Wednesday, September 22, 2010

NIH YANG ENAK2....( jilid 2 )

Nahhh...kalo di Bangka, semuanya enaakkkkkk!!! Makan masakan mertua di rumah pun enakkk ajeee (laparr ? doyan? ato rakus ?)..hehehehehe...Tapi emang benerrrr kok! Semuanya gua doyan deh....cheki dot.....

Saucu / Babi Panggang, Bakso Trisno, Es Anggrek, Es Kacang Merah



Sub judulnya borongan...soalnya fotonya jadi satu....Jadi penjelasannya yah satu2lah....

Yang namanya babi panggang, ga ada yang nyaingin rasa babi panggang dari Bangka. Gua udah nyobain beberapa babi panggang dari daerah lain...tapi lidah gua teuteup bilang babi panggang bangka is the best! Kalo mau beli mah gampang banget, ga usah pusing, ga usah bingung....di depan airport ngebelatak orang2 yang jualan babi panggang dengan ciri khas : motor dengan gerobak kayu di belakangnya. Nah, disitu siap2 aja ditarik kanan kiri, ditawarin tester sambil diacungin golok, kalo ga jadi beli : awaasss luu...hahahahhaa, ga begitu sih. Maksudnya, mereka ngasongin daging testernya yang masih diatas golok, jadi sekalian diangsongin sama golok2nya. Trus, saingannya gila juga nih para tukang babi panggang, rebut2an customer gitu. Belom juga beres tanya2 sama yang satu, yang lain udah nyerobot narik2 ke gerobak dia. Lama2 ga usah beli, keburu kenyang nyobain sana sini. Haahahahahaa.....Oh ya, itungnya kiloan, jadi kemaren beli 1/2 kg sekitar Rp. 100.000..dan hilang dalam sekejab..karena semuanya di rumah gua doyannn....kriuk2 gitu, garing kulitnya....Nyam nyammm!

Bakso Trisno sih rasanya lumayanlah, kayak bakso....hihihiihi...maksud gua, makan bakso di Cibinong, di Bogor, di Bali, perasaan sama aja rasanya....Cuman yang ini kayaknya ngetop di Sungailiat, jadi gua masukin juga deh ke dalam daftar makanan enak....Harganya gua ga tau pastinya berapa seporsi..maklum dibayarin...kekekekeke....

Es Anggrek itu adanya di Pangkal Pinang. Menunya banyak banget esnya, belom lagi makanannya juga lengkap mulai dari steak, otak, mpek2 dll. Tapi karena nama tokonya Es Anggrek, jadi yang dicobain yah esnya lah...Kita pesen berbagai macam es, supaya bisa tau mana yang paling enak. Dari sekian jenis es nya, gua paling suka malah es doger..es nya lembut dan enak. Porsinya ga banyak banget, dan isinya cuman tape dan kelapa muda. Kalo rekomended menunya Es Anggrek sendiri malah biasa2 aja kayak es teler dengan isinya yang buanyakkk bikin kenyang. Apalagi yang Oreo choco, malah pait2 gimanaa gitu. Ga enak...Trus harganya relatif mahal lah buat ukuran semangkuk es di daerah Bangka yang kisaran Rp.11.000/porsi...hehehehehe, Gua maunya yang murah, meriah enak....

Akhirnya nemu Es Kacang Merah yang bener2 murah meriah di daerah Rebo..Endang surendang..dan murah meriah. Rata2 per porsi Rp.3500...Mantappp deh, bisa kenyang2 makan es ini...Rasanya juga ga kalah sama es Anggrek. Dan gua bisa setiap hari kesini karena deket dari rumah mertua gua. Mantaapppppp banget deh pas cuaca lagi panas2nya. Ujan pun tetep kesini, karena emang enakkkk...hahahhaha...

Khas Bangka



Otak2 yang terkenal pastilah otak2 Belinyu yang bukan cuman di Belinyu doang adanya, bisa aja orang pasang spanduk jual otak2 Belinyu, tapi teuteup carinya langsung ke tempat asalnya di Belinyu pas pulang dari pantai Penyusuk. Tapi ga sempet foto2, lha belom sedetik udah kayak ikan piranha langsung ilang tuh otak2 dimeja diserbu orang2 kelaparan. hahahhaha, jadi gua ga sempet keluarin kamera, malah asik berlomba makan otak2..jadi yang di foto mah bukan otak2 Belinyu, tapi tempat makan otak2 di pinggir jalan Pangkal Pinang waktu baru dateng dari airport. Rasanya sih lumayan, tapi teutep paling top mah otak2 Belinyu dong. Harga sekitar Rp.1000 - 2000 / pcs. Selain otak2, disini jual juga enjan (otak2 rebus bulat), empyang (mpek2 kulit) dan bujan (mpek2 talas). Sebenernya rahasia enaknya bukan pada makanannya, tapi dari cocolnya yaitu cuka rasa tauconya..

Tahu Kok dan Bakmi yang enak yah di Bakmi Apin Sungailiat deket rumah mertua gua. Setiap hari anak gua kalo sarapan yah tinggal dateng aja kesini. Menunya lengkap juga kok, selain bakmi, tahu kok, songsui (sop jeroan),dll. Mienya pun ada pilihan rasa, bisa pakai saus tomat yang rasanya asem2 manis. Anak2 gua doyan banget deh.
Range harga rp.10.000/porsi.

Bolu kujo itu yang warna kuning2, sebenernya masih ada temen makannya pake kue apem yang lupa kefoto. Ini dijual di warung es kacang merah, sekalian aja gua fotoin. Masalahnya gua sekeluarga ga doyan kue2an...jadi ga dicobain dehhh...

Kempang bakar yang enak tuh merk 33, sambelnya enak pedes2 asem..Kerupuknya pun pas, masih berasa ikan dan ga terlalu keras bantet.

Tahu cao itu kesukaan anak2 gua juga, belinya biasa di pasar. Harganya sekitar rp.6000/ bgks. Jadi kayak tahu pong dicocol cuka tauco. Enaaakkkk.....Cuman kadang kalo mau bawa pulang sebagai oleh2, harus pesen dulu, kalo ga keabisan deh...

Cufungmoi



Cufungmoi tuh adalah bubur babi..(ada dagingnya, atinya, darahnya, ususnya...lengkapp). Pertama kali gua makan di Jelambar, ehhh taunya aslinya di gang Pasar Sungailiat sini nih yang kalo liat warungnya aja sederhana banget, tapi yang antriii liat ajaaa nih dari jam 6 pagi. Kenapa bisa antriii? Karenaaaa, dia bikin buburnya itu dimasak satu porsi satu porsi, jadi kebayang deh kalo pas kita dateng sekeluarga besar 10 orang, dah antri banget. Belom lagi banyak yang dibungkus bawa pulang. Herannnn yaaa? dagang gini aja lakuu bangett. Bubur doangg gitu...Hebattt...Harganya sekitar Rp.15.000 kalo ga salah. Lagi2 kali ini dibayarin, jadi ga tau harganya...hehehehhe, dasar muka gretongan! Kalo gua sih karena ga doyan daleman, jadi pesennya cuman daging doang. Trus dikasih kulit babi gorengnya yang kriuk2...Enyaaakkkk.....

Bakar-bakaran



Nahhhh, kalo yang ini dicari sekeliling Bangka, ga bakal nemu deh. Orang ini kita lagi barbequ an di Pantai Air Anyir dan sekali lagi di Teluk Uber. Jadi ikan dan cuminya kita beli sendiri di pasar, bawa deh ke pantai. Waktu di mobil sih agak2 bau anyir, tapi pas udah mateng mah berebutan makannya...hehehhee. Trus enaknya lagi, tau2 abis berenang dan foto2, ikan dah pada mateng. Mertua gua yang bakarin. Kita mah sibuk berenang. heheheheee...Modalnya cuman nasi putih, lalapan dan sambel terasi yang banyakk...Ludes deh ga bersisa....kucing aja nangis liat tulangnya...

Resto Aroma Laut



Resto ini ada di Pantai Pasir Padi Pangkal Pinang. Disini banyak resto bertebaran, tapi yang bentuknya kayak kapal kayaknya cuman ini doang deh. Menunya sih standard seafood2 an gitu deh. Yang paling enak cuman Kepiting Saus Padangnya aja menurut gua. Dan lagi2 gua ditraktir disini, jadi ga tau range harganya. Disini sih menurut gua makan suasana aja...Lumayan bagus pemandangannya waktu sunset,jadi malah sibuk foto daripada sibuk makan...kekekekekeke...

Oleh-oleh Bangka



Yahhhh ga salah lagi...kebanyakan oleh2 dari Bangka tuh berbagai macam kerupuk deh, ada udang, cumi , ikan...Trus ada gunggung (siput goreng), ada getes, ada kempang bakar, ada terasi, dll...Kemaren belanja di LCK Pangkal pinang, lengkap banget. Ada juga websitenya kalo ga salah....bisa gesek pula...hahhahaha, asik kannnn....Disini sih oleh2nya seragam semua bentuknya, jadi kalo udah bela beli, dipak sama dia, dibungkus kertas coklat...dikasih label nama, dikasih tentengan, siap deh masuk bagasi...siiippp lah! Asal jangan ketuker aja pas ngambil bagasi, bentuknya sama semua sihh ....

2 comments: