Wednesday, March 30, 2022

SITU GUNUNG SUKABUMI

Yahhh ampunnn! Sampe akhir Maret, blog nya kagak update2.....Parahhhh ya! Lama2 musnah deh nih blog! hehehe. Gara2 kagak pergi kemana2, jadi kagak ada yang bisa diposting. Yah kali posting resep2 kue atau masakan disini....blognya jadi vibes emak2 kali bah!

Untung aja, minggu kemaren sempet pergi halan2 walaupun kagak jauh2 banget. Cuma ke Sukabumi...yang aujubilahhh sepanjang jalannya tuh macet cet cet. Gak enak lah jalan2 ke daerah sana. Udah jalanannya berlubang, sepanjang jalan tuh ada aja macetnya yang gak jelas gitu penyebabnya apa. Pokoknya macet! Bikin males kalau disuruh balik lagi mah. Cukup sekali aja. Inipun kita mampir ke Sukabumi karena ada urusan di daerah Pelabuhan Ratu. Ehhh, ada apahan tuh di Pelabuhan Ratu? Ntar yaa, itu bakal diposting tersendiri....Sekarang kita fokus explore daerah Sukabumi nya dulu.

Dari Pelabuhan Ratu ke Sukabumi kita tempuh sekitar 3 jam. Agak parah macetnya, gak sampe2 perasaan. Padahal jaraknya cuma sekitar 60 kilometer aja. Tapi lama banget nyampe nya. Sampe kotanya sekitar jam 18.00 an dan kita langsung makan di Sunda Rasa Resto, sebelahan persis sama Hotel Horison yang bakal kita inapi.
Restaurant nya lumayan luas nih, dan karena masih jam 6 an sore, masih sepi yang makan disini.
Kita cuma pesen 3 macem doang : ikan gurame goreng garing, karedok dan tahu tempe. Wah, ternyata rasanya enak. Ikan guramenya pun gede banget ukurannya. Total kerusakan sekitar Rp. 190.000. Lumayan gak terlalu mahal.
Abis itu langsung check in ke Hotel Horison yang persis ada di sebelah resto tadi.
Heran juga, waktu mau booking hotel di Sukabumi, rata2 penuh. Entah ada event apa. Ini pun kita dapet kamar yang double bed dengan rate sekitar Rp. 600.000 an. Tergolong mahal yahh untuk ukuran kota kecil seperti Sukabumi, tapi yahh mau gimana lagi, waktu booking dah mepet sehari sebelumnya, jadi gak dapet lagi hotel yang bagus dengan harga murah.Yang penting nyaman lah untuk hotel sekelas Horison tuh...daripada yang murah2 gak jelas..ye gak.
Paginya abis check out, kita cari sarapan dan ternyata dekat hotel ada yang jual bubur dan udah terkenal sepertinya. Namanya Bubur ayam Bunut.
Gimana gak cepet kaya nih tukang bubur, bisa naek haji....lha wong semangkok bubur biasa aja dibandrol Rp. 20.000, yang special pake jeroan dll dibandrol Rp. 25.000. Busetttt...di Jakarta aja harga bubur ayam biasa Rp. 10.000. Ini kan Sukabumi...gua pikir kota kecil gitu loh, masih murah meriah. Eh ternyata...lebih mahal dong harganya. Dan, yang beli pun sampe antri antri, baik yang mau makan di tempat, ataupun ojek online. Weleeee....gak nyangka yaa. Rasa buburnya enak , walaupun terlihat pucat putih begitu tanpa kuah kari seperti bubur yang dijual di daerah rumah gua, tapi berasa gurih dan enak.Yah boleh dipikirin lah nanti jualan bubur di Sukabumi ...siapa tau laris kayak bubur ini. wkwkwkwk.
Abis makan bubur, kita cari oleh2 khas Sukabumi yaitu kue mochi. Kita ke tempat mochi merk Lampion yang letaknya juga dekat dari tempat makan bubur tadi.
Jadi tokonya juga udah modern dan terlihat besar, walaupun letaknya di gang kecil. Parkirnya sedikit susah.
Nah, di dalam tokoknya ternyata gak cuma jualan kue mochi aja, tapi lengkap dengan snack2 buat oleh2.
Yahhh kita beli alakadarnya aja...satu ikat isi 5 box itu dibandrol Rp.50.000, jadi beli 4 ikat pas Rp.200.000. Hmmm...kenapa sekarang kue mochi jadi mahal yaa? Padahal dulu perasaan murah deh..sekitar 20ribu an doang...
Lanjutt, dari kota Sukabumi, kita menuju ke tempat wisata Situgunung yang jaraknya lumayan jauh dan jalannya agak sempit untuk ukuran 2 mobil. Kita sampai sini sekitar jam 10 pagi. Hampir 1 jam berkendara dari kota Sukabumi. Dan tadi sepanjang jalan kan sepi sepi aja, gak ada mobil di belakang maupun di depan mobil kita. Jadi kita pikir : wahhh asik, masih pagi masih sepi nihh. Gak taunya, udah sampai sini, parkirannya aja penuh banget, dan kita parkir paling pojok udah yang slot parkir terakhir sepertinya. Bayar tiket masuk Rp. 45.000 kalau gak salah ingat. Itu hitungannya untuk 2 orang dan 1 mobil.
Habis parkir, kita langsung menuju ke loket penjualan tiket masuk ke jembatan gantung dan wahana disini. Kita pilih yang jenis VIP Rp.100.000, dapetnya transportasi ( mobil / motor ) menuju depan jembatan dan voucer snack yang bisa ditukar di counter makanan setelah turun dari mobil/motor.
Singkat cerita, kita udah sampai di counter makanan tempat menukar voucer snack. Disini makanannya ada singkong rebus, baso dan bubur kacang hijau. Minumnya ada teh manis dan kopi. Pemandangan disini bagus juga nih...
Selesai makan snack tadi, kita langsung menuju ke jembatan gantung. Tak lupa foto dulu di depannya.
Kelihatannya sepi2 aja ya...padahal aselinya yah rame juga pengunjungnya.
Oh iya, nanti kita dikasih sabuk pengaman ya, tapi gak disangkutin ke kawat yang ada dipinggir jembatan. Cuma untuk jaga2 aja katanya.
Melihat pemandangan ke arah pegunungan di depan sana.
Untung banget hari ini cerah cuacanya. Langitnya sampe biru sebiru2nya.
Agak ngeri2 juga kalau orangnya lagi rame dan jalannya gak pelan2, jembatannya bakal goyang banget kayak gempa...hahaha. Ini sih kalau yang takut ketinggian, kayaknya takut lewat sini.
Lumayan panjang juga nih jembatannya, sekitar 240 an meter dengan ketinggian 107 meter.
Tuhh di belakang sana rame kan pengunjungnya...lagi pada sibuk foto2 .
Maria sih udah sampe di pinggir...jadi tenang, jembatannya udah gak terlalu goyang2 lagi.
Nah, dari jembatan gantung itu, kita harus trekking sedikit jalan menuju ke curug yang namanya Curug Sawer.
Rame juga yang foto2 disini, tapi dengan kekuatan bulan, semua menyingkir begitu Maria mau foto...hihiiihi. Kagak ding....ini di cut aja fotonya, kalau gak mah, bocorr fotonya. Dimana2 orang semuaaaa....
Ketinggian Curug Sawer ini sekitar 35 meter. Airnya lumayan deras karena lagi musim hujan.
Udah lama gak ke curug, jadi ketemu begini aja udah senang.
Kita jalan2 terakhir tuh sekitar 6 bulan lalu waktu ke Gunung Lawu di daerah Solo. Terakhir ke curug di Sentul juga udah setahunan. Wahh gak berasa, cepet banget yahh waktu berlalu.
Foto air terjunnya udah dari berbagai angle lah...biar gak usah balik lagi...hahaha
Mau tampak depan ada, tampak belakang ada, tampak samping ada...palugada lah. Apa lu mau, gua ada.
Yahhh mau dibilang bagus, menurut gua sih bagus2 aja yaa air terjunnya.
Tapi gak terlalu istimewa juga, yang penting ada spot untuk foto2 lah...hahaha.
Kebayang kalau musim kemarau, pasti air terjunnya kecil aja...gak deras seperti sekarang.
Jadi beruntung itu kalau kesini di musim hujan, tapi pas foto dikasih cuaca cerah. Dahh, itu aja...
Setelah dari curug Sawer, kita jalan sedikit lagi untuk naek wahana Kursi Sultan. Antriannya lumayan panjang nih...sekitar 1/2 jam lah kita antri nya.
Kursi Sultan tuh kayak gini loh.....deretan kursi rotan warna warni , ada sekitar 5 kursi dan digantung di sling yang ditarik motor dan bisa menyusuri sungai sekitar 50 meter. Lebih jelas memang harus lihat videonya...silakan cari akun Tiktok mamiefunky yaa...hehehehe.
Yang penting Maria suka lah kalau nyoba hal2 baru kayak gini...happy ajaa!
Cuma ini kursi rotannya suka muter2 jadi susah mau difotonya, ngebelakangan kamera...payah ah..
Sepanjang menyusuri sungai ini, kita sibuk rekam2 video dan fotonya cuman dapet 1 doang yang pas di tengah2 sungai dengan efek menggantungnya. Karena jaraknya pendek, tau2 udah sampe aja di seberang, tapi belum dapet foto yang pas. Yah pasrah aja dah..hahaha..
Untuk menuju ke gerbang keluar, kita masih harus melewati satu buah jembatan gantung lagi. Jadi ada 2 jembatan gantung disini, arah datang dan arah pulang dipisahkan supaya pengunjung gak membludak di satu jembatan, berbahaya kan kalau semua orang berada di jembatan semua...
Pas arah pulang, view jembatannya udah gak ke gunung lagi...jadi tadi harusnya pas lewat jembatan pertama, foto ke arah gunungnya harusnya dipuas2in....
Pas pulang ini agak sepi yang bareng kita lewatin jembatan ini, jadi leluasa deh foto2nya.
Bisa foto2 yang banyak...hehehe
Langitnya biru banget, cuacanya puanasss luar biasa...bisa gosong nih kulit kalau berlama2 ria disini.
Nahh, diatas sana bakal ada wahana Kursi Sultan kedua yang lebih tinggi lagi....ngeri juga yaa. Jembatan ini aja tingginya 107 meter, lha itu kursi sultannya lebih tinggi lagi. Kira2 ada yang berani naik gak ? Katanya bulan April gitu dibukanya....
Udah bersenang2 foto2 di Situgunung, pulangnya baru deh merana. Sepanjang jalan muacet luarbiasa, gak jelas ada apa pokoknya merayap.
Pas masuk tol Bocimi, kan sebelumnya hujan deras. Tau2 muncul pelangi...jelas banget di depan mata.
Udah lama banget gak pernah lihat pelangi, baru kali ini ketemu pelangi lagi.....merasa beruntung...
Dan memang hari Minggu ini sepertinya semua orang keluar jalan2, entah ke Puncak, ke Bogor, ke Sukabumi, ke Anyer, ke Bandung, kemana aja lah. Jadi semuanya macet sampe berjam jam. Kita aja sepanjang jalan tol Ciawi Bogor Jakarta muacet luar biasa. Bener2 hari Minggu ini warbiasah banget lah macetnya. Untungnya kita sampe di rumah dengan aman dan selamat. Thankgod!

Yah segitu doang cerita jalan2nya kali ini...lumayan lah bisa refreshing sedikit karena udah lama banget gak jalan2. Sekarang udah gak PPKM PPKM lagi...saatnya orang berlomba2 keluar rumah buat jalan2. Jadi kondisi jalanan bukannya normal, malah macet dimana2. Udah lah, Maria mau bertapa lagi...jalan2nya nanti aja nunggu sepi pas bulan puasa...hehehe. Udah dulu ya gaess...tetap jalankan prokes lah ya. Stay safe and healthy semua! Babayyy Ciaobella!

1. WYG2021 1 April 2022 @ 6:42 AM

Mamie Funky Squad tinggal berdua aja, anak2 sudah jalan sendiri sama pacar masing2 ya????

1. Hahaha..iya nih anak2 lagi sibuk kuliah, jadi waktunya belum pas kalau mau ikut

2. Harga Jakarta Ci, soalnya yg belanja orang Jakarta semua hahahaha. Btw bubur di Jkt kalo di tmpt terkenal jauh lebih mahal lagi dr itu Ci pdhl cm di tendaan. Mgkn krn di Sukabumi itu jg tmsk yg "elit" buburnya.

1. Iya le, bubur gerobakan sama resto yg jualan bubur pasti beda harganya....jomplang kalo kata orang sunda mah...hehehehe