Thursday, June 30, 2011

JALAN JALAN KE PULAU TIDUNG

Ceritanya refreshing kantor gua taon ini adalah ke Pulau Tidung. Wele welee.....yang belang2 gosong kemaren dari Bali aja baru pudar, ehh ini dah mau ke pantai lagi. Alamat bakal gosong dekil en de kumel lagi dahhhh. Sebenernya agak2 males mau ikut, tapiiii gak mungkin juga kalo mau pergi sendiri sama keluarga apalagi bawa krucil2, karena ternyata disini kagak ada hotelnya booo, jadi kita tuh nginepnya di rumah penduduk yang emang disewain gitu. Jadi ngebayanginnya gimanaaa gitu kalo nginepnya bukan di hotel. Huhhh belaguuuuuu.....?! Bukan belagu sihh, cuman mikir aja kalo tempatnya jorok2 nanti gimanaaa gitu....hehehheehe, jiahhhhh itu belagu namanya! Ahhh whatever..

Tapiii, dipikir2 kapan lagi pergi ke pulau rame2 begini...kapan lagi pergi dibayarin begini, gratiss tis tisss..makan tidur aja kerjaannya. Haiyaa, lagian kalo browsing2 di website kayaknya lautnya Pulau Tidung tuh baguss banget keliatannya. Sayang juga kalo gak pergi...yasud, gitu aja repot! Berangkattttttt......

Pas hari H nya kita ngumpul di kantor, tapi semua pada pake jam karet. Disuruh ngumpul jam 7 pagi, tetep aja berangkatnya jam 8. Hahhh, dan gua kesel dateng kepagian jadinya, padahal malemnya kurang tidur nihh, gara2 pelajaran fotography sekilas2 cara pake kamera , blom lagi pake tripod, belom lagi packing2, beuhhh repot bener cuman pergi sehari doangan juga. Sighhhhhh....

Dari kantor kita naek Kopaja nih ke check point nya yaitu Muara Angke. Bahhh...seumur2 baru kali ini ke daerah yang namanya Muara Angke dan gak bakal mau balik lagi ahhh. Wekksss, gak tahan sama baunya yang "khas & unik", kayak bau comberan bercampur ikan asin. Ampunnn dijeee, kok orang2 pada betah yaa ada disini? Hihihiiii, mereka juga kepaksa kalee yaa?

Untunglah kagak pake lama2 langsung naek ke kapal. Kebetulan rombongan kita yang berjumlah kurleb 60 orang plus guidenya beberapa orang, naek kapalnya kagak campur aduk sama rombongan orang lain. Jadi kagak pake antri lama2, langsung berangkat. Caoooo.....

Inilah bentuk kapal yang kita naekin dan tampang2 TKW yang pada mau dideportasi nihhh...hehehheee...mukanya masih pada cerah ceria .....belum pada kena mabok laut. Dan pada akhirnya ....korban2pun berjatuhan, banyak yang mabok laut dan kejadian juga tuh gua jackpot sodara sodara! hahahhaaa.....jijay banget, kayak kagak pernah naek kapal aja...hihihihhii, emang jarang2 juga kaliiii naek kapal. Segini ombaknya gak gede2 banget, masih normal karena berangkat masih pagi.

Setelah terombang ambing di laut sekitar kurleb 3 jam...(lupa liat jam), akhirnya kita nyampe juga di Pulau Tidung. Ternyata rame banget loh pengunjungnya di week end begini. Orangnya seliweran dan ngantri di dermaga baik yang baru dateng ataupun mau balik ke Jakarta.

Rombongan kita langsung digiring ke rumah tempat tinggal kita nanti buat taro tas. Untunglah rumah penduduknya biarpun bentuknya kayak rumah petak kontrakan gitu, tapi yang penting bersih sih. Kayak begini lah rumahnya dan bentuk dalemnya. Lumayan lah, ada TV dan kulkasnya. Walopun pas mandi ternyata airnya asin bo.....yahhh iyalahhh, air laut gitu lohh!

Setelah itu kita menuju tempat makan siang dan disambut welcome drink berupa kelapa muda. Wihhh, segerrr juga sih siang2 tengah bolong gini minum air kelapa muda. Cuman sayang, makan siangnya kurang bikin napsu, karena yahhh maklum aja makanan orang di kampung..apalagi di pulau begitu. Sayur2an nya aja mana ada yang fresh. Tapi kalo dah liat lautnya sih , gak usah khawatirin soal makanan. Terus terang gua enjoy aja dua hari disini biarpun makanan gak mendukung. Dua hari ini gua makan popmie sodara2...hehehehee, kembung kembung dehhh....

Sehabis makan, kita langsung beres2 buat snorkling ke pulau2 sekitar Pulau Tidung ini. Jadi kita berangkat lagi dengan perahu yang lebih kecil. Kira2 45 menit lah lama perjalanannya ke tempat snorkling ini. Ternyata pas kita sampe udah rame sama rombongan orang lain. Gua sih kagak ikutan nyebur, jadi photografer aja deh ngeshoot2 in yang pada snorkling. Kalo yang karang laut itu gua ambil foto dari guidenya yang bawa kamera anti air. Mantap juga ya karangnya.

Udah abis snorkling, kita mampir ke Pulau Payung yang deket situ. Disitu malah kita jajan bakso, popmie, minuman dll. Trus ada games2 dari EO nya juga. Tau2 udah sore aja disini dan gua masih sempet foto in sunsetnya. Akhirnya kita pulang paling terakhir dari pulau ini, sampe tuh pulau sepiiii. Hih, serem juga naek kapal kecil malem2 gini, gelapppp bo. Untung ombaknya sedang2 aja.

Nyampe penginapan dah jam 7 malem, semua sibuk mandi dan bersih2 sekalian makan malam. Tapi yang grup gua kagak dapet makanannya karena ternyata nyasar ke rumah grup laen. Yahhh ampunnn, akhirnya EO nya pesen makanan lagi dan baru dibawain makanannya dah jam 9 an, itupun saat kita ngumpul di pinggir pantai buat barbeque an. Kirain barbeque annya apaan gitu, taunya cuman ikan ayam2 doang tok. Kagak ada jagung, kagak ada yang laen. Paket hemat sihhhh.....hehehehhehe. Itupun acaranya kagak jelas....barbeque an bukan kita yang bakar, cuman duduk2 di tiker nadangin angin pantai yang gede banget. Lama2 masuk angin dehh. Buru2 pulang aja ke penginapan dan kita lanjutin maen kartu aja sambil poles2an bedak sambil ketawa ketiwi. Trus gua juga makan pop mie lagi......Tau2 bubaran maen kartu udah jam 1 malem...Waksss, saatnya bobo lahhh, daripada sakit masuk angin ntar.

Tapi tidur juga kagak bisa tidur nyenyak. Jam 2 pagi masih belom tidur. Eh jam 1/2 5 ada alarm bunyi. Yahhh kepaksa bangun deh. Emang sih di jadwal acaranya kita mau ngeliat Sunrise di Jembatan Cinta. Semua langsung beres2 mandi , sarapan (popmie again....glek glek!), tapi kok sampe jam 7 kagak ada tanda2 suruh kumpul . Ternyata yahh pada tewas semua...alias tidurrr! Jadi acaranya terserah aja! Jiahhhhh, bilang kek....tau gitu kan bisa tidur lagi.

Tapi yah udah bangun, udah cuci muka, yah udah terpaksa keluar aja dah. Sepi2 aja di jalanan kagak ada orang. Emang sih ada beberapa yang naek sepeda, ada becak motor loh disini buat orang yang males jalan kaki ke jembatan cinta, kan lumayan sekitar 1,5 km an lah dari penginapan kita, sampe ada juga angkot versi sini deh, buat angkut orang juga tuh ke pantai.

Harusnya sih ditiap rumah ceritanya dapet sepeda per orang untuk kita pake ke jembatan cinta itu. Tapi kok kagak ada satupun sepeda yang disediain. Akhirnya daripada nunggu lama, kita jalan kaki aja rame2. Sepanjang jalan sih sepi2 aja, gak banyak orang. Taunya orang2nya pada numplek di jembatan cinta Pulau Tidung ini yang emang terkenal indah lautnya. Wahhhh, semangat deh liat laut yang ijo2 dari jauh. Emang bagus sih yaaa....Kalo gua sih emang demen liat laut begini. Udah kagak inget dokter kulit, kagak inget kulit gosong2, kagak inget dekil2 lagi deh. Langsung sibuk sama kamera...yakkkk banci foto beraksi...jeng jenggggg...

Ini nih yang disebut Jembatan Cinta Pulau Tidung. Orang2 banyak yang loncat dari atas jembatan ke laut di bawahnya. Sampe anak kecil juga berani loh. Aernya emang bening2 ijo gitu...Ademmm keliatannya. Bagusss kann?

Nah dari jembatan itu kita bisa jalan ke Pulau Tidung kecil di seberang laut sana. Jembatan kayunya itu udah banyak yang keropos dan bolong2 , jadi harus ati2 lewatin sini. Kebayangnya kalo pas tsunami pgimana ya? abis deh nih jembatan....hihhhhh. Tapi justru spot foto paling bagus tuh pas di tengah2 jembatan ini. Keren banget, karena pinggir2nya semua kan laut. Harusnya sih jembatan ini dirawat dan dilestarikan nihh.

Kita jalan sampe ke seberang, dan malah jajan minuman di warung yang ada di disitu. Malah foto di atas kelapa dibelah2, jadinya bagus juga....hihihihii, apa aja deh difoto. Sampe motor fukuda orang juga jadi spot foto kita deh.

Nahh, disini ternyata banyak fasilitas juga nih. Ada banana boat, ada kayak, bisa snorkling, bisa berenang, bisa sewa naek kapal juga buat keliling2 ke pulau2 sekitar sini. Jadi harusnya kalo dikelola dan bikin hotel, harusnya tambah terkenal kali nih pulau. Sayang....blom ada. Ini aja harusnya kita ada acara tanam pohon bakau, tapi berhubung waktunya mepet, jadi dibatalin deh diganti dengan acara bebas (kalo bagi gua berarti acara sesi foto2...hihihiiiihi)

Yahhhh, akhirnya kagak ada pesta yang gak selesai...gak ada liburan yang gak usai. Abis foto, kita beres2 mandi , makan siang, lalu langsung check out. Harusnya kita ada jadwal mampir lagi ke pulau Onrust, tapi berhubung waktunya mepet dan takut keburu sore kemaleman di laut, jadi kagak pake mampir lagi deh. Tapi untung juga kagak mampir. Pas pulang itu bener2 gilaaaaa ombaknya gede bangetttt! Sepanjang jalan di laut yang hampir 3 jam itu gua stress berat! Kapal udah kayak mau terbalik. Doa gua udah kayak rudal, komat kamit dalem ati doang. Kirain orang mah gua tidur, padahal gua berdoa bo! hihiiihii....seremmm gila! Yang muntah pun banyak. Gua aja sebelomnya minum antimo hampir kagak mempan, mabok juga tuh, malah berusaha jangan muntah sampe keluar keringet dingin. Ampunnnn deh, untunglah kita sampe dengan selamat. Leganya minta ampun.....Thanks God.....Bener2 pengalaman seru yang gak terlupakan. Bye2 Tidung, welcome at Jakarta ...and back to work again. Ohhh NO....besoknya dah langsung kerja. hihiihihihi, paling juga di kantor goler2 gak jelas, alias malas2an karena cape banget. What a day!

1. ih kaya seru juga yah ke tidung... dan ternyata disini toh yang banyak foto burem nya... hahahahaha...

2. iya nihhh karena gua pergi sendiri kagak bawa photografer gua...hahahhaa...lu harus pergi dehh, bagus dan seru klo rame2 kesini teh..