Wednesday, September 6, 2023

BANDUNG, CIREBON, YOGYA TRIP

Holaaa! Ketemu lagi kitahh....

Hadeuhhh...Kenapa ya, belakangan ini Maria terserang virus males gila2an buat update blog. Udah hilang kemampuan untuk ngarang cerita, hilang keinginan untuk ngegibah, hilang sense untuk ngoceh ngoceh...hahaha...Entahlah, virus apa inih ya? Mangkanya, daripada nih blog disarangin laba2 dan makin jatuh terpuruk, mending diupdate dengan cerita waktu bulan2 kemaren Maria blusukan ke kota kota yang udah ratusan purnama kagak dikunjungin. Ini buat jadi diary aja kalau lupa bisa dibaca2 lagi.

BANDUNG
Kota pertama yang jadi target Maria untuk dikunjungi adalah Bandung. Selain karena letaknya dekat dari Jakarta, enak juga kesana bisa naek kereta api tut tut tutttt....hahaha. Udah lama gak naek kereta, jadi bernostalgia lagi deh..
Stasiun Gambir masih terlihat jadul dan untungnya bersih dan gak ruwet.
Pagi ini sebenernya rame yang udah berangkat dengan kereta paling pagi, jadi pas Maria mau boarding, terlihat sepi karena udah pada berangkat.
Maria ke Bandung naek Argo Parahyangan dengan tiket Rp. 150.000 untuk yang eksekutif, keretanya bersih dan yang penting ada colokan listrik untuk charge HP.
Malamnya nginep di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Lucu nih di lobbynya ada becak yang ceritanya dikayuh sama abang dino(saurus). Gak tau juga sih, itu teh boneka apa yah? Ada yang tau? hahaha...semakin berumur, udah kagak paham lagi karakter2 kartun bocil jaman now. Atau itu icon nya hotel ini? Entahlah...Maria mah pokoknya foto aja dulu disini..
Nahh, ini alamat hotelnya ..siapa tau ada yang berminat. Recommended kok. Bersih dan nyaman.
Tuhh, liat aja kamarnya kayak gini..
Yah emang bukan type yang luas banget gituh, cukup lah buat sendiri sih.
Kamar mandinya juga bersih.
Yang asik tuh sarapannya, banyak banget variant nya. Sampe kekenyangan kalau diambil semua sih. Sampe ada stand yang menyediakan Indomie berbagai rasa. Seru banget!
Ada nasi kuning juga...Rata2 rasanya enak...Mantap lah!
Kalau ke Bandung, gak lupa ke Prima Rasa buat beli oleh2...Juga bisa pesan bolen pisang nya Goela Semoet yang katanya lebih enak lagi rasanya. 
Tak lupa, sempat juga icip2 Donat Bahagia yang lagi hits disana...Ternyata emang enak rasanya, lembut dan gak terlalu manis. Belakangan pas balik ke Jakarta, Dobah ( Donat Bahagia ) ini baru aja buka outletnya di daerah Lebak Bulus sana...Jiahhh, jauhhh amir dari Kebun Jeruk ya...jadi gak bisa order online nih..Tapi bahaya sih kalau dekat2 juga, bisa jadi obat gendut! hahaha. Bakalan sering order maksudnya.

 
CIREBON
Kota berikutnya ada Cirebon, Bandung belah sonoan dikit. hahaha. Sama seperti Bandung, kesana ditempuh dengan kereta. Cuman lumayan kesel juga kita kena delay di jalan karena ada kereta yang mogok di stasiun dekat kota Cirebon, terlambat sekitar 50 menit. Jadi sampe di Cirebonnya udah siang banget...dan mataharinya bersinar terik. Gosong dah eikeh!
Kuliner yang pertama kita cobain adalah Empal gentong yang merknya Krucuk. Fyi, di seluruh kota Cirebon bertebaran tuh yang jualan empal gentong, semua pake tagline : paling enak. Bingung lah kalo kita pendatang baru, gak tau mana yang beneran enak...hahaha.
Apaan sih empal gentong itu? Empal gentong  adalah sejenis soto berkuah santan berwarna kuning dengan daging sapi. Rasanya yah maknyus lah!
Di resto ini ada sidedish nya, seperti tahu gejrot dan sate maranggi. Kita order itu juga. Rasanya enak enak...hahaha. Maruk banget ini orang Jakarta...
Malamnya kita ke Olive Bistro...wah sepertinya kota Cirebon banyak berkembang yah tempat2 kulinernya. Terakhir kesana kayaknya belum banyak cafe2 begini.
Di dalamnya tentunya interior cafe dibuat seestetik mungkin buat pengunjung foto2. Kebetulan yang dateng orang narsis sedunia, tentu aja foto dong...masa dicuekin aja nih spot fotonya? Kasian kann!
Ceritanya waktu kesini lagi giat2nya diet...ehhh tapi mana mungkin ya. Sampe ordernya juga makanan sehat ceunah : chicken quinoa salad. Eh, temen gua malah pesenin spicy tofu yang cruncy, mana bisa tahan yaa yang diet liat gorengan menggoda depan mata. Terpaksa comot2 juga. Gagal lagi lahh saya hari ini dietnya! *kibarin bendera putih.
Malamnya kita nginep di Verse Hotel. 
Yah, standard lah yaa...lumayan untuk istirahat semalem doangan sih.
Yang bikin males tuh kamar mandinya. Agak sedikit bau got dan wastafel agak mampet, lama aliran airnya turun. Hadeuhhh....terima nasib lah.
Sarapannya pun standard2 aja, untung lagi diet, jadi makan omelet dan buah. Tapi tergoda juga nyomot ubi goreng sama nasi lengko khas Cirebon. Nyobain dikit aja biar tau rasanya. Halahhh!
Siangnya kita makan di Ayam Goreng Santa Maria..yang beneran gerobaknya itu jualan di depan sekolah Santa Maria Cirebon ya. Gerobak ini viral setelah didatangi Nex Carlos. You know kan Nex Carlos? hehehe...Pas kesini beneran antri loh! Tapi untung pelayanannya cepat juga.
Yang istimewa tuh sebenernya bukan ayam gorengnya, tapi serundengnya itu yang bikin gurih, diaduk2 sama nasi anget2...woahhhh! Bisa nambah nasi 1 bakul! wkwkwk! Sambelnya sih sambel terasi gitu..yah standard aja rasa sambelnya.
Nah, kalo yang doyan ati ampela, ada juga nih...Harganya sih gak mahal...ayamnya sepotong Rp. 9.000, ati ampela Rp. 2000. Nahh tuh...murah meriah kann!
Abis makan, kita mampir ke toko kue Boncherry yang hits di Cirebon. Beneran lengkap segala macem kue ada, persis kayak Primarasa Bandung gitu lah.
Cake, bolu, kue kering, kue basah, snack2, ada semua disini.
Bingung kan milihnya. Maria cobain beli kue pia nya aja deh dengan berbagai rasa.
Abis itu ke Toko Daud yang jual snack2 oleh2 khas Cirebon. Disini sih yang recomended adalah rengginangnya. Ahhh, obat gendut semua lah ini sih...Maria kagak beli banyak2.
Terus dikasih tau juga kalau bolen lilit di Toserba Yogya adalah one of the best bolen. Maria ikutan beli aja buat cobain rasanya. Enak sih, terutama kalau baru keluar dari pemanasnya, kulitnya garing..dalamnya lembut. Mantul kakak!
Dan yang banyak dicari juga adalah ketan gurih Ny.Lanny..sampe harus pesen dulu sehari sebelumnya.
Nah kayak gini lah penampakan ketan gurih itu..gak tau deh tuh berapa kalorinya...yang jelas yah enak sih rasanya. Hadeuhhh! Timbangan mana bisa geser kekiri ya kalau begini sih...



YOGYAKARTA
Kota berikutnya adalah Yogyakarta. Maria menyisir pulau Jawa dari barat ke timur nih...hahaha. Dari Bandung, Cirebon dan lanjut Yogyakarta. Kali ini sih naeknya pesawat dong...Kalau naek kereta yah lama sampenya. Pagi itu cuacanya cerah, jadi keliatan deh view pegunungan dari atas. 
Nah pas perjalanan balik ke Jakarta, malah keliatan gunung yang menyembul di antara awan putih. Hayoo, ada yang tau gunung apakah ini? Keren yaa!
Lumayan deh, penerbangan 1 jam 10 menit dapet roti, minuman dan kacang.
Nahh, beginilah bandara Yogyakarta yang baru di Kulonprogo itu...Maria baru pertama kali nih kesini.
Harus foto dulu dong, gak ada foto dibilang hoax...hehehe
Ini di terminal kedatangannya ada patung pahlawan...hayo tebak patung siapa..
Ini diluar terminal kedatangan desainnya lumayan keren..
Pas di depan gerbang terminal kedatangan terdapat tulisan honocoroko..kalau Maria bilang ini di Thailand juga bocil2 mah percaya aja...mirip sip hurufnya...wkwkwk.
Kalau belum sempet ke jalan Malioboro, bisa foto di dalam bandara...hehehe, penipuan publik ya.
Kuliner pertama yang Maria cobain adalah makan di warung brongkos Handayani.
Apapula brongkos ituh? Ini tuh sejenis rawon berkuah santan seperti soto betawi dengan daging koyor ( bagian kulit ) atau bisa juga pakai dendeng. Rasanya mantappp!
Yang enak juga adalah tempe goreng dan perkedelnya...semua maknyusss!
Maria sempet ke alun alun kidul Yogya yang letaknya di seberang warung makan brongkos tadi. Ceritanya mau cobain jalan tembus di tengah2 dua pohon beringin yang disebut tradisi Masangin ( hasil googling ). Jadi muncul mitos dalam masyarakat lokal barang siapa yang dapat melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup maka cita-citanya akan terkabul. Nah, kali ini percobaan Maria yang ketiga kalinya...dulu pernah coba di tahun 2009 gagal gak tembus, melenceng kemana2.Tterus balik lagi sekitar tahun 2014, sami mawon melenceng juga jalannya. Dan sekarang 2023 mau cobain lagi  dan kali ini pun gagal maning...hahahha. Pantesan cita cita Maria kagak pernah terwujud...Halahh!
Malamnya nginep di The Rich Jogya Hotel. Di lobby nya pas ada spot foto, ya udah langsung dijepret2 aja ya..bukti udah pernah nginep disini. hehehe.
Wah, bagus nih kamarnya. Luas dan nyaman.
Beruntung juga rate nya gak sampe mahal banget, masih masuk budget dan bisa dapet yang bagus hotelnya.
Kamar mandinya juga bersih.
Ada tempat gym nya juga nih, sayang jam operasionalnya gak pas, jadi Maria gak bisa pake alat2nya.
Hotel ini nyambung dengan Jogya City Mall. Jadi malem2 Maria kelayapan ke mall aja deh.
Dan plot twist nya : Maria makan bakso  di Es Teler 77...Halahh! Orang Jakarta jauh jauh ke Yogya, malah makannya bakso, punya nya Es Teler 77 pula!
Besok paginya sarapan dengan pilihan yang aneka rupa...enak2 juga sih. Welee...bisa gagal maning nih dietnya.
Siangnya cobain makan ayam goreng jawa Mbah Cemplung..
Bangunan depannya seperti warung, tapi ke belakangnya rumah makannya luas dengan banyak meja panjang.
Nahh beginilah penampakan ayam gorengnya, potongan dada nya gede banget, disajikan dengan lalapan mentah dan sambel goreng pedas. Harganya lumayan mahal juga nih untuk ukuran Yogya, ayamnya kalau tidak salah Rp.37.000 sepotong.
Nah, pas baliknya ke bandara Yogya, kita naek kereta bandara nih dari stasiun Tugu. Keretanya nyaman dan bersih. Tarifnya Rp. 20.000, lumayan murah ya. Kalau naek taxi sekitar Rp. 250.000.
Nahh, supaya kagak hoax, nih fotonya di dalam kereta di stasiun Tugu Yogyakarta...wkwkwk.
Lumayan ketemu pemandangan hijau2 sepanjang jalan lintasan kereta.
Dan inilah hasil rampokan selama sehari di Yogya...hahaha, untung kagak pake bagasi pesawat....cukup di koper kabin aja bawanya.
Nahhh, begitulah cerita blusukan ke 3 kota di tahun 2023 ini, lumayan menambah koleksi wisata kuliner sekaligus menambah timbangan lemak di badan. Hiks! Itu gimana cara ya kalau udah di kota lain dikasih recommend cobain makanan ini, cobain makanan itu...Yah kali ditolak? Bisa aja sih...tapi yah namanya aja si doyan makan, gak mungkin bisa nahan godaan syaiton. Padahal udah pengumuman ke semua orang, Maria lagi diet nih...tapi kelakuan mah teuteup aja...makan barbar terus. Pegimana timbangan mau turun ya? 
Yahh udah lah, enjoy the moment aja. Gak pusingin selama badan belum segede gajah. Wkwkwkwk! Setelah ini masih beberapa kota lagi yang mau dikunjungin. Tunggu aja yaa...
Sekian dan sampe ketemu lagi di kota lainnya. Babayyy Ciaobella!

2 comments:

  1. Sama Mamy..beberapa kali coba di Yogya ga bisa wkwk. Ternyata, setelah tes jalan tutup mata di dokter syaraf, memang ada masalah keseimbangan. Jadi mau jalan di beringin Yogya atau di beringin manapun, susah jalan lurus wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, ini sih emang udah bawaan orangnya ya....tapi emang percaya gak percaya sih soal jalan di tengah pohon beringin itu. Banyak juga teman aku yang berhasil...

      Delete