Friday, October 27, 2023

LAMPUNG, PALEMBANG, PADANG DAN MEDAN TRIP

Holaa holaaa! Maria comeback nih....dari mager yang panjang...hihihi!
Pasti pada kangen...Hahhh? Apahhh? Gak kangen? Ya udah, bye! *langsung diblok ! hahahaha..

Melanjutkan postingan sebelumnya dimana Maria blusukan dari baratnya pulau Jawa, sampe ke timur Jawa...sekarang Maria posting cerita blusukan yang dimulai dari bagian bawah pulau Sumatera, sampai ke atas pulau Sumatera.
Nahhh, kita mulai ceritanya satu satu yaa...

LAMPUNG

Awalnya udah males2an perginya, karena gak ada jadwal pesawat Garuda yang pas nih untuk rute Jakarta Lampung PP. Akhirnya berangkatnya naik pesawat Super Airjet, naiknya di Terminal 1 Soekarno Hatta. Dan boarding ke pesawatnya naek tangga manual dong...kita udah kayak TKI mau dikirim kemana inih..hahaha...
Karena penerbangannya sebentar banget, kayaknya cuma 25 menit gitu, tau2 kita udah sampe...gak lupa foto dulu sama gajah..buat perbandingan aja kalau Maria belum segede gajah, belum perlu diet mati2an..LOL!
Langsung sat set sat set kerja, terus makan siang diajak ke Resto New LG yang jual nasi bakar. Gua pesen nasi bakar ayam ...porsinya gede juga nih..Rasanya memang seenak ituhhh kakak!
Malemnya nginep di Hotel Batiqa, area penerima tamunya kecil banget...
Tapi lumayanlah kamarnya bersih dan cukup luas.
Karena kita masih kekenyangan akibat makan nasi bakar siang tadi, jadi pas check in di hotel, Maria ke tempat gym nya dulu mau bakar lemak. Lumayan nih tempat gym nya banyak alat, kebetulan sepi gak ada orang satupun.
Jadilah lari2 cantik di treadmil sekalian mau bikin konten lari. 
Eh, karena banyak gaya, jadi gak perhatiin lagi kaki dan treadmil nya gak sinkron, jadilah Maria jatuh terbanting. Kebetulan mendarat di dengkul duluan. Jadilah tuh dengkul Maria bonyok...dan sampe berhari2  bengkak...Hiks! Masih untung sih kagak keseleo. Kacau dah kalau keseleo, di kota orang dapet musibah gitu kan repot ya....Ini fotonya masih baru jatoh, belum biru bonyok dan belum bengkak..besoknya bengkak nyut2an..
Karena belum makan malam, dengan kaki terpincang2 akhirnya cari makan yang dekat hotel. Jadilah kita makan ayam bakar di tenda sebrang hotel. Enak juga ternyata.
Terus ada toko roti Sheena Bakery yang jualan aneka macam roti dan kue2 buat oleh2. Kita pun mulai comot sebiji dua biji buat oleh2.
Resto tempat sarapannya juga gak terlalu luas, 
Pilihan makanannya lumayan enak2.
Siangnya kita makan Pempek 123 yang hauce sencinping...hahaha..cuma tumben gua lagi kesambet, kagak borong bawa pulang. Males bawanya.
Abis itu mampir ke Jon Bakery yang terkenal dengan roti duriannya. Yah Maria beli aja buat oleh2...hahaaha, orang Jakarta bingung ya bawa oleh2nya apa...Rasanya sih xoxo aja...Lihat dong harganya, mahal banget ya buat ukuran kota Lampung yang UMR nya aja berapa tuh...Tapi emang masyarakat sekarang kan pada konsumtif ya, berapapun pendapatannya kalau udah urusan makanan, kuliner, kopi, yahh dibeli aja daripada ngiler...hihihi.
Dan untung beneran kagak bawa oleh2 pempek, karena pesawat pulangnya kan kita naek Lion Air, itu delay sampe 5 jam. Kita udah di bandara Lampung tuh dari jam 3 an sore..
Tercetak di boarding pass waktu boardingnya 16.10..
Sampe langitnya gelap, jam udah menunjukkan jam 19.00 an lewat pun belum ada kejelasan apakah jadi terbang atau tidak.Parah bangettt dahh! Kita dikasih komplemen snack dan nasi kotak, itupun kagak ada sendok, jadi lah makannya barbar pake tangan..wkwkwk. Demi konten video nya mah masih senyum2..padahal udah gondok dan lelah hayati!
Seluruh penumpang udah marah2 dan lapar, jadi semua makan dengan lahap sampe abis bis..Untung enak juga rasanya, walaupun cuma nasi putih, ayam goreng dan cabe ijo. Hadeuhhhh... akhirnya jam 20.30 an baru boarding dan sampe di taxi Jakarta udah jam 21.27, sampe rumah jam 22.00 an. Ampunnnn...Lion Air bikin kapok!
Kayaknya gua blacklist ajalah si Lion Air ini..kemaren2 cuma liat di medsos komplenan orang yang delay, yang bagasinya dicuri isinya, dll. Tapi sekarang udah mengalami sendiri rasanya beneran pengen koar2 di medsos..tapi ntar malah kena nyinyiran netizen...males banget dah! Jadi cukup tau aja!

PALEMBANG

Nahh, kalau ini sih pergi dan pulangnya naik pesawat Garuda, jadinya aman dan tenteram gak ada drama2 delay. Pesawatnya ngebut lagi, nyampe lebih cepat daripada  jadwal.
Makan siangnya di Rumah Makan Hj.Lis dengan hidangan utama berbagai macam masakan pindang. 
Gua pesan pindang patin, lalu ada ikan seluang goreng dan dikasih lalap dan beberapa macam sambal yang salah satunya ada mangga kweninya. Rasanya mantap lahh...pedas manis asin bercampur jadi satu. Untung kagak kalap, makan nasinya dikit aja buat persiapan makan nanti malam lagi..hahaha.
Pulang kerja masih sore sekitar jam 6 an, kita nyemil duren dulu. 
Wahhh, durennya mantap juga nih! Warnanya kuning dan rasanya legit maknyuss! Kayak monthong.
Tapi bervariasi sih karena kita beli 3 buah, ada yang pahit manis..semuanya enak lah! Harganya relatif murah lah, Rp. 60.000 per buah.
Setelah itu sempet ke Golden Gate nya Indonesia...wkwkwk...
Iyah tau, di Palembang mah namanya Jembatan Ampera...tapi mirip kannn?! *matamu siwer! 
Ah, pokoknya bagi Maria sih bagus2 ajahh!*menghibur diri...
Padahal muka udah kusutt seharian kerja keras...tapi yah wajib foto yang banyak mumpung dimari..LOL!
Abis itu kita check in di Hotel Santika Radial, lumayan kamarnya cukup luas ..
Dan kamar mandinya bersih...itu yang penting..
Ternyata di sebelah2 dan depan hotelnya itu bertaburan kuliner khas Palembang, ada pempek, mie celor, toko roti, minuman, dan semuanya kita cobain. wkwkwkwk! Meledak lah perutnya...
Pertama kita makan eskrim matcha di Wedrink..enakkk maknyus pas banget cuaca lagi gerah gitu loh!
Terus mampir ke toko roti beli cemal cemil disitu.
Abis itu kita lihat satu tempat makan yang rame banget dan sepertinya jadi tempat tongkrongan di area sini. Kita pun ikutan mencobanya. Namanya Warkop Agam 
Kita pesan Indomie Bangladesh
Tak disangka rasanya maknyus, jadi ini tuh Indomie goreng yang dibikin berkuah sedikit ( mie nyemek ) yang ditambahin bumbu sendiri lagi sama penjualnya. Enakk dan pedas mantap!
Lanjut lagi, kita cobain Pempek Beringin yang rasanya juga mantap. Harga satuan Rp.6000, yang menurut orang lokal sini termasuk mahal. 
Padahal kalo di Jakarta, harga pempek kecil itu kisaran di Rp. 8000- 10.000 an...bisa kejengkang pingsan wong Palembang kalau tau...hahaha. Welee..pokoknya tidur dalam kondisi perut full banget dah!
Paginya sarapan di resto hotel lumayan banyak pilihannya, yang enak tuh lontong sayur, bakwan goreng dan mie celor nya.
Croissant nya sih kagak banget dahh..keras dan liat digigitnya.
Makan siangnya diajak makan di tekwan & model Nabila yang jualan di gerobak pinggir jalan, dan pesen es kacang merah koko juga. Makannya di mobil, karena mereka gak punya tempat makan. Ternyata rasanya enak2 loh! Hidden gem ini sih! Kenyangnya awet sampe sore. Yang ini model yang digoreng disebutnya gendem..mungkin dari gandum ya...
Ini es kacang merahnya...kacang merahnya tuh lembut dan maknyus ..
Oh iya, yang aneh tuh kita dapet pesan WA dari CS nya Garuda, disuruh datang check in 2 jam sebelumnya dikarenakan bandara sedang ramai. Tapi pas sampe bandara, terlihat sepi2 aja tuh. Itupun kita datang gak ikutin pesan WA itu, sekitar 1 jam sebelum boarding. Apa kita kena prank ya?
Entahlah, yang penting kita selamat sampai di rumah. Dan tentunya mamiefunky squad langsung hajar oleh2 yang dibawa yaitu pempek Candy dan kerupuk 301. 
Itu pempek Candy beli paket di grabfood isi 22bh seharga Rp. 86.000. Rasanya enak juga..sebelas dua belas lah sama Pempek Beringin..hahaha. Murah meriah bisa rebah...
Aseli sih, pulang dari Palembang mah timbangan badannya dibanting! Pasti naek ini sih...*tonjok2 tembok. KZL! Foto dulu ah sebelum membulat seperti bola 


PADANG

Ke Padang kali ini berangkatnya naik pesawat Garuda, cuma pulangnya naik pesawat Super Airjet. Keren juga bandara Minangkabau nya, letaknya tuh deket laut, tapi juga diapit deretan pegunungan. Pas landing disambut dengan awan gelap mau hujan. Pas di perjalanan pun langsung hujan angin dong, sampe ada pohon tumbang segala. 
Foto dulu di bandara Minangkabau...tapi gak ada spot yang bagus...hahaha..
Karena kedatangannya udah siang, sampai tengah kota pas jam makan siang. Kita makan di resto padang paling rame disini..yaitu RM Lamun Ombak..
Ditebar tuh yaa semuanya...gua cuma cobain ayam pop dan rendangnya pun dibagi 2 sama temen, biar cobain aja. Rasanya emang maknyus...
Kita nginep di Ocean Beach Hotel, persis depannya itu pantai. Agak2 horor sih mengingat Padang adalah kota yang pernah kena bencana gempa...hihhh! Tidurnya agak2 gak nyenyak bo walaupun kamarnya lumayan bagus! hihihi
Makan malemnya kita diajak ke rumah makan yang jualan nasi goreng dan kwetiau goreng. Kok enak banget yaaa , rasanya tuh beda sama yang di Jakarta...heran...hahaha
Pulang makan malem, kita lewatin perempatan jalan dimana terletak sebuah masjid berwarna putih yang estetik banget...Bagus!
Karena kagak sempat ke Bukit Tinggi, sementara foto dulu aja sama lukisan jam gadang di tembok depan lift..hahaha
Naik ke rooftop hotel, kita akan menemukan view ke pantai dan laut lepas...
Cuman sayang, ternyata pas subuh2 tuh hujan deras, jadi disini becek kagak ada ojek..hehehe, jadi foto seadanya aja dah..
Sarapannya lumayan enak2..yang lain gak sempet kefoto...adanya telor aja dah yang matching sama cangkir kopinya..
Gak lupa foto dulu di icon kota Padang, letaknya deket aja dari hotel...
Pas lagi foto itu ada bapak2 fotografer yang fotoin...yah udah ditebus aja dah Rp.15.000 daripada dia buang...hehehe
Foto ke arah laut juga lumayan bagus nih..
Dan fun fact nya adalah : persis di seberang kantor gua terletak Museum yang bentuk bangunannya adalah rumah adat minang..istana pagaruyung. Bagus juga kannn! Kemana aja ya gua selama ini? 
Udah 2 kali ke Padang, kok tempat ini kesekip yaa? OH iya, tiket masuknya Rp. 5000 per orang.
Ini namanya Museum Adityawarman...
Padahal Maria gak suka sejarah, tapi kalau foto2 doang sih gak masalah berlama2 ria disini.
Gak nyangka kan..bisa ngunjungin museum di Padang...hihihi
Bangunannya penuh ukiran warna warni ..Keren!
Ini view dari jendela museum ke arah gerbang masuk..
Namanya juga museum, di dalamnya menyimpan benda benda bersejarah...
Abis itu kita makan es duren alpukat Iko Gantinyo, tapi gak kefoto saking buru2nya mau jalan ke bandara...hehehe. Pulang ke Jakarta naiknya Super Airjet...lumayan lah gak delay ...Nah ini view kota Padang dari atas sesaat setelah take off...posisi pesawat miring beberapa derajat, jadi bisa lihat sampai ke bawah..




MEDAN

Berangkatnya kali ini naik pesawat Garuda ...udah gitu dapet pesawatnya yang Airbus 320 dengan seat row 2-4-2. Mantap banget dah, gak goyang2...hihihi. Aman dan smooth
Makanannya dapet nasi liwet ayam...lumayan enak juga.
Landing di Kuala Namu...terakhir kesini sekitar 6-7 tahun lalu...udah lupa banget..
Sampe deh di Medan...gak lupa kasih jejak dulu disini..
Siangnya dibeliin nasi gurih medan...sejenis nasi padang sih lauk pauknya...enak2 aja.
Cobain cemilan yang namanya tau kua heci kalau gak salah yaa...hahhaa, susah namanya. Rasanya xoxo aja...kayak bakwan udang dikasih sayuran disiram kuah saus macem kuluyuk.
Malemnya makan di Babura dimsum Ayong...pesennya lumpia udang kulit tahu, rasanya maknyuss
Kwetiau goreng, tapi gak berminyak banget...enakkk...
Babi gorengnya juga haoce sencinping!
Somaynya enak...Ara Ara...! hahaha
Nah yang ini juga enak banget..lupa namanya!
Abis itu ngemil duren lagi, diajak ke tempat yang lagi hits di Medan, udah pernah didatengin pak Jokowi dan artis2 ibukota lah..foto2 mereka terpampang nyata di dinding sepanjang kedai duren ini. Cuma harganya agak mahal yaa, karena duren udah masuk cafe , segala ada live musiknya ..hahaha. Yang murah meriah mungkin masih di duren si Ucok....
Nginepnya di hotel Grand Mercure Maha Cipta...diupgrade kamarnya ke suite room..hehehe..
Tapi buat apa yah gede2 gini..malah serem..wkwkwk! Soalnya kan gua sendiri...Udah gitu, dasar pelayanan hotel tuh sdm nya parah2 banget, udah tau dapet welcome fruit, malah ditaro nya dikamar yang satu lagi yang standard room. Cape dehhh! Nyasar ceritanya taro buahnya, karena kita pesen 2 kamar....Logika aja, welcome fruit kan harusnya untuk yang suite room bukan sih? Emang yang standar room bisa dapet welcome fruit gituh? 
Sarapannya di Poolside Resto nih..
Lumayan dah, makan sambil liatin kolam renang yang berwarna biru..
Tapi rame banget yang sarapan pagi ini...kayaknya di hotel ini pas ada acara graduation, jadi full book 
Pilihan makanan yah banyak sih, tapi rasanya standard aja..
Tuh, ambilnya sedikit aja...biar gak kekenyangan...hihihii
Abis itu sempet mampir di Maha Vihara Maitreya yang ada di dalam komplek Cemara Asri.
Yah namanya aja Maria...si paling eksis suresis, harus foto2 dong ninggalin jejak disini.
Tuh bagus kannn?! Iya in aja lah biar cepet..
Mampir juga ke caffenatics sebelum makan siang...
Tempatnya emang nyempil dan seuprit aja..tapi estetik banget..
Di bagian depan nya juga terlihat estetik..
Inilah pesenan kita...enak juga kopi, croissant dan banana browniesnya.
Setelah itu kita makan bihun kari di RM.Tabona dengan minumannya es jus kietna. Manknyuss!
Dan inilah harga makanannya...terbilang sedang2 aja lah untuk ukuran kota Medan. Kalau di Jakarta pasti udah 1 1/2 kali lipet harganya...
Balik Jakarta dengan pesawat Garuda lagi....dapet makanan lagi2 nasi ayam..Bayangin aja nih perut kenyangnya kayak apa tau...makan terus dari pagi..hahaha
Dikasih bingkisan oleh2 isinya bolu gulung merk Clover, bukan Meranti ya....
Di bandara sempet beli bika ambon, saking bingung mau bawa oleh2 apa...hahaha. Untung aja rasanya enak....
Jadi begitulah cerita blusukan yang tiada henti2nya ( terutama dari jeratan kuliner maut di tiap kotanya ), bikin diet Maria tidak berguna dan batal otomatis..hahaha. Timbangan gak tau lagi ke berapa angkanya sekarang. Minta ampunnn dah! Kok, semakin umur nambah, semakin susah ya lepas dari ketergantungan makan2 enak. Kacauuu dunia perblogeran...wkwkwk!
Yaudah deh, segitu aja dulu, sampe ketemu lagi di laporan mata blusukan di kota kota lainnya.
Babay Ciaobella!

No comments:

Post a Comment