Saturday, January 29, 2011

STORY TELLER

Beberapa tahun belakangan ini gua punya pekerjaan baru di rumah yaitu setiap malam wajib bercerita kalo mau tidur buat Alvin dan Miko. Hmmmm....kayaknya sih gampang yaa, cuman cerita doang gitu lohh. Biasa kan juga gua cerita di blog....


Awalnya cerita masih yang gampang2, mulai dari Cinderella, Putri Salju, Pangeran Kodok, Si Kancil dan Buaya, Joko Kendil, Jaka Tarub, Bawang Merah Bawang Putih, dll. Pokoknya semua dongeng2 yang pernah gua baca dan gua inget udah gua ceritain, walopun ada yang lupa dan ending ceritanya gua suka improvisasi ngarang bebas sendiri. Tohh si Alvin dan Miko kagak tau ini...wakakakkkk....Malah kadang2 ceritanya tamat dengan ga jelas, alias ketiduran saking dah ngantuk dan cape. Jadi ceritanya bisa diulang lagi buat besoknya. hehehehe, lumayan perpanjangan waktu kan...ga perlu cari cerita baru lagi.


Nahhh, mau ga mau seluruh memori gua harus dikuras keluar nih mengenai cerita2 dari jaman turun temurun dulu. Karena ceritanya setiap malam, otomatis harus banyak banget dong stok ceritanya, mangkanya otak gua yang mulai karatan ini jadi mengingat2 lagi semua dongeng anak2, cerita2 rakyat, cerita kerajaan , pewayangan dan seterusnya dan sebagainya....arrghhhhh, siapa bilang sih jadi orang tua gampang? Kok jadi mumet begini ya setiap mau tidur? Bukannya mau tidur dengan tenanggg, ini malah pusing mikirin mau cerita apaan yaa ntar? Soalnya kalo ga cerita, bisa gawaattt. Sepanjang malam mereka akan merengek2 dan ujung2nya berantem. Kalo gua cerita , mereka akan baring diem2 dan lama2 karena ceritanya membosankan, pasti akan tidur. hehehehee....


Trus lama2, stok cerita udah mulai habis dong. Kalo diceritain dua kali juga pada kagak mau kecuali tamatin yang belom kelar malam sebelomnya akibat ketiduran tadi. Lagian dasar si Miko juga anak yang aneh. Dia lebih suka cerita yang horor dan seram2, jadi special request dari dia adalah harus cerita seram, kalo ga seram kagak mau. Nah lohhhh.....sedangkan stok cerita seram juga udah gua keluarin semua mulai dari lokal sampe import , mulai dari kuntilanak, tuyul, genderuwo, nenek sihir, mak lampir, sampe dracula, vampire dan temen2nya deh yang serem2. Ampuunnn deh...apa kagak ngigo dia yah malem2 maunya diceritain horor begitu? Untunglah so far sih kagak sampe ngigo....hahahaa... Cumannnn ada tapinya, selesai cerita kalo mau keluar kamar misalnya mau ke kamar mandi ato ambil minuman, jadinya pada ketakutan dan minta ditemenin. Haiyaaa, capee dehh.



Trus lama2 ceritanya udah merambah ke pengalaman gua waktu kecil, gimana dulu gua suka maen di kuburan..whaattt?! Iyaaaa, karena deket rumah gua ada kuburan , yahh maen sepeda , maen cing benteng, maen maling polisi, maen galah asin, maen cing umpet yah sekitar2 situ deh. Ada pohon kamboja yang gede dan suka ada suara burung gagak mah udah makanan sehari2. Malah kita bisa duduk2 di semen kuburan itu dengan santainya tanpa rasa takut. Jadi kebayang dong kenapa gua tumbuh besar dan jadi pemberani kayak sekarang? Yah karena terlatih maen di kuburan..soalnya setan aja takut liat gua....apalagi orang?! wakakakakkkk.....



Anyway, lama2 gua sudah mulai terlatih sekarang untuk mengarang cerita yang lumayan panjang dan berjilid pula kayak sinetron Cinta Fitri yang kagak tamat2 dan gak berujung. Tau sendiri dong sinetron Indo yang ceritanya makin lama makin aneh dan gak masuk akal? yahh kayak gitulah sekarang cerita gua ke anak2 gua , udah mulai gak jelas dan keabisan ide. Gua udah kayak dalang aja, bisa gabung2in cerita Sun Go Kong versus Superman, Batman versus Mak Lampir, pokoknya satu cerita jagoannya banyak banget deh, sampe nyangkut juga ke ceritanya Ko Ping Hoo, bacaan gua jaman dulu..hahahahaha....trus ujung2nya di protes sama anak2 :

"Mami mah lama2 ceritanya ngaco ahhhh....."....hihihihihi..hahahaha..hehehehee...

Mau pegimana lagi? Stok cerita dah abisss bo....mau ngaco juga gapapa lah...maklum emaknya udah mulai stress diuber2 fans nya...kekekekeee....


Lagipula namanya juga anak2, kalo sudah kebiasaan cerita setiap malam, ya harus diturutin setiap malam ga boleh absen ceritanya. Jadi mereka ga mau tau kalo emaknya ini udah cape di kantor, udah cape masak ( padahal gua cuman mikirin menunya, yang masak si sotoy my asistenlahh, tapi kan tetep nguras otak jugaa... ), cape ati di jalanan sama supir angkot, pengendara motor, polisi, jalur busway, macet di jalan, cape udah kelilingin mal, trus cape juga kalo masih harus update blog, wahhh banyak deh urusannya , ini itu dan seterusnya dan sebagainya...ini bakalan panjang kalo diterusin, dan bisa jadi satu bab sendiri kalo diceritain. Lebih baik stop sampe disini aja bahas yang ini. hihihihihi.....back to business...



Intinya mah : jadi ortu itu bener2 kudu kreatip yaaa.....gak cuman mikirin mau makan apa ntar siang, mau makan apa ntar malem , mau makan apa besok....hari ini ulangan apa, mau belajar apa, besok ulangan apa lagi...apalagi masih harus mikir cerita apa ntar malem....cerita apa lagi buat besok? huahhhhhh.....life is not so simple myfriend....lama2 bukan jadi story teller (pencerita) lagi...tapi bener2 telerrrrr orangnya....haahhhaaahaa ...Walopun gua gak merasa ini sebagai beban sihhh, cuman kalo kepikir lucu juga gua bisa ngarang cerita seenaknya...dan malah kepikir jangan2 gua berbakat bikin cerita dan suatu hari nanti bakal terbit deh buku karangan gua sendiri..whatttt! Sementara ini biarkan gua berlatihh cerita ke anak2 gua sebagai kelinci percobaannya .....kekekkekekeeeeke...

6 comments:

  1. hahaha... waktu itu andrew pernah ada satu waktu juga kalo tidur mesti diceritain dulu. sampe pusing gua mau cerita apa. :P
    untung gak berlangsung terlalu lama trus dia bisa tidur sendiri, jadi gak usah pusing nyeritain lagi dah. hahaha

    ReplyDelete
  2. wahhh asik ya elu dah terbebas dari kewajiban bercerita...gua masih harus "survive" nih dengan ide2 khayalan gua...lama2 mungkin bisa nyaingin si JK Rowling dehhh..wakakakkkkakk

    ReplyDelete
  3. mami funky, kalo boleh hurufnya di ganti warnanya yang lebih kontras, bacanya susah. thank you

    ReplyDelete
  4. iya kurn..lagi diusahakan ganti warnanya nih...thanks yaaa

    ReplyDelete
  5. yaa lo musti akal2an deh Yan gmn spy lo bs bebas dari story teller , mending ajak nyanyi aja deh .hahhaaa

    ReplyDelete
  6. tiap malam yah gitu deh ven..harus cari akal mengarang bebas....hahahaha

    ReplyDelete