Monday, September 14, 2020

PERPANJANG SIM DI MASA PANDEMI COVID-19

Holaaaa! Long time no see yaaa...

Kemana ajaaa? Yahh ada aja disini.....gak kemana2. Cuma bolak balik dari kamar tidur ke dapur, dapur ke kamar mandi, balik lagi ke kamar tidur. Repeat...

Nahh , udah tau di rumah aja gak kemana2, jarang nyetir mobil kecuali ke kantor, eh pake acara SIM expired pula. Hadeuhh...galauu deh. Dilema...mau pergi ke samsat udah pasti umpel2an orangnya. Kagak pandemic aja pasti rame melulu di sana. Tapi kalau kagak diurus sekarang, ntar SIM mati dan harus bikin baru lagi kan cilaka butut. Mamaaaa....aku kudu piye?

Cari2 info ke sana ke sini...secara KTP gua kan di kampung yaa, kalo bisa perpanjang SIM nya di Jakarta aja, gak usah balik ke kampung yaitu Cibinong. Kalo di Cibinong, urus SIM tuh adanya di kantor polisi ( polres ) dan orang yang mau urus SIM ( baik bikin baru ataupun perpanjang ), buanyakkkkk pisan rek! Bisa ratusan orang dalam satu hari. Terus saingan sama supir angkot, supir truk, supir bis, segala jenis SIM. Udah 4 x gua urus perpanjangan SIM disana dan selalu penuh drama. Ku tidak mau lagi....

Cari info perpanjang SIM di Jakarta saat pandemic gini juga bener2 susah, gak valid infonya. Biasa ada SIM keliling di deket kantor, sekarang gak jelas antara ada dan tiada. Cari di website dan twitter, datanya ngaco2 jam buka nya. Trus katanya ada juga kantor samsat di Gandaria City Mall dan di Lippo Mall Puri, nahh enak kan ini dua2nya deket banget sama rumah gua, terus di mall pula, kesannya bersih dan gak panas dong. Tapi, pas baca review2 yang ada , keduanya parah banget pelayanannya. Dan sama aja antriannya panjanggg dan umpel2an juga.  Arrgghhh....pegimana sihhh! Kesel kannn akuh tuh! Jadi mau pergi ke yang mana dong?

Yaudah, akhirnya setelah voting antara kesana dan kesini, yang lebih banyak kesempatan kagak ketemu antrian panjang dan layanannya juga ada di hari Sabtu ( jadi gua gak perlu cuti gicuuu loh ), akhirnya gua pilih ke Samsat Daan Mogot aja dah. Gua sengaja pergi pagi2 banget, karena gak tau kan bakal serame apa pas Sabtu itu. Dan ternyata lagi, bukan di kantor Samsat Daan Mogotnya yaa...disitu mah tutup kalau hari Sabtu. Ternyata ada lagi namanya unit Satpas & SIM Keliling yang lokasinya gak jauh dari kantor Samsat Daan Mogot. Pake aplikasi Waze juga ketemu kok. Di belokan jalan masuknya juga ada papan petunjuknya.

Jam 7 pagi udah sampe di parkiran.  Di parkiran sempet disamperin ibu2 penjual bolpen. Terus ditawarin, mau dibantu gak pengurusan SIM nya. Gua sok udah tau aja, bilang gak usah bu, saya urus sendiri. Padahal dari parkiran agak bingung nih, mau jalan ke mana. Tadi sih lewatin tempat fotocopy dan ada tulisan loket test kesehatan. Sebelomnya sih dapet info dari temen gua, ambil nomor antrian di loket dekat tempat fotocopy itu. Jadilah gua jalan kesana. Dan tanya orang fotocopy katanya iya ambil nomor di loket sebelahnya. Pas tanya sama petugas di loket, dia bilang ambil antriannya di sana tuhh ( sambil nunjuk tenda di tengah jalanan ), jaraknya sekitar 100 meter. Hadeuhhhh....gua udah mulai kesel, kenapa sih kagak ada petunjuk yang jelas gitu yaaa. Sampe nanya2 2x, masih gak jelas juga dimana ambil nomor antriannya. Gelo kann! Jadi gua jalan lah ke jalan raya , ada tenda kecil buat neduh petugasnya. Disitu ada 2 orang petugas dan bakal nanya kita mau urus apa. Gua bilang mau perpanjang SIM dan ditanya kapan expirednya. Seminggu lagi pak. Jadi dikasih nomor antrian yang sepertinya dibedain antara yang urgent sama gak urgent gitu. Wahh nyampe jam 7 pagi aja udah dapet nomor 21 gitu yaa...apalagi dateng lebih siang? 

Setelah itu dikasih tau jalannya lewat mana. Jadi ngurus perpanjangan SIM itu dilayani sama bus keliling, lokasinya di belakang gedung yang ada panahnya itu. Lumayan jauh jalan kakinya, udah dipojokan deket danau. Nahhh, yang orang berbaris antri mau masuk ke gedung itu kayaknya buat yang urus SIM baru.
Buru2 gua jalan ke belakang gedung, dan pikir masih pagi belom rame. Dari jauh udah keliatan bus nya, udah seneng banget, kok sepi gak ada yang antri. Tapi pas nengok ke belakang, ternyata disitu tempat nunggunya, dan orang2 udah rame aja. Mereka duduk dengan berjarak, lumayan tertib nih, gak umpel2an. Gua sampe sini sekitar jam 7.30 an, dan layanan dibuka jam 8 an lewat. 
Disini beroperasi 2 bus keliling, jadi tempat nunggunya dipisahin, jadi banyak bangkunya berjejer memanjang.
Nah kayak ginilah penampakan layanan SIM di bis keliling. Bis nya yang diem aja, gak keliling2...hahahaha..jayus! Tuhh dibelakang bisnya ada danau kecil kan, jadi dia parkir di depan danau. Nah jadi gua tadi tuh kan posisinya di meja pendaftaran itu buat daftar, serahin fotocopy KTP 2 lembar, disitu yang gua bilang seneng banget kok sepi, cuma gua sendirian yang daftar. Nahh begitu balik badan, kebayang dong sedikit kaget ternyata orang2 dah rame dan malah duduk menghadap ke bisnya itu...hahaha. GR amat ya, lo pikir yang urus perpanjangan SIM cuma elo doang...
Lama2 duduk di barisan depan itu kena panas sinar matahari, gua pun mundur teratur ke belakang, takut meleleh...maklum keturunan vampire...wkwkwk! Lagian, pokoknya takut lah deket2 orang..ye kann!
Sekitar jam 8.30 nomor antrian gua udah mendekati dipanggil. Orang2 makin banyak yang baru dateng. Ini gua duduk di samping pintu masuk bis nya. Udah mau masuk nunggu dipanggil nomornya.
Nahhh beginilah keadaan didalam bis, biarpun keliatan sempit, bisa langsung dipanggil 3 orang ke dalam untuk dilayani. Jadi begitu masuk, langsung duduk dipojokan bis di depan kasir untuk membayar biayanya. Untuk perpanjangan SIM ini kena biaya total Rp. 135.000 ( untuk SIM Rp. 80.000, test kesehatan Rp. 25.000 dan asuransi Rp. 30.000 ). Sama kasir juga ditest baca huruf2 gitu, formalitas aja test kesehatannya. Abis itu maju  ke yang sebelah kiri untuk difoto dan ambil sidik jari, setelah itu duduk yang di sebelah kanan nunggu SIM nya jadi. Cepet juga sih didalam itu sepertinya sekitar 5-6 menitan. Gak lama2 kok. Gua sih deg2an, karena kita ber 6 orang di dalam bis ini jaraknya kan lumayan deket2an...hahaha..parno!
En tada...sekitar jam 9 kurang, udah jadi deh SIM gua.....Lumayan deh, modal bangun pagi, beres juga nih urusannya. Lega deh, ternyata perpanjang SIM di unit Satpas & SIM Keliling Daan Mogot ini tidak se "rusuh" yang gua bayangkan sebelumnya. Termasuk mudah dan cepat. Beruntung sih, gak nemuin kendala, tau2 jadi. Senengnya...abis ini bisa kebut2an lagi...wkwkwkwk. Becandaaaa....
Nahhh, bulan berikutnya, si Papoy, Alvin dan Miko. pada mau bikin SIM C. Kalau ikutin KTP kan di Cibinong, tapi karena sekarang udah bisa bikin SIM baru dimana aja, jadilah mereka juga pergi ke Satpas SIM Keliling di Daan Mogot. Untung kannn bulan sebelumnya gua udah urus SIM juga, jadi setidaknya gua bisa jadi guide disini. hahaha...langsung sombong gitu! Kagak deng....ujung2nya kita dibantu lah sama bapak2, karena kita mau bikin 3 SIM C dan 1 SIM A. Dan apesnya, hari Sabtu itu luar biasa ramenya. Segitu kita udah sampe jam 7 an ...terus disuruh nunggu layanan buka, sekitar jam 9.30 an baru diperbolehkan masuk ke dalam gedung.
Wihh, liat aja antriannya.....Tapi untung sih di dalam kan ada AC , jadi nunggu nya betah2 aja kagak gerah. Walaupun khawatir disini kurang ada physical distancingnya.
Nahhh, di dalam gedung, dipisahin antara orang2 yang ikutan test teori sama orang2 yang tinggal foto aja.
Dan selanjutnya, gua gak tau deh mereka pada antri apa, karena yang masuk kan cuma yang bikin SIM. Gua nunggu di mobil...hehehe
Yang jelas si Papoy kirimin foto keadaan di dalam...antrian nya gilaaaaaa....ruameee banget rek!
Kacooo kacooo...kenapa sihh yaaa orang butuh SIM kok barengan gini? dan ini tiap hari lohhhh layanan SIM nya rame melulu. Ini baru istilah kata wilayah Jakarta Barat....Gilee gilee! Untung aja berlaku 5 tahun, jadi masih agak lama lagi lah balik kesini.
Ceritanya, jam 11.30 an mereka bertiga udah selesai foto, tinggal nunggu SIM nya dicetak katanya bisa selesai jam 2 an. Yahh kan, kita bingung , jam nya nanggung banget. Mau nunggu dan makan siang di kantin situ, rasanya terlalu rame orangnya. Jadi kita pergi dulu ke arah Greenvile mau cari makan disana. Lagipula, katanya SIM nya bisa dikirim Gojek kalau mau. Oh yah enak juga dong, kita gak usah nungguin disitu. Ehhh, begitu udah sampe Greenville, diteleponin sama bapak yang urusin SIM kita, katanya fotonya si Papoy kagak ada, harus dateng saat itu juga untuk foto ulang. Whaattt?! Kok bisa gitu sihhh! Ampun deh...kayaknya databasenya lagi error. Untung juga kita belom jauh, bisa cepet2 balik lagi. Si Papoy balik lagi masuk ke gedung buat foto. Gak tau antriannya gimana....sekitar 10 menit an udah foto dan katanya SIM nya kalau udah jadi nanti ditelponin buat diambil atau mau dianter Gojek. Yah udah, waktu itu udah sekitar jam 1 an, kita udah pada kelaparan, jadi langsung pergi makan dan gimana nanti aja deh SIM nya. Abis makan masih belum ada kabarnya, jadi kita lama2in di jalan, isi bensin dulu dan malah belanja bahan2 kue dulu. Dan bener sih, sekitar jam 2 an dikabarin kalau SIM nya udah bisa diambil. Yah udah, akhirnya kita balik lagi deh ke Satpas nya dan udah dapet deh SIM nya. Nahhhh liat aja tuh foto si Papoy beda sendiri background dan  letaknya miring2 gitu. Gara2 yang fotonya ilang itu dan pas foto ulang mungkin buru2 atau gimana...jadinya beda sendiri...hahaha...
Gileee, hari ini 3 kali balik ke Satpas SIM Keliling Daan Mogot. Capeee juga yaa urus SIM. Bayangin aja, dari jam 7 pagi sampe jam 2 an baru kelar ...lama bangettt. Berarti yang waktu gua perpanjang itu termasuk beruntung dong, gak pake lama2 banget. hahaha. Emang mamie mah selalu beruntung lah!
Yang penting sih sekarang udah lega deh, anak2 udah pada punya SIM. Awas ajaaa yaaa abis ini pada kelayapan naek motor, jewer satu2 nihh! 
Yah begitu deh pengalaman kita bikin SIM. Semoga bermanfaat infonya....harusnya ya! hehehe
Babayy Ciaobella!

6 comments:

  1. yan, suami gw mau balik nama bpkb mobil. mamie funky ada panduannya ga? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada lim...biasa sih pake biro jasa aja...ga ribet

      Delete
  2. Gw juga abis perpanjangan ci, di salah satu polsek gitu deh, terus rame dan org rapet2 sampe ngeri sendiri...oas masuk foto dalam ruangan yg dipanggil per 10 org dan petugas foto dll aja mungkin ada 5,jd seruangan bisa kurang lebih belasan orang 😅 bukannya dipanggil 2 atau 3 aja gitu yah, jadi gw berpikir gimana mau selesai urusan pandemi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya fel, serem banget kann yaa...entah lah, ini mah seperti nasib2an, adu kuat daya tahan tubuh aja...mungkin sampe ditemuin vaksinnya baru lega

      Delete
  3. Aku juga beruntuung pas mudik kemarin sudah sempat perpanjang SIM tanpa masalah juga! Kebayang deh ya kalau pas COVID gini gimana itu ceritanya! Lumayan lah SIM jadi nggak hangus, sayang euy kalau hangus kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang kalo SIM hangus, harus ulang bikin baru lagi. Pas covid gini ya urusnya jadi males aja kalo umpel2an dan lama jadinya...

      Delete