Sunday, October 27, 2013

PONTIANAK TRIP

Saat ada kesempatan bisa berkunjung ke kota Pontianak, rasanya excited juga karena gua belum pernah ke kota ini sebelumnya. Agak sedikit penasaran, seperti apa kotanya itu. Sehari sebelum berangkat tuh turun hujan sangat lebat, bikin jadi khawatir kalau pagi ini bakal macet dan delay. Kenyataanya hari ini sangat cerah kagak pake hujan, tapi teuteup delay juga. Tepok jidat! Garuda gituu lohh....Udah sebel ajaaaa...dari boarding kita masih harus antri sekitar satu jam untuk menunggu giliran terbang karena hari ini  rame sekali penerbangan pesawat apapun.... Ahhhh, untunglah di pesawat dapet makanannya enak yaitu lontong ayam ( walopun lontongnya cuman 3 iris doang ), tapi rasanya enak, bikin hilang kekesalan karena delay tadi.
Karena gua duduk di sisi jendela, ada satu keuntungan tersendiri, yaitu jepret-jepret keluar.....pas pagi ini awannya biru banget plus awan-awan putih bergerumbul...

Mendekati bandara, kita bakal menemui pemandangan hamparan kota Pontianak yang dibelah oleh sungai Kapuas yang cukup lebar ....sayang pas dijepret, sungainya cuman dapet sedikit doang, padahal aselinya lebar banget lohh.
Mendarat di bandara Supadio Pontianak sekitar jam 11 siang, molor satu jam an dari jadwal. Begitu keluar bandara, langsung terasa hawa panas yang berbeda daripada hawa Jakarta. Pokoknya panas banget deh rasanya. Tapi sekitar jam 1 siang, tiba-tiba saja cuaca berubah menjadi mendung tebal dan di sepanjang jalan habis makan siang, gua sempet fotoin awan-awan hitam yang menggelayut di atas kota Pontianak, siap untuk menebarkan hujan deras pastinya. Yang tower ungu di sebelah kanan itu kalo tidak salah adalah tempat penampungan air PAM kota ini yang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan masih dipergunakan sampe sekarang. Lucu juga warnanya....ungu-ungu dan pink gituu.....

Gua menginap di hotel Mercure di Jalan A.Yani dengan catatan karena hotel ini bersebelahan dengan Megamall A.Yani. Kayak gini lah lobby hotelnya  :

Dan inilah lorong menuju ke kamar....sighhh, heran juga semua hotel pada penuh disini, katanya lagi ada konggres dokter atau apa lah...perasaan kemaren di Makassar juga full booked semua hotel. Ampunnn, lama2 nyamar jadi dokter aja dah biar dapet kamar. hehehehe...Akhirnya dapet kamarnya yang paling ujung sana tuhhh....cape dehh jalannya dari lift....

Oh iya, menginap disini kemaren lumayan dapet diskon 30% dengan kartu kredit/debet Mandiri, sehingga ratenya cukup Rp.450.000 saja....yah lumayan dehhh sesuatu....kamarnya gede juga kok, cuman tivinya kecil...
Pagi hari sarapan di restorannya sebelahan dengan kolam renang....kita bisa memilih duduk sarapan di area ini

Menu sarapan lumayan lengkap mulai dari dimsum, salad, buah, roti, nasi, kue-kue dan selama dua hari disini ada makanan khas Pontianak yang juga dihidangkan seperti chaikue dan bubur pedas. Tapi gua gak nyobain keduanya karena penampakannya kurang menarik. Lebih enak milih dimsum, salad dan buah-buahnya aja.

Kota Pontianak sendiri sepertinya belum seramai dan semaju Pekanbaru atau Palembang yahh...itu sih kesan pertama gua waktu disini. Jalan rayanya juga gak lebar-lebar cuman dua jalur dan sepertinya kota yang masih berkembang gitu deh. Tapi yang jelas disini belom ketemu macet nih, masih lancar-lancar aja jalanannya. Dan ngomong-ngomong soal mall, gua sempet sih ke Megamall A.Yani itu yang katanya cuman satu-satunya yang paling besar di kota ini. Yah memang tidak gede-gede banget mall nya, tapi selintas cukup lengkap juga kok berbagai macam branded ternama ada disini. Dan yang membuat gua cukup terkesan adalah banyaknya jumlah gereja di kota ini. Sampe ada satu gereja yang sedang dibangun  dan belum selesai, tapi udah keliatan keren banget dengan ukiran-ukiran di tiang-tiang penopangnya itu.

Soal kuliner disini, ternyata lidah gua cukup cocok dan betah rasanya kalo harus berlama-lama disini...( pulang ke Jakarta tinggal banting-banting timbangan sepertinya ).....hahahaha. Seperti di RM. Ahin ini yang menjual makanan khas Ponti yaitu Chaikue....pertama kirain gua cakwe...taunya ini rasanya persis kayak choipan, sampe ke sambelnya juga sama rasanya seperti sambel choipan. Yah memang choipan kali yahhh., cuman namanya aja beda.
Rasanya?? Enakkkkk....super like! Gua sampe makan 6 biji, plus somay udangnya 2 biji. Rasa somaynya sih biasa aja, tapi chaikue yang isi bangkuangnya enakkk bener dah! Yang lainnya gak bisa cobain karena abis. Yahhh, padahal kita dateng lebih awal lohh, tapi udah abis...ck ck ck...laku bener nih jualan beginian juga.
Kalo kesini jangan lupa juga mampir ke Bakmi Oukie yang letaknya sepertinya sih di deket pasar gitu. Harap maklum, gua mah diajak sama temen, jadi gak hapal jalan dan tempat, tau-tau nyampe aja. Bentuk rumah makannya sih sederhana aja kayak gini nih :

Tapi bakmi kepitingnya enakkkkkkk bo! Gua aja sampe ketagihan. Pengen nambah, tapi perut dah kenyang. Itu dagingnya banyak banget bertebaran di atas bakminya. Bakminya sendiri model yang kecil tipis2 keriting. Yummy!
Dan kalo sore-sore lapar kepengen ngemil, mampir aja ke tukang pisang goreng kalimantan yang jualan di pinggir2 jalan. Kemaren pas lewatin jalan Gajah Mada ketemu satu tukang pisang goreng ini, langsung pesen yang pake selai sarikaya dan original juga. Waduhh makkk, rasanya maknyussss! Itu pisang goreng hangat2 dengan selai sarikaya yang gak terlalu manis rasanya meleleh di mulut. Nagihhh dahhh! Sayang ini perut kok kayaknya udah mau meletus yah, jadi gak bisa makan banyak-banyak deh. 
Dan ada satu makanan khas Ponti yang tadinya gua bersumpah kagak mau makan, karena waktu ditanya jenis makanan apa ini, dibilangnya kulit biba. Jadi gua udah geli duluan ngebayangin kulit biba yang model samcan gitu. Tapi karena penasaran dan dibilang enak, jadilah gua mau cobain juga. Namanya Kwecap ( tapi maap ini non halal ya )....Ini kita makan yang di jalan Veteran dan disini rame banget pengunjungnya sampe susah parkirnya. Jadi ternyata kwecap itu campuran dari olahan biba gitu yah, ada kulitnya, ada basonya, ada bakutnya, ada dagingnya. Dan dalam satu porsi itu kita bisa milih, kalo gak doyan kulitnya, bisa ganti sama daging atau bakutnya. Yang ijo muda itu adalah cabe ijo, yang ijo butek itu adalah pare yang udah direbus.
Nah ini pesenan gua, karena takut sama kulitnya, gua gak pake kulit banyak-banyak, cukup dua potong ( yang warnanya coklat muda itu ), sisanya campuran baso, bakut, tahu, kembang tahu, cabe dan pare. Dan ternyata rasanya? Enakkkkkk! Hahahhaa...gilaaa, ternyata lidah gua kok cocok banget sama makanan disini yahhh? Gawatttt bener nih.....nagihhh bakalannya. Kaco dahhh diet mah udah kelaut aja urusannya.
Selain itu, disini terkenal banget yang namanya Nasi Ayam....sejenis nasi campur gitu sih ( teuteup  : non halal juga..maap yaa ). Gua sempet nyobain yang di Rm. Akwang ini....

Dari penampakannya aja bikin ngiler gak sihh? Benerrrr! Rasanya enakkk banget dah. Beda sama nasi campur lain. Yang unik, nasinya ini udah dikasih kuah kental gitu, lalu disajikan dengan kuah di mangkuk kecil seperti layaknya nasi campur yang lain. Dagingnya itu rasanya garing-garing kriuk gimanaa gitu. Enakk dahh!

Dan terakhir sebelum balik ke Jakarta, kagak lupa mampir dulu ke toko oleh-oleh. Ini sebagian yang gua dapet, keripik tales mah wajib beli. Juhi garing nya rasanya enak, bener-bener kriuk. Kalo lidah buaya, si Miko doyan banget, tapi pas kesini cuman tinggal satu stoknya, gak bisa beli banyak. Lagian berat bo! Dodolnya pas cobain di tokonya ada tester gitu, kok enak yah. Tapi pas nyampe rumah, rasanya biasa aja, gua gak terlalu suka.
Sebenernya ada yang enak nih dari penampakannya , yaitu tart susu. Tapi gua gak beli, susah bawanya harus ditenteng dan resiko hancur atau basi karena dari susu, harus cepet masukin kulkas. Hmmm....harus cobain nih kapan-kapan, masih penasaran.

Duhh, kalo namanya di toko oleh-oleh itu bisa kalap dan lapar mata ya. Bisa apa juga dibeli, karena memang banyak macam ragamnya. Ada ikan asin ( padahal ikan asin kan di Jakarta juga banyakkk ), ada sambel ( sambel juga banyak di Jakarta mah ), ada kerupuk, ada keripik, ada kacang.....beuhh kalo diturutin mah bisa dua koper. Lebayyyyy! hahahhaaa....
Yahhh, akhirnya kunjungan yang cuman dua hari aja cukup berkesan juga dengan wisata kulinernya yang cocok dilidah. Kapan yahh bisa balik lagi? Hmmmm....mana timbangan....timbangan manaa?
#siap-siap banting timbangan! 

64 comments:

  1. Miii... itu tart susunya menarik sekali... @.@
    Nama makanannya aku gak mudeng semua hahaha bakut chaipan dll dll~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tart susunya keliatan emang enak yah na, sayang aku gak beli karena males nentengnya...hehehee. Makanan lain yg namanya aneh itu kebanyakan non halal sih ya, jadi kamu gak familiar lah...

      Delete
  2. aduuuh tart susu nya kayanya gede yah ?? pasti kenyang banget gw makan itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ri, itu tart susunya satu loyang gede, bukan yg kayak pie susu bali kecil-kecil sekali masuk mulut....

      Delete
    2. berapa seloyang gede tart susu gitu mam ?

      Delete
    3. waduhh ri, saya lupa tanya...hahaha, soalnya niat mau belinya pas jalan ke airport, taunya gak keburu....

      Delete
  3. oh ternyata emang nasi campur di ponti itu pake kuah kentel ya...
    disini tuh ada restoran namanya rumah makan kalimantan. nah nasi campurnya tuh pake kuah kentel. enak emang, cuma tadinya gua heran karena kalo makan nasi campur di jakarta kan gak ada kuah kentelnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Man, pertama liat agak aneh, tapi ternyata rasanya lezatooo! hehehhee

      Delete
    2. ada kok yang nasi campur ponti yang kuah nya kentel.. di depan hotel royal mangga besar.. tapi aku lupa namanyaa... enakkkk...!!

      Delete
    3. Di jakarta Ada nascam Ponti yg pake kuah kentel putih , di sunter Man , namanya ASAN . itu direkoemn Yulian . g udh brp x makan . katanya di Ponti ada kedai dia juga . seru ya kl kerja bs bareng kuliner , penat n sutris ilang sudah wahahahaha

      Delete
    4. Nahhhh tinggal cari deh nihh di mgga besar n klp gading...
      @veny : yahhh namanya juga kuli orang, jd pas ke daerah hiburannnya cuman di wisata kulinernya aja dah ven...hahahahaha

      Delete
  4. huaaaa kampung halamankuuuuuuuuuuuuuuh.

    jadi pengen cepet2 mudik melampiaskan kerinduanku sama semua makanan yang lu sebut di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ada anak ponti nongol nihh...makanan kampung halaman kadang gak tergantikan yahh...harus ke tempat asalnya baru puas makannya lym...

      Delete
  5. Rasanya postingan kali ini bener2 buat ngiler deh hahaha .. Lihat gambarnya aja sudah terasa cocok di lidah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh enak2 do disana...ngebayanginnya lagi aja bisa bikin ngiler...hehehe

      Delete
  6. temen gua kemaren dari ponti bawain kita chai kue itu, enak yah dicocol sambel gak berasa makan banyak haha.. kalo nasi campurnya gua agak bingung, gua pernah makan di jelambar nascam pontianak gua doyan, trus gua makan lagi nascam ponti juga di grinvil gua gak doyan loh gak enak sampe gak abis.. gak tau yang mana yg bener haha..
    kalo pisgornya emang enak gua pernah dibawain sekardus dari ponti gua kirim lagi ke padang buat nyokap masih enak lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh viol....chaikue enak...pisgor enak...hahahhaha, gembul dah. Kalo nasi campur gua baru makan sekali doang, jadi belom ada perbandingannya...

      Delete
  7. Belum pernah ke Pontianak.. kalo ke Balikpapan dan Samarinda udah.. cuacanya sama mungkin yaa,,, anyway.. Wuihhh,,, enak banget kayaknya makanannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah harusnya sih cuacanya sama ...sama-sama puanasss. Makanannya kebetulan pas di lidah nihh wan...

      Delete
  8. wahhhh...siang2 bikin laperrr nihh ciii.. ngilerrrrrrr...!! oo iya cii.. chaikue itu sama choipan sama arti nyaa.. kue sayurr... kalo chaikue (bahasa hokkian or tio ciu) choi pan (bahasa Khek)..

    ngiler se ngiler2 nyaa cii.. semua yang cici posting fotoo nyaa.. kalo skrg tuh makanan di depan gue.. gue kebat semuaa nya ciii.... (kemarukkkkk...!!hahaha)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh ini udah ada pembenaran dari ning kalo choipan & chaikue itu sama aja yahhh....hehehhe
      ati-ati ngilernya harus ditadangin lap anduk ning.....hahahha

      Delete
  9. wahh.. kapan ya bisa ke pontianak lagi.. dulu kesana tapi ga makan yg semeriah itu.. pengennnn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nih Xiao....kesini blom bnyk tiket promo...kalo kagak sih enak bisa bolak balik nihh

      Delete
  10. Makanan ponti emang enak-enak! Dulu pas ke sana gue sampe makan mie ou kie-nya 2x, abis kalo di Jakarta kepitingnya dikit. Nasi ayam-nya itu rancu banget ya, jelas-jelas nasi babi gitu hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di jkt ada bakmi oukie juga ngel? Paling juga di klp gading yaa? Yg lengkap sama makanan seluruh nusantara. Emang tuh, nasi ayam tapi banyakan bibanya daripada ayamnya yaa...

      Delete
  11. itu tart susu kudu beli segambreng gitu ya? kalo satuan ga boleh ya? bikin ngiler itu tart susu hahahahaha... kapan2 cici ke kampung halaman cowoku deh di purwokerto, banyak makanan enak juga loh hehehehe... ato uda pernah kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mel, jualnya per loyang gitu. Emang penampakannya bikin ngiler sihh, looks yummy! Wahhh ke Purwokerto cuman lewat doang, gak pernah mampir. Nanti deh klo pas Jawa trip, hrs tanya kamu atau Seno yaa...

      Delete
  12. kayanya nascam akwang ada di pademangan deh ci, kayanya dulu pernah makan disana katanya enak dan beken...emang enak sih hehehe...

    btw kesana nggak foto sama menara tanda garis khatulistiwa itu heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar klo pas lewat pademangan siap2 pasang mata deh fel...cari si Akwang ini...hehehe. Oh yang tugu khatulistiwa itu kayaknya masih 1 jam atau 1/2 jam dr kota nya deh, gua mah pulang malem terus gak ada waktu jalan2...hiks, jadi gak sempet deh kesono

      Delete
  13. Wah wah kok ke kota Pontianak tidak kabar kabari sih?
    Wah sayang sekali ya. Padahal di awal BLOG saya berdiri sudah berkoar koar kalau saya Blogger Pontianak - Kalimantan Barat.

    Semua tempat yang disebut di tulisan ini sangat dekat dengan rumah saya,. Hotel Mercure letaknya dekat dengan Kampus Universitas Tanjungpura, Saya sudah pernah satu kali nginep di Mercury yang keren dan nature itu. Kalau ke Mercure tinggal jalan kaki aja kalau mau Shopping di A Yani Mega Mall.

    Untuk menuju rumah saya sudah dekat tuh. Di sini ada Gambar NASI AKWANG khan? Itu di daerah PIL (Pondok Indah Lestari) tinggal jalan terus sampai di depan Komplek Duta Bandara, Nah sampai deh,. Sayang sekali ya tidak kabar kabari,. Jika kontek kontek kan bisa KOPDAR It was a great pity

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhhh ampunnn mas asep....kunjungan saya cuman 2 hari udah mepet banget gak sempet kontek mas asep ( cari2 alasan )....hehehee, iyah sayang banget yah gak bis kopdar, pdhal dekat....ampunnn dehh, nanti kalo kesana lagi saya langsung kontek mas asep....

      Delete
    2. Oh its ok tidak apa hiehiheiehe. Cuma kalau kopdar kan bisa SERU SERUAN Hiehiehiee. Bisa narsis narsisan. Hiehiheiheiheiee Its ok tidak apa. Next Time :)))

      Delete
    3. Wahhh iya yahhh, kalo tidak bisa foto bareng mas asep yg kondang inii nihhh....haissss....next time pasti deh

      Delete
  14. Lapaarrrr liatnyaaa. Dari penampakannya aja udah enak itu makanan2.. :D Belum pernah euy ke Ponti.. Kpn2 deh jelajah Kalimantan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah py enak-enAk....sayang nih tiketnya kesana sepertinya gak murah2 bgt loh

      Delete
  15. amazing photos! :) wish i can go there too! :))
    drop by my blog too? ^^)

    xoxo,
    rae
    http://raellarina.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Mba'nya... aku pusing liat foto makanannya.. bukan apa2 sih, tapi jadi kepinginan ini gimana yaaa.. hahahaha

    ReplyDelete
  17. Garudanya dapat yg pesawat lama kayaknya ya, hahaha :P .

    Makanannya kayaknya enak-enak banget ya!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh lagi liburan sempet2nya blogwalking nih ko?hehehee...iyah pesawatnya masih yg jadul nihh...tau ajaa..liat dr sayapnya kah? Makanannya enakk2 tuhh ko, klo pas di bangka belitung juga nanti makanannya enak2 lohhh

      Delete
  18. wah..jalan-jalan ke pontianak..semuanya dibahas dalam satu artikel, mulai hotel..hingga menjelajahi wisata kuliner pontianak.....luarbiasa,
    btw-aku juga lagi buat GA, dicari 32 orang blogger yg suka nulis dan corat coret untuk jadi pemenang buat dapatkan gift unik dari Makassar, Tana Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan.....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh makasih mas har atas komentar positifnya....langsung ke tekape deh cek GA yg disebutin itu..siapa tau dapet...hehehehe

      Delete
  19. ci,, ini tugas negaranya tuh selama 2 hari kuliner yah? banyak banget yang disikat! hahahaha.. aku mah tergoda sama choipan dan nasi campurnya tuh..gile dah kalo menetap disana sih kudu pura2 amnesia sama timbangan. hahhaahaha

    btw yg lidah buaya juga aku sukaa.. si nyokap biasa beli langsung banyak, di hypermart juga ada.. aku suka soalnya bisa lancarin pup. lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan petugas negara perlu makan the...hahaha, kalo sehari 2 kali, yahh cukuo lah cobain ini itu...oh iya tu lidah buaya ktnya buat ademin perut, jd bener bisa bantu proses pencernaan yaa

      Delete
  20. Ciciiiiiiiiii ga kuat itu makanan semua isinya hahahaah nasi campurnya fix bikin ngiler, eh tart susunya juga deng hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ati2 ngilernya netes2 re....iyah nih penasaran tart susunya..

      Delete
  21. uda lama ga mampir ke sini dan ternyata cici jalan-jalan lagiiiii aaaaa ngiri. jadi pengen ke pontianak juga, berkunjung ke kampung halaman si papi hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ini malah kampung halaman papimu toh? Yah sana ditengokin...banyak yang enak-enak tuhh drey...hehehhe

      Delete
  22. waw ini kampung halaman saya, benar banget masakan di sini enak2. ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh kalo ini kampung halaman, pasti tau lebih banyak lagi yg enak2...ini kan cuman sebagian kecil aja tohh?

      Delete
  23. met siang mamie, saya nuri dari pontianak.
    kemaren ke pontianak ya??pontianak itu emang panas, karena lintasan garis khatulistiwa. pontianak itu luas loh mamie, kenapa cuma ke gajahmada terus? emang sih, digajahmada itu banyak makanan khas chinesenya karna disitu mayoritas penduduknya ya cina, udah ke warung kopi gajahmadanya belum? itu ikon loh di gajahmada / pontianak. untuk makanan khas, sebenarnya banyak. salah satu ya yang ditawarkan sama hotel itu bubur pedas ( khas melayu sambas) enak loh mamie, cuma penampilannya aja gag menarik. tapi sehat, isinya sayur semua.tart susunya belum nyoba? kalo nyoba pasti ketagihan, sma kaya chaikue itu. udah cobain isinya yang talas or lainnya?? gag kalah enak loh mamie. pontianak itu banyak spot wisatanya loh mami. ukuran dalam kota ada tugu khatulistiwa, ada keraton kadriyah, ada juga alun" kapuas . mamie juga liatkan ada kelenteng dan vihara terbesar di jaln arah pulang kebandara??? . kota pontianak emang baru tahap berkembang, mallnya baru 1 ( 2 tahun ke depan ada 3 mall lagi sedang tahap perencanaan ) . memie beleum ketemu macet dijalan ya kemaren ke pontianaknya?? alhamdulillah gag kena macet, kalo macet bisa 2-3 km panjangnya. oh iya, itu rm. nasi akwang depanan sama komplek rumah saya. oleh" pontianak juga banyak kq mamie, gag hanya makanan. ada kain tenun, kain songket, kain batik khas kalbar n kain batik khas dayah atau tenun dayak kalbar. kalo kepontianak jangan sebentar, luar kota pontianak ada banyak pantai cantik termasuk pantai penangkaran penyu, dan ada spot snorkeling n diving juga. masih alami mamie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga nuri....wahhh pastinya masih banyak yahh yang asik2 di ponti, sayang saya cuman 2 1/2 hari doang disana, jadi gak bisa explore banyak2. Asikk dehh nanti ada guide nya nih kalo ke ponti...hehehhe

      Delete
  24. Salam kenal mamie, saya nuri dari pontianak. kalo ke pontianak lagi nanti, kita kopdaran yuk, ntar dibawa jalan2 ke dalam kota maupun luar kota pontianak. mamie jalannya ke gajahmada terus ya? udah ke warung kopinya belum?? ikon tuh di jalanan gajahmada. malnya emang cuma 1, tapi nanti nambah 3 lagi. oleh2 gag cuma makanan aja kq mami, ada kain tenun or batik khas melayu atau dayak bisa pilih2 harga juga bersahabat mamie. kue tart susunya , itu paling enak yang gede (1loyang/1 piring) harga murmer 30 rebu saja . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ini nih yang banyak ditanyain adalah harga tart susuny?....sekarang udah tau deh, laen kali bisa borong. Hehehe...makasih nuri buat infonya

      Delete
    2. Dear mba.. Mau tanya, tempat jual tart susu di pontianak dimananya ya? Mksh.. :)

      Delete
  25. Salam kenal mamie, saya nuri asal pontianak. lain kali kepontianak kasi kabar, biar diajak jalan" ke spot wisatanya pontianak atau luar kotanya. dijamin, puas kq.

    ReplyDelete
  26. Halo, salam kenal. Kebetulan saya tinggal di Pademangan, kalo mau cari nasi campur akwang ada di pademangan 4 gg 22 atau di depan bca pademangan 2 gg 15. Kalo pisgor pontianak yg enak di depan alfamart pademangan 2 gg 11.
    Novie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lam kenal juga nov...tengkyu infonya..kapan2 ngelayapnya ke pademangan dehh

      Delete
  27. Ci, kalau ke pontianak lagi, msh byk yang belum ci coba. pokoknya siapin timbangan lagi
    Coba di jl Gajahmada (surganya kuliner versi saya org pontianak)
    Makan Tau Swan, kacang ijo tanpa kulit masak manis ksh ca kue garing
    Ko Kue: kue sayur dari kucai, atau talas di goreng kasih kecap manis, chai pou and ebi plus telur
    Bubur Ikan: Bubur nasi ikan diksh juhi atau daging kecap bb
    Ou ie: Talas goreng bentuknya bulat2 biasanya jual bareng pisgor
    Sotong Pangkung: sotong atau cumi besar di bakar dan dipangkung alias dipalu sampai lunak, cocolin dengan bumbu petis ebis
    Sate melayu: satu pontianak khas karena diksh kuah sampai banjir
    Kue tiau goreng sapi: byk tempat deh dimana2 ada
    Kue kia Theng: Kue tiau di potong persegi ksh kuah phak lou/kecap and daging or jeroan bb. yang ini asli nikmat (sorry non halal bagi muslim)
    bubur pesawat: dibilang pesawat karena cepat terjadi, ini bubur asli makanan tio chiu. ayam rebus, telur kecap, jeroan. pokokmya the whole pig
    msh ada lagi kue kue khas pontianak aduh bingung tulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah olohhh...banyakk amatt yaaa?! Hahaha...kagak perlu nimbang lagi dehh ini sihhh...

      Delete
  28. Oh ya kalo ada yg mau kopdar bs sma ke aku 083895676764 yak.

    ReplyDelete
  29. Aku tgl 30 des - 8 jan mau ke ponti . Ada yg bersedia jd guide or sekedar kopdar. Hehehe . Saya mau tnya ada kos2 harian ga ya disana? Salam kenal semua

    ReplyDelete