Monday, January 18, 2010

BEIJING TRIP 2010

Sebenernya bocoran trip ke Beijing ini udah santer saat kita ke Nanjing tahun lalu. Kasak kusuk kalo tahun depan bakal nyampe ke Beijing malah udah nyampe ke kuping gua saat gua lagi beli baju musim dingin tahun lalu juga (hihihihii...tumben gua update...biasa suka ketinggalan berita). Jadi pas beneran positip (kayak hamil ajaa) kita bakal ke Beijing Januari 2010 ini, gua dah ga repot2 lagi nyiapin baju winter. Tinggal bongkar aja koper gua yang dari taon kemaren emang belom dibongkar2, karena isinya semua baju musim dingin, yg ga bakal bisa kepake di Jakarta, kecuali turun salju di Jakarta.kekekekkee. Gua nemuin syal, topi, jaket, mantel, sarung tangan, longjohn yang masih utuh di koper setelah gua pulang dari Nanjing tahun lalu. Gua tinggal laundry in aja, beres dah. Ga perlu beli2 lagi perabotan perang buat musim dingin. Cuman ada satu yang bikin repot, yaitu pasport gua abis masa berlakunya. Jadi kudu ngurusin perpanjangan pasport segala deh, udah gitu kalo pake calo kan jatohnya mahal yaaa, ga rela aja gitu, sementara masih bisa urus sendiri ya gua urus sendiri deh.

Gua ngurus perpanjangan pasport di Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta. Benernya sih ga susah, cuman masalahnya kudu sabar dan kudu siapin waktu luang aja dan tentunya duit dong, karena perpanjang pasport sama aja tarifnya kayak bikin baru yaitu Rp. 270.000, ditambah beli map Rp. 5.000. Jadi dateng pertama kali tuh cuma buat nyerahin dokumen2 selengkap2nya, mulai dari akte lahir, akte kawin, kartu keluarga, KTP, pasport yg lama, STTB, dll lah. Bawa aja semua yg gua punya selemari (lebayyyyy!). Maksudnya emang di laci lemari gua nyimpennya satu file folder gitu, trus gua bawa semua. Jadi kan gua bawa satu lemari dong....(halahhhh, ga penting)..Lanjut...Udah nyerahin dokumen2, dikasih tanda terima , dan harus balik lagi buat wawancara (kayak ngelamar kerja ajee) dan difoto juga. Berarti kan udah 2 x balik tuh. Nah terakhir yang ketiga kali, harus balik lagi buat ambil pasportnya yang udah jadi. Selese deh.....lega juga ga pake dipersulit. Cuman emang waktu nunggu urutan foto dan wawancara agak laaaamaaa...dan paaaaaanjanggg. Sabarrrrr, itu doang kuncinya. Untung punya hp yang banyak game , bisa chatting dan bisa fb an. So, ga masalah tuhhh bagi gua.

Makin mendekati hari keberangkatan, seminggu sebelum hari H yaitu tgl 3 Jan'10, malah dapet berita kalo di Beijing lagi badai salju, dan suhunya mencapai -16 derajat Celcius . Hal ini merupakan hal terburuk di Beijing selama 40 tahun terakhir. Banyak penerbangan yang dibatalkan waktu itu karena cuaca sangat buruk. Busyettt dahhh! Tambah jiper dengernya. Tahun lalu ke Nanjing -4 aja udah menggigil gila sampe ke tulang. Itu belom ketemu salju, cuma angin dingin2 menusuk tulang. Lha ini, sampe ada salju2 segala..Ga kebayang dinginnya deh!

Ya udah, jangan dibayangin, lha wong tau2 udah hari Hnya jeh...Ngepak koper cuman 2 jam aja kali ini. Berasa maleess banget beberes, jadi pas sore2 mau berangkat , baru dah gedebak gedebuk, abrakadabra, selese. Teuteup setia dengan koper gua yang segede bagong khusus buat pergi2 ke tempat yg jauhhh dan perlu baju banyak. Saking parnonya takut kedinginan (sueer, gua paling ga tahan dingin, lha wong AC di kantor cuma 19 derajat aja udah kayak orang sakit, berjaket ria selalu. hihihiii, ada positipnya juga sih, yaitu koleksi jaket gua jadi kepake di kantor. Ahhh, ga penting...Lanjut ajaa), jadi itu koper bener2 full baju dan jaket. jijay bajay...dah tau kan, satu jaket aja makan tempatnya boros banget. Lha ini gua bawa jaket agak banyak, intinya sih bukan karena takut dinginnya juga..sebenernya.....hhhmmm, bilang ga ya?hihiiiihi, bilangin aja dah, ini kan buku diary gua, ga boleh rahasia2 an di buku diary sendiri...halahhh...Jadii, maksudnya tuh bawa beberapa jaket, supaya kalo difoto bisa ganti2 jaketnya...hahahahahhaha, Gelo gendeng maneh! Ya eya lah, masa ntar pergi 6 hari, jaketnya itu itu juga? Payahhh...cemeennn, ga kerennn! Kayak orang ga ganti2 baju seminggu. Parahhh! Wakakakkkakk.....teteup we , sekali banci foto, forever lah banci foto. Jangan pernah berubahhhhh....
Ada beberapa hal lucu yang mau gua ceritain.....Mulai dari peserta trip yang udah pada salah kostum waktu baru nyampe di airport Soekartno Hatta. Mereka udah full action sama jaketnya, sweaternya, bootnya, dll. Tapi ga cuman rombongan gua aja sih, sesama penumpang satu pesawat itu udah pada salah kostum menurut gua sih. Alhasil kegerahan lahhhh pada. hihiihihihi....Trus kejadian tahun lalu terulang lagi, kan tahun lalu ada peserta trip yang bawa jaket pake kantong kresek (yg menurut gua sungguh lucu...menurut orang lain sih biasaaa aja kali. menurut gua kan gimanaaa gituuu....halahhh!selalu bahas yg ga penting!), nah tahun ini ada juga tuh yang kayak gitu. Orangnya sih ganti, sedangkan yang tahun lalu pake kresek sekarang dah kerennnn, bawanya ransel. Tuh kannn, berkat gua kritik (sebenernya sih gua ketawain..), akhirnya dia berubah menuju yang lebih baik. jadi keren....berkat siapa dong...hahahaaa. Anjrit kata dia mah kali.
Trus kali ini koper gua bukan yang terbesar di antara rombongan. Cowo2 rombongan gua sekarang dah pada sadar kali, kalo setiap kali bawa yang kecil, pasti pulangnya mereka pada beli koper lagi. Lama2 punya 10 koper tuh..wakakak!.Makanya gua seneng juga, mereka pada bawa segede gede bagong juga, jadi kan ntar bagong2 pada berkumpul ga berantem dong..hihiiihi, apaan seeeh!
Eh trus gua kualat dah....gara2 ketawain orang2 salah kostum itu, taunya pas nyampe airport Beijing kita tuh kudu naek bisnya jalan agak jauh sambil gerek2 koper yang segede bagong itu. Yah alhasil gua mah beku duluan dahh begitu kena angin. Bener2 menusuk dinginnya sampe ke tulang. Apa ini faktor U yaaa (umur maksudnya....kekekekke). Biasa kan tanda2 orang tua begitu tuh klo kena dingin. Ah pasti bukan faktor U lah...jangan samain dong. Trus lagi, selama 8 jam penerbangan karena pake transit di Singapore, kita semua pada kurang tidur tuh. Tampang pada teler dan beler karena ga bisa tidur di pesawat. Abis naek bis, taunya kita langsung city tour. Gubrak....Secara jaket gua yang tebel2 kan ada di koper. hihihihi, modalnya cuman longjohn doang ama jaket tipis. Yasud, terpaksa lah ditahan2in dinginnya, lama2 kebiasa juga kok. Artinya tuh ujung2 jari tangan dan kaki udah bener2 beku dan mati rasa. Dipotong juga gaa tau ...(lebayyyy....). Demi berfoto2 ria doang. Sementara obyek wisatanya sih biasa2 sajaaa...cuma ada salju doang. hihihii..... Yang laen mah standard aja daerah wisata di sono, hampir sekilas sama aja, ada patung singa, bentuk2 istana, ke makam, wihara....yah sekilas mah difoto sama aja. Mau di Beijing, Nanjing, Guang zhou...yah mirip2 lah tempat wisatanya...hehehehee.
Trus ada saat kita makan di restoran khusus bebek Peking yang paling terkenal di situ, dan ternyata gua ga begitu doyan tuh. Ternyata yang paling terkenal dan paling mahal itu belum tentu enak juga ya...Klo ga salah satu orang makan disitu jatohnya RMB 200. Gila, makan ampir 300 rebong tapi ga doyan....apa namanya tuh. Lidah orang kampung lah!hahahaha...Gua tetep lebih doyan rendang seratus kali dibanding bebek itu. masalahnya hampir semua bagian tubuh bebek dihidangin. Mulai dari dagingnya, kulitnya, hatinya, dll. Gimana ga enek blenek tuh...Kamsiaa dah!
Belom lagi waktunya shopping yang mepet2, kurang banget deh kali ini, padahal barangnya murah2. Belom lagi mikir bawanya takut overweight. Wah, lumayan mabok juga neh blanjanya. Udah dicatetin sih siapa aja yang mau dikasih oleh2. Eh, begitu sampe situ mah ilang semua list nya. Yang ada cuma beli tas, tas dan tas lagi. Udah kayak mau jualan tas. Abis keren2 sih tasnya. Tapi belanja di Beijing ini emang beda banget ya sama tempat2 laen yg udah gua pergiin. Disini mah kita begitu nanya barangnya, langsung diseret2, dipaksa2, ditarik2, pokoknya kita harus jadi beli. Mengerikan! Begitu kita ga jadi beli, dimaki2, diomel2in. Parah banget dahh. Ya udah dah, nawar aja 70-80% off, naekin 5 perak , 5 perak. Lama2 penjualnya mah amsiong dah. Kita dikatain sen cin ping...emang gua pikirin...ni ga kasih, wo ga paksa lah! Cuman untungnya di Beijing sini rata2 orang2nya pada bisa bahasa Inggris,jadi enak juga nawarnya. Tapi teuteup, perlu kalkulator juga ujung2nya...hihiihhiiihi...
Oh iya, kebetulan gua kan ada family di Beijing sini, jadi sempet bertemu ria dan diajak ke apartemennya, walopun cuma sejam an doang, saking padatnya acara tour kita. Sapa tau ntar bisa balik lagi pergi sama keluarga gua, jadi kan dah tau tempatnya (kapaaaan yaaa?). Iya neh, perginya ke tempat yang jauh2 dari kota Beijingnya, yang udah terkenal surga belanjanya. Udah gitu nginep di hotelnya yang jauh dari pusat kota. Jadi ga bisa shopping banyak2 deh...
Alhasil, sebagian oleh2 malah belinya di dutyfree airport, yang penting judulnya bawa oleh2...hihihhiihi.
Foto2 nya liat di sini aja dah (males upload ):

http://www.facebook.com/#!/album.php?aid=2049437&id=1269268339

No comments:

Post a Comment