Friday, September 7, 2018

JALAN JALAN KE BALI ( PART 3 )

Hari terakhir di Bali....
Setelah balik dari Nusa Penida, kita pindah hotel. Oh iya, yang belum baca cerita jalan-jalan mamiefunky squad ke Nusa Penida, silakan klik disini : Nusa Penida
Wajib baca dan wajib kesana guys...karena bagus pake banget. Ciyus dehh! 
Nama hotelnya adalah Eden Kuta Beach Hotel. Iyah, hari terakhir ini kita pilih hotel di daerah Kuta ( biarpun tau itu daerah macet ), kita pikir nanti masih sempet jalan2 ke pantai. Yang pada akhirnya juga boro2 ke pantai....mau makan aja gak sempet keluar hotel lagi karena begitu kita mendarat di Sanur dari Nusa Penida itu kan hujan lebat, sampe macet gila2an menuju hotelnya. Sampe hotel udah malam sekitar jam 7 an, dan pagi2 udah mau check out. Kapan ke pantainya??? Masa tengah malem ke pantai....hadeuhhh, salah perhitungan lagi deh. Ini aja dalam perjalanan ke hotel kita minta supir taxi mampir ke McD drive through buat beli makanan dan makannya di hotel. Bayangin....jauh2 ke Bali makannya McD!
Nahh, kayak ginilah area lobby nya...
Gua demen nihh hotel model begini, yang meja recepcionistnya terpisah dari area keluar masuk hotel..jadi kan gak berasa dipelototin petugas hotel tiap kali kita keluar masuk hotel macam di hotel yang sebelumnya....baca disini deh : Bali Part 1
Di area lobby banyak juga kursi untuk duduk2 bagi tamu hotel..
Di lorong juga masih ada sofa panjang....
Kamarnya gak luas2 banget, tapi cukuplah untuk tidur cuma semalem doang...Tapi yang parah mah wifinya yang kembang kempis pas di kamar, manalah pulsa hp pas habis pula. Terpaksa deh tengah malam harus turun ke lobby demi untuk mencari sinyal wifi yang ternyata lumayan kenceng di daerah lobby. Pas komplen ke petugas hotelnya, katanya jaringan yang ke kamar memang sedang ada gangguan. Yahhhh....kok pas amat sihhh kita lagi nginep disitu rusaknya yaa...ada2 aja.
Dan waktu booking, gua request kamar yang menghadap ke kolam renang. Tapi ini dapet kamarnya sedikit ke ujung, jadi viewnya gak pas tengah2 kolam renangnya. Niatnya pengen berendam2 cantik disitu sambil naek floaties, eh kolam renangnya lagi dibersihin dan baru siap sekitar jam 8 an. Itupun langsung diserbu sama anak2 kecil...ahhhh, batal deh niat eikeh mau mengapung2 cantik di kolam renang ini....
Kita nginep cuma semalem doang, gak sempet explore hotelnya kayak apa lagi. Jadi gak bisa kasih review lebih banyak deh....sekian laporan pandangan mata dari Eden Kuta Beach Hotel.
Pagi ini kita dijemput sekitar jam 9 an dan langsung check out dari hotel. Semua tas dan koper kita yah dibawa dan taro di mobil. Kali ini kita beruntung karena driver nya adalah bli Suyasa lagi..( supir kita di hari pertama ).
Tujuan wisata kita hari ini adalah mau ke Pura Besakih di kabupaten Karangasem yang berjarak sekitar 77 kilometer dari Kuta dan makan waktu perjalanan sekitar 2 jam an. Ditengah perjalanan kita mampir ke sebuah warung makan sate babi yang bentuk warungnya sangat sederhana, tapi rame pengunjungnya. Liat aja banyak motor yang parkir di pinggir jalan untuk mampir makan disini.
Nih satenya lagi dibakar....bikin ngiler banget yaa, pas lah kita juga belom sarapan....
Suasana di dalam warungnya....di meja nya banyak cemilan dan makanan tambahan...tinggal pilih aja ada kerupuk kulit babi yang rasanya enak, ada kerupuk biasa dan jeruk.
Satenya disajikan dengan sayur kuah pedas2 manja..... slurrrppp!!!  mantap lah rasanya, bikin keringetan dan mulut megap2 kepedesan. Rasanya memang endeuss. Si bli Suyasa tau aja nih tempat2 makan yang enak dan harganya ekonomis.
Cuaca hari ini tidak bersahabat nih...sepanjang jalan mendung2 dan gerimis. Yang apesnya, pas sampe parkiran pura Besakih, malah turun hujan lebat. Sementara gerbang masuk ke pura berjarak sekitar 1 kilometer dari tempat parkir. Mau jalan kaki kok jauh banget rasanya. Akhirnya kita naek ojek motor dan sambil berpayung ria.....karena tadi udah sewa payung buat keliling2 di dalam pura. Naek ojek Rp. 10.000 per orang, sewa payung juga Rp. 10.000 per payung. Kebayang gak kita konvoy naek ojek sambil pake payung....hahaha ribet banget dehh..udah becekkk harus naek ojek!
Anehnya, begitu sampe gerbang masuk ke pura, eh hujannya mereda dan lama2 berhenti. Bikin kita kucel dan lepek aja...Kalo pengunjung lain udah pada prepare pake jas hujan...Di gerbang pura ini kita langsung disambut para guide yang menawarkan jasa untuk membawa kita berkeliling pura dan kita pilih salah satunya dengan nego seharga Rp. 150.000. Di sini banyak anak2 kecil yang menawarkan bunga sembahyang dan postcard. Mereka akan mengikuti kita sepanjang jalan dan sedikit memaksa untuk membeli dagangannya....tolak aja secara halus dan lanjutkan berjalan masuk ke dalam pura.
Welcome to Pura Besakih...
Enak nih masih pagi, pengunjungnya gak terlalu rame, sehingga mau foto disini cuma antri sebentar doang. Kebayang kalo pas lagi rame pengunjungnya....pasti panjang deh antriannya.

Kita udah beberapa kali ke Bali, tapi kita belum pernah nih ke pura Besakih. Karena letaknya memang agak jauh. Biasanya kita lebih pilih maen nya ke Ubud. Jadi ini adalah kunjungan perdana kita ke sini.
Sekarang pas balik lagi ke Bali, kita harus pergi deh ke tempat2 yang belom pernah kita kunjungin....salah satunya ya si Pura Besakih ini.
Kita diajak guidenya masuk ke area dalam pura ini sambil beliau menjelaskan sejarah pura ini.
Kita melihat lihat dulu dari pintu masuknya....
Di dalam sini ada 2 bangunan tinggi yang udah dijelasin sama guidenya sebagai apa, namanya apa...tapi aseli gua lupa banget nih....hahaha...maap...maap.....reporternya gagal fokus.
Pura Besakih adalah pura terbesar di Bali ....banyak yang bersembahyang disini saat itu.
Tuhh rame kannnnn......bagus juga nih jas hujannya warna warni.....
Pokoknya bangunan ini unik banget deh...
Akhirnya kita membeli bunga juga dan menaruhnya di patung yang ada di kiri kanan gerbang pura.....
Pura Besakih ini terletak di lereng Gunung Agung...jaraknya sekitar 7 km dari gunung Agung. Makanya kita bersyukur juga saat kita disana tidak mengalami kejadian gunung meletus. Soalnya, sebulan kemudian setelah kita balik ke Jakarta, Gunung Agung itu meletus tus tus. Gilee....kebayang gak kalo terjadinya pas kita disana....weleee! Bisa berabe dot com....
Di bagian belakang pura, ada lagi bangunan pura yang mirip dengan yang di depan....jadi sekilas kalo foto disini, hasilnya sekilas sama aja sama yang pura di bagian depan tadi....
Pose nya pun sama.....jadi sekilas fotonya mirip ya sama yang di atas....( hayoo scroll ke atas ), padahal ini di lokasi yang berbeda.
Sayang banget nihhh langitnya kelabu....coba kalo langitnya biru, pasti bagus banget nihh view ini...
Yang ini juga sama....kalo langitnya biru pasti lebih bagus lagi yaa...
Family pic is a must here...
Sayang banget deh pas kita kesini cuacanya kurang bagus...lihat aja tuh awan mendungnya di belakang sana....
View from where I stand....
Jadi ini adalah kompleks pura...terdiri dari pura yang kecil dan besar...
Akhirnya kunjungan kita cuma sebentar aja....siap2 berjalan keluar pura....
Ketemu satu lagi tempat yang bagus.....
Ada photobombernya....the dog....
Udah becek, harus naek ojek pula....pulang yuk!
Foto2 disini berkesan apa yaa....sedikit berkesan mistis gak sihh?
Ukiran2 patung di bagian depan dekat pintu keluar pura....
Selamat tinggal Pura Besakih....see you again....
Di sekeliling tempat parkir banyak terdapat toko2 yang berjualan souvenir dan baju2 khas Bali. Akhirnya kita malah belanja disini deh. Harganya gak mahal2 kok...mungkin karena pengunjungnya sepi kali yaa...
Dari pura Besakih, kita melanjutkan perjalanan ke sebuah pura lain lagi yang lagi heits banget di Instagram yaitu Pura Lempuyang. Kita melewati jalan2 kampung dan persawahan yang menghampar hijau di sepanjang jalan. Agak jauh juga jalannya sampe melewati jalan yang berkelok kelok parah menaiki bukit karena letak pura nya ada di atas gunung. Di gerbang masuknya kita hanya memberikan donasi Rp. 40.000 ( tidak ada tiket masuk )  dan kita akan dipakaikan kain sarung panjang yang wajib dipake. Terus, berhubung baju gua bolong di bagian bahu, maka dikasih syal warna kuning buat nutupin. Jadi beda2 yaaa di tiap pura....intinya sih pokoknya pake bajunya harus sopan.

Belom apa2 udah ngedeprok di tangga....tapi bukan ini pura utamanya....ini mah baru pintu masuk nya doang...
Gak bisa lepas dari anak tangga...
Yahhh sayang nih...padahal bagus viewnya dari atas sini....seandainya langitnya biru...
Gapura dengan patung naga putih dikiri kanan anak tangga....awalnya heran, kenapa kita gak naek ke atas lewat anak tangga ini....taunya karena diatas ituh tempat spot foto di pura ini.
Lingkungan pura....
Nahh inilah yang dicari oleh pengunjung yang datang kesini....foto di gapura yang latar belakangnya adalah Gunung Agung dan awan putih yang lagi heits banget di Instagram.
Wahhhh langsung terjadi antrian panjang disini untuk sekedar foto....halahhh! Malah kebanyakan orang bule nya loh...
Itu di tengah gapura itu spot fotonya....pantesan kita gak boleh jalan dari bawah anak tangga tadi, yah karena bayangin aja kalo di atas sini lagi foto2, masa tau2 muncul orang dari bawah....kan kagak lucu!
Jangan khawatir siapa yang fotoin, disini udah ada fotografernya yang standby, bisa serahin hp atau kamera kita buat minta tolong difotoin. malahan kalo foto pake hape, mereka akan fotoin dengan efek ada bayangan di air....Kita tinggal kasih tips aja buat fotografernya.
Nahhh inilah hasil foto kita ....lumayan kannn! Cuma sayang nih, cuacanya pas mendung...jadi gak keliatan awan putih dan gunung sebagai latar belakangnya.
Lumayan lah biarpun cape antrinya, kebayar setelah liat foto2nya....
Disebelah gapura tadi, disitulah pura besar berada....
Kita diperbolehkan naek ke atas tetapi hanya melewati anak tangga di sebelah kiri dan kanan saja, tidak boleh melewati yang di tengah2. Entah kenapa...
Menurut gua, pura ini juga bagus banget dan ikonik....wajib dikunjungi kalo pas ke Bali.
Beginilah view dari arah atas.....antrian yang mau foto di gapura itu masih panjang...sementara udah mulai gerimis disini...
Katanya pura yang ada di puncak gunung Lempuyang yang disebut pura Lempuyang Luhur, mempunyai view yang cantik ke arah Gunung Agung. Tapi harus melalui sekitar 1700 anak tangga. Makanya ada yang menyebutnya sebagai Gate to Heaven. ...Negeri di atas Awan....tergantung sudut pandang masing2 aja deh. Waktu itu kita gak sampe ke atas banget, lagipula cuaca jelek, jadi cuma dapet view segini doang....
Setelah puas berfoto ria disini, akhirnya kita pun harus meninggalkan tempat ini...kembali ke kota.
 
Nah, dalam perjalanan pulang, kita mampir makan dulu di warung makan sup ikan yang direcomend oleh bli Suyasa. Dia memang ahli makanan2 Bali nih..Dia bawa kita ke rumah makan yang paling rame pengunjungnya...dia bilang tempat ini yang paling enak diantara yang lain.
Saking laparnya, kita pesen segala macem deh...sup ikan, ikan bakar, cumi goreng tepung, sate ikan..

Nahhh ini dia sup ikannya. Rasanya memang endeuss! Kita makan sampe kekenyangan banget...total kerusakan disini Rp. 330.000
Kita berfoto bersama bli Suyasa, driver yang menemani kita 2 hari ini...
Setelah itu, kita langsung di antar ke airport Ngurah Rai Bali. Acara jalan-jalannya udah selesai....saatnya go home. Tapi kita sampe airportnya terlalu awal nih, pesawat kita jam 22.45, jam 19.00 an kita udah sampe, jadi kita masih harus menunggu sekitar 3 jam lagi. Alhasil, muter2 di aiport aja bikin kita jajan dan belanja2 deh. Disini ada toko yang jual snack fish skin mirip seperti yang dari Singapore...dibandrol dengan harga Rp. 75.000. Rasanya enak juga...beda2 tipis lah sama si Irvin's itu...
Setelah menunggu sekitar 2 jam, dikasih pengumuman bahwa ruang tunggunya dipindahin gate nya dan pesawatnya delay sekitar 1 jam. Okehh, kita masih santai, karena pesawat2 lain juga pada delay semua...kita pikir imbasnya ke penerbangan kita juga dong, jadi udah bisa nerima delay 1 jam tanpa banyak komplen. Indonesia mah udah biasa delay2 . Waktu itu sekitar jam 10 malam. Udah cape dan ngantuk, jadi pasrah aja dehh diumumin delay juga masa bodo deh. Yang kagak santai tuhh setelah ada panggilan boarding sekitar jam 23.50, semua penumpang udah berbaris antri mau boarding, tapi setelah sekitar 40 an orang masuk gate, pemeriksaan tiket boarding nya distop dan kita yang masih antri di belakang masih rapi berdiri menunggu. Kita pikir kan mungkin antri naek bus yang mengangkut penumpang ke pesawat karena gak melalui garbarata ( belalai ). Menit demi menit berlalu....lhaaa sampe 30 menit kok gak maju2 nih barisannya. Ada apa gerangan? Kok gak ada pengumuman apa2? Trus kok gak maju2 nihh panggilan boardingnya? Semua penumpang udah mulai resah gelisah dan kesal. Semua merangsek maju menanyakan apa yang sedang terjadi? Dan petugas maskapai penerbangannya memberi penjelasan yang diluar nalar dan kagak masuk akal, kata petugasnya : " jam kerja pilot dan cabin crewnya sudah over limit." Whattttt!!!???? Lhaa trus, apa kabarnya penerbangan kita? Dijawab lagi :"sedang menunggu keputusan managemen, jadi harap para penumpang menunggu informasi lebih lanjut . Berapa lamanya, tidak bisa dipastikan. " Dueenggg!!!
Gila....gilaaaa ! Disini drama di mulai. Alasan macam apa pula ituh?

Wahhh udah deh, gak bisa digambarkan dengan kata2 situasi saat itu. Udah mulai bermunculan deh orang yang marah2, yang mencak2, yang maki2 petugasnya, yang dumel2..... emosi jiwa banget dehh saat itu. Pengennya sih gua tebalikin bangku atau meja disitu....hahahhaa..just kidding loh yaaa, gak mungkin lah gua berbuat begitu, paling juga gua bakar aja.....wkwkwkwk, lebih ganas lagi. Yang ada : gua cuma bisa duduk ngedeprok di pinggir, pasrah aja deh. Ngantuk dan cape, bikin kagak mood mau marah2. Lagian bisa apa lagi? Petugasnya juga pada bingung, ngomong muter2 gak jelas dan gak ada solusi, tiap setengah jam ada penumpang yang maju lagi ke meja counter, teteup aja gak ada kepastian kapan terbang. Sampe lama2 si Papoy ikutan marah2...bayanginnn! Orang tersabar sedunia aja sampe bisa marahhh, berarti kan memang udah KETERLALUAN nih maskapainya. Gua mahh tinggal bikin story ajaa sambil mention IG maskapainya, gak direspon juga sihhh emang...tapi paling gak kepuasan batin aja lah....
Dan sebegitu lamanya kita menunggu, tadinya mau dikasih komplimentari satu snack box yang isinya roti, tapi ada penumpang yang vokal dan menyuruh penumpang lain jangan terima...bla bla bla...( yang pada akhirnya memang gak ada yang nerima snack box nya itu ). Pokoknya sedikit rusuh lah, gua udah males dengerin karena ribut2...sementara gua ngantuk dan lelah. Kasihan sih yang bawa bayi dan anak2 kecil serta orangtua, semua pada cape dan masih harus marah2 menuntut kita diterbangin ke Jakarta. Dan dalam keadaan pasrah, akhirnya ada titik terang juga. Sekitar jam 01.50 dini hari, kita diterbangkan juga dengan pesawat yang sama kode penerbangannya. Sampe di Jakarta sekitar jam 03.00 dinihari. Dan sampe di rumah jam 04.00 subuh. Bayangin aja kalo sampe hari itu juga gua harus kerja dimana hari itu biasanya ditetapkan sebagai blackout day yang artinya seluruh karyawan harus masuk kerja tidak ada alasan apapun.....hmmmm, mungkin yang maju pertama buat tebalikin meja konter maskapai di airport bali adalah gua kali yaaa. hahahaha....Untunglah hari ini masih hari libur, makanya gua tadi syantai2 aja gak ikut marah2 di meja konter petugasnya. Ahh syudahlah, yang penting kita semua sudah mendarat dengan selamat. Dan dengan ini Labuan Bajo dan Bali trip udah resmi tamat.......*elap keringet.

Aduhhhh, kenapa sihhh selalu terjadi hal-hal aneh dah menjengkelkan di setiap trip mamiefunky squad yaaa? Inilah yang membuat cerita perjalanan kita selalu beda sama yang lain yaa....hahahha. Biar cerita perjalanan kita bisa ada bumbunya...gak datar2 aja....Ahhh, ada2 aja. Habis itu kita bilang, besok2 gak usah lah pesen tiket pesawat di maskapai itu lagi.....Ehh tapi, gua masih ada tiket ke Bangkok naeknya maskapai yang sama....hadeuhhh! Semoga aja gak kejadian yang sama dehh...( yang akhirnya memang gak terjadi seperti di Bali ini sih....malahan kalo yang Bangkok ini termasuk ontime dan bagus lah servicenya ). Apa tergantung airport nya juga kali yaaa? Entahhh lahhh....
Okay dehh....abis ini gua masih punya cerita waktu ke Bangkok kemaren.....Tunggu aja ya shay! Babayyy Ciaobella!