delete
  10. ntah kenapa tiap baca blog ce2 ini, aku auto ngefeel same with you on spot.. hahaha.. auto ngerasa kram di kaki, deg-deg nya maupun taste makanannya.. ntah kenapa cara ce2 bercerita itu nyampe ke gw sampai gw bisa merasa dengan jelas dengan detail ada apa disana. thankyou always share ce, ditunggu lanjutannya..

    gw pantengin terus dah sambil kupas kuaci..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh itu namanya udah kecanduan..hehehe...eh kok sama suka makan kuaci...ditunggu yaa berikutnya

      Delete
  11. Hai mamie....salam kenal. Gw jg lagi plan buat Nov kesono nih. Tapi ama temen2 gilak gunung juga siy. Krn cuma jiwanya aja yg muda tapi umur kaga boong yee...hehehe...Kita lg mikir asuransi buat kesononya. Mo nanya mamie kmrn pake asuransi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...kita ga pake asuransi apa2..pikir kan pake guide, aman2 aja harusnya. Hehehe...

      Delete
    2. Ooo gt. Tanya lagi donk. Kmrn sempet tarik uang di atm ga mam? Kalo smpt narik, kena total fee brp? Tengkyuuu...

      Delete
  12. Hi Ci, boleh tanya, biaya porter usd 20 dan guide usd 25, total usd 45 itu untuk bertiga atau per org ya? Thank you infonya Ci, blog nya menarik sekali dan seruu 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hitungannya per hari...jadi tinggal hitung aja guide usd 25 x 9 hari, ditambah porter usd 20 x 9 hr. Tengkyu dah mampir ke blog sy ya..

      Delete
  13. Halo, sangat menarik blog nya. Suka dengan gaya bahasa penulisan nya.
    Btw waktu itu trekking Nya di bulan apa ya? Tanggal berapa juga? Lagu nyusun buat tahun depan hehe. Semoga Corona ini segera berakhir.
    Semoga sehat selalu mamie funky dan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah mampir kesini. Kita trekking bulan Mei tahun lalu. Tanggal 30 Mei klo ga salah inget...soalnya inget nya tgl 31 Mei sampe di ABC.

      Delete
  14. Mamie, mau tanya, jadi keseluruhan budget untuk ke ABC (mulai dari tiket pesawat PP dan hal-hal lainnya) kalobudget 25 juta untuk satu orang cukup ga mie?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya untuk 1 org budgetnya sekitar 10-15 jt an aja ..ga sampe 25 jt. Tergantung kamu brp hari trekkingnya..kan yg mahal biaya akomodasi..biaya makan..by guide yg dihitung harian.klo kita kemaren total 9 hari. Kalau kamu cuma 3 hari..pasti lebih murah lagi budgetnya

      Delete