Sunday, July 28, 2019

TREKKING KE ANNAPURNA BASE CAMP ( ABC ) - PART 3

Namaste!

Akhirnya, setelah kemaren kita berhenti di Maccha Pucchre Base Camp ( MBC ) di ketinggian 3700 an mdpl untuk menginap semalam dalam suhu sekitar -4 derajat Celcius yang bikin kita tidur dalam kedinginan yang hakiki, akhirnya hari ini kita harus tuntaskan perjalanan kita ke ABC ( Annapurna Base Camp ), yang memang menjadi tujuan utama trekking kita. Buat yang belom baca kisah sebelumnya, mendingan baca dulu yaa biar jangan jadi Jaka Sembung naek ojek...kagak nyambung jek! hihihii...Klik disini : Annapurna Part 1 dan disini : Annapurna Part 2.

Gua udah selimutan dan pake jaket berangkap2 pun sepertinya masih kedinginan juga nih. Tapi berhubung udah cape banget, jadi lumayan bisa tidur walaupun cuma sebentar. Yah eyah lah cape banget, kita udah berjalan total 38 kilometer kemaren! Kalah pelari half marathon mah...Dan tau2 subuh2 udah digebah bangun sama si Papoy. Ampunnn dije! Mau ngapain siihhh subuh2 udah berisik? Beliau bilang, kita harus jalan ke ABC subuh2, supaya bisa liat sunrise. Yah udah deh, kita mulai bersiap2, untungnya juga sakit kepala si Miko udah membaik. Mamiefunky squad harus menguatkan tekad, harus siap disiksa lagi nih. Ternyata tamu2 yang menginap di guesthouse ini pun sudah pada berangkat loh. Rajin banget sih mereka yaa! Kita doang nih yang masih ngulet2 dan males2an sambil menunggu guide dan porter kita kasih tanda untuk siap berangkat. Tentunya ransel kita ditinggal di guesthouse, bawa yang seperlunya aja karena baliknya pasti kesini lagi.
Sekitar jam 5 an subuh kita mulai jalan dan ternyata cuacanya udah mulai terang. Kita sampe bawa senter kirain disini subuh2 bakal gelap, eh taunya di atas sini mah terang2 aja, jadinya gak kepake deh senternya. Tampak di belakang sana samar2 adalah gunung Maccha Pucchre atau Fish Tail. Dan juga guesthouse2 di MBC yang atapnya berwarna biru di bawah sana.
Sepertinya roh aja belum balik ke raga, masih ngantuk dan males2an buat jalan lagi pagi ini. Mana udaranya dingin banget, sampe kita mengerahkan semua peralatan lenong yang ada, sarung tangan, topi, jaket, rompi, sweater, longjohn, semua dipake deh. Kaos kaki pun sampe rangkap 2 atau 3. Dan inilah kita siap disiksa kembali....ciayooo!
Belom apa2 udah ketemu bongkahan2 batu segede gaban yang bikin jalan jadi tambah susah aja. Kapann yaa dibikinin kereta gantung disini? hahaha, mulai halu.
Dan arahnya mulai menanjak sodara2. Jelas aja menanjak, karena kita akan naek 500 an meter ke ketinggian 4100 an meter. Asal tau aja ya, jalannya kita ini lambaaat banget, kayak keong. Sebentar2 berhenti mengambil napas panjang. Ini karena oksigen disini semakin menipis, badan rasanya cepet cape dan kaki males buat diajak melangkah.Tapi samar2 dikejauhan sana terlihat gunung es melambai-lambai memanggil kita datang.
Awalnya kita diajak melewati medan semak2 yang membuat kita berjalan penuh putus asa karena susah lewatinnya. Sebenernya bisa saja lewat bagian yang bersalju, tapi guide kita khawatir lewat sana akan terlalu licin jalannya. Padahal mungkin bisa lebih cepat kalo lewat sana.
Dan akhirnya, sinar mataharinya udah keburu tinggi deh, puncak gunung es nya sudah mulai terkena sinar matahari sebagian.
Makin lama makin terang suasananya, gagal deh niat kita melihat sunrise dari atas sana. Cita-cita si Papoy gak terwujudkan, karena kita jalannya kesiangan.
Inilah yang disebut sebagai Gunung Annapurna South dengan ketinggian 7.219 meter.
Kalo di depan pemandangan ke gunung Annapurna South, berbalik badan akan terlihat Fish Tail Mountain atau Maccha Pucchre, jadi kita berada di tengah2 pegunungan Himalaya. Keren banget!
Kalo lihat dari sini kurang terlihat "fish tail" nya ya. Maka dari itu, setelah dari ABC, kita akan melihat Fish Tail lebih dekat lagi nanti melalui jalur Mardi Himal. Glek, siapin kaki aja deh.
Dan si Miko yang imut kayak marmut ketinggalan di belakang, berjalan males2an. Lihatlah di bawah sana yang beratap biru adalah guesthouse2 di MBC, udah cukup tinggi juga kita berjalan naek.
Perjalanan panjang mencari kitab suci berlanjut lagi melewati rumput dan semak2 penuh batu2an.
Berjalan naik, naik dan naik...semua udah ambil jalan masing2 deh, bawa diri sendiri.
Hiburan satu2nya adalah kalo ketemu spot foto yang bagus, salah satunya kayak gini ini....pantulan gunung es di genangan air ini kece banget...ye kann!
Dan tentunya kagak dilewatkan dongg, harus banget foto disini! Percayalah, kalo ada kesempatan foto saat berjalan naek begini, mendingan foto2 dulu deh. Biar aja lama nyampe atasnya, si ABC bisa menunggu kok. Dah telat juga mo liat sunrise. Soalnya kalo udah berjalan turun, otak lo udah gak kepengen foto, pengennya rebahan! hahaha...
Gak nyangka kan kita bisa bawa anak trekking sampe ke pegunungan Himalaya gini ya Pap, ngomong ke si Papoy.

Biasanya mungkin orang2 pergi naek gunung bersama temen2nya, bersama pacarnya, barengan sama komunitas pendaki gunung, sama rombongan sekolah mungkin. Jarang2 kan yang pergi sekeluarga begini. Makanya beruntung banget si Miko yang masih umur 16 tahun bisa naek gunung ditemenin emak bapaknya begini. Gunungnya Annapurna pula...yang jadi favorit para pendaki gunung sedunia. Bukan gunung sembarang gunung! Siapa dulu mamienya...Mamie Funky gitu loh! *muji diri sendiri. Eh bener kan, rata2 emak2 malah ngelarang anaknya naek2 gunung.  Biasa emak2 tuh terlalu banyak takutnya, terlalu banyak khawatirnya, banyak ngelarang jangan begini, jangan begitu...halahhh! *yang jadi anak2nya kasian banget yaa...wkwkwk! Bener apa bener? Benerr lah! Gua pun sama, kalo si Miko misalnya mau ke Himalaya bareng temen2nya, pasti gua larang! Berhubung pergi bareng aja, jadi lahhh kita merasa aman2 aja. hehehe
Coba aja si Miko bandingin sama kita orang tuanya yang umurnya hampir separuh abad, baru bisa kesampean ke Annapurna sekarang. Kemana aja kita selama ini yaa Pap? Maennya cuma di got cari encu, cari kecebong, maennya di sawah cari kodok, atau cuma maen benteng dan maen karet doang, jadi kurang jauhhh maennya kakak! hahaha.
Sesekali kita berhenti buat ngaso...jalan 10 meter, istirahat 10 menit. Si Papoy aja nih yang gigit jari, pasrah liatin kita lelet banget jalannya. Cita2 beliau juga udah kandas kann untuk melihat sunrise, jadi pasrah aja liatin kita ibu dan anak yang misah misuh kecapean, mogok massal gak mau gerak lagi. hihihi..
 Tapi kalo dari atas liat pemandangannya ke bawah sana,  bagus banget kann yaa...

Jadi penyemangat buat lanjutin jalan nanjak lagi...because gua percaya, the best view comes after the hardest climb....tsahhh!
Kitapun melewati medan bersalju yang sangat licin dan lumayan bikin dingin saat angin bertiup. Disini bener2 harus hati2 banget jalannya, baru berasa pentingnya bawa trekking pole.
Wajib banget foto disini nih...bagus lah pokoknya.

Dan begitu ketemu tanjakan, mamie mendadak berubah jadi truk gandeng. Gantian deh si Miko yang nungguin sambil ngeledek : " ayo nenek-nenek, jalannya cepetan." Duhh, anak capa cihh ini, pengen dijitak!
Dan di kejauhan di bawah sana, mulai terlihat 3 orang yang pelan2 jalan menyusul kita. Mereka cepet banget jalannya, gak kayak kita. Kitaaa? Mamie aja kaliii! *gitu kata si Papoy and Miko kompak. Hadeuhh!
Somewhere between the bottom of the climb and the summit is the answer to the mistery why we climb.
Kalo ditanya kok mau2nya ke Annapurna Base Camp ini, mungkin jawabannya adalah karena gunung es di belakang sana yang epic banget. Kerennn kann!
Beginilah mother and son moment, banyakan duduk-duduk istirahat sambil foto2. Kapan nyampe nya kakak?!
Don't climb the mountain so that people can see you, climb the mountain so that you can see the world. Arrghhhh, ini cakep cekaleee sihhh view nya! Amazing!
Sebenarnya si Miko udah merasa cape yang luarbiasa, dia mulai ngomel2 dan mengeluh, buat apa sih naek gunung begini. Dia bilang liburannya kali ini sangat unfaedah. Hahhhh?! Ini pasti efek cape, sampe dia ngomong ngaco belo begitu. Annapurna Base Camp adalah impian kebanyakan orang seluruh dunia yang suka petualangan cencunya, buat sampe disini. Dan dia dengan gampangnya bilang unfaedah?! *mamie gemez, pengen jitak.
Orang2 yang gak bisa kesini memimpikan supaya bisa sampe sini, Udah kesini pun belum tentu bisa sampe atas karena cuaca buruk, trekking ke ABC ini ditutup gak boleh naek. Bahkan yang di atas sini aja di evakuasi dengan helikopter dibawa turun, ehhh ini anak malah ngomel2 gak jelas, putus asa karena kagak sampe2..halahh! *jewer kupingnya.
The mountain is calling, and I must go. Ini jalannya udah ngebut masuk gigi 5 loh....biar cepetan sampe. Itu gunungnya udah deket banget keliatannya.
Oh iya, ceritanya kita itu ketemu sepasang suami istri asal Bandung, ketemunya itu mulai di bis dari Kathmandu ke Pokhara, ngobrol2 di bis. Lalu gak sengaja ketemu lagi di Pokhara dan malahan satu bis lagi waktu dari Pokhara ke Gandruk. Terus, ketemu lagi saat mau sampe di Chomrong. Dan ketemu terus di beberapa teahouse saat istirahat, jadi udah lebih banyak ngobrolnya dan cerita2nya. Setelah itu mereka menghilang karena jalannya cepet..maklum, masih muda ye kann! hihihi, gak kayak mamiefunky yang lelet kayak siput. Nahhh saat kita di tengah jalan naek ke ABC, ketemu lagi sama mereka saat mereka jalan turun, dan mereka ternyata semalam menginap di ABC. Gilaa, padahal kan dingin banget di atas sana, kalo gua sih kagak bakal kuat lah. Mereka memang warbiasa kuat, malahan saat kita naek itu, mereka udah mau jalan pulang balik ke Pokhara, ck ck ck. Kuat banget yaa! Beda satu hari sama kita....bayangin! Yah maklum, beda generasi...hihihi *mamie masih bela diri, padahal jelas2 jalan kayak keong.
Begitu ketemu bunga ungu2, langsung ngedeprok manjyaaa...cakepppp bangettt! Bunganya!
Anak capa cihh ini, gayanya wokeh banget kannn! Kagak mau kalah sama emaknya.
Nah ceritanya guide dan porter kita naek ke batu gede ini buat foto2. Mamie yang berjiwa kompetitif tinggi pun kagak mau kalah dong, harus punya juga foto di atas batu..ye kann! Jadilah mamie ikutan naek ke batu yang memang agak susah dinaekin buat ukuran seorang emak2. Mereka khawatir banget dan bilangin gua supaya gak usah naek, bahaya katanya. Tapi mamie kan bukan emak2 biasa, udah pengalaman segalam macem juga dipanjat, mulai dari tembok, batu, pohon...cuma panjat sosial aja nihh yang belom...hihihihi.
Kalo udah diatas begini, yah harus eksis suresis dong..demi konten blog. wkwkwk! Mamie udah gila...*si Miko kagak mau ngaku ini emaknya, langsung kabur.
Kan YOLO Mik, You Only Live Once! Kapan lagi Mamie bisa menyalurkan "bakat model" nya yang selama ini terpendam, kagak ada orang yang tau, jadi sekarang harus diviralkan dongg! hihihii.
Lumayan kan buat pajang di blog. Yah eyah lah, kalo pajang di majalah mah kagak laku, yang ada dihujat netizen julid...wkwkwk!
Dan abis itu kirain mah udah deket yaa, ternyata jalannya masih panjang lagi..dan lagi...sighhhh! Bener2 bikin putus asa.
Membuat ibu dan anak tercerai berai, merayap naik menuju basecamp. Feel like it takes forever!
Difficult roads often lead to beautiful destinations....dan gua yakin destinasi kita kali ini luar biasa cantiknya.
Lihatlah betapa indahnya view di sepanjang perjalanan ini, gak heran kenapa kita lama sampe di base camp, karena banyak perhentiannya....buat foto2.
Yalordd! Cakep banget yaaa gunung bersaljunya. Gimana kagak foto2 terus dari tadi ..ye kann! Itu tandanya kita menghargai karunia alam yang indah ini!
Sekeliling kita adalah deretan pegunungan Himalaya yang termasuk dalam Annapurna Conservation Area yang merupakan wilayah yang dilindungi dengan luas meliputi 7.629 kilometer persegi serta menjadi cagar alam terbesar dan utama di Nepal.
Annapurna sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya "ia yang memberi makan" atau lebih sering dianggap sebagai dewi panen.
Area ini sangat dikenal karena banyak trek kelas dunia di dalamnya, termasuk diantaranya adalah Annapurna Sanctuary ( Annapurna Base Camp ) dan Annapurna Circuit.
Cuacanya cerah banget pas kita sampe disini, udaranya juga mulai hangat karena sinar mataharinya juga udah mulai tinggi. Langsung tancap gas biar cepet sampe, itu udah keliatan plang namanya.
Akhirrrnyaaa! Sampe jugaa kita di ABC, di ketinggian 4130 meter. Congrats kakak! *buat diri sendiri.
 Gak tau lagi mau teriak apa....yang jelas senang, happy, terharu, campur aduk jadi satu lah!
Semua ini berkat Ferguso ajak kita ke sini, kalo bukan karena belio, kagak mungkin lah kita bisa berdiri tegar disini...ye kannn! Sekarang kita bisa punya koleksi foto di sini...thankyou so much Ferguso, my partner in crime. Love u full lahh!
 Tadinya gua mau bawa bendera kerajaan mamiefunky kesini, tapi kagak sempet cetaknya. Kibarin bendera merah putih aja lah, tanda nasionalisme mamiefunky sangat tinggi...ye kann!
 Duhh, anak capa inihhh, keren banget loncatannya!
Mamiefunky squad berhasil mencapai Annapurna Base Camp di hari ke 4 trekking, tanggal 31 Mei 2019. Proud of us! Akan teringat selalu  hari bersejarah ini!
Oh iya, untung banget pas sampe sini kagak ada orang lain nih, jadi foto2nya bisa bebas gak perlu antri.
Gak kebayang deh kalo lagi high season bakal serame apa disini...Kita sangat beruntung dan cuacanya juga cerah dengan langit biru...Arghhhh, Thankgod!
Setelah puas foto2 di plang Namaste itu, kita pun berniat mampir ke teahouse yang ada di ABC sini untuk sarapan.
Tapi letaknya ada di atas sana, jadi harus jalan naek tangga lagi deh...huhuhuhu, kaki udah pegel bukan maen.
Oh iya, cerita dikit nih, kalo mau ke ABC memang seharusnya cek cuaca dan musim apa kesananya. Kalo trekking di musim dingin, sekitar bulan Nov - Peb gitu, bakalannya dingin banget, karena semua tertutup salju. Ini foto2 punya guide kita saat dia trekking di musim dingin...
Jadi fisik pun harus kuat banget yaa, selain karena melewati trek yang menanjak, udara dingin pun bakal jadi masalah tersendiri, harus tahan dingin. Wewww...liatnya aja udah merinding disko yak!
Jadi jalanan yang tadi kita lewatin bakal kayak begini saat musim dingin. Brrrrrr! Mau duduk dimanaaa kalo cape? Kalo gua dan si Miko tadi kan masih bisa duduk2 buat istirahat....
Dan bahkan 3 bulan sebelum kita sampe disini, yaitu sekitar bulan Pebruari 2019, Annapurna Base Camp ini dilanda badai salju yang memporak porandakan bangunan guesthouse dan teahouse disini.
Serem banget kannn kalo kayak begini, apalagi misalnya pas kita lagi trekking kesini saat itu, kagak kebayang deh...
Bangunan2 hampir rata dengan tanah....
Dan bayangin aja salju nya setinggi apa, kalo orang aja sampe bisa duduk disamping plang Namaste ini yang tadi  kita foto berdiri di sampingnya aja masih diatas kepala kita tulisannya. Uwowww! ( foto dari akun IG @karl-olivier
Makanya pas kita sampe di basecamp ini, kondisinya masih acak2an dan lagi dibangun kembali yang roboh. Bangunan yang masih berdiri pun sedang direnovasi.
Yang kemaren kita ketemu orang2 mengangkut kayu balok dan lain2, yah itu buat pembangunan disini. Pokoknya suasananya acak2an deh disini dan gak memungkinkan para trekker untuk menginap disini. Mudah2an aja cepet pulih lagi nih. Katanya sekitar 2 atau 3 bulan pembangunannya bisa selesai.
Tapi ternyata ada juga guesthouse yang selamat dari badai salju itu. Mungkin ini satu2nya yang selamat kali ya? Dan kita sarapan disini. Sepertinya yang pasangan suami istri dari Bandung itu juga menginap disini. Tapi cuma ada ruangan makan begini, terbuka dan pastinya sangat dingin. Wong kita cuma duduk sebentar aja langsung merinding kedinginan.
Dan di dindingnya terdapat semacam Wall of Fame yang penuh dengan foto2 para trekker dari seluruh dunia yang menempelkan fotonya disitu. Kita pun kagak mau kalah, nempelin foto kita di tempat yang masih kosong, dekat dengan foto guide kita yang udah ditempel sebelomnya. Jadi, kalo ada yang ke ABC, cari foto2 kita yaaa...from Indonesia! *bangga banget! hahaha...Lucunya, nempelinnya pake handyplast gitu ...darurat kagak punya doubletape. Mudah2an awet ya nempel disitu...
Dan inilah sarapan kita pagi ini...kita ambil yang breakfast set, isinya kentang goreng, gurung bread dan telor. Minumnya cold lemon dan cocacola. Harganya semua Nrs 1630 ( sekitar Rp. 211.000 ). Tuhh kan, semakin tinggi dan ini tempat tertinggi di jalur trekking ABC, harganya semakin mahal! Beng2 nya sih bawa sendiri, dan itu udah stok terakhir...hehehe
Yang mahal adalah breakfast set nya yang dihargain sekitar Rp. 100.000 an dan coca cola nya juga sekitar Rp. 54.000 an. Yah maklum lah, semuanya diangkut dengan tenaga manusia. Rasanya enak juga ...*apa efek lapar? Gak lah,  beneran enak kok.
Abis makan, kita keluar ke halaman belakang guesthouse dan menemukan bendera Nepal yang kontras banget warnanya dengan backgroundnya gunung2 bersalju ..Keren!
Dan berjalan naek sedikit, kita akan menemukan tanah lapang dengan pemandangan  yang warbiasa kece. Dari sini kita bisa melihat pemandangan 360 derajat pegunungan Himalaya yang bikin berdecak kagum dan tak henti2nya mengucap syukur kita bisa sampe disini. Jadi kalo mau melihat pegunungan Himalaya secara 360 derajat, disinilah tempatnya! Sayang nih bikin videonya asal2an, jadi kurang okeh...
Di Annapurna Conservation Area ini terdapat gunung2 yang ketinggiannya mulai dari 6000 - 8000 meter. Puncak-puncak gunung  Annapurna masuk ke dalam jajaran gunung yang paling mematikan. Sebut saja Annappurna I Main ( yang utama ) tingginya 8.091 meter yang menjadi gunung ke 10 tertinggi di dunia. Buat informasi aja, inilah daftar gunung dengan puncak lebih dari 7.000 meter di Annapurna yaitu:
- Annapurna I ( Main ), dengan ketinggian 8.091 meter
- Annapurna II, dengan ketinggian 7.937 meter
- Annapurna III, dengan ketinggian 7.555 meter
- Annapurna IV, dengan ketinggian 7.525 meter
- Gangapurna, dengan ketinggian 7.455 meter
- Annapurna South, dengan ketinggian 7.219 meter
Beuhhh, ini yang tadi ngeluh2 karena cape dan bilang unfaedah naek2 gunung, malah foto2 banyak banget.
Liat aja gayanya, udah macem fotomodel kelas kecamatan. Keren juga gayanya. hihihi...
Dann buat para incess ibukota nan manjya mempesona, buat kaum sosialitah cetar membahana seantero jagad raya, kalo mau kesini sih gampang banget. Jangan ikutin cara mamiefunky yang seorang rakyat jelata dengan sengsara setengah mampus trekking kesini. Kalian mah cukup rogoh kocek aja bayar buat naek helikopter yang akan mendarat cantik di helipad yang tersedia disini. Tuhh yang rumput hijau bulat itu lah helipadnya. Dari situ kalian tinggal melangkah manjah mempesona menuju spot2 foto yang ada disini. Setengah jam cukup lahh. Bayarnya kagak mahal kok, cuma beberapa ratus dollar Amerika aja. Gua aja yang udah terlanjur sesat nyemplung kesini..merasakan siksaan durjana bin jahanam menyiksa jiwa raga dan kaki. hihihi....
Tuhh, kira2 kayak begitulah kalo naek helikopter ke ABC, mendarat cantik paripurnah di landasan heli ini.
Nahh itu capa cihh  yang loncat2 macem iklan sepatu Nike...kerennn banget! Mamie pengen juga loncat2, tapi kagak bisa...hiks! Udah keberatan dosa...
Biarin deh nih anak banyak foto2nya disini, biar dia terkenang selalu...daripada bilang unfaedah kesini..ye kann!
 Cool banget cihhh gayanya...emang dingin sihh diatas sini! *gak nyambung
Mamie mah gaya begini aja, gaya anggun mempesona layaknya orang tua...wkwkwk...
Ehh tapi bisa juga ding loncat.....I'm flying without wing!
In the end, it's about being proud of yourself for being where you are now....Entah nyambung atau gak nih quotenya...hahaha
We are mamiefunky squad, we are family. And we are very proud of it.
You jump I jump!
Oh iya, diatas sini ada semacam monumen yang merupakan memorial terhadap para pendaki yang sudah meninggal. Bentuknya tembok setinggi kepala dengan ditaruh genta besar dari besi dan dipenuhi prayer flags warna warni. Para trekker akan menaruh foto2 orang yang meninggal di cerukan temboknya, berisi data asal darimana dan tanggal lahir serta tanggal meninggal. Katanya akan mempermudah jiwa2 yang meninggal itu menemukan surga.
Kalo gak salah, ini memoriam untuk seorang pendaki terkenal yaitu Anatoli Boukreev dari Rusia ( yang pernah menjadi pemandu tim ekspedisi Koppasus dan sosok yang menjadi tokoh dalam tragedi pendakian Everest tahun 1996 yang difilmkan itu ). Akhirnya beliau meninggal dalam pendakian tahun 1997 karena tertimpa longsoran salju. Sampai saat ini mayatnya tidak pernah ditemukan.
Dan seperti beginilah plakat memorialnya, tertulis quote beliau disitu yang berbunyi : "Mountains are not stadiums where I satisfied my ambition to achieve. They are cathedrals where I practise my religion." Beuhh, merinding...( foto dari website : https://commons.wikimedia.org )
Thankgod for everything.
Tuhan itu baik banget sama kita, dikasih cuaca yang cerah, dikasih langit yang biru sebiru2nya.
Dari atas sini, kita bisa melihat ke arah basecamp yang masih dalam tahap renovasi bangunan2nya yang terkena badai salju.
Dan di tengah2 situ, ada juga patung kepala orang berwarna emas yang juga menjadi semacam monumen memorial kepada para pendaki yang meninggal dalam pendakian.
Nahh ini tampak dari depan, patung kepala emas nya yang di sebelah kanan itu. Pegunungan saljunya bener2 amazing yaaa dari arah sini.

Setelah puas foto2 di atas, kita pun langsung berjalan turun buat balik ke MBC. Mungkin sekitar jam 9.30 an gitu. Herannya, udah gak ada trekker lain lagi yang ada di sini. Sepi banget...
Oh iya, kita lewatin plang Namaste lagi, kalo dari arah atas, tulisannya : "Thankyou for visiting Annapurna Base Camp. See you again" Terimakasih kembali! Tapi sorry deh, kayaknya kagak bakal see you again, cukup sekali aja Maria kesini. Once is enough!
Terakhir sebelum beneran jalan turun, Maria loncat2 lagi di plang Namaste itu...dari tadi kagak bisa2 loncat tinggi, mungkin gravitasi disini lebih kuat kali yaa. Ini satu2nya foto yang terlihat loncatannya, sisanya kacau beliau...hahaha.
Akhirnya....perjalanan turun pun dimulai, dengan pemandangan yang amazing di depan mata.
Gilaaa, cetar banget kan view nya. Itu Fish Tail nya terlihat jelas dari sini...
Tapi jangan dikira perjalanan turun lebih mudah daripada naik, sama aja nyiksa nya! Saat itu jam 10 an matahari nya bener2 ganas menyerang muka, hawa gerah sudah mulai terasa, sehingga satu persatu layering jaket mulai dibuka. Yang satu nemplok di kepala...
Hadeuh, padahal view nya bagus banget yaa, ehhh itu jaket kagak sempet diturunin dari kepala...wkwkwk, bikin rusak fotonya aja ya! Oh iya, ini anjingnya kan yang kemaren sore ada di MBC, dia ngikutin kita seakan2 mengawal kita turun.
Miko and the doggy, setia banget yaa anjingnya. Kasian dia kagak pake sepatu, entahlah, apakah kakinya kedinginan atau gak ya ituh? Lupa nanya...hihihihi
Me and doggy...mengikuti terus dari belakang sampe ke guesthouse.
Gua paling suka foto ini...keren bangettt kann!
Udah kayak iklan The North Face di salju2 gitu.....ya gakk sihh?!
Pokoknya uwowww banget lahhh pemandangannya. Disinilah gua baru nyadar artinya trekking ke Annapurna, bukan ABC nya yang jadi destinasi, tapi sepanjang perjalanannya ituh lahhh yang indah tiada tara tak bisa diungkapkan dengan kata2. Kalo naek helikopter, mana bisa foto begini..ye kan?!
Kita udah seperti pendaki profesional.....yang berfoto di tengah2 pegunungan salju, tanpa ada orang lain. Keren gakkkk sihh?! Kok gua berasa keren yaa! hahaha.
Menengok ke belakang untuk terakhir kalinya ke arah ABC, perlahan2 puncak Annapurna South mulai tertutup kabut.

Kita pun berjalan semakin kencang, supaya cepet sampe ke guesthouse. Udaranya udah terlalu panas, dan disini sempat berpapasan dengan beberapa trekker yang berjalan naik.
Wohooo, akhirnya di belakang sana hampir full tertutup salju. Kita semakin bersyukur tadi udah dapet foto2 yang bagus dengan pemandangan gunung yang clear dan langit yang biru. Merasa makin beruntung dibanding para trekker yang baru sampe. Mau lihat apa lagi di atas sana kalo udah ketutup kabut begitu ya? Kasian juga....Emang nih, urusan naek gunung pun hoki2an ya. Seperti waktu kita ke Gunung Prau bulan April kemaren, kita pun kurang hoki karena gunungnya ketutup kabut sebagian. Jadinya kurang maksimal. Tapi sihh memang, bukan puncak yang menjadi tujuan utama, tapi perjalanannya itu sendiri lah yang terpenting, apalagi bisa pulang dengan selamat,, itu sudah hal yang warbiasa. Thankgod!
Arrgghhh, udah mulai keliatan guesthouse di MBC, tapi itu bukan guesthouse kita menginap. Guesthouse kita ada di sebelah bawah lagi, dekat tangga turun, jadi masih jauh lagi. Sempet nyasar pula, pas disini ada dua jalan, lebar dan sempit, ku pilih yang sempit karena katanya kan kalo pilih yang lebar itu api, jiwamu mati, tapi yang sempit, jiwa berglori...halahhh! *maap, nyasar ke lagu gereja. wkwkwk! Lumayan nyasarnya sekitar 100 meteran, bolak balik 200 meter, di hawa yang panas dan kondisi cape begini cukup bikin emosi jiwa juga...
Disini kita bener2 dipaksa jalan lebih cepet, karena waktu check out di guesthouse kita adalah jam 12. Guidenya udah khawatir kalo lewat dari itu, kita bisa kena charge. Jadi mau gak mau, biarpun kaki udah berasa pegel tak terkira, kita usahain jalannya cepetan dikit.
Dann akhirnya, sekitar jam 11.40 an kita sampe juga di guesthouse udah dalam keadaan basah kuyup keringetan. Karena tadi pagi pake berlapis2, pas turun kena panas matahari haram jadah, langsung deh leleran keringet.
Abis itu kita harus buru2 packing ransel, itupun lumayan makan waktu kann, masih harus pisah2in baju kotor dan jaket2 yang udah gak dibutuhkan lagi. Untung aja masih dikasih tolerasi sampe jam 12 an gak kena charge guesthousenya.  Dan beginilah biaya makan dan menginap di Ganga Purna View Lodge di MBC : Nrs 3.480 ( sekitar Rp. 450.000 ).

Tuntas sudah misi kita ke Annapurna Base Camp ini! Gilaa juga yaa, kita trekking ke ABC doang bolak balik hampir 8 jam sendiri! Ini sih warbiasa banget dahhh! Padahal jaraknya cuma sekitar 2,9 kilometer, bolak balik hampir 6 kilometer, tapi waktunya lama banget! Entah lah lama dimana. So pasti lama duduk2 dan foto2nya lahh! hahaha.... Gua kan kagak mau balik lagi kesini, jadi harus foto banyak2 dong! Gak mau rugi, udah mahal2 kesini, harus dapet yang banyak! Udah gitu, pake acara sarapan pula di atas. Tambah bikin molor lagi waktunya. Sepertinya cuma mamiefunky squad doang deh yang menghabiskan waktu paling lama untuk trekking ke ABC. Semua orang udah pada menghilang, cepet2 turun. Ck ck ck, memang kita mah rombongan paling ter totalitas lahhh!

Bisa dibilang, perjalanan ini adalah the most incredible experience in mylife, our lives! More than we can ever see in a life time! Kagak nyesel dehh udah cape2 trekking ke mari, worth it banget dengan pengalaman yang didapat. Kagak usah sirik sama yang bisa naek helikopter ke atas, mereka cuma dapet sedikit pengalaman. Kalo kita bisa berinteraksi dengan orang lokal Nepal, dengan makanannya, dengan alamnya..bener2 pengalamanan luar biasa deh!

Dan perasaan saat naek dari awal trekking sampe ke ABC ini, perhatiin treker2 yang lain sepanjang jalan, sepertinya gua adalah trekker cewek yang paling tua deh saat itu! Secara umur yaa! Ketemunya trekker cewe yang masih muda2, 20 - 35 tahunan gitu, usia yang lagi fit2 nya stamina. Pas jalan turun, baru deh ketemu rombongan trekker dari China yang kebanyakan lansia. Disitu baru deh gua merasa malu dari kemaren ngeluh2 dan jalan layaknya orang tua, merasa jadi orang paling menderita sedunia. Eh liat lansia2 itu pada semangat jalannya, jadi bikin gua yakin, gua harus lebih kuat daripada mereka.
Nahhh, jadi yang pada mau ke ABC, bersegeralah! Gak liat umur berapa, yang penting persiapan fisik dulu sebelum pergi, itu wajib yaa. Jangan sampe udah di tengah jalan, nangis pengen pulang. Maria juga nyaris menyerah, tapi untung ada Ferguso yang tukang gebah kita, jadi gak ada waktu buat nangis2, yang ada harus menguatkan  hati dan berkali2 bilang : I can do it! I can do it! And then, our dream came true! That's it! Praise the Lord! Kita sampai di tujuan utama kita, dalam kondisi sehat, gak terkena serangan AMS atau sakit, dikasih cuaca yang cerah ceria. Thankgod!

Okay dehh segini dulu yaa cerita ABC nya. Abis ini masih ada perjalanan turun dan lanjut trekking ke gunung satunya lagi. Hahhh? Apahhh? Ke gunung lagi? Iyahhhh! *mamie mendadak pingsan....krik krik krik. Sunyi senyap.....
Babay Ciaobella!

Baca lanjutan trekking kita disini : TREKKING KE MARDI HIMAL

1. Serrrruuuu bangetttttttt!!!!! Aku kagum mami, papoi dan mikooo! keren kalian semuaaa. akupun jg penasaran sama cerita turunnya. jadi itung2 kaya double kilometer yaa. hahahaha. :D totalnya berapa hari ci PP?

1. Iya bener bgt pi, baliknya jalan itu lagi..huahhh cape tak terkira dah...total jadi 8 hari

2. waduh ce itu emang cakep super cakep banget sampe aku yang ngeliat aja udah ngela napas gak tau berapa kali.. tiap ce2 nulis berhenti aku seolah ngambil napas panjang dulu ahahahahah.. sumpah terniat ternekad banget, aku mah cukup liat dari blog mamiefunky aja deh.. karena kalo untuk jalannya, belum jalan aja ntah kenapa betisku mendadak terasa ngilu, linu dsb dsbnya..

awesome destination.. niatnya yang mantep banget, ditunggu cerita lanjutannya lagi sambil ngela napas dulu nyeruput kopi.

1. Hahaha..iya memang realnya betis, telapak kaki, paha, semua ngilu...gak terkatakan lagi deh. Tunggu aja ya lanjutannya

3. Mantappppppp bgt d pemandangannya cik... kepengen tapi rasanya daku tak sanggup hehehe. G kagum n terharu baca ceritanya akhirnyaa sampe juga di ABC. Baca blog cici jd berasa g naik gunung juga wkwkwk

1. Iya view nya mantapp bgt wi...klo kagak mantap sihh sy udah menggelinding turunnya deh..kesel kann kalo ga sebanding sama jalannya...hahaha

4. Subhanallah... indah banget gunung berselimut salju ditimpa sinar matahari. detil cerita dan foto bikin serasa ikutan trekking. Makasih mamie untuk cerita ABC-nya

5. Ternyata kita sudah pernah ketemu 2x di Gunung tante.. pertama di Rinjani tahun 2016 (saya berenam dan kita bareng turun ke Danau Segara Anak). Kedua di ABC bulan Juni 2019... si om ada nyapa saya ketika lagi lanjut ke MBC dan kalian sudah jalan pulang..

1. Ohh ya? Ternyata yaaa...bisa ke gunung yang sama dalam waktu bersamaan..hahaha. kata si om, yg waktu di rinjani kalian mau lewat torean tapi ga jadi..iya bukan ya?

2. iya betul sekali.. tidak jadi lewat torean karena bukan jalur resmi dan agak berbahaya...

3. Tapi hebat yaa..kamu kok inget sama kita? Pas ketemu blog ini kah? Kamu ada blog atau medsos gak?

4. bisa inget karena tenda kita bersebelahan di Pelawangan Sembalun, lalu cuma tante saja yang paling funky.. naik gunung pake sendal crocs dan pake payung besar... :D, Cerita tentang tante inilah yang kami ulang2 klo pas ketemuan (teman sejalan pas ke Rinjani)

Blog ada di cantigi.net tapi jarang update :D