Tuesday, October 22, 2013

GUNUNG PAPANDAYAN, GARUT ( PART 2 )

Setelah merasa "agak tersiksa" sedikit akibat tidur berempat dempet-dempetan di dalam tenda yang imut dan mungil itu, sekitar jam 5.30 pagi terbangunlah kita oleh suara si Kang Djawa yang bangunin kita buat menyaksikan sunrise di puncak Papandayan ini. Ceritanya si Kang Djawa semalam setelah mendirikan tenda buat kita, dia balik lagi turun dan tidur di pos yang ada di parkiran bawah sana. Yahhh amplop...kuat bener tuh orang yahh. Kita aja udah pada gempor nyampe atas sini pengennya ngelingker aja di dalem tenda, eh dia malah balik lagi turun buat tidur dan jam 3 pagi dia udah harus naek lagi. Ck ck ck....salut dehh.

Oh iya, tadinya kita kan udah khawatir aja takut disini banyak nyamuk sampe bela-belain ke dept store buat beli krim anti nyamuk. Ternyata disini gak ada nyamuk sama sekali lohh, jadi bebas bentol deh. Yang ada mubazir aja tuh krim nya. Untung aja beli yang kecil, coba kalo beli yang ukuran gede, tambah nyesek aja bawa berat-berat. hahhahaa


Begitu dibangunin, kita seperti orang panik kocar kacir cari perlengkapan foto dan terutama sih cari jaket ,syal dan sarung tangan, karena udaranya dingin banget. Ditambah lagi anginnya bertiup kenceng, ini sih bukan semriwing lagi namanya, tapi beku...hahhaa. Masih untung tadi inget buat cuci muka tepatnya cuci mata doang bersihin belek...hihihihi. Soalnya itu air yang di dalem botol mineral dinginnya aujubilaah dahh ya. Gak bisa buat basuh muka, paling buat kumur-kumur aja buang hawa napas naga. Duhhh, gua agak gemes mengingat  di dalem ransel kita itu ada segala macem perlengkapan mandi macam handuk, sikat gigi, odol. Tapi  boro-boro keinget mandi dah, hawanya dingin kayak kulkas begini mana ada yang mau berurusan dengan hal kebersihan badan ya? Dan dijamin para cowo malahan senang banget dah gak harus sikat gigi dan mandi. Iya kann? Harap maklum lah kalo namanya kemping mah jorok-jorok dikit dianggap wajib hukumnya. hahahaha

Lokasi liat sunsetnya gua kirain jauh banget dari area perkemahan, taunya cuman 2 menit jalan kaki aja udah sampe deh. Ahhhhhhh.......gak pake nunggu lama, langsung terlihat lah semburat kekuningan sang matahari di balik gunung sana.
Saahhhhhh.......gayanya udah kayak dewi matahari lagi menyembah sang surya, memerintahkan sang matahari supaya buruan keluar....
Tuh kann, mataharinya nurut.....mulai malu-malu menampakkan dirinya....
Semburatnya mulai berubah menjadi agak orange.......
Asap putih dari kawah dibawah sana pun semakin jelas terlihat seiring dengan sinar mentari yang makin terang
Hmm....pantulan cahaya mataharinya bagus yahh...tepat di tengah2 gunung....

Haii kau matahari....aku perintahkan kamu keluar....perlihatkan dirimu! ( gaya choky di acara Take Me Out Indonesia )...
Terlihat sinar mataharinya udah semakin tinggi dan terang. Padahal ini baru jam 6 pagi loh...

Gak tahan kalo kagak narsis di atas sini....padahal masih  muka bantal...hehehehe
Akhirnya sesi liat ( plus foto2 ) sunrise udah selesai....dan kita baru nyadar tadi tuh melewati sekumpulan batang-batang pohon waktu jalan menuju titik poin liat sunrise, cuman tadi kan masih gelap. Sekarang udah agak terang, baru keliatan bagus. Gak lupa diabadikan dulu dunk .....
Nah kalo yang ini masih di jalan yang sama, tapi dibikin efek seperti lagi musim gugur gitu. Cakep juga yahh kuning-kuning coklat gini.....seperti dimanaaa gitu. Yah gak dimana-mana lah...disini ...di atas Gunung Papandayan ajahh!
Abis itu balik lagi ke tenda melongok anak-anak yang masih tidur nyenyak. Gak tega rasanya buat bangunin mereka....Beginilah tenda kita ...itu tuh ada dua tenda yang didirikan bersebelahan dan ditutup lagi sama parasut yang warna hitam, mencegah angin kencang dan juga jaga-jaga takut kalo tiba-tiba turun hujan pas malem-malem....tapi beruntung banget deh kita, semalem gak hujan...Malahan pagi ini terlihat cerah banget.
Tuh liat aja kondisi mereka di dalam tenda, begitu damai dan hangat.....( biasanya berantem kayak Tom & Jerry bo! ).
Kayak beginilah pemandangan sekitar area perkemahan yang dinamakan Pondok Salada itu....semalem kan gak keliatan, pagi ini semua terlihat jelas dan ternyata bagus juga....Dan anehnya, tenda-tenda sekitar kita orang-orangnya udah pada hilang semua....Hihhhhh....pada kemana ya? Itu orang? Yang semalem konser itu siapa dong? Halahhh...pokoknya tendanya juga cuman tersisa sekitar 3-4 buah aja, selebihnya udah gak ada....( merinding gak sihh? hahahhaa....). Maksudnya mereka semua udah pada lanjutin perjalanan lagi kali....kita ini sih termasuk kategori rombongan yang kesiangan bangun. Ck ck ck ...rajin-rajin banget deh. Emang sih tadi waktu jam 3 subuh gua terbangun itu, mereka lagi pada bikin nasi goreng ( kedengeran dari tereakannya...gak sengaja nguping ...hahahha ).
Setelah menitipkan anak-anak sama asisten Kang Djawa, kita pun lanjutin acara hunting fotonya. Kita bakal diajak menuju ke yang namanya Tegal Alun. Apakah Tegal Alun itu? Saksikan saja sendiri nanti yahh....hehhehee , biar semakin penasaran. Dan tentunya sepanjang  jalan menuju kesana, kita bakal melewati pepohonan ijo-ijo dimana-mana....
Oh iya, ditengah-tengah pepohonan itu banyak selang air yang sengaja dibuat petani untuk mengambil sumber air dari sini dialirkan ke pertanian mereka di bawah ( tanam kentang ), bahkan ada yang sampe ke daerah Pengalengan (djmana tuhhh? ...dari sini keliatannya jauh banget ). Nah diantara selang air itu, banyak yang bocor ( entah disengaja atau tidak ), jadi banyak juga yang mengambil air untuk masak, minum bahkan mandi dari situ. Pas kita lewat sini aja, kita papasan sama sesama kempinger ( apa dong istilahnya buat tukang kemping ? ), yang asik mandi...beuhhh di udara dingin gini? Crazy! Dan dia santai aja tuhh jalan sambil bertelanjang dada ( masih bercelana pendek tentunya ), menuju ke tenda nya. Gua bengong aja....perasaan gua pake baju 3 rangkap plus jaket....dia malah mandi!!! #garuk-garuk kepala yang kagak gatel.....
Di perjalanan ini, kita bakal melewati Dead Forest ( Hutan Mati ).... batang-batang pohon yang sudah kering akibat terkena lava waktu gunung Papandayan meletus tahun 2002 silam. Wihh, tekstur tanahnya yang bergelombang dengan akar-akar pohon  dimana-mana serta tanah berwarna putih  tertutup abu vulkanik ini malah bikin pemandangan yang unik yah....
Hmm...susah deh kalo keturunan Sun Go Kong ....gak boleh nemu pohon, bawaannya pengen manjat melulu....yah minimal nangkring dehh...
Jangan khawatir nyasar..( yah eyah lahh...saya kan ada guide nya..hihihihi ), ikutin aja papan petunjuk menuju ke Tegal Alun....
Duhhhh...untung aja anak-anak kagak ikut. Baru sampe di hutan mati ini, rasanya udah mulai tersiksa kembali dengan jalur hikingnya yang arahnya menanjak....sampe harus ditarik-tarik kayak sapi nih, saking udah males kakinya buat melangkah.
Tapi begitu sampe di tempat yang agak tinggi, menemukan view yang sangat cantik ke arah area perkemahan ( sebelah kiri )....hilang semua keluh kesah yang tadi terlontar sepanjang jalan. Ck ck ck...bagus juga ternyata pemandangan dari atas sini.
Kalo kita tanya si Kang Djawa, jawabannya selalu sebentar lagi sampe....dari tadi sebentar. Haiayaaa....iyah juga sih, gua tiap 5 menit sekali berenti tarik napas dulu, jadinya lama sampenya. Dan yang dari tadi kita lewatin itu ternyata belom parah2 amat, di ujung tempat tujuan nanti kita akan bertemu dengan yang namanya Tanjakan Mamang, yaitu tanjakan yang paling curam dan terjal menuju puncak gunung ke arah Tegal Alun.
Jangan lupa bikin tanda jejak dulu disini.....
Itu jalurnya bener-bener terjal dehh......kalo ujan sih rasanya pasti licin banget
Dari sini juga keliatan puncak gunung  di belakang itu ( entah apa namanya...)...Hmm, kok disini jadi kayak komplek pegunungan yah? disini gunung...disana gunung juga....saya jadi bingung....( bingung mau foto yang mana....hahahhaa).
Ahayyyy.....udah lewatin tanjakan yang paling curam, nyampe deh kita disini.....
Hohohohoho.....jadi Tegal Alun itu adalah padang bunga edelweis...( yang juga sering disebut bunga abadi ).....terhampar luas di depan mata......
Bagi yang belum tau, begini lah penampakan bunga edelweiss itu....

Aroma wangi bunga edelweis pun bertebaran di udara....sungguh khas wanginya....susah dijelaskan dengan kata-kata....
Ngomong-ngomong tentang edelweiss, dulu waktu kita merit, kita kasih souvenirnya pot bunga keramik kecil dari Lombok dan didalemnya diisi sama sejumput bunga edelweiss ini lohh.....Jadi kalo sekarang kita berada di padang tempat bertumbuhnya bunga itu, kita jadi terbawa euforia.....kepengen foto-foto ala prewed outdoor.....Bahhh! hahahahhaa
Harap maklum yahh....dulu jaman kita merit mah belom ngetrend foto prewed outdoor....Hadeuhhh, kita seperti hidup dijaman batu aja ihhhh kalo liat muda-mudi jaman sekarang foto prewed outdoornya bagus-bagus dan kreatif....( apalagi jaman emak bapak gue dulu yeeee? masih beruntung ada fotonya...).
Makanya...sekarang ada kesempatan begini, tidak kita sia-siakan begitu saja....Bodo amat dah gaya nya gak sesuai juga....hahaha, abis gak ada pengatur gayanya sihh....Yang ada cuman si Kang Djawa yang kita suruh jepretin....wakakkaka. Asik yah, bawa guide sekaligus bisa jadi fotografer juga.

Nah yang ini sih ceritanya mau niru gaya di film2 korea gituu.......tapi kok jadi kayak nenek-nenek lagi dibopong gitu yahh? #langsung gosok-gosok krim antri keriput.

Ahhhh, kagak peduli deh orang mau ngomong apaa....pokoknya disini mah urusannya harus tampil gaya....narsis to the max is a must! Gaya loncat-loncat pun dijabanin....Satuuu
Duaaa.....
Tigaaa......( untung gak turun bero nih....wakakakakak.....). Ini gak terhitung loncatnya berapa kali tau.....kan tergantung fotografernya juga tohhh? Kalo gak pas jepretnya, harus ulang loncat lagi..Aduhhh , untung si Papi sabar yahh punya bini kok amazing ginii! hahahhaa
Kan prinsip gua, kalo berasa bakal ke tempat ini cuman sekali seumur hidup, yahh harus fotonya banyakan donggg.....hehehhee
Ehhh bisa juga gua angkat kaki sebelah gini....diatas batu pula. ck ck ck....biasanya di tempat rata aja susah....
Udah cape loncat-loncat, sekarang giliran gaya duduk deh.....modelnya ngaso dulu bentar....prett!
Tuhh bener aja.....ketemu rombongan cowo-cowo yang tadi berpisah sebentar karena sibuk dengan gaya masing2, eh mereka mau juga gaya loncat bareng2....Jadilah kita loncat-loncat lagi....Satuuuu
 Duaaaaa.....
Tigaaa.....( engap dahhh! ). Tapi liat hasil fotonya jadi ketawa sendiri....gaya loncatnya lucu-lucu banget!

Udah puas foto-foto ( dan juga udah mati gaya...bingung mau gaya apa lagi ), kita langsung jalan turun balik ke tenda. Tendanya udah mulai dibongkarin, jadi kita duduk ngegelosor di bawah pohon. Sementara Alvin dan Miko protes kenapa gua lama banget gak balik-balik. Mereka udah bosen gak ngapa-ngapain. Yahhh, belom tau aja itu perjalanan ke Tegal Alun juga perjuangan banget dah. Pulang pergi bisa 2 jam , belom lagi foto2nya.....hahahhaa. Akhirnya disumpel aja pake popmie, mereka langsung duduk anteng deh.
Setelah acara bongkar tenda selesai, semua barang diberesin, kita udah siap mau jalan turun gunung. Tapi ternyata barang-barang kita kok masih berat aja nih? Padahal ransum udah dimakanin, sebagian baju dan jaket udah dipake di badan, entahlah itu ransel masih berasa berat aja. Pengen dibuang aja rasanya. hahahhaa....Oh iya, jangan lupa kumpulin sampah2nya di dalam kantong plastik yah, karena sampah2 ini akan dibawa turun, gak boleh ditinggalin. Kita sih terima beres aja, kasih semua kantong sampahnya ke guide yang bawain. hehehhe....( ntar sampe bawah kasih tips tambahan aja...).
Si Alvin sempet foto levitation dulu nih....kerenn juga yahh nih anak gua...hahahhaa, gua aja susah mau foto gaya gini...dia cukup sekali loncat aja udah dapet efek melayangnya.....
Perjalanan turun gunung pun harus melewati hutan mati lagi.....kebayang gak sihh ini jam 10 pagi hari, tapi itu matahari panasnya luar binasa dahhh...terik banget, bikin hutan matinya bener-bener dapet efek dramatik matinya ( apa seehhh bahasanya nihh ). Pokoknya gersang banget dah!
Wewww....mana ada pendaki gunung yang kemayu pake payung segala? Cuman gua sihh yang bisa.....hahahahha...abis panas banget bo. Tapi untung bawa payungnya orange yahhh, kontras banget dehh jadinya di tengah tanah gersang tandus ini.....beuhhhh maksudnya? Maksudnya : kerennnn! hahahahahha
 Kalo dahulu kala sih naek gunung turun gunung kagak mikirin muka, mau bopeng, mau gosong, mau hitam, mau belang2, gak urusin muka sama sekali lah.Yang penting hepi bareng temen bisa hiking, kemping bareng-bareng.Ditambah lagi ada gebetannya.....itu gunung serasa gampil aja didaki....sahhhhhh!
Tapi sekarang : TIDAKKKKKK! Say NO to the sun shine....Gua masih mikir krim pagi, krim malam gua....hehehhee, jadi naek gunung pun harus siapin payung dunk, biar muka gak terlalu extrim kejemur. bisa totol-totol mengalahkan macan tutul ah....Pesen deh kali ahh sama pemerintah sini...mbok tolong dibangunin cable car kayak di China itu loh buibu pakbapak....pasti rame dan banyak nih yang kesini, lumayan kan nambah-nambah kas daerah....( sotoy banget dah ).
Oh iya, ini ngomong-ngomong kok ada rombongan yang nekat bikin tenda di hutan mati ini? Kalo malam hari kan disini sangat berangin....dingin pula....
Gilaaa juga yahh idenya buat nginep disini....di tempat terbuka begini. Siang ini aja panasnya banget-banget, dan mereka belum terlihat bongkar tenda siap-siap pulang seperti kita.

Hmmm...kebayang juga yah kalo gunung ini aktif lagii....hihhhh!
Nahhh ini jalur turun ke bawah.....udah hopeless....seperti tidak berujung... Entah kapan nihh sampe bawahnya....#garuk-garuk rambut ( belom mandi sih emang dari kemaren....ngaku dosa ihhh hahahaha).
 Keliatan jalan turun ini lebih gampang dibanding semalem......gua pikir kan keliatan jalannya, tidak seperti semalem yang meraba-raba, merayap, ngesot dalam kegelapan.
Tapi kenyataannya, ini licin banget loh....apalagi  kalo pake sepatunya gak mendukung
Yang ada gua dan Alvin jatoh-jatoh terus merosot.....sampe dua kali malahan. Lumayan sihhh pantat kebanting ke batu....untung kagak keseleo tangannya karena menahan beban tubuh....
Tuh liat, gersang banget kann. Dan masih jauh banget nihhhh sampe bawahnya....huhuhuhuu, emangnya disini kagak ada ojek ya? Harusnya sih ada loh. Kemaren sore aja gua liat ada yang kakinya angkle bengkak gitu, lalu dijemput sama motor tril sampe di deket kawah itu. Ck ck ck..hebat juga yahhh motor bisa mendaki gunung. Kalo tuh motor lewat, gua mau setop ahhh....tapi kok gak lewat-lewat nihhhhh! #hopeless.....
Nahh ini tempat stop yang semalem gua foto disini juga. Wihhh bagus banget yahh kalo siang hari, langitnya biru. Gua suka banget kalo foto langitnya biru-biru....
Ihiyyyy, akhirnya....kita udah mendekati kawah, berarti udah deket tempat parkiran nih....
Ini view ke arah kawah pada siang hari....cakep banget yahhh ....( kalo dibandingin yang sore kemaren ).
Satu lagi view kawah ....sayang sih gak turun ke danaunya ...abisnya disini aja kecium bau sulfur nya yang kayak bau kentut...Aku tidak sukaaaa. hahahhaa
Thanks God.....akhirnya sampe juga kita di tempat parkir mobil sekitar jam 11.45, jadi sekitar 1 1/2 jam jalan kaki dari atas tadi. Lebih cepat dari semalam waktu kita naek. Mungkin karena tadi kita kagak pake berenti-berenti lagi, soalnya gua udah gak napsu buat foto2. Wakakakka.....udah panas, beleleran keringet, napsu foto2 pun lenyap seketika, pengennya cepet turun dan nyampe mobil. Horeeee..... Semua narik napas lega karena kita semua selamat turun dari gunung. Tapi yah ituu, seperti yang gua sebut di postingan sebelumnya, pas kita sampe mobil itu, baru tau kalo ban mobil temen gua itu kempes karena kena batu tajam. Jadi si Kang Djawa tuh yang bantuin ganti ban mobil. Ck ck ck...hebat juga guide kita kali ini, serba bisa serba guna. Makanya gua bilang : gua rela banget bayarnya, udah kagak pake nawar ( seperti kebanyakan orang kata dia ), malah gua tambahin aja deh, kasian juga....
Dalam perjalanan yang melewati jalan rusak sepanjang kurang lebih 8 kilometer itu, sempet jepret ke arah gunung ( gak tau namanya  apa )....pas diliat kok bagus banget nih gunungnya....
Dari tempat parkiran Gunung Papandayan ke kota Garut menempuh sekitar 1 1/2 jam perjalanan. Jadi sekitar jam 1/2 2 siang barulah kita tiba di kota Garut. Tentunya sehabis turun gunung bawannya lapar berat. Kita jalan menuju ke arah RM Cibiuk itu lagi, tapi di sebelahnya ada rumah makan lain yang namanya Riung Desa. Kita mau nyobain makan disitu aja deh, ceritanya mau cari suasana lain. Menu yang kita pesen adalah paket nasi liwet ayam goreng. Ada paket yang bertiga, ada paket yang berempat. Pas banget deh karena kita kan ber 7 orang. Harganya disini gak terlalu mahal juga kok, paketnya itu Rp. 30.000 / orang. Rasanya lumayan enak sih...apa karena efek kelaparan berat? Entahlah...pokoknya abis ludes aja semua.
Karena letak restonya juga sebarisan dengan RM. Cibiuk itu, otomatis pemandangan di belakang resto ini juga sama-sama menghadap ke arah Gunung Guntur. Terus hawa disini juga adem-adem bikin males pulang. Yang ada sesudah makan kita baring-baring numpang ngaso dulu deh. Sekitar jam 3 sore, baru lah kita keluar dari resto dan siap jalan pulang balik ke Jakarta. Untunglah perjalanan dari Garut ke Jakarta tidak menemui kemacetan sama sekali. Kita nyampe rumah sekitar jam 7.30 malam. Thanks God....kita sampe dengan selamat di rumah masing-masing. Dan besoknya udah harus kerja lagii..Damn! Malam sebelum tidur, kaki dan paha udah dipijit dulu pake salonpas gel, supaya besok bisa jalan. Kalo kagak, mati dehhh nih kaki besok bisa jadi apa. Tapi diantara kita berempat, biarpun gua cewe, teuteup aja lebih perkasa dibanding cowo2. Buktinya, begitu sampe rumah, si Papi , Alvin dan Miko semua minta dikerok, ngakunya masuk angin. Bahhh! Kebayang kann....udah cape semua badan, kaki, tangan, masih harus kerokin 3 orang pula. Emosi jiwa gak sihh! Gua pengen cepet tidur, tapi yahhh pegimana lagi, panggilan tugas menanti ( macam tukang pijit aja ).

Tapi rasa cape pun tidak terasa lagi ketika liat hasil fotonya bagus-bagus...( menurut gua lohh yaaa ). Hmmm....jadi kepengen kemping lagi nihh. Kira-kira gunung apa yahhhh? Any idea? Ahh, tapi setelah balik ke Jakarta, seminggu ini rasanya sering baca status orang ribut hujan gede, petir dan gledek menyambar kencang....hihhh, jadi serem. Nanti-nanti lagi deh kempingnya....hahahhahaha, ini mau selonjorin kaki dan badan seminggu ini aja gak cukup-cukup rasanya. Udah dulu dah yaa....see you in next trip. babayyyy!

46 comments:

  1. Iya kok, hasil fotonya bagus-bagus banget memang! Memang indah banget sih ya pemandangannya, hehehe. Tapi memang kebayang dah perjuangannya buat nyampe kesana! Mesti hiking dulu gitu! Kaga ada cable car aja yang langsung sampe di puncaknya ya? Huahahaha :P .

    Dan padang bunga edelweiss-nya memang keren banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu ko....iyah nihhh, harusnya dibikin cable car gitu yahh...biar gak capee

      Delete
    2. Sudut pengambilan gambar atau fotonya yang menawan. Permainan warna yang indah sekali. Keren keren dah fotonya. CIamik bangeds. DI simpan dengan baik file file fotonya itu. Kalau ada lomba foTo bisa dikut sertakan. Indah fotonya mba. Very cool

      Delete
    3. Tengkyu mas asep.....iyah pasti disimpen dengan baik filenya

      Delete
    4. nah lho ketauan pak asep
      kirimin aja foto fotonya ke beliau siapa tahu dimasukin koran
      lumayan kan dapat royalti...

      Delete
    5. Iyah nihh semoga aja mas asep mau publikasiin nihh...hahahaha

      Delete
  2. wowww view nya bagus banget ya yan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh Man...bagus juga ternyataaa.....hahahha

      Delete
  3. Ternyata seru ya camping itu hahaha .. Tapi ga bisa mandi pasti rasanya berminyak semua. Kalo aku pasti sudah males foto. Dasarnya ga terlalu suka foto sih hahaha ..

    BTW bagus banget pemandangannya. Terutama padang bunganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget do....dan masalah gak mandi pastilah wajib hukumnya bagi para pekemping...hahahaha, mau mandipun sebenernya bisa, ada sungai atau mata air yang jernih kok airnya...

      Delete
  4. KEREEEEEENNNN...!! wah cc hebat nih campingnya. koko n anak2 jg seruu, mana foto2nya amazing semua...! Pasti lu udah langsung ngerencanain jalan2 lagi yaaa.. hihiihi

    #yosefin, thewirajaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu yos....hahahhaa, biasaaa....lagi longok-longok tempat amazing lainnya ...

      Delete
  5. kerenn , wkwkwwkwkkkk bener2 lu super narsis . hebat TOP abizzz !
    scenary nya emang bgs ! tp g ga bisa kl disuruh kemping kae gitu . g kan rese kl soal tidur n mandi ga bisa sembarangan . kl poto sesssion g bisa jabanin deh kikikikkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakka...tiba-tiba narsis gua akut ven....
      emang nih...kemping begini mah gak bisa setiap cewe ikut....bisa ribet pabeliyeut kata orang sunda mah...hahahhaha

      Delete
  6. Ngakak baca ini "tapi kok jadi kayak nenek-nenek lagi dibopong gitu yahh? #langsung gosok-gosok krim antri keriput."

    Kerenn bener foto sunrise nyaa.. Itu bunga edelweis juga kereenn.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa....abis pas diliat lagi sepertinya salah gaya...jadi kayak orang lagi sakit dibopong gitu..( yang salah orangnya sih yaa! hahahha)

      Delete
  7. Wah mantap nih perjalanan tripnya kali ini..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...mantapp banget man, tapi cuapeee

      Delete
  8. waaaa.... kayak bukan di indonesia ya hahahaha... pemandangannya bagus banget ci... fotonya cakep2...modelnya juga cakep ci hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mel, ..kurang promosi kali yah, gua aja baru tau nih ada tempat kayak gini di Indo...haahhaha ( udah pasti gua nya yang kuper ). ngomong2 modelnya itu bukan cakep mel,..tapi "emejing"...wkwkwkkw

      Delete
  9. OMG!! ciiiii.. itu sunrisenya super bagussss.. pasti betah lama2 liatin matahari yang pelan2 nyembul dari balik gunung :D

    emberr,, kalo digunung mah gak usah mandi ci.. gak keringetan, gak bau.. aku aj dulu pas naek gunung gede, 4 hari gak pake mandi! kagak ada kamar mandi jugak sih..hahahah..

    ngakak yang poto prewed! hahaha.. bisa sih ci mau ala-ala korea gituu.. tinggal gayanya di-cute2-in aja.. hakhakhakk..

    hadehh jadi menyesal gak ikutt.. pokoknya klo cici mau kemping2 lagi, trus ajak temen2 blogger, aku pasti ikut. klo yang laen gak bisa, aku tetep ikut! hhaahh

    ReplyDelete
  10. Iyah the...ntar klo mo kemping lagi diajakin dehh.....beneran lohhh yg papandayan ini bagusss banget ( bikin tambah nyesell...hehehe )

    ReplyDelete
  11. Baguss apalagi yg sunrise..laen kali gua pergi kudu bareng lu kali yeh..perasaan gua kemana2 kaga nemuin sunrise..berawan mulu hahaha.. dan poto lu emang ajib2 posenya wuahahaja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh klo gak nemuin sunrise mah karena lu perginya gak ajak gua sih viol...hehehhe, ahh tapi emang susah ditebak cuacanya sekarang. Bisa tiba2 ujan....padahal sebelomnya panas banget

      Delete
  12. hahaha ketauan
    pantesan suaranya kenceng. dari kemaren ga ngaku kalo keluyurannya ke hutan:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah emang bukan ke hutan sih....ke gunung ini mah....hehehehe, lebih kenceng lagi suaranya

      Delete
    2. jiah si mamih sama temen aja itungan
      hutan ama gunung mah bedanya tipis atuh...
      tapi keren kok kalo suaranya kenceng
      aku jadi ada temen... :D

      Delete
    3. Iyah nihh pgimana mau mesra yaa klo kenceng2? (Suaranya....)

      Delete
  13. Ciiiiiiiii bagus banget fotonyaaaaa, suka banget yang sunrise2 itu... Eh ada edelweis juga yah disana? Aaaaah mau banget kesana hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu re, iyah bagus kok disini buat foto2, ....gihh cari temen buat kesini...seru lohhh..hehehe

      Delete
  14. wahhh.... bagus2 bgt tempat nyaaa cii... beautiful view and lovely couple.... love it...

    baru tau juga ternyata penampakan bunga edelwies nya begituu... *norak.com..

    eniwei bener2 mami Fangki... mantappp...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ning....dah mampir kesini....lam kenal yaa

      Delete
  15. Viewnya kereeeeeennn!!! Cuma males sih kalo harus kemping segala hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang benr ngel...malesin banget tuh jalannya...tapi kalo bagus yah dijabanin aja dehh

      Delete
  16. fotonya bagussssss ci...
    gaya loncat2nya bikin ngakak deh..hahahaha... :D
    tapi kalo gw naek kurasa sampe tengah jalan pasti dibopong. akibat gak pernah olahraga. hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh yeklin...hahahaha,iyaa nihhh harusnya dibikin cable car yaa biar orang yg mau keatas kagak pake cape

      Delete
  17. foto fotonya emejing bangeeett...

    ReplyDelete
  18. ASTAGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA... *harus caps lock, soalnya nulisnya sambil ngaga*
    itu foto2nya KEREN BANGET mbaaaaaa... HUaaaaaaah

    Btw, seru juga ya kemah gitu. trus pas bangun ketemu pemandangan kece.. haaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....jgn lupa mingkem ya be, nganganya jgn gede2....kalo dah sekali kemping ketemu yg kece, jadi ketagihan be...

      Delete
  19. Mantaapp :D (Y)
    keren2 potonya., aku nemu blog ini dikasih pak ivan hehe.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheehe...iyah itu foto kan kang Djawa juga yang jepretin...nuhunn kang

      Delete
    2. sama2., semoga tidak kapok kesini :D

      Delete
    3. Kapok sih nggak .....tapi saya mah balik lagi kesitu kalo udah ada cable car nya deh...hahahaha

      Delete
  20. fotonya memang bagus ciii :)

    ReplyDelete