Friday, November 22, 2013

PEKANBARU TRIP

Ceritanya beberapa bulan lalu ( sekitar bulan Agustus ), gua ngebolang ke Pekanbaru dan ini merupakan kunjungan yang ke sekian kalinya. Mungkin ada lah 3 atau 4 kali gua kesini. Jadi udah cukup familiar lah dengan hawanya yang panas dan kemaren itu juga emang panas banget disini. Katanya sih karena efek dari hutan sawit yang semakin banyak dan juga sumber daya alam mereka yang tanahnya mengandung minyak bumi. Benar atau tidaknya yah aku tidak tahu deh ya...hahahhaa

Nah karena kota ini kota minyak, makanya gak heran kotanya dah rame dan cukup pesat kemajuannya karena banyak investor yang datang kesini.Terakhir gua kesini belum ada jalan layang, eh sekarang udah ada jalan layangnya. Kalo dulu pertama kali kesini agak bingung, dimana sih letaknya si Pekanbaru ini. Kan nilai geografi gua agak pas2an gitu. Peta buta paling susah hapalinnya. hahhaha...Sering ketuker antara Pekanbaru sama Bengkulu...yah pokoknya masih sama2 di pulau Sumatera lah yaa....hehehee. Tapi jelas letaknya berjauhan, Pekanbaru mah lebih deket ke Medan ( Sumatera Utara ), sementara si Bengkulu lebih deket ke Palembang ( Sumatera Selatan ). Eh bener gak ya? ( gak yakin juga....hahahhaa).

Terus, kemaren itu gua nginep di hotel Swissbell Inn yang letaknya persis di samping mall SKA, jadi tinggal ngesot aja udah sampe deh ke mall. Asikk kan...( tapi gak asik ah, gua cuman sekali doang ke mall nya...sisanya kerjaaa dan kerjaa...sighhh ). Nahh begini deh sekilas penampakan lobby hotelnya :
Dan ini kamarnya....standard lah yaa...yang penting ada bed nya...hahahha
Terus kita naek ke rooftop nya.....eh ada kolam renang mini nih...lumayan banget sih buat berendem berendem mah...cuman emang kagak niat aja bawa baju renang, bisanya cuman  liat-liat doang disini.

Sayang banget malem ini langitnya ketutup asap....iyah ASAP! yang katanya....(katanya lohh) akibat pembakaran hutan liar buat dijadiin lahan kebun kelapa sawit. Arghhh, tebel banget asapnya. Sampe agak menyengat di hidung. Dan view dari atas sini ke arah kota pun jadi terhalang...cuman samar-samar aja...

Bangun pagi pun langitnya teuteup masih kelabu...masih tertutup asap....
Penasaran naek lagi ke rooftopnya di pagi hari....yah sami mawon, asapnya dimana-mana. Parah banget yahh? Ini warga sini mungkin banyak yang kena penyakit saluran pernapasan gitu kali ya? Habisnya setiap hari menghirup asap begini.....Sementara kemaren yang paling heboh kan asap nakal ini melanglang buana nyampe ke Singapore dan Malaysia....sehingga mereka pada protes sama pemerintah indo ( entah ditanggapi atau kagak tuh yaa? )...apalagi warga yang disini nih?

Ngomongin kuliner, di Pekanbaru ini ternyata gua baru ngeh kalo kulinernya enak-enak juga loh. Dulu gua kesini kurang tepat waktunya sih, lagi bulan puasa. Jadi kalo bulan puasa disini tuh rata-rata semua restoran tutup loh. Tidak ada satupun yang buka ( buka secara terang-terangan maksudnya...jadi pintu restonya mah ditutup, kita masuk lewat jalan belakang...haiyaaa! ), jadi gua susah mau cari makan siangnya. Kalo malem baru deh bisa makan dengan banyak pilihan. Nahh, kunjungan kali ini, gua sempet cobain makan di Pondok Gurih. Pilihan makanannya cukup bervariasi dan enak pula. Kemaren lupa difoto pesenan kita, soalnya udah lapar semua. Hahahaa....tapi yang gua inget disini yang enak adalah ikan baung, ikan bilis, dan ada terong goreng terasi nya. Sebelumnya, kita dikasih dessert kue khas Pekanbaru yang rasanya enak. Cuma lupa namanya...rasanya seperti puding hun kwe gitu dingin-dingin pula disajikannya, kuenya dicetak didaun pisang....enakk dahh pokoknya. Kue apa yahh? Ada yang tau gak nihh?
Selaen itu kita makan di salah satu resto chinese yang menunya adalah nasi campur hainam, dengan dagingnya yang melimpah ruah dalam satu porsi. Puas dah makannya. Ini juga enak rasanya.
Habis itu ada yang namanya udang tanah atau rama-rama atau makao he...ini sejenis udang, tapi badannya seperti kepiting karena cangkangnya keras. Katanya sih cuman ada disini aja, gak tau juga kebenarannya ...hehehe. Kodok goreng mentenganya juga lumayan enak rasanya.

Terus, kita cobain juga makan sate rusa, steik rusa dengan minumannya terong belanda. Sluurrrpp...mantap banget deh ini rasanya. Hmm...susah dijelaskan rasa daging rusa itu....pokoknya gua doyan karena emang enak banget. Cobain aja sendiri kalo pas kesana....hehehe

Kalo malem hari belom kenyang, boleh juga cobain makan duren disini. Harganya sekitar Rp.20-25 ribu....dan rasanya yah kayak duren. Hahahhaa..maksudnya bagi gua sih enak2 aja karena gua suka duren. Dan rasa durennya gua bilang sih sama aja kayak duren di Indo pada umumnya ( gak seperti duren Monthong gituu loh ). Yahhh lumayan lah menghibur hati yang udah lama gak ketemu duren enak...
Sayang nih gelap2 tempatnya, jadi fotonya gak menarik yah. Ahh yang penting mah rasanya dong...Mantapp!
Gak lupa mampir ke toko oleh2...tapi bingung banyak banget jenisnya....dan akhirnya gua cuman beli lempok durennya aja deh....

Oh iya, ada juga resto chinese food yang masakannya bener2 enak. Namanya Taman Anggrek..kemaren cobain kodok goreng mentega dan ayam goreng kremesnya enak juga. Terus ada foodcourt yang salah satu menunya adalah siput gung gung, nahh yang ini enak juga nihh! ( lupa difoto euy...). Yahh pokoke pulang dari sini tambah gendut lahh...aselii! *cubit-cubit pinggang...

Akhirnya kunjungan singkat ini harus disudahi....udah harus balik lagi ke Jakarta deh. Heran, kalo udah waktunya pulang, gua berasa cepet banget, masih kepengen maen2 disini.Tapi kalo baru sampe, rasanya lama banget, pengen cepet pulang. Hadeuhhh....emang gitu kali ya perasaannya kalo lagi jauh sama keluarga?
Oh iya, bandara di Pekanbaru udah direnovasi juga nih...ala-ala luar negeri gitu deh. Cuman sayang, luasnya nanggung. Jadi dibilang gede banget juga kagak. Dibilang kecil, yah yang pasti lebih gede dari bandara Bangka.....serba nanggung gitu lahh..
Yahh....kalo disuruh balik lagi kesini sih boleh-boleh aja dehh....gratis ini, asal jangan lama-lama aja! hahahaha

37 comments:

  1. wow lengkap banget mbak laporan perjalanannya :D kayanya kalau ada lomba menang neh hehe durennya asik neh jadi keinget istri saya lagi ngidam tapi gak boleh makan duren (banyak-banyak:D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...tengkyu dah mampir...iyah tuh klo lg hamil katanya gak boleh banyak2 makan duren...katanya lohh

      Delete
  2. Ke Sumatra lagi.... makan lagi... doh kalo gue kerja di kantor lu ci, udah gembrot super kali hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh le benerrr...ini aja udah diet gak berhasil2..banyak godaannya...pfyiuhhh!

      Delete
  3. ihh enak banget tuh nascam , g aja lgs ngences .. ciak ba lah .. ho ciakk !! ahahaaaa
    iya2 ya lu sering bgt tugas kntr ke luar , g mah jarang banget . biaa jaga kandang aja ga kemana2 .. ha222
    btw swissbell htl termasuk OK lah .

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang enakk banget tuh nascam nya...ho ciakkk ven! hahaha
      sebenernya gua males banget sihh harus keluar2 kota begini..bikin jadwal diet kacooo!

      Delete
  4. wow... durennya banyak banget hahahaha... itu kolam renang di rooftop keliatannya keren deh... sayang ya asapnya ganggu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah lumayan sih mel kolam renangnya buat berendam.....digangguin asap yah pada males dehh

      Delete
  5. Iya sih si Kelapa sawit itu ngerusak alam kan emang, makanya bisa bikin panas..huhuh.. Duren nyaa menggugah seleraa banget.. Sllrppp

    ReplyDelete
  6. Selalu yang bikin ngiler adalah postingan makanan-makanannya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh begini dehh kalo sambil kerja, yg bisa difoto makanannya aja...

      Delete
  7. kemana2 tetep makannya biba dan duren yah ciii.. hahahah.. tiati kolesterol~~~ :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iyah nihh the...ketemu yang enak2 lupa deh sama penyakit yang mengintai...

      Delete
  8. Foto makanannya kayaknya enak-enak!! Hehehe :D

    Wah, sayang ya berarti kalau pas musimnya asap gitu. Kemana-mana asap doang dan nggak sehat kan, hmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diakui sih ko, disini chinese foodnya enak2.... Hehehe. Iyah asapnya jelas ga sehat tuh....mungkin dah bnyk yg kena penyakit pernapasan kali, cuman angkanya blom masuk KLB aja....

      Delete
  9. seperti biasa... bikin ngiler postingan makanannya ci hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...siapin anduk des...tadangin ngeces...

      Delete
  10. mih mih jangan ngeledek mih...
    aku lagi kekurangan gizi di tengah hutan. dipamerin makanan gitu rasanya sakit ati bener, heheh...
    beneran liburan keren nih
    *bonus asap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh lohh...ini yang lagi di utan kenapa juga nih sakit ati...padahal jarang makan ati tohh? nemunya lalapan doang kan?

      Delete
    2. jelas makan ati lah...
      tiap hari nemunya lalapan doang ga pernah bisa laplapan sama istri di rumah...
      *sambit panci

      Delete
    3. Hahaha...stok panci dah abis....sambit pake gayung aja

      Delete
  11. ngiler2...... laper... pengen cepet2 pulang.....

    Sayang yah jadi berasap gitu kotanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar juga kalo udah balik jakarta bisa puas2in makannn do.hehehe

      Delete
  12. wah mantap nih, jalan-jalan terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum lahh...masih jadi kuli..ini kan jalan2nya urusan kerjaan Man...hehehe

      Delete
  13. OMG mba'nyaaa.. Aku kalau buka blognya mba Yance ini pake deg2an loooh.. soalnya pasti ada foto makanan enaaaak.. kan jadi pingin.. hahahaha..

    Btw, sayang banget ya yang soal asap ituu :( Jadi kebayang ga enaknya udara disana kalau selalu ada asapnya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe....gawattt deh bumil bisa ngeces ya...ngintip aja be...

      Delete
  14. Kolam renang hotel nya cakep bener, jadi pingin ikutan berenang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih lebih cocok buat berendam bro...saking sempitnya..hehehe

      Delete
  15. mampir ne.. http://juanita-sari.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. keren banget kolamnya,pengen nyebur :D

    ReplyDelete
  17. aku nyaris tuh nginep disitu waktu baru buka.. tapi karena waktu itu lgi ada promo harga kamar di hotel bintang 5 yang ternyata harganya cuma selisih 20 ribu doang, akhirnya aku pilih nginep di hotel bintang 5 nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahhh pasti enakan yg bintang 5 dong ri....hehehe

      Delete