Friday, January 16, 2015

VIETNAM TRIP 2015 ( PART 1 )

Holaaa....I'm back! Cencunya dengan otak yang udah fresh dong setelah jalan-jalan ...*pada sirik gak seehh??!  Seperti biasa, jadwal jalan-jalan gratisan setiap tahun selalu di bulan Januari. Jadii, sementara orang-orang udah pada balik kerja dari liburan panjang akhir tahun, nahhh rombongan kita berangkat dehhh! *antimainstream mode on. Sebenernya, waktu gua tau kalo tahun ini bakal jalan-jalan ke Vietnam, gua agak ogah-ogahan....*huhhhh belaguuuu! ( langsung disorakin massa  ). Kepengennya sih gak usah ikut aja, mana barusan kan lagi ada kejadian Air Asia jatuh itu. Ditambah pula pas googling info tentang Vietnam, kok yahh  kagak menarik banget deh tempat-tempat yang bakal dikunjungi berdasarkan itinerary yang dikasih tournya. Tambah males aja kannn.  Duhh, coba bayangin aja gimana perasaan gua, campur aduk kagak keruan gitu. Serem, takut, males ...en the brai ...en the brei....



Tapi yahh sudahlah....disyukuri aja masih bagus dapet rejeki diajak jalan-jalan gratis plus dapet uang saku pula. Boss gua emang sesuatu lahhh kata Syahrini mah yaa....hahahha. Beliau tau aja, selalu ajak kita ke tempat yang bukan biasa-biasa aja. Kalo gua jalan-jalan dengan biaya sendiri, gua mungkin bakal pilih Thailand lagi aja dah, yang banyak tempat shoppingnya, yang makanannya enak2, yang banyak spot fotonya....( maklummmm dehh..level narsisnya udah kronis parah...wkwkwkwk). Gua pikir Vietnam kan lebih dusun dan lebih belakangan majunya karena abis perang sama Amerika tuh sepertinya negaranya ancur-ancuran gitu. Terus orang-orangnya kagak keren seperti orang Korea, dan liatin foto2 orang yang baru dari sana kok biasa-biasa banget, kagak ada kesan bagus2nya amat. Tapi itu semua kan pendapat gua doang yang sotoy, yang kurang banyak membaca, yang wawasannya sempit. Tapi begitu gua udah ngalamin kesini, ternyata oh ternyata.... pada akhirnya gua malah bersyukur bisa ke Vietnam lohh....gua malah enjoy banget dengan trip kali ini....hahaha *dasar mamie galau! Mari disimak dehh cerita orang galau ini....gua usahain detail dan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Caelahhh....

Rombongan kita total ada 90 orang dan kita memakai jasa Rotama Tour untuk trip kali ini. Biaya per orang sekitar USD 575...ihhhh murah juga yaa? Kalo pergi sendiri sih murah, tapi coba kalo dikali 4 orang, yahh lumayan mihil juga toh. Otak gua udah terbiasa semua dikali 4, jadi semuanya mahal! *alamat kagak pergi jalan-jalan nih kalo kagak ada yang murah. hahahhaa. Terus rombongan kita dikasih passport cover warna lime green. Bagus ihhh warnanya...I like it!
Pesawatnya memakai Vietnam Airlines....wihh baru kali ini gua cobain naek airline yang satu ini. Yahh eyahh lahh..kan ke Vietnamnya juga baru kali ini. Pesawatnya sih model yang lama yang satu rownya seat 3-3. Dan lumayan ontime loh.Tapi sayang, wajah pramugarinya sangar-sangar kagak ada senyum, judes-judes. hahahhaa. Sesama orang judes ketemu dehh! Mealnya di atas pesawat ada 2 pilihan mau ikan atau daging sapi. Kalo yang daging sapi seperti begini penampakannya.
Rasanya lumayan enak lah..lengkap dengan salad, buah dan roti. Minumannya bisa pilih softdrink, juice, air putih dan bisa minta wine juga. Tersedia 2 jenis wine, merah dan putih. Gua sih kagak doyan wine, jadi minum air putih aja....

Penerbangan kita ke Ho Chi Minh City ditempuh dalam waktu 3 jam....Pfyiuhhhh lama juga yaa. Untung aja langitnya cerah, jadi mulus2 aja selama perjalanan. Doanya kenceng banget supaya sampe dengan selamat. hehehe. Dari jendela pesawat, terlihat kota Ho Chi Minh City ( HMC ) sangat padat dengan sungai besar membelah di tengah kota.
Airportnya lumayan bagus juga lah, udah terlihat modern. Nama airportnya adalah Tan Son Nhat International Airport. Cuma sayangnya pesawat berhenti di tengah lapangan jadi kita masih harus dijemput dengan bis bandara lagi untuk menuju ke terminalnya.
Setelah declare imigrasi, kita harus mengambil bagasi untuk transfer ke penerbangan domestik Agak sepi sih pas kita mendarat disini, jadi ambil bagasinya pun cepet.
Keluar terminal international kita jalan sekitar 200 meter ke arah terminal domestik karena kita harus melanjutkan penerbangan selanjutnya menuju kota Hanoi. Terminal domestiknya seperti ini....
Jadi seharian ini kita cuma pindah-pindah airport aja kerjaannya dan naek pesawat dua kali. Capee juga boo! Kenapa mesti begitu yaaa? Mungkin karena kita pake pesawat Vietnam Airlines yang tidak ada rute Jakarta langsung ke Hanoi, jadi harus ke HMC dulu, baru lanjut terbang ke Hanoi lagi. Tapi anehnya, yang domestik ini pesawatnya malah airbus yang gede itu loh, yang satu barisnya seat 2-4-2.
Di pesawat kita dapet makan lagi. Menunya hampir sama pilihannya , ada nasi dengan ikan, atau mie dengan daging sapi. Gua pilih mie dong. Kayak gini deh tampilannya. Rasanya enak juga.
Penerbangan ke Hanoi ditempuh sekitar 2 jam. Kita mendarat di Noi Bai International Airport Hanoi, yang ternyata baru tahun 2014 lalu diresmikan. Jadi masih terbilang baru lah airportnya. Gua sampe gak sempet foto karena rombongan kita langsung digiring ke sebuah resto untuk makan malam. Whattt??? Makan lagiii? *menjerit histeris.... Ini tuh udah jam 21.30 an...( waktu Vietnam dan Jakarta sama, tidak ada perbedaan waktu ), memang dari tour nya udah siapin makan malam, jadi yah ikutin aja dahh!  Kita makan di foodcourt yang ada di airport lantai 4.
Menunya adalah pho ( mie ) vietnam. Horeeee! Hari pertama udah nemu pho...tapi sayang perutnya udah padat banget, jadi kagak abis deh semangkuk gede begini. Cukup icip-icip dikit aja, yang penting udah tau rasa aslinya yah enakkk banget lahh!
Sehabis makan, kita harus berjalan ke tempat parkiran bis yang menjemput rombongan kita. Wahh udara di Hanoi ternyata dingin loh, sekitar 15 derajat celcius. Hanoi itu letaknya memang di utaranya Vietnam, udah perbatasan langsung dengan China, jadi udaranya juga ikutan negara-negara Asia sana, ada musim dinginnya. Kita langsung menuju ke hotel Santa Barbara. Waduhh, keren banget yaa namanya, seperti lagi di Amrik ajaaa...*ngimpi kali yeee. Yah hotelnya standard aja lah, karena kan cuma untuk transit semalem doang. Sarapannya pun dikit doang pilihannya, tapi teuteup ada si pho Vietnam juga disini. Mungkin itu menu wajib setiap hotel disini kali yaa?
Tujuan kita sebenernya adalah Halong Bay. Jadi paginya kita udah harus cek out dan pindah hotel di Halong City. Ini foto di depan hotel Santa Barbara Hanoi. Udah kayak film India, kagak boleh nemu tiang disini...hihihihi.
Ini beberapa foto yang sempet gua jepret dari atas bis :
 Disini motor, disana motor...
Kita juga lewatin sungai yang lebar sekali, kalo tidak salah namanya sungai Merah.
Perjalanan ke Halong City ditempuh sekitar 3 1/2 jam dengan bis. Hadeuhhh, lama juga yaaa. Keburu pantat rata nih.Tapi tenang aja, di tengah perjalanan kita bakal diajak ke sebuah tempat peristirahatan plus tempat shopping segala macem ada yang tempatnya itu gede banget. Yang tadinya udah ngantuk-ngantuk di bis, begitu dikasih turun dan liat segala macam barang oleh2, mendadak segerrr. Eh tapi disini kagak boleh foto-foto lohh...aneh juga yaa? Gua mah jepret-jepret aja tanpa dosa...hehehhee
Disini kita semua pada kalap belanja pia duren yang katanya oleh-oleh khas dari Vietnam. Cobain testernya sih emang enakkk. Durennya berasa banget. Gua aja ambil lagi..ambil lagi testernya. wkwkwkwk..kagak mau rugi. Tentunya ikutan borong juga. Untuk bungkus besar harganya 140.000 dong ( 1 dong = 0.69 rupiah). Beli 10 bungkus , free 3 bungkus. Jadi kita rame dahh cari temen buat bagi-bagi biar lebih murah. Yah tapi gak dibilang murah juga tuh kue, sekitar Rp. 75.000 per bungkus. Glekkk...dan gua ikutan kalap beli 6 bungkus. Mamaaaaa....ini baru hari pertama dan baru beli 1 macem barang doang. Apa kabarnya besok-besok yaaa? Secara gua kagak tukerin duit lagi karena gua yakin kagak belanja apa-apa disini. Wong gua googling kok kalo orang-orang kagak pernah cerita ada oleh-oleh yang enak dari Vietnam yaa? *googling nya kurang canggih sihhh! hahahaha. Yahh apa mau dikata, ikutin aja euforia belanja disini. Kapann lagiii? Kata guidenya sih : "mending beli sekarang, kalo nanti di HMC barangnya beda dan gak sama, nanti nyesel." Duhh...jadi galauu kannn?! Semua orang udah pada nenteng plastik gede-gede, masa gua kagakkk? Hadeuhhh, udah abis setengah juta aja buat pia duren doang. Penasaran kannn kayak apaaa? Kayak giniiiii iniii : satu bungkus besar itu dalemnya isi 4 dengan kemasan kuning merah kayak di gambar.
Dan akhirnya emang gua nyesel juga karena udah beli pia duren ini banyak2 di awal perjalanan, karena begitu balik ke HMC, kita ditawarin tour guidenya lebih murah lagi harganya yaitu 80.000 dong atau sekitar Rp. 48.500 per buah. Walopun memang kemasannya berbeda yaitu di dalam kaleng seperti di foto, tapi rasanya yahh sama aja enaknya. hahahha....*mau pingsan gakk sihh! Lumayan banyak tuh bedanya....
Nahh ini tips buat yang suka kalap kalo beli oleh-oleh, lebih baik beli dikit dulu di setiap tempat yang diajak tour guide, karena tour guide itu kan pasti dapet komisi dari toko yang dikunjungi, udah pasti harganya lebih mahal bisa dua kali lipet. Dan kalo bisa, sebelum pergi makanya cari info dulu biar tau dimana bisa beli oleh-oleh dengan harga yang gak diketok. Dasar gua aja yang dudul, perginya juga udah ogah-ogahan sihh, jadi males cari-cari info. Begitu liat orang shopping, asal ikut aja kagak mau kalah...hahahha, tapi belakangan nyesel karena dapet oleh-oleh harganya mahal-mahal. Hadeuhhh...*dasar emak2 pelit!

Selain pia duren, ada lagi yang juga enak. Kalo yang suka makan manis-manis, ada yang namanya green bean cake. Harganya 55.000 dong ( Rp. 38.000 ) per box isi 30 kotak kecil. Beli 10 gratis 3 juga, jatohnya Rp. 29.000 lah. Penampakannya kayak gini nihh :
Kalo yang di toples ini bukan kacang yaa, tapi biji bunga teratai. Duhh ini juga enak, tapi harganya bikin kejengkang mau pingsan. Setoples ini harganya 260.000 dong ( sekitar Rp. 180.000 ) ukuran 450 gram. Pokoknya jadi galau lahh disini mah, kagak beli tapi kepengen. Mau beli tapi itu harganya mahal banget. Jiahhh....akhirnya gua beli juga dehhh 2 toples. Ampunnnn....terakhir di HMC malah beli di pasar dapet 300.000 dong ( skitar Rp. 200.000 ) untuk sekilo...*mendadak pingsan dah. Gak jelas deh, kita yang napsu belanjanya gila, atau orang Vietnam yang jualannya gila-gila kasih harga. wkwkwkwk
Udah lah, jangan bahas oleh-oleh lagi. Kesell! Lain kali kalo udah beli, jangan tanya-tanya harga lagi di lain tempat, bikin sakit hati aja....*langsung nyanyi : sakitnya tuh disini...di dalam dompetku..hahahaha.
Lanjut ceritanya kita udah sampe di pelabuhan Halong City tempat kita naek kapal untuk muter2 di kepulauan Halong Bay.
Kapalnya modelnya mirip kayak gini semua, kecuali kapal yang ada hotelnya harusnya lebih gede. Tapi saat itu kagak keliatan yaa kapal yang buat hotel. Pada kemana yaaa?
Mau naek kapal kagak lupa foto dulu dongg...
Seperti inilah dalem kapalnya....
Dari jendela udah mulai keliatan pulau-pulaunya....

Tiket kapalnya 170.000 dong  ( Rp. 117.000 ) per orang, termasuk makanan. Jadi anggap aja kita sedang naek kapal cruise gitu dehh. Makanannya kayak begini nih :
Dan sesudah makan, kita tau-tau udah sampe ke gugusan pulau-pulau cantik di sekitar sini. Langsung deh pada naek ke geladak kapal. Nahh ini nih nama kapal kita...

Viewnya memang bagus. Cuman sayang awannya kelabu dan anginnya kencang sangat dingin menusuk tulang.
Mungkin kalo ada yang mau ke Halong Bay, jangan di bulan Januari kali yaa. Pilih waktu yang bisa dapetin foto-foto disini dengan awan biru.
Kalo kagak mahh, bakal kayak gua ini nihh....fotonya dengan awan kelabu semua. Sighhhh...( susah dehh orang narsis dilawan...wkwkwkwk ).
Disini kapal merapat ke dermaga di tengah laut. Terus kita bisa naek kapal bambu kecil, maksimal bisa 6 orang dewasa dan bayar sekitar 200.000 dong ( Rp. 138.000 ) per orang.
 Udah bayar disuruh dayung pula....( bohong ding, ini mah gua aja mau bergaya...hehehe). Liat deh itu si nona kecil yang dayungin kapal kita, kuat juga yaaa. Umurnya baru 17 tahun. Dan surprise...dia malah lebih gaya kalo difoto...hahahhaa.
Nahh ini ada petani nyasar di perahu...harusnya kan pergi ke sawah yaa...Eh tapi ada aja loh orang yang mau beli topi ini buat suvenir bawa ke Jakarta. ck ck ck....segitunya yaa? Bukannya kita di Indo juga pake topi beginian buat ke sawah?
 Nahh, kita tuh diajak masuk ke dalam gua-gua batu karang beginii....
  Sebenernya mirip-mirip kayak di Phiphi Island yaa....
 Cuman sayang aja ini lautnya abu-abu gitu. Kesannya butek dan kotor yaa.
Batu karangnya sih gak terlalu bagus gimana-gimana yaa...biasa aja. Cuman yah boleh coba lah sekali-sekali begini....

Setelah itu kita balik ke kapal dan melewati batu karang yang disebut sebagai Fighting Cock Rock. Mirip kagak sihh? Anggap aja mirip yaa...( batunya maksudnya ). Biar tour guidenya senang....hahahha

Terus kapal akan merapat ke satu pulau dimana terdapat gua dengan stalakmit dan stalaktitnya yang konon umurnya udah ratusan tahun. Namanya Dong Thien Cung.
 Untuk masuk kesini kita juga harus beli tiket.
 Kita harus melewati jembatan ini untuk menuju ke atas bukit
 Nahhh ini plang namanya gede banget kann....
 Dari sini kita bisa melihat ke arah laut. Cakeppp kannn....( viewnya lahh! )
Dari situ kita masih jalan menaiki beberapa anak tangga lagi baru lah sampai ke dalam gua yang isinya stalakmit dan stalaktit dengan lampu warna warni...
Menurut guide nya, disini kita harus menggunakan daya imajimasi kita untuk bisa menangkap bentuk batu-batu itu seperti apa.

Daya imajinasi gua kan kurang, jadi kalo ada yang bilang itu mirip gajah, itu mirip muka perempuan, itu mirip patung budha, gua mah iya in aja dahh. Padahal gua liatnya itu batu semua....wkwkwkwk

Nah kalo batu yang satu ini mah kagak usah pake daya imajinasi. Dibilang batu susu ibu, yah emang mirip sihh yaaa...hahahahha

Kalo lubang yang diatas sana dibilangnya adalah pintu nirwana...pintu surga. Nahh, ada yang mau manjat gak?
  Setelah keluar dari gua, kita bakal nemuin view ke arah laut lagi. Berjejer deh batu-batu karang...dan dikejauhan itu terlihat kota Hongkong. ..( kata guidenya lohh...).Mata gua mah udah suntur, kagak keliatan.
 Disini total anak tangganya ada 137 biji....jadi yahh masih sedikitlah dibandingin yang waktu itu gua ke Tiger Cave sekitar 1200 anak tangga...mana curam pula. Kalo yang ini mahh gampilll!
 Dari tadi kagak nemu tulisan Halong, kebetulan disini ada nih....hehehhe
 Kebayang kan kalo udaranya cerah, langitnya biru...foto2 gua bakal kayak yang di papan itu pasti! hahaha
 Yahh akhirnya selesai juga muterin pulau ini....hayoo balik ke kapal. ( salah bendera...ini bukan bendera tour guide nya...gua mah udah ditinggalin karena kelamaan foto2nya...hahahha).
Pas perjalanan balik ke pelabuhan, di dalem kapal udah digelar tuh dagangan yang punya kapal. Beraneka ragam souvenir. Gua sih kurang tertarik, tapi heran nih cewe-cewe rombongan kita mah kagak ada matinya. Belanja terussss! hahaahha, abis diborong deh tuhh....
Setelah dari pelabuhan, kita masih ada waktu untuk mampir ke sebuah toko khusus yang produknya terbuat dari bambu.
 Disini kita akan dibawa masuk ke sebuah ruangan presentasi dan pembawa acaranya akan mendemo kan produk-produknya, semua terbuat dari bahan bambu. Ada kain pengering rambut setelah keramas, ada lap tangan, handuk, CD, sabuk pelangsing, alat pemijit, odol, sabun, dlsb. Nahh, banyak juga yang pada beli tuh produknya, tapi entahlah khasiatnya terbukti atau kagak, belom dicek lagi kebenarannya. hahaha. Soalnya barang-barang itu gua pernah liat di shopping online sebuah TV, dan rasanya kagak ada khasiatnya. Jadi agak ragu juga mau beli, soalnya harganya kagak murah loh.
Malahan disini kita borong green bean cake yang harganya 50% lebih murah dibanding toko souvenir yang pertama kali kita belanja. Untung lah dapet yang jauh lebih murah, jadi sakit atinya berkurang sedikit. hahahaa
Sesudah shopping, barulah kita makan malam di satu restoran seafood. Menunya kayak gini :( udang lagi...udang lagi, agak males makannya harus buangin kulitnya...hehehehe ).
Sesudah makan malam, barulah kita cek in di hotel New Star Halong. Yah hotelnya lumayan bagus lah dibandingkan dengan yang di Hanoi kemaren.
Dan temen gua ada yang hoki dapet kamar yang ukurannya gede banget, plus kamar mandinya pake bath tub segala. Kerennn dahh! Sayang disini cuma semalam, biarpun kamarnya gede begini, nikmatinnya cuma sebentar doang...hahahhaa

Di lobby hotelnya masih terpajang pohon Natal. Males beresinnya kali yaaa? Samaaa donggg, di rumah gua juga masih belom diberesin tuhh....hahahha
Abis cek in dan taro koper, malu sama ranjang dong kalo langsung tidur. Jadi kita masih berkeliaran di sekitar hotel. Masih banyak toko-toko yang buka dan sepertinya itu barang-barang melambai-lambai minta dibawa pulang alias dibeli. hahaha. Udah deh, pada kanclep disini.
Betah banget pilih-pilih barang, mulai dari kopi ( katanya kopi Vietnam enak banget...tapi begitu gua cobain rasanya kagak enak sama sekali ahhh ..*beda selera ), snack yang tadi di jalan kita beli dengan harga mahal, disini jauh lebih murah dan bisa ditawar. Disini orang2nya kebanyakan malah ngomong Mandarin lohhh. Jadi serasa di China...hahaha. Kagak heran sih, soalnya ini kan udah perbatasan China ya. Terus, buah-buahannya juga seger-seger. Mau beli duren tapi harganya sama aja mahal, sekitar 110.000 dong ( Rp. 75.000 ) per kilo. Mending beli di Jakarta ajeee kalo gitu mah....*jadi emosi...hahahha
Terus kata tour guide lokal kita, di sini tuh kebiasaan orang2nya adalah duduk ngumpul sambil minum-minum dan makan. Jadi tambah malem yah tambah rame yang nongkrong. Tapi anehnya di jalan-jalan tidak terlihat orang berkeliaran loh. Sunyi sepi gitu, ternyata mereka pada nongkrong di kedai-kedai begini. Bener-bener kota yang aneh. Padahal kalo dibilang kota wisata, harusnya kayak di Bali gitu yaa? Semua wisatawan tumplek plek di jalan-jalan pada shopping atau makan. Tapi disini mah sepi-sepi aja jalanannya...
Udah puas muter-muter kota Halong City, kita pun langsung balik ke hotel dan harus siap packing lagi karena besok pagi udah harus balik lagi ke Hanoi dan sorenya udah  naek pesawat ke HMC. Busettt dehhh, trip kali ini bener-bener kerjaannya sibuk packing dan sibuk cek in di airport doang. hahahha...Peserta tournya jadi keder lieur-lieur lahh...

Oh iyah, gua sekalian mau update info terakhir dari "kasus" di ask.fm sekitar 2 minggu lalu, yang waktu itu ada seseorang dengan akun @stvnrhj  memposting foto keluarga gua dan ngaku2 kita itu orangtua + adik-adiknya yang ikutan naek pesawat Air Asia QZ8501 yang hilang ( jatuh di laut ). Dan setelah gua posting di IG serta FB, lumayan banyak juga yang respon tuh.
Dan akhirnya, akunnya yang di ask.fm itu katanya sih udah hilang. Nahh lohh? Bingung kan itu orang mau apa sebenernya. Tapi gak pusingin lagi deh ya... gua mau ucapin terima kasih buat perhatian pembaca semua, mungkin berkat yang komentar2 itu, si @stvnrhj itu diblock setelah diaduin ke pihak ask.fm nya dan jadi ilang aja tuh postingannya tentang kita. Syukur deh....gua anggap udah selesai masalah itu.

Jadi begitulah cerita part 1 dari Vietnam trip....nanti lanjut lagii yaaa...( inget-inget dulu apa lagi yang mau diceritain...maklum lah soalnya memori udah lemot...hehehe ).

( BERSAMBUNG )

55 comments:

  1. kalo ga ikut tur lebih seru lagi cici dan gw yakin akan lbh murah krn makan di vietnam itu murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, kayaknya harus balik lagi pergi sendiri ya yul...biar puas maksimal. hehehe

      Delete
    2. Duh ada lagi yg mo berangkat gak neh? Bikin grup gw mau gabung ke vietnam kamboja bangkok.

      Delete
  2. seru juga ya yan...
    itu biayanya segitu udah termasuk tiket masuk ke tempat2 wisata dan makanannya? murah banget ya yan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Man, ternyata seru juga..gua udah underestimate aja. Biaya udah termasuk semua, kecuali yang naek perahu bambu itu bayar lagi sendiri. Terhitung murah Man

      Delete
  3. oo jalan2 kantor toh yan.
    kirain jalan2 sama papi dan anak2 lagi hehe
    sampe bingung gw kok anak2 lu emangnya masih liburan sekolah.
    asik bgt outing kantor ke luar negeri yan..mauuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lym, jalan2 sama orang kantor. Tapi emang anak2 masih libur juga sih...

      Delete
  4. seruu bgt ci...keren ya halong bay nyaa...jadi kepengen ke vietnam juga..
    katanya disana mata uangnya lbh murah dari indonesia ya ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo rib ke Vietnam bagus juga lah....murah pula. Bener...rupiah lebih kuat dibanding dong. Malahan gua belanja pake rupiah disana, gak usah ribet tukerin duit.hehehe

      Delete
  5. Selama ini gw kira vietnam itu panas ... gak taunya sejuk sejuk dingin juga yaa...??? Yance..... jaket putihnya bagussss.... suka gw ^_^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di Hanoi nya aja ngel yang dingin, karena sebelah utara udah deket China. Kalo Ho Chi Minh nya mah panasss....

      Delete
  6. Hiii cii salam kenal yaa..
    Seru baca cerita jalan2 ke vietnamnya, karena banyak fotonya jadi bisa ikutan nikmatin...
    klo di hanoi tempat wisatanya apa aja ci?

    btw itu foto cc yang di hack aku udah pernah liat di tv ci waktu itu beritanya foto keluarga yang hilang saat kecelakaan airasia...parah banget ya itu orang yang hack..ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal juga lia...di Hanoi ada beberapa tempat wisata, nanti di postingan selanjutnya yaa. Astaga masa sih sampe masuk tipi yaa? Saya gak liat siarannya sih yaa. Makasih infornya

      Delete
  7. Mamie .. Kalo beli pie durian itu di supermarket besar aja, harganya lebih murah. Tapi setauku pie durian itu ga tahan lama lho .. Kalo kopinya yang ice coffee, yang pake creamer. Trus jangan lupa coba Banh Mi, itu roti baguette diberi berbagai macam irisan daging. Enak dan murah tapi lumayan mengenyangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahhh bilangnya pas udah pulang do...hahaha, harus balik lagi deh kalo mau cobain yaa

      Delete
  8. Ci.. Ada lowongan ga di kantor medan ci? Wkwkwkwkwkww mau banget donk tiap taon jalan2 ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Itu toko souvenir pertama sih jebakan betmen banget..

    Untunglah ya udah di apus tuh ask.fm nya lagian ya ampun banget sih pake foto keluarga org lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, langsung ngelamar ke kantor aku ya me kalo ada. Iyah tuhh jebakan betmen banget, dibeli salah, kagak dibeli salah juga. Bikin galau aja.

      Delete
    2. ikutan ngelamar juga ah.. hihihi... asik banget jalan2 melulu :D

      Delete
    3. Wah wah...udah ada 2 orang yang berminat join nih. Hahaha...percayalah, ini cuma sindrom rumput tetangga lebih hijau ajaa....

      Delete
  9. Waaa penasaran sneknya Vietnam... dulu aku ke sana 1 dong kurang dari 0,5 rupiah, jadi nuker 1 juta jadi 2 juta lebih @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh kebayang deh na, dulu-dulu lebih murahhh lagi yaa....

      Delete
  10. hai ci, di bali juga ada pia duren yang enaaak kok, namanya pia Tata. kulitnya crispy gitu, macem pastries.
    biasanya keluarga pd minta dibawain ini, secara kalo pia legong ama barong mah udh biasa , jd nanti kalo ke bali bole coba nih pia *OOT * hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha terima kasih info pia nya....emang harus dicobain di setiap tempat yang kita kunjungin, minimal oleh-oleh yang hits nya. Jadi pengen ke Bali dehhh

      Delete
  11. ci seru bangetttttttt, iya nih katanya jalan2 ke vietnam tuh termasuk murah ya soalnya mata uangnya jauh dr indo. aaah jadi pengen ke vietnam, ditunggu lanjutan ya ci suka liat foto jalan2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bener re, rupiah lebih kuat disana, bahkan mereka nerima rupiah loh disana ( udah kayak USD di indo aja )

      Delete
  12. Hahahhaha vietnam lg booming ya ci, wkt ak kerja di tour hampir jarang nangani tour ke vietnam pribadi or group plng banyak eropa ma dubai....klo yg suka alam keknya cocok kesini deh ya ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhh ksnn orang pada males kalo mau jalan-jalan ke Vietnam. Tapi sekarang udah rame juga ya mir...keangkat ada Halaong Bay itu

      Delete
  13. aku juga mikir vietnam kayak desa gitu, ternyata airportnya aja bagus gitu ya... soeta kalah nih hahahaha...

    view yang di kapal mirip di cina ya hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mel, gua juga mikir awalnya gitu...pasti ke kampung2 bekas perang, taunya lebih kota dari Jakarta lohh...hahaha

      Delete
  14. ci..waktu temenku taun kemaren ke vietnam juga bawa pia duren itu. hahhaa..
    temenku beli 25rb ato 30rb gitu isi 4 ato 6. hahhaha.. *jangan makin kesel ya :p*

    btw, aku baru tau soal hoax airasia itu. tega banget ya tuh orang..tapi untung uda diapus ya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mei bener isi 4...hahaha malah lebih murah lagi yaa...*udah ga kesel, pianya udah di perut. Hahaha. Iya udah ga ada lagi akun itu orang

      Delete
  15. Banyak cemilan yah ternyata Vietnam :D Temen ku dulu dijambret disana, kamera nya ilang..fufuf.. Untung wktu kesana ok yah ci semua. :D Senangnya awal tahun lgsg jalan2. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya py..ternyata banyak makanan enak juga disana. Tour guide slalu ingetin tentang jambret dan copet, jadi barang2 kita selalu jagain..harus waspada

      Delete
  16. Penasaran nih sama lanjutan ceritanya. Soalnya Vietnam yang nge-hits kan Halong Bay-nya itu aja kayaknya ya? Hehehehe :D

    Tapi makanannya kayaknya oke-oke yaa!!

    Btw, kurang ajar ya yang posting hoax itu. (1) Nggak simpatik banget padahal lagi bencana (2) Nyuri foto-foto orang lain lagi...

    Btw kalo naik Vietnam Airlines kalau ada Garuda MIles mungkin sebenarnya bisa dapat poin frequent flyer-nya juga loh. Soalnya Vietnam Airlines sama Garuda kan sama-sama anggota dari SkyTeam, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iyah nih cerita slanjutnya tunggu aja dah yaa...*sok bikin penasaran. Makanan oke lah, teuteup harus pake saus sambel.sachet sihh...iyah nihh aku lagi mau klaim missing poin GFF ke vietnam airlines, karena awalnya ga tau...thanks infonya ko

      Delete
  17. wah halong bay bagus juga ya.. emg bener tuh klo beli oleh2 biasa pertama2 suka dimahal2in, hari trakhir nemu aja yg lbi murah2 hehehe

    astagaa freak banged itu yang nyolong foto keluarga lu, ckckck bisa-bisanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus juga teph...beli oleh2 nya kalap sih..ga cek cek dulu.hahahaha. Iya yg nyolong foto itu kurang kerjaan dah

      Delete
  18. asiknya jalan2 dibayarin kantor ci..rutin pula tiap tahun..hehehe.
    tahun depan rencananya jalan2 kemana lg ci? :D

    ternyata vietnam lumayan bagus jg ya..
    yg bikin emosi emang beli oleh2 nya. gimana ga kalap beli kl liat org2 jg pada ngeborong. tau2 nya kena harga mahal. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gua mah asik2 aja dibayarin Chyn...taon depan blm tau nih, ngarepnya sih Europe..wkwkwk

      Delete
  19. Kalo di luar oleh-oleh murah-murah nggak di sana ci? Kayak makanan gitu? Soalnya kan kalo liat currency lebih rendah daripada Rupiah. Asyik juga tuh kalo jalan-jalan ke tempat yang jadi membuat kita berasa punya banyak duit hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan murah-murah ngel....sendal dan kaos juga terhitung murah lah soalnya diajak ke pasar yang kita bisa tawar2. Agak terkaget2 juga sih begitu dibilang satu barang harganya 1 juta dong buru2 cari kalkulator dehh ( nyatanya kan gak sampe 700 rb )...

      Delete
  20. Replies
    1. Lumayan deh bang...daripada gak jalan kemana2

      Delete
  21. seru yah ci.. awal tahun udah jalan2. hihihihi.. :D

    semoga kapan2 bisa ke vietnam. hihihi.. lanjut cii part 2nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe lumayan lah pi seru juga. Sabar yaa...part 2 nya melempem nihh musim ujan soalnya malesss pengennya selimutan aja...hahahha

      Delete
  22. Selalu suka postingnnya mami

    Much food
    Much adventure
    Much story
    Much fun!

    Pengen deh suatu hari bisa nyeritain perjalanan ke manaaa gitu (belum pernah keluar provinsi. atau keluar pulau. apalagi keluar negeri. hiks :'(

    beliin oleh-oleh dong mamiiiie
    trus bikin giveaway deh
    hehe :) #Maunya


    P.S.
    bener-bener deh itu yang di ask.fm
    di Pathjuga kemaren ini juga ada yg bikin heboh tuh
    ckck

    ReplyDelete
  23. Wahh Aul jadi ngiler yaa liatnya. Iyahh nihh nanti mau bikin giveaway ahh...tapi blom sempet.

    ReplyDelete
  24. katanya orang vietnam jutek2 ci, bener ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampangnya emang jutek des...tapi gua mah nemunya yang ramah2 aja tuh...biarpun nawar brg dagangannya separo kagak pake dimaki2 model di beijing...hahaha

      Delete
  25. Bagus juga percutian kamu... Salam dari Malaysia, saya sedang survey Vietnam untuk percutian akan datang, terima kasih atas info kamu.

    ReplyDelete
  26. Mbk itu biaya usd 575 udah bersih? Maksudnya sekalian sama tiket perahu kayu itu? Masuk objek wisatanya?

    ReplyDelete
  27. Thanks ya untuk sharing nya. Bagus, menarik, Lucu sekali. Saya lagi di airport, mau ke Ho Chi Minh City, Hanoi. Backpacking sendiri an. Udah nyari nyari teman untuk ke Vietnam, gak ketemu. Ada yang gak tertarik, ada yang habis cuti nya, ada yang udah pernah, bla bla bla. Jadi saya pergi sendiri aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu juga udah mampir kesini...hebat benerr pergi sendrian...

      Delete