Tuesday, December 16, 2014

EXPLORE SURABAYA

Holidayyyy! Arrghhhh itu cuman mimpi....seandainya bener ini liburan, tentunya gua udah loncat-loncat senanglah. Tapi ini belom saatnya liburan mas bro. Masih harus kerja keras banting tulang demi sebongkah berlian sepiring nasi...( sesuap nasi mah kagak cukup...gua makannya banyakk! ). Tugas kenegaraan masih antri menunggu...hiks hiks hiks! Hidup macam apa nihh dari hotel ke hotel...*nomaden masa kini. Dari yang sebelomnya dijelajahi mulai sebelah barat pulau Jawa, lalu ke bagian tengah, sekarang saatnya ke bagian timur pulau Jawa. Yukk yakk yukkk, melipir ke Surabaya.

Gua sih udah beberapa kali ke Surabaya...*sombong banget sih lo! Siapa yang nanya emangnya ya? Yah pokoknya ini bukan yang pertama kali kesini. Dan setiap kali kesini, tentunya nemu hal-hal baru yang seru aja buat diceritain. Seperti kisah kali ini....caelahhh!

Terbang dengan Garuda Indonesia ke Surabaya dijadwal jam 07.50 pagi. Kenyataannya yahh sekitar jam 8.20 an deh baru take off. Gak apa-apa sih belom keterlaluan telatnya. Nahh waktu dibagiin snack box, isinya adalah roti dan cookies. Cookiesnya itu rasa red velvet yang menurut gua enak bingittt. Haduhh, kalo kepengen lagi belinya dimana ini yaa? Jarang nemu soalnya....Ada beberapa bapak2  yang nolak snack box nya itu karena lebih milih tidur aja dibanding makan. Hmm...sayang juga yaa...hahahaha ( dasar gak mau rugi nihh ).
Sampe di bandara Juanda Surabaya, gua agak sedikit linglung....*faktor U....wewww! Tadi kan ngakunya udah beberapa kali, tapi yang terakhir kesini udah sekitar 2 taon lalu, jadi pas liat bandaranya kok beda sama yang dulu. Ternyata bandara ini memang baru beroperasi sekitar bulan Pebruari 2014, pantesan aja gua jadi asing disini. Mau cari taxi harus celingukan dulu dan jadi korban serbuan para calo taxi deh. Udah kayak selebritis aja dikerubungi massa...eh gak sampe segitunya sihhh. Agak lebayy nihh gua.....hehehhe. Bentuk bandaranya ( Terminal 2 ) cuman panjaaaaang aja gitu. Minimalis banget. Tapi dengan bentuk begini ada enaknya juga, turun naek pesawat pasti lewat garbarata, kagak diturunin di lapangan terus harus  naik bis lagi ke terminalnya.

Yahh namanya juga tugas kenegaraan, jadi begitu sampe yah langsung kerja lah. Tentunya kagak lupa kontek kontek dulu sama sesama blogger dan temen yang tinggal di Surabaya. Wahh seneng banget nih pas ngabarin kalo gua mau ke Surabaya, si Edo blogger yang tinggalnya sekitar 3 jam dari Surabaya hari ini sengaja nyempetin buat ketemuan sama gua. Ck ck ck...perjuangan juga yaa buat ketemuan gini. hahahhaa...Gua sih senang-senang aja, sementara dia setelah ketemuan masih harus berjuang lagi menempuh perjalanan balik ke "kampung halamannya" yang 3 jam itu. Wele-wele....tengkyu yaa Do, atas perjuanganmu...*jadi merasa gak enak hati sekaligus senang sihh...

Nahh, tadi ngakunya kan udah beberapa kali ke Surabaya, tapi gua belom pernah makan rujak cingur nih. Kebetulan ada si Edo yang merekomen tempat makan rujak cingur yang katanya terkenal di Surabaya. Yahh ikut ajaaa lahh....mau uji nyali. Berani kagak yahh makan "hidungnya" kerbau? Ngebayanginnya sihhh jijay bajay ...tapi penasaran juga. Ditambah lagi si Edo bilang :"ueenakkkk kok." Yah udah, tau-tau kita udah nyampe di resto yang letaknya di ruko depan pom bensin ( sebelahnya ada ayam penyet Ibu Kris yang ruameeee bangettt ! ). Kita pesen rujak cingur dan tahu tek tek. Yah bentuknya mirip gitu deh, dua-duanya disiram kuah kacang. Difoto kagak keliatan cingurnya yaa....hahahaha. Bentuknya seperti jeli bening2 gitu, dimakannya kenyal2 tidak ada rasa dan tidak berbau.Gua cuman cobain sepotong cingurnya, sisanya yah makanin sayurannya. Jadi kalo ditanya rujak cingur enak atau kagak, jawabnya juga galau....Enakk gak yaaa? Menurut ngana? Kalo gua lebih suka tahu tek teknya itu.Yang penting sih udah nyobain jadi gak penasaran lagi sama si rujak cingur. hehehhe... Oh iya, seporsi rujak cingur lumayan mahal juga nih, yaitu Rp. 26.000. 
Setelah perut kenyang, sebagai anak mall kagak asik dong kalo kagak mampir ke mall. Diajaklah ke Ciputra World yang katanya mall terbesar di Surabaya saat ini. Sambil ngobrol dan muter-muter nurunin perut, jadilah si Edo fotografer dadakan kalo ketemu spot bagus. Untunglah dia maklum, punya temen blogger yang super narsis...wkwkwkwk!
Di bagian food courtnya, banyak patung2 nya kayak begini ... mungkin seperti di Eropa gitu kali yaa? ( Gua belom pernah ke Eropa sihhh, jadi kurang tau juga ini kayak dimana...).
Nahh, kalo spot yang satu ini tentunya kagak boleh dilewatkan....ho ho ho...Christmas is in the air....
Baguss yah dekor natalnya...
Apalagi yang ada snowman nya ini....I like it very much!
Kalo liat begini, udah berasa banget yahh hawa liburannya. Huhhh....sementara gua masih harus kerjaa nih besok dan besok dan besok.....*kapan liburnyaaaa!!!
Nahhh ini diaa yang namanya Edo ituuu! ( akhirnya kita minta tolong orang untuk fotoin kita berdua.....hehehe ). Akhirnyaa kesampean juga kopdaran ya Do. Valentine day bulan Pebruari kemaren kan dia batal ke Jakarta karena pesawatnya batal terbang gara-gara musibah gunung meletus. Padahal udah janjian mau kopdaran bareng di Jakarta. Wiss, pokoke seneng dehh hari ini bisa kopdaran ( dan ditraktir pula...hehehhe ). Tengkyu again Edo....En semoga bisa kopdaran lagi dilain waktu...
Gua nginep di hotel Garden Palace dengan voucer hotel seharga Rp. 450.000 karena lagi promosi. Tarif normalnya sekitar Rp. 650.000. Lumayan banget kann. Dulu juga nginep disini, tapi belum direnovasi seperti sekarang. Kayak begini deh lobby hotelnya....
Dan ini toilet di lobby nya.....bagus yaa...*bukan norak, cuman iseng aja fotoin ..beladiri.com

Dan ini kamarnya....Kita beli voucer untuk type standard, tapi karena hotel penuh ada acara kejuaraan olahraga tingkat mahasiswa gitu deh....maka kamarnya diupgrade ke type deluxe. Ukurannya sih cukup luas lah. Cuma tempat shower di kamar mandinya itu sempit banget. Kalo yang badannya ukuran XL mungkin bisa kepentok sana sini kalo lagi mandi...hihihihi
Di kamar hotel disediain timbangan badan lohh....jarang-jarang ada kann yaa....*abaikan jari-jari kaki nan lentik ( baca : buntek buntek ....)....wkwkwkwk. Kalo masuk ke kamar udah pasti liat timbangan dan langsung merasa berdosa abis makan kekenyangan....segini belom wisata kuliner. Baru juga hari pertama, entah apa jadinya kalo seminggu disini? *jangan dibayangin...gembok mulut, kuncinya dibuang...

Besok paginya, buka jendela langsung nemu view begini dari lantai 9 ...Jam 6.30 pagi udah panas ajaaa! Ck ck ck....apa jadinya nanti siang?

Sarapan paginya di Resto Green House yang letaknya di lobby. Desain restonya bagus juga nih...
Lampu-lampu gantungnya berbentuk sangkar burung...unik yaa....
Sarapannya lumayan banyak variasinya. Selama 4 malam nginep disini, yah ganti-ganti lah macam makanannya. Terutama dimsumnya. Ada hakau, lumpia udang kulit kembang tahu, somay udang...sluurrppp! Haduhh apa kabarnya si diet yaaa? Kepengennya cuman makan salad sayur dan buah aja, tapi godaannya banyak begini....hu hu hu hu hu....*kepikir baru beli rok belom kepake dan sepertinya langsung kagak muat deh! 
Sore-sore sepulang ngantor, kita ngemil dulu di Baso Tanjung Anom. Pas turun mobil, pas hujan deras. Pas banget kann makan baso. Tapi gua kan anti mainstream, gua cobain es teler nya, kagak makan basonya. Jadi jangan tanya rasa basonya yaaa! hahaha...Yang jelas es telernya sih uenakkk tenan!
Abis dari tempat baso, kita mampir ke Grand City Mall. Dekorasi natalnya kurang meriah yaa. Padahal mall nya lumayan besar lohh...
 Di sini kita cobain makanan di resto The Rocks yang lagi promo diskon 50% dengan pembayaran kartu kredit apapun. Wooahhhh....pantesan aja rame restonya....
Di dinding restonya ada gambar ciri khas Ausiee yang dihighlight lampu biru. Restonya gak gede-gede banget juga. Paling 10 meja gitu deh.Yang di foto dibawah itu adalah yang punya resto tuhh..Ada yang kenal? hehehe...
Nahh ini dia makanannya....Semuanya enakkkk...( katanya yang makan lohh ...hehehe). Gua cuma makan pancake ice cream ( sebelah kanan bawah ), lumayan enak juga rasanya. Gua lupa nama semua makanannya....yang jelas yang sebelah kiri bawah itu diterjemahinnya nasi cumi. Mungkin ini terjemahannya keliru..( sempet diperdebatkan juga sihh...hahaha ). Di menu nya ditulis octopus something gitu deh..sementara kalo cumi itu kan squid bahasa Inggrisnya? Entah lah...puyeng! Penting apaa?! hahhaaha
Nahh laen lagi cerita besok siangnya, kita makan di kedai sop buntut. Letaknya agak unik, cuman di sebuah gang gitu doang. Dapurnya aja kayak yang di gambar itu deh...kayak dapur darurat. Tempat duduk makannya juga sederhana banget yaa....
Gua pesen yang buntut goreng. Rasanya memang enak sih, dikasih kuah sop nya juga yang rasanya gurih. Cuman harganya gak bisa dibilang murah juga loh. Jadi tempat kaki lima, harganya kayak di mall.
Malam harinya kita ke Boncafe yang di daerah Manyar.
Di depan pintu masuknya ada dekorasi natal...langsung deh foto-foto dulu, lupa sama rasa lapar. hahaha
 Di dalemnya rame banget..semua meja penuh. Untung kita masih kebagian tempat. Ini sebagian ruangan resto, masih ada bagian belakang lagi yang nuansanya dibuat berbeda...
 Tuhh kan yang foto-foto bukan cuman gua seorang loh....( yang rok kuning juga asikk foto tuhh...*cari temen narsis )
 Dipojokan cafe ditata sedemikian rupa...dipersiapkan buat orang2 narsis foto disini...hehehhee
Dari tadi foto terus, jadi makanannya apa ajaa? Menu utamanya sih steak-steak gitu lah....Tapi ada yang lain juga seperti spring roll dan spagheti.
 Dessertnya ada eskrim dan es doger dalam kelapa....bentuknya unik yaa....Kebayang kan kalo ini semua masuk perut? Gua cuma makan springroll dan eskrim, jadi jangan tanya rasa steaknya kayak apa ya...hehehe. Jawabnya yah kagak tau....soalnya ini pesenan temen gua. Tapi kalo diliat semuanya licin tandas, artinya harusnya enakk yaaa!
 
Besok siangnya lagi kita makan di resto Hoksiong, spesialis chasio garing madu.....
 Ada nasi hainam, ada nasi putih juga. Disajikan dengan kuah sayur asin. Sluurrpp! Rasanya mancapp dahh! Yang enak tuh saus cocolnya yang warna coklat itu, divariasi dengan sambel. Wisss dah, mertua lewat juga kagak keliatan! * buta itu mah! hahahhaa....Oh iya, restonya kan sebelahan dengan warung es tidar yang lumayan terkenal itu, jadi gua pesen es telernya. Tapi rasanya standard aja, dari bentuknya disajikan di piring begitu aja udah langsung keliatan kalo rasanya kurang nikmat yaa...penampilannya kagak menarik ( gambar kiri bawah ). Kalo yang kanan bawah itu namanya cungkian ( kalo kagak salah ), enak juga rasanya, tapi so pasti yang enak mah chasio nya
Malam harinya, gua janjian ketemuan sama sesama bakul kue yang tinggal di Surabaya. Dulu kenalnya karena gua kan suka baking dan terima orderan kue gitu...( pengumumannn! halahhh...masa lalu. Lupakan! ). Sekarang gua mah udah pensiun dini bakingnya, sementara dia masih lanjut terus....Namanya Evelyn, gua panggil dia Eve aja.
Nahh si Eve itu ajak ke daerah CitraLand Surabaya, tempatnya namanya G Walk. Dari hotel memang agak jauh sih, sekitar 45 menit deh...
Jadi kawasan G Walk itu seperti PIK di Jakarta lah, di sepanjang kiri kanan jalan adalah kios-kios makanan, mulai yang jenisnya kaki lima sampe resto. Sepertinya disini segala makanan khas Surabaya pun ada.Cuma kan gak mungkin kita cobain semua satu-satu. Bisa-bisa meledak perutnya...hahahhaa

Kita pun terdampar di Yoo Hoo yang menyajikan menu dessert2 taiwan, persis kayak Hong Tang di Jakarta gitu deh. Wahh disini juga rameee banget nihh....
 Dan inilah pesenan kita....gua lupa namanyaa....hahahha. Yang jelas enak. Kita pun bisa pesan makanan2 yang ada didepan resto dan boleh makan di dalam. Kita pesen sate ayam, rasanya enakkk! Makan begini aja kenyang banget .
Nahhh inilah yang namanya Evelyn....huahhh seneng banget akhirnya bisa ketemu lagi. Dulu sekitar tahun 2010 gitu deh kita pernah ketemu sekali, itupun paling cuma 5 menit doang...hahahha. Kali ini dong, bisa agak lama sambil kongkow2 cantik minum es...Gak kerasa ngobrol2 gitu aja tau2 udah jam 10 an. Wahh, udah saatnya harus balik kandang nihh..jadi terpaksa deh cerita-ceritanya distop dulu. Tengkyu yah Eve, udah repot2 jemputin dan anter gua ke hotel....tengkyu juga buat traktirannya...semoga sukses terus bisnis kuenya....
 Oh iya, kemaren2 gua udah sempet beli oleh-oleh nih...Berhubung gua mau ke Malang, jadi beli oleh-olehnya gak bisa banyak2. Mau beli kue lapis surabaya aja mikir bawanya harus nenteng2 ke Malang, bisa jadi apa tuh kue. Nahhh, katanya yang lagi ngehits tuhh adalah almond crispy cheese ini nih....Harganya Rp. 45.000 per box. Rasanya memang enak sihhh....nyesel juga cuman beli 2...hahahhaa. Besok paginya gua udah harus jalan ke Malang karena memang ada kerjaan disana juga. Jadi bye bye Surabaya...
Perjalanan ke Malang ternyata cuma 2 jam aja dari Surabaya. Kagak macet sama sekali. Padahal dalam bayangan gua bakal macet, bakal lewatin daerah lumpur lapindo. Tapi ternyata kita ambil jalan baru, jadi berangkat jam 8.30 pagi, nyampe di Malang sekitar jam 10.30 an. Tapi karena nungguin jemputan orang kantor yang mau nunjukin jalan, ditambah macet sepanjang jalan, akhirnya keburu jam makan siang dan kita juga putusin makan siang dulu sebelum ke kantor. Kita makan di RM.Bug Matira. Disini bisa pilih-pilih mau makan dengan lauk dan sayur apa. Penampilannya sih menggoda yaa....tapi gua gak mau makan nasi bug ini, karena masih kenyang dari sarapan tadi pagi. Jadi gua kurang tau juga rasanya apa...hahahaha
Gua lebih pilih makan cemilan aja, eh nemu tukang jual surabi imut dan es shanghai di sekitar warung makan Bug tadi. Ya udah, makan siangnya beginian deh. Rasanya sih standard2 aja..cuma warung surabinya ini rame banget loh, sampe antri. Harganya murah meriah sih, sepotong surabi dibandrol Rp. 2000 an. Pilihan rasanya juga banyak banget...sampe panjang daptar menunya.
Malemnya kita makan di RM. Sukun Murni yang menyediakan menu sate babi dan bakut sayur asin. Pas malem ini turun hujan pula. Cucok dahhh anget2 kuah bakutnya dimakan bareng sate. Maknyuuusss! Potongan satenya juga gede-gede nih, jadi makan 5 tusuk pun udah pasti kenyang...( kalo nasinya sebakul...wkwwkwkk ).
Kita nginep di Hotel Aria Gajayana di jalan Kawi Atas
Beginilah lobby hotelnya...bagus juga lah...

Ukuran kamarnya termasuk luas juga nih...Kita beli voucer hotel dengan harga Rp. 580.000
Hotelnya persis bersebelahan sama Mal Olympic Garden....dan viewnya waktu pagi hari dari tempat sarapan itu menghadap ke pemukiman padat...( sebenernya di kejauhan sana keliatan gunung Semeru, tapi difoto kepotong nih...hehehhe ).
Menu sarapannya lumayan banyak juga nih variasinya....
Dari kwetiau goreng, cah kailan, kentang goreng, ikan asam manis, kue2, roti, kroket, bubur, salad, buah-buahan....
Nahh kayak gini lah suasana restonya...lumayan bagus lah....
Ke Malang ini bisa dibilang cuma mampir, kerjaannya juga gak terlalu banyak. Kita udah harus balik ke Jakarta hari Sabtu ini. Pesawat dari Malang ke Jakarta jadwalnya cuma ada 2 kali sehari, jam 7 pagi dan jam 13.10. Kita pilih yang siang aja karena memang bisanya yang jam segitu. Bandara di Malang sedang dibangun baru di sebelah yang lama. Tapi ukurannya memang tidak besar2 banget.
Bandara Malang yang lama yah masih sederhana aja. Lebih mirip terminal bis...hahahhaa. Semoga kalo balik kesini lagi, bandara yang barunya udah selesai.
Penerbangan Malang ke Jakarta ditempuh sekitar 1 1/2 jam gitu deh. Lupa juga...saking udah cape, ngantuk dan bete karena home sick! Gilaaa seminggu penuh gua ngebolang...sepertinya ini tugas kenegaraan yang paling lama deh. Biasanya sekitar 4 sampe 5 hari. Lhaa ini? 6 hari penuh...Astagaaaa! Apa jadinya tuhh anak2 guaa yaa? Prok prok prok aja dehh! wkwkwkwkwk! Yang jelas kangennnn sama mereka!

Oh iya, pas nyampe bandara Soekarno Hatta, udah dipajang juga nih dekorasi natal persis di depan eskalator tempat kedatangan dan pastinya dilewatin ratusan orang. Tapi kalo udah narsis mah susah sih yaa...biarpun diliatin orang yang lewat2, foto mah teuteup ajaa! hahahha....
Masalahnya gua heran aja, tumben disini hiasannya bagus? hehhehee...
Udahh ahhh, siap-siap liburannn dahhh yaa! Kemanaa? Ngapain? Nahh tuh, PR lagi deh mikirin liburan.
Babayyy!