Sunday, August 17, 2014

PHIPHI ISLAND ( THAILAND TRIP PART 3 )

Perjalanan menuju Phiphi Island dimulai dari Rassada Pier ( terminal ferry di Phuket Town ). Jadi guide kita si Charlie mengantar kita sampai kesini sekaligus urusin tiket ferrynya juga. Katanya dia punya kenalan yang bisa kasih harga tiket ferry sedikit lebih murah dari harga resmi. Kita sih ikutin ajalah, yang penting sampe ke Phiphi sore ini juga karena udah booking hotel di sana. Masalahnya, pas kita sampe di pier ini, hujan turun sangat deras bahkan anginnya kencang pula. Bener-bener cuacanya tidak mendukung nih. Keberangkatan ferry pun harus menunggu sampai hujan anginnya reda. Kita beli tiket ferry yang terusan, dari Phuket ke Phiphi Island, terus besoknya dari Phiphi Island ke Krabi. Tarif resminya adalah 1000 baht/orang. Sedangkan si Charlie kasih kita 900 bath/orang dan si Miko didiskon jadi 800 bath. Total 3500 bath atau Rp. 1.295.000 untuk ber 4. Perasaan jadi backpacker kok mahal2 yahh ongkosnya....*nengok-nengok dompet bath nya udah menipis.....sigghhh!

Begitu hujan reda, sekitar jam 1 an ferry pun siap berangkat....para penumpang dipersilakan naik...
Nahhh begini lah suasana di dalam kapal ferry ....tempat duduknya bebas tidak bernomor...Tas ransel semua taroh di bawah kaki. Untung kita tidak berkoper ria yahhh...praktis jadinya.
Cuacanya mendung-mendung dan berkabut...selama perjalanan sekitar 2 1/2 jam turun hujan dan ombaknya cukup besar. Untung aja kapalnya agak besar, jadi tidak terlalu berasa goyang-goyang ( pegimana mau berasa...kita juga ketiduran karena kecapean..hahahaha.)
Akhirnya sekitar jam 3.30 sore sampai lah kita di Phiphi Island.....Dan  ini lah ferry yang tadi membawa kita dari Phuket ke Phiphi....
Tidak lupa foto dulu di depan welcome greeting di dermaganya..Hujannya belum berhenti nih, masih turun rintik-rintik...Oh iya, tadi begitu kita turun ferry, kita harus bayar 20 bath sebagai tiket masuk ke sini.
Kita pun berjalan kaki menuju hotel yang jaraknya kurang lebih 200 meter saja dari dermaga..sengaja pilih hotel ini karena sangat dekat ke dermaga.
Dan sedikit ada insiden kecil waktu cek in...begitu gua menyerahkan voucer Agoda ke recepcionist, dia pun bertanya pertanyaan standard :" berapa orang?" Hmm...gua tidak bisa mengelak lagi deh, mau jawab 2 orang ( sesuai yang dibooking di voucernya ), soalnya si Miko tiba-tiba nongol dan nyempil di sebelah gua, padahal tadi waktu gua berjalan ke recepcionist udah gua usir2 suruh tunggu di dekat tangga naik bersama si Papi dan Alvin. Kan gak mungkin gua bilang si Miko bukan anak gua yaa, wong gak ada orang lain lagi disitu.Yahhh, ketauan deh kalo bawa anak. Terus ditanya anaknya umur berapa, diminta liatin pasportnya segala. Jiahh...ribet dehh! Ujung2nya sesuai peraturan hotel, gua disuruh tambah extra bed dengan tarif 600 bath ( sekitar Rp. 240.000 ). Padahal waktu pesen di Agoda,  tarif hotel ini Rp. 750.000 aja udah berasa mahal banget karena kan cuman semalem doang. Ehhh ditambah lagi kena charge extra bed...atuhh jadi Rp. 1 jutaan juga jatohnya. Mehongg juga yaa!  Setelah itu, kita semua jadi parno. Berhubung tadi ngakunya cuman bawa anak 1 orang doang, begitu ada yang anterin extra bed , si Alvin disuruh ngumpet di kamar mandi deh ...wkwkwkkwk! Parahh banget nih parno kagak karuan!

Tapi sudahlah....begitu liat view dari balkon kamar kita, segala kekacauan tadi langsung lenyap....untung aja dikasih kamarnya sesuai request nihh yaitu view menghadap ke laut....
Nahh kayak begini dehh kamarnya....masih bisa selip satu extra bed di tengah2 situ...
Di hotel ini ada kolam renang nya juga sih...cuma ukurannya mungil banget...
Makin sore, cuacanya semakin buruk. Malah hujan angin badai nih....kita terdampar di kamar hotel deh tidak bisa kemana-mana.
Ditungguin hujannya kagak reda-reda juga, sementara cacing-cacing di perut udah memberontak. Untung aja di kamar hotelnya tersedia payung 2 biji, jadi gua dan si Papi harus keluar hotel untuk cari makanan buat kita semua. Anak2 terpaksa ditinggal di kamar....Wahh begitu keluar hotel mah ternyata di kiri kanan gang sepanjang pantai itu semua toko-toko dan restaurant, suasananya malah rame loh. Mata udah ijo aja kepengen shopping, tapi inget anak2 belum pada makan, jadi menunaikan kewajiban dulu deh cari makanan...
Kita makan di 4seasons Resto, jalannya agak jauh juga dari hotel. Tempat ini paling rame dibanding resto lain. Yah udah kita cobain aja. Pesennya tomyam soup dan somtam ( salad pepaya ). Rasanya enak juga. Sementara anak-anak dibeliin ayam teriyaki..kata mereka sesudah makan sih rasanya enakkk.
Habis anter makanan ke hotel, gua balik lagi ke jejeran toko-toko yang jualan macem2. Ceritanya mau shopping2. hahahha..udah ujan pun masih semangat shopping. Liat tukang duren udah napsu mau beli, ehh batal gara2 gak bisa bawa ke hotel kan. Mau makan di tempat susah ujan2 begitu. Yahh akhirnya cuman beli air minum dan nanas aja deh, terus balik hotel langsung tepar lah. Kita tidur nyenyak banget malem ini karena seharian belum tidur yang bener.
Besok paginya, begitu lihat ke arah laut dari balkon kamar, sepertinya cuaca hari ini bakal cerah deh..
Yang kemaren sore tidak kelihatan, pagi ini udah mulai terlihat jelas...view nya bagus juga nih...
Sebelum cek out, kita sarapan dulu. Pilihan menunya lumayan banyak juga nih....bukain deh satu-satu, ngintip ada apa ajaa.... ada nasi goreng, mie goreng, bacon, sosis, kentang goreng, salad, buah, roti, yoghurt, omelete, dll.
Pilih duduknya yang sebelah kolam renang....berhubung sarapan cuma untuk 3 orang, si Alvin disuruh jalan dulu tunggu di dermaga...nanti dia sarapan beli aja ...Begini deh jadinya kalo booking hotel yang bukan group hotel besar, walaupun harga mahal, tidak bisa enjoy berempat....harus ada yang dikorbanin salah satu....wkwkwkwk
Nahh, begini lah tampilan hotelnya lebih jelas lagi, kemaren sore kan karena hujan tidak sempat foto2...kita langsung cek out nih ceritanya...
Suasana dermaga di pagi hari masih sepi banget....kelihatan cuacanya mulai cerah nih.
Sengaja kita pagi-pagi jam 7.30 an udah ke dermaga untuk menyewa longtail boat....bagus yahh berbaris rapi di pantai nih, tinggal cap cip cup deh pilih yang mana....
Di pinggir pantai ini ada icon pulau Phiphi nih.....
Akhirnya setelah bertanya2 ke beberapa pemilik longtail boat, kita deal sewa longtail boat dengan tarif 1800 bath untuk durasi 4 jam. Si pemilik kapal namanya Rohin dan seperti biasa dia menyediakan air dan nanas untuk para penyewa kapal sebagai komplemennya. Semua tas ransel kita dititipin di rumahnya si Rohin.

Oke lah...kita sudah naek kapalnya nih....mariii berangkatttt!
Udah di tengah laut nihh....wihhhh ombaknya pagi ini lumayan gede juga...
Well...gua kan agak sedikit parno kalo soal urusan naek perahu gara-gara selalu ketemu ombak gede terus, begitu juga kali ini ombaknya lumayan gede, tapi kepengen foto di ujung perahu ini gimana caranyaa? yahhh, pegangan yang kenceng lah walaupun sambil ketakutan. Inilah yang disebut : narsis to the max bisa mengalahkan rasa takut..apapun itu! hahahaha....untung moment fotonya pas yang ada pulau menjulang itu tuhh... Tercapai sudah salah satu cita-cita gua....
Dengan menyewa private longtail boat begini, kita bisa pilih mau kemana dulu dan tanpa menunggu orang-orang lain...itulah kelebihannya. Yang umum biasa dipilih turis adalah :

1. Koh Phi Phi Ley
Ini adalah pulau dimana terdapat pantai yang terkenal banget yaitu Maya bay yang dijadikan tempat shooting film the Beach yang dibintangi Leonardo Dicaprio. Horeee...akhirnya kesampean juga kemariii!
Cuman agak repot nihh pas turun dari perahunya, karena masih pagi agak sedikit pasang airnya, jadi perahu tidak bisa lebih ke pinggir lagi. Terpaksa deh eyke turun di tengah laut...sepinggang bo! Haiyaa...rencana kagak mau basah-basahan, akhirnya basah jugaa dehh!
 Taraa....sendal jepit nya penting banget harus diselamatin, kalo kagak nanti eyke ciaka dong kagak pake sendal...huhhh itu si Rohin di belakang malah ketawain eyke, padahal salah dia nih perahunya kagak bisa minggir. hahahaa
Nahh, asik banget nih....karena masih pagi, belom banyak perahu lain nih, masih sepiiii.....

Mumpung masih sepi, harus foto dulu disini.....
Perahunya dari mulai 1 biji, nambah 2 biji, lama-lama jadi 3 biji deh...
Nahh ternyata kita harus bayar 400 bath di pantai ini ( sepertinya per orang 100 bath gitu deh. ). Ada petugasnya yang nanti akan mendatangi kita untuk menagih.
Puas-puasin foto mumpung belom rame...
Wahhh batu karang nya ini bagus juga yaa....
Sementara emak babenya sibuk foto-foto, ini anak berdua asik aja ngejogrok di pantai maen pasir...udah gak peduli lagi sama sekitarnya...autis sesaat!

Setelah puas foto di pantai, gua dan si Papi masuk ke dalam hutannya, mau liat ada apaan di dalem sana...
Ternyata ini jalan menuju ke Loh Sa Ma beach....
Sampe lah kita ke sebuah track kayu dipinggir bebatuan itu untuk mencapai tangga ke Loh Sa Ma
Tuhh harus naek tangga di belakang situ kalo mau tembus ke Loh Sa Ma beach....
Nahh ini yang disebut Loh Sa Ma beach....airnya hijau tosca. Di bawah gua itu jurang sekitar 2,5 meter, jadi biasanya kapal-kapal akan berhenti di sekitar sini, lalu para penumpangnya bebas mau snorkling atau kalau mau ke Maya bay langsung lewat sini dengan cara berenang sedikit untuk mencapai tangga dan tali-tali yang bergelantungan untuk naik ke atas sini dan berjalan kaki ke Maya bay untuk menghindari charge yang 100 bath itu. Hadeuhh ribet amatt yaa....
 Kira-kira kayak begini deh gambarannya....gambar dari www.aroundthailand.ru
Begitu gua balik lagi ke pantai, busettt dahh itu pantai udah jadi lautan manusia....untung kita tadi termasuk yang paling pagi waktu nyampe disini.....
Liat aja segitu ramenya....kita sih udah langsung cabut menuju tempat lain lagi....byee Maya beach and people!
Oh iya, mau naek kembali ke perahu pun penuh perjuangan nih. Gua dihantam ombaknya yang gede sampe jatoh terguling guling. basah kuyup semuanya. Hadeuhhh...udah kayak tikus kecebur dehh!
Begitu kita udah di perahu, taunya nanasnya udah dikupasin sama si Rohin, kita tinggal makan deh. Wihh nanasnya manis banget....seger juga makan nanas setelah berpanas-panas ria di pantai tadi...
Thanks God hari ini cuacanya cerahhhhh!

2. Snorkling
Setelah itu kita akan dibawa ke area snorkling....
Gua males nyebur ahh....kayaknya airnya dalem disini. Walaupun udah disediain jaket pelampung, kok rasanya gak pede nih....
Dari atas perahu sih keliatan tuh ikan-ikannya....
Si Miko asik banget berloncatan ria disini...udah kayak Sun Go Kong aja...hahahhaa
Well...emang ada ikannya? Wahhh ikannya banyak juga nih...ngerubung begitu dikasih roti...Jadi inget film piranha. Apa jadinya kalo ternyata itu ikan piranha yaa? hiyyyy...parno sendiri...Tapi ikannya kurang banyak variasinya yahh....
Lumayan lah si Alvin bisa spa kaki digigitin ikan-ikan itu....
Setelah itu kita diajak menikmati view tebing-tebing karang dengan pepohonan hijau dan air laut yang berwarna hijau tosca...Kalo tidak salah ini namanya Phiphi Lagoon.
Koleksi foto di ujung perahu...*seneng nyaaa!

3. Viking Cave
Ini lah yang dinamakan viking cave, goa yang dijadikan tempat tinggal para perompak jaman dulu. Jadi kalo dibilang dalam paket tour mengunjungi viking cave, yah cuman liat dari jauh aja, kagak mampir ke goa nya. Paling cuman liat2 sekitar 2 menit juga udah selesai. Yahhh, cape deh. Keliatannya aja dalam promosi island hopping itu banyak bener tempat-tempat yang dikunjungi, tapi kalo cuman semenit dua menit liatnya begini doang mah yahh rugi lah. Apa bagusnya yaa? Kalo tidak salah, sekarang goa itu banyak bersarang burung walet.

4. Monkey Beach
Sama juga seperti Viking Cave, di Monkey beach ini juga cuma ditunjukin dari atas perahu bahwa jejeran di depan itu yang namanya Monkey Beach, pantai yang banyak dihuni oleh monyet-monyet.
 Tuh monyetnya sampe nekat loncat ke perahu kita untuk ambil sisa roti....padahal tuh monyet dari atas pohon sana loh. Jago juga loncatnya sampe ke perahu.
Yang jelas, dia harus loncat ke air kalo mau balik ke pohon, karena perahu kita kan gak sampe deket banget ke karang2 itu...
Yahh akhirnya selesai lah island hopping kita yang 4 jam itu....on time jam 12 siang kita udah sampe kembali di Phiphi Don. Nahh, yang panah biru itu adalah hotel tempat kita nginap semalam. Deket banget kann dari dermaga. Lokasinya strategis banget gitu, makanya harganya agak mahal.
Nah tuh yang icon gambar ikan tadi diliat dari perahu.....
Setelah sampai di tempat tadi kita berangkat, kita langsung bersih-bersih pake air minum yang dapet dari si Rohin. Atau bisa juga minta dia pinjam kamar mandi untuk bilas dan ganti baju, karena kita kan udah cek out dari hotel, gak bisa bersih-bersih di hotel lagi.

Abis itu kita cari tempat makan siang. Ketemulah dengan sebuah restaurant chinesefood yang temboknya ditulisin kesan dan pesan dari para pengunjungnya. Unik juga yaa
Makanannya enak-enak semua nih...udah asam manis, ayam goreng crispy, tomyam gong dan kangkung. Masih belom bosen sama tomyam...dari kemaren makanin tomyam terus...hahahha. Total kerusakan adalah 800 bath.
Sehabis makan, kita masih punya sebuah misi lagi di pulau ini sebelum nanti jam 3 sore udah harus standby di dermaga buat naek ferry ke Krabi. Ini sekitar jam 1.15 siang, matahari lagi ganas-ganasnya. Yaolohhh...
Misi kita adalah mau ke Phiphi Viewpoint....yang namanya viewpoint-viewpoint itu pastilah tempatnya tinggi dan kita harus naek tangga. Hadeuhh tapi ini tangganya kagak kira-kira bikinnya, masa tegak lurus gitu sihh...Aduhhh udah kagak napsu buat naekinnya. Pengennya rebahan aja cari AC, soalnya ini puanasss banget udaranya.
Banyak yang bilang kalo mau ke atas paling sekitar 15 menit aja. Tapi kenyataannya mah lebih lama dari itu, karena kita banyak ngasonya. hahahhaa...Capeee bangettt dahhh naek ke atas situ. Gua kan kagak pernah olahraga, sekalinya ketemu tangga yang bikin putus asa begini sihh! *bersungut-sungut tiada berhenti.  Si Alvin aja akhirnya milih nunggu di tengah jalan sembari tungguin tas2 ransel kita. Gua, Miko dan si Papi lanjutin naek terus pantang turun sebelom dapetin foto di atas sana....
Akhirnya sampai jugaa.....*sujud nyembah tanah...hahahaha. Oh iya, kan harus bayar 20 bath per orang, untuk anak kecil kayak si Miko gratis loh....*lumayan penghiburan dikala ngos-ngos an susah napas...
Arrgggghhhhh.....*teriak histeris...Kagak sia-sia lah perjuangan gua ke atas sini.... Cakeppp kannnn!!! ( view nya lahhhh! masa orangnya??! )
Ini sih baru viewpoint level 1 ( udah kayak keripik mak Icih, ada level-levelnya juga nihhh ). Belom terlalu keliatan semua view nya....
Setelah viewpoint 1, kita masih harus berjalan sekitar 5 menit..Itu sih yang tertulis di papan petunjuknya...kenyataannya gua mah perlu sekitar 15 menit buat jalan lagi menanjak menuju ke viewpoint ke 2 yang lebih ngehits! Liat aja nih tengah hari bolong sekitar jam 12.30 an aja ini bule2 pada sunbathing disini.

Cita-cita gua kesampean lagi dehh....foto dari atas Phiphi Viewpoint ! Walaupun kaki masih gemeteran abis hiking, narsis mah kudu to the max lahhhh! *salto jumpalitan
Pokoknya fotonya kagak cuman sekali lahh...harus berkali-kali! Soalnya gua kagak bakal manjat kesini lagi...( sekitar 45 menit dari bawah ).  Malesss! hahahhaa
Horeeeee.....we're on top of  Phiphi
Setelah kita bertiga selesai foto-foto dan sampe di viewpoint 1 lagi,  eh taunya si Alvin berhasil menyusul kita dan gua takjub sama tuh anak karena dia kok bisa bawa 4 buah ransel kita yang sekarang tuh udah tambah berat banget karena isinya baju2 kotor terutama baju basah tadi habis nyebur di laut kan. Ck ck ck, pas dijelasin ternyata dia tadi itu tidak boleh duduk2 di tengah tangga oleh warga disitu ( karena tangganya kan di daerah pemukiman warga ), terpaksalah dia gotong semua tas ransel untuk nyusul kita ke atas. Astagaaa....kasian banget sihh si koko teh. hahahaha. Alhasil, dia dapet hadiah dehh buat kehebatannya angkutin tas, yaitu foto2 di viewpoint 1 ( soalnya tadi kan dia belom foto disini..)...eh gayanya oke juga nih...
Setelah itu kita semua turunin tangga sampe ngepot-ngepot karena mau uber naek ferry,  harus jam 3 sore sampe di dermaga ( 1/2 jam sebelum ferry berangkat sudah harus cek in ). Wahhh turunnya sih lebih gampang dan cepet yahhh...naeknya aja yang agak menyiksa. Malahan si Papi masih sempet mampir ke pantainya buat foto2....waduhh orang bule mah gokil2...jam 1/2 3 siang yang sedang panas-panasnya mereka udah pada gelar-gelar kain di pantai....ck ck ck..Si Miko aja perasaan cuman keliatan kaosnya doang, muka, tangan kakinya udah gosong semua.... hiks!
Siggh...akhirnya kita ontime sampe di dermaga dan langsung naek ke ferry dan duduk manis menikmati ademnya AC di kapal.
Tips : Kalo naek ferry begini, lebih baik tas ransel ditaro di bawah kaki atau dipangku aja, daripada ditumpukin di tempat tas ( tanda panah biru ), bayangin kalo kita mau ambil barang atau mau turun ferry, dijamin mau ambil tas aja bisa memakan waktu lama. Orang yang tumpukin tas juga kagak pake perasaan, koper2 bagus juga akhirnya jadi peyot2 maen tumpuk aja. Terlebih lagi pas di tengah laut perahu goyang kena ombak, itu tumpukan tas nya rubuhh, kita yang duduk di sebelah kanannya nyaris aja ketimpa. Pfyiuhhh!

Oh iya, pas tadi di sepanjang jalan ke viewpoint kan banyak kios-kios travel yang mencantumkan harga tiket kapal ferry baik dari Phuket ke Phiphi, terus dari Phiphi ke Krabi...rata-rata harganya sekitar 300 bath. Beuhh....jadi yang kemaren harga dari si Charlie 900 bath itu berarti udah di mark up juga....hiks! Tapi mungkin juga di Phiphi ini lagi low season...buktinya kapal ferrynya tidak penuh nih.
Bagi yang bosen duduk di dalem kapal, bisa menikmati udara laut di atas geladak kapal. Cuma hari ini udaranya agak panas2 ngelekep mau hujan nih. Awal-awal aja pada duduk di atas, begitu di tengah laut turun hujan, semuanya berebutan turun cari kursi deh. Mending dari awal aja duduk manis di kursi sambil tidur2 menikmati ademnya AC. Kita aja sampai ketiduran saking capenya tadi naekin tangga ke viewpoint.

Selanjutnya kita menuju ke :  Krabi ....

( Bersambung )

1. Bagus banget view nya yan...
    Tp Alvin kasih banget dah... Udah gak kebagian bfast di hotel mesti naik tangga ke viewpoint bawa ransel pula. Hahaha.

1. iyahh nihh si Alvin nasibnya ngenes banget....hahahaha, untung dia kuat tuh

2. Luar biasa reportasenya, Saya membacanya sampai runut. Menkmati indahnya Thailand dari bidikan lensanya Mamie Funky. Alur ceritanya yang liat, hidup dan seolah olah saya ikut merasakan sensai dan petualangan yang seru di Thaiiland. Hotel yang bagus, Pemandangan bebatuan yang Indah, Wisata Kuliner ny yang berkesan. Very cool

3. bagus cici..
    kesian alvin disuruh hiking bawa tas, hebat anak lu.
    lucu foto miko yg di pasir wkwk kayak pake baju yg bisa glow in the dark. haha

1. iyah si Alvin hebat juga ...hhahaha, kasian juga sih kebagian bawa tas 4 biji gitu...si Miko bener-bener gosong, jadi bajunya aja yang nyala..hihihi

4. hebat ci....................... komplit cerita & foto2nya. gua jadi ikut ngerasain perjalannya hehehe...
    ci bawa ransel doang gitu, bawa bajunya cuma berapa ci?
    secara gua kalo pergi2 bawa baju sehari 1 aja masih berasa kurang hihihi...

1. bawa bajunya dikit des...semuatnya ransel aja..Kalo bawa koper suka gak ada cukupnya emang....

5. Wkwkwk EHS dulu juga dapat harga segitu waktu nyebrang Phuket - Phi-phi - Krabi. Dan sama-sama nyesek waktu tahu di phi-phi harganya cuma 300. Heran ya, padahal di phi-phi kan daerah turis dan terpencil, kok bisa harga lebih murah jauh.

1. iyah aneh ya di Phiphi bisa murah gitu...masa sepanjang tahun low season terus? hahahaha, memang harusnya tarifnya segitu kali ya do

6. ih.. jadi pengen ke phuket juga... fotonya lengkap banget yahh ci..
    keren ya si Alvin bisa gotonga 4 tas ransel naek tangga. *kasi 4jempol*

1. ntar 4 jempolnya ta kasih ke si Alvin deh lin...hahahha

7. pulaunya super bagus!!!! tebingnya kerreeen, warna pantainya jugaaa gitu.. duh cii ngiler dehhh~ itu si alvin gak kegelian digigitin ikan gitu? ihihihi~~

nabung buat taun depan ke thai ah!! langsung masuk list niii

1. si Alvin kabur lah begitu digigitin ikan...hahahha....yah boleh lah ke sini lumayan bagus juga...hehehehe

8. Huaaaaa... gw kepengen banget bisa travelling ala backpacker-an ama keluarga.. tapi kudu tunggu bocah2 gede dulu nihhh... someday.. someday :)
    Sementara nunggu bocah2 gede kudu giat ajarin mereka berenang nih.. biar nanti bisa snorkling bareng.

Alvin-Miko beda berapa taon ci?

1. iyah anak2 gua seneng2 aja diajak jalan begini xiao...hayuu diajarin berenang dulu buat persiapan
      Alvin - Miko bedanya 3 taon

9. Salut Ci sama dikau dan seluruh keluarga yang rela-rela backpackeran ria dan nampaknya tanpa keluhan yang berarti dari anak-anak. Bener deh, hari gini kok bisa tuh anak2 sama sekali gak rewel. Malah si Alvin bisa bawain ransel 4 biji! LUAR BIASA!

1. Iya le...untung aja anak2 kuat fisiknya, diajak jalan2 kagak komplen2 lah...gua juga heran banget si Alvin tau2 udah nyusul kita plus 4 ransel dibawa semua....hahahaha, kalo kondisi "dipaksa", kekuatan supernya muncul dehh

10. WOOOOW!! Kereen!! Nginepnya di Phi2-nya ya! Dulu aku ke Phi2 ikut yang daily tour-nya aja dari Krabi, hahaha :D . Dan Maya Bay itu memang keren banget ya!! :)

Dulu di Maya Bay cuma 30 menit jadi masuk ke dalam pulaunya gak bisa jauh2 deh *padahal penasaran juga sama dalamnya*. Cuma sampe daerah toiletnya aja, hahahaha :D .

1. Iyah ko..nginep di phiphi nya..supaya pagi2 udah sampe maya bay...biar jangan foto.dengan lautan manusia...hahahaha

11. hahaha.. besok2 kalo masuk hotel, umpet dulu deh.. hehehe anak2 disuruh nyusul, emang sakit hati kalo disuruh nambah yak hehe :)

1. Iya nih fun...jadi ribet klo.cek in harus berpisah dua dua..hahahaha

12. Pantainya bagusss bangeeettt.. Makanannya yumm yumm semua keliatannya.. :)

1. Iya cha...bagus dan makanannya enak2 semuaaa...*gagal diet dah

13. Liat tangganya lgsg berasa mau pingsan ci..haha :D Tapi ok lah yah ci dijabanin, keren gituuu viewwnyaa.. Awww..

14. Iyah py...liat tangganya lemes duluan...untung aja viewnya keren

15. This comment has been removed by the author.

16. Wooo jadi tips ke Maya Beach tuh emang harus pagi-pagi banget ya ke sananya! Asik banget kalau sepi gitu...

Hihi gilak ya mark up-nya di sana. Waktu aku ke sana, riisetnya nggak banyak jadi nggak tahu kan. Ditawarin paket day tour (lupa entah Phi Phi atau James Bond), di brosur harganya sekian. Trus si yang nawarin bilang didiskon deh 50 persen. Eh pas udah hari H nya nemu turis lain bayarnya jauuuhhh lebih murah dari harga yang udah didiskon itu. Ih sebel banget hahahaha...

1. Iyaa una...harus pagi2 kalo mau sepiii....bener tuhh harganya gampang dimaenin sama oknum...hahaha

17. Jadi ingat Leonardo ooooo... bagus ya. Gua belum pernah ke sini nih. Enaknya kalau anak2 udah gedean bisa nyemplung ke air dan enjoy deh.

1. Tenang el...nanti jg cepet bgt deh anak2 udah pada gede...tinggal.tentuin deh mau kemana....

18. mbak mau tanya info...
    kalau dari cerita mbak, berarti kalau mau ke phi phi island, ga usah ambil paket mbak ??
    saya akan nginapnya di krabi, jadi beli tiket feri nya terpisah aja ? dari krabi ke phi phi,
    trus beli tiket feri balik phi phi - krabi beli di phi phi aja ?

kalau ke maya beach kita harus sewa boat lagi mbak ??
    atau bagusan mana dengan ambil paket 1harian 1000bath ??

terimakasih mba...

1. Rena, kalo saya kan beli tiketnya on the spot tujuan langsung ke mana, gak round trip pergi pulang gitu, jadi saya kurang bisa kasih informasinya yang paket, saya kurang tau apakah lebih murah atau mahal jatohnya. Kalo ke maya beach itu kita sih sewa long tail boat yang mengunjungi 4 tempat saja sesuai cerita saya di atas. Kalo yang seharian saya kurang tau bisa mengunjungi berapa tempat....

19. hi mom, mau tanya donk kalau sewa long tail boat gitu kena berapa? makasih banyak :)

1. harga tergantung nego sama tukang perahunya...waktu itu kita dikasih 1800 bath dgn durasi 4 jam...kalo mau 6 jam sekitar 2400 bath..

20. Ibu mau tanya. Itu yang 900 bath sudah PP untuk transpostasi fery-nya ya dari phuket ke phiphi island?
    Klo dari phuket town? ada informasi ga yang jual travel to phiphi island?

1. Itu bukan PP yang 900 bath, kita kan tidak balik ke Phuket, tapi dari Phuket ke Phiphi lanjut ke Krabi....Kita bisa beli on the spot, banyak agen2 tour yang nawarin kok...cuma yah harus tau kisaran harganya juga sih. beda-beda sedikit aja...

21. Funkie mom mau tanya dong kalo mau ke view point itu kudu nginep di phi2 yah? Soalnya rata2baca blog orang mereka pp dan ga ke view point. Thank u

1. View point itu adanya di phiphi island....biasanya orang yang ke phiphi island itu kan ikut tour yang ke pulau-pulau., jadi gak sempet ke view point itu. Kalo memang mau ke viewpoint harus siapin waktu sekitar 2 jam, kebanyakan mau liat sunset atau sunrise....jadi sebaiknya ngiep. Kalo gak nginep, perginya siang hari bolong seperti kita ini....langsung naek fery sore hari

22. Ci, mau nanya nama hotel di phi phi island apa yah?
    Saya google hotel2 disana pada mehong, trus skor nilainya jelek.

1. iya nih di Phiphi island itu susah banget cari hotel yang cocok, pertama karena harganya mahal2 kalo mau yang bagus, sisanya hostel gitu deh. Jadi karena di postingan ini saya nginepnya di Phiphi hotel, yahh saya gak tau hotel yang lain tuh.

23. pemandangannya indah, klw boleh kasih masukan, bisa dimasukin daftar / rincian biaya

24. Keren mami. Dpt info hotel di phi phi nih. Nnti aku bkal nginep dstu jg deh. Soalny dket dermaga ya. Thank u

25. Mau nanya nih, kalo ke phiphi lewat krabi bisa kah ? Di port mana yah
    Soalnya kan mami lewat phuket hehe
    Mohon infonya

1. Bisa dong...dari pelabuhan krabi. Biasanya ada loket2 penjualan tiketnya, nanti tinggal tanya saja sama petugas disana

2. Bisa dong...dari pelabuhan krabi. Biasanya ada loket2 penjualan tiketnya, nanti tinggal tanya saja sama petugas disana

26. Mantaaapppss bangeeettts !! Reportase nya lengkap & teratur :) (y) senang bacanya . Apalagi yg nulis ibu2 2 anak, sama banget kaya gua nih... !! Makasi ya ci buat tulisannya nya yg seru bangeets !! Ditunggu liputan2 berikutnya :) rencana mau Reportase kemana lagi nih Ci ??? :D :D Hebat deh pokok nya !!

27. kalau seharian ke phi2 dan maya bay bisa ga ci? jd naik ferynya pp gitu.. dan kira2 berapa ya bayar naik ferynya kalau pp phuket phi2, phi2-phuket?

1. Kalau kamu dr phuket atau krabi, bisa pp ga hrs nginep di phiphi island. harga fery sy krg update..itu udah 2 thn lalu. Coba googling yg terbaru aja...

28. saya agustus kemarin ke thailand - pattaya bener2 puas banget wisata murah dan dapet banyaakk berkat blog ini, desember mau pergi ke phi phi nyari referensi nya ke blog inni lagi... super detail dan petualangan nya seru2 :)) thanks for sharing mamifunkie

1. tengkyu juga udah mampir kesini. wahhh semoga bisa explore phiphi islandnya maksimal ya