Wednesday, August 14, 2013

MANILA CITYTOUR ( TRANSIT PART 1 )

Well....akhirnya...libur Lebaran udah sampe juga setelah ditungguin dari kemaren2. Mana tuh tiket gua ya?  Saking belinya dah kelamaan, keselip kemana tau dah. Maklum deh,  tuh pu'un duit gua sepertinya salah pupuk jadinya gak berbuah berbuah..hehehe, so gua harus cari tiket yang murah...kalo bisa super murahhh....hahahhaa!( padahal mah yang murah2 juga serem yaaa...hiks! ). Ada sih yang murah, tapi harus setor duit dulu, alias beli di awal2. Yah begitu juga akhirnya gua udah beli tiket dari taon kemaren nih ( pengumuman yeee...penting apa? hihihihi )....yah kagak bisa dibilang murah-murah banget juga sih (hik hik hiks...kapan bisa dapet Rp.0 yaaa??!), pokoknya yang penting udah dapet seat, biarpun perginya bukan ke tempat liburan favorit...bukan Jepang, bukan Eropa, bukan Amerika....aarghhhh......yang penting kagak jadi Oshin di rumah dah. Jadi kemana dunk liburan kali ini? Hmmm...masih inget kan tentang postingan yang ini : pra holiday , saat si Apak ketinggalan pesawat waktu mau pulang ke Beijing? Nahhh, sekarang giliran kita nih berkesempatan mengunjungi blio di Beijing....#loncat loncat senang, bisa ngirit biaya hotel...hahahhahaha (mamie culas! ).



Taon lalu yang lagi big sale penerbangan international untuk penerbangan tahun 2013 adalah si Cebu Pacific Airline, cuman PHP 7 doang bo! Langsung histeris lah gua. Kalo 7 dikali rate 1 peso = Rp. 250, berarti kan cuman Rp. 1.750 doang!!! DOANG? Hmmm....yah kagak saklek begitu sih itungnya, soalnya kan selalu masih ada embel2nya, fee ini, fee itu, jatoh2nya sekitar 1 jt an untuk rute Manila - Beijing-Manila ( PP boooo! ). Hajarrr aja dah! Sementara tiket Jakarta - Manila - Jakarta nya masih gak jelas harganya. Idihhh, beginilah modal orang nekat, anggapnya tiket ke Beijing udah murah, tapi ternyata cuman pancingan doang bo. Ditunggu tunggu setelah itu gak ada promosi buat tiket Jakarta- Manila-Jakarta....#tepok jidat ! Terpaksa harga berapapun diembat juga nih ( baru dapet sekitar bulan Pebruari 2013, sementara yang tiket Manila BJ booking di November 2012 ), daripada kagak jadi pergi , apalagi semua harga tiket kan harus dikali empat! Huahhhh.... jatoh2nya mehong juga bo. Tapi yah sudahlah......ini kan mau liburan, jadi harus enjoy ajaa! ( dalem ati sih menjerittt : emakkkk! mehong banget sihh nihhh tiketnya....hahahhaa).

Okeyy...let's we start the journey :

Transit Manila to BJ

Kita nyampe airport Soeta sekitar jam 10 an, tadi berangkatnya lebih awal jaga2 kalo macet. Sampe airport ternyata antrian penumpang Cebu Pacific udah lumayan panjang, gak tau nih lama banget layaninnya, padahal kita masuk jalur yang udah web cek in, malahan pelayanannya lebih lama dibanding yang kagak web cek in. anehhh!
Udah beres cek in, kiddos malah pada kelaparan lagi. Padahal perasaan tadi di rumah udah dikasih makan deh. Herannn...maunya jajan aja. Alhasil popmie yang biasa cuman 5000 an di supermarket, disini dijual @ Rp. 20.000 an pun terpaksa dibeli juga dah.....( mamie udah mulai pelit...perhitungan banget dah! hahahha).
Dari Jakarta sekitar jam 00.30 WIB , dan nyampe Manila sekitar jam 5 an subuh ( ada perbedaan waktu 1 jam dengan Jakarta). Begini deh kota Manila dari atas pesawat saat subuh :
Duhhh kursi pesawatnya agak keras, jadi kurang nyaman buat duduk berjam2. Yah beginilah , ada harga ada rupa. Dan selama penerbangan itu, pramugarinya sibuk mondar mandir nawarin makanan, terus baru juga mau merem sebentar, udah bolak balik lagi jualan souvenir, parfum, snack dll, jadi keganggu deh tidurnya karena berisik mondar mandir dan suara ting tang ting tung pengumuman. Ahhh  asli gua ngantuk banget dah! Alhasil, mendarat di Ninoy Aquino Internasional Airport Manila, tampang kita udah beler. hahaha...
Ada patungnya Ninoy Aquino di airport :
Oh iya, airportnya kayak gini deh dalemnya di terminal kedatangan :
Penerbangan ke Beijing sendiri jadwalnya jam 19.35, so terpaksa kita harus transit di Manila sekitar 12 jam an. Nahhh, mau ngapain tuhh lama banget gituu waktu nunggunya? Masa mau ngedeprok di airport  selama 12 jam? bisa mati bosen. Lebayyy kann! Lagian denger2, kalo sampe kita tidur di airport, bisa kena denda loh. Serem juga yah. Kalo untuk city tour sih rasanya keburu nih. Akhirnya kita browsing2 dulu dan putusin bakal keluar dari aiport buat muterin kota nantinya.

Di imigrasi NAIA sempet ada insiden kecil, waktu kita ditanya mau ngapain di Manila, gua bilang ( tentunya pake English dong yahh ) cuman mau transit. Eh kita dilempar ke bagian transfer. Begitu di bagian transfer, kita jelasin lagi kalo kita transit 12 jam dan mau keluar dari airport buat jalan2, akhirnya kita dilempar lagi ke jalur imigrasi yang tadi. Arggghhh, apa karena English gua so bad ya sampe salah paham gini? Cape dehh. Udah gitu, mereka cek lama banget, mempermasalahkan surname, given name.....busettt dah! Si Alvin dan Miko kan passportnya namanya udah keren2, Nicholas Miko dan Anthony Alvin....pas ditanya surname nya apa, given namenya apa, gua mabok lohh! Asli gua bingung. hahahhaa ( padahal gua yang kasih nama nih anak2, gua bingung sendiri dah! ). Sampe ditanya sama petugasnya beneran tuh anak berdua adalah anak2 gua ( emangnya kagak mirip apa?? hihihii). Kayaknya sih orang Philiphina itu masih ikutin orang barat yang pake nama keluarga gitu. Yahh, akhirnya setelah gua jelasin kalo anak2 gua mah namanya gak ngikutin pakem orang barat, baru deh mereka lolosin kita, sampe akhirnya kita berempat adalah orang terakhir yang keluar dari imigrasi dari antara ratusan orang satu pesawat tadi. Sigghh....sampe koper kita juga tergeletak sendirian pula.

Karena kita mau jalan2 keliling kota Manila, gak lucu dong yah kalo sampe harus geret2 koper yang segede gaban itu, untunglah ada tempat penitipan tas yang letaknya dipojokan. Jangan khawatir, petunjuknya jelas kok, ikutin aja dijamin gak pake nyasar.
Untuk koper gede kena charge PHP 350 ( sekitar Rp. 87.500 ), yah masih wajarlah harganya dibandingin harus ngegeret koper keliling kota...hahahha.

Abis titip tas, baru deh berasa lega dan lapar. Padahal masih jam 6.30 pagi, biasa di rumah mana pernah berasa lapar. Eh disini ngeliat Burger King di depan mata, langsung berasa lapar banget. hehehe, jajan dulu deh, itung2 sarapan dulu sebelum jalan jauh.
Dari airport kita rencananya mau naek Jeepney ( angkotnya Manila ), kebetulan ketemu sama cewe petugas Cebu yang tadi layanin kita di airport. Dia mau pulang dan kebetulan searah jalannya. Lumayan deh jadi ketemu guide dadakan dan yakin gak ditipu. hehehee. Tarif Jeepney PHP 8 ( Rp. 2000 ) per orang. Busett, murah banget yah! Angkot di Jakarta aja gak dapet 2000 lagi. Kayak gini deh yang namanya jeepney itu :
Dan kita udah duduk di dalemnya, kebetulan kosong cuman kita aja...
Sepanjang jalan bertebaran para jeepney ini... dan sepertinya merekalah penyebab kemacetan disini...( samalah kayak mikrolet di Jakarta...hehehe).
Tujuan kita tuh mau ke daerah Intramuros ( kota tua di Manila ). Setelah naek Jeepney, kita turun di stasiun LRT EDSA dan lanjut naek LRT dengan tarif PHP 15 ( Rp.3.750 ) per orang. Kita turun di stasiun Central dan harus jalan kaki lagi menuju ke Intramuros. Duh saking udah baca2 di blog orang, kalo becak2 di Manila sini banyakan tukang tipunya, jadi ketika disamperin sama tukang becak, gua ngelengos aja dah ( padahal mah butuh juga, jalannya jauhhhhh banget dah ). Tapi tukang becaknya pada punya mental baja nih, mereka gak gampang ditolak, kita dikintilin terus, ditawarin suruh naek becaknya, sedikit agak pemaksaan, bikin sebel aja!

Oh iya, hawa di Manila puanas banget deh, padahal baru jam 8 pagi, tapi mataharinya terik banget. Ampun dehh, muka udah berasa terbakar soalnya gak bawa payung. Tapi mau gak mau dijabanin juga dah....berjalan di trotoar yang banyak pedagang kaki lima persis kayak di Jakarta nihh :
Terus ketemu lapangan dengan patung2 perjuangan ...gak tau namanya apa (lupaaa...hehehe) :
 Di gerbang masuk daerah Intramuros, terbentang gerbangnya seperti ini :
ketemu benteng tua yang masih banyak terdapat meriam2 bekas jaman perang dulu : ( view ke arah clock tower )
mejeng di antara jejeran meriam....
Tempat pertama yang menarik di Intramuros adalah Gereja St. Augustiane. Tapi sayang, kita gak bisa masuk ke dalemnya karena lagi ada acara pemberkatan pernikahan. Terpaksa deh cuman bisa mejeng di pintu doang. hehehee
Dan kayak ginilah sekilas penampakan dalem gereja nya :
Sayang banget deh gak bisa masuk nih....udah cukup puas foto di depannya aja. Inipun penuh mobil2 yang dateng kondangan....sigghh :
Ternyata udah sekitar 440 tahun umur gerejanya...ck ck ck :
Abis itu, kita ketemu Casa Manila Museum yang letaknya ada di seberang gereja tadi.
Bentuk bangunannya gak terlalu keliatan, karena jadi satu bangunan dengan toko2 di sebelahnya.
Di dalemnya cuman bisa liat arsitektur bangunan museum aja, karena kalo masuk museumnya harus bayar.
Tour mamie funky mah anti yang harus bayar2, jadi diskip aja lah....hahahha, lagipula orang laen juga gak ada yang masuk tuh...
Kayak ginilah sekilas penampakan dalam museum Casa Manila :


Diluar museum ada tukang parkirnya keren juga nih seragamnya :
Dan banyak berkeliaran kereta kereta kuda yang beraneka bentuk....banyak juga turis yang naek, tapi gua sih takut ditipu katanya bakal dibawa keliling2 terus dicharge mahal sampe bisa ribuan peso...glek
 Yang ini bentuknya lebih unik dan bagus :
Di sepanjang jalan ini banyak bangunan2 peninggalan Portugis gitu deh...
Abis itu kita ketemu gereja Katedral Manila yang lagi direnovasi.

ahhh, sayang banget gak bisa masuk ke dalem, padahal gerejanya bagus bener nih. Ternyata udah direnov beberapa kali :
Terlihat megah yah gerejanya....
Patung di depan gereja , ada yang tau siapakah ini?
Tadi sebelum nyampe gereja, ketemu monumen Memorare of Manila untuk mengenang para korban yang meninggal dalam perang tahun 1945. ( hmmm, kok kayak Indonesia yahh tahunnya sama? ).
Di seberang gereja sepertinya adalah bangunan tempat gubernur Manila ( nebak dari nama gedungnya doang ....sotoy.com ).
Abis itu kita jalan terusssss, jauh juga loh, ketemu yang namanya Fort Santiago dan disini harus bayar bo. Untung gak mahal2 banget, dewasa PHP 75 ( Rp. 18.750 ) dan anak2 PHP 50 ( Rp.12.500 ).
Di dalemnya ada taman dan beberapa spot menarik untuk foto....
 Ada bis nya nih buat keliling2 kalo cape...
Kereta kuda juga ada :
 Ceritanya ini Bunda Maria, Yosef dan Yesus...si Miko jadi cebol banget ih...hahaha
 Si Alvin pas banget yahh jadi kumpeni Belanda :.
 Ini mungkin para misionaris jaman dulu.....
 Terakhir, kagak lupa dong buat kenalan dulu sama mister satu ini :" pardon? who are you anyway? I don't recognize you at all....."
Terus namanya juga benteng, bekas2 peninggalan perang masih tersisa ....serem ih liat ini ( kebayang kalo itu peluru segede gitu nyasar menghantam rumah...wewww ).
Kita jalan sampe jauh ke dalam tamannya, ketemu pintu gerbang masuk kayak gini :
Ada reruntuhan bekas theater jaman dulu :
Di dalem Fort Santiago ini ada Rizal Memorial  :
Patungnya Rizal :
 Didalamnya, terdapat beberapa barang peninggalan pahlawan Philipina ini :
 Lukisan :
 Lampu antik :
Terus diujung taman ini, langsung berbatasan dengan sungai yang membelah kota :
Ditandai dengan benteng diujung taman :
Dari Fort Santiago, rasanya kaki udah kapalan dan kram, gua udah mogok gak mau jalan lagi. Mana semalem kan kita udah gak tidur, rasanya kepala juga senat senut keleyengan. Kebetulan ada petugas polisi di depan gerbang, kita tanya2 aja arah ke mall, dan polisinya baek tuh sampe langsung nyetopin taxi yang lewat situ dan dibilangin kita mau ke Mall of Asia.
Ternyata gak mahal juga naek taxi disini, jaraknya padahal lumayan jauh, kita cuman bayar PHP 140 ( Rp. 35.000 ) aja. Ahh, dari tadi aja kalo gitu mah naek taxinya, gak sampe kaki bonyok begini. hihihihi.

Di Mall of Asia kita nyampe sekitar jam 1 an, pantesan aja perut udah keroncongan nih. Kita udah rencana mau nyobain makan di Jollibee, tapi buset dahhh, ini mall nya ruameee minta ampun, dan antrian Jollibee udah puanjanggg banget. Kita udah kelaparan gak bisa nunggu lagi, akhirnya malah masuk ke Pizza Hut aja dah. hahahhaa, jauh2 ke Manila, makannya Pizza Hut. Cape dehh!
Eh pelayan Pizza Hut nya cakep2 loh, orang Philipina kan emang rada bule2 gitu, idungnya mancung, badannya tinggi. Keren dah! ( si Papi ngambek, merasa idungnya mancung dan badannya tinggi juga, tapi gak pernah dibilang keren sama bininya....wakakakka....bisa disambit duit logam nih! #tangkep....#tangkep!). Oh iya, catet nih, disini gak ada sambel saus, cuman ada saus tomat, untunglah gua udah prepare dari rumah bawa saus sambel sachet. Rasanya asin2 semua perasaan...hahahaha

Abis makan, kita keliling2 mall nya yang lumayan gede.


 Ternyata mall ini letaknya di seberang pantai dan di pantainya itu ada taman hiburan anak2 dan ada bianglala gedenya juga.
Wahh, si Alvin  dan Miko udah kalap aja pengen naek ini naek itu. Akhirnya mereka naek Wowow wheel dan betah deh disini, padahal hawanya panas bener tapi mereka udah gak peduli. Oh iya, naek ini tarifnya PHP 80 ( Rp. 20.000 ) per orang untuk 15 menit.

Akhirnya waktunya cepet banget berlalu dah, saatnya balik ke airport nih. Lebih aman nunggu di airport daripada telat. Kita naek taxi ke airport dan cuman bayar PHP 140 ( Rp.35.000 ) aja. Lumayan deket sih jaraknya.

 Oh iya, gua punya informasi penting nih bagi yang punya flight Cebu Pacific dan transit di Manila sama seperti gua, jangan hilangkan boarding pass kalian dari Jakarta, karena ini bisa dipake buat klaim free airport tax waktu kita mau cek in lanjutin penerbangan ke Beijing. Lumayan banget loh airport tax nya kan  PHP 560, dikali 4 orang, dikali Rp.250, dikali 2 ( pergi dan pulangnya dari Beijing),  gua bisa irit Rp.1.120.000. Untung gua baca2 dulu itinerary orang lain, jadi tau kegunaan boarding pass bekas penerbangan sebelumnya. Ahhhh senangnya...lumayan banget nih bisa buat jajan jajan disini. hehehe

Dan kali ini saking udah datengnya kepagian, duduk dulu ngedeprok ketemu wifi gretongan, kudu update status dulu dunk..wakakaka...
Dan kita dapet layanan cek in nomor satu deh, saat belom ada orang lain dateng. hahaha
Urusan cek in udah beres, kita makan dulu di Tapa King Resto yang baru aja grand opening, masih sepi belom ada yang beli nih. hehehhe
Oh iya, yang enak tuh namanya Tapa Queen...rasanya spicy & sour beef , Harganya sekitar Rp. 37.500
Setelah perut kenyang, siap2 deh terbang ke BJ :
babayyyyy Manila....see you BJ soon!

32 comments:

  1. Waaah, asyiknya ke Beijing (via Manila)!! :D

    Btw, aku ngerti deh sumber miskomunikasinya, hahaha. Soalnya kalo dibilang mau transit doang mah mungkin mereka mikirnya transitnya cuma sebentar gitu jadi transit di airport doang tinggal pindah pesawat. Makanya dikirim ke bagian transfer jadi nggak perlu lewat imigrasi buat ke pesawat lanjutannya, hehehe :) .

    Btw, itu di pesawat semalaman gitu pramugarinya malah jualan melulu? Gak enak juga ya soalnya kan penerbangan malem gitu mestinya buat tidur, hahaha. Dulu pas naik GA ke Amsterdam, pas malam gitu sampe lampu di dalam pesawatnya dimatiin, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ko, mereka pikir transitnya cuman sebentar kali....hahaha
      beneran malem itu kita gak bisa tidur karena pramugari sibuk bolak balik...tapi akhirnya 2 jam terakhir sih semua sunyi senyap...

      Delete
  2. soso.. ceritanya jadi ingetin erin pas ke manila, intramorus itu kan najubilleh luasnya.. pasti gempor dah kalau jalan kakii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah rin luas banget dahh...bikin kaki mau copot

      Delete
  3. wah, seru banget liat foto2nya. ternyata di sana banyak bangunan2 unik, ya.. mau juga dong naik angkot manila. kayanya dalemnya luas, tuh, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ndi...banyak bangunan bersejarah yang bagus2 ternyata. jeepney nya luas banget, bisa tiduran...hahaha

      Delete
  4. paling kocak ngeliat yang lu foto salaman ama patung itu. asli ekspresi lu pas banget lho yan!!! hahaha :D

    jeepney nya lucu ya... classic gitu rasanya. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....abis tuh patungnya ngajak salaman sih Man, pas expresinya dapet deh
      si jeepney itu kalo di indo mah namanya oplet kali yah...mirip2

      Delete
  5. wah lumayan di bisa city tour ke manila hahhaha berarti pasportnya nambah cap manila dong hihihihih...
    filipin banyak gereja katolik cakep2 yah, penduduknya mayoritas katolik sih soalnya bekas jajahan spanyol kan? makanya bangunannya juga keren2 hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah fel....lumayan deh bisa keliling2 di philipine walopun cuman sebentar...hehehe
      klo gak salah sih jajahan portugis....mirip2 sih bangunan eropa gitu...

      Delete
  6. g ngakak baca crt lu , duh ada2 aja ya , soal nama bikin lu tertahan di imigrasi
    tp liat poto2 nya g ga nepsong kesana yan , kt sodara g juga gt , manila tak ada apa2 nya . bikin g ga niat kesana hi22
    tapi kalu BT2 n murmer ya bole lah kesana .
    satu lg yg semula g pgn banget ke vietnam skrg stlh liat poto2 org kesana g koq jadi males yak ? hi222
    g malah pgn ke Bali nih skrg . wkwwkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalo kota Manila nya sih gak napsuin ven...kudu ke pulau2 nya katanya bagus....gua juga klo bukan transit mah males sengaja kesini. eh tapi klo ke manila boleh tuh buat wisata belanja kayak ke bangkok...yang 999 mall itu murahh meriah...
      ke vietnam juga gak sebagus di foto2 orang kali...kesannya di udik yah...hahahhaa, mending Bali beneran

      Delete
  7. hahahaha cici yaaa.. selalu deh ceritanya itu bikin yg daku senyum2 sampe ngikik.. lucu banget foto bertiga ala bunda maria, yosef dan yesus nya hahahaha miko ga nahaaaan

    wah boleh juga ya mantengin promo cebu pasific.. belom pernah naik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya lumayan lucu tuh patungnya me
      nah coba aja pantengin si cebu mulai sekarang...

      Delete
  8. Dulu sebelom ada budget airlines jakarta-jepang sempet mikir juga mau beli tiket ke manila karena dari sana ada budget airlines ke jepang hahhaa...

    eh kog ga difoto pelayan PH nya yang ganteng2?

    Penerbangan yang ke BJ-nya sepi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. elu kan jagonya dapetin tiket murah xiao...sekarang mah banyak budget airline bisa kemana aja tuhh
      mana berani foto sama pelayan PH nya itu...takut dibilang norak..hahaha
      ke BJ nya penuh loh xiao...ini mah gua masuk duluan...hihihi, kesempetan deh foto2 dulu

      Delete
  9. Kayaknya gempor tuh jalannya seharian hehehe... Anak-anak nggak protes ci? Tapi seru sih ya kalo berpetualang seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pasti gempor ngel...anak2 udah mogok gak mau jalan....tapi dikasih janji2 surga, baru deh pada lanjut jalan lagi..hahhaha

      Delete
  10. airportnya bagus ya ci... gereja2 di manila cakep2 ya... dulu aku sempet mau ke hongkong via manila juga, cuma akhirnya dapet yg lebih murah, batal deh kesini hehehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan bagus sih mel ( dibandingin soeta...hahahha). sebenernya klo ada yang bisa langsung mah mending langsung, gak usah transit2 di manila...hehehe, capee nunggunya

      Delete
  11. masih suasana lebaran khan,
    sambil ucapin mohon maaf lahir batin sambil lirak lirik kanan kiri cari ketupat lebaran...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2 pak, met lebaran ya..saya juga gak ketemu ketupat tahun ini...

      Delete
  12. Persis Jkt yah Manila :D Ahh.. Padahal deket tuh dari Manado ke Manila..huahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener py...mirip2 lah jkt manila....deket banget yah dari manado, tapi gak tau deh harga tiket dari manado ada yang murah gak ya ke manila

      Delete
  13. OMG mba.. itu kursinya sempit amaaaaaat.. Kebayang Bubu misuh2 pastinya kakinya ga cukup.. hahaha..

    Suka banget sama bersihnya Manila.. jadi ga keliatan sumpek gimana gitu. Gedung2 tuanya juga bagus2 ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya be, sempit banget...sampe kita juga gak bisa tidur kaki kepentok mulu
      bagus2 sih gedung tuanya, dan terawat pula

      Delete
  14. Mau Miiii, ke Manilaaa...
    Aku subscribe newsletternya Cebu Pacific, tapi belom pernah coba pake Cebu hihihihi~
    Iya ekspresi salamannya, kayak ciyus amat gitu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja na ntar klo ada promo lagii...murahh lohh...
      Iyah kudu serius salamannya, dia kan lebih tua...hahaha

      Delete
  15. aduh ci... manila baru pembukaan ya nih? hehehe...
    gua telat nih baru baca sekarang :-D
    ngebayangin u jalan dari ujung ke ujung begitu ci... pegel ga? hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii des...elu baru masuk chapter satu dari belasan chapter...( lebayy dahh!)..
      pegellll bo...banget!

      Delete
  16. Hai ci,
    Mau nanya seputar klaim Free Airport Tax Cebu Air kalau transit, jadi kan saya ada punya tiket Jakarta - Manila, Manila - Incheon ( 2 kode booking ). Nah pertanyaan nya kalau begini arti nya nanti saya dapat free airport tax Manila - Incheon nya ( 550 PHP ) ya?

    Cara klaim nya gimana ya? apakah langsung ketika check in pas mau dapat boarding pass yang baru?
    Thanks untuk informasi nya :)

    ReplyDelete
  17. Frenky, kalo saya kemaren dalam kasus transitnya lama sekitar 8 jam dan saya mau keluar dari airport yah, jadi begitu saya cek in lagi , di konter cebu saya bilang kalo saya transit dan minta boarding pass dikasih cap atau tanda, supaya pas kita sampe di imigrasi, petugasnya tidak meminta bayaran airport tax ...tinggal petugasnya aja liat cap/tanda dr konter cebu itu...lolos deh...itu sih pengalaman saya waktu itu. Selamat mencoba yaa

    ReplyDelete