Thursday, March 23, 2023

PENGALAMAN CABUT GIGI BUNGSU

Hola again!

Urusan gigi bungsu ini sebenernya udah lama banget, sekitar tahun 2016 an udah mulai ketahuan kalau si gigi bungsu itu tumbuhnya tiduran atau miring. Dua dua nya lagi, kiri dan kanan semua tiduran giginya. Ketahuannya setelah di rontgen karena emang waktu itu gak ada keluhan sama sekali. Biarpun dokter udah menganjurkan untuk dicabut waktu itu, tapi karena gak mengganggu dan saat itu kayaknya sayang duitnya buat gigi yang belum mengganggu, jadi dibiarkan aja. Akhir tahun 2018 , pergi konsul lagi ke dokter gigi dan disuruh rontgen lagi karena rontgen pertama yg udah 2tahun lalu itu gak valid lagi. Dan emang tuh gigi bungsu udah mulai menyerang gigi depannya. Dokter pun udah jadwalin untuk cabut gigi. Eh lalu si covid datang menyerang dunia ini. Udah deh, Maria mundur teratur dari dunia pergigian...hahaha. Udah kagak nongol2 lagi ke klinik dokter giginya, langsung menghilang pake jurus ninja. Soalnya covid lagi parah2nya..boro2 mau buka mulut untuk diperiksa, buka masker aja horor banget kan waktu itu. Udah deh....ditunda lagi sampe akhirnya dunia aman kembali.

Nahh, di tahun 2023 ini.. gigi Maria yang di depannya gigi bungsu itu mulai bolong2, udah mulai sangat mengganggu. Setiap kali habis makan, harus congkel2 terus bersihin kotorannya. Repot dan menyiksa juga lama2. Terus, berhubung pernah baca ada yang operasi impaksi ( gigi yang tumbuhnya miring atau di dalam geraham sebagian karena gak cukup ruang untuk tumbuh ) yang dicover oleh BPJS, mengingat biaya operasi /cabut gigi bungsu ini terbilang mahal karena membutuhkan dokter bedah mulut atau dokter gigi yang punya spesialis bedah mulut  ( yang butuh tindakan anestesi ( obat bius ), yah sebagai peserta BPJS tentunya Maria mau pake juga dong fasilitas ini. Maka pergilah Maria ke klinik Siloam sebagai fasilitas kesehatan BPJS yang ada praktek dokter giginya di deket kantor.
Sebelumnya gua udah daftar online di aplikasi JKN, jadi sampe situ data udah ada dan tinggal nunggu dokter dateng. Setelah itu ditensi dulu dan hasilnya tinggi banget.... atas 164, bawah 113. 
Sampe minta diukur 2 kali buat memastikan, tapi hasilnya sama aja...Haiyaaa, apa iya Maria udah setua itu? sehingga kena hipertensi? Hadeuh..Awalnya emang suka lemes dan sakit kepala. Maria nebaknya karena gigi bungsu itu. Makanya buru2 mau dicabut aja sebelum infeksi.

Pas di ruang dokter, disitu bahkan kagak disuruh buka mulut, cuma  ditanya keluhannya apa. Yah Maria cerita dong niat Maria mau cabut gigi bungsu, lalu dokter gigi jelasin kalau bagian ini bukan kapasitas dia untuk melakukan tindakan operasi impaksi itu, terus disarankan untuk pergi ke rumah sakit yang telah ditunjuk ( rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS ) dan nanti Maria harus pilih RS nya yang mana supaya admin klinik ini bisa keluarin surat rekomendasi/pengantarnya. Pilihan RS nya untuk bagian gigi  ( untuk area BPJS Jakarta Barat tempat domisili Maria daftar BPJS ) cuma ada : RS Pelni, RS Hermina Daan Mogot, RS Bhakti Mulia, RS. Sumber Waras, dan ada 2 lagi yang gak familiar. Cuma itu tok pilihannya, sampe gua tanya lagi sama susternya : "Cuma itu aja sus pilihan RS nya, yakin gak ada lagi? " Gua pikir bisa pilih RS Siloam seperti dulu waktu sakit kuku cantengan aja sampe dirujuk ke RS Siloam ( baca disini : KUKU CANTENGAN  )...Ternyata sekarang aturan BPJS udah berubah. Untuk RS yang ada IGDnya, hanya melayani BPJS untuk penyakit kritis yang dibawa ke IGD tersebut, gak bisa berobat ke poli kliniknya lagi. Ahhh elahhh, mana gua lagi butuh. Dan terpaksa gua pilih lah RS Pelni, udah berusaha daftar online, tapi terus dikasih pilihan : mau BPJS premium harus tambah biaya bayar sendiri sekitar Rp. 380 ribu atau jalur BPJS biasa. Perbedaannya katanya di layanan dan fasilitasnya. Lhaa? Bisa gitu ya? Kalau gua gak mau bayar dan pilih reguler, layanan macam apa yang bisa gua dapet ya? Bener2 galau dan kayaknya bakal dilempar sana lempar sini juga urusannya. Terus tanya asuransi Allianz pun, katanya untuk gigi tidak dicover kecuali karena kecelakaan. Mungkin kalau gigi jatohnya lebih ke kosmetika gitu ya..kan banyak yang ke dokter gigi untuk mempercantik seperti di bleaching, diveneer , pasang bracket..dll. Bukan untuk mengobati sakit giginya. Beuhh...ribet juga ini urusan gigi bungsu. Jadilah gua tunda lagi urusan giginya....hadeuhh!

Tapi dipikir2, kalau ditunda lebih lama lagi, bakal makin menderita congkel2 bersihin giginya. Akhirnya diniatin periksa lagi ke dokter gigi pertama yang biayanya pake biaya sendiri kagak dicover2 BPJS dan asuransi. Bahhh!. Dan seperti yang sudah Maria duga, disuruh rontgen kembali ya sodara2 karena data rontgen kemaren udah gak kepake lagi. Haiyaaa...jadi total rontgennya dari tahun 2016 sampe 2023 sejumlah 3 kali aja bossque untuk urus gigi bungsu ini. Parahhh kannn! Sekali rontgen bisa 250 - 300 ribu, berarti udah hampir sejuta aja untuk biaya sebelum cabut giginya. Untungnya, tiap kali konsul, dokternya belum kenain biaya, alias free konsul. Nah itupun Maria gak langsung pergi ke lab untuk rontgen gigi. Karena pas bilang ke dokter kalau tekanan darah Maria ada di 168..dia menolak untuk melakukan tindakan kalau misalnya masih tinggi. Jadi Maria harus turunin dulu tekanan darahnya.   Terakhir pas lagi anterin Miko ke RS, nebeng tensi sama suster, teteup aja masih tinggi.Halahh...akhirnya tunda lagi sampe hampir sebulan...sampe dokter giginya udah lupa kali..hahaha.
Akhirnya, setelah jalanin hidup lebih sehat ( prett! ), makan bergizi, tidur cukup, olahraga gak mageran, pas tensi lagi udah lumayan turun lah tekanan darahnya. 
Abis itu langsung Maria pergi ke lab untuk rontgen gigi, cuma sebentar aja kok hasilnya udah keluar. Sekitar 20 menit udah ada hasilnya. Biaya rontgen Rp. 300 ribu. Keliatan kannn gigi bungsu kiri dan kanan yang rebahan dari awal sampe sekarang? 
Akhirnya setelah hasil rontgen gigi ada di tangan, buru2 kontek dokter gigi dan minta jadwal cabut gigi secepatnya, mumpung tekanan darahnya juga kagak tinggi.
Akhirnya dapet jadwal cabut gigi di hari Jumat tanggal 10 Maret 2023...hebat kann..Maria cabut gigi aja ada wartawan yang meliputnya...wkwkwk! Deg deg an setengah mati...karena itu gigi diujung, miring, susah banget dicabut, sampe dokter mengerahkan tenaga dalamnya sekitar 1/2 jam an, akhirnya berhasil juga gigi bungsunya dicabut. 
Nahh inilah penampakan gigi bungsu jahanam seharga 3 jeti ituh! Gede banget kann? Kebayang lobang bekas gigi ini segede apa..makanya sampe dijahit dulu itu lubangnya. Tentunya disuntik bius dong ya. Nanti 5 hari balik lagi untuk cabut benang nya. Yah keluar dari klinik dokter gigi sih rasanya sebelah muka mati rasa dan baal ya, bibir tebal banget, berasa bonyok karena mangap terus setengah jam an. Ampun dah...horor juga. Untung gak terlihat darah2 berceceran...
Dikasih resep obat penahan sakit dan antibiotik yang harus diminum habis. Sementara makannya di sisi sebelah yang giginya gak dioperasi sampe sebulan. Hahh? Lama amatt? Kurus dong saya? Iyah sih bener...besokannya gua makan bubur ayam aja...sekitar 2 hari, lumayan turun 1 kg. hahaha...Tapi emang obat penahan sakitnya ampuh banget..gak berasa sakitnya. 
Berita baiknya : gigi bungsu kanan berhasil dicabut dengan sukses dan gak sakit.
Berita buruknya : masih ada gigi bungsu kiri yang masih harus dicabut juga karena miring, lalu gigi atas kiri yang bolong . Jadi masih ada antrian 2 gigi yang masih harus dicabut. You know kan harganya berapa? *Maria pingsan. 
Udah gitu, setelah 5 hari balik lagi ke klinik dokter gigi untuk cabut benang, lhaaaa...itu level sakitnya meningkat dari yang tadinya 1, cuma perih2 kayak sariawan doang...sekarang udah level 10 kayak bener2 sakit gigi, seluruh gusi nyut2an, ngilu sampe sakit kepala. Astagaaa! Apakabarnya nanti kalau dicabut 2 gigi lagi? *beneran pingsan!
Terus selama recovery ini kan makan disebelah kiri, lha penderitaannya congkel2 kotoran sesudah makan jadi pindah di sebelah kiri ini. Karena emang bolong kan gigi atasnya. Masya olohhh! 
Makanya, sekarang mah Maria lagi mode senggol bacok on terus lahh! Keselll! Sakittt! Sebell! Males ngomong..males buka mulut! Semoga kurus! wkwkwkwk ..*udah gila.

Udah dehhh..sambil nunggu recovery gigi yang habis dicabut ini kembali normal ( sekitar 6 bulan )..Maria terpaksa harus hemat2 nabung dulu buat bayar 2 gigi yang bakal dicabut. Huahhhh...
Yahh begitulah kisah gigi bungsu laknat ku yang mahal sekaliii....pengen kunyah2 roti kan jadinya!

Para pembaca blog Maria yang budiman, apakah punya pengalaman cabut gigi bungsu dengan BPJS? Tolong infonya yaa...siapa tau lebih murah, mudah prosesnya..jadi happy ending kan harusnya. Gak ngomel2 macem Maria begini....hahaha

Babay Ciaobella!

2 comments:

  1. Gue sudah mengalami cabut gigi bungsu di Jakarta, dan juga di NZ. Di Jakarta jujur saja lebih ribet prosesnya, dan rasanya sembuhnya kok lebih lama. Tapi kalau soal harga, Jakarta jauh lebih hemat hihihi. Ngga usah ngomong soal gigi bungsu deh, rata-rata tambal gigi ada di 270-340 dolar per gigi (ini di dentist yg gue pergiin). Nambel doang loh ya. Tiap tahun gue ke dentist dan dikasih yearly plan, rasanya pengen mejret, tapi ya dijalanin aja demi gigi dan gusi yang sehat. Soal cabut gigi bungsu di Indo, ada harga ada rupa (ini kata temen gue krn dia udah smpt ke lebih dr 1 dentist), ngaruh dari proses dan juga obat yg dipakai. Berhubung gigi ada urusan hubungan syaraf otak plus pendengaran jg, mmg kudu extra hati2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, urusan gigi deket banget sama syaraf, makanya ditunda2 terus karena takut efek sampingnya. Tapi mau gak mau harus dikerjain juga dan pilih dokter nya yang bagus. yang penting aman dan selamat dah...Gilaa juga di NZ lebih cetar lagi yaa harga dokter giginya....kerjaan nabung terus dah itu sih..

      Delete