Friday, October 18, 2013

GUNUNG PAPANDAYAN, GARUT ( PART 1 )

Uyehhhhh.....libur 4 hari di bulan ini memang sesuatu banget dah. Betapa gua makin cinta banget sama negara ini karena banyak liburnya ....DAMN I LOVE INDONESIA ...hahhahaa..( jadi promosi dehh! ). Dan tentunya gak bakal gua sia-siakan dong. Hampir sebulan belakangan ini kita udah sibuk browsing mau kemana dan cari tempat yang asik buat jalan-jalan bersama keluarga, terutama bawa anak-anak supaya mereka enjoy dan kagak rewel. Terpilihlah kota Garut yang rasanya gak terlalu jauh dari Jakarta dan keliatannya sih perjalanannya gak bakal macet seperti ke Bandung.

Perjalanan ke Garut dimulai sekitar jam 6.30 pagi, molor dari rencana akibat saling tunggu menunggu, karena gua pergi bersama dengan anak kantor gua. Udah diwanti-wanti jam 6 pagi kumpul di kantor, eh mereka malah jam 6 baru jalan dari rumah, pegimana kagak molor. Udah gitu, kita pergi kan pake 2 mobil, udah jalan beriringan bisa tiba-tiba yang satu pake acara salah masuk tol pula...#tepok jidat! Udah jelas mau ke Bandung harus masuk tol Kebun Jeruk arah Tomang terus dalam kota kan ya, eh itu yang satu mobil bisa masuk tolnya yang Kebun Jeruk arah ke Merak. Gubrakk! Emangnya mereka mau jalan pintas lewat laut kali yaa? hahahhaa...Mau berangkat udah error gini...#garuk-garuk dashboard mobil.


Akhirnya daripada tunggu-tungguan lama, jadi kita janjian aja ketemuan di rest area tol Cipularang. Untung aja sih jalan tol Cipularang kagak pake macet, lancar jaya. Sekitar jam 10.30 siang kita udah masuk kawasan kota Garut dan mulai mencari resto yang cocok buat makan siang. Eh pas lewatin jalan raya Leles itu, terpampang spanduk promosi dari RM Cibiuk, jadilah kita mencari rumah makan itu dan memutuskan makan disitu aja. Dan kita gak nyesel deh makan disitu, karena selain tempatnya lumayan nyaman buat duduk-duduk di saungnya dengan view padi seperti di sawah, hawanya pun adem-adem bikin betah berlama-lama duduk disini.

Ditambah lagi viewnya menghadap ke arah gunung....hmmm kalau tidak salah namanya gunung Guntur ( sumber informasi dari pelayan...kalo salah, berarti hukum gantung dia aja yak! wakakka ).
Dan yang terpenting adalah : makanannya juga enak. Menu yang kita pesan adalah nasi timbel ayam goreng komplit ( Rp. 27.000 ), sate kambing ( Rp. 35.000 ) plus cemilan tahu sumedang ( lupa harganya ) dan kopi luwak ( Rp. 33.000 ). Gak terlalu mahal juga disini total kerusakannya sekitar Rp. 280.000 aja buat ber 7 orang.
Dan asiknya lagi, kita boleh ambil sambel sepuasnya...asal jangan kemaruk jadi mencret aja dah..hahahha. Sambelnya banyak macam nih, sampe gua ambil semua dicampur aduk aja deh. Ada sambel mangga, sambel terasi, sambel bawang, sambel ijo, dan masih ada lagi tapi gak jelas namanya apa.
Setelah selesai makan, gak lupa kita foto dulu di depan restonya : ( kacian fotografernya gak ikutan foto...hehehe ).
Perut udah kenyang, barulah kita mulai explore tempat-tempat wisata yang udah kita googling sebelumnya. Dan nyampelah kita di kawasan Situ Bagendit. Hmmm....tempat apa yah ini? Kalo liat-liat dan baca blog orang lain, keliatannya begitu menarik dan sangat bagus. Tetapi kenyataannya.....sangat mengecewakan! Yang jelas menurut gua, disini bukan tempat yang nyaman buat berwisata karena tidak banyak fasilitas yang bisa dinikmati dengan membayar tiket masuknya aja hanya Rp. 3.000 per orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.
Situ nya itu airnya sedang surut dan jadi berlumpur serta terlihat kumuh. Tapi kalo difoto terlihat bagus-bagus aja ya? Padahal gua cuman edit di kontrasin aja kok....Tapi ditengah-tengah situ itu lumayan banyak juga orang yang menikmati naik perahu bebek ...tarifnya Rp. 20.000 per 1/2 jam. Gua sempet tertawa miris waktu temen gua langsung pasang foto ini jadi profile picture di BB nya, dan orang-orang langsung tanya : "dimana tuhhh? kerennn bangett!" Temen gua setengah bercanda jawab asal :"iyah bagus...kayak paradise loh disini...." haiyaaaa......
Kalo tidak salah, gunung yang terlihat di gambar itu adalah gunung Galunggung....Duhh sayang juga yah, sebenernya kalo dikelola dengan baik, mungkin bisa jadi tempat wisata yang rame nih dengan menjual view ke arah gunung itu tentunya. Kalo fotonya begini, masih keliatan bagus yaa?
 Coba kalo seperti ini  gimana? Karena surut air situnya itulah yang bikin lumpurnya keliatan kumuh.
  Sekumpulan bunga lotus ini terlihat cakep yahh...
Padahal aslinya, lotus itu tumbuh di pinggir situ yang berlumpur dan banyak sampah....sigghh...sayang banget yah gak diurus dengan baik sama pemerintah sini...
Yahh, kita juga tidak perlu berlama-lama disini deh, begitu jepret-jepret secukupnya, kita langsung lanjutin lagi perjalanan. Abis dari sini kita sebenernya sempet mampir ke daerah Cipanas untuk mandi air panas. Tapi ternyata banyak sekali tempat-tempat pemandiannya, mulai dari yang biasa-biasa aja, sampe yang jenisnya resort dengan harga yang wah pula. Hmmm, karena belum ketemu yang cocok dan waktunya mepet, akhirnya kagak jadi deh mandi air panasnya. Nanti bisa digoogling aja tuh ada yang namanya kawah Darajat dan daerah wisata Cipanas Garut.

Oh iya, ceritanya trip kita kali ini gak perlu repot booking-booking hotel atau penginapan lagi, karena kita berencana mau kemping di atas gunung Papandayan. Wewww.....keren gak sihh? Udah emak-emak masih bisa kemping? Bawa anak 2 orang pula! Hahahaha, hari ginii mah apa sih yang kagak bisa? Gini-gini gua dulu anak gunung lohhh...prettt! ( keliatan sih dari tampangnya....wakakaka!). Yahhh ada lah sekitar 3-4 kali kemping...hehehe, yang paling cetarrrr tentunya berhasil manjat gunung Gede dan ketemu padang bunga edelweiss, terus gua petikin bunganya sekantong plastik buat dibawa pulang. Udah sampe rumah, gua kagak bisa jalan 2 hari karena pahanya sakit, ngentek gitu. Huahhhh, indah banget dahh kenangan waktu masih lucu-lucunya dulu. hahaha. Jadi gua udah tau lah kira-kira bakal kayak apa kondisinya kemping di gunung itu.

Nahhh, anak-anak gua nih yang belom pernah kemping di gunung, kalo di sekolahan sih udah pernah. Kagak repot itu sih, kalo mules tinggal ke toilet sekolah aja. Mau makan, orangtuanya udah siap sedia di halaman sekolah bawain ransum, bawain selimut dll. hahaha...teuteup yah jadi orangtua tuh gak tega liat anaknya susah, padahal kan buat melatih kemandirian si anak juga sih. Coba kalo kemping di gunung bareng-bareng, bakal gimana jadinya ya? Hmmm, si Papi lah otak dibalik semua rencana ini ( hahaha ...kesannya kayak otak kejahatan aja yah ), maksudnya, ternyata usul si Papi buat ngajak kita kemping itu bagus juga sih, biar anak-anak tau rasanya kemping kayak gimana. Hmmm...coba aja, ada gak sih orangtua2 jaman dulu yang ajak anaknya kemping? Rasanya kagak ada yaa? Jaranglah kali. Jangankan ajak kemping, terpikir pun kagak. Soalnya gua sendiri awalnya udah khawatir dan mikirin ribetnya. Gimana kalo anak-anak sakit perut pengen buang air besar? Mateng dehhh...gua sendiri aja mau buang air kecil bakal kerepotan ( hihhhh...), apalagi anak-anak yang masih harus diurusin? Busettt, malesin banget kann? Tapi setelah diiming-imingi beberapa gambar gunung Papandayan, semua keribetan tiba-tiba aja hilang, yang ada malah jadi semangat dan pengen cepet-cepet sampe.

Jadi pas browsing itu kita ketemu seorang guide yang biasa menyediakan jasa antar ke atas gunung, menyewakan peralatan kemping seperti tenda, sleeping bag dan bahkan kompor gas kecil. Ck ck ck....asik kann, mau kemping kagak pake ribet sekarang sih! Tinggal bayar aja dehhh. Tarif jasa guidenya Rp. 350.000, tarif sewa tenda plus sleeping bag Rp. 160.000, tarif sewa kompor gas kecil Rp.50.000 ( tapi bawa tabung gas kecil sendiri yah! ). Nih bagi yang berminat bisa kontek langsung ke nomor hp nya : mas Ervan ( Kang Djawa ) 085659135058 atau +6282320549596.

Dan belakangan malah gua lebih ikhlas lagi bayarnya, bahkan gua lebihin bayar tarif guidenya, karena dia juga yang angkutin seluruh perlengkapan kemping kita lohhh yang mungkin ada kali beratnya sekitar 20 kg! ck ck ck....baru kali ini gua kagak ribut mahal, gua relaaaa bayarnya....hahaha. Soalnya gua sendiri udah ribet dengan bawaan ransel gua, belom lagi ransum kita berempat. Duhh, cuman nginep semalem aja. bawaannya rempong banget kayak mau pergi seminggu, segala macem dibawa....hahahha. Bawa popmie aja banyak banget, ada mungkin 8 biji dengan perhitungan satu orang kebagian 2 popmie untuk malem dan pagi hari, terus bawa roti tawar beserta selai coklatnya, bawa kopi, bawa panci, bawa nasi bungkus yang kita beli di tengah jalan tadi, ditambah lagi bawa air putih berbotol-botol yang beratnya aujubilahhhh bikin punggung melengkung ke belakang....Ampyunnn dah, udah parno aja kalo bawa anak-anak, takut kelaparan di atas gunung sana. Emangnya ada warung apa? hahahaa....kaco dah! Kalo gua pergi sendiri sih gampang, gak usah bawa ransum, sekalian aja puasa.....beres kan!

Singkatnya, kita udah SMS an sama si Kang Djawa bakal ketemuan di parkiran Gunung Papandayan sekitar jam 3 sore, karena menurut dia itu waktu yang nyaman buat naik gunung, udaranya udah gak terlalu panas. Tapi ternyata jam segitu malah turun hujan nih. Kita udah khawatir aja kalo sampe hujan gede bisa gawat, bisa becek gak ada ojek dah di gunung sana. hahahaa. Lagian kita juga nyampe parkiran itu molor hampir sejam ( nyampe sekitar jam 4.30 an ), pertama gara-gara kita agak nyasar sedikit, terus kedua banyak berenti-berenti buat urusan sangat penting seperti isi bensin, berenti lagi beli air minum, berenti lagi buat beli nasi bungkus dan terakhir berenti lagi buat foto-foto karena sepanjang perjalanan bener-bener banyak yang harus difoto. hehehehee. Gak percaya? Nihhh.....( mulai tebar-tebar foto ) :
Sepanjang jalan menuju Cisurupan itu kita bakal disuguhi pemandangan gunung dan sawah. Di kiri gunung, di kanan gunung. Wayangnya bingung apalagi dalangnya...( jiahhh...nyasar OVJ dahh ). Sekilas info, daerah tempat gunung Papandayan berada itu namanya Cisurupan. Kalo kemaren gua pake aplikasi maps semuanya bisa terbaca loh nama jalan-jalannya itu. Thanks a lot to technology...kita jadi gampang jalannya....walaupun sempat berhenti beberapa kali untuk bertanya pada orang lokal untuk meyakinkan bahwa kita gak nyasar.
Begitu memasuki kawasan Cisurupan, hati-hati saat di pertigaan jalan harus pilih arah lurus ke arah jalan yang ada tanda kawasan agropolitan seperti foto dibawah ini. Soalnya ini kota yang aneh ( atau pemerintah daerahnya yang anehh ), masa tempat sekeren Gunung Papandayan yang sering didatengin turis baik lokal maupun mancanegara , TIDAK ADA SATUPUN petunjuk arah ataupun rambu-rambu yang bisa mengarahkan kita langsung ke tempat pendakian Gunung Papandayan. Apa mata kita semua suntur kagak keliatan yaa? Hadeuhhhh....Ini aja kalo tidak sering bertanya, so pasti sesat di Garut dahh! Kadang suka gemessss..... masa jalan-jalan di negara sendiri bisa nyasar-nyasar sihhh?!
Setelah ambil jalan itu, kita akan ketemu jalan yang lumayan bagus....keliatan asri dengan view ke arah gunung sana....
Tapi jalanan bagus itu cuman fatamorgana sesaat aja. Selebihnya kita harus menempuh jalanan rusak parah sejauh kira-kira 8 kilometer. ..#jedot-jedotin kepala ke dashboard. Kita yang naek mobil serasa lagi naek gerobak sapi deh, kepentok ke kanan ke kiri saking jalanannya rusak berat. Parahhh! Hadeuhhh, gemes banget nih, pemerintahnya kemana aja sihhhh? Emangnya kagak pernah maen-maen ke daerah sini apa? Emangnya kagak tau apa Papandayan itu lagi ngehits dan bakal banyak yang berkunjung kemari? #elus dada asal jangan sampe rata aja yah. Yang difoto ini sih belum seberapa.....banyak yang lebih parah lagi, sampe ada yang kayak terbelah gitu jalanannya. Wewww
Nah inilah yang bikin lama, ketemu view indah langsung berenti foto2 dulu.....
  Hmm..ini tuh sepertinya bekas aliran lava ketika gunung Papandayan dulu  meletus kali yaa...
Akhirnyaa...setelah merasakan sengsaranya naek mobil gujlak gajluk lewatin jalanan rusak berat, sampe juga kita di papan selamat datang Gn.Papandayan....udaranya mulai dingin nihhh
Nah beginilah view dari arah jalan masuk menuju tempat parkirnya.....Welcome to Papandayan Mt...yang juga disebut sebagai Swiss of Java
Memasuki area parkir, kita akan distop dengan ditandai palang besi di pos jaga. Kita harus membayar tiket masuknya sebesar Rp. 2.000 per orang. Setelah itu, kita harus melaporkan data nama2 kita, ( cukup diwakili satu orang aja ), sambil nanti dimintai sumbangan sukarela untuk dana pemeliharaan tempat ini kali ya. Dan kita datang sangat tepat waktu dengan jam tutup pendakian. Soalnya setelah itu, besar resikonya. Bener aja sih, pas besoknya kita dapet kabar ada serombongan orang yang nyampe sini jam 8 malem dan maksa teuteup mau naek gunung, akhirnya mereka nyasar selama 6 jam dan nyampe di tempat perkemahan sekitar jam 2 atau 3 pagi gitu deh. Hihhh.....serem juga ya. Padahal track pendakian di gunung Papandayan ini tergolong track yang paling gampang untuk para pendaki pemula. Gua sih merasa beruntung udah nyewa guide duluan, jadi kan aman dan tenang, apalagi bawa anak2.
Bagi yang punya mobil bagus ( jenis sedan atau kendaraan kecil ), jangan sampe nekat naek ke parkiran sini dengan bawa mobil sendiri. Sayang mobilnya bo! Lebih baik sih sewa mobil bak aja tuh yang seperti di foto atas. hehhehe, jadi kambing dulu deh sementara.....daripada mobilnya ancur. Dan belakangan baru tahu juga kalo salah satu ban mobil kita sampe bocor lohhh ( besok siangnya ). Busetttt....batu2nya itu tajem banget bisa membelah ban mobil. Nahh ini dia mobil korban jalanan rusak...hehehe
Dari parkiran udah keliatan tuh view ke arah puncak gunung....
Abis ujan muncullah matahari menyinari gunung....cakep banget dehhh
Inilah peserta Papandayan trip kali ini....7 pendekar...eh 6 pendekar plus 1 putri gunung....
Dan pesertanya aneh-aneh, masa kemping bawa tas fitness ( temen gua yang paling kiri ). Ransel yang di depan itu isinya sleeping bag sewaan. Terus ransum gua juga bawa pake tas jinjing merah dan biru ....wewww! Oh iya, tips buat para pendaki yang mau kemping ( terutama cewe2, ), sebaiknya buang air besar/kecil dahulu di toilet yang ada di area parkiran ini. Jadi aman deh di atas sana jangan makan atau minum banyak-banyak. hehehehe, ini sih tips dari mamie funky always and forever yaaa...Terserah aja kalo mau makan banyak-banyak akibatnya mules tanggung sendiri di atas sana bakal cari kebon dan alang-alang dehh...hahahhaha. Oh iya, bagi yang belum bawa makanan, bisa juga beli nasi goreng di warung sekitar area parkiran ini,
Mariii...kita mulai perjalanan  ini....naik naikk ke puncak gunung...tinggi tinggi sekali...
Ini bakal jadi perjalanan panjang, karena kita harus mendaki kira-kira 1 1/2 jam lamanya. Itupun kalo berjalan non stop. Kalo pake berenti-berenti foto-foto dulu yahh tambah lama lahh...kalo gua mungkin bisa jadi 3 jam....wakakakka
Yaa tu wa ga ...tu wa ga......awalnya semangat, jalan paling depan...
Eh gak lama, udah ngedprok ngaso dulu dah yaaa....
Makin ke atas, makin ketemu pemandangan yang lebih bagus lagi.....padahal ini sekitar jam 5 sore, tapi di atas gunung masih terlihat sangat terang....
 I am at the top....eh belom top sihh....ini baru 1/100 jaraknya dari the top of the mountain..
 Tambah lama, gua yang paling belakangan nih...ketinggalan dari rombongan. Apalagi guidenya udah ngacir kemana tau dehh....soalnya ransel dia yang paling berat, gak kuat lah kalo harus nungguin gua foto-foto sepanjang jalan berenti2 mulu mah....wakakakkaa
Eh gila juga nih, ada yang shooting disini bo...haiayaaa....gua bawa ransel isi baju aja udah berat rasanya, ini mereka shooting kan bawa kamera, genset yang pastinya berat banget lah...ck ck ck ...niat bener yah..
Tuh di belakang asap dari kawah makin terlihat jelas.....
Kita lewatin jalur sebelah kanan kawah....dan tujuan kita masih sangat jauhhh...mungkin sampe puncak yang ada tanda panah biru itu....huahhhhh.....mau sampe jam berapaaa?
Ini lah kawah Papandayan yang ngehits ituuuu.....
Bentar-bentar foto.....hehehhee....bentar-bentar ngaso, kapan nyampe puncak sono ? Sampe udah ditinggalin sama yang lain...
Yang gua salut adalah.....si Alvin dah si Miko tidak mengeluh cape lohhh...hebat banget dehh, mereka malah jalan paling depan. Sementara gua ada di paling belakang tuhhh....bener-bener payah dehh kalo harus jalan nanjak gini, ibarat mobil manual gua tuh masuk gigi mundur...berat banget mau nanjak. Napas engap, jantung deg2an...bener-bener faktor U! Olahraga aja gak pernah...sekarang harus naek gunung beneran. Yang ada megap-megap dehh...
Ahayyyyy....akhirnya nyampe juga di atas sini......
Sampe atas sini udah sekitar jam 1/2 7 malem, tapi masih keliatan terang yaaa.....
Nahhh batu ini adalah tempat yang paling tinggi untuk menuju ke area perkemahan yang disebut Pondok Salada yang berjarak sekitar 1/2 jam berjalan kaki. Dikasih nama begitu karena dahulu tempat perkemahan itu ditanami pohon selada, tapi lama kelamaan banyak diambil orang dan dimakan kambing utan sehingga sekarang sih udah kagak ada lagi.
Inilah si Kang Djawa guide kita disini.....nahh sampe sini kita dikasih pilihan mau pilih jalan yang curam tapi lebih cepet sampe, atau jalan landai tapi lebih lama 1/2 jam. Hmmm....semua sepakat pilih jalan yang curam aja soalnya udah pada cape pengen cepet sampe....hahahha, gaya banget deh pilih yang curam, padahal baru sampe sini aja napas udah ngos-ngos an loh. Pokoknya sepanjang perjalanan naek ini, gua cewe satu-satunya yang paling rewel dan cerewet, setiap 5 menit jalan minta stop dulu. Tarik napas dulu baru jalan lagi....kebayang gak sih kalo rombongannya banyak cewe nya? hiihhhh.....bisa-bisa para cowo lah yang minta turun lagi kagak jadi kemping. hahahhaa
 Nahh, malem-malem diatas gunung ini viewnya bagus banget ke arah bawah itu terhampar lampu-lampu kota Garut...sayang fotonya gak terlalu jelas yahh, yang jelas mah kunti di depan itu...wakakkaak
Akhirnya sampailah kita di Pondok Salada.....foto dulu donggg, dengan muka-muka yang kelelahan setelah berjalan kaki sekitar 2 1/2 jam....Sampe atas sini sekitar jam 7.20 malam...Sementara kita sibuk foto, si Kang Djawa guide kita sibuk diriin tenda....asik kannn..full service dah terima beres aja!
Dan setelah menunggu di tengah lapangan rumput yang berangin sangat dingin...akhirnya tenda kita berdiri juga dehh...sengaja ngumpet diantara pepohonan supaya gak terlalu berangin, karena disini dingiiiin banget bo! Untung aja ujannya tadi sore, sekarang langitnya malah terang benderang dengan cahaya bulan dan bintang.

Kalo yang kuning ini adalah tendanya tetangga kita....hihhh di tengah-tengah lapangan gitu udah pasti dingin banget tuhh...
Oh iya, kita cukup beruntung perginya disaat malam takbiran menyambut hari raya Idul Adha, jadi tidak terlalu rame disini. Kalo tidak, dijamin kita kagak bakal kebagian tempat buat diriin tenda nih...hehehe. Pantesan tadi saat kita naek, malah banyak banget rombongan yang turun. Menurut guide nya, kemaren malem tuh di lapangan sini penuh banget tenda.
Saking dingin dan laparnya, begitu tendanya siap, kita langsung masuk ngeriung di tenda, sambil pakein baju dan jaket rangkap 3 biar anget plus kaos kaki...Mulai bongkar-bongkar semua bawaan kita dan mulai dimakanin abis, biar besok kalo mau turun bawaannya jadi enteng. Tapi harus ati-ati juga jangan kebanyakan makan, kalo nanti malem mules2, bisa berabe dahhh!
Huahhh....ternyata disini dingin banget yaaa..tidurnya cuman bolak balik cari posisi yang lebih anget. Biarpun udah masuk ke dalam sleepingbag, teuteup aja masih kedinginan. Terus, kebayang gak sih dalam tenda sekecil itu kita udah kayak sarden tidur ber 4?haiyaaaaa.... Belom lagi alasnya kan keras banget.....kayak tidur di papan. ck ck ck...hari ini bener-bener cape banget deh, tapi gak bisa tidur. Apalagi di tenda tetangga sana pada main gitar dan konser sepanjang malam, untung aja lagunya lagu pop rock yang lagi hits, bukan lagu dangdyutt, hihihiii... Kaco dahhh, semoga aja nih kagak masuk angin, yang ada sih emang adu buang angin alias kentut sepanjang malam...hahahha.

Akhirnya jam 3 pagi saking udah gak bisa tidur lagi, langsung bangun dan bikin kopi biar perutnya hangat. Eh nunggu sunrise nya kok lama banget gak nongol juga. Yang ada kita tidur-tiduran lagi  eh malah ketiduran beneran. hahahha..udah dulu dah yaa...nantikan cerita saat sunrise dan turun gunung di postingan selanjutnya yaaa..( BERSAMBUNG )

41 comments:

  1. wah keren pergi camping....
    gua gak pernah pengen lho camping.. kayaknya ribet gitu. hahaha.

    pemandangan sawah berlatar gunung nya cakep banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kalo dipikir ribetnya juga ogah Man....tapi begitu liat pemandangan disini bagus2..gak nyesel dehh

      Delete
  2. Luar biasa liputan atau reportasenya. Lengkap dengan naraasi dan foto foto yang indah dan sangat jernih. Hiehiehiehiee. Saya taunya cuma nama HOTEL PAPANDAYAN aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas Asep.....iyah saya dulu juga taunya hotel papandayan doang...sekarang nambah pengetahuan dengan gunungnya sekalian deh

      Delete
  3. akhh ini yaa acara yang harusnya jadi tempat kopdar kitaaa.. sayang gak ikut T___T

    cici anak gunung jugak?! toss!! hahahaah.. etapi emang bener sih, pas jaman SMA naek gunung gede, pas udah di rumah tuh badan kayak mo patah sakit semuaaa.. sekarang mah udah gak kuat kayaknyaa..

    itu enak ya bisa nyewa2 jadi gak bawa tenda dan sleeping bag dari rumah. heheh..

    pemandangannya cakeepp.. jadi kangen gunung :( kapan kemping lagi ci? ikutt.. hahahaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahhhh thea...ini nih yang waktu itu gua mau ajak kalian kopdaran....sayang yahh gak bisa ikut...
      itu dulu gua ikut pramuka sama rombongan pecinta alam gitu lahh...ikut cuman sekali-sekali doang...sampe kaki gempor..hahhaa
      hayuuu kita kemping....gua sama anak-anak aja ketagihan kepengen lagi....hahhaha

      Delete
  4. cii pemandangannya bagus banget yahh...
    aku bacanya juga udah engap-engap-an, padahal gak ikut nanjak gunung
    hahahahha..

    berasa ikutan nanjak dehh. Kerenn foto-fotonya cii ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, baru baca udah engap-engapan yah na...apalagi ikutan naek gunung...huahhhhh, tuh kaki cenat cenut rasanya. Makasihhh yaa

      Delete
  5. Pemandangannya oke banget ya! Yang foto kawahnya itu juga keren karena ada asap belerangnya itu!! :D

    Ah, tapi hebat euy, niat bener sampe camping bertenda gitu, hehehe. Dulu aku camping juga cuma yang di sekolahan aja, huahaha. Kalo di Eropa yang namanya camping sih pada bawa gerobak camping sendiri. Yang bentuknya semacam boks trailer trus bisa "digandengin" di belakang mobil itu, hehehe :D

    Itu makanannya di Cibiuk kayaknya enak-enak ya. Mana gak mahal lagi, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ko, pemandangan sih okeee...sayang nih infrastrukturnya agak parah. Jiahhh camping orang bule mah tidurnya dimobil yahh, pasti beda rasanya sama tidur di tenda...semriwinggg!
      Yang di Cibiuk oke lah makanannya...murah meriah pula

      Delete
  6. "kebayang gak sih kalo rombongannya banyak cewe nya? hiihhhh.....bisa-bisa para cowo lah yang minta turun lagi kagak jadi kemping" <--- hahahhaa ini kocak banget ci.. Seru yah pergi camping gitu aku terakir camping ada kali smp hahaha... Bagus banget ci gunung papandayan inih ya, kirain garut cuma tempat belanja2an tas aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi abisnya sepanjang jalan naek itu aku ngoceh2 terus re...cape lah, tunggu bentarlah, berenti dululah, pokoknya tersiksa banget deh para cowo dengerin aku ngomel2 kecapean.hahahaha
      Iyahhh tidak menyangka Papandayan bagus juga lohhh....dulu-dulu kurang diekspos kali ya sampe banyak yang gak tau...

      Delete
  7. Wah trip Mamie Funky kali ini beda ya.
    Ternyata gunung Papandayan bagus ya, kaya di luar negeri. Emang sebenernya di Indonesia itu bagus ya, cuma emang kurang perawatan dan kurang promosi aja nih.
    Terakhir kali gue camping di gunung itu pas kelas 6SD, camping Pramuka. Itu ya padahal jaraknya kira-kira 1 1/2 jaman nyetir lah, tapi tetep lho para mama hari pertama anter, terus besoknya dateng juga ke tempat camping bawa ransum/masak buat anaknya, ada juga yang bawa-bawa galon aqua hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah cari yang beda ngel...kan belom pernah kemping...hehehe
      iyah bagus gunungnya, tapi kurang promosi nih
      hahaha, iyah nih kalo anak kemping, emak2nya yang rempong...

      Delete
  8. wow keren... aku suka ama bebek2nya... cuma sayang ya ga dirawat ama pemerintah sana... padahal kalo sampahnya ga ada dengan lotusnya kan keren banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh udah banyak sampah, ditambah surut pula air situnya karena musim panas, jadi tambah parah dehh....

      Delete
  9. Seru ya camping. Saya tidak pernah camping selama hidup ini hahaha .. Adanya camping di sekolah, itupn jam 4 sore sudah pulang ke rumah masing-masing. Tapi rasanya badan sekarang dah ga mau dikompromi buat camping hahaha .. BTW mamie ini ceritanya selalu nagih ya hahaha .. Jadi ga bisa lepas, tiap hari bakal nunggu postingan baru wkwkwk ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu harus cobain camping do..seruuu you know!
      eh padahal saya gak tambahin ganja waktu nulis...kok bisa ada yang ketagihan ya? hehehhee

      Delete
  10. waktu kuliah gw pernah naik papandayan.. tapi dah ga inget naiknya sampe mana dan ga kemping juga, langsung turun lagi.
    nani kalo anak2 gw dah gedean mau juga ah wisata kayak gini.. hehee..

    jadi ransum yang lo bawa abis semua tuh?
    plastik oren itu isinya apa? rendang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh, bagus juga kok ajak anak2 kemping...jadi tau rasanya....hehehe
      dalam plastik itu sambel xiao...hahahha, makan ayam goreng plus nasi plus sambel...untung kagak mules.
      akhirnya popmie, roti, kopi masih sisa banyak...gotong lagi ke bawah deh....sebagian kasih ke guide nya...wakakkakka...cape dehhh

      Delete
  11. wah, makan di cibiuk murah meriah juga ya ternyata. mana pemandangannya bagus, itu ikan gede2 banget, hahaha. memang sayang banget kalau tempat wisata gak keurus, padahal berpotensi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ndi....gak terlalu mahal juga ternyata....view nya bagus pula
      ho oh nih...pemerintahnya gaks serius urusin tempat2 wisatanya....sayang sekali

      Delete
  12. Ahhh kerennn.. Udah lama gak kemping jugaa.. Itu jalanan sadis bener ci sampe ngebelah ban.ckckck.

    Btw, yg suting2 itu kalo dari bajunya keknya yg filem2nya indosiar yahh.. heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah jalanannya sadisss...lebih sadis dari afgan py...hahahhaa
      hihihi, rasanya acara buat nyambut hari idul adha tuh py, pake sorban2 gitu...mungkin kalo pas jam tayangnya, ada sosok ungu2 numpang lewat di belakangnya tuhh...wakakaka

      Delete
  13. salam kenal mamie fungky.... saya Lukman from palembang... Ketemu ini blog uda dari juli kemaren saat cari referensi traveling ke jepang. jadi silent reader udah hampir 4 bulan tanpa terasa.. keren habis deh ini blog... bener2 jadi referensi keren bagi yang mau traveling dan bikin mupeng tentunya sama traveling2 yang dilakukan mamie fungky ama keluarga..

    keep posting yak... gara2 ini blog juga jatuh hati ama blog nya ToMkkU si TK....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal juga lukman......tengkyu dah mampir kesini yahh...

      Delete
  14. iya bener itu gn papandayan yg prnh g naekin , tp ga tinggi2 sih , g kan penakut juga soal panjat memanjat . apalagi pas g kesana tiba2 langit gelap ha2222
    g rada BT ke Garut ga ada apa2 , makanan di kota garut sndr ga enak . kecuali cibiuk ya ? g sih dah prnh lwt tp lom cobain itu cibiuk di garut .
    g nginep di kampung Sumber Alam enak juga sih . emang indo sebenernya kaya daerah cakep2 , ya cmn itulah ga dibenahin , mustinya belajar dr China donk yg udh maju banget pariwisata nya. duhh g jd pgn jalan2 ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kawahnya emang gak tinggi ven...deket aja kok, tinggal foto2 di kawah langsung pulang. tapi kalo kemping, kita bisa lebih naek lagi ke puncak gunungnya....capee banget dah
      yah wisata kulinernya gua juga gak sempet cobain banyak ven...soalnya cuman sehari semalem doang...kebetulan nemu cibiuk oke juga lah, kuring2an gitu.
      Sumber alam itu emang lagi hits di Garut yah, bnyk temen2 gua juga nginep disitu kalo ke Garut.

      Delete
  15. camping itu pengalaman seu banget.. aah jadi inget masa-masa ikutan pecinta alam dulu.. camping itu berasa kaya kegiatan wajib.. sekarang malah udah gak pernah lagi walaupun tetep masih kepengen kalo ada kesempatan lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh kalo pecinta alam itu seperti nyandu yah harus kemping....hehehehe, tapi emang seru sihhh, ketagihan jadinya

      Delete
  16. Sepertinya kenal tuh sama temen mami yg salah masuk tol..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha....kenal juga gak sama asisten supirnya?

      Delete
  17. hehe., aku jadi senyum2 sendiri baca postingan yang super panjang lebar nyampe ke part 2 nya.,
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh lohh....ini kang Djawa nya nongol dimari...heheehe....ati2 ntar digunung senyum2 terus lohh

      Delete
    2. hehe., keren ceritanya., kaya'nya bakal menang klo dijadiin tulisan lomba traveling :D

      Delete
    3. Hahaha...bisa aja kang Djawa....ini mah tulisan ngaco belo, klo ikut lomba langsung gugur pastinya....

      Delete
    4. Kang Djawa, boleh minta nomor hpnya? Kita ada rencana mau ke Papandayan dalam waktu dekat, hehe..

      Delete
  18. wahhh..asik ya camping. Gue dulu pernah. acara gereja. bener2 ngerasain camping murni. toilet juga dibangun darurat di tepi kali. cuci2, mandi semua di km darurat itu. pasrah deh kalo lagi mandi liat ada yang "tak enak dipandang" mengalir dari ujung atas sono. Dulu sih gue kapok ikut camping lagi. tapi sekarang kok kepengen ya. hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihh kalo sampe mandi di sungai, toilet juga darurat, ihhh gua juga ogah kali yah. Karena ini cuman semalem, jadi gak berasa susahnya deh. Ketagihan malah...hahhaha

      Delete
  19. mantab ceritanya,., papandayan emang bagus untuk yang ingin mencoba [engalaman naik gunung tapi g terlalu berat, pemandangannya juga lumayan bagus terutama buat pasangan karena tempatnya romantis,

    nitip share kalau mau sewa peralatan naik gunung bisa cek di www.rover-outdoor.com lokasi jakarta ada di utan kayu.

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  20. mantap ceritanya
    kalau perlu peralatan camping bisa coba cek www.rentalalatcamping.blogspot
    greencamp
    jl gagak 174 sadang serang
    022 2517601 08997898894 747FA3D7
    thnks

    ReplyDelete