Saturday, January 26, 2008

KATA-KATA AJAIB

Pernah ga kita denger kata2 yang kita sendiri ga tau artinya dan kadang2 kata2 itu kedengerannya lucuuuu banget...malah kadang juga ga ada artinya tapi tetep dipake buat menegaskan arti kata sebelumnya. Gua tertarik aja buat nulis and ngumpulin kata2 ajaib ini, biar ga ilang dari peredaran...karena menurut gua kata2 ini unik banget dan punya ciri khas dari orang yang ngucapinnya...Terdengarnya sih norak, ajaib, lucu, aneh, bikin gua kaya dikitik2 dengernya....(Nah tuh udah mulai keluar kata2 ajaibnya...dikitik2 apaan tuh....?)
Dibawah ini semuanya adalah kata2 yang gua maksud tadi. Pas kedengeran aneh, gua koleksi deh..en sebisa mungkin mendeskripsikannya....Jadi bisa aja kata2nya pendek aja...tapi ngartiinnya jadi panjang x lebar = luas! Kadang artinya ga mendeskripsikan maksudnya juga. Berarti gua juga kaga tau artinya. Hehehehhe
Asal kata2 ini sih pastinya ciri khas dari daerah lingkungan gua...Karena gua gede dan tua di Cibinong, so kena pengaruh dari Betawi dan Sunda lah. Malahan banyak juga gua adopsi dari omongan emak gua yang asli dari Cimanggis (Cibinong belah sonoan dikit!), yang pastinya kena pengaruh Betawi asli.
Simak aja lah ya....( Kali2 aja ada yang mau nambahin juga koleksi gua ini...Buat lucu2an aja....Hihihihi) :

- Nembrak : artinya .... Biasanya sihemak gua pake buat ngomong begini :
"Itu makanan udah nembrak di meja".
Nah apa ya? Mungkin.....tersedia (dalam jumlah banyak)...
begitu kali lah...(aih....susah kan tuh ngartiinnya...
- Geletak : kalo pake awalan di ...artinya ditaro...misalnya :digeletakin.
- Ngegeratak : artinya ngebongkar2, ngeberantakin.
- Merengkel : artinya urat melintir (alias kram)
- Kelojotan : aduh....apa ya bilangnya.....kaya orang abis ditembak gitu deh...
biasa dipake kalo anak gua ga bisa diem...gua biasa bilang :
"idih...kaya cacing kelojotan."
- Kejengkang kejengking : artinya sama kayak kelojotan dah...ga bisa diem.
- Paranin : artinya samperin...didatengin.
- Cekikikan : artinya ketawa2 kecil, ga ngakak.
- Letoi : artinya lemes
- Songong : artinya kurang ajar
- Cetek : artinya ga dalem.
- Getek : artinya geli
- Celamitan : artinya suka minta makanan orang
- Burik : artinya bekas luka2 koreng..jadi kulitnya totol2 item..
- Cemen : artinya culun
- Jumpalitan : artinya loncat2an
- Ajrut-ajrutan : artinya sama deh ..loncat2 begitu
- Siangin : artinya dibersihin..dikupasin...Misalnya : sayuran disiangin..
- Kabet : artinya pusing (tapi bukan sakit kepala...), repot banyak urusan..
- Cilaka butut : artinya gawat.
- Pisan : artinya banget
- Pabeulit : artinya susah banget.
- Riweuh : artinya repot
- Ngaleuyeut : artinya nyebelin.
- Mangap : artinya mulut terbuka.
- Celangap : artinya mirip dengan mangap.
- Nganga : artinya terbuka.
- Menor : artinya dandan terlalu tebel(medok).
- Ngeriyep : artinya redup.
- Nyelekit : artinya menyakitkan.
- Kontet : artinya pendek.
- Lelet : artinya lambat.
- Ngambreng : artinya baunya kemana2.
- Ngatung : artinya ngegantung.
- Ngebrebet : artinya ga lancar.
- Kedombrongan : artinya baju kegedean.
- Beulok : artinya becek.
- Cablak : artinya gerewekan.
- Gerewekan : artinya seperti cablak (nah loh...jd apaan neh ya artinya?...)
kalo ngomong kenceng,berisik,apa adanya, kesannya kampungan....
- Menclok : hinggap
- Kontal kantil : hampir copot
- Guling gulingan : baring muter2
- Ngejogrok : tergeletak
- Celingukan : tengok lihat2 sekitar
- Ngelendot : nempel
- Ngegayut : tergantung di atas
- Nepa : menular
- Meleot : fals
- Mengkol : belok
- Nyengir : senyum
- Mutung : gosong
- Nongol : muncul
- Mencrot : muncrat
- Molor : tidur atau ngaret (kalau dtg telat)
- Banjur : siram
- Nyolot : ngotot
- Kojor : tewas
- Comberan : got/selokan
- Comel : suka ngomongin orang lain
- Towel : colek
- Melengos : membuang muka
- Lempeng : lurus
- Jorokin : dorong
- Alungin : lempar
- Nyungsep : nyuksruk (aduhhh...apa ya? terjemahannya sama aja deh...aneh juga!)
- Ngocol : ngeyel
- Cocol : makan sambel dicocol tuh..
- Congcong balicong : sejenis umang2 / binatang laut itu loh yang suka dijual abang2
di depan sekolaan...dipakein kereta dari kotak korek api...
(jaman gua kecil sih...ga tau sekarang masih ada ga?)
- Bonteng : timun
- Kalong wewe : sejenis setan kali...dulu gua suka ditakut2in ...ada kalong wewe tuh.
(tapi ga tau apaan bentuknya).
- Gembel : pengemis
- Sompret : sialan
- Asoi : asik
- Lender : lendir
- Ngacai : netes air liurnya
- Ngebet : kalo sakit gigi dibilangnya begini...
bisa juga artinya kepengeeeeennnn banget (barang ataupun orang)
- Demen : suka
- Nengokin : jenguk/bezuk
- Melongo : bengong
- Ciaka : ga pake sendal (sumbangan kata neh dari fans..kik kik kik)
- Ngegares : makannya rakus (sama ...sumbangan kata juga)
- Jeblok : artinya bisa becek,bisa juga nilai ulangan jelek
- Nemplok : nempel
- Melompong : kosong
- Jomplang : tidak seimbang
- Dingdek : ga rata
- Gundul : botak
- Ba'al : kebal
- Tonggos : giginya keluar
- Kecebong : anak kodok
- Jembreng : jemur
- Mingkem : tutup mulut
- Somplak : bocel
- Bocel : somplak (hihihi pusing juga nih ai...apa ya? kalo kue bocel yah berarti
ga rata, ada yang copot gitu deh )
- Tublek : tumpah
- Grindil : kalo adonan tuh ga rata...masih ada yang menggerombol
- Gondrong : lebat
- Molor : artinya bisa tidur ato ngaret
- Jontor : bibir nya tebel
- Dower : sama dengan jontor
- Dobleh : jontor juga
- Trondol : bulunya botak
- Songgeng : bokongnya menonjol banget
- Loncer : lancar
- Grasak grusuk : buru2
- Ngerubutin : ngumpul mengelilingi
- Ngerecok : mengganggu
- Dikelir : diwarnain
- Tepar : kecapean gitu deh...(tewas kali)
- Ngerubung : ngelompok (contoh : lalat ngerubung)
- Meleng : lengah
- Mencong : miring
- Cemong : kotor
- Medok : bisa artinya logatnya kental kalo ngomong (biasa orang daerah)
atau kalo dandan terlalu tebal
- Ngider : keliling
- Ngayap/ngelayap : keluar rumah
- Ngerentek : badan pegel2
- Mesem : senyum
- Ceremotan : belepotan
- Nyerodot : merosot
- Ngegayem : ngemil
- Nimbrung : ikutan
- Beletetan : corat coret

Yah segitu dulu deh daftarnya....nanti kalo ketemu lagi yang aneh2 gua tambahin, lumayan kan buat nambah kosa kata...sapa tau nanti bisa jadi pencipta kamus bahasa aneh. Hehehehe
Ayo dong yang mampir ke blog gua juga ikutan nyumbang yah...thank u so much!

6 comments:

  1. arti trondol itu apa ya kalau yang berhubungan dg pacaran itu? aku gak tau, tapi ada tmen2 yang bilang aku tuh trondol, tapi pas ku tanya mreka gak mau kasih tau, arti nya kira2 apa ya min? "mohon di balas " :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. trondol sih kalo di saya artinya bulunya botak....makasih dah mampir

      Delete
  2. arti dari kata cibong tuh apaanya ya.. mohon dibalas ya min..
    tq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kata cibong gak masuk di dalam postingan di atas, yah karena admin gak tau itu bahasa apa dan artinya apa...maaf ya

      Delete
    2. yg saya pernah dengar cibong berarti cerita bohong atau bualan.. kira kira begitu

      Delete
  3. Trondol kalau di jawa (kebumen dan sekitar) ayam yang ga ada bulunya atau bulunya sedikit disebut trondol

    ReplyDelete