Saturday, September 12, 2009

BELAJAR BARENG ALVIN

Ceritanya Alvin sekarang kan udah kelas 4 SD, pelajarannya udah tambah susah. Tapi si Alvin kayaknya nyante2 aja di semua pelajaran, jarang belajar, jarang dibaca2 deh buku2nya, ga pernah liat dia duduk baca buku, dan itu semua karena kita ortunya belom nyadar kalo anak2 sekarang beda sama anak2 jaman dulu kita sekolah. Kita mah pikir kayak jaman kita dulu , anak2 pada belajar sendiri, tau2 ortu2 kita ambil raport doang dan hepi anak2nya pada naek kelas dgn nilai bagus, ga pake acara dipanggil2 ke sekolaan ama guru gara2 ada masalah. Ga pake nyuruh2 belajar, ga pake ngajar2in segala, ga pake makan ati ... Neverrr deh.
Nah si Alvin ini kalo setiap ditanya ada ulangan ga, udah belajar belom, ada PR ga, jawabnya mah udah udah aja, beres-beres aja. Yah kita mah ortunya percaya aja. Makanya liat dia maen PS dibiarinin aja, liat dia maen game komputer juga masih oke lah, pikir kan biar masa2 kecilnya puas bermaen ga cuman belajaaaaar mulu, entar stress lagiii. Ini sih pendapat gua aja, klo kita jadi ortu jgn berambisi supaya anak2 tuh harus begini..harus begitu, jadinya mah ntar anak2 pd stress. Trus Alvin keliatan sibuk belajar setelah ditegur. Sementara emaknya sibuk bikin kue dan bapaknya sibuk nonton tivi. Alhasil, ulangan2nya cuma standard aja dapetnya 60 , besoknya 60, kadang pake remedial pula. Pekerjaan sekolah juga bisa dapet telor....(lama2 kalo banyak telornya bisa dibikin kue dahhhhhh)...heheheheheh..Tiap hari di buku agenda sekolahnya selalu ada coretan merah dari gurunya. Adaaaaa aja yang kurang dan salahhhhhhh....Waahhhhhh, baru dah emaknya blingsatan kayak kebakaran jenggot, langsung marah2 (ga ada gunaaa siihhhh), bentak2 en keluar tanduk dah (hiperbol dikit). Udah tuh, mulai dari situ langsung digeber abis deh kalo ada ulangan . Kita semua komit, ga boleh ada yg nonton tivi, ga boleh bikin kue (klo sampe bikin kue pun ditunda dulu), ga boleh maen PS atao maen game komputer. Semua duduk bareng dan belajar. semua buka buku dan dibaca sama2, terutama yg mau ulangan lah harus lebih konsen lagi belajarnya. Termasuk pembokat gua jadi ikut2an belajar juga. Mangkanya tambah pinter dia sekarang...hehehehe.
Nah trus, setelah baca, kita test tanya2 soalnya , dan kasih petunjuk2 yg harus diapalin. Tapi emang beda banget deh yaa pelajaran anak2 sekarang sama jaman gua dulu sekolah. Buku cetaknya juga aneh2. Kayaknya cetek dan perlu inisiatif anak buat berimajinasi sendiri. Ga plek2 dibaca trus ngerti gitu. Nah gua aja emaknya pusing klo baca buku si Alvin..makanya maklum juga kalo anak gua rada2 ketinggalan pelajarannya. Ada2 aja istilah yang ga familiar buat gua, kayak contohnya :"kenampakan alam"...gua sampe nyalah2in Alvin..nulisnya yg bener dong Vin...pe- nam- pak- an...sampe gua eja..Pake pe ya...bukan ke...Kamu salah denger kali. Mana ada kenampakan..ada juga penampakan..(dgn kenceng dan sok tau tentunya). Alvin cuma terdiam mikir..mau protes juga percuma...siapa berani lawan Mami. Eh..pas gua baca2 lagi bukunya...iya bener looohh...kenampakan alam..Wewwwwwww.....I have to apologize to my boy ....eh Vin..maap maap, Mami baru denger neh kenampakan....kirain penampakan...hahahahaaa....yg once sapa sihhhh....Nah itulah, jangan heran knapa sekarang gua jadi tambah pinter...itu berkat belajar bareng anak2 gua...yg tadinya gua ga tau, jadi tau deh...hihiiiihii..yg ulangan siapa...yg pinter siapa....Tapi emang rada ribet juga sih belajar sekarang. Ngapalin semua gunung2, danau, sungai seluruh Indonesia...yg keluar di soal ulangan cuma satu doang...hihhhh......capeeee dehhh.
Nahhhh, besok2nya hasil ulangan kan dibagiin....gua boleh senyum2 dan sibuk2 bikin kue lagi deh...Nilai Alvin langsung drastis melonjak...96, 90,...pokoknya rata2 90 an deh...wahhhhh senengnya.....kesimpulannya berarti emang dia tuh kalo belajar kudu ditemenin, karena selama ini males baca sendiri...haiyaaaa, masa kalo mau terima orderan kue harus ngecek jadwal ulangan Alvin dulu yaaa....??? Wewwwww

No comments:

Post a Comment