Monday, April 27, 2015

FAKTOR U

Wedewww....kalo denger kata-kata operasi tuh kesannya gimanaaa gituu yaa?! Yang ada di otak semua orang tuh pasti lah hal yang sangat menakutkan, menyeramkan dan cenderung berbahaya. Termasuk operasi zebra juga menakutkan dong yaa? *agak melenceng dikitt yaaa bahasannya....( udah biasa...hahahaha ). Yahh eyah lahhh, buat para pengendara motor yang kagak pake helm udah pasti ngibrit terbirit-birit tuh kalo udah liat operasi zebra di gelar di jalanan. Sampe nekad ngelawan arus demi menyelamatkan diri dari bapak2 pulisi. Hadeuhh...biarin dehh itu mah derita mereka. Yang mau gua bahas mah derita gua aja....hehehhe


Jadi melanjuti kisah tentang sinusitis kapan hari itu, ternyata penyakitnya itu manjang dan belom selesai begitu aja. Dan gua rasa sih perlu juga di sharing disini supaya yang belum paham tentang sinusitis bisa ngerti dan mungkin aja ada yang mengalami hal yang sama, atau bahkan bisa mencegah terkena penyakit ini sebelum terlambat. Tuhh  jarang-jarang kan gua baek hati sharing cerita yang berguna dan bermanfaat....( biasa kan cerita2 gak jelas gituu...hahahha ).

Okay jadi begini lah kronologis nya....
Waktu awal gua ke dokter THT itu, gua tidak terpikir untuk mencari dokter terbaik di RS itu. Yang gua butuhkan saat itu pokoknya secepatnya mendapatkan pertolongan dari dokter yang praktek di hari gua datengin saat lagi sakit2nya dan kagak pake antri...*pengen cepetnya doang.  Maklum lah yaa, kalo kepala lagi nyut-nyut an, yang terpenting adalah ketemu dokter, dikasih tau penyakitnya apa, dikasih obat dan berharap penyakitnya akan segera sembuh. Yah memang sih, gejala sinusitisnya begitu kuat, sehingga dengan mudahnya dokter pun mendiagnosa gua kena sinusitis akut dan dikasih obat2an untuk seminggu ke depan, termasuk di dalamnya ada antibiotiknya. Sinusitis akut berarti infeksinya baru terjadi *dibawah seminggu, belum terlalu lama di derita....gitu deh kira2 gambaran kasarnya.

Setelah seminggu gua minum obatnya sampe habis, gua balik lagi kontrol ke dokter yang sama dong, sesuai anjurannya minggu lalu. Dan memang keluhannya masih ada, yaitu kepala masih sakit dan cairannya masih berasa ada di rongga2 tenggorokan dan hidung. Saat diperiksa, dokternya memutuskan untuk melakukan rontgen muka gua dulu untuk lebih meyakinkan apakah sinusnya makin parah atau udah mereda. Ya udah, akhirnya di rontgen lah muka gua dan hasilnya gak pake lama kok, cukup menunggu sekitar 15 menit aja. Terus dokternya periksa lagi sambil bacain hasil rontgennya, dan keliatan deh tuhh muka gua putih sebelah yang artinya putih itu adalah cairan karena infeksi sinusnya. Setelah menjelaskan sekilas penyebabnya dan pengobatannya, ( yang ternyata sinus gua udah naek tingkat dari sinus akut menjadi sinus maxilaris ...tuhh! ) keluarlah saran si dokter yang mana kalo memang gua mau cepet sembuh, ada baiknya dioperasi aja. Dan karena saat itu gua sendirian ke dokternya, terus gua juga udah kebanyakan browsing sana sini dan pernah baca bahwa ada yang sakit sinus memang bener sampe dioperasi segala, makanya pernyataan dokter itu seperti pembenaran atas apa yang udah gua baca sebelumnya. Gua masih sempet tanya memangnya gak ada obat lain selain operasi? Dokternya cuma jawab sekilas bahwa antibiotik yang dia kasih seminggu kemaren terbukti kagak mempan, jadi dia ngarahin nya sih operasi. Entah lahh...saat itu kepala gua juga lagi mumet dan kagak mendesak dokter lagi buat obatin gua dengan cara lain selain operasi....*gengsi dong...wkwkwkwk.

Dan karena pikiran gua juga terfokus kepengen cepet sembuh, gua maen iya iya in aja ( bingung mau tanya siapa, kagak ada tokek juga di ruang dokter....eyahh! ) dan tau2 gua udah jadwalin buat operasi sinus di hari Jumat depan ( gua periksa hari Sabtu ). Sementara menunggu sampe hari Jumat itu, dokter THT nya kasih lagi antibiotiknya dan dinaekin dosisnya. Terus untuk urusan operasi, gua langsung  dikasih surat pengantar buat cek darah lengkap, EKG dan rontgen dada ( torax ). Busetttt....Ternyata hebohhh amattt yaaa test nya? Berasa udah uzur ajaa kudu cek ini cek itu. Dan nantinya operasinya itu juga bakal dibius total lohhh! Astagaaa! *celangap..ngeri juga dengernya....
Dan dikasih juga perincian harga untuk biaya operasi sinus atau irigasi sinus ( DAWO ). Tinggal pilih deh mau kelas yang mana...Sebenernya gak perlu opname juga bisa, ambil yang One Day Care ( ODC )....
Okay lah, keluar RS gua masih agak linglung, mana nyetir sendiri pula. Untung aja sampe rumah dengan selamat kagak pake nyasar.....hahahha.Begitu gua ceritain hasil konsultasi sama dokternya, si Papi cuma santai aja nanggepinnya. Dia bilang, coba aja minum antibiotiknya dulu sampe abis. Kalo bisa sih jangan dioperasi. Weww....kan gua jadi galauu yaa. Soalnya kalo jadi operasi hari Jumat, minimal hari Senin gua udah harus cek darah, EKG dan rontgen supaya hasilnya itu nanti bisa dikasih ke RS THT nya pas hari Rabu buat mereka bikin persiapan operasinya di hari Jumat. Nahh tuhh.....maju mundur pusing kann jadinya!

Gua sempet juga sharing2 di FB soal operasi sinusitis ini dan hasilnya? Separo bilang lebih baik dioperasi, separo nya lagi bilang lebih baik tidak usah operasi. Mamaaaa.....galau tingkat dewa lah jadinya. hahaha. Ribet amat sihh nih penyakit yaa. Alhasil karena bingung, akhirnya ya gua diemin aja deh sambil minum obatnya lagi seminggu, yah sambil komat kamit berdoa semoga sinus nya hilang dan gak perlu operasi. Ini efek antibiotiknya cukup dashyat juga loh. Seminggu minum itu, heran banget deh gua pasti kebangun jam 1 atau jam 2 pagi dan gak bisa tidur lagi sampe pagi. Gilaa juga nih...gua udah kayak zombie berjalan,  kurang tidur seminggu. Bawaannya cepet lapar dan emosi tingkat tinggi lah, senggol bacok aja bawaannya. wkwkwkwk. Ampunn dehh. Dannn you know what?! Emang sihh beneran membaik lohh sinusitisnya, walopun kepala masih ada sedikit cenat cenut. Gua sih yakin ini udah gak perlu operasi lahh! Cuman gua kan gak boleh lalai yaa...gua teuteup harus tuntasin dong ya penyakitnya. Nah ngobrol punya ngobrol dengan teman gua, ternyata lagi nih....dia pernah punya sakit sinus dan sembuh total. Dia berobat ke dokter "terbaik" di RS THT yang gua datengin itu. Ya olohhhh, kenapa kagak dari awal aja yaa gua ngobrol2nya? Jadi kan kagak pake heboh segala mau operasi. Weleee....mungkin udah jalan Nya kali yaa...dikasih petunjuk di tengah kegalauan...Thanks God!

Yahh dan akhirnya....gua balik lagi ke RS THT itu, tentunya langsung mencari dokter yang terbaiknya itu, setelah sebelumnya daftar sehari dimuka. Eh yahh buset....kalo mau berobat ke dokter yang paling top nya, yahh deritanya juga banyak yaa. Udah bela-bela in pulang kantor lebih awal, langsung meluncur ke RS yang letaknya juga cukup jauh dari rumah gua, yang jalanannya macet pake banget kalo hari2 kerja, dan sukses nyampe RS dengan urutan nomor 31 aja gituu. Nunggunya berapa lama tuh? 3 jam ajaaaaa sodara2! Gilaa....emosi jiwa gak tuhh?! Mau berobat aja sampe sengsara begini yaa. Pasien rame begini setiap hari...tinggal dikali tarifnya aja udah berapa duit tuhh yaa? *ambil kalkulator *nyesel kenapa dulu kagak sekolah kedokteran ajaa yeee?! huhuhuhuu
Saat gua ke dokter top ini, yah kondisi sinus nya udah mereda, jadi dia juga liat catatan dokter yang sebelumnya bahwa gua seharusnya menjalani operasi sinus hari ini, dan dia bilang udah gak perlu lagi operasi. Cukup minum obat antibiotiknya beberapa hari lagi dan rutin menjalani fisioterapi buat mengeluarkan cairannya itu. Fisioterapinya ini harus setiap hari kagak boleh terputus, dan cukup 5 kali aja dengan durasi 15 menit. Biaya fisioterapi Rp. 60.000 per kedatangan. Jadi kalo sampe 5 kali yahh udah pasti Rp.300.000 bakal melayang ke rekening RS nih..hahahhaa. Kagak apa-apa lah cuman segitu mah, dibandingin harus operasi? Yang penting kan sembuh yaa.
Nahh buat yang penasaran fisioterapi itu diapahin, kayak begini dehh alatnya....diarahin ke tempat yang terinfeksi ( dalam kasus gua pipi kiri ), jadi rasanya akan hangat disitu yang fungsinya buat membuat cairan yang ada di dalam saluran sinusnya mencair dan nanti bakal keluar....Gituuu! Nahh emang ada orang lagi di fisioterapi pake foto-foto segala? Adaaa dongg....saya orangnya! ( mumpung gak ada susternya...wkwkwkwk ).

Selain fisioterapi, dokternya juga menyarankan gua untuk cek ke dokter gigi, apakah gigi gua ada yang bolong. Soalnya ternyata yaa...dari gigi juga bisa loh menyebabkan infeksi ke area sinus itu. Nahh baru tau deh gua....( kemana aja buu? ).  Dan kalo emang bener penyebab sinusnya itu dari gigi, yahh yang harus diberesin giginya itu dulu. Kalau kagak diberesin, bakal sakit kepala terus-terusan. Nahh lho?! Memang sih, sebelum kena sinus ini, ceritanya gua tuh pergi ke dokter gigi buat bersihin karang gigi. Nahh setelah bersihin karang gigi itu lah, gua berasa mulai bermasalah dengan gigi gua, suka berasa ngilu dan kadang2 sakit gigi. Beuhhh, pegimana sihh ya, dibersihin malah jadi bermasalah.

Nah, karena gua takut sumber penyakitnya itu dari gigi, jadi lah gua pergi ke dokter gigi juga. Dokter gigi nya yang berbeda dengan yang waktu itu bersihin karang gigi gua. Yang kali ini dokter giginya baik dan informatif banget, ngejelasin semuanya secara jelas. Dia bilang kalo bersihin karang gigi tuh jangan sembarangan, karena salah-salah itu lah yang menyebabkan gusi turun dan gigi jadi sensitif, bakal ngilu2 ( seperti yang udah gua alami ), dan itu kagak ada obatnya! Dowenggg! Jadiii? Gigi gua bakal ngilu selamanya kalo gak dibantu dengan perawatan, seperti pake pasta gigi untuk gigi sensitif, gak makan dingin2 seperti es krim...Mamamaa.....mana bisa gua hidup tanpa eskrim?! *menjerit histeris. Jangan kan eskrim, es batu aja suka gua kunyah2 tuh. Yahh memang bukan kagak boleh sema sekali, tapi kalo gak mau giginya ngilu, yah dihindari. *gitu aja kok repot.

Dan ujung2nya....diperiksa sana periksa sini, giginya ( sepertinya sihh  yaa..gak yakin juga gua..) ada yang harus ditambal. Dan sekali tambel gigi satu biji doang udah ngabisin biaya Rp. 1 jeti. Whattt? Iyahh kagak bo'ong, 1 juta rupiah buat satu gigi! Mau pingsan gak tuhh? Maklum deh, gua kan cari duitnya sampe harus meneteskan air mata dan keringat darahh....*lebayyy mode on...wkwkwkwk Agak-agak gak rela gimanaa gituu yaa.Yahh mau pegimana lagi,  pasrah aja dehh, selaen males bayarnya, sebenernya gua paling takut ke dokter gigi karena kagak tahan sama bunyi bor nya yang mendenging2 dan pastinya bisa bikin keluar air mata saking ngilunya kalo lagi di bor. Gua sampe pesen ke dokternya :" Dok, boleh tambel giginya, tapi bisa gak kagak pake sakit?" hehheehe...puyeng kan tuh dokternya mau jawab apa...Nahh, ada gak orang yang lagi dibor sama dokter gigi terus sempet foto-foto segala? Adaaa lahhh...hahahha. Tapi pastinya bukan gua yang foto kannn! Ini mah fotografer setia gua yang dengan sabarnya ikut-ikutan anter sana anter sini ....kalo lagi bosen, yahh kerjaannya foto-foto dehh....
Nah di dokter gigi ini, gua juga bilang kalo gua menderita sinusitis belakangan ini. Gua pastiin lagi kondisi gigi gua gak bermasalah. Nahh, sama dokter gigi disaranin buat rontgen gigi aja biar ketauan, karena kalau secara kasat mata sih gak ada yang bolong. Jadi sekalian lah gua rontgen gigi juga. Dan hasilnya apa coba? Gigi gua sih gak ada yang bolong, cumannnn...gigi bungsunya tumbuhnya horisontal dan harus dioperasi kalo mau terbebas dari sakit kepala dan kerepotan bersihin gigi setiap kali habis makan. Wewwww....emang sih gua udah tau dari belasan tahun yang lalu kalo gigi bungsu gua ini bermasalah dan harus dibuang. Tapi kan...tapi kan..selama ini juga gua baik-baik saja! *ngeyel! Abisnyaaa.....betapa yaaa, kenapa ketemu dokter pada "sadis-sadis" banget yaa. Semua udah maen suruh operasi aje...*jadi sensi kan. Tau dong kalo mau operasi gigi bungsu pun gak boleh sembarang dokter gigi, harus cari yang terbaik yaitu dokter bedah mulut yang harganya pun kagak murah. ..mnimal sekian jeti lah....*hening, gua semedi dulu.....mau cari tanah mana lagi yang harus digali, kok batu akiknya gak nemu2 sepotong pun?

Aduhh maaa, ini kok merembet terus yaa urusannya sebulan ini. Awalnya cuman gara-gara bersihin karang gigi....terus kena sinus, harus rontgen muka, disuruhnya operasi sinus, disuruh fisioterapi, sampe tambel gigi dan rontgen gigi segala. ..ujung2nya dianjurkan buat operasi gigi bungsu pula. Itu faktor U semua makkkk! ( Tau kan kenapa judul postingannya begiuuu?! ). Gilaa...gila! Kalo di film kartun itu gambar dolar-dolar bertebaran di udara...hahaha. Gua udah kayak tukang sulap tingkat mahir, baru juga ambil duit di ATM, sebentar dompetnya udah kosong melompong.....hebat kann! Tau sendiri sekarang mah urusan ke dokter serba mahal....*jadi curhat deh! Kalo dihitung2 mah bisa dapet tiket ke mana kali nihh! *tiket Dufan! hahahhaha..*stress! Well,sebenernya gua lebih takut ke masa-masa sesudah operasi nya itu doang sih. Kan katanya bakal bengkak, sakit, gak enak makan, gak tau tidurpun nyenyak gak....duhhh bisa kurus deh eikeh! *bukannya itu harapan lo? Iyahh, tapi bukan dengan cara disiksa begini keleus!

Anyway, setelah menjalani fisioterapi selama 5 kali, kemarin malem gua harus ber antri ria lagi buat kontrol ke dokter yang top itu. Harus berjuang lagi antri 2,5 jam buat dinyatakan : SEMBUH dari sinusitis! Thanks God! Gua udah rencana kalo sembuh mau syukuran makan eskrim. ..eh si dokter kayak yang tau, dia pesen supaya jangan makan dingin-dingin dulu! Huahhhhh! KZL!.....*manyun di mobil. Tapi kalo inget pas saat sakit nya, emang ogah sihh cari masalah...mending nurut aja dulu dah! Entarrr nihh, kalo udah sembuh, baru dehh cari eskrim lagi. *kawul

At the end....( hahh? panjang juga yaa dongengnya kali ini? hihihihihi ), gua berpesan ke diri sendiri juga : kESEHATAN ITU PENTING BANGET...DAN SANGAT MAHAL! Jadi jagalah kesehatan sebelum terlambat.... Enjoy your life, stay healthy...Ciaobella!

41 comments:

  1. Haduh.....gw juga baru tau kalo sakit gigi itu bisa menyebabkan sinus yaa.
    Gw paling takut kalo ke dokter.... bukan takut sama dokternya tapi takut kalo ternyata penyakitnya merembet ke mana - mana. Iya betul... kesehatan itu muahaalllll banget harganya.... jadi harus dijaga.
    Semoga cepet beres deh yan.. urusan giginya, Udah cari second opinion dari dokter gigi lain ...?? siapa tau gak usah operasi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gigi emang nyambung ke sinus nge.. ati2 aja bisa jadi salah satu penyebab penyakitnya itu...iya tuh kalo udah merembet bisa kacau dahh. tengkyu yaa...gua pending dulu dehh urusan gigi...lagi galau...wkwkwkwk

      Delete
    2. ke RS ssmedika Jakarta aja, lebih nyaman tuh rumah sakit THT Bedah dan pasti sembuh
      deh tim dokter tht bedahnya under prof Helmi (suhunya dokter-dokter THT di Indo ), saya sudah kemana mana, sembuhnya di sana, memang waktu awal kaga yakin karena rs nya agak sepi, tapi ternyata puas banget sama pelayanannnnya

      Delete
  2. * cape bacanya* semoga cepet sembuh ya, ci. Untung belom sampe di operasi *selalu ada untungnya* hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu pi....hahaha orang jawa dong yaa, selalu ada untungnya

      Delete
    2. Ihh tuhh kan faktor U..mau ngetik Din, jadi pi....maap din, salah reply...hehehe

      Delete
  3. Ci yance, untung saling curhat sm temen, jd dpt info utk berobat ke dokter laen ya..cukup rajin fisioterapi aja..
    Tambel gigi sekarang emang mahal ya ci. Jd inget kasus tambel gigi yg heboh baru2 ini gara2 harganya yg fantastis, terus bs dikasih diskon lebih dr 50% setelah komplain..
    Mudah2an jg ga perlu sampe operasi gigi bungsu nya ya ci. Kl operasi, berarti maksudnya dicabut kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya chyn, mudah2an gak perlu diopeerasi giginya....kalo dicabut kan untuk kasus gigi biasa, yang ini kan letaknya kagak biasa, jadi harus dibelek ( operasi kecil )...

      Delete
  4. Berdasarkan pengalaman gue berobat di Indonesia... kalau udah keluar kata operasi, langsung aja cari 2nd or even 3rd opinion. Dokter2 sini hobi operasi soalnya duitnya cepet dan gede.

    Semoga gak balik2 lagi deh ci tuh sinus menyebalkan. Sehat terus ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya le, gua juga tanya2 kanan kiri dulu sih, ngeri jaman sekarang mah...tengkyu ya

      Delete
  5. yan, tar bbm dong dr tht yang terbaik itu praktek di mana dan namanya siapa.
    utk si dhika sm rania nih. sempat divonis alergi sm dokter tht gara2 sering batuk pilek.

    lu tambal gigi di mana yan? 1 gigi 1 juta? pake emas ya nambalnya? hihihi
    untung ada klinik gigi dekat rumah gw yang terjangkau. senin kemaren gw nambal 2 gigi cm 500rb. itupun dibayarin asuransi kantor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lim..nama dokternya nuty nizar...praktek di RS THT Nizar di Jl.Kesehatan..nomor telp : 021-3503435...harus daftar sehari sebelumnya. wahh enak tuh diganti kantor..

      Delete
  6. Ci Yance,, Ade aku juga dah sinus lama bgt dr kecil, tp dia jg ga mau operasi.. *Btw, kalo operasi mending di Penang katanya dokternya top banget* Dia sempet berobat ke Penang jg trs sampe skrg oke2 aja tuh.. Hehe.. Amit2 deh kalo bs hindarin operasi, hindarin aja ci.. Hehe.. M

    Masalah gigi bungsu, coba cari rekomen dokter laen? Di Gading ada dokter gigi Sucipto ci itu dokter rame buanget dan ga mahal *karena jago dan ga mahal itu* cuma itu dia antrinya.. Pas baca cerita cici 3 jam si, udah biasa dan belom apa2. Haha...Cuma mksdku, coba tanya bbrp pendapat beneran perlu operasi ga.. Krn kan cici selama ini merasa oke2 aja hehe..

    Betul, kesehatan harta yg paling berharga ya :) Musti bener2 dijaga.. Sehat selalu ya ci dan keluarga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener tuh Fan, sekarang orang indo lebih banyak ke Penang berobatnya, gak mahal juga tapi dokternya tokcer. Ihh, kalo dokter ngetop harus sabar2 antrinya yaa...hiks, 3 jam aja udah bosen banget...tengkyu ya

      Delete
  7. Hii ciii..dulu aku juga pernah di bilang sinusitis sama dokter, awalnya dikasih obat juga trus dokter bilang klo minggu depan ga sembuh balik lagi selanjutnya operasi..hiiihh begitu denger aku langsung rajin minum obatnya plus istrahat total akhirnya sembuh dahh..sampe sekarang ga kumat2 lagi sih,..hehee

    semoga sinusnya kaburr yaa cii..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh untung udah sembuh ya nat...emang cocok2 an obatnya sih yaa...tengkyu yaa

      Delete
  8. aku juga ada sinus Mba, kumat kalau lagi ngga sehat dan kebanyakan di AC, tapi memang itu ilang muncul gitu sih penyakitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh bener juga kalo kena AC langsung berasa yaa....jadi harus menghindar dari tempat dingin2 deh..

      Delete
  9. ikutan seneng yan akhirnya udah sembuh tanpa harus operasi ya :)

    ReplyDelete
  10. cepet sembuh yah ci. untung gak perlu sampe di operasi segala.. hehehe..

    emang kesehatan itu mahal harganya yah.. hihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu pi...iyahh masih untung terbebas dari operasi2 an

      Delete
  11. Syukurlah udah sembuh!!! Dan untungnya gak pake operasi segala. Sempat deg-degan gitu juga bacanya. Habis diagnosanya terdengarnya serem-serem gitu...

    Iya, kesehatan memang harta yang paling berharga ya. Jadi memang sedari muda harus memperhatikan kesehatan nih *catet buat diri sendiri!* :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah masih untung deh ko ga pake operasi....hahahaha

      Delete
  12. kalo ngeliat dari fotonya, aku pernah ke rs tht itu, tapi bukan sama dokter yg ngetop... waktu itu gara2 mo cek hidungnya soalnya tiap pagi suka meler... untung ga disuruh operasi juga hehehehe... aku disuntik aja takut, apalagi operasi.. makanya pas lahiran kemaren di ruang operasi tensi langsung melonjak tajam hahahaha... takut euy...

    bener ci...kesehatan itu mahal...mahal bayar dokternya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo orang jakarta pasti tau lah RS Tht itu mel...buktinya gua antri melulu tuh....hahaha

      Delete
  13. Hi Ci, salam kenal yah :)
    Kalo disini tambal gigi sekarang bisa ga pake sakit kalo dibor. Caranya gusi diolesin gel anti kebal dulu pake alat mirip cotton bud, setelah kebal baru disuntik jadi pas suntik juga ga sakit...secara gw juga ga tahan sakit, jadi biar udah disuntik kalo masih rada ngilu waktu dibor, gw minta tambahan kebalnya...hehe...cuman ya gitu deh emang ke dokter gigi disini juga mahal2 :(

    Semoga sehat2 trus ya!

    ReplyDelete
  14. Hai fel...lam kenal juga. Iya disini sih ga disuntik, tapi kmrn gua dikasih kain kasa yang ditaro diantara gigi, entah buat apa, mungkin buat bius lokal soalnya ga ngilu pas dibor. kagak bisa liat sih...cuma berasa nya begitu....tengkyu ya

    ReplyDelete
  15. Samaan ciiii, 2 bulanan ini yg namanya penyakit dtg beruntun. Disyukuri lah bukan penyakit aneh2 bin ajaib cuma penyakit umum2 aja. Cuman emang keselll keluarin duitnya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa walopun penyakitnya udah sembuh, kesell aja bayar dokternya...hahaha

      Delete
  16. untung ga perlu operasi ya ci. bener tuh kata leony. kalo dokter bilang operasi, cari 2nd opinion. sehat2 terus ya ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh tia....harus cari second opinion utk memastikan. Tq ya

      Delete
  17. Mbak, sodara ku ada yang disuruh operasi saking akutnya tuh sinus.. Tapi akhirnya dia ke Penang langsung trus sembuh deh sampek sekarang.. Sinusnya ngga pernah balik lagi.. Padahal dia tetep makan es krim loh. Hihihi.. :D

    Yap bener banget, kesehatan memang mahal yah.. Duh, harus mulai olahraga nih.. :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh iya nih kenapa dokter penang sebegitu ngetopnya dibanding dokter dalam negeri yaa.. ? *Jadi hopeless yaa brobat di indo.....

      Delete
  18. Waa.. senangnya udah sembuh ya mba..
    Tapi soal gigi.. emang mahal yah berobat gigi tuh. Aku nyabut gigi aja di sini sekalinya 1,7juta deh.. Temenku malah pergi dibenerin giginya (ada yang bolong juga) dikasih harga sama kliniknya sekitar 7 jutaan ( di Swedia).. langsung ga jadi benerin deh dia.. huahahaha.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhh duhh..disana lebih mahal lagi ya be..,,gawat kalo sampe sakit gigi...

      Delete
  19. Mbak mau bertanya, saya juga penderita sinus, dan disuruh operasi oleh dokter. saya masih mikir-mikir. Mau nanya dokter terbaik yg di RS THT Proklamasi siapa ya namanya dan berapa biaya berobat disana? jika bisa fisioterapi, lebih baik kan ketimbang operasi. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, yg saya bahas disini RS.THT Nizar bukan Ptoklamasi..,info dokter dan telepon sudan ada di komen2 atas. Harap scroll ke atas ya.

      Delete
  20. Hai ci salam kenal saya Sisca, baru rencana mau berobat sinus nih, kalo bole tau di RS THT NIzar dengan Dr.Nuty Nizar itu perkiraan biaya berobatnya berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh saya agak lupa karena udah lama, mungkin sekitar rp. 400 ribu sekali periksa, obat2annya sekitar 1 juta, terapi rp.60.000 per sekali kedatangan.

      Delete