Saturday, January 29, 2011

STORY TELLER

Beberapa tahun belakangan ini gua punya pekerjaan baru di rumah yaitu setiap malam wajib bercerita kalo mau tidur buat Alvin dan Miko. Hmmmm....kayaknya sih gampang yaa, cuman cerita doang gitu lohh. Biasa kan juga gua cerita di blog....


Awalnya cerita masih yang gampang2, mulai dari Cinderella, Putri Salju, Pangeran Kodok, Si Kancil dan Buaya, Joko Kendil, Jaka Tarub, Bawang Merah Bawang Putih, dll. Pokoknya semua dongeng2 yang pernah gua baca dan gua inget udah gua ceritain, walopun ada yang lupa dan ending ceritanya gua suka improvisasi ngarang bebas sendiri. Tohh si Alvin dan Miko kagak tau ini...wakakakkkk....Malah kadang2 ceritanya tamat dengan ga jelas, alias ketiduran saking dah ngantuk dan cape. Jadi ceritanya bisa diulang lagi buat besoknya. hehehehe, lumayan perpanjangan waktu kan...ga perlu cari cerita baru lagi.


Nahhh, mau ga mau seluruh memori gua harus dikuras keluar nih mengenai cerita2 dari jaman turun temurun dulu. Karena ceritanya setiap malam, otomatis harus banyak banget dong stok ceritanya, mangkanya otak gua yang mulai karatan ini jadi mengingat2 lagi semua dongeng anak2, cerita2 rakyat, cerita kerajaan , pewayangan dan seterusnya dan sebagainya....arrghhhhh, siapa bilang sih jadi orang tua gampang? Kok jadi mumet begini ya setiap mau tidur? Bukannya mau tidur dengan tenanggg, ini malah pusing mikirin mau cerita apaan yaa ntar? Soalnya kalo ga cerita, bisa gawaattt. Sepanjang malam mereka akan merengek2 dan ujung2nya berantem. Kalo gua cerita , mereka akan baring diem2 dan lama2 karena ceritanya membosankan, pasti akan tidur. hehehehee....


Trus lama2, stok cerita udah mulai habis dong. Kalo diceritain dua kali juga pada kagak mau kecuali tamatin yang belom kelar malam sebelomnya akibat ketiduran tadi. Lagian dasar si Miko juga anak yang aneh. Dia lebih suka cerita yang horor dan seram2, jadi special request dari dia adalah harus cerita seram, kalo ga seram kagak mau. Nah lohhhh.....sedangkan stok cerita seram juga udah gua keluarin semua mulai dari lokal sampe import , mulai dari kuntilanak, tuyul, genderuwo, nenek sihir, mak lampir, sampe dracula, vampire dan temen2nya deh yang serem2. Ampuunnn deh...apa kagak ngigo dia yah malem2 maunya diceritain horor begitu? Untunglah so far sih kagak sampe ngigo....hahahaa... Cumannnn ada tapinya, selesai cerita kalo mau keluar kamar misalnya mau ke kamar mandi ato ambil minuman, jadinya pada ketakutan dan minta ditemenin. Haiyaaa, capee dehh.



Trus lama2 ceritanya udah merambah ke pengalaman gua waktu kecil, gimana dulu gua suka maen di kuburan..whaattt?! Iyaaaa, karena deket rumah gua ada kuburan , yahh maen sepeda , maen cing benteng, maen maling polisi, maen galah asin, maen cing umpet yah sekitar2 situ deh. Ada pohon kamboja yang gede dan suka ada suara burung gagak mah udah makanan sehari2. Malah kita bisa duduk2 di semen kuburan itu dengan santainya tanpa rasa takut. Jadi kebayang dong kenapa gua tumbuh besar dan jadi pemberani kayak sekarang? Yah karena terlatih maen di kuburan..soalnya setan aja takut liat gua....apalagi orang?! wakakakakkkk.....



Anyway, lama2 gua sudah mulai terlatih sekarang untuk mengarang cerita yang lumayan panjang dan berjilid pula kayak sinetron Cinta Fitri yang kagak tamat2 dan gak berujung. Tau sendiri dong sinetron Indo yang ceritanya makin lama makin aneh dan gak masuk akal? yahh kayak gitulah sekarang cerita gua ke anak2 gua , udah mulai gak jelas dan keabisan ide. Gua udah kayak dalang aja, bisa gabung2in cerita Sun Go Kong versus Superman, Batman versus Mak Lampir, pokoknya satu cerita jagoannya banyak banget deh, sampe nyangkut juga ke ceritanya Ko Ping Hoo, bacaan gua jaman dulu..hahahahaha....trus ujung2nya di protes sama anak2 :

"Mami mah lama2 ceritanya ngaco ahhhh....."....hihihihihi..hahahaha..hehehehee...

Mau pegimana lagi? Stok cerita dah abisss bo....mau ngaco juga gapapa lah...maklum emaknya udah mulai stress diuber2 fans nya...kekekekeee....


Lagipula namanya juga anak2, kalo sudah kebiasaan cerita setiap malam, ya harus diturutin setiap malam ga boleh absen ceritanya. Jadi mereka ga mau tau kalo emaknya ini udah cape di kantor, udah cape masak ( padahal gua cuman mikirin menunya, yang masak si sotoy my asistenlahh, tapi kan tetep nguras otak jugaa... ), cape ati di jalanan sama supir angkot, pengendara motor, polisi, jalur busway, macet di jalan, cape udah kelilingin mal, trus cape juga kalo masih harus update blog, wahhh banyak deh urusannya , ini itu dan seterusnya dan sebagainya...ini bakalan panjang kalo diterusin, dan bisa jadi satu bab sendiri kalo diceritain. Lebih baik stop sampe disini aja bahas yang ini. hihihihihi.....back to business...



Intinya mah : jadi ortu itu bener2 kudu kreatip yaaa.....gak cuman mikirin mau makan apa ntar siang, mau makan apa ntar malem , mau makan apa besok....hari ini ulangan apa, mau belajar apa, besok ulangan apa lagi...apalagi masih harus mikir cerita apa ntar malem....cerita apa lagi buat besok? huahhhhhh.....life is not so simple myfriend....lama2 bukan jadi story teller (pencerita) lagi...tapi bener2 telerrrrr orangnya....haahhhaaahaa ...Walopun gua gak merasa ini sebagai beban sihhh, cuman kalo kepikir lucu juga gua bisa ngarang cerita seenaknya...dan malah kepikir jangan2 gua berbakat bikin cerita dan suatu hari nanti bakal terbit deh buku karangan gua sendiri..whatttt! Sementara ini biarkan gua berlatihh cerita ke anak2 gua sebagai kelinci percobaannya .....kekekkekekeeeeke...

THE CRAZIEST HARBIN

Oh iyaa...masih ada cerita sedikit mengenai Harbin yang ketinggalan ....maklum deh faktor U..banyak lupanya yaa......



Pertama, ternyata tuh ya, menurut cerita si guide lokal yang namanya si Mao ...(ganteng lohhh....hehhhehehe...ga penting...) , pemerintah Harbin tuh sengaja membangun apartemen di sono tanpa kamar mandi dan cuman ada toilet doang. Whatttt?! Kebayang dong betapa susahnya jadi orang Harbin? Pemerintah sono berpendapat bahwa mandi tuh pemborosan energi. Orang kagak perlu sering2 mandi karena kan udara dingin jarang berkeringat dan harusnya sih gak BB (bau badan-red)...hahahahhaa. Jadi sehari2 mereka cukup cuci muka, cuci kaki dan sikat gigi aja gak pake mandi. Mandinya cukup seminggu sekali. Ini bener2 si guidenya yang cerita dan kita langsung nebak dia juga pasti belom mandi seminggu ini karena kan nganterin kita jalan2. Dia dengan tersipu malu mengaku belom mandi juga...(tapi masih cakep kokk .heheheehe)..dan kita satu bis ketawain dia...Jujur banget si Mao...dan dia emang ngomong apa adanya tuh. Ada2 aja emang kebiasaan di negara orang yaaa....gua mah bersyukur banget tinggal di Indo, masih bisa menikmati mandi mau berkali kali sehari juga ga masalah. Aer banyak....


Nah terus pegimana caranya kalo mereka mau mandi sementara dirumahnya kagak ada kamar mandinya? Pemerintah sengaja membangun spa dan sauna house buat warganya . Jadi kalo mau mandi tinggal dateng ke sini, telanjang dan mandi bareng, pake bayar pula sekitar 10 RMB atau Rp. 14k lah yaa sekali mandi. Whattt?! Hahhh, banyak kejutannya juga ternyata yaaa di kota ini...Kebayang aja gitu mandi bareng...hihhhhhh, biarpun sesama cewe dan yang cowo sesama cowo...seyeemmmm bangetttt. hahahahaaa, soalnya gua maunya mandi bareng cowo..wakakakkkkkk....normal tohhh?! Jiahhhhh.....


Kedua, orang Harbin ternyata ga perlu kulkas. Jadi kalo ada yang nekad jualan kulkas disini yah jelas aja kagak laku. Makanan kayak daging dan buah2an cukup mereka taro di dalam kantong plastik, terus mereka gantung di luar jendela apartemen mereka. Dijamin pasti langsung beku dan awet. hahahhaaa, kepikir gitu yaaa digantung diluar jendela. Pantesan sepanjang jalan gua liat ini semua apartemen kok kumuh banget , hampir setiap jendelanya pada bergantungan plastik2 kresek begitu. Ternyata itulah kulkas orang sini...hahhahahaa



Ketiga, karena dingin tentunya disini kagak butuh AC. jadi yang lebih dibutuhkan adalah heater atau pemanas ruangan. Dan ternyata orang Harbin tuh harus bayar gas buat heater rumah mereka aja sekitar RMB 4000 atau Rp. 6 juta setiap bulan . Busyettt dahhh, bener2 menderita juga ya hidup di kota dingin begini. Yah kalo di Jakarta mah sebenernya sama aja buat bayar listrik AC setiap bulan, tapi mungkin ga sampe segitu mahalnya kali....Bayangin aje kalo rumahnya kagak ada pemanas, bisa2 bangun pagi udah jadi patung es tuh..hihhh syeremmmm..... sekali lagi, masih bersyukur deh hidup di Indo....


Dan yang terakhir yang lebih sinting lagi adalah, setiap tahun mereka ngadain Winter Swimming Show, yang dah gua bahas di postingan sebelumnya. Yahh ini dia yang menurut gua extreem banget dari semuanya. Bayangin aja, untuk udara dingin dengan skala minus 25 derajat Celcius kalo ukuran orang normal pasti udah berbaju tebel berlapis dan berjaket tebel pula plus sarung tangan dan sepatu boot. Lhaaa, ini show malah nunjukin kalo orang2 ini tahan banget dingin dengan cuman pake baju renang dan berenang pula..Busetttt dahhh...tuh kulitnya dari baja kali yaa...ba'al amatt? Masih belom dapet jawaban sih kenapa orang2 setengah umur ini pada bisa tahan dingin di udara beku kayak gini. Apakah mereka sodaraan dengan beruang kutub? Atau keturunan singa laut di Antartika? hihihhihihi... Entahlah...gua belom nemu penjelasan logikanya apa...Anybody know?



Ini gua pajang foto2nya aja dah biar jelas...hehehhehee...enjoy the pic....( pic by myfriend's camera who cannot mentioned here...wewwwwww )











Ada ceweknya juga lohhh....nekatsss yaaa....mereka nyebur sambil tereak2 kedinginan...hehehehehe




Monday, January 17, 2011

HARBIN TRIP 2011

Waktu pertama gua bilang mau ke Harbin, pada nanya :"apaan sih Harbin?" Lhaaa..pada belom tau ya? ( Makanya banyak2 baca dan nonton Tv biar jauh dari kebodohan. Hahahaha. ini kata iklan lohhh yaa, bukan kata gua.... ). Kalo g sih sebelom mau pergi kesini dah tau dong....hehehehe...sotoy.com. Soalnya gua kan sering baca dan liat foto2 orang yang suka travel tuh. Ternyata Harbin tuh dah jadi salah satu icon wisata di China loh. Kalo belom pernah tau berarti nih kota emang masih perlu promosi lagi gede2an biar orang2 tau en familiar seperti kalo kita bilang : "mau ke Bali." pasti kan ga ada yang nanya Bali apaan. Nahh...sekarang gua bantuin tuh kota promosi deh lewat blog gua...

Sebelomnya begitu tau kalo jalan2nya taon ini melenceng dari target semula yaitu ke Jepang...( huaahhhh Jepang gituuu lohhh )...rasanya maless pergi deh. Apalagi dikasih tau jg klo di Harbin suhunya pas puncak terdinginnya emang bulan Januari bisa mencapai -40 derajat. Minus sodara2, dibawah nol derajat. Jadi lebih dingin dari kulkas! Dan emang saat bulan Desember aja suhunya udah -20an. Lhaa di kantor gua AC nya yang 20 derajat aja gua udah berjaket, ini malah mao ke tempat yg suhunya minus gila2an. Gubrakkkk deh. Semoga aja pulang dari Harbin badan jadi kebal nih di kantor ga perlu jaket2an lagi. Hehehehe..

Sunday, January 2, 2011

WELCOME NEWYEAR 2011


Happy Newyear 2011 everyone.....

Ga banyak cerita di akhir tahun 2010 ini..sebenernya banyak banget sih cita2 gua di hari terakhir thn ini. Pengen begini, pengen begono, pengen begitu...tapi cuman sebatas angan2 doang. Ga terlaksana dan akhirnya melempem aja dehh...kuciwa beraatttt..!

Awalnya karena kita dah sepakat ga mau pergi kemana2 pas malem taon baru ini berhubung macet dimana2 dan ujan cuacanya ujan mulu, mau ngapain2 juga udah males duluan, jadi gua berencana pengen barbeque an aja di rumah gua. Trus tau2 bangun tidurnya kesiangan padahal niat ke pasar sih pagi2. Hadahhhh, bener aja deh, jam 8 an nyampe pasar semua ikan dah ludes des ga bersisa diborong orang yg pada berpikiran sama dgn gua. Yaeyalahhh...barbeque an emang paling asik pas malem taon baru sambil ngumpul2 bareng keluarga or temen2. Yasud, karena ga dapet ikan terpaksa belok dari rencana, belinya dada ayam aja ntar bisa dibakar juga tohh...jadi sate ayam deh menu malam ini. Agak maksa sihh..yg penting judulnya bakar2. Apa aja deh gua bakar..pas ada daging babi en daging sapi yg siap dibakar karena udah direndem bumbu2.

Sore2 jam 6 an anak2 udah pada lapar. Sementara gua ga masak yg laen selaen bahan2 yg mau dibakar. Alhasil jam 6 an kita udah mulai manggang2 sambil siapin salad, bumbu kacang buat sate dan nasi. Anak2 sih karena belom pernah makan sambil manggang sendiri kayak model hanamasa gitu, jadi merasa excited. Mereka sibuk oles2in mentega malahan pada berebutan mau balik2 satenya biar cepet mateng en dimakan masing2 yg satenya mereka pegang. ...haiyaa...tiada hari tanpa berantem rupanya!
Tapi lumayan sukses juga bakar2an kali ini. Semuanya habis kemakan...ga tau pada kelaparan, atau emang enak, hehehehehe...yang jelas sih saladnya enak, sate ayamnya apalagi. Diluar dugaan, ternyata enakk lohh bikin sate ayam sendiri. Ga banyak lemak dan kulit2 ayam kayak sate abang2 itu. Ini asli daging semua. Dan empuukk. Bumbu kacangnya tinggal beli jadi di supermarket. Nyam nyam deh. Beef teriyakinya sih biasa aja, lain kali gua harus cari tau bahan2 buat rendeman daging sapi kayak di hanamasa gitu..biar rasanya mirip.

Alhasil, jam 8 an kita udah selese bakar2an. Jiahhh...tau sendiri, abis makan langsung ngantuukk. Sementara jam 12 masih lama bo. Ahhh, emang faktor U nih. Lagian dah ga semangat mau ngapain lagi. Tetangga dah mulai rese pasang petasan dan kembang api. Ahh berisik aje...(Hehehehe..sirikk padahal mah ga bisa ikutan maen kembang api..).

Yah akhirnya sambil nunggu jam 12 kita nonton film DESPICABLE ME aja deh...bagusss banget filmnya yaaaa....itu aja gua dah ketiduran berapa kali..hehehehe... tau2 udah jam 12 dehhh. Happy Newyearrrrr........
Udah cuman begitu doang....hahahahaha....payahh banget! No terompet..no kembang api....no sampanye..( Gaya looo tuhh minum sampanye)..
The end.....˚°˚вƴε²˚°˚ ˚°˚вƴε²˚°˚ 2010..welcome 2011!



Sent from BlackBerry® on 3