Saturday, April 7, 2018

PAPSMEAR GRATIS

Holaaa....ketemu lagi kitaaaa....
Perasaan udah lama banget yaa gak update blog. Dari musim rambutan sampe musim dukuh berlalu, teuteup aja blog nya gak diupdate2. Sighhh....ibaratnya rumah yang gak ditempatin, udah pasti kotor dan berdebu, plus disarangin laba2 pula. Makin lama malah bikin tambah males kan yaa buat beberesnya. Begitu juga dengan ngeblog, makin gak posting apa2, makin beban banget mau memulai nya lagi...*dasar blogger abal2. Terus, kemana ajaa selama inih? Ada aja sihh, aku mah disini-sini aja, gak kemana-mana kok. Cuma lagi sibuk ajaa...sibuk berkutat sama beratnya hidup ini. Tsahhh! Berat banget nihh ngejalanin diet buat nurunin berat badan. Mau bilang ke Dilan, biar dia aja yang tanggung, akuh gak kuat.....*krik krik krik. Musim Dilan udah lewat keleus! Terus, lagi musim apa dong sekarang ? Entah lah.....seperti nya lagi musim lulu. Hahhh? Musim apahan tuhh? Ituhhh....musim si lu lagi lu lagi yang nongol dimana-mana. Heboh banget dahh! *if you know what I mean....apahhh? masih gak tau juga yang gua maksud? Hmmm...berarti anda kudet nihh....Coba lagi yaa...perbanyak nonton tipi gihh! Tipi Indonesia yaa...jangan CNN atau Fox channel....gak bakal ada. hihihihi...

Tapi gua bukan mo bahas itu lahh, siapalah gua ini mau ngejudge orang yang sama sekali gak gua kenal. Biar kata kenalpun, gua gak peduli akan kehidupan orang lain. Hidup sendiri aja udah berat, ngapain ngurusin hidup orang lain. Itu sih prinsip gua. Jangan sampe deh gua ketepa haters dan netijen2 jaman now yang katanya kebanyakan makan mecin sehingga hobbynya suka menghujat orang dan berkomentar sadis serta sok tau akan kehidupan orang lain. Wewww....haruskah gua buang stok mecin di dapur? Biar jangan jadi generasi mecin...Tapi, ahhh udah telat lah yaw, puluhan taon udah kemakan mecin berapa banyak tuhh. Untung sihh, otak gua gak sampe kena dampak parah. Perasaan sih masih normal2 aja....*menghibur diri, padahal mah udah setengah gila...wkwkwkwk!

Terus, ini teh mau bahas apahhh sihh sebenernya? Udah ngalor ngidul tambah kagak jelas aja ya. Biasaaa, ciri khas blog mamiefunky kan emang gituhh....harus ngalor ngidul dulu...baru ke inti masalahnya. Ibarat kayak skripsi aja ada pendahuluannya, masa blog gua kagak? Tsahhh! Bagus kan quotenya? hihihihi..... Jadi begini lohhh, maksud hati tuh mau kasih pesan sponsor buat para pengguna sosial media ( berasa udah tua banget ngasih2 nasehat begini ) : mbok yaa kalo mau bersosial media ituhh, hendaknya yang mempunyai faedah dan manfaat buat diri sendiri dan orang sekitar kita. Contohnya nihh, buat para pengguna Instagram, follow lah akun2 yang okeh, heits dan up todate semisal akun Lambe Turah, Lambe Nyinyir, Lambe Julid, semua lambe lambe an dahh...eerrggghhh....salah yaa contohnya? Wkwkwk, maklum lah, mamie juga manusia biasa, penuh aib dan dosa, tetap membutuhkan hosip2 buat mengisi relung-relung jiwa yang haus dan dahaga. Tsahhhh! Yahh itu kan cuma sekedar intermezzo dan selingan dikala suntuk, supaya tetap kekinian dan gak ketinggalan berita aja. Abisnya, kadang info2 mereka komplit juga sih, mulai dari netijen yang komen sadis, julid, sirik, terus berantem2an gak jelas, sampe ke iklan apa aja juga ada. Tuhhh...*bukan promosi akun si Lambe yeee. Nahhh, yang sesungguhnya gua maksud akun IG yang berfaedah dan bermanfaat contohnya adalah akun ini nihh : ( maafkeun kalau gambarnya gak jelas....silakan ke akun IG nya langsung aja yaa ).
 Tenanggg, ini bukan postingan berbayar, bukan promosi in mereka juga kok. Gua kepikir aja mau posting di blog buat sharing tentang pengalaman gua sendiri. Jadi awalnya tuh, suatu hari gua dapet WA dari temen gua yang kirim gambar famplet dari klinik pramitalab itu. Temen gua itu cowok loh, gua sampe heran awalnya kenapa ngirimin gua pamplet begituan. Katanya dia cuma iseng kirim WA karena kerjaannya emang ngurusin hrd, BPJS, dan seputarnya gitu lah, tapi ternyata efeknya lumayan berguna banget buat gua. Tuhh kan, gak nyangka kalo sesuatu yang kita anggap sepele, kadang memberikan efek luar biasa buat orang lain. Thanks to him, gua jadi diingetin lagi bahwa  memang udah saatnya periksa papsmear lagi setelah ada kali 14 tahun lalu papsmear terakhir gua. Gileee...udah lama banget kannn! Dan kebetulan, klinik pramitalab ini lokasinya deket banget dari kantor gua, 5 menit juga nyampe. Makanya jadi semangat dehh buat periksa, apalagi jiwa emak2 yang doyan gratisan langsung merasa terpanggil gituhh! hahaha....Abisnya, berasa udah bayar BPJS mahal2, yahh wajib digunakan dongg...dalam konteks bukan dipakai di kala sakit...berharap jangan sakit donggg! Cuma kalo bisa periksa2 dengan gratis, why not?

Jadi, gua sebarin lah di group WA yang isinya emak2 semua. Tapiii, yang respon cuma 1 orang bo! Yang lain gak nanggapin. Kita udah bujuk2 supaya ikutpun, mereka pada gak mau. Alasannya takut, malu, serem.....Lhaaa? Udah punya anak 2, masih pada takut? Malu? hahaha....Biarpun gua juga masih ada urat malu, tapi ini kan cuma papsmear doang? Apanya yang serem? Lebih serem mana sama setan, pocong atau hantu? hihihihi....Terus malah ditanya balik : "kalo udah tau ternyata kena kanker, terus mau apa? malah kepikiran kann?" Hmmm...iya juga sihh....gua juga gak bisa jawab kalo ditanya begitu.Tapi kann, setidaknya kita tau bahwa kita sehat2 aja sekarang. Sekarang loh...saat kita hidup SEKARANG. Yahh akhirnya cuma gua berdua sama temen gua doang deh yang niat mau periksa papsmear. Kita teleponin dulu kliniknya buat nanya info lebih jelas, siapa tau ada syarat2 lainnya yang gak ditulis di pamfletnya itu. Supaya kita gak bolak balik nantinya. Ternyata syaratnya memang sesuai sama yang disebutin di pamflet nya itu, cukup bawa fotocopy KTP dan BPJS aja serta harus mempersiapkan hal2 seperti :
 - Pemeriksaan untuk wanita yang sudah / pernah menikah atau yang pernah berhubungan seksual.
- Tidak dalam keadaan menstruasi ( minimal dalam keadaan bersih 3-5 hari )
-  Dalam 1 - 2 hari terakhir tidak melakukan hubungan seksual
- Tidak menggunakan panty liner minimal 1 hari sebelum pemeriksaaan
- Tidak menggunakan pembersih kewanitaan minimal 2 hari sebelum pemeriksaan
- Tidak dalam keadaan hamil
- Tidak menggunakan obat-obatan vaginal
- Tidak melakukan papsmear dalam 1 tahun terakhir
( Semua keterangan tersebut tertera dalam pamflet di atas )

Dan info yang gak tertulis disitu adalah bahwa setiap klinik itu ada kuotanya, dimana klinik yang deket kita itu kuotanya sekitar 700 orang. Jadi kalo kuota udah penuh, kita udah gak bisa periksa lagi. Yahhh langsung deh buru2 kesana. Cussss....

Sampe sana, ternyata cuma gua berdua temen gua doang yang mau periksa papsmear. Sepii banget gak ada orang lain. Whattt?? Anehh kann. Gua bayangin, antriannya bakal kayak antrian di Dufan. wkwkwk. Lhaaa iya lahh, dimana2 kalo udah urusan gratis2, udah pasti bakal diserbu massa. Liat aja kalo lagi ada promo gratis donat, starbucks, roti, tiket murah, dijamin antriannya bakal sampe keluar2 gedung. Lhaa inii? Sepiiiii bo! Tapi enak juga sih, kita langsung dilayani dengan cepat. Oh iya, kita iseng nanya2 kalo mau papsmear bayar sendiri kena biaya berapa. Katanya sekitar Rp. 370.000. Hmm, lumayan yahh buat makan all you can eat atau beli steak. wkwkwk! Otaknya makanan mulu!
Tapi kalo kita rajin googling, kisaran harga pemeriksaan papsmear ini bervariasi kok, kisaran dari Rp. 150.000 - Rp. 550.000 tergantung tempatnya. Terus, malahan mbaknya bilang: "ajakin temennya yang lain bu. Malahan kita bisa datengin ke kantor2 kalo ada peminat banyak ( jumlah minimal peserta tertentu ) ." Tuhhh asik kann sebenernya kalo bisa periksa rame2. Tapi sayang nihh, ibu2 di kantor gua belom berminat...hahaha. Wah berarti kuota di klinik ini masih belum penuh nih sampe mbak nya terus promosiin gini nih..

Yang periksa kita adalah suster cewek yang ramah juga sehingga gak bikin kita risih. Dan bahkan, ditawarin juga untuk periksa benjolan payudara dengan sistem raba. Yah udah lah yaw, gua iya in aja dah biar cepet...wkwkwk! Bukan aji mumpung sih, yahh namapun cewek yaaa, resikonya banyak banget akan tubuh ini. Secara kalo periksa sendiri mungkin agak meragukan, lebih baik serahkan sama ahlinya aja dahhh! Gua udah buang jauh2 segala pikiran malu, risih, sungkan, en the brai , en the brei. Demi untuk kesehatan sendiri....Dan akhirnya, gak ada 5 menit udah beres dehh! Hasilnya diambil seminggu kemudian. Hasilnya pun memuaskan dan normal. Dianjurkan untuk periksa kembali 6 bulan mendatang. Whattt?! Hmmm....harus cari gratisan lagi nihh! wkwkwk...

Tapi tenang aja, ternyata kalo kita giat mencari yang gratisan, sekarang mah tinggal cari aja kok, tinggal pake hashtag ( tagar ) papsmeargratis misalnya, muncul deh akun2 IG yang memberi layanan papsmear gratis. Memang sih kita gak harus follow akun2 tersebut, tapi kalo mau lebih update yah sebaiknya follow aja. Nahh ini hasil pencarian pake hashtag papsmeargratis itu....ternyata BPJS kerjasama dengan beberapa rumah sakit dan klinik loh, antara lain seperti yang di gambar berikut ini...Tanggalnya belum kelewat tuh..masih bulan April juga. Cari yang lainnya di kota terdekat kalian yaa...


Dan masih banyak lagi klinik seperti Prodia dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS untuk melayani pemeriksaan papsmear gratis. Silakan yang rajin aja mencari informasinya ya.
Okay girls....ingetlah quote ini : Take care of your body, it's the only place you have to live in. Nahhh tuhh, kalo bukan kita sendiri yang jaga badan kita, siapa lagii? Hayu dehh cepetan pada ikutan periksa papsmear, lebih baik mencegah daripada mengobati...*udah kayak duta papsmear aja yaak! Memang sih, kalo dipikirin kita semua bakal ngerasa risih, ragu, malu, gak enak, gak nyaman, sungkan, dan lainnya. Tapi demi untuk kesehatan diri sendiri, buang lah semua rasa ituhh!
Udah pada tau belom sih, menurut survey katanya dalam setiap satu jam wanita meninggal akibat kanker serviks di seluruh dunia. Kanker serviks masih menjadi penyebab kematian wanita nomor satu di seluruh dunia. Tuhh serem gakkk cobaaa? Masih maluu dan takut buat papsmear? Saya sudah melakukannya, masa kamu kagak sihh? Eyahhh....eyahhh!
Oke deh, semoga infonya berguna yaaa ( so pasti berguna lah yaw! *pede banget!!! hahaha ). Sampe ketemu lagi dipostingan berikutnya. Babayyyy Ciaobella!

11 comments:

  1. Nice post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Very useful information specially the last part :) I care for
    such info much. I was looking for this certain info for
    a very long time. Thank you and best of luck.

    ReplyDelete
  2. menurut aku papsmear itu penting loh... setidaknya kalo amit2 ada apa2 kan jadi bisa ditanganin lebih cepet ya... aku juga rutin papsmear setahun sekali, biasa di gereja ada kerjasama ama lab gitu, jadi harganya lebih murah... tapi kalo ada gratisan kayak gini boleh juga ya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo gratisan mah gak nolak ya mel..hehehe, wong penting buat kesehatan juga kok...

      Delete
  3. wah thanks infonya.. bagus nih di gratisin begini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah banyak program2 gratis begini mel...

      Delete
  4. Lebih baik periksa (apalagi pas gratisan) dan buang urat malu ya daripada trus (amit-amit) kenapa-kenapa dan nggak terdeteksi kan >.< .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, udah dibuang malunya...hahaha

      Delete
  5. yahh belom bisa papsmear aku hahaaha.. gak ada suntik hpv gratisan ya ci? aku ngecek di dokter2 mahal2 bener, jadi maju mundur mau suntik apa gak. *lirik isi dompet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya blom ada nih info suntik hpv gratis the....hehehe, klo bayar sendiri rasanya berattt yaaa...

      Delete
  6. Ciiii... Sadeeesss... Gak papsmear selama 14 taon hwhahaha. Bukannya dianjurkan itu setahun sekali ya kalau di Indonesia hehehe. Di sini kalau papsmear dikejar2 sama pemerintah, dikirimin mail ke rumah pas udah due date. Gak gratis sih, tapi ga mahal juga, gak sampai 50 dolar. Nah, kalau ternyata hasilnya oke, direkomennya jadi 3 tahun sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya le...segitu lamanya dan gua gak aware bgt...hahaha..untung taon ini diingetin lagi...enak ya memang kalo di negara2 maju mah..sampe diuber2 gitu...

      Delete