Saturday, September 24, 2016

CANTENGAN ( WHITLOW )


Buat yang udah baca kisah pendakian gunung Rinjani, pasti udah tau nih bahwa setelah pulang dari sana, gua bawa "oleh-oleh" yang gak bakal bisa dilupakan seumur hidup, yaitu kuku jempol kaki gua jadi cantengan ( buat yang belom baca, klik disini ya : Mendaki Gunung Rinjani ).
Penyebabnya padahal sepele banget, cuma gara-gara sepatu gua yang memang waktu belinya satu nomor lebih kecil gegara gua suka warnanya ungu, terus gak ada nomor sepatu yang biasa gua pake. Anaknya gitu sih...kekeuh maksa mau warna ungu, walaupun dipakenya ngepas banget di kaki. Yah kalau cuma untuk jalan atau lari di medan yang rata sih gak masalah. Begitu dipake untuk naek turun gunung, itu jadi masalah besar dahh. Demmmm! Beginilah penampakan jempol kaki yang cantengan itu :

Abaikan jari2nya yang kayak pisang mas dan jelek kering kering gitu ya. Fokus sama jempolnya aja! hihihi. Terus, rasanya gimana? Wuihhhh.....minggu-minggu pertama jempolnya bengkak dan bawaannya senggol bacok. hahaha lebayy ya. Yahh eyah lah, kesenggol dikit aja mah bisa bacok yang nyenggol nih. Abisnya sakit bener bo! Terus tanya2 dan googling juga kalau cantengan tuh diobatin apa sih. Well...ini sih masing-masing punya versi sendiri-sendiri ya...tergantung kepercayaan masing-masing. *jadi pusing pala berbie. hehehe. Secara ilmu kedokteran..( caelahh ), pertama bisa dikasih rivanol ( untuk menyerap nanah bila ada infeksi ). Gua ikutin dong. Terus orang apotiknya juga bilang ada salep yang bisa bantu buat sembuhin luka semacam cantengan, gua beli juga. Ada lagi temen gua yang bilang katanya ada salep yang bagus buat cantengan, langsung gua beli juga dan langsung dipakein *anaknya penurut. Kan biar cepet sembuh ya, apapun dicoba lah. Halah! Malahan kalau secara pengobatan tradisional sih katanya bisa sembuh kalau dikompres pake bawang merah dan jahe. Ini sih gak gua coba ah....males aja bau2an bawang dan jahe gitu, emangnya jari eikeh ikan apa dipakein jahe...tinggal di tim aja tuh yaa! wkwkwk.

 Terus lagi, orang bilang didiemin aja sampe kukunya nanti copot sendiri. Yahh sebagai anak penurut, gua juga ikutin aja, toh semakin hari sakit nyut-nyutan nya udah semakin berkurang ( gak tau juga jadinya obat apa yang menyembuhkan...rivanol? atau salepnya? halahh! ). Kadang malah gak berasa sakit sama sekali, kadang masih ada sedikit senut-senut kalau udah kebanyakan berdiri dan jalan. Yahh gak terlalu mengganggu juga sih, jadi gua abaikan dulu deh sampe sekitar sebulan setengah. Malahan sempet gua kasih kutek karena mau kondangan. Kan malu yaa kukunya jelek banget item begitu. Yahh tentunya gak gua kasih kutek warna hitam sih, tapi warna pink...hehehe. Udah dong, ditunggu-tunggu kok kagak copot2 juga nih kuku. Jadi gua pergi aja ke dokter di klinik 24 jam deket rumah yang nerima BPJS buat periksa nih kuku apa bisa dicopotin aja biar cepet sembuhnya. Eh dokternya bilang di klinik situ gak bisa kasih tindakan, karena harus pake bius segala macem, dan dirujuk lah gua ke rumah sakit dengan rujukannya ke dokter bedah. Eh busett, gak maen2 yaa? Dokter bedah bo! *mulai takut.

Yahh berhubung gua kan kuli ya, tugas kenegaraannya lagi banyak, lagi wara wiri sono sini, jadilah gua abaikan dulu untuk sementara. Ke rumah sakitnya entar2 aja lah, liat sikon. Terus kukunya kan tambah panjang tuh, jadi gua guntingin ujungnya. Ehhh, setelah digunting, kok malah balik senut2 lagi dan bengkak pula. Hadeuhhh....*cari penyakit. Karena takut infeksi, gua balik lagi ke dokter di klinik 24 jam itu tapi dengan dokter yang berbeda, berharap dokter yang berbeda mau dibujuk buat copotin kuku gua. Ahh lagi-lagi jawabannya sama dengan yang sebelumnya, dokternya bilang gak bisa dikerjain di klinik situ, dirujuk ke puskesmas aja katanya. Lagian kalau lagi bengkak gitu jangan diapa2in dulu, tunggu udah gak sakit baru deh dicabut. Malahan dikasih antibiotik dan vitamin. Oke lah...tunggu lagi sampe tuh jempol gak sakit.

Karena udah punya surat rujukan ke dokter bedah di rumah sakit pake BPJS, jadi seminggu kemudian gua coba dulu aja ke rumah sakit deket kantor gua yang terkenal itu lohh. hahaha...*sok gak mau nyebutin nama. Rumah sakit tempat gua melahirkan si Alvin dan Miko. Caelahhh ...*siapa nanya buuuu? Kagak ada, pengumuman aja. Yaoloh, sampe di RS itu yang antri jalur BPJS udah kayak antrian Dufan. *kagak lebay, faktanya gitu. Duhhhh...malesin banget gak sih! Akhirnya gua tanya2 dulu deh sama orang2 disitu, gimana mekanisme pendaftaran dan syarat2nya. Gua males antri, pikir nanti balik lagi aja. Syaratnya gampang aja kok, cuma fotocopy KTP, fotocopy kartu BPJS, fotocopy Kartu Keluarga ( KK ) dan foto copy surat rujukan dari klinik ( fasilitas kesehatan ) yg kita daftarin BPJS.

Jadi ceritanya gua udah pergi dulu ke luar kota segala, baru balik lagi ke RS buat daftar ke dokter bedah lewat jalur BPJS lagi. Teuteup masih antri, sekitar 1 jam deh baru dipanggil nomor antrian gua. Disini kita daftar buat rawat jalan ke dokter sesuai rujukan di suratnya. Untung dokter bedahnya pas praktek besoknya, jadi langsung balik lagi besoknya. Sementara yang tadi bareng2 antri sama gua, rata2 disuruh balik lagi beberapa hari kemudian bahkan seminggu kemudian tergantung ketersediaan jadwal dokternya. Ihh buset! Gak heran sih...rata2 mereka mau berobat ke dokter jantung dan internist yang jadwalnya padat aujubilah. *ampunn! *jadi kalau sakitnya udah parah langsung UGD aja lah, jangan ikut2an antri disini ya, keburu pingsan kakak! hahaha

Besoknya gua disuruh balik jam 10 pagi, daftar lagi di pos BPJS nya, ambil lagi nomor antriannya dan tunggu lagi sampe dikasih slip dokter, baru bisa ke poli bedah di lantai 2. Cari suster di poli nya dan kasihin aja tuh surat2nya, dan disuruh tunggu, bakal dipanggil sesuai nomor antriannya. Masalahnya, dokternya datengnya bisa jam 11 an, atau jam 12 an gitu, gak tentu kata susternya. Hadeuh....kesabaran tingkat tinggi dibutuhkan disini yaa. Oke lah, gak masalah nunggu sejam dua jam, yang penting kuku gua ditanganin dengan baik. Akhirnya dokternya dateng jam 11.30 an dan begitu giliran gua masuk, ditanya sakitnya apa. Gua jelasin dong kuku jempol gua cantengan dan bisa dicopotin gak kukunya karena diklinik faskes pilihan gua gak bisa dikerjain, malah dirujuk ke RS ke dokter bedah. Dan jawaban dokternya juga bikin gua kecewa berat...beng beng! Katanya untuk kasus kuku cantengan gitu, kagak ditanggung BPJS. Kalau mau teteup dikerjain sama dokter bedah, yah harus bayar sendiri. Atau dia bilang mending ke puskesmas aja kalau cuma mau cabut kuku doang mah. Oh gituu....baiklah!

Hmmm...emang berapa duit sihhh biayanya? Gua kan udah kesel yaa dilempar sana dilempar sini, mana penyakitnya kagak keren cuma cantengan doang aja harus antri2 BPJS ratusan orang. Sedihh amat rasanya ya. *lebayyy jadinya. Gua bilang, kalau gak seberapa duit, gua bayar aja lah....*sombong! Dokternya bilang, nanti bisa ditanyain ke suster atau ke tempat pendaftaran. Terus dia kasih surat apalah gua kagak ngerti juga, pokoknya intinya gua ditolak BPJS nya di RS ini buat urusan kuku cantengan. Disitu kadang saya merasa sedih.....halah! Lebih sedih lagi waktu nanya ke tempat pendaftaran, berapa sih biaya operasi kecil buat kuku cantengan ini? Mau tau jawabannya? Untuk biaya operasinya aja sekitar Rp. 1,4 juta. Jasa dokternya sekitar Rp. 250 rb. Belum lagi obat2an dan perlengkapan RS yang terpakai selama operasi. Whattt?! Langsung mundur teratur dah! *kibarin bendera putih sambil ngomel ke kuku gua : "heh Kuku cantengan kurang ajar, mahal banget sihhh lo! hahahaha *langsung emosi jiwa. Sambil mikir, siapa aja yang bisa copotin kuku gua tanpa rasa sakit, gua cium dah! hahaha *lagi stress! jangan ditanggapin.

Gua balik lagi ke pos BPJS sambil misah misuh sama mbak nya :"kaki saya gak diapa2in nih mbak, gak ditanggung BPJS. Tau gitu dari awal aja, jadi gak usah cape2 antri." Mbak nya cuma senyum doang. Bye! Fyi : Di loket sini bertebaran poster bahwa dilarang mengintimidasi petugas BPJS dan bertindak kasar/kekerasan kepada seluruh petugas RS. Mungkin dulu2 udah pernah ada yang tebalikin bangku kali yaa saking keselnya karena pelayanan tidak memuaskan. *nebak doang. Abisnya, kalau memang lagi sakit berat, sakit kepala, terus pelayanan tidak sesuai, kan bisa bikin emosi jiwa yaa. hahahha. Entahh lah, saya mah pulang aja, gak pake tebalikin bangku kok, saya mah gak emosi jiwa. cuma KZL!

Yahh akhirnya, berhubung udah 2 orang yang bilang kalau urusan cabut kuku mending ke puskesmas aja, gua mampir lah ke puskesmas terdekat. Hayooo, jaman sekarang pada tau gak puskesmas kalian dimana? Hari gini berobat ke puskesmas? Tau aja kagak lokasinya yaa? Gua pun tau ada puskesmas disini karena setiap hari lewatin jalan ini dan liat tulisannya gede-gede : Puskesmas. 
Selama ini kan bayangan gua tentang puskesmas tuh gimana yaaa, sebuah bangunan jadul yang biasa nyempil deket2 kantor kelurahan gitu deh. Nahh beda sama puskesmas yang satu ini. Liat aja bangunannya modern udah mirip rumah sakit ini sih..3 lantai bo! ( gambar diambil dari www.medialowongankerja.com ).

Dalemnya pun udah mirip lah kayak di rumah sakit...ada loket pelayanan pendaftarannya.

 Di tembok nya sih ditulis gede2 : Free Wifi....( tapi gua cari gak dapet sinyal nya? aneh...)
Nahh, kalau mau berobat disini, harus ambil nomor antrian dulu. Pilihannya ada poli umum, poli anak, poli lainnya lupa euy, tapi lumayan lengkap lah buat sebuah puskesmas loh yaa. Berhubung gua berobatnya hari Sabtu, maka pilihannya cuma ada poli 24 jam.
Gua pikir hari Sabtu mah sepi yang berobat, taunya rame juga loh. Dan disini juga gua gak bisa pake BPJS gua karena katanya harusnya gua ke faskes utama ( yg klinik 24 jam deket rumah gua itu ). Yah udah lah, pas tanya2 biayanya juga gak seberapa, gua daftar jalur umum aja, gak usah BPJS gak apa2, yang penting cantengan gua tuntas ini. Cape saya dilempar sana dilempar sini.
 Ini lorong dari arah poli umumnya di lantai dasar.
 Keren yaa, di lorongnya ini dikasih penghijauan berupa pot2 yang ditata di rak susun...
 Wew...pasiennya membludak, gua sendiri tadi siang daftar udah dapet nomor 199. Karena rumah gua deket, gua pulang dulu aja karena males antri. Gua balik lagi sore2 menjelang maghrib, kan pikir bakal sepi. Eh taunya masih rame juga dan malah nomornya udah 280 an gitu. Kelewat dong nomor gua? Yahh eyah lah,,,,dari siang kalii, udah silih berganti pasiennya. Gua tinggal lapor aja sama suster nya bahwa gua nomor 199 udah dateng, dan dia bilang nanti teuteup dipanggil kok. Tenang aja.
 Eh lama2 mah sepi....tempat tunggu nya lumayan nyaman sihh , ada AC dan gua suka banget tuh sama wallpapernya yang bunga-bunga gitu. Cakepp yaa....
Nahh di poli umum ini sebenernya gua cuma ditanya doang kenapa, terus dirujuk langsung tindakannya di UGD. Oh iya, dokter2nya masih muda-muda ya di puskesmas ini, terus mereka juga udah pake gadget loh, gak pake tulis-tulis lagi. Canggih juga ya? *gua nya gak update. Tapi ini di puskesmas loh! Iyahhh, puskesmas jaman sekarang tuh begini. Hebat yaa?
Dan akhirnya gua udah di UGD aja, udah disuruh naek ke ranjang nya nih. Foto dulu dahh...hihihi, padahal ini lagi deg-deg an setengah mati...entah mau diapain nih kuku gua.
 Ruang UGD nya ada beberapa tempat tidur, jadi bisa nampung beberapa pasien sekaligus. Pas gua kesini, pas lagi kosong, jadi seandainya nanti gua disuntik dan dicabut kukunya, bisa teriak sekeras-kerasnya deh tanpa takut yang di sebelah sakit jantung misalnya....wkwkwkwk *orang stress!
Iyahh ini dokter dan asistennya, enak aja tarik2 kuku gua tanpa dibius dulu. Mereka coba-coba copotin karena katanya udah mangap kukunya...gemes kali yaa, udah tinggal tarik doang. Tapi gua nya terus teriak : sakit dokk! Hiyahhh!
Dan akhirnya mereka putusin disuntik bius dulu aja deh. Gua udah tutup muka ajalah sambil teriak kesakitan. Dokternya pegangin kaki gua seakan-akan gua mau kabur aja..kenceng megangnya, sambil pesen2 :"jangan ditarik ya bu kakinya...jangan bergerak...nanti jarum suntiknya kenapa2" Stress gakk coba...hahaha..*untung aja gua kagak nendang...
 Iyahhh sakit lahhh! disuntik gituuu! Ngiluuuuu bo! Tuh keliatan kann kukunya udah mangap!
 Udah disuntik, kukunya cuma tinggal diangkat doang, copot dehh...Bye bye kuku item jelek!
Horeeee....kuku jelek item nya udah copot. Untunglah, kuku barunya udah mulai numbuh, dan tidak ada bekas2 luka atau infeksinya. Thanks God! Yang berdarah malah yang bekas suntikan itu.
Terbangun dari mimpi buruk....eh terbangun dari rasa sakit....udah lega dehhh, gak separah yang gua bayangin kukunya.
 Tinggal dikasih betadine dan dibungkus perban. Setelah itu gak boleh kena air untuk beberapa waktu.
 Nahhh beginilah jadinya.....dibungkus super rapet .
 Setelah itu dikasih juga obat2an minumnya, ada antibiotik dan vitamin juga.
Dan berapa biayanya sodara2? Cuma Rp. 25.000 ajaaaaa! Yaolohhhh....murah meriah bisa rebah! Sampe gak percaya....Tau gitu, dari awal aja yaa gua berobat kesini. Capee dehhh! sampe gaya ke rumah sakit segala, ketemu dokter bedah segala. Hadeuhhh!
Awalnya setelah obat biusnya hilang, masih berasa nyut2 an ngilu gitu. Tapi yang penting kan kuku nya udah gak kenapa2. Cuma mandi aja agak repot, harus dimasukin kantong plastik dulu kakinya. hahaha. Udah gitu, kebayang kann mandi dengan kaki sebelah? Capee juga ya. hahaha. Berat sebelah bo! Gua jadi tau perasaan burung bango gimana...halahhh!
Ini setelah 3 hari gua balik kontrol lagi. Berhubung bed nya penuh semua lagi rame pasiennya di UGD, jadi gua dilayanin  di bangku aja. Gak masalah, cuma ganti perban doang aja. Bayar cukup Rp. 15.000.
Nahh begini deh kondisi si kuku saat kontrol pertama. Udah lumayan mulus keliatannya. Dokternya sih bilang masih ditutup perban dulu aja sampe 3 hari ke depan balik lagi buat kontrol terakhir. Abaikan kuku2 kering, yang penting kuku jempol udah kagak item jelek lagi. Thanks God!
Nahhh begitulah ceritanya,  kuku cantengan itu sekitar 2 bulanan lah baru bisa dicopot paksa dari jempol gua. Dan siapa tau ada orang2 diluar sana yang lagi menderita cantengan, mudah2an postingan gua ini bermanfaat deh. Dan gua mau acungin jempol buat pelayanan di puskesmas ini. Sungguh memuaskan dan harganya terjangkau, penyakit hilang hati pun senang. hahaha. Take care ....keep healthy gaes....see you in next posts. Babayyy...Ciaobella!
Pertanyaan berikutnya : Apakah cantengan bisa kambuh kembali? Silakan baca disini : APAKAH CANTENGAN BISA KAMBUH LAGI?

123 comments:

  1. Aaaaaaakh cantengan :' ngilu mbak liatnya. Ngiluuuuu :' kebayang deh sakitnya :'

    ReplyDelete
  2. gw kalo berobat selalu ke Puskesmas dulu kok Ci. Puskesmas sekarang udah kece-kece. Pernah tambel gigi cuma 5o rebo. Kalo ke dokter gigi udah berapa ratus ribu tuuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rie, puskesmas sekarang udah bagus2 ya rie...murah meriah, asal penyakitnya jgn yg berat2 aja

      Delete
    2. Kak itu pukesmas di dimana

      Delete
    3. Di kebun jeruk jakarta barat, dekat jl. Lapangan bola. cari pake google maps deh, mudah2an ketemu

      Delete
  3. Lah kl ternyata gak dicover BPJS knp dr awal malah dikasih surat rujukan ke RS ya? Tp yg terpenting skrg uda sembuh ya ci dan ikut seneng jg kl skrg pelayanan kesehatan makin bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh surat rujukan mah basi aja...yg penting skrg dah sembuh lah...

      Delete
  4. Iya ci... Skg puskesmas dah bagus2. Tp dg catatan hrs yg puskesmas pusat. Klo puskesmas pembantu msh minim fasilitasnya n pengobatannya.. Selamat ya ci kuku cantengannya sdh diangkat.. Tp sbnrnya klo dak dibantu angkat jg lama2 lepas sndiri tp butuh berbulan2 lg ci. Hehe o iya happy belated anniversary ya. Selalu mesra n langgeng trs dg papoy ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah bagus2 puskesmasnya..di Jakarta sih yang keliatannya begitu, gak tau di daerah mah gimana. Tengkyu yaa ucapaan anniversarynya..

      Delete
  5. Selamat yaaa kukunya lahir baruuu.. semoga abis ini bodi lahir baru juga **APA SIH INIIIII

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ini sih tantangan nihh madam....buat latihan abis2an biar bodinya "baru" juga..let me think later..

      Delete
  6. aku juga ga pernah ke puskesmas ci, tau lokasinya dimana juga ga tau hehehehe...

    untung cantengannya bisa diatasin ya ci... abis ini uda sehat2 terus deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu mel...aminn...biar semua pada sehat2 terus yaa

      Delete
  7. puskesmas di daerah gw malah udah naik tingkat jadi RS.
    tapi kok ga sekeren dan secanggih puskesmas kebon jeruk ya? :p

    baca cerita lu kali ini sambil ngilu ngebayangin cantengan yan.
    lu kuat amat bisa tahan sampe berbulan2 yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tiap daerah kan beda2 pemda nya lim...standardnya beda juga...*sotoy. Yahh berbulan-bulan karena kadang sakit, kadang kagak..jadi maju mundur juga mau cabut kukunya.

      Delete
  8. asikkk ternyata ada puskesmas keren dekat rumah. Thank you infonya cie... duh oleh2 dari Rinjani cukup luar biasa ya, nyut2an nya kerasa sampai 2 bulan... sukurlah sekarang sudah bebas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kamu di Jakbar juga ya na? lumayan deh ada puskesmas bagusnya. Iyah nih penderitaannya sampe 2 bulanan..untunglah sekarang udah oke...

      Delete
  9. Ngiluuu bangett.. sekip sekip bagian fotonya..haha.. Iya tau ci, dari jaman Py kuliah di Manado, poli gigi di puskesmas Kotamobagu aja dah keren :D hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...liat aja ngilu, apalagi rasainnya? Huahhh....enakk! Ohh kota mobagu udah keren ya py? Bagus deh...*baru tau

      Delete
  10. Wuih keren ya Puskesmas zaman sekarang mah. Padahal ngebayanginnya mah di bangunan tua buluk gitu, hahaha...

    Untung ya cantengannya udah beres sekarang!! Dibayangin aja udah ngilu banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bagus2 puskesmas jaman sekarang ko...iya tengkyu, cantengannya udah beres....hehehe

      Delete
  11. ternyata puskesmas sekarang canggih & bagus ya. Kebayangnya tuh yg kuno, gelap gitu :)) Murah lagi biayanya, ga semahal RS.
    Untunglah udah beres ya ci kukunya. Ngilu deh bayangin pas dicabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah murah banget dibandingin RS mah. iyah untunglah udah beres...tengkyu yaa.

      Delete
  12. aduhh ngeri banget ngeliat kuku cantengan cii... >.< dulu suamiku pernah cantengan tapi cuma kedokter umum biasa langsung dicabut di dokter umumnya kayanya gak pake obat bius deh..hahaa ga kebayang sakitnya...seyem...

    untung sekarang kuku cantengan udah berubah jadi kuku baru yang cakep ya ciii...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ...aku mah bisa pingsan kali dicabut gak pake bius gitu...*lebay. wkwkwkwk. KEbayang sih ngilu banget. Untung sih sekarang mah kuku aku udah mulus. hehehe

      Delete
  13. Ternyata pas abis dicabut kuku, tidak semengerikan yang dibayangkan itu jari. Dan itu biayanya...MURAH BANGET! Itu di Puskesmas biaya segitu karena ada BPJS or emang biaya segitu ci? Itu beli nasi campur babi Atek aja cuma dapet setengah porsi hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang segitu biayanya klo kita bayarsendiri. bu Leony. Klo pake BPJS malah gratis kann. Asikk ga tuhh! Salah makanannya, knp jual mahal2, dptnya 1/2 doang ..haHHaha

      Delete
  14. wah nice info, siapa tau entar kuku saya cantengan abis pulang muncak

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  15. Ka mau tanya, kalau ga pake bpjs jadi mahal ga tuh ? ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak pake bpjs ya pastinya kena biaya yang sesuai tarif rumah sakit atau klinik yang kita pilih. kebetulan kan saya di puskesmas jadi cuma bayar 25.000 saja.

      Delete
  16. Mau tanya.. Kalo abis cabut kuku ,boleh pake sepatu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kondisinya kering dan gak sakit sih masih bisa pake sepatu yang agak longgar. tapi kalo masih sakit yah gak bisa..

      Delete
  17. hallo ka, mau nanya itu puskesmas didaerah mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. puskesmas di kebun jeruk jakarta..bisa googling kok

      Delete
  18. kondisi kukunya kayak gmn sekarang ka? kuku ku kayak gtu jg tp bukan grgr cantengan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. puji Tuhan, kuku saya udah balik seperti sedia kala...udah mulus lagi...

      Delete
    2. dlm waktu dekat ini kemungkinan aku mau coba deh, meskipun ga kerasa sakit tp gabetah liatnya jelek bgt item gitu.. wish me luck ya, thanks for ur information, gbu

      Delete
  19. Gua ni dua jempol mau canutin besok ����

    ReplyDelete
  20. terima kasih infonya... bermanfaat sekali saya lg cantengan udah parah besok mau ke puskesmas terdekat :)

    ReplyDelete
  21. Kuku tumbuh seperti awal lagi berapa bulan? Mau cabut kuku juga nih :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 7 bulanan deh baru mulus seperti semula lagi..

      Delete
  22. Baru banget cabut kuku..dan sedang menikmati nyut2an abis obat bius..hikhikhik..semoga cepat berlalu

    ReplyDelete
  23. Ehh busyett dah.. kayaknya giliran saya cabut kuku cantengan wadaww udah ngebayangin bae...

    ReplyDelete
  24. Ketemu artikel ini karena pengen tau penderitaan orang2 yang kena cantengan. Sebelumnya makasih artikelnya menarik dan membantu. Sekedar berbagi cerita saja. Suami saya juga kena cantengan. Kuku kaki kirinya nusuk ke daging gitu. Sidah datang konsul ke dokter di puskesmas dan klinik yang berbeda kedua dokternya bilang "kukunya masih bagus, gak perlu di cabut sayang soalnya gak bernanah juga". Dan dikasih antibiotik + salep gitu.
    Tp penderitaan suami saya setiap hari selalu soal kakinya. Sampe akhirnya ke klinik lain dan dokter kasih rujukan ke RS karena di klinik tsb gak ada alatnya. Setelah sampe RS bawa rujukan dan segala dokumen BPJS, setelah antri lama dan tgu dokter, akhirnya bisa tatap muka dgn dokter di hari yang sama. Saya kaget karena dokter menyarankan untuk operasi dan bius total. Otomatis rawat inap dong. Saya deg2an loh kok sampe harus di bius total dan rawat inap segala. Krn dipikiran saya hanya operasi ringan saja mengingat kondisi kaki suami masih bagus, tidak kotor, tidak bernanah, tapi ujung kuku menusuk ke daging yg bikin terasa sakit. Kamis lusa suami harus rontgen dan cek lab sebelum penjadwalan operasi minggu depan. Alhamdulillah hari itu juga bisa ACC pake BPJS. Pikiran saya udah macem2 lah . Karena hal yg menurut kami sepele ternyata harus sedemikian "berat". Bius totalnya itu loh.+_+ sedangkan semua review hg saya baca termasuk disini, operasi cantengan hanya bius lokal. Nonton youtube ttg operasi cantengan pun pasiennya di bius lokal. 16-jan-18

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kok kesannya "parah" banget yaa sampe harus dibius total? duhhh semoga cepet sembuh deh

      Delete
  25. Saya cantengan udah setahun mba, sampe sekarang ngumpulin niat buat cabut kuku aja rasanya ga berani. Aduh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang agak takut waktu mau dicabut, tapi daripada infeksi ya mending cepet2 ke dokter deh...

      Delete
  26. Makasih ya ci, mama ku juga punya masalah yg sama, udah degdegan mau dibawa ke dokter tau tau nya gk di cover, sedih... Klo tau gini langsung di bawa ke puskesmas deh ci, Makasih ya ci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi akhirnya ke dokter dicabut kukunya? iya, semoga aja cepet balik semula kukunya

      Delete
  27. Mbak kaki jempol ku juga cantengan ketutupan daging kakinya duhh ngiluu kalo dah kumat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kukunya numbuh ke dalem ya? pasti sakit tuh..coba aja ke dokter / puskesmas...

      Delete
  28. Ci rasanya sakit gak yah kalo di cabut kukunya ? Pas di bius berasa gak?istri ku cantengan dan udh parah banget.. tp dia belum berani ke dokter :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicabutnya sih gak sakit, karena udah disuntik obat ba'al kan. Paling pas disuntiknya itu agak sakit sedikit aja..hehehe. Mending ke dokter cepetan daripada sakit terus2an...

      Delete
  29. Saya 2x operasi. 1 dicabut semua, 1 cuma dipotong. Nah sekarang yang dipotong itu kambuh lagi, tapi langsung direndem air garem. Habis itu diolesin minyak beruang/tawon/dll + salep abtibiotik udah mendingan. Penyakit kalo naik gunung cepat atau lambat gini hahha. Tapi bener jauh banget beda harga antara rs & puskesmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakkss...sampe 2 x? Huahhh 1 aja nyut2an nya berasa bgt...syukur deh direndem air garam mujarab juga dan sembuh seperti sedia kala

      Delete
  30. halo mba, saya juga kena cantengan dan udh 6 bulanan huhu kmrn sempet sembuh eh balik lagi.

    mau tanya kalo di puskesmasnya antri di loket bpjs, dokter umum atau ada bagian lainnya? dan kira2 harganya masih sama gak ya 25rb.

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo antri pake bpjs kan harusnya gratis yaa, gak kena biaya. Sepertinya kalau mau tindakan cabut kuku gitu, diarahkannya ke ugd sih, gak di poli dokter nya.

      Delete
    2. mba kalo dagingnya itu numbuh ke atas kuku gmana ya ,apa kukunya jga di copot ? bakal dibius kan ? biaya nya apa mahal jga ?
      makasih

      Delete
    3. lebih baik kamu periksa saja ke dokter. saya gak bisa jawabnya. nanti dokter bisa jelasin apa tindakan yg bakal dilakukan.

      Delete
  31. kak kalo dagingnya keluar gtu, tapi kukunya gak kenapa kenapa gmna , jadi tu bagian kukunya ada yg ketutup sma daging yg tumbuh
    itu , itu gmana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya saranin kamu periksa ke dokter atau pergi ke puskesmas terdekat deh. Biar bisa di liat kukunya ..

      Delete
    2. Sama aku juga. Gimana kabarnya sekarang sudah sembuh kah ?

      Delete
  32. Replies
    1. Iya ika, lengkap puskesmasnya udah seperti rumah sakit

      Delete
  33. Halo ka aku juga ngalamin yang sama persis kaya kaka karna abis naik gunung malah kanan kiri jempolnya�� itu kuku jempolnya rada bergelembung gitu gk ya? Aku baru mau ke dokter tapi takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai arini, iya kukunya sedikit bergelembung gitu. coba aja ke dokter puskesmas terdekat, gak sakit kok....hehehe

      Delete
  34. 😭😭😭 aku telat baca artikel ini.. baru kemarin aku bawa adik ke klinik & biayanya mahal bgt 240k.. 😤😤😭😭

    ReplyDelete
  35. Ci....kalo yg belom parah kali harus di cabut juga kah kukunya??? Yg tau ni wa ku 081277796603

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kalo ga parah rasanya ga usah dicabut kali ya...tapi lbh baik diperiksa aja ke puskesmas supaya yakin ga infeksi

      Delete
  36. ci w parah mana kedua jempol w ci ,udah bernanah dua-duanya jadi harus di copot kan ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bernanah kemungkinan infeksi..lebih baik cepet2 ke dokter

      Delete
  37. Aduh lambat gue bacanya. Kk mw tnya dong di suntiknya bagian mana. Soalnya aku pernah di sunat tpi kok di bagian bokongku yg disuntik dan aku gak mau bokongku disuntik lagi😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disuntik di samping jempol nya...liat foto diatas deh...hehehe

      Delete
  38. Replies
    1. Iya tumbuh lagi kukunya seperti biasa balik normal

      Delete
  39. Seru banget baca pengalamannya ci, ohiya ini aku juga lagi cantengan dan kebetulan juga tingganya deket puskesmas kebon jeruk. Aku cantengan nya udah setahun ci tapi suka sembub sendiri suka kambuh lagi, kesiksa banget kalau lagi kambuh sampe jalannya kyk orang pincang karena kesehariannya aku pake sepatu. Menurut cici pencabutan kuku yang kondisinya masih merekat banget ga apa apa? Soalnya aku liat kuku cici di foto sebelum di cabut ufah keliatan mau lepas soalnya. Dan proses numbuh kuku barunya kemarin cici butuh berapa lama estimasi waktunya? Selamat yaaa ciii doakan aku bisa terbebas dari cantengan yg perih ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuku aku memang udah mau copot waktu itu, makanya berani dicopotin.itupun disuntik dulu kan biar ga sakit. Klo kuku masih nempel saya kurang tau juga, mungkin lebih baik konsul dulu aja ke puskesmas itu. Kuku baru itu udah tumbuh saat kukunya lama mau copot..mungkin sekitar 2 bulanan..sampe tumbuh sempurna ya sekitar 4 bulanan kayaknya, aku udah lupa juga...hahahaha. semoga cepet sembuh yaa kukunya

      Delete
  40. Sering cantengan, tp kali ini parah banget sih. Alhasil pas pecah, malah keluar semacam daging warna merah gitu. Mau berobat tp bingung mau kemana, thanks ci, udah kasih pencerahan...

    ReplyDelete
  41. Saya sudah 6 tahun kena centengan, kebayang nggak sihhh sakitx. Sempat periksa ke dokter katanya kuku saya tidak apa2. Dan saya disarankan untuk dikompres pakek alkohol saja dan sampai sekarang tetap begini GK sembuh2 .

    ReplyDelete
  42. Sama ya allah ga sembuh2, sakit bgt woy. Untung baca artikel ini otw puskesmas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar...langsung ke puskesmas terdekat aja biar diperiksa dulu

      Delete
  43. Hai ka, aku juga baru cabut kuku ini, seminggu yang lalu, itupun harus beraniin diri setelah 5 bulan cantengan..hahhaa tp gara2 postingan kaka aku juga cabut kuku dipuskesmas kebon jeruk dong..hahhaa iya cabutnya ga sakit, tp pas suntik masyallahh suakitnyaaaaaa warbiyasyaaahh pemirsaaahh, untung dianter kakanda tersayang jd sekalian peluk2 dah..hahaha cabut kuku ga sakit ko tp suntiknya yg melebihi sakit hati..wkwkwkwk thanks ya ka berbagi pengalaman cabut kuku di puskesmas kebon jeruk, ohya staf sana ramah2 ternyata 😊

    ReplyDelete
  44. Sebelumnya makasih bgt infonya sangat membantu. Sudah hampir sebulan sakit cantengan karena takut buat ke dokter. Tapi setelah baca ini saya beranikan diri untuk berobat, hari ini saya dateng ke puskesmas kebon jeruk dan emang ternyata bener pelayananya cepat tp sayang kuku saya blm bisa di cabut harus diobati dulu setelah itu disuruh balik lagi untuk evaluasi.

    ReplyDelete
  45. Makasih infonya, mbaaak. Saya hampir aja ke dokter spesialis orthopedi, ternyata di Puskesmas bisaaa juga yaaa. Otw puskesmas aja kalau begitu.

    ReplyDelete
  46. Terima kasih infonya sis...
    Aku sekarang juga sedang ngalami hal yg sama. Cara sis mau aku coba juga..

    ReplyDelete
  47. Thanks infonya sis... Perlu aku coba nih..

    ReplyDelete
  48. Sakit ga ya kalo waktu di suntik. Soalnya kuku aku cantengan (1 jempol kiri-kanan) te . Abis baca beginian makin panas dingin. Mama ku juga nyuruh buat periksa ke puskesmas..

    Tapi aku ada rasa terauma sama ruang dokter😨

    ReplyDelete
  49. Sakit gan, ane baru operasi disuntik 4 kali, kiri 2 kali dan kanan 2 kali supaya pas dicabut kukunya ga terasa, bener sih pas cabut kuku ga terasa pas suntiknya itu loh terasa, tapi sudah 2 minggu pasca operasi sudah oke jempol saya walau belum tumbuh kukunya tapi sudah gak sakit lagi

    ReplyDelete
  50. Pernah nonton di youtube bahas cantengan juga kalo ga salah si mas korea reomit, dia operasi 2x juga krn yg pertama pas di indonesia diangkat semua kukunya tapi pas tumbuh lagi msh nusuk lg ke daging. Trus pas dia di korea, disarankan diangkat akar kuku yg pojok2, jd kukunya lbh kecil yg tumbuh, cuma secuil kotak doang gitu,tapi ga ada adegan ujung kuku nusuk2 lg. Cuma kuku jempol kakinya jd aneh T.T
    Di Indonesia khususnya di puskesmas bisa ga ya operasi kayak gitu? Krn suami aku tiap kuku jempolnya panjang pasti jadi cantengan gitu, kasian liatnya kalo kukunya dipotong pendek bgd, kadang tetep nusuk n bengkak lg jempolnya. Ada yg pernah nyoba operasi kuku kayak yg dilakuin mas2 korea reomit? Si mas hansol itu lo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhh..ngilu klo inget. Kalo puskesmas kayaknya ga bisa operasi gitu deh. Tapi kurang tau jg ya...bisa lgs ditanyain ke puskesmas terdekat

      Delete
    2. Aduh ini saya banget, saya udah 5x Cabut Kuku, setelah tumbuh Cantengan lagi, sampe bosen dicabut kukunya, pengen banget yg akar kanan kirinya biar gatunbuh Kuku lagi :(( gimana yaa, ada saran ngaa? trimss

      Delete
    3. Wah..kasusnya berat sepertinya, bawaan dari kuku masing2...mungkin harus diperiksa dan diliat oleh dokter ahli nya, baru tau tindakannya apa

      Delete
  51. Q juga cantengan d tepi kuku ky ada daging'y gitu sakit banget kuku perlu cabut g y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus diperiksa dulu sama petugas kesehatannya, baru tau harus cabut atau gak...

      Delete
  52. Kak kuku saya ngak sampai hitam cuman berdarah itu nanti bakal di cabut juga aduh gak berani kalau cabut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba periksa dulu aja kak...nanti dibius lokal biar ga sakit

      Delete
  53. Kalau puskesmas di Bandung buat operasi cantengan dimana ya ?

    ReplyDelete
  54. Jd skr udah mau beralih faskes I - nya ke puskesmas ga mba? Puskesmasnya kece itu...

    ReplyDelete
  55. Kalo sekarang kira2 berapa ya biaya nya klo dipuskesmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga masih sama biayanya..pastinya lebih murah daripada rumah sakit

      Delete
    2. Kmaren saya di puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat 60 rb

      Delete
  56. Gilaa ternyata di puskesmas murah yaa
    Gw udh cantengan 4 bulanan lebihh dan khawatir kalo biaya cabut kukunya mahalll makasihh cii infonyaa~~

    ReplyDelete
  57. Saya bari pulang operasi cantengan jempol kaki kanan di RS , tindakan dokter bedah umum dan bius total. Kuku cabut semua
    Wuidihhh biaya bedah kecil mahal sampai belasan juta. Untung dicover asuransi 😔.
    Blog mba membuat aku memberajikan di cabut lohh 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh sampe dibius total? Ck ck ck..klo belasan juta sih yah untung banget ada asuransi yg mau cover..semoga cepet sembuh cantengannya

      Delete
  58. Jempol udh berasa nyut2an lama nih... sampe kalo diraba sampingnya kyk ada jendolan gitu kalo dipegang sakit kyk cubit
    Rasanya pengen cabut aja, tapi kata suami nanti hasil kuku kakinya jelek gak sesuai aslinya lagi... ya tapi gmn ya orang sakit banget :( huuu
    Oh iya syarat di puskesmas untuk berobat di ugd nya itu apa aja bund? Tolong infonya yaaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada syaratnya sebenernya...cuma awalnya aku pikir mahal mau pake bpjs, tapi nyatanya cuma 25rb, yah aku bayar aja tunai. Klo pake bpjs kan ribet harus ke fasilitas kesehatan yg kita daftarin waktu daftar bpjs, blom tentu puskesmas kan faskes nya, bisa jadi klinik yg gak bisa nanganin kuku cantengan

      Delete
  59. Aduh MBK thanks bangettttt ngett ngett ceritaknya. Persisam saya yg dri faskes dioper ke dokter bedah pas ngantri di bedah eh malah ditolak. Keselll jdi mau bayar mandiri, cri2 tau biayanya g nemu-nemuu... Lah dri sini saya jadi tau, jdi mundur alon2. Padahal jiwa kesongongan saya sudah mengekspektasi. "Halahhh... Paling berapa gitu ya..!"
    Ok kl gitu ku akan ikuti jejakmu ke puskesmas makasi ceritanya manfata bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhehe.., jangan ikutin iklan : kalo ada yg mahal kenapa harus yg murah. Sekarang mah berobat harus cari alternatif, kalo ada yg murah, kenapa harus pilih yg mahal. semoga cepet sembuh ya

      Delete
  60. Owh murah di puskesmas ternyata, paling naik ga banyak di tahun ini, kalau yg dokter bedah menyerah jg gw liat biayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jelas, lebih murah puskesmas, harganya merakyat..hehehe

      Delete
  61. Hay mau tanya, di puskesmas kebun jeruk itu pakai BPJS ngga kakak nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pake BPJS karena faskes saya bukan disitu, ribet kan harus urus administrasi dulu, jadi bayar sendiri aja, murah cuma Rp.25.000

      Delete
    2. kalo lagi pandemi gini dokternya ngga slalu ada kali ya ?

      Delete
    3. Kalau ke UGD harusnya dokter selalu siap sedia ya...kecuali ke dokter spesialis yang ada jadwal nya

      Delete
  62. Dipuskesmas beneran 25 ribu kak? Aku kemaren ke rs kena 8jt makanya ga jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh kamu scroll ke atas..cari fotonya. Klo kamu baca post ini lengkap dengan ceritanya, pasti ketemu. Saya cerita udah detil. Kecuali males baca..yah jadinya masih ga percaya

      Delete
  63. Seru juga baca ceritanya wkwkwk, gw juga menderita cantengan selama 7 tahun mungkin lebih, pas pertama kali cantengan terpaksa cabut kuku ke puskesmas, tapi kalo sekarang kalo kambuh lagi ya operasi sendiri deh ga sakit karena udah terbiasa awkakwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..7 th sih lama juga kalo pas kuku nyut2an, lumayan bikin meriang juga..

      Delete