Saturday, February 28, 2015

SAKITNYA TUH DISINI

Tenaaangg...tenaaang ..kalo baca dari judul postingannya jangan mengira gua mau bahas lagu dangdut plus penyanyinya itu yaa ( don't judge the posting by it's header ). Tapi gua akui lagu Sakitnya Tuh Disini emang enak kok.... *mau donlot lagunya dimana sih linknya? Wkwkwkwk ... *halah ternyata disini ada penggemar rahasia si Cita Citata juga yah. Lhaa, gua mah ga munafik kalo emang lagunya enak yah gua juga suka kok biarpun itu lagu dangdut. Emang kenapa kalo suka sama lagu dangdut? Masalah buat lo? Hihihi, ini kok jadi emosi? Lagian tadi bilangnya ga mau bahas, tapi malah dibahas juga...*galawer.

Okayyy lanjut ceritanya, dari yang terakhir gua bilang si Miko demam dan panas badannya itu, gua udah ga sabar lagi besok paginya langsung bawa dia ke dokter. Yahh eyah lah, siapa juga pasti ga sabaran pengen cepet2 anaknya sembuh dong. Begitu diperiksa dokter, berdasarkan ciri2nya: badan panas dan pas disuruh buka mulutnya diliat tenggorokannya merah dan bibir kering serta lidah agak putih, maka si Miko "divonis" kena radang tenggorokan dan dikasihlah obat berupa antibiotik.

Nahh berdasarkan diagnosanya itu, gua merawat si Miko yah sesuai sama penyakitnya itu. Jadi biasa kan kalo radang tenggorokan tuh gua anggap panas dalem, jadi gua suruh si Miko minum yang banyak plus gua beliin larutan penyegar dan bikinin air jeruk dicampur madu. Yah maksudnya kan supaya cepet turun demamnya dong. Ehh dodo eh, kenapa kok ini udah minum obat dokter 3 hari tapi demamnya on off mulu gini ya? Mana panasnya tuh pake banget! Panas tinggi bisa sekitar 39,5 C pula sampe tuh anak sepertinya udah sedikit fly juga, mulai ngaco-ngaco dikit. Hadeuhhh, biasanya kan kalo radang tenggorokan langsung sembuh begitu minum obat dokter. Tapi kenapaa? Kenapa yang kali ini demamnya gau mau pergi? Setiap kali panas mukanya udah kayak kepiting rebus, merah sampe ke kuping2. Perasaan gua udah gak enak, sepertinya ini bukan penyakit yang biasanya nih. Gua agak takut juga kena DBD karena sekarang lagi musim DBD dimana2....*hiyyy semoga aja bukann.

Rasanya gua pengen langsung bawa si Miko cek darah aja deh, biar cepet ketauan apaan penyakitnya...*emak kagak sabaran. Biasanya kan gitu rekomendasi orang-orang, kalo demam gak hilang dalam 3 hari, yah harus cek darah.Tapi menurut si Papi lebih baik sih pindah ke dokter lain lagi, diperiksa dulu baru nanti minta cek darah. Mana si Miko sakit pas hari  Jumat Sabtu Minggu ( liburan Sincia ), pindah ke dokter lain itu prakteknya hari Senin jam 5 sore pula, jadi harus nunggu lagi lah. Bayangin aja, obat penurun panasnya udah abis 3 botol plus udah dikompres sana sini selama 3 hari, tidurpun gak nyenyak kebangun2 tiap berapa jam, bikin seisi rumah pada loksoy kurang tidur ples makan kagak bener karena kokinya biarpun masak tapi rasanya kagak karuan...hahaha malah curcol! Sekarang masih harus nunggu ke jam 5 sore tuh rasanya sesuatu dahh...lama bingiiitt! Sepertinya jarum jamnya mati...

Singkat cerita, begitu diperiksa dokter, dokternya juga langsung suruh kita cek darah dulu aja, baru nanti balik lagi ke tempat dia. huhuhu...mana sore itu ujan, macet pula. Untung aja jarak dari tempat dokter ke lab tempat cek darah ga begitu jauh, jadi terhitung cepatlah sampenya. Awalnya si Miko agak pucet dibilang mau ambil darah, nanya melulu: "sakit gak Mi?" Gua jawab :" kagak sakit kok Mik...kayak dicubit dikittt doang." Baru deh dia tenang, walopun masih tegang mukanya. Hahaha...tapi hebat kok, dia bisa tahan sakit tuh. Gak ada suaranya waktu diambil darahnya, malah diliatin sama dia..
Untungnya lagi, karena orang lab nya udah tau hasil darah ini lagi ditungguin sama dokter kita, jadi hasilnya cepet juga, paling sekitar 15 menit udah ketauan nih hasilnya. Astagaaa....ternyata si Miko kena thypus! Hadeuhh kok bisa kena ya? *mikir.....( nyesel kenapa suka hore-hore kalo ga masak, tuh anaknya jadi jajan sembarangan kann....emak macam apa ini!*getok-getokin kepala sendiri   ). Gua jadi inget, pantesan aja nih anak gak membaik, kemaren juga gua kan kasih air jeruk campur madu ( karena belom tau dia kena thypus...). Tambahan lagi dokter yang pertama kasihnya obat buat radang tenggorokan. Lengkapp dahhh ngaconya! Hadeuhhh kenapa juga cek darah harus nunggu 3 hari yaa? Jadi kan selama 3 hari kemaren penanganannya udah ngawur tohh?! Anaknya sakit apa, dikasihnya apa....*jaka sembung
Kenapa rata-rata orang sekitar gua udah pernah kena thypus ya? Bokap nyokap gua dulu juga kena thypus sampe dirawat di rumah sakit. Terus tahun 1999, dua bulan menjelang merit, gua juga pernah kena thypus yang untungnya masih bisa berobat jalan gak perlu dirawat di rumah sakit. Selama 2 minggu terbaring lemas dan cuma makan bubur, lalu lanjutin makan nasi tim sebulan. Ihh, memang ga enak banget deh sakit beginian. Yahh sakit apapun kan emang ga enak yaa. Tapi masalahnya kalo thypus tuh ga bisa makan "enak-enak" dan gak boleh banyak bergerak plus kepala pusing, jadi rasa penderitaannya tuh dobel. Apalagi orang-orang bilang katanya minum obat yg terbuat dari cacing, dijamin cepet sembuh. Weww...gua sampe ikutin minum obat yang terbuat dari cacing itu. Baunya amis banget, bikin mual. Tapi yang penting kan pengen cepet sembuh toh.

Nahh, secara yang sakit tuh anak kecil yang kadang makan normal aja susah, banyak pilih-pilihnya. Apalagi ini ? Pake dibatasin cuman boleh makan bubur atau nasi tim? Wele-welee....pastinya pusing juga pala si Barbie dong. Gua kan bukan koki handal, jadi kalo disuruh bikin nasi tim itu lumayan susah juga. Soalnya pasti si Miko punya ekspektasi tinggi, yang dibayangin tuh nasi tim resto yang udah terbukti enak. Yah bener aja dah, udah gedebak-gedebuk bikin nasi tim yang "mirip" bentuknya sama yang di resto2, teuteup aja kata si Miko mah :"rasa nasi tim Mamie gak jelas." Wkwkwwk....kasian banget yahh jadi anak gua tuhh!
Hmm, gua gak terima dongg dikatain nasi timnya kagak jelas rasanya. Gua suruh si Alvin makan nasi timnya juga, katanya sih enak. Tapi begitu disuruh nambah, udah gak mau lagi...( padahal biasanya kalo beneran enak mah pasti minta nambah ). Hadeuhh, mana yang bener sih nihh anak? *suspicious....( sambil buangin nasi tim ke tong sampah sambil mikir " apa beneran gak enak? gua makan kok enak2 aja..*gak terima kenyataan.....hahahaha ). Tuh anak2 bikin emaknya jadi galau aja nihhh, mau bikin lagi atau beli aja ya?...*tepok jidat. Masih untung lah si Miko masih mau makan buah kayak pisang dan buah pear. Paling kagak, biarpun gak kemakan nasi timnya, masih ada yang masuk..
Parahnya lagi tuh, ternyata minggu ini  adalah musim UCUN dan UCUS ( Uji Coba Ujian Nasional dan Sekolah ) dan katanya gak boleh gak hadir. Otomatis si Miko jadi tambah stress, karena selain harus belajar, dia juga dapet PR dari gurunya sekitar 120 soal2 latihan per hari,yang mana akhirnya itu PR yang jumlahnya ratusan ujung2nya gua juga yang kerjain karena anaknya ngegeletak setengah fly gitu...hadeuhh, gila yaa jadi emak2 itu! Udah jadi koki, jadi PRT, jadi suster sekaligus jadi murid sekolah juga nih pake ngerjain PR segala! *ikutan fly bareng si Miko dah!
Trus kita udah bujuk supaya libur aja sekolahnya, nanti minta dispensasi nyusul aja ujiannya. Tapi tuh anak ketakutan dan kekeuh sumeukeuh gak mau libur. Memang sih gak ada solusi lain akhirnya terpaksa kita putusin dia boleh ke sekolah cuma 2 jam aja kerjain ujian, terus langsung dijemput pulang. Jadi selama 4 hari dia ke sekolah selama 2 jam doang. Yah jadi gitu deh, mungkin karena stress mau ujian plus banyak bergerak, setelah minum obat thypus 3 harian pun masih demam-deman dan lemes terus. Yahh ampyunn....baru juga orang bilang si Miko agak gemukan. Lha kalo seminggu ini gak mau makan, apa jadinya tuh anak ya? Bakal menciut lagi dong....OH NO! *emaknya sih udah susut sekilo nih....lumayannn, kagak usah diet!

Tambahan lagi begitu balik kontrol ke dokter, dokternya bilang sepertinya belom membaik dan makannya harus bubur, gak boleh nasi tim. Setiap hari harus makan telur dan ayam untuk asupan proteinnya. Dan beneran harus bedrest, gak boleh banyak gerak apalagi ke sekolah. Obatnya pun harus diganti. Haiyaaa...jadi parno kann kita yahh! Apalagi gua kan orang kantoran, kalo anak sakitnya begini kan jadi reypot tohh. Subuh2 udah bangun berjuang bikin bubur yang ternyata lamaa bingiittt yaaa. Pokoknya tuh bubur penuh perjuangan dah bikinnya. hahahha.Begitu ngeliat si Miko udah mendingan dikit, gua tinggal ke kantor dong, eh itu bubur masih utuh aja, paling dimakan cuman sesendok doang. Padahal gua bikinnya sepanci! Kata Miko :"bubur nya kok aneh sih Mi?" Hadeuhhh...mau loncat gak tuh dari balkon? KZL! Buburnya sepanci dibuangin.

Pegimana mau cepet sembuh yaa? Ya udah, karena gua sayang anak, gua pilih stay di rumah seharian dong urusin dia.Ujung2nya si Miko bilang :"Enak kalo ada Mamie di rumah....mau makan tinggal diambilin, disuapin." Jleb....*ketujes . Peluk Miko kenceng2. Hiks  hiks....nasib orang kantoran yah begini ini nak! Hmm....sepertinya harus cepet2 pensiun dini nih *mulai ngarang surat resign dari sekarang ( kasihinnya mah nanti-nanti aja dong...wong sebentar lagi THR, sebentar lagi jalan2 gratis lagi...hahaha*menghibur diri ). Hmm, atau sekarang mah ada alternatif lain nih buat cari sampingan, tinggal gali-gali tanah aja cari batu akik lagi, siapa tau ketemu yang beratnya 2 ton! hahahha....*mulai ngaco karena stress!

Well.....total kita udah bolak-balik ke dokter 4 kali, semoga aja deh nih anak cepet pulihnya. ( Sepertinya masih harus istirahat seminggu ke depan sih ). Soalnya minggu2 depan udah mulai ulangan tengah semester..OH NO! TIDAAKKKK! Gua yang stress berat jadinya! Hayuu atuh Mik, kamu harus sembuhhh! *anaknya lagi ngefly abis minum obat. Yang penting sih dia mau makan aja deh, itu udah cukup ngebantu supaya kagak lemes. Dan untungnya sekarang bubur gua udah dinyatakan lulus sensor masuk kategori enak...hahaha, jadi dia udah mulai mau makan sedikit sedikit. Nah kalo rasa buburnya enak, doakan yaa buburnya mamie funky goes to public nih...kan lumayan tuh bisa nambah-nambah uang shopping, syukur-syukur jadi tukang bubur naek haji ..eh tukang bubur naek pesawat ajalah biar jalan-jalan terus! *sepertinya otak gua udah geser nih, dari tadi banyak ngaconya. Abaikan aja yaa....don't take it serious.

So, beda sakit sama si Miko, gua kan juga kena batuk lumayan parah nih. Seminggu batuk-batuk terus sampe cape rasanya. Tidur aja kagak nyenyak. Obat batuk mah udah abis sebotol. Tapi yahh gitu dehh, gua mah ngomel2 waktu si Miko kepengen makan ayam kremes ( iyah tuh anak bisa-bisanya lagi sakit thypus begini kepengen makan ayam kremes! *tepok jidat ), lhaa gua pun gak bisa nahan godaan buat kagak makan eskrim. Abis cuaca Jakarta belakangan ini puanassnya poll! Kayak nebus dosa kemaren kita dikasih ujan banjir, sekarang dikasih puanas biar pada kering kali yaa cuciannya ibu-ibu...hahaha. Huahh, biarin deh biarpun batuk, dengan senang hati gua makan eskrim juga biar ademmmm....( otaknya! ). Kan stress juga lohh ngurusin anak sakit...*butuh hiburan. Udah abis makan eskrim, baru minum obat batuknya deh. Sesudah itu? Yahh dijabanin deh batuk-batuk terus seharian! Terima aja resikonya....*emak badung
Udah lagi tenang-tenang, lagi ngadem-ngadem ngelurusin pinggang setelah seharian bolak balik suapin bubur, kasih obat, washlap badannya si Miko,en de brai en de brei ( banyak banget dah kerjaan emak2 tuh )...... ehh si Alvin tiba-tiba ngomong :"Kayaknya koko juga sakit nih Mi. Pusingg kepalanya." Whaaattt? *pingsan. Ngurusin satu anak sakit aja udah jungkir balik rasanya, gawattt banget kalo dua-duanya sakit mah. Langsung kasih si Alvin makan yang banyak biar jangan sakit. hahahaha! *ibu yang smart bukan?!

Nahh jadi terbukti kann.....kesehatan itu nomor satu!  Jangan sampe sakit, karena sakit sekarang itu mahal! Oh iya, ngomongin soal mahal, jadi keinget sama BPJS nih. Di kantor lagi jadi big issue disuruh ikut program BPJS. Nahh apakah temen2 blogger ada yang ngerti masalah BPJS? Gua kok gelap banget ya, kebanyakan denger kanan kiri urus BPJS tuh susah, harus antri lah dari subuh, trus kalo mau daftar online pun websitenya hang mulu lah.... bla bla bla....belom lagi waktu mau klaim nya juga susah amit-amit, harus ke puskesmas dulu lahh ( dimanaa puskesmas sayaaa???! gua gak pernah liat puskesmas lagi perasaan...semua udah jadi klinik 24 jam! ), terus gak semua rumah sakit mau nerima kita lah, cuman RSUD aja yang nrima dan itu pun harus daftar subuh2, lalu gak semua obat ditanggung. Hadeuhh... kok tetiba kepala saya jadi puyeng nih?! Mau bikin BPJS jadi maju mundur cantikk dahh! Sebenernya, apa iya sebegitu susahnya ya? Any comment or info please?
So everybody, jagalah kesehatan dan hidup sehat selalu yaa....*sok bijak. Ciaoobellaa!

Saturday, February 21, 2015

CNY 2015

Abis palentinan, lanjut lagi keria'annya. Yupp, Chinese New Year tahun ini udah dateng lagi ajaa, jatuh di hari Kamis tanggal 19 Pebruari 2015. Otomatis kantor ekeh diliburin panjang dong, dari Kamis, Jumat dan Sabtunya. Ditambah libur hari Minggu total 4 hari deh. Asikk gak tuhh! Mo ngapain aja yaa libur 4 hari? Yang jelas sihh mau makan-makan enak dongg yaa. Jadi buat si diet, maaf deh minggir dulu, jangan kau ganggu aku dulu.

Yahh pegimana mau diet yaa? Seminggu sebelum Sincia aja udah dikasih kue buat taon baru nih....Emang rejeki anak soleha yaa. Kue lapis bangka bikinan cici ipar gua yang heits banget itu nikmat tiada duanya. Beneran! Ca o'ong sihh! Suwer dah! Bukan karena sodara sendiri terus gua puja puji , tapi kue lapisnya paling enak seantero per kue lapisan. Soalnya gua udah cobain kue lapis bermacem-macem, mulai dari yang harganya ratusan ribu, sampe yang "katanya" sejuta, tapi rasanya pada biasa aja. Kalo yang bikinan cici ipar gua ini bener2 rasanya maknyusss, gak keras, bisa lumer dimulut. Tuhh kebayang kannn?! Gak cuman kue lapis bangka aja, kue nastarnya juga enak....Arggghhhh ....itung sendiri deh berapa tuh kalorinya kalo dimakanin tiap hari...hu hu hu hu...*cubitin lemak di perut
 Nahh makannya juga diiris tipiisss-tipisss, biar awet.....( pakein formalin aja sekalian biar awet mahh! ), juga biar lemaknya kagak terlalu numpuk.

Ngomongin soal Chinese New Year, sebelumnya kita sempet jalan2 ke Grand Indonesia Shopping Mall dan nemu spot foto dengan thema CNY, sekaligus Valentine ini sih...nge pink nge pink gitu soalnya....
Chinese New Year tahun 2566 ini kan tahun Kambing, jadi ekeh ketemu sodara ekeh disini  nihhh! embeeeekkkk...embekkkk...
Kambingnya ada juga yang warnanya gold 
Nahh kalo yang lampion merah ini adanya di Gandaria City....ceritanya pas dinner Valday kemaren itu iseng fotoin...bagus juga kann
Tapi hiasan imleknya kurang cetarrr gimanaaa gitu....( kurang cetar aja rela difotoin, apalagi yang cetar yaaa?)
Kalo gak salah ada show barongsainya disini...tapi lupa jadwalnya kapan aja...udah selesai juga pas kita kesini...
Coba punya pohon bunga sakura ini di rumah yaa...pasti cakep banget dehh...*ngayal.com
Oh iya, gak lupa kita ngunjungin rumah si Papa dulu nih sebelum Sincia.....( soalnya si Papi sempet dimimpiin katanya disini Papa kesepian....huahhh!).
Tahun ini pilih angpao yang warnanya soft....cakep yaaa warna angpaonya....
Seperti biasa, kita mah kaum yang beredar  cari angpao kalo hari Sincia, jadi dari pagi udah langsung cabut deh dari rumah. Terus pake seragam merah2 gak? Kagak lahhh... Si abege udah bisa milih baju sendiri, dibilangin beli yang ada merah-merahnya, dia pilih warna biru sendiri....*kurang kompak nihh....jadi belang belentong deh taon ini mahh *kurang persiapan kostumnya gegara ujan banjir mulu kagak ke mall.
Sincia tahun ini....( tanpa Papa...hiks hiks...)
Saking sibuknya, lupa deh foto makanan2nya...hehehhe. Yang keinget ada ayam & biba mun, mie goreng, tekwan. Dan ada kue jadul yang udah lamaaaa banget gua gak nemu yaitu kue kuping gajah dan kue semprong....Hayoo anak jaman sekarang tau gak kue2 ini?
Kita kionghie ke rumah si Popoh juga dongg....semoga si Popoh sehat2 selalu dan panjang umur dehh....Ini fotonya cewe2 4 generasi : dari Athai ( phopho gua ), Phopho ( mama gua ), Adik gua dan si Chelsea....Yang lain sodara2nya belom pada dateng, jadi gak ngumpul dehh....
Terus acara door to door kionghie an nya lanjut lagi ke rumah mertua adik gua di Sentul. Disini kita makan lagi, kebetulan menunya sama : tekwan...hahahhaa...puas deh makan tekwan!
Dipikir-pikir hari ini kita sibuk juga yaa. Rutenya hari ini Jakarta - Cibinong - Sentul Bogor - lanjut lagi ke Bekasi....hari ini sekalian Sincia sekalian selamatan pindahan rumah sepupunya si Papi. Jadi rame dahh yang ngumpul..( plus makan2 tentunya ).
Dari Bekasi balik lagi ke Jakarta...sempet mampir ke Mall Taman Anggrek buat numpang ke toilet. Eyalahhh....ini hari Sincia pertama kok mall nya ramee amattt yaaa? Rata2 pada pake baju merah-merah. Tapi kenapa pada ngumpul di mall yaa? Mendingan juga ke rumah sodara nyari angpao dongg....hihiihi...Bingung juga...apa udah bergeser yaa tradisinya? Yahh gua sih seneng2 aja di mall, soalnya adeemmmm! hahahha. Ini aja si abege udah merasa angpaonya banyak, mulai masuk ke toko sepatu...mulai pegang2 sepatu, pake bilang " sepatunya murah-murah nih Mi. " *modus banget gakk sihh! Gua langsung ngeloyor pura-pura kagak denger....

Udah gitu, perasaan dari tadi udah makan melulu di tiap mampir ke rumah orang, ehh sekarang tau-tau ribut lapar. Aneh jugaa yaa? Akhirnya beli makanan di Shilin, ngemil dulu dehh disini. Mumpung sepi, wefie2 aja dulu....

Terakhir rute wajibnya dan kudu mampir adalah ke rumah cici ipar gua di Tanjung Duren. Jadi deket  banget dari MTA kan. Disini kita makan lagi.....*hastagaa nagaaa! Udah berapa kali makan tauu yaaa! Dipuas-puasin lahh...Akhirnya kita nyampe rumah jam 11 malem sodara-sodara. Tentunya dalam keadaan perut kenyang.

Tapiiii keasikan ngider2 kemaren membawa efek samping...malem itu gua "ambruk". Tenggorokan sakit banget, langsung nelen antibiotik. Besok pagi langsung batuk2 parah. Si Papi emang udah duluan batuk parah seminggu kemaren, taunya nular ke ekeh nih! *KZL! Eh besok siangnya si Miko juga demam dan badannya panas tinggi. Yahh ampyunnn.... hik hiks banget dahh! Libur 4 harinya cuman dinikmatin di rumah aja nihh. Rencana mau kesana kesini langsung GATOT! Kerjaannya cuman baring-baring doang, kepala nyut-nyut an, sementara tangan harus ngompres si Miko yang panasnya kagak turun-turun. Omigod....ada virus apaan sihh nihh! Kalo kata si Afgan mah virusnya SADIS, soalnya biasa minum obat-obatan biasa pun langsung sembuh, ini mah harus ke dokter segala. Huhhh, nyetorin duit angpao ke dokter dong ini sih! Tapi emang sih nih dimana-mana lagi musim batuk pilek. Kalo badan kagak fit, pasti kena deh. Semoga cepet go away dahh nih virusnya.Udah gitu, di kulkas nyetoknya buah-buahan yang kagak boleh dimakan sama orang batuk. *tambah KZL aja kannn....huhuhuhuu...bisa kuyuss dehh ekeh!
Udah ahh, daripada KZL.....mending bukain angpao dulu, siapa tau dapetnya batu akik nih. Hadeuhh itu demam batu akik belum berlalu juga. Masa sampe ada yang harganya 5 milyar? Ck ck ck..sampe speechless..*efek libur kebanyakan nonton tipi berita-berita gak penting.
Gong Xi Fat Cai every one....Semoga di tahun Kambing ini kita selalu dalam keadaan sehat, beruntung dan berbahagia selalu yaa...Ciao belaaa!

Sunday, February 15, 2015

( ANGGAP AJA ) VALENTINE DATE

Ihhh, kenapa juga ada larangan buat ngerayain hari Kasih Sayang atau Valentine Day yaaa? Gua mah heran to the max lahh! Gak ngerti itu orang-orang cara berpikirnya bagaimana. Pake acara demo di jalan-jalan segala. Aje gileee! Kagak penting bangettt kannn! Sah - sah ajaa donggg orang mau rayain kek, kagak kek. Terserah orang atuhhh! Emang masalah buat lo? Ngerayain juga kagak ngerepotin orang lain kann? *jadi emosi ginii!  Hadeuhh, ini kan sama aja seperti ngerayain hari Ayah, hari Ibu, hari Pramuka...dan hari-hari lain yang juga kagak penting menurut gua, tapi yah punya makna tertentu buat yang sebagian orang lagi, Kebanyakan perayaan-perayaan begituan kan asalnya dari luar negeri, yahh tinggal pilih sendiri aja dong mana yang baik buat kita, mana yang kagak baik. Apalagi ini kan hari kasih sayang gituu loh, masa dilarang mengasihi orang lain? Hadeuhh, gitu aja rempong pake demo-demo segala nyusahin orang lain tauu!! Huhhh, gemesss bangettt deh *irisi-iris bawang...

Tapi sekarang gua ngerti alasan kenapa dilarang. Pasti karena ada korban yang pernah di PHP in nihh...jadi sekarang dia dendam sama hari Valentine. Nahh gua nemu gambarnya kayak gini. Benerrr kannn kayak gituuu! ( gua ngakak liat gambar ini...)
Lagian ini si Mamie ngapain ngomel-ngomel ngurusin orang yang demo Valentine yaa? Biarin aja dehh...mungkin mereka lelah mencari pasangan kagak dapet-dapet. Padahal gua juga bukan type orang yang ngerayain Valentine Day kok, tapi gua diem-diem aja kagak pake demo di jalanan, kagak pake larang-larang orang lain juga. Walopun itu katanya hari special bagi sebagian orang, mana ada specialnya bagi gua mah?! *melirik tajam ke si Papoy...hahahaha. Dari pagi kagak ada tanda-tanda kehidupan, sunyi sepi dan sibuk masing-masing. Gua berangkat ngantor..( iyahhh kasian banget hari Sabtu dan hari Valentine Day pun masih ngantor! ), Alvin seharian ada kegiatan sekolah dan maen futsal, si Papi jagain tokonya dan Miko di rumah sibuk maen. Kagak ada planning mau ngapain, kagak bilang mau kemana, kagak ada apa-apa lah pokoknya. Boro-boro ada bunga....( teuteuppp! masih masalah aja tuh bunga! )..hahahha..baca disini deh kalo mau kepohin : Valentine Day 2014

Yahh terus, menjelang sore baru deh kita mah sibuk mikir mau makan malam apa, secara kemaren2 musim banjir kita kagak ke pasar dan gua gak masak dong karena bahan2nya abis. ( horeeee di dalem hati...wkwkwkwk! ). Padahal mau ke pasar juga deket banget cuman selemparan kolor doang. Pertanyaannya : kolor nya siapa? Ehh salah...pertanyaannya balik lagi : mau makan apa dan dimana. Akhirnya mutusin mau makan Pho 2000 yang ada di Pondok Indah Mall. Ini tuh ceritanya gara-gara gua ke Vietnam dan cerita kalo pho ( mie Vietnam ) itu endesss banget. Jadi si Miko ngiler luar biasa dan selalu nagih janji gua buat ajak makan pho. Yahh udah, akhirnya berangkatlah kita ke PIM. Tapi masya olooo.....beneran deh ini jalan ke PIM itu penuh perjuangan banget yaaa. Macetnya gila-gilaan di lampu merahnya. Teruss, begitu masuk parkiran PIM 1, udah mulai antri mobil-mobilnya. Kita berangkat dari rumah jam 1/2 7 an malem, nyampe sini udah jam 7 lewat. Akhirnya sukses keluar parkiran jam 8 malem tanpa dapet space parkir. Gilaaa...cuman muter-muterin area parkir hampir sejam! Gilaa, malem apahan nihh! Semua orang tumpah ruah di Mall. Pantesan aja dilarang ngerayain....hahaahha,,,,*mulai ikut mendukung larangannya. Gua kan mau makan malam, bukan mau ngerayain Valentine Day...( padahal mah iyah jugaa ...anggap aja ngerayain! ). Kita pindah lagi ke PIM 2, lhaa sama ajaa parkirannya juga penuh. Huhh, udah dua kali aja gua ke PIM kagak dapet parkir....*blacklist aja lah. Sebel kann yahh, buangin waktu aja nihh disini....

Akhirnya kita mah balik lagi aja ke daerah kekuasaan kita di Gandaria City. Walopun disini rame, udah lumayan muter-muter cari parkirnya, kebetulan ada yang udah selesai valentine an dinner nya ( nuduh ajaa...belom cencu lahh! ), jadi dapet parkiran udah jam 8.30 an malem tuh. Si Alvin udah hopeless bilang makan di Solaria aja..atau Bonchon aja...Dalem ati gua : jiahhhh ko, masa Valentine makannya Solaria? hihihii...belagu banget yaa! Yahhh gua kan masih ngarep.com yahh paling tidak makan yang suasananya beda gituuu....masa sama aja kayak sehari-hari gitu? Tadi pas mau menuju area parkir udah liat sekilas ada Hongkong Cafe, kayaknya tempatnya asik juga. Akhirnya kita cari dehh si Hongkong Cafe dan kebetulan lagi ada diskon pula pake kartu kredit BNI.. Yeaayyy! *rejeki anak soleha.. 
 Kayak gini dehh suasananya..ini udah jam 9 an malem, jadi udah sepi yang makan.. yah eyahh lahh!
Ini menu yang kita pilih...wahh makanannya enak-enakk lohh *siap-siap balik lagi ahhh 
Kalo lagi begini baru dehh berasa butuh tongsis...mana tongsis? tongsis mana?  Tapi kagak deh, kita mah minta tolong sama pelayannya aja buat fotoin...
 Muka-muka kenyang....ludes semuanya dalam sekejab mata
 Mana berasa ini Valentine Day yaaa? Kagak ada yang ngepink-ngepink nihhh....
Dari tadi kayaknya kagak ada sisi romantis-romantisnya banget yaaa. Nihh dehh pasang yang merah-merahh....biar berasa palentinannya...hehehehe
met Valentine my partner in crime..muachhhh muachhh ! Happy Valentine juga semuaa...spread the love and peace! Ini anggap aja Valentine date ku...bagaimana Valentine date mu?

Friday, February 13, 2015

NYERAH!

Holaa....akhirnya gua mengudara lagiii....( penyiaarrr radioo keleuss! ).Iyah nihh, belakangan ini gua sibuukk banget . Sibuk apahan sihh? Sibuk nyongkel-nyongkel tanah di halaman rumah buat nyari batu akik...Gilaa yaa demam batu akik ituu sesuatuuu banget! Ngalahin berita banjir Jakarta! *mulai keluar lebaynya...hihihihi. Yahh abisnya nonton tipi beritanya batu akik mulu, sampe ada daerah yang mewajibkan seluruh karyawannya harus pake perhiasan batu akik. Bahhhh! Batu apahan sihh yaa sampe segitunya amat. Makanya gua harus gali tanah nihh dihalaman belakang, kali-kali aja nemu sebongkah gede. Lumayan kan buat nambah-nambahin beli bunga atau kadoValentine sendiri....*kode buat si Papi. Modus ngarep.com

Trus apa kabarnya yang kemaren kebanjiran? Semoga pada bae-bae aja yaa. Airnya udah surut dan udah balik normal lagi, walopun jalanan malah jadi gak normal, lubang segede-gede gaban mulai nongol dimana-mana, bikin macetnya nambah *tepok jidat! Nahh sementara stop dulu bahas banjirnya yaa.... Ada yang lebih penting daripada itu. Apahan tuhh? Emang di blog sini ada yang penting apaa ya? *mikir..selama ini gua nulis apa aja yaa, perasaan semua kagak penting. hahahaha...

Gua mau cerita kalo anak gua yang gede udah mau masuk SMA, terus yang kecil mau masuk SMP ( tuhh, penting kann?! ). Teruss, gua harus bilang WOWWW gituu? *ih udah gak jaman bilang begitu mah. Hadeuhh, itu teh ceritanya kita salah perhitungan banget, masa punya anak pas selisih 3 taon gituu! Lhaa...kemana aja Bu? Masa baru sadar sekarang?? Yang ada yahh potel pala Barbie lahh, yang satu lulus SD, yang satu lulus SMP. Ntar 3 taon ke depannya lanjut lagi : yang satu lulus SMP, yang satu lulus SMA mau kuliahh. Arrgggghhhhh...*mau pingsan!

Terus banyak yang bilang juga :' Wihh enak yahh, anak lu udah gede-gede. Gak repot lagi." Hmm...menurut ngana? Soal repot gak repot mah udah pernah gua posting disini : Anak Jaman Sekarang...jamannya gua menjadi mahmud ( mamah2 mudaaa ...tsahhhh! ) . Gua juga berpikir yang sama, nanti kalo anak-anak gua udah gedean pasti udah gak repot lagi, bisa napas lega. Tapi ternyata? Napas leganya mah sedikit doang, kebanyakan sihh sesak napasnya. Wkwkwkwk....makin gede makin pusing pala Barbie.

Balik lagi ke topik anak gua mau masuk SMA, sebenernya sihh proses daftar-daftar SMA nya itu udah berlangsung di bulan November tahun kemaren. Ck ck ck...gila yaa jaman sekarang mah, anak sekolah perasaan baru masuk kelas 3 SMP tahun ajaran baru di bulan Juli, eh bulan Oktober - November udah harus test buat masuk SMA tahun depannya plus udah harus bayar-bayar uang pangkal pula...*makanya harus rajin macul tanah nyari batu akik! hihihii.... Perasaan kalo jaman gua sekolah dulu itu kita ikut ujian EBTANAS dulu ( semacam UN kalo sekarang mah ), begitu bulan Mei, baru deh sibuk ikut test buat ujian masuk ke SMA. Jadi yakin lah pasti lulus SMP  nya. Lhaa kalo jaman sekarang??? Setahun dimuka udah harus ikut test masuk dan setor uang pangkalnya dulu macam beli properti aja, di DP in dulu. Terlebih lagi sekolah-sekolah favorit, berlomba-lomba buka pendaptaran di awal dan pasti lebih memprioritaskan lulusan dari SMP group sekolahnya lah ya. Sementara yayasan sekolah anak gua kan cuma menyediakan sekolah sampe SMP doang, otomatis SMA nya harus pindah.

Nahh, secara si Alvin itu bukanlah orang yang rajin..a.k.a pemalas, maka gua yang jadi orangtuanya pegimana gak deg-deg an, gimana gak ikut senewen menjelang dia mau test ujian masuk SMA itu. Dia kan type yang santai-santai kagak pernah belajar, tapi  merasa semua pelajaran itu gampang gak ada yang susah. Ditambah lagi urusan gua beliin gadget waktu itu, ternyata menuai "badai" kebakaran di ulangan-ulangan hariannya. Padahal dia janji bakal rajin kalo dibeliin gadget. Tapi ternyata cuma janji palsu semata.  Gua di PHP in! Gimana gua kagak murka yaa, ...Gua mah udah percaya aja dia bisa mandiri, bertanggung jawab sama urusan sekolahnya. But he's still just a boy...dia sibuk sama gadgetnya terus. Hadeuhhh, gimana coba harusnya jadi orang tua? Kagak dibeliin, dibilangnya orangtua jahat, gak seperti orangtua yang lain yang bakal kasih anaknya apa aja kalo sayang anak. ( Ihhh ekeh kan gak mau dibilang orangtua jahat ). Tapi begitu dibeliin, malah tambah gak karuan pelajarannya...*mendadak pening. Galauuuu!

Berulang kali mau disita gadgetnya, berulang kali juga berjanji bakal belajar yang bener, asal jangan disita. Dengan memelas akan ngomong :"gadget is mylife." Beuhh...( mirip seseorang yaaa? hahaha...itu kan kata2 gua waktu BB gua hang...). Pantesan ajaa....udah tau dong sekarang, dia nurunin siapaaa?! wkwkwkwk......Yahh begitu dehh, anak gua kan "ajaib"..( seajaib emaknya...hahaha ). Emaknya mah udah ngoceh panjang-panjang,  anaknya mah teuteup aja santai-santai beibeh.

Udah gitu, type anak kan beda-beda yaa. Kalo si Miko itu gua gak terlalu khawatir banget, masih mendingan lah punya semangat belajar tinggi. Kalo mau ulangan, masih ada usaha baca bukunya dan minta gua ngetest in dia. Sampe minta dibangunin subuh2 buat belajar ( walopun kenyataannya abis dibangunin, dia mah tarik selimut lagi...hadeuhhh! ). Pelajaran yang paling horor tuh kan pelajaran matematika yang banyak rumus dan bikin mabok ( padahal minumnya air putih, bukan minum arak , tapi kok mabok?), dan otak gua yang dahulu encer *sekarang udah mulai membeku, masih bisa lah ngikutin pelajaran SD punya si Miko ( yang mungkin dulu mah itu kurikulum di SMP ). Udah dalemmm cuy pelajarannya, ngejlimet kalo kata orang Jawa....hehehe. Gua masih sanggup lah ngajarin Matematika ke si Miko sih. Kalo sampe di tengah jalan tersesat gak tau rumusnya, gak tau caranya, tinggal oper ke si Papi. Huh, ini kan anak berdua, tanggung jawab juga dongg!. hahahaha...masa gua pusing sendirian..atuh bisa potel pala Barbie. Nahh kalo si Alvin? Beuhhh....gak pernah keliatan pegang buku. Yang dipegang gadgetnya melulu. Kalo ditanya ada ulangan apa kagak, jawabnya santai : "udah belajar kok tadi." Nahh tuhh! Begitu ulangannya dapet jeblok, udah dehh gua kagak tahan lagi. Gua nyerahh....*kunyah-kunyah kertas.

Dannnn..  udah beberapa bulan terakhir ini, akhirnya kita punya whiteboard sodara-sodara....Buat apahan whiteboardnya? Yahh buat apahan lagi kalo bukan untuk menunjang kegiatan les matematikanya si Alvin. Sigghhh...gituu dehhh, karena kita yang jadi orangtuanya pada nyerah gak bisa ngajarin dia, "terpaksa" deh jualin batu akik....eh nyongkel celengan ayam buat bayar guru les khusus Matematika doang. Iyah doang, karena yang lemah cuman pelajaran itu aja...( itu menurut gua...).  Hadeuhh, padahal emak bapaknya si Alvin dulu mana pernah ngeles2 beginian. Jaman dulu kita mah hemat banget dah. Sekarang kita harus relain deh rogoh  kocek supaya anak kita bisa belajar bener-bener dan konsentrasi. Tuhh liat aja isi whiteboardnya, otak gua udah kagak sanggup ngerjainnya....Padahal dulu berasa gampil yahhh soal2 beginian. Sekarang udah males liatnya...boro2 mau cari tau jawabannya...mending bayarin guru les aja dahh....hahahha
Yahh emang kemajuan sih, begitu ngeles dan latihan soal2, ulangannya membaik. Berarti dia cuman males ajaa belajarnya.....( hadeuhhh!! ). Yahh inilah harga yang harus dibayar buat sebuah kemalasan : emaknya males ngajarin, anaknya males belajar dehh!. Huahhhh! Abis ini, harus siap2 lagi deh bertempur buat UN ( Ujian Negara ). Ekeh kan udah bayar uang pangkal masuk SMA...harus lulus doongg! *asah golok. Hmm..harus agak kejam nihh jadi orang tua....*sita apa kagak tuh gadget ya?

Oh iyahh, ngomongin soal nyerah, gua juga udah nyerah nihh sama si Nobita. Mata gua sampe siwer dan belom nemu jawabannya euy.
Banyak jawaban yang berbeda-beda. Yang jawab nomor 1 yakin banget kalo jawabannya paling bener. Yang jawab nomor 2 juga bilang jawabannya udah pasti bener. Ada juga yang jawab nomor 3. Yang tadi udah jawab nomor 2 pun bisa pindah ke nomor 4. Hadeuhhh....gua nyerah dahh! Ini bukan giveaway, tapi kalo mau bantuin jawab juga boleh banget, biar gua kagak penasaran. hahahha. Gua mau lanjutin cari batu akik aja lahhh! wkwkwkwk...Ciaobelaaa!

Tuesday, February 10, 2015

ORANG KAMPUNG

Siapa yang asalnya dari kampung? Hayoo, pasti ada orang yang ga mau ngaku sebenernya asalnya darimana, terutama sih yang asalnya dari kampung. hehehee, gua kok nyinyir banget yaa? Ga lah, bukan maksudnya mau suruh orang ngaku ato ga ngaku. Itu mah urusan orang, bodo amat. Disini gua cuma mau mengexpose masalah gua sendiri yang memang asalnya dari kampung. Dan gua bangga kok jadi orang kampung. Tapi kampung gua ga dipelosok2 banget, malah kampung gua lebih deket ke Jakarta dibandingin orang yang tinggalnya di pulau2 laen. Yaah bener, kampung gua tercinta adalah Cibinong, kabupaten Bogor, propinsi Jawa Barat and I love it full!
Begitu banyak kenangan di kampung gua itu, karena gua lahir, gede , sampe merit dan akhirnya punya anakpun , gua tinggal di situ.

Gua masih teringat masa kecil gua di kampung tuh begitu enaknya. Bisa maen sepeda muterin kampung2 tetangga, masih ngerasain disuruh ke warung nenteng jerigen minyak tanah buat beli minyak tanah untuk masak karena kompor jaman dulu kan kompor minyak tanah (duuhhh jadul banget dah, anak sekarang mana ada kayak beginian. disuruh beli gas aja udah ngeluh panjang panjang, bukan panjang pendek lagi! hayoo bener ga?)
Belom lagi bisa kenal sana kenal sini karena rumahnya ga pake pager, bisa ngelayap ke kanan kiri depan belakang tanpa takut nyasar, kayak punya insting Tarzan, bisa pulang lagi ke asalnya, padahal di hutan kan ga ada tandanya ya? semua sama cuma pepohonan doang. Yah, tapi itu kan masalah si Tarzan. Masalah gua mah lebih gampang, karena gua bukan tinggal di hutan. Hihihi....Trus masih sempet ngerasain berenang di kali (sungai-red) yang airnya dulu sih masih agak bening2 gitu (biarpun klo di mikroskopin mah tetep aja banyak kumannya). Masih bisa manjat2 pohon jambu biji yang buahnya ngebelatak ga ada yang metik, karena dia tumbuh sendiri ga ada yang nanem. Segala macem pohon buah di sekitar rumah gua dulu tuh ga tau siapa yang punya, tau2 udah pada berbuah. Ada pohon sawo , rambutan yang persis tumbuh disamping rumah.Eh tapi ada hantunya tuh kata orang2 yang lewat malem2. Katanya ada kuntilanaknya segala. hih....biarin aja dah, yg penting buahnya pada manis2. Buktinya gua sekeluarga ga terganggu sih, berarti anggap aja ga ada penunggunya. Lagipula, katanya kalo pohonnya dipantekin paku, kuntilanaknya bakalan pergi juga. Mitos kali ya? Tau deh gelap...


Trus, klo ngomongin soal kampung, pasti ada makanan2 khas dari kampung yang bener2 dicintai orang sekampung dan setanah air..hehehhe, banyak banget deh makanan di Cibinong yang bikin gua sakau setiap kali balik kampung. Jadi dulu tuh ceritanya gua kan nge kost di Jakarta....pdhal mah cuma 60 km dari rmh ke kampus Binus. Tapi berhubung gua males bangun pagi (ampe sekarang punya anak pun bangun mah ga pagi2 banget...), jadi mending kost aja di dpn kampus, jadi bisa bangun 30 menit sblm kuliah dimulai. Nah berhubung jadi anak kost, tau sendiri dong susahnya nyari makanan. Kadang boseeeen banget makannya itu lagi itu lagi (baca : indomie lagi indomie lagi..hehehhee). Jadi bisa kebayang tuh kalo pas lagi balik ke rumah, sakaunya dah kayak orang pake narkoba ,trus ga ketemu cimengnya seminggu...(lebay.com). Yah gitu deh, segala sesuatu diembat aja ke dalem mulut. Ada laksa cibinong, ada kupat tahu, ada roti unyil, asinan bogor, soto kuning, tape uli cisalak, ngohiang, toge goreng, combro, es mangga, bakso sabar (dulu mah ultah nraktir disini udah the best dah...wakakakkkkk)..dll lah pokoknya banyaakkk. Kalo mau dimakan semua barengan yah ga mungkinlah..bisa meledak kali tuh perut.Makanya itu lah salah satu penyebab juga kenapa timbangan gua ga turun2, yang ada malah naek2 mulu.

Trus, masih ada keuntungannya juga jadi orang kampung, yaitu selama masih punya kampung halaman, rasanya indah banget kalo pas liburan, jadi punya tujuan mau kemana kalo pas liburan. Ga usah keluar negeri ato keluar kota, pulang kampung aja udah happy dan tentunya bisa sekalian wisata kuliner juga mencari jenis makanan2 baru yg belom pernah dicoba. Beruntunglah anak-anak gua masih bisa nemuin keasikan sendiri kalo pulang ke rumah akhungnya, mereka masih bisa merasakan kenikmatan makanan khas Cibinong dan sekitarnya, masih bisa ngerasain namanya Bakso Sabar yg udah puluhan tahun teruji enaknya dan emang paling top dari jaman gua sekolah dulu. Masih bisa ngerasain namanya Laksa Cibinong, masih bisa nemuin mangga dari pohon sendiri. Tau yg namanya buah boni dan bembem (ato mangga kweni) karena tumbuhnya di sebelah rumah. Cuman sayang mereka ga sebrutal maminya, yang suka manjat2 pohon metikin jambu, yang suka berenang2 di kali. Yang suka naik turun gunung (cuma sekali doang sih ke Gunung Gede, sisanya cuman gunung2an doang). Nah itulah sebabnya kulit gua agak gelap (bilang item ga tega), ga seputih yg lain. Yah ciri khas orang kampung lah kekekekeke... Nah asik kan jadi orang kampung??!!! Asal jangan jadi orang kampungan aja sih...

Lagian emang nasib gua mah bener2 udah ditakdirkan jadi orang kampung. Pegimana mau ngaku2 orang kota coba. Itu alamat gua di KTP bener telak tertulis : Dusun Jambatan. Wakkkkssss...bener2 minta ampun minta maap dah, hari giniiii KTP orang2 mah tertulis tuh nama jalan, blok rumah ato nama komplek perumahan. Bener2 sadis tuh emang kampung gua bener2 masih ndeso banget. Dasar orang2 pemerintahannya ga kreatip, ga punya daya imajinasi kali. Masa kasih nama wilayahnya jelek banget sih. Udah bikin akte lahir gua juga ketiknya pake ejaan lama lagi..Dasaaaarrr, sekolahnya waktu jaman rikiplik kali....*kesel! Gua kan malu kalo ngisi2 form buat urusan data pribadi, misalnya mau apply kartu kredit, buka account bank, dll deh yg berhubungan dengan NAMA dan ALAMAT gua..Bener2 penderitaan seumur hidup. Udah namanya JELEK bin AJAIB (seajaib orangnya...kekekekkeeke), alamatnya juga di dusun. Dah gitu, sekalinya udah tinggal di Jakarta, eh tetep aja alamatnya Kampung BAru. Capee dehhh...Hidup orang kampung!!!Preeetttt!

Nahh...postingan ini gua release ulang karena lagi mengenang kampung gua yang dulu "nyaman" banget ditinggalin. Ehhh sekarang2 kenapa bukannya tambah maju, malah tambah "ancur" pelan2. Terakhir gua kesana, itu jalan rayanya pada berlubang segede bagong sampe bikin macet total. Pemerintahnya kemana ajeee nihh? Kagak liat apa yaa ? Hadeuhhh, kalo urusan jalan raya kan urusan mereka. Dan yang juga parah adalah sekarang kalo ujan lebat, jalanan di depan rumah bokap nyokap gua tuh ikutan banjir...*tepok jidat. Dalam sejarah hidup gua mana pernah tuh jalanan depan rumah kita banjir. Padahal dulu bokap gua dengan swadaya sendiri ngebetulin saluran air dan gorong2 di sekitar rumah kita supaya jangan sampe banjir. Ehh teuteup ajaa, sampah2 nya nyumpel disitu dan bikin banjir. Ampunnn dehh. ...untungnya banjir cuman selewatan doang, langsung surut kalo ujannya dah reda. Nahh yang kasian tuhh yang saat ini lagi menimpa kota tepatnya ibukota Jakarta dimana sekarang gua tinggal. Akibat hujan deras semaleman, langsung banjir di mana2. Gilaaa, banjirnya gak maen-maen, bisa sampe sedada orang dewasa dan lama surutnya. Ck ck ck...hampir merata pula di seluruh wilayah Jakarta. Kasihan koko Ahok...mulai dihujat lagi. Kalo banjir mah rasanya musibah sih yaa...bencana alam, bukan karena pemerintahnya gak kerja. Kalo jalanan lubang2 tuhh baru dehh kerjaan mereka. Ahh puyeng dehh...yang penting gua bersyukur banget lingkungan gua disini masih aman. Mungkin karena lingkungan gua namanya Kampung Baru kali yaa, jadi airnya belok dehh ke kota Jakarta yang punya abodemen banjir....*jayus. Tuhh masih enakan tinggal di kampung kannn! Tapi semoga aja gak ujan lagi dan cepet surut dehh banjirnya yaa, kasian kan orang yang kebanjiran. Pray for Jakarta!

Saturday, January 24, 2015

VIETNAM TRIP 2015 ( PART 2 )

Musim hujan telah tibaaaa....enaknya selimutan dan leyeh-leyeh aja yaa. Tapi masih ada postingan yang ketunda nihh, harus dituntaskan segera. Mariiii, kita lanjutkan lagi blusukan di Vietnam sebelum kelamaan ....* udah mau narik selimut lagi....dan tambah lupa apa aja yang mau diceritain...hehehe ( maklum lah faktor U ). Yang belum baca part 1, klik disini : Vietnam Trip ( Part 1 )

Jadi ceritanya, pagi-pagi kita udah harus cek out dari hotel New Star Halong di Halong City. Oh iya semalem kan gak keliatan hotelnya, nahh pagi ini udah terang , beginilah penampakan hotelnya :
 
Hotelnya segitu udah yang paling bagus dibanding hotel2 dari seluruh perjalanan kita.  Pantesan murah kann paket tournya...ditekan di hotelnya jadi dapetnya yang biasa-biasa aja. Padahal di Halong City ini bertaburan hotel-hotel berbintang dan mewah karena udah menjadi kota tujuan wisata dunia kan. Terutama turis dari China yang tinggal nyebrang pake kapal fery.

Setelah cek out, kita melanjutkan perjalanan ke Hanoi ( lagiii ), seperti sebelumnya kita dateng ke Halong City, jadi kita bakal duduk di bis sekitar 3 1/2 jam lagi. Dan tentunya diajak mampir pula ke toko yang jualan oleh-oleh yang tempatnya mirip seperti kemaren juga. Hadeuhhh, gua udah gak napsu beli2 lagi karena udah tau harganya kemahalan. hahahha.

Memasuki kota Hanoi, kita bakal diajak memutari jalan dimana terdapat gedung yang dijadikan gedung opera gitu...bentuknya memang bagus sih...
Dan baru bisa melihat-lihat kota Hanoi...
Di tengah kota terdapat Hoan Kiam Lake yang konon katanya terdapat kura-kura besar yang sudah berumur ratusan tahun dan dipercaya melambangkan umur panjang. Tapi kita tidak berhenti disini cuma lewatin aja karena mau makan siang. Foto ini pun sebenernya ada dua danau, satu di barat dan satu lagi di timur..entah bener ga ini yang dimaksud Hoan Kiam Lake nya....anggap aja bener ini danaunya ya...*maksa...soalnya udah lupa...
Kita makan siang di resto Thang Long, yang di saat kita makan akan dihibur dengan pengamen penyanyi dengan alat musik tradisional Vietnam. Bentuk restonya seperti ruko tempat tinggal...disini tuh kebanyakan lahannya kecil tapi bangun gedungnya bisa beberapa lantai gitu...
Makanannya enak-enak...
Setelah makan siang, barulah kita city tour di Hanoi. Yang pertama kita kunjungi adalah One Pillar Pagoda. Tapi saat kesini sepertinya sedang direnovasi, jadi agak sedikit berantakan dan acak-acakan sekelilingnya.
Disini orang-orang bersembahyang dan memohon sebuah permintaan yang biasanya adalah meminta keturunan ( anak ).
Dari pagoda, kita berjalan sedikit akan sampe ke Ho Chi Minh Maoseleum...
Di depan gerbangnya terlihat penjaga berseragam putih. Di dalamnya adalah tempat Ho Chi Minh dibaringkan ( mayatnya diawetkan/dibalsem ). Sayang kita tidak bisa masuk karena jam operasionalnya ternyata sampai jam 12 siang, sementara kita kesini setelah makan siang tadi udah jam 1 an.
Lapangan di depan Ho Chi Minh Maoseleum inilah yang disebut Ba Dinh Square....luas lah pokoknya kalo dikelilingin mah...Sayang banget disini ujan terus jadi jalan-jalannya kurang leluasa. Selain air hujan yang mengguyur kepala, angin yang berhembus juga membuat hawanya dingin banget....
Selanjutnya kita akan berjalan kaki mengunjungi rumah yang pernah ditinggali oleh Ho Chi Minh
Kalo yang suka sejarah yah bakal seneng lah berkeliling disini....
Dan ini mobil yang ada di garasinya....jaman itu udah pasti keren banget yaa
Di dalam komplek sini ada danau buatannya juga...asri dan adem...
Inilah yang disebut House on Stilt...rumah yang dahulu digunakan Ho Chi Minh untuk tinggal dan bekerja...bentuknya seperti rumah panggung. Inilah bentuk kesederhanaan sang pemimpin.
foto by one of myfriend
Perabotannya masih terawat dengan baik..
Di dekat pintu  keluar akan ada toko-toko tempat berjualan souvenir.
Kita akan keluar dan tembus tepat di belakang bangunan maoseleumnya. Jadi ini view dari belakang maoseleum.

Di taman belakang maoseleum itu ada patung seorang bernama Francis Henry Loseby...nah ada yang tau ini siapa? Sejarah gua mah cetek banget, kagak tau apa-apa...hahaha

Setelah city tour disini selesai, kita langsung menuju ke airport. Ini tournya kerjaannya bolak balik antara Ho Chi Minh ke Hanoi, lalu balik lagi ke Ho Chi Minh. Jadi waktu kita habis dehh di bis ( 8 jam bolak balik Hanoi - Halong City ), lalu di airport dan di pesawat ( Ho Chi Minh ke Hanoi 2 jam pake pesawat ). Ampunnn dehh, waktu shoppingnya kagak adaa! *protes dalam ati. Di airport Hanoi, gua nemuin toko yang menjual buah-buah seperti di foto, tapi gua gak tau namanya apa. Bener-bener buah yang aneh bentukya. Ada yang tau buah apakah ini? *bukan giveaway tapi wajib jawab...hahaha
Singkatnya kita udah sampe ( lagi ) di Ho Chi Minh sekitar jam 8.30 malem. Jadwalnya adalah makan malam di hotel Ramana.  Makanannya lumayan enak-enak..ini perut udah kekenyangan tadi di pesawat makan mie, tapi nemu makanan begini terpaksa yah dimasukin ke mulut juga deh...
Di hotelnya ada yang lagi gelar pesta pernikahan, trus ada mobil pengantinnya....nebeng foto dulu dehh, siapa tau suatu hari nanti bisa punya mobil ini ..( semua bilang apaaa? Aminnnnnn! )
Sesudah makan malam, kita langsung cek in ke Kingston Hotel.  Nah hotelnya biasa ajaa kan, tempat tidurnya aja sampe per nya berasa dari atas kasur....
Kayak ginilah lobbynya....
Biarpun hotelnya biasa aja, selalu bakal ada spot yang bagus buat difoto. Contohnya yang dipigura ini awalnya gua kira cuma gambar biasa. Gua baru ngeh kalo ini adalah petanya Vietnam loh ( abaikan telunjuk gua...salah nunjuk, maklum geography nya lemah...wkwkwkwk )
Besok paginya, tempat pertama yang dituju adalah Cu Chi Tunnel.Wahh, hari ini rame juga nih yang akan masuk ke area ini...udah kayak antrian Dufan nihh...
Cerita sejarahnya googling sendiri aja yaa...*reporter pemalas.
Rombongan kita diajak masuk ke dalam rumah gubuk ini nih....*mau dijadiin kurban persembahan...wkwkwkwk, makanya gua pilih diluar aja lahhh....
Jadi disini kita akan dipresentasikan tentang sejarah Cu Chi Tunnel. Intinya,bangsa Vietnam yang dahulu berperang melawan Amerika, membangun terowongan bawah tanah sepanjang 250 kilometer dan sekitar 160.000 jiwa hidup di dalam tanah untuk bergerilya melawan Amerika dan akhirnya menang. Orang Vietnam ini membangun sistem sedemikian rupa, supaya di bawah tanah cukup oksigen untuk ratusan ribu orang, cukup makanan, minuman dan semua kebutuhan hidup sebagai manusia pada umumnya. Cu Chi Tunnel ini lah yang dibuka untuk turis-turis supaya bisa mengetahui dan membayangkan seperti apa terowongan jaman itu...tentunya terowongannya sudah digali dan dibuat agak lebar untuk kepentingan wisatawan yang mau masuk. Kalo ukuran sebenernya sih pasti pada nyangkut dehh...bahaya. Agak menyedihkan memang mendengar sejarah bangsa Vietnam waktu itu ya. Sekitar 3 juta orang meninggal ...dan mereka sekarang juga harus berjuang menghilangkan trauma masa lalu...( tidak benci kepada bangsa Amerika ).
Nahh contohnya kayak gini dehh....lubangnya pas badan. Kebayang kalo tentara Amerika kan gede-gede bodinya, yahh pasti nyangkut lah.
Belom lagi banyak jebakan-jebakan betmen di sana sini, itulah yang bikin tentara Amerika pusing dan menyerah kalah melawan gerilyawan Vietnam yang banyak akalnya.
Terowongannya yang udah diperbesar kayak gini lah...ini pun kita masih harus berjalan dengan menunduk karena pendek. Masuk ke dalam sini langsung berleleran keringet karena hawanya panas. Kebayang kan jaman dulu harus merayap karena lubangnya kecil.

Ada peninggalan tank baja bekas perang dulu...
 
Oh iya, disini juga dikasih liat cara pembuatan kulit lumpia vietnam yang enakk ituuu....bikinnya kayak crepes gitu...tipisssss banget.
Terus kita juga bisa mencoba tembak menembak disini dengan membeli pelurunya. Berisik banget disini, dar der dor...lama-lama di area ini bikin jantung copot. Terkaget-kaget terus. hahaha. Oh iya, disini kan dijual souvenir2 yang dibuat dari selongsong peluru tuh. Tapi tour guide udah ingetin supaya kita jangan beli, karena nanti di airport pasti gak lolos dan disita petugas, soalnya bahaya,  takut  meledak.
Yang disebelah kanan itu contoh2 bom yang dulu digunakan ukurannya mulai dari yang kecil sampe yang gede...
Setelah keliling-keliling di area ini, kita bakal disuguhkan singkong rebus....jiahhhhh kayak di Indo aja yaa makanannya singkong! wkwkwkwk. Tapi ini rasanya enak banget, karena dicocol dengan kacang tumbuk dan gula.
Diujung pintu keluar, ada semacam photobooth dengan patung Ho Chi Minh....
Dari Cu Chi Tunnel kita balik ke tengah kota Ho Chi Minh untuk makan siang. Restonya kali ini menunya cukup unik, ada sop tomat yang warna merah itu, rasanya enakk...asem-asem seger kayak tomyam. Terus yang di wadah hitam itu adalah sayur ikan dengan kuah coklat  sedikit kental. Rasanya seperti kuah pindang bandeng. Enak juga.
Setelah makan siang, kita diajak ke Reunification Palace atau Independence Palace....
Layaknya istana kenegaraan, ruangan di dalamnya tentu aja bagus-bagus yaa....
foto by one of myfriend
Ruang meetingnya keren yaa
foto by one of myfriend
Conference room nya bagus dan elegan...
foto by one of myfriend
Ini view dari atas ke arah lapangan depan istana...
foto by one of myfriend
Disini ada helipad nya juga nihh....dan masih ada helikopternya lohh...
foto by one of myfriend
Setelah itu kita menuju ke Notre Dame Cathedral ...keren yaa gerejanya....( apa orangnya??! *ditimpukin tomat ).
Kita sampe kelilingin gerejanya karena kepengen masuk ke dalemnya....ternyata waktu itu lagi ditutup, jadi gak bisa liat dalemnya deh...
Di seberang gereja ada bangunan kantor pos ( The Old Post Office ) yang sekarang di cat warna kuning gonjreng.
Yang terkenal dengan interior langit-langitnya yang unik kayak gini....
Dan ini ada yang lagi ngirim2 surat / kartu pos disini...ya kaleee...( gua gak tau juga mereka lagi ngapain tuhh ..hehehehe ).
Setelah itu rombongan kita "dilepas" di sebuah jalan yang katanya Orchard nya Vietnam...jadi kiri kanan jalan tuhh toko2 dan mall....waktunya shopping dehh! 
Tapi yahh gak sepadat Orchard Singapore lah...disini mah masih sepii...selow-selow aja belanjanya kagak uyek-uyekan gimana....hahahhaa
Dan gua sempet kelilingin satu blok area sini, dan nemu gedung tertinggi nya mungkin ....lupa namanya...
Terus ada patung pahlawan sini kali yaa....Tran Hung Dao ( susah bacanya bo! hahahha ).
Dan tentunya harus ada yang berbau-bau Saigon dong yaa....
Setelah shopping di daerah yang lumayan elit tadi, sekarang kita blusukan ke pasar. Iyahh Ben Thanh Market itu bener-bener pasar tradisional, tapi bersih dan segala macem juga ada. Dijamin harganya lebih murah-murah dibanding sama yang sebelom2nya. Udah dehh, pada betah dilepas disini.... 
Buah-buahannya seger2 dan gede2, pernak2 souvenir juga lengkap...Makanan aneh2 juga ada. Dan yang jelas sih pada ngeborong kopi tuh. Padahal pas gua cobain kopinya, wekkkk! Gua bilang kagak enak, kopinya pahit....*bukan ahli kopi
Akhirnya gua mah bukannya belanja-belanja, malah wisata kuliner di pasar sini. Di seberangnya tuh ada Pho 2000 yang katanya dulu didatengin sama presiden Amerika dan makan pho disini. Yah udah kita juga gak mau kalah sama Mr.Presiden, harus makan disini juga. hahahha 
Yang kita cobain adalah lumpia gorengnya. Rasanya yah emang enak sihh.. Terus di pasar itu juga ada food courtnya. Disitu kita cobain lumpia basahnya. Rasanya enak juga, cuma didalemnya itu ada sejenis daun2an yang tidak semua orang doyan. Di sepanjang jalan juga banyak penjual kelapa yang bentuknya lucu. Tapi pas cobain, rasanya xo xo lah, kelapa nya tua soalnya, susah makannya..Yang ada kita jadi tukang sulap, bengkokin sendok penjualnya...hahahhaa
Malam harinya, masih ada acara makan malam di kapal pesiar....*makan lagi....makan lagi....ck ck ck...Nahh bentuk kapalnya tuhh lucuu, berbentuk ikan gitu ...
Pengunjungnya rame juga malem ini. Ada jam2 nya kalo mau makan disini....kalo gak salah jam 8.00 malem deh.
Setelah makanan disajikan dan kita selesai makan, baru lah kapalnya jalan menyusuri sungai
Yah lumayan lah pemandangannya.... gedung-gedung pencakar langitnya penuh dengan lampu warna warni...tentunya tidak sebagus yang di Guangzou yaa. Tapi paling tidak ini di Vietnam udah bisa punya atraksi kayak gini....lumayan hebat kann! Dibandingin Jakarta? Kagak ada sama sekali ...Kalah dehhh
Oh iya, di atas kapal selain dihibur oleh penyanyi, ada juga pertunjukan semacam akrobatik. Cewe ini hebat juga lohh atraksinya. Di mulutnya itu menggigit pisau ( sejenis samurai ), lalu menumpuk gelas2 sampanye sampe setinggi itu... prok prok prok...*kasih applause..Tapi kasian juga, yang kasih tips cuma 2 orang....hadeuhhh, kasian beneran deh. Mukanya langsung sedih sesudah selesai pertunjukan...
Setelah makan di kapal, karena ini malam terakhir kita di sini, besok udah mau balik ke Jakarta, maka kita masih berusaha explore ke sekitar hotel. Dan hotelnya lumayan deket ke Starbucks. Jadilah kita nongkrong di situ. Menurut tour guide nya, waktu awal2 si Starbucks buka, antriannya panjangggg banget yang mau kesini. Sekarang-sekarang mah sepiiiii...mungkin nyaris tutup. Iyahh sih, pas kita ke sini juga sepii nih. Tapi ini memang udah jam 10.21 malem sihh yaa, udah pada ngantuk keleus. 
Atau mungkin juga karena harga segelas minumannya tergolong mahal nih. Kayak yang di foto itu aja harganya 105.000 dong yang kalo di rupiahin sekitar Rp. 70.000. Ck ck ck...mahal juga yaaa. Kalo sering2 nongkrong disini yah jelas aja bikin cepet bangkrut...hahahaha
Udahan ngalor ngidulnya, baru deh puass udah menghabiskan malam terakhir di Ho Chi Minh. Buru-buru balik ke hotel dan baru sibuk packing2. Koper-koper semua udah pada membengkak nyaris jebol. Jam 1 pagi baru deh bisa beres semua barang udah rapi masuk koper.

Karena pesawat ke Jakarta nya jam 10 pagi, maka kita udah harus jalan ke airport jam 7 pagi. Otomatis hari ini morning call nya maju jadi jam 5 pagi. Busettt, tidur cuma berapa jam doang tuhh. Mata masih sepet udah harus bangun mandi. Trus jam 5.30 udah beres, gua berdua temen kamar gua niat banget tuh pergi lagi ke Ben Thanh Market yang jaraknya cuma 3 menit jalan kaki dari hotel. Jam segitu masih gelap boo! Ini gara-gara pada merasa oleh-olehnya kurang, masih mau beli-beli lagi terakhir kali sambil ngabisin duit dong yang tersisa. Eh ternyata jam segitu pasarnya udah banyak yang buka loh, terutama toko2 makanan.
Dan asiknya lagi, gua nemuin makanan yang kemaren2 kagak ada, yaitu sosis babi dan sejenis otak2 babi. Rasanya enakk banget. Berhubung ini masih pagi, sama penjualnya dikasih tester semua jenis dagangannya dia. hahaha..kenyang sama tester dehh..
Nahh kaya gini deh setelah sampe rumah tinggal masukin microwave aja....enakkk banget. Nyesel kagak beli banyak2...3 hari langsung ludes.
Singkatnya, kita udah sampe Jakarta dengan selamat walopun pas penerbangan pulang itu ternyata ramalan cuacanya kan emang bilang ada sedikit badai, jadi turbulensinya berasa banget deh. Mamaaaa....seremm banget goyang-goyangnya. Mulut udah komat kamit ngucapin segala doa yang gua inget...hahahhaa. Untung juga turbulence nya pas saat kita makan, jadi perhatian sedikit terpecah ke makanan...hehehhe. Kalo kagak mah bisa lebih parno lagi....

Dan seginilah oleh-oleh yang bisa keangkut di koper....everybody's happy!
Jadi begitulah cerita trip ke Vietnam kali ini. Di akhir perjalanan, si tour guide nya promosi in daerah lain di Vietnam yang katanya juga bagus yaitu Vung Tau , yang ada patung Yesus yang letaknya di atas bukit dan bisa masuk ke dalem patungnya untuk naek dan keluar di bagian pundak patung buat liat pemandangan ke laut. Wewww....sepertinya bagus juga yaa. ( mirip-mirip yang di Brasil gitu kali yaa ). Hadeuhhh.....
masa harus ke Vietnam lagiii yaaa? Menurut nganaaa?

THE END