Friday, March 14, 2008

KISAH SEPUTAR NYETIR

Tau2 gua lagi keinget aja sama pengalaman gua soal nyetir selama ini en bikin gua senyum2 gokil sendiri. Makanya gua tulis aja disini biar bisa keinget terus....

Mulai dari pertama ya....Ceritanya abis selesai kursus nyetir gua ma temen cowo gua tuh bikin SIM, emang sih diurusin dari tempat kursusnya (waktu itu gua kelas 3 SMA), tapi buset dah.....saingannya ga tahan coi!(yaelah...bikin SIM aja pake saingan...)
Itu sopir2 angkot se Bogor kali yang antri bikin SIM...tumpah ruah ruamee banget deh. Gua jadi keder deh...Hihihihi, sama abang angkot aja GR (maklum pan masih ABG ya). Padahal dateng tuh cuma photo doang harusnya, tapi yah jadinya ngantri juga gara2 banyak saingannya. Abis punya SIM, bokap gua ngetes neh ceritanya...Gua disuruh nyetir, sementara bokap gua duduk disamping, en nyokap gua di belakang. Ya ampyun bo, sepanjang jalan bokap gua stresss abis...Hahahahha, gua inget banget dia tereak2 : Rem rem rem!!!!setiap ketemu angkot di depan gua yang emang kalo jalan ngeselin...minggir ga mau, jalan juga kaga. Cuapeee deh....Pokoke, perasaan gua di tempat kursus udah lulus, nyetirnya udah lancar, lurus2 aja, tanjakan juga ga masalah. Eh dites bokap jadi grogi abissss! Yaelah...nilainya malah jelek...kudu banyak latihan! Gubrak deh...Suatu hari, waktu bokap gua pergi, gua coba2 maju mundurin mobil di parkiran rumah gua. Eh, yang ada malah nabrak tiang kanopi parkiran. Aih....kenapa sih ga bisa lancar2 aja gitu? Yang ada malah diomelin....heehehehehe...Pegimana anak mau cepet pinter atuh...yang ada malah ketakutan melulu...Tapi gua mah cuek aja tuh...Gua yakin gua bisa deh...Akhirnya, bokap gua kasian juga liat gua tiap hari sekolah naek angkot. Suatu hari dia tiba2 nyuruh gua bawa mobil ke sekolah. Ga apa-apa lah, katanya. Kalo ga dicobain, kaga bisa2 ntar...Ya gua mah asik2 aja ...Rumah gua kan di Cibinong, sementara sekolah gua di Bogor, so sekitar 1 jam deh kalo ga macet. Sepanjang jalan sih lancar2 aja, ga ada halangan deh. Selamet selamet ..sampe juga di sekolah. Waktunya udah mepet tuh pas nyampe, bentar lagi gerbang dikunci kalo telat. Aduh, gua udah panik aja...untung pas ada tempat parkir pas buat satu mobil. Yah udah, kasih kode lah ma tukang parkir suruh parkirin. Si bapak parkir udah sibuk tuh, terus terus...kiri kiri..kanan kanan..maju dikit....bales...bales...Tau ga apa yang terjadi....gua tuh sekitar 3 menit kali maju mundur doang tapi hasilnya sama : mobilnya ga sejajar sama depan alias masih agak ketengah jalan. Karena emang parkirannya pas banget buat satu mobil. Sementara gua kan baru bisa gitu loh....Yang dibelakang gua udah pada ngantri..agak2 macet gitu deh. Jadi kayanya gua kudu cari tempat lain tuh daripada begini terus. Tukang parkir juga udah pasrah..capee deh kata dia. Akhirnya gua cari parkir yang legaan dikit dan agak jauh. Alhasil sampe di kelas temen gua tanya : kenapa lu hari ini ngos2an? pagi2 dah keringetan lagi...Gua jawab aja : abis parkir! Haahahahaha, dia ngakak ketawain gua waktu gua ceritain....
Hari lain lagi, temen gua kan ultah, trus dia mau nraktir kita nonton (aduhhhh, kasian banget deh jaman dulu mah..kalo ultah nraktirnya paling baso or nonton). Otomatis gua pinjem mobil aja sama bokap buat pergi nonton. Ngumpulnya di salah satu rumah temen gua. Abis itu baru deh jalan ke bioskop satu2nya di Bogor yang ngetop saat itu. Aih, masih gila deh...Waktu mau parkir, gua juga agak2 panik karena kan rame banget mobil2 yang parkir, so rapet2 lah parkirnya. Belom gape neh...Jadi ngeliat sopirnya panik, temen2 gua juga ikutan panik. Mereka semua berlima turun dan ikut markirin mobil, sementara kepala gua juga keluar2 lewat jendela (ga cukup liat spion doang). Ya ampun, rame deh...Begitu turun, semua orang pada senyam senyum. Maklum deh....sopirnya cewe. Biasa kan begitu selalu komentar orang kalo liat ada mobil yang lelet...ato jalannya ga bener...ato kalo parkir lamaaaaa banget... ato kalo parkir miring2..Hihihihi...selalu ada dispensasi buat para cewe2 deh....
Udah kuliah gua dah jarang nyetir, karena gua kan kost di Jakarta. Jadi langganannya angkot sekarang. Kalo pulang ke Cibinong pun naek bis...Ya gitu deh, jadi tau aroma2 ga sedap di bis tuh kayak apa...hehehehe. Begitu udah kerja, gua ga tahan lagi pengen punya mobil sendiri. Kredit lah akhirnya...dapet tuh mobil baru dari showroom. Jadi ceritanya, gua mau bawa mobil gua ke kost buat peranti pergi kerja. So, ini dia perjalanan pertama gua nyetir sendiri ke Jakarta lewat tol. Mau tau apa yang terjadi? Pas di gerbang tol Taman Mini, gua kaga bayar...cuma ngambil karcisnya doang trus langsung nge gas....yang ada gua ditereakin kayak maling...Mbak mbak...bayar! Pake pengeras suara pula! Aduuuuuuhhhhhh, gubrak deh! Otak gua kemana sih...emang didunia ini ada yang gratis apa? Masa lewat tol kaga bayar?!!! Tolol banget yah gua...padahal kan gua dah sering banget lewat tol itu, tapi kenapa saat itu gua jadi orang tolol sedunia ya? Hahahahha, pokoke akhirnya gua berenti di depan, en gua turun buat ngasihin duit ke petugas tol nya yang juga nyamperin ke mobil gua. Sambil senyum2 tak berdosa, gua bilang sori sori pak, tadi kelupaan...Hihihihi...dia sih maklum...Oke girls, selalu ada dispensasi kok ....
Sejak punya mobil sendiri, gua jadi rajin banget deh pergi kerja. Punya nyawa baru kayanya. Udah gitu nambah kerjaan baru yaitu ngelap2in tuh mobil, mulai dari dalem, kabin2 depan, moles body, kaca..sampe mesin dalem2nya gua lap. Seminggu sekali ke tempat cuci mobil. Pokoke terawat deh tuh mobil.
Suatu hari, temen gua nebeng ke kantor karena tempat kostnya deket sama tempat kost gua. Kita berangkat bareng..jadi asik ngobrol sepanjang jalan. Ga tau gimana ceritanya, pas gua lagi agak kenceng juga jalannya, tau2 nongol tuh mobil kijang bak bawa bahan material dari arah kanan. Yaelah...gua ga mungkin ngerem lagi tuh, jadi gua banting setir ke kiri..Akhirnya mobil gua naek ke trotoar, itu pun ga langsung brenti, masih sempet akrobat muter2 beberapa kali sampe berenti sendiri. Itu gara2 gua rem sampe mentok abissss jadi selip muter2. Pokoke kaya gitu2 deh, gua sih udah ga inget lagi saking shocknya. Oh my God!! Untung banget deh gua masih dilindungin saat itu, gua en mobil gua ga kenapa2...cuma kaget banget, sampe tangan gua gemeteran. Udah gitu, gua sempet ngomelin supir kijang baknya. Kalo jalan liat2 duong bang! Sementara orang2 pada nontonin...Idih...malu banget deh...
Laen lagi ceritanya waktu gua disuruh pergi stok opname ke mal Kelapa Gading. Ceritanya gua pergi sendiri neh dan harus pagi2 sebelum pengunjung tokonya rame. Jadi di parkiran masih sepiiii banget. Udah dong, masuk ke mal en sibuk deh ngitungin barang sampe malem. Pas mau pulang, gua ke parkiran dong cari mobil gua. Tapi kok ga ada ya? Padahal gua yakin lantai parkirnya udah bener...Tapi, gua masih coba cari ke lantai atas dan bawahnya lagi tuh. Tetep ga ada..Aduh...gua lemes banget deh. Gua pikir : pasti dimaling orang neh mobil gua. Mau cari satpam or tukang parkir kok pada ngilang ga keliatan. Aduh bisa gila gua! Udah mikir aja, gimana cara lapornya ke polisi? Gimana gua pulang ntar ke kost? Tapi gua coba muterin lagi tempat parkir sekali lagi. Eh,tiba2 gua liat boneka2 kecil yang biasa gua tempel di kaca depan dan belakang mobil gua di mobil orang. Kok mirip ya? Lha gua liat platnya....Eduaaannnnn, ini mah emang mobil gua! Bujubuneng.....Asik2 ketemu!! Ga jadi lapor polisi...Ternyata gua baru berasa gua begoooooo banget setengah mati hari ini....Gua tuh tadi cari mobil di parkiran bukan liat plat mobilnya, tapi liat sarung ban serep mobil gua. Biasanya kan putih, tulisannya dealer mobil tempat gua beli. Eh, ini ada sponsor dari produk shock breaker yang warnya kuning, trus dia maen sarungin aja tuh ban serep mobil gua. Jelas aja gua jadi ga ngenalin mobil gua sendiri!!!! Goblok banget kannnnnnn....Hihihi, langsung parno gitu begitu cari yang putih ga ada, bukan liat platnya. Padahal tadi gua udah bolak balik berapa kali tau di samping mobil ini. Tolol tolol! Hihihihi....untung juga gua pasang boneka2 kecil rame banget di mobil gua...jadi gua bisa kenalin...
Trus, ceritanya parkiran di kantor gua yang baru sekarang kan model yang diangkat, jadi mobilnya disusun begitu. Siapa yang parkir duluan mobilnya diangkat ke atas, di bawahnya jadi bisa parkir mobil lagi. Tapi kalo yang di atas mau pulang duluan, yah kudu nungguin panggilin yang punya mobil di bawahnya. Nah, ini dia masalahnya. Mobil gua tuh sering banget diangkat ke atas dan selalu satpamnya seperti sengaja ga mau turunin, padahal dibawah udah kosong dan udah pulang jam kantor pula. Jadi gua selalu bawaannya spanning tinggi sama satpam2 di kantor gua. Gua selalu pasang muka super judes dan angker. Abissss, sebel en bete banget kalo pas mau pulang tenggo, eh malah nungguin yang punya mobil di bawah sampe setengah jam ato lebih. Kan gedeg banget tuh. Jadi, kayanya gua udah terkenal deh di kalangan satpam2 di kantor. Biarin aja, emang gua pikirin. Nah, suatu hari gua udah parkir neh ceritanya. Karena datengnya kepagian, jadi gua baca2 buku en denger radio dulu di dalam mobil. Eh, tiba2 mobil gua terangkat aja ke atas gitu, dan gua ada di dalemnya. Geblek ga...Langsung aja gua klakson2 panik dan berisik, sementara satpam yang naekin mobil gua cuma bengong2 aja. Trus begitu dia sadar, baru dia turunin lagi sambil ketawa2. Aduh, tolol banget kan??? Dan kejadian begini ternyata ga cuma sekali...Sampe terulang dua kali....Buseetttt, tambah terkenal aja deh gua di lingkungan parkir kantor gua...Malah terakhir, gua berantem sama satpam yang sok dan belagu. Sampe ditontonin orang satu gedung. Gua tereak2 an sama tuh satpam, ketemu orang goblok gua jadi goblok, ketemu orang bego gua jadi ikutan bego. Gara2 gua mau pulang, mobil gua masih diatas, tunggu sampe 1 jam orang yang parkir di bawah mobil gua ga ketemu2 juga. Taunya itu orang malah makan di resto sebelah. Siapa yang ga gondok coba. Satu jam nunggu, dia enak2an makan. Udah gitu, pas mau diturunin, mesin hidroliknya rusak pula. Jadi tuh satpam panggil teknisi dulu, tunggu lagi. Wah, gua udah murka deh. Jadi gua ngoceh2 ngumpat2. Eh tuh satpam ga seneng, dia bentak gua. Gua yang lagi spanning langsung bentak dia juga. Gua bilang : eh, gua bukan marah sama lu...ga ada urusan sama lu...Dia tambah marah. Gua ladenin aja sekalian...emang udah bete dari tadi kan...Jadilah pertempuran 1 by 1. Hihihihi, yang lucunya....udahannya sekarang dia malah hormat ama gua....Kalo ketemu mangguk2....Preman dilawan luh....!!! Kelaut aje...
Trus suatu hari di lampu merah depan hotel Mulia Senayan kan nyalanya antara kuning mau ke merah, sementara udah malem. Gua takut banget waktu itu sepiiiii banget ga ada mobil laen. Jadi daripada gua ngerem sendirian antri lampu merah, mending gua gas aja...gua pikir ga ada polisi juga. Serem kan kalo ditodong ato dirampok disitu. Yah udah, tenang aja...dah lewat deh. Trus ada yang naek motor tuh 2 orang, nengok2 ke gua sambil nunjuk2 ke belakang. Gua liat ke spion...Astaga naga...ada Renegade...eh salah ding...ada Chips....itu tuh police...lagi nguber gua...Yang ada, gua bukannya berenti, malah gua tancep gas...Pura2 bego aje....sapa tau bukan nguber gua. Eh beneran loh..dia ngejar gua. Pas di tanjakan jembatan Senayan, gua dipepet abis...disuruh brenti..buka kaca..pasang muka bego...Lalu mulai deh...Malem Pak....ada apa ya? Itu Bu, Lampu merah kok diterobos aja? Mana SIM dan STNK? Sambil ngambil STNK sambil cengegesan, ngarang2 alesan apa yang cocok. Anu pak...saya kebelet banget pengen pipis...Saya salah deh pak...tapi mau bagaimana lagi...rumah saya jauh...maap deh pak...ga diulang lagi lain kali...ya udah deh...damai aja pak..bapak mau berapa? Hihihihi...gua tembak aja langsung mau berapa....Kaga pernah sih ditangkep begini...Baru kali ini aja sial....Akhirnya melayang deh 50.000 gara2 lampu merah doang. Ditodong mah kaga. dirampok juga kaga...malah disetop polisi..Nasib ya nasib....
Pernah juga di jalan tol dalam kota itu kan emang selalu dan always macet total. Jalan semeter, berentinya bisa 5 menit. Trus waktu itu ada rombongan tentara lewat, mobilnya segede gede gaban, mobil ijo2 gede. Mana udah ujan, gerimis, gelap pula. Eh, ada satu mobil tentara yang mepet2 gua...Dia klakson2 en nyuruh gua minggir. Lha, emang dia pikir ini jalanan nenek moyang dia apa? Biarpun tentara, tapi bukan gitu kan caranya. Gua pura2 bego, ga mau minggir. Dia tambah mepet, ampir nyerempet mobil gua. Akhirnya gua kasih dia jalan duluan, setelah itu...eng ... ing...eng....gua bales klaksonin panjang....trus gua tembak2in pake lampu jauh...trus gua pepet2 juga. Hihihihihi...tentara dilawan gitu loh...Bodo amat....ga tau tuh...gua mah ga mikir panjang...pokoke hati senang...hahahahha...Gua juga bayar lewat jalan tol coi!!!! Macet juga sama2 dong....mau jalan duluan juga ada caranya dong...bukan maen pepet begitu ajeeee kaleeeee. Huh...kadang sebel banget yah...orang nyetir tuh kaya jalannya di utan ato di kebon yang kaga ada orang lain. Mau2 dia sendiri. Gua bingung, gimana bisa dapet SIM nya tuh?
Btw, ngomong2 soal SIM, gua juga punya cerita. Gua tuh punya SIM pertama kali tahun 1990. Biasa perpanjang SIM langsung ke polres, isi form, bayar, tinggal foto. Ga pake dites2 lagi. Nah, waktu tahun 2005 pas gua mau perpanjang SIM lagi, udah beredar gosip2 juga sih kalo perpanjang SIM sekarang seperti bikin baru dan harus dites teori dan praktek juga. Gua dianter laki gua tuh ke polres dengan harapan masih bisa lewat jalur "luarbiasa". Eh taunya beneran tuh, pagi2 jam 7 aja antriannya udah kaya Dufan, panjang banget...en emang lagi diperketat ga bisa lewat jalur2 laen kecuali jalur resmi. Yah pasrah deh....Ikutan aturan maen dah. Disuruh beli map warna inilah, itulah, hayu aja...gua beli. Disuruh sumbangan ini itu lah waktu cap sidik jari, waktu tes kesehatan , hayu juga gua turutin.Goceng2 lah...kali 3 yah udah 15.000. Masih oke lah. Trus, tes teori tuh...Lumayan susah...tapi dibilang boleh nyontek2..Wah..asik banget kan...gua pikir, tumben baek polisinya. Tapi bo...pas gua mau nyontek sebelah kiri gua...taunya soalnya beda. Nengok sebelah kanan, juga beda soalnya. Gubrak...pantesan baek....dijebak deh. Ah, udahlah...pede aja...kerjain sebisanya sendiri. Sukses tuh ujian teori lewat. Sekarang giliran praktek, disuruh kelapangan. Yang sebelom2 gua pada gagal tuh. Disuruh tanjakan, rata2 pada mundur. Disuruh parkir, rata2 pada ngelindes garis. Waduh, gua udah ngeri juga. Trus gua bahas2 sama laki gua...Boleh ga ya pake mobil sendiri ..., kan udah biasa bawa, jadi ga grogi. Oh kalo belokan gitu harus gini kali ya...Ah payah deh...Banyak deh komen2 gua. Taunya polisinya yang mau ngetes gua denger2 nguping tuh. Jadi dia udah anggap gua belagu kali. Nah, pas giliran gua...Busyetttt dah ...Itu mobil yang dibuat ujian mah udah taon jebot punya...Haree geneeee masih ujian pake mobil kijang yang remnya aja masih ditarik...persnelingnya keras amit...kaga power steering pula! Gubrak deh...gua udah kayak nyetir truk muter tuh stir pas belokan. Sampe keringetan soalnya pas siang hari bolong. Bener aje...pas tanjakan, malah mundur, tapi dikit doang...Wah...pokoke sama polisi pengujinya mah dinilai gagal total lah....Syebel banget gua jadinya. Udah antri dari jam 7 pagi...hasilnya gagal total...Udah lemes deh. Muka kusut en cemberut abisss. Laki gua masih usaha bujuk si penguji buat tes sekali lagi. Tapi tiada ampun....Yah udah, kita masih liat2 yang dites berikutnya sambil ketawa ketawain yang gagal2 kayak gua. Trus ada bapak2 yang deketin laki gua, dia ngomongnya bisik2,laki gua manggut2. Taunya dia calo. Wah, akhirnya kita coba aja pake jasa dia. Tapi disuruh tunggu sampe jam 3 di warung belakang. Bener2 kayak penjahat, disuruh ngumpet. Trus, bener aja..pas jam 1/2 4 gua dipanggil masuk buat foto...En jadi deh SIM gua...tinggal bayar tuh calo lagi aja....Busyet dah...kenapa ga dari tadi pagi aja coba...Masa, ngurus SIM sampe seharian...Gubrak deh...Ujung2nya juga sama...lewat calo juga...Tolol kan....Pikir aja coba, masa gua udah berapa puluh tahun nyetir...SIM ga pernah bolong ga pernah nabrak, ga pernah nyerempet, ga pernah celakain orang...masa gara2 mau perpanjang dites pake mobil butut aja trus jadi kaga bisa punya SIM lagi kan ga masuk akal banget.....?????Haiya...cuapppeee deh!

6 comments:

  1. Mamie funky,
    dulu belajar mobil dimana?kira2 tau gk alamat tmpt kursus mobil yg bgs n gk ribet dibogor?thanks
    eh Cerita nyetir mobilny lucu,aq ketawa terus mpe akhir cerita,kerenkeren..

    ReplyDelete
  2. aku dulu belajarnya yg di jalan sawojajar mau ke pasar anyar itu (masuk dari jalan sebelah bogor permai)
    Dulu sih 400rb dah sama SIM..ga tau sekarang brp duit tuh..hehehhe
    jadul banget..
    Thanks yah dah mampir ke blog aku...

    ReplyDelete
  3. hahaha....
    ternyata cici ini org bogor jg. sama2 kuliah di binus lg. salam kenal

    ReplyDelete
  4. iyaa.....salam kenal juga wie....tengkyu dah mampir kesini...

    ReplyDelete
  5. Hahahahah jadi grogi mau belajar mobil.. Emang kadang kalo di sopirin ama newbie itu rada-rada horor gimanaa gitu yaa, dan yang nyopirin pun jadinya grogi kalo liat ekspresi para penumpang :)))

    ReplyDelete
  6. Kocak.....kocak binggiiit.......serius........mamie_funky ikutan stand up komedi aja............hik 3x

    ReplyDelete