Saturday, January 24, 2015

JALAN JALAN KE VIETNAM ( PART 2 )

Musim hujan telah tibaaaa....enaknya selimutan dan leyeh-leyeh aja yaa. Tapi masih ada postingan yang ketunda nihh, harus dituntaskan segera. Mariiii, kita lanjutkan lagi blusukan di Vietnam sebelum kelamaan ....* udah mau narik selimut lagi....dan tambah lupa apa aja yang mau diceritain...hehehe ( maklum lah faktor U ). Yang belum baca part 1, klik disini : Vietnam Trip ( Part 1 )

Jadi ceritanya, pagi-pagi kita udah harus cek out dari hotel New Star Halong di Halong City. Oh iya semalem kan gak keliatan hotelnya, nahh pagi ini udah terang , beginilah penampakan hotelnya :

Hotelnya segitu udah yang paling bagus dibanding hotel2 dari seluruh perjalanan kita.  Pantesan murah kann paket tournya...ditekan di hotelnya jadi dapetnya yang biasa-biasa aja. Padahal di Halong City ini bertaburan hotel-hotel berbintang dan mewah karena udah menjadi kota tujuan wisata dunia kan. Terutama turis dari China yang tinggal nyebrang pake kapal fery.

Setelah cek out, kita melanjutkan perjalanan ke Hanoi ( lagiii ), seperti sebelumnya kita dateng ke Halong City, jadi kita bakal duduk di bis sekitar 3 1/2 jam lagi. Dan tentunya diajak mampir pula ke toko yang jualan oleh-oleh yang tempatnya mirip seperti kemaren juga. Hadeuhhh, gua udah gak napsu beli2 lagi karena udah tau harganya kemahalan. hahahha.

Memasuki kota Hanoi, kita bakal diajak memutari jalan dimana terdapat gedung yang dijadikan gedung opera gitu...bentuknya memang bagus sih...
Dan baru bisa melihat-lihat kota Hanoi...
Di tengah kota terdapat Hoan Kiam Lake yang konon katanya terdapat kura-kura besar yang sudah berumur ratusan tahun dan dipercaya melambangkan umur panjang. Tapi kita tidak berhenti disini cuma lewatin aja karena mau makan siang. Foto ini pun sebenernya ada dua danau, satu di barat dan satu lagi di timur..entah bener ga ini yang dimaksud Hoan Kiam Lake nya....anggap aja bener ini danaunya ya...*maksa...soalnya udah lupa...
Kita makan siang di resto Thang Long, yang di saat kita makan akan dihibur dengan pengamen penyanyi dengan alat musik tradisional Vietnam. Bentuk restonya seperti ruko tempat tinggal...disini tuh kebanyakan lahannya kecil tapi bangun gedungnya bisa beberapa lantai gitu...
Makanannya enak-enak...
Setelah makan siang, barulah kita city tour di Hanoi. Yang pertama kita kunjungi adalah One Pillar Pagoda. Tapi saat kesini sepertinya sedang direnovasi, jadi agak sedikit berantakan dan acak-acakan sekelilingnya.
Disini orang-orang bersembahyang dan memohon sebuah permintaan yang biasanya adalah meminta keturunan ( anak ).
Dari pagoda, kita berjalan sedikit akan sampe ke Ho Chi Minh Maoseleum...
Di depan gerbangnya terlihat penjaga berseragam putih. Di dalamnya adalah tempat Ho Chi Minh dibaringkan ( mayatnya diawetkan/dibalsem ). Sayang kita tidak bisa masuk karena jam operasionalnya ternyata sampai jam 12 siang, sementara kita kesini setelah makan siang tadi udah jam 1 an.
Lapangan di depan Ho Chi Minh Maoseleum inilah yang disebut Ba Dinh Square....luas lah pokoknya kalo dikelilingin mah...Sayang banget disini ujan terus jadi jalan-jalannya kurang leluasa. Selain air hujan yang mengguyur kepala, angin yang berhembus juga membuat hawanya dingin banget....
Selanjutnya kita akan berjalan kaki mengunjungi rumah yang pernah ditinggali oleh Ho Chi Minh
Kalo yang suka sejarah yah bakal seneng lah berkeliling disini....
Dan ini mobil yang ada di garasinya....jaman itu udah pasti keren banget yaa
Di dalam komplek sini ada danau buatannya juga...asri dan adem...
Inilah yang disebut House on Stilt...rumah yang dahulu digunakan Ho Chi Minh untuk tinggal dan bekerja...bentuknya seperti rumah panggung. Inilah bentuk kesederhanaan sang pemimpin.
foto by one of myfriend
Perabotannya masih terawat dengan baik..
Di dekat pintu  keluar akan ada toko-toko tempat berjualan souvenir.
Kita akan keluar dan tembus tepat di belakang bangunan maoseleumnya. Jadi ini view dari belakang maoseleum.

Di taman belakang maoseleum itu ada patung seorang bernama Francis Henry Loseby...nah ada yang tau ini siapa? Sejarah gua mah cetek banget, kagak tau apa-apa...hahaha

Setelah city tour disini selesai, kita langsung menuju ke airport. Ini tournya kerjaannya bolak balik antara Ho Chi Minh ke Hanoi, lalu balik lagi ke Ho Chi Minh. Jadi waktu kita habis dehh di bis ( 8 jam bolak balik Hanoi - Halong City ), lalu di airport dan di pesawat ( Ho Chi Minh ke Hanoi 2 jam pake pesawat ). Ampunnn dehh, waktu shoppingnya kagak adaa! *protes dalam ati. Di airport Hanoi, gua nemuin toko yang menjual buah-buah seperti di foto, tapi gua gak tau namanya apa. Bener-bener buah yang aneh bentukya. Ada yang tau buah apakah ini? *bukan giveaway tapi wajib jawab...hahaha
Singkatnya kita udah sampe ( lagi ) di Ho Chi Minh sekitar jam 8.30 malem. Jadwalnya adalah makan malam di hotel Ramana.  Makanannya lumayan enak-enak..ini perut udah kekenyangan tadi di pesawat makan mie, tapi nemu makanan begini terpaksa yah dimasukin ke mulut juga deh...
Di hotelnya ada yang lagi gelar pesta pernikahan, trus ada mobil pengantinnya....nebeng foto dulu dehh, siapa tau suatu hari nanti bisa punya mobil ini ..( semua bilang apaaa? Aminnnnnn! )
Sesudah makan malam, kita langsung cek in ke Kingston Hotel.  Nah hotelnya biasa ajaa kan, tempat tidurnya aja sampe per nya berasa dari atas kasur....
Kayak ginilah lobbynya....
Biarpun hotelnya biasa aja, selalu bakal ada spot yang bagus buat difoto. Contohnya yang dipigura ini awalnya gua kira cuma gambar biasa. Gua baru ngeh kalo ini adalah petanya Vietnam loh ( abaikan telunjuk gua...salah nunjuk, maklum geography nya lemah...wkwkwkwk )
Besok paginya, tempat pertama yang dituju adalah Cu Chi Tunnel.Wahh, hari ini rame juga nih yang akan masuk ke area ini...udah kayak antrian Dufan nihh...
Cerita sejarahnya googling sendiri aja yaa...*reporter pemalas.
Rombongan kita diajak masuk ke dalam rumah gubuk ini nih....*mau dijadiin kurban persembahan...wkwkwkwk, makanya gua pilih diluar aja lahhh....
Jadi disini kita akan dipresentasikan tentang sejarah Cu Chi Tunnel. Intinya,bangsa Vietnam yang dahulu berperang melawan Amerika, membangun terowongan bawah tanah sepanjang 250 kilometer dan sekitar 160.000 jiwa hidup di dalam tanah untuk bergerilya melawan Amerika dan akhirnya menang. Orang Vietnam ini membangun sistem sedemikian rupa, supaya di bawah tanah cukup oksigen untuk ratusan ribu orang, cukup makanan, minuman dan semua kebutuhan hidup sebagai manusia pada umumnya. Cu Chi Tunnel ini lah yang dibuka untuk turis-turis supaya bisa mengetahui dan membayangkan seperti apa terowongan jaman itu...tentunya terowongannya sudah digali dan dibuat agak lebar untuk kepentingan wisatawan yang mau masuk. Kalo ukuran sebenernya sih pasti pada nyangkut dehh...bahaya. Agak menyedihkan memang mendengar sejarah bangsa Vietnam waktu itu ya. Sekitar 3 juta orang meninggal ...dan mereka sekarang juga harus berjuang menghilangkan trauma masa lalu...( tidak benci kepada bangsa Amerika ).
Nahh contohnya kayak gini dehh....lubangnya pas badan. Kebayang kalo tentara Amerika kan gede-gede bodinya, yahh pasti nyangkut lah.
Belom lagi banyak jebakan-jebakan betmen di sana sini, itulah yang bikin tentara Amerika pusing dan menyerah kalah melawan gerilyawan Vietnam yang banyak akalnya.
Terowongannya yang udah diperbesar kayak gini lah...ini pun kita masih harus berjalan dengan menunduk karena pendek. Masuk ke dalam sini langsung berleleran keringet karena hawanya panas. Kebayang kan jaman dulu harus merayap karena lubangnya kecil.

Ada peninggalan tank baja bekas perang dulu...

Oh iya, disini juga dikasih liat cara pembuatan kulit lumpia vietnam yang enakk ituuu....bikinnya kayak crepes gitu...tipisssss banget.
Terus kita juga bisa mencoba tembak menembak disini dengan membeli pelurunya. Berisik banget disini, dar der dor...lama-lama di area ini bikin jantung copot. Terkaget-kaget terus. hahaha. Oh iya, disini kan dijual souvenir2 yang dibuat dari selongsong peluru tuh. Tapi tour guide udah ingetin supaya kita jangan beli, karena nanti di airport pasti gak lolos dan disita petugas, soalnya bahaya,  takut  meledak.
Yang disebelah kanan itu contoh2 bom yang dulu digunakan ukurannya mulai dari yang kecil sampe yang gede...
Setelah keliling-keliling di area ini, kita bakal disuguhkan singkong rebus....jiahhhhh kayak di Indo aja yaa makanannya singkong! wkwkwkwk. Tapi ini rasanya enak banget, karena dicocol dengan kacang tumbuk dan gula.
Diujung pintu keluar, ada semacam photobooth dengan patung Ho Chi Minh....
Dari Cu Chi Tunnel kita balik ke tengah kota Ho Chi Minh untuk makan siang. Restonya kali ini menunya cukup unik, ada sop tomat yang warna merah itu, rasanya enakk...asem-asem seger kayak tomyam. Terus yang di wadah hitam itu adalah sayur ikan dengan kuah coklat  sedikit kental. Rasanya seperti kuah pindang bandeng. Enak juga.
Setelah makan siang, kita diajak ke Reunification Palace atau Independence Palace....
Layaknya istana kenegaraan, ruangan di dalamnya tentu aja bagus-bagus yaa....
Ruang meetingnya keren yaa
Conference room nya bagus dan elegan...
Ini view dari atas ke arah lapangan depan istana...
foto by one of myfriend
Disini ada helipad nya juga nihh....dan masih ada helikopternya lohh...
Setelah itu kita menuju ke Notre Dame Cathedral ...keren yaa gerejanya....( apa orangnya??! *ditimpukin tomat ).
Kita sampe kelilingin gerejanya karena kepengen masuk ke dalemnya....ternyata waktu itu lagi ditutup, jadi gak bisa liat dalemnya deh...
Di seberang gereja ada bangunan kantor pos ( The Old Post Office ) yang sekarang di cat warna kuning gonjreng.
Yang terkenal dengan interior langit-langitnya yang unik kayak gini....
Dan ini ada yang lagi ngirim2 surat / kartu pos disini...ya kaleee...( gua gak tau juga mereka lagi ngapain tuhh ..hehehehe ).
Setelah itu rombongan kita "dilepas" di sebuah jalan yang katanya Orchard nya Vietnam...jadi kiri kanan jalan tuhh toko2 dan mall....waktunya shopping dehh!
Tapi yahh gak sepadat Orchard Singapore lah...disini mah masih sepii...selow-selow aja belanjanya kagak uyek-uyekan gimana....hahahhaa
Dan gua sempet kelilingin satu blok area sini, dan nemu gedung tertinggi nya mungkin ....lupa namanya...
Terus ada patung pahlawan sini kali yaa....Tran Hung Dao ( susah bacanya bo! hahahha ).
Dan tentunya harus ada yang berbau-bau Saigon dong yaa....
Setelah shopping di daerah yang lumayan elit tadi, sekarang kita blusukan ke pasar. Iyahh Ben Thanh Market itu bener-bener pasar tradisional, tapi bersih dan segala macem juga ada. Dijamin harganya lebih murah-murah dibanding sama yang sebelom2nya. Udah dehh, pada betah dilepas disini....
Buah-buahannya seger2 dan gede2, pernak2 souvenir juga lengkap...Makanan aneh2 juga ada. Dan yang jelas sih pada ngeborong kopi tuh. Padahal pas gua cobain kopinya, wekkkk! Gua bilang kagak enak, kopinya pahit....*bukan ahli kopi
Akhirnya gua mah bukannya belanja-belanja, malah wisata kuliner di pasar sini. Di seberangnya tuh ada Pho 2000 yang katanya dulu didatengin sama presiden Amerika dan makan pho disini. Yah udah kita juga gak mau kalah sama Mr.Presiden, harus makan disini juga. hahahha
Yang kita cobain adalah lumpia gorengnya. Rasanya yah emang enak sihh.. Terus di pasar itu juga ada food courtnya. Disitu kita cobain lumpia basahnya. Rasanya enak juga, cuma didalemnya itu ada sejenis daun2an yang tidak semua orang doyan. Di sepanjang jalan juga banyak penjual kelapa yang bentuknya lucu. Tapi pas cobain, rasanya xo xo lah, kelapa nya tua soalnya, susah makannya..Yang ada kita jadi tukang sulap, bengkokin sendok penjualnya...hahahhaa
Malam harinya, masih ada acara makan malam di kapal pesiar....*makan lagi....makan lagi....ck ck ck...Nahh bentuk kapalnya tuhh lucuu, berbentuk ikan gitu ...
Pengunjungnya rame juga malem ini. Ada jam2 nya kalo mau makan disini....kalo gak salah jam 8.00 malem deh.
Setelah makanan disajikan dan kita selesai makan, baru lah kapalnya jalan menyusuri sungai
Yah lumayan lah pemandangannya.... gedung-gedung pencakar langitnya penuh dengan lampu warna warni...tentunya tidak sebagus yang di Guangzou yaa. Tapi paling tidak ini di Vietnam udah bisa punya atraksi kayak gini....lumayan hebat kann! Dibandingin Jakarta? Kagak ada sama sekali ...Kalah dehhh
Oh iya, di atas kapal selain dihibur oleh penyanyi, ada juga pertunjukan semacam akrobatik. Cewe ini hebat juga lohh atraksinya. Di mulutnya itu menggigit pisau ( sejenis samurai ), lalu menumpuk gelas2 sampanye sampe setinggi itu... prok prok prok...*kasih applause..Tapi kasian juga, yang kasih tips cuma 2 orang....hadeuhhh, kasian beneran deh. Mukanya langsung sedih sesudah selesai pertunjukan...
Setelah makan di kapal, karena ini malam terakhir kita di sini, besok udah mau balik ke Jakarta, maka kita masih berusaha explore ke sekitar hotel. Dan hotelnya lumayan deket ke Starbucks. Jadilah kita nongkrong di situ. Menurut tour guide nya, waktu awal2 si Starbucks buka, antriannya panjangggg banget yang mau kesini. Sekarang-sekarang mah sepiiiii...mungkin nyaris tutup. Iyahh sih, pas kita ke sini juga sepii nih. Tapi ini memang udah jam 10.21 malem sihh yaa, udah pada ngantuk keleus.
Atau mungkin juga karena harga segelas minumannya tergolong mahal nih. Kayak yang di foto itu aja harganya 105.000 dong yang kalo di rupiahin sekitar Rp. 70.000. Ck ck ck...mahal juga yaaa. Kalo sering2 nongkrong disini yah jelas aja bikin cepet bangkrut...hahahaha
Udahan ngalor ngidulnya, baru deh puass udah menghabiskan malam terakhir di Ho Chi Minh. Buru-buru balik ke hotel dan baru sibuk packing2. Koper-koper semua udah pada membengkak nyaris jebol. Jam 1 pagi baru deh bisa beres semua barang udah rapi masuk koper.

Karena pesawat ke Jakarta nya jam 10 pagi, maka kita udah harus jalan ke airport jam 7 pagi. Otomatis hari ini morning call nya maju jadi jam 5 pagi. Busettt, tidur cuma berapa jam doang tuhh. Mata masih sepet udah harus bangun mandi. Trus jam 5.30 udah beres, gua berdua temen kamar gua niat banget tuh pergi lagi ke Ben Thanh Market yang jaraknya cuma 3 menit jalan kaki dari hotel. Jam segitu masih gelap boo! Ini gara-gara pada merasa oleh-olehnya kurang, masih mau beli-beli lagi terakhir kali sambil ngabisin duit dong yang tersisa. Eh ternyata jam segitu pasarnya udah banyak yang buka loh, terutama toko2 makanan.
Dan asiknya lagi, gua nemuin makanan yang kemaren2 kagak ada, yaitu sosis babi dan sejenis otak2 babi. Rasanya enakk banget. Berhubung ini masih pagi, sama penjualnya dikasih tester semua jenis dagangannya dia. hahaha..kenyang sama tester dehh..
Nahh kaya gini deh setelah sampe rumah tinggal masukin microwave aja....enakkk banget. Nyesel kagak beli banyak2...3 hari langsung ludes.
Singkatnya, kita udah sampe Jakarta dengan selamat walopun pas penerbangan pulang itu ternyata ramalan cuacanya kan emang bilang ada sedikit badai, jadi turbulensinya berasa banget deh. Mamaaaa....seremm banget goyang-goyangnya. Mulut udah komat kamit ngucapin segala doa yang gua inget...hahahhaa. Untung juga turbulence nya pas saat kita makan, jadi perhatian sedikit terpecah ke makanan...hehehhe. Kalo kagak mah bisa lebih parno lagi....

Dan seginilah oleh-oleh yang bisa keangkut di koper....everybody's happy!
Jadi begitulah cerita trip ke Vietnam kali ini. Di akhir perjalanan, si tour guide nya promosi in daerah lain di Vietnam yang katanya juga bagus yaitu Vung Tau , yang ada patung Yesus yang letaknya di atas bukit dan bisa masuk ke dalem patungnya untuk naek dan keluar di bagian pundak patung buat liat pemandangan ke laut. Wewww....sepertinya bagus juga yaa. ( mirip-mirip yang di Brasil gitu kali yaa ). Hadeuhhh.....
masa harus ke Vietnam lagiii yaaa? Menurut nganaaa?

THE END

1. Nama buahnya Buddha's hand, dijual bibitnya di Indo kok http://kebunbibit.id/tanaman/tanaman-buah/jeruk-tangan-buddha.html?cid=14

Biasanya dijadikan pengharum ruangan atau buahnya diiris2 terus dicelupkan dalam air atau teh, juga tumisan masakan yg membutuhkan lemon/citrus flavor.

1. wah tengkyu chris..akhirnyaa terpecahkan deh misterinya..aku baru tau ada buah namanya begitu...*kuper

2. Seru yan. Ikut Tour gini jd nambah pengetahuan ya yan. Kayak yg tunnel itu contohnya...
    Trus makanan makanan nya keliatannya enak enak banget pula... :)

Btw mobil pengantin disana dihias juga mirip mirip kayak di Indo ya :)

1. iyah lumayan deh Man bisa nambah wawasan..gak kuper. Jadi tau negara orang lain kayak gimana. Makanan sih untungnya cocok di lidah, diajaknya ke resto yang sejenis seafood dan chinese food gitu.

3. Hahaha, itu kausnya lucu ya gambarnya. Model Starbucks tapi orangnya pakai caping gitu :P .

Hahaha, patung Yesusnya di Lisbon juga ada tuh. Dan kita bisa naik sampe atasnya juga :P .

Kalo di Ho Chi Minh City kayaknya memang gitu ya. Tempat tujuannya kebanyakan berhubungan sama sejarah gitu :D .

1. iya ko, kalo city tournya begitu deh banyakan sejarahnya...hahahha. kaosnya lucu yaa..sayang nih gak beli banyakan..*buat dijualin...

4. Wah cantik juga bangunan hotelnya. Foto-fotonya keren.
    Makanan itu sama ya dengan makanan Indonesia.

1. iya makanannya umum...seafood dan chinese food gitu

5. Replies
    1. hahaha....itu mah saya yang bilang pengamen ( pake coret )...

6. koq aku berasa kayak mirip ama cina ya hahahaha....

1. Iyah mel...emang mirip2, masih satu kawasan benua juga sihh ya

7. Yang paling bikin Py pengen ke Vietnam suatu saat nnti adalah pengen tau dan lihat lgsg sejarahnya ci Yan :D Tapi kotanya ternyata bagus yah, hotel2 nya juga cantik..huhuhu.. Makin mupeng. :p

1. wahhh kamu cucok deh ke sini py....penuh sejarah nihh kotanya. Kalo aku mah suka shopping dan foto2nya doang....hehehe

8. satu hal positip ikut tur adalah makan yang ga ada habisnya ya cici.. meski kondisi perut dah meledak haha..
    tapi jadinya ga bisa explore street food disana padahal kan itu yg penting..
    foto-foto lu selalu cetar membahana! hidup ci yanche!!

1. bener yul....jadi gak bisa cobain yang street food nya, saking dijejelin makan terus...hahaha. Makanya gak bisa cerita soal jajanan2nya nih.

9. Kenapa pas mertua gue ke Vietnam, dia gak demen banget ya? Katanya yang bagus cm Ha Long Bay. Tapi pas gue liat foto2 lu... malah jd penasaran sama Vietnammm terutama MAKANANNYA! Gue tuh doyan banget vietnamese Food. Di Jakarta blm nemu yang seenak org Vietnam asli. Dulu pas jaman kerja di US ada lokasi yg khusus perkampungan Vietnamese, enak2 banget makanannya walaupun yg pny suka judes haha. Ngiler sm pho n toge2ny yg gede2 plus broken rice and pork chop. *dan perut gue skrg berbunyi krn lapar*

10. Emang sih le...tempat wisatanya terbagus disini cuman Halong bay itu. Sisanya yah tempat2 sejarah dan gedung2 peninggalan prancis doang. Yang jelas makanannya enak2 sihh yaa..hahahaha...

11. ci yance, dr postingan ini, baru tau jg ada ya buah yg model nya kaya gitu..
    kapal yg buat makan mlm nya cakep bgt ya, ada lampu2 sepanjang kapal.
    btw, kayanya kalo diliat dr foto2 yg ada, udang itu seperti makanan wajib ya disana?
    mupeng sm lumpia nya, kulit nya tipis bgt, sampe udang2 nya keliatan dr luar. slurrrppp..

12. iyah buahnya anehh banget yaa......kapalnya bagus sih, penuh lampu. Gua juga baru nyadar itu setiap makan pasti dikasih udang. Sepertinya disana melimpah kali, jadi hidangan wajib setiap resto..

13. ihh waw kece banget dah mamie yang satu ini, pemandangannya asik-asik yah adem enak diliat
    itu kalo aku yang masuk lubangya cukup ga yah? wkwkkk

salam kenal funky mommy :D

1. Lam kenal juga lena...lubangnya emang ada yang kecil ( ukuran sebenarnya ), ada juga yg sudah diperbesar....belom pernah tau ada yang nyangkut di lubang sihhh...hehehe

14. Sial .... pas jam makan siang masuk ke tempat mamie bikin laper. Knp mata gw mala melotot liat makanan hahahaha.
    Ngak jalan ama kiddos yaaa ???