Thursday, August 15, 2013

MANILA CITYTOUR ( TRANSIT PART 2 )

Transit Manila to Jkt

Holaa..akhirnya kita balik lagi ke Manila nih. Kondisinya udah 7L : letih, lesu, lemah, lunglai, loksoy, lemes, lancay ...hihihi...udah abis2an nih kaki di genjot di BJ. Kalo boleh ngesot, pilih ngesot aja dah. Lebayyy  yah!

Berhubung udah cape, hari ini kita putusin naek taxi aja dah. Dari airport pake taxi meteran mau ke Manila American Cemetery & Memorial, eh taunya nyampe sana kita kepagian, belom boleh masuk. Bukanya jam 9.00, sementara kita dateng jam 8.00 pagi. Yahh, sia2 deh ongkos taxinya. Akhirnya kita ubah jadwalnya ke UST dulu, yaitu University of Saint Tomas yang terkenal dengan arsitekturnya yang bergaya eropa. Letaknya berlawanan arah dengan  Cemetery, jadi kita balik arah dan lewatin airport lagi deh ( tepok jidat ).



Nyampe UST, taxinya masuk gerbang dan parkir di depan monumen tempat kita mau foto2. Eh disamperin satpam dan dibilang gak boleh foto. Bingung dong, kenapa gak boleh. Perasaan udah browsing2 gak ada masalah seharusnya foto2 disini. Malah di list 10 things to do in Manila, UST masuk ranking 1 lohh ke dalam tempat yang harus dikunjungin. Masa kagak boleh sih masss? ( protes nihh! aarghhh ). Tapi akhirnya tuh supir taxinya jelasin kita turis dari Indonesia dan sambil kasih tips ke satpamnya, baru deh dikasih foto2....hadeuhhhh, maksudnya harusnya kita ijin dulu gitu sama dia. Oohh gitu toh mas...ngomong dong...jangan bikin kita jantungan ketakutan, sampe fotonya jadi jelek2 dahh expresinya...hahahhaa!
Nahh ini lah gerbang UST itu :
Ck ck ck ck...dibangun 1611? udah keren ginii...





 Ini taman disebelah gerbang tadi :
 Terus kita masuk ke dalemnya sedikit, udah nemu deh bangunannya : 
Wahh, emang bagus yah universitynya...bangunannya kayak di Eropa ( sok banget, kayak udah pernah ke Eropa aja! ). 

 Gak tahan deh kudu foto banyak2 disini....hehehhee 
 
 Ini lah icon UST :

Terus supir taxinya merasa kita foto2 bakal lama, dia bilang mending bayar taxinya gak usah argo, langsung borongan aja sewa berapa jam gitu. Akhirnya kesepakatan nyewa sampe jam 12 siang sekitar PHP 2000 ( Rp. 500.000 ). Glek...mehong banget/! Tapi yah udahlah, daripada kita diturunin di tengah jalan gini, gak tau mau cegat taxi lain pun bisa kena tipu. Mana harus bayarin dia makan siang pula nih....what ever lah, yang penting aman.

Abis dari UST, kita ke Divisoria Market (ini berkat rekomendasi si supir taxi ), yaitu sebuah tempat belanja grosiran. Yang terkenal namanya 999 mall, ada juga yang lain namanya 168 mall. Si supir taxinya pun sampe ikut anterin kita belanja ke dalem. Dia ngaku kalo dia belom pernah parkir di parkiran mall ini...yang ternyata parkirannya lebih canggih lagi daripada kantor gua yang cuman tingkat 2, ini sampe tingkat 5.  Ck ck ck ....kebayang deh kalo yang mobilnya diangkat sampe tingkat 5 itu mau keluar, dia harus tunggu berapa lama tuh ya? Kan harus keluarin mobil2 dibawahnya satu2. Ohh ternyata tidak begitu loh, mereka bisa geser ke kiri dan ke kanan pula, cari slot yang kosong, sehingga yang atas bisa turun. Gileee canggih juga.

Ini taxi yang kita pake : 
Wahhh, bisa kalap loh kalo belanja disini, segala macem barang ada disini. Lebih bagus,lebih keren, lebih beraneka  ragam dan tentunya : lebih murah. Terutama kalo kita beli minimum 6 pcs, dikasih harga grosiran. 
Wele2, akhirnya borong kaos2 Polo aja dah yang bahannya lebih bagus dan halus daripada yang kemaren di Hong Qiao Market Beijing. Ini si mbak e malah ikutan narsis....hehehhee. Tuh kaos Philiphina flag yang paling kanan kalo di mall harganya PHP 1000 ( si Papi udah keburu beli di mall kemaren huahhhhh! ), eh disini harganya cuman PHP 230 ajaaaa! Haiyaaaa! Apalagi banyak yang nebak kita tuh orang Philipina juga, gak kayak orang Indo, makanya harganya gak terlalu dimahalin. Iyalahhh mirip pinoy...wong kita udah pada dekil2 coklat2 gosong kulitnya...hahaha

Dan yang namanya udah belanja mah gak kenal waktu, tau2 kita hampir 2 jam disini dan harus buru2 jalan lagi ngejar deadline sewa taxinya. Takut kelewat banyak, nanti dia minta charge lagi, mati dehh. Untung aja sepertinya si supir taxi udah gak inget jam jam an wong dia sendiri ikutan shopping bela beli ini itu buat istrinya ...hahahaha....jadi santai aja kemana kita mau pergi bakal di anterin. Yang penting dia udah dapet gopeceng cuman setengah hari ini. Lumayan deh, bayar mahalan dikit, yang penting si supir taxi bisa jadi guide kita juga ke tempat2 famous di Manila.

Pas lewatin Rizal Park depan Manila bay, kita minta berenti buat foto2 dulu dong. gak mau rugi lah...ninggalin jejak dulu disini.
Abis itu baru deh ke Manila American Cemetery & Memorial. Yaelahh, dari pagi niat banget sihh ke kuburan doang. Ehh jangan salah, ini kuburannya keren banget. Gak berasa seperti di kuburan, yang angker dan menyeramkan. Yang ini  malah seperti taman, tempatnya asri, adem...kagak pake angker.
Sejauh memandang semua salib2 berjejer rapi 
Demen banget deh foto2 disini bagus2. hehehehe. Dan ternyata banyak banget yah korban2 perang dahulu kala itu. Ini kuburannya sampe berjejer ribuan biji......rapi jali!. 
 Ini dia monumennya :
 Di dalem monumennya ada kapel tempat berdoa..
  Di sini banyak tulisan2 yang artinya bikin melow dan mengharu biru perasan :
Di tembok2 juga sama, tertulis kata2 indah :
 Terus, di tembok2nya itu terpatri nama2 korban tewas,  namanya Wall of Missing....
Banyak bener deh daptar namanya...berurut abjad : 
 dan ada cerita sejarah tentang perang2 yang dulu terjadi...
Pokoknya, biar kata ini kuburan, kagak berasa di kuburan dahh ... Berasanya seperti di taman aja
gaya to the max lah fotonya ....wakakakk
Rest in peace....damai dan tenang ....
Abis dari sini, kita ke daerah Taquig ( deket airport ) dan ketemu mall baru yang namanya SM Aura Premiere Mall. Dan kesampean deh makan di Jollibee....
Rasanya enak juga, ayamnya renyah banget ..krispy....sayang gak ada sambel...cuman ada saus tomat dan saus coklat itu. Beruntung ketemu pula sama icon nya :
Dan si supir taxi pun ikutan makan bareng kita....hahahhaa.Oh iya namanya Mr. Rudolfo Ramos ( jangan2 dia pemaen telenovela ituuu...Marimar aww! hahahaha). Beruntunglah dia bertemu dengan kita yang baik hati dan tidak sombong...hahahaha
Kita ngabisin waktu muter2 disini, sampe sekitar jam 4 an kita balik lagi ke airport NAIA. Di mall ini banyak juga spot2 bagus buat foto, kayak gini :

 Dan tau gak sih sebenernya kita tuh di mall kagak pede, soalnya bawaan kita tuh ransel2 yang udah penuh sama belanjaan tadi siang....orang2 mah keren2 dandanannya, kita mah terlihat seperti mau hiking naek gunung. wakakak... 
Dari mall SM Aura Premiere ke airport naek taxi kena sekitar PHP 131 ( Rp.32.750 ) aja. Pas nyampe ujan lumayan gede nih. Gak lupa foto dulu dunk di depan airportnya :

Dan sama seperti kemaren kita berangkat ke Beijing, yang kali ini kita mau ke Jakarta pun bebas airport tax karena judulnya transit. Jadi jangan lupa simpen boarding pass penerbangan sebelumnya yah kalo cuman transit tapi mau keluar dari airport untuk sekedar jalan2. Pastikan bilang sama petugas di cek in konter untuk kasih stempel atau note di boarding pass yang baru bahwa kita hanya transit, supaya petugas di bagian airport tax cukup tinggal baca note itu dan urusannya beres deh : free airport tax mamen!

Makan malemnya di Tapa King Resto lagi...dan kali ini restonya udah rame dan penuh. Hampir aja gak kebagian meja. Ternyata selaen rasanya enak, disini ada free wifi juga, jadi pengunjungnya pada betah dehh, termasuk gua ikutan berlama lama makannya sambil update status dulu dunk...narsis exist forever! hahaha

Oh iya, oleh2 yang sempet gua beli di Manila adalah ini :

Yang jagungnya enak bener...gua suka. Kalo manisan mangga, gua beli buat oleh2 Apak di Beijng, jadi gak sempet cobain deh. Lagian emang gak suka manis2 sih...udah manis! Pretttt! (ditimpukin orang sekampung).
Terus yang ini adalah popcorn : 
Nyesel dah beli popcorn ini cuman satu biji, padahal ini yang paling enakk! Gua pikir mau cobain satu dulu, takut gak enak. ternyata enak banget. Yahh, sayang di airport gak jual model ini. Gua belinya tadi di supermarket di mall SM Aura Premiere itu tadi. haiyaaaa jauhh lagi itu mah....( nangis guling2 dah! ).
Saat terakhir di NAIA berasa masih punya lembaran USD, sok gaya2 ngintipin konter parfum di duty free, jadi kepengen beli beli deh...akhirnya dapet juga...#loncat loncat girang....hahaha

TIPS : Bagi yang mau berbelanja oleh2, lebih baik beli di supermarket daripada di airport, karena harganya lebih murah di supermarket dibandingin beli di airport  ( nenek nenek juga tau yahh! hihihii..yah cuman sekedar ingetin aja kok).

Yahhh, akhirnya explore Manila dalam waktu 2 x 12 jam selesai juga. Lumayan dapetnya banyak juga yahh. Apalagi kalo sampe berhari hari disini? Ck ck ck...kebayang dong fotonya berapa banyak....hahahhaa....Dah lah jangan dibayangin....mending tidur aja! hehehhee. Ini capenya gak ilang ilang oiii! Butuh berhibernasi seminggu sepertinya. Zzzzzzzzz
Babayyy...see you in next adventure!

21 comments:

  1. waaaaawwww... universitasnya bagus banget, bener2 berasa kayak di eropa. kayaknya disana banyak bangunan2 yg mirip kayak di eropa gitu ya...

    kuburannya kayak kuburan di film2... rumputnya ijo banget, dan jadinya ga berasa kayak di kuburan. mereka bisa ngejaganya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh mel...gedungnya bagus gitu yah...
      ini kan kuburan orang amerika, jadinya terawat banget karena ada dananya kali yee..

      Delete
  2. huahaha sampe kuburan aja dijabanin ya.. niat abis... :P

    UST keren banget ya gedungnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis kuburan ini masuk ke list 10 things to do in manila loh Man...jadi yah harus disamperin biar gak penasaran.
      UST kerennn, kalo jadi mahasiswanya mah bangga kali yah

      Delete
  3. Ternyata Manila bagus juga ya? Apa cuma beberapa tempat ini aja kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...relatif lah ngel...gua aja ikutin panduan 10 things to do in Manila nih..baru bisa nemu tempat2 ini..hehehe
      klo diluar Manila, masih bnyk tempat yang bagus lagi ( katanya lohh..)

      Delete
  4. UST bgs ya Yan . itu cemetary rapih bgt ampe lu poto brp x ha2222

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ven bagusss....sampe gua khilaf posting semua foto2nya ...hahaha

      Delete
  5. woghhhh supir taxinya baik bgt... harusnya mall2 d jkt jg gt parkirnyaaa... jd ga pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya wi...harusnya jakarta bisa nih terapin parkir kayak gini...biar gak pusing klo mau parkir...

      Delete
  6. Wah, berarti di Manila airport tax-nya dipisah dari harga tiket kayak di Indo ya? Hmmmm...

    Btw, itu kuburannya memang ditata rapi tapinya ya. Jadi (kalo siang) kaga angker gitu, nyahahaha... .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg di Manila gak trmasuk ko...jd yah harus tunjukin boarding pass yg sblmnya.
      Kuburannya rapii gak angker kok...hehehe, mungkin "mereka" juga takut sama kita

      Delete
  7. itu penjual bajunya gak mau kalah ikutan mejeng. hahaha....
    kuburannya keren ya....
    btw, info tentang boarding passnya berguna banget, bisa hemat banyak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah lin, itu si mbak e lebih narsis dari eke..hihihi
      Kuburannya asikk, gak angker.

      Delete
  8. huhuhuhu senangnya yang abis plesiran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....sabar ri...masih akan banyak promo2 dari budget airline utk taon depan...sikattt!

      Delete
  9. Huaaaa.. kotanya bersih banget ya mba? asli bagus gitu keliatannya.. O_O Kirain selama ini mirip2 Jakarta >__<

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya mirip2 Jakarta juga be, yang kumuhnya juga ada...hahahha

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Wow keren banget mbak.... bln november saya akan ke Manila. dan spot2 yang dikunjungi diatas akan saya kunjungi juga. Thanks buat infonya. anyway saya simpan beberapa fotonya ya hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal ryan...iyah semoga infonya bermanfaat yaa. tengkyu juga dah berkunjung kesini

      Delete