Sunday, October 3, 2010

ANAK JAMAN SEKARANG

Pfiiuuuuhhh, ga terasa waktu berlalu dengan cepat. Tapi kenapa kalo ditungguin rasanya lamaaaa banget ya? Ahhh, cuman perasaan aja kali yeee...

Nahh, ceritanya dulu waktu anak2 gua masih baby yang kerjaannya cuman nyusu dan ngedot doang, gua bertanya2 kapannnn mereka gede, gimana kalo mereka dah bisa jalan, lari2, tumbuh gigi, bisa ngomong, sekolah...dan seterusnya dan sebagainya. Kalo dibayangin ga kelar2 rasanya. Ehhh, tau2 semua itu udah nyampe waktunya...ga sempet lagi ngebayanginnya.

Sekarang Alvin dah 10 tahun dan si Miko yang biarpun keliatannya kecil mungil selalu, udah menjelang 8 tahun. Berarti emaknya pun tambah tua nihhhh...huahhhh..no doubt lah! And you know what...? Ngegedein anak jaman sekarang emang beda banget sama jamannya emak gua atau bahkan phopho gua dulu. Yaeyalahh bedaa! Atau cuman anak gua doang yang begini? Ohhh NOooooo...(Tepok jidat dulu ah).

Bayangin aja coba...( setiap kali baca blog gua pasti disuruh bayangin mulu yaa? Untung ga disuruh bayangin yang jorse2...hehehehe..)...tuh anak berdua sekarang kelakuannya udah kayak Tom and Jerry. Seharian kalo ga berantem kayak sayur kurang garem. Di dalem rumah yang cuman seuprit aja, mereka bisa uber2an persis Tom & Jerry. Akhirnya korbannya si pintu kamar yang bentar2 dibuka ditutup dibanting. Kalo ngerti bahasa pintu, kayaknya tuh pintu lagi nangis2 ngejerit kaliii.

Ga cuman pintu, sofa juga jadi korban injak2, bantal2 bisa beterbangan buat timpuk2.Kalo dikasih tau cuman masuk kuping kiri langsung nyeplos lagi kuping kanan alias ga mau denger. Nahhh, sekalinya mereka damai, lebih bahaya lagi, berdua itu pada kompakan ngerjain emaknya, 'menteror' emaknya suruh beli mainan. Kadang suka jail ngumpetin sendal atau hp gua. Trus janji ga bakal berantem lagi dengan muka manisnya, yang ujung2nya ngerayu minta dibeliin game PS . Hiyahhh, emang dua krucil ini bikin rumah jadi rame. Kalo ada mereka rusuh, kalo lagi ga ada, sunyi sepi kayak kuburan. Siiigghhhh....

Kadang kalo dah gemess, gua suka cubit aje deh. Abis dah ga tahan lagi sihhh...tapi sesudahnya nyesel banget deh udah main cubit ke anak.
Mangkanya gua salut juga sama ortu gua dulu, yang keliatan nya 'galak banget', tapi ga pernah sekalipun main fisik. Jangankan jewer, cubit, jitak, nyentil kuping aja ga pernah. Orang dibentak aja udah mengkeret masuk kamar ga keluar2 lagi, kecuali lapar terpaksa deh keluar cari makanan...Hehehehe..panggilan perut mah ga bisa boong....

Tapi emang aneh juga sih ya anak2 gua ini, kenapa kalo hal2 yang disuruh2 itu mereka ga mau kerjain, tapi hal2 yang dilarang malahan dengan senang hati mereka langgar. Contohnya aja, tiap hari gua suruh sikat gigi sebelom tidur, ga ada satupun yang sikat gigi. Semakin disuruh malah semakin males. Disuruh belajar, beresin buku, kerjain PR, cuman cengengesan doang ga serius ngerjainnya. Nahhh giliran gua larang makan Indomie , ga boleh makan kerupuk, chiki2, jajanan garing2, ga boleh beli minuman2 kayak popice, jelly drink, eeehhh malah sekongkol sama pembokat gua tuh, tau2 dah ada bekas bungkusnya di tempat sampah. Kalo ditanya, bertiga tunjuk2an ga jelas siapa biang keladinya. Ntar klo pas nginep di rumah emak gua, tuh anak nyebarin gosip deh :"Mami sih ga galak, cuman kerjaannya suruh2 anak melulu, banyak ga bolehnya, ga boleh indomie, ga boleh jajan..dst." Trus langsung deh emak gua iba dan dia dapet sepiring Indomie . Ntar di rumah dia promosi ke gua :"enak Mi nginep di rumah phopho, boleh indomie.tiap hari juga boleh.. ." Hadooohhhh.......ga mempan nih 'jurus kungfu' gua. Berarti harus dibalik nih instruksinya : ga boleh sikat gigi, ga boleh belajar,dst. Mulai sekarang harus makan indomie setiap hari, harus berantem setiap hari....?hhmmm, let me think....harus ditest dulu nih tingkat keberhasilannya...

Nahhh..jadi suatu hari gua test lah mereka berdua. Waktu lagi bahas soal temen2 disekolahnya gua langsung deh dengan antusias kasih saran 'menyuruh' :" coba ya boys, di sekolah kamu anak cewenya cakep2 ga? Cari pacar dong dari sekarang. trus carinya yang cakep ya, tapi ga matre!"..nahh, pada ngamuk deh tuh berdua. Kompak ngejawab :"idihh...Kita kan sekolah mau belajar, bukan pacaran. Dasar mami sotoy!" Yah mami kan cuma kasih tau doang tohhh.....?! Tapi, berarti teori gua teruji nihhh! Hahahaha...let's see boys!

Sekarang2 ini lebih puarah lagi, setiap kali gua bilangin, udah ngomong panjang x lebar sama dengan luas, eh bisa2nya si Miko langsung jawab :"iya bawel...cerewet banget sih nenek tua ini." Hening sesaat...(Emaknya pingsan..). Gubrakk...

Kadang malah suka ngatain gua :"Mami jelek kayak monyett." Maksudnya sih emang bercanda. Miko bilang : "just kidding Mom...." Mentang2 baru les inggris nehh...tapi serius, emaknya so pasti ga sejelek monyett lah..agak mirip gorila aja...hiks...

Belom lagi kalo udah urusan belajar, kalo disuruh belajar bilangnya ngantuklah, nonton dululah, mau makanlah, adaaaa aja seribu satu alasan. Malah banyakan gua yang baca buku2 pelajarannya, mereka malah main ato nonton tv. Kalo emaknya yang maju ulangan, anaknya bisa pada lulus cumlaude nehhh...hahahaha..lebay! Kalo lagi maen PS atau game facebook trus disuruh belajar, si Miko bilang gini :"Mami..tau sabar ga? Bentar lagi juga gamenya selesai, baru belajar." Wewwww......bingung..belajar dari mana tuh anak kata2 begituan ya? Jangan2 dari emaknya sendiri? Bentar yaaa, gua inget2 duluuu......(Gak inget tuhhhh....). Haiyaaaa....

Lebih puyeng lagi kalo pas periksa peralatan tulisnya yang setiap hari ada aja yang ilang. Pensillah ga ada, penghapus lah ilang, penggaris lah keselip, serutan lah ketinggalan di sekolah....huahhhh, emaknya gimana ga spaneng? Tiap ke toko buku beli banyak2, seminggu juga abis tuh, wong setiap hari ganti baru. Waktu baru masuk sekolah semua buku tulis dan cetak disampulin rapi2, ehhh baru dua minggu udah keriting2 tuh, sampulnya juga lepas2. Ampunnnnn! Tobaaat! Emak gua mana ngalamin yang kayak beginian....

Halahhhh...kudu gimana cobaa?! Dikerasin salahhh, ga dikerasin pada mau jadi apaan nih? Lagian takutnya cuman sama bapak e ajeee, gua mah udah sampe loncer nih mulut, tuh anak dua ga ada nurutnya. Ngebantah mulu kalo dikasih tau. Tapi begitu bapak e bertitah, atau cuman dipelototin doang, langsung tuh berdua nurut. Capeee dehhh!

Dooooohh...Jadi begini ini rasanya punya anak udah gede en dah bisa ngebantah? Semoga ga keterusan sampe nanti nih.. Perasaan seumur2 disaat bokap nyokap gua kasih nasehat panjang lebar ( tapi jarang bgt panjang2, gua kan anak baik2..•̃⌣•̃ђε•̃⌣•̃ђε•̃⌣•̃ђε•̃⌣•̃)perasaan gua cuman bisa manggut2 doang. Kalopun ga sependapat ato bertentangan dengan hati gua, palingan diem aje tanda ngambek. Soalnya mana boleh nyahut sepatah kata sama ortu? Begitu pakemnya. Boro2 mau nyahut ngebantah (biarpun ortu salah!Hehehehe..), ngangkat muka aja ga berani. Takut juga nanti kualat.hehehehe...jadi cuman bisa diem tapi dalam hati berontak tanda ga setuju..(Kayak mau dikawinin paksa ajee..).

Nahh terus, kalo gua yang salah, gua wajib disuruh minta maap sama anak gua. Hehehehe, canggih ga tuh. Kalo ortu jaman dulu kan prinsipnya selalu bener. Kalopun sampe salah, pokoknya tetep bener...halahhhh!

Setelah dipikir2 kenapa anak2 gua pada berani ngebantah itu juga ada ceritanya. Bukan berarti mereka pada songong dan kurang ajar ke orangtua dengan gaya omongan mereka itu. Sebenernya gua yang ajarin kok bahwa segala sesuatu itu harus diungkapkan dengan kata2, jadi gua ngerti apa maunya mereka. Soalnya dari pengalaman gua kecil, komunikasi gua ke ortu sungguh2 sangat kurang harmonis menurut gua. Cuman ada komunikasi dari atas ke bawah. Cuman ortu yang boleh berpendapat dan kasih perintah. Anak harus nurut. Ga ada bercanda2 dan curhat2 an. Jadi gua merasa ga nyaman banget dengan kondisi begitu. Gua mau hubungan ortu ke anak tuh seperti teman. Komunikasi juga dua arah, ga cuman ortu aja mau didengerin omongannya, tapi anak2 juga harus bisa mengungkapkan semua isi hatinya biar ga miskomunikasi. Intinya sih pokoknya biar anak dan ortu bisa curhat2an, bisa bercanda juga. Kalo dulu mah gua boro2 mau curhat ke bokap gua misalnya, boro2 mau ceritain pacar, mau kenalin aja mikirnya lamaaaa banget, seringnya takut kalo mau ngomong apa2, jadi yaa begitulah, gua ga mau hal2 begitu terjadi lagi sama anak2 gua.


Emang dunia udah berubah kali. Jadi ortu pun kudu ngikutin perubahan2 dan kadang bisa belajar dari anaknya. Ga melulu ortu harus diktator ke anaknya, tapi kudu sabar dan banyak mendengarkan apa kemauan anaknya. Gitu kaliiii ya..I'm still learning too..being a best mom that mykids ever have..
Sent from BlackBerry® on 3

No comments:

Post a Comment