Friday, May 6, 2016

SINGAPORE MYWAY

Holaaa.....jumpa lagiiii dengan sayahhh disinihh! ( kenapa juga harus segitu histerisnya yaa? ). Maklum dehh, lagi agak2 sensi nih, pas nulis ini kan lagi very long long weekend, dimana liburnya sampe 4 hari bo! Terus, ngeliat orang-orang yang udah pada pasang status : at Bandung, at Puncak, at the beach..sementara gua? Status gua mah : at dahhh, masih di rumah ajaa! hahaha....Bikin baper ajaa yaaa. Bawaan perut! Lapar teruss, entah kenapa...Apalagi kalo ngeliatin foto-foto makanan di Singapore 2 bulan lalu. Whattt?! Udah 2 bulan yaaa? Cepet banget sih! *belom bisa move on...*ceritanya juga kagak kelar-kelar...hadeuhh!


Jadi ceritanya, kita ini pun salah satu "korban" pemindahan jadwal terbang Air Asia secara sepihak. Kita pilih penerbangan pagi jam 08.00 buat balik ke Jakarta. Pas udah mendekati tanggal keberangkatan, tau2 di SMS kalo penerbangannya dipindahin ke jam 20.30. Astagaaaa...jadilah kita bakal "terdampar" 1 1/2 hari di Singapore. Kok 1 1/2 hari? Karena nyampe di Singapore dari Maldives sekitar jam 05.00 pagi dan kita memang mau pulang besok paginya, itu udah 1 hari sendiri, plus dapet "perpanjangan waktu" 12 jam lagi yang dipindahin jamnya dari jam 8 pagi ke jam 8 malem. Waktu pergi terdampar 10 jam buat nunggu terbang ke Maldives, sekarang terdampar lagi 12 jam buat balik ke Jakarta. Pfyiuhhhh! What a great trip I had! Yahhh sudahlah yaa, daripada ngomel2 gak jelas dan bikin cepet tua, kita malah ambil hikmahnya dan mulai nyusun strategi gimana cara ngisi waktu selama 1 1/2 hari itu. Dan beginilah agenda  "keluyuran" kita di Singapore....

BUGIS STREET
Siapa sih yang kagak tau daerah Bugis yang udah jadi salah satu tujuan wisata kalo ke Singapore. Bugis junction dan Bugis street udah dipastikan selalu rame dengan para wisatawan. Nahh, kalo perut lapar, tinggal jalan nyeberang aja dari MRT Bugis Station ke Albert Centre di daerah Bugis. Satu gedung itu isinya tempat makanan semua. Tinggal pilih aja sesuai selera. Harganya pun masih terjangkau lah, Kemaren itu kita pilih makan nasi lemak seharga SGD 2,5. Rasanya enak, apalagi ayam goreng tepungnya itu krispy dan gurih. Nasi ayam sekitar SGD 3 dan bakmi ( lupa namanya, tinggal tunjuk gambar doang soalnya...wkwkwk ) yang harganya sekitar SGD 3 juga. Yah rata2 pokoknya sekitar Rp. 30.000 an lah, mirip2 harga makanan di Jakarta. Minumnya beli jus yang dijual sepanjang Bugis strett sekitar SGD 1. Rasanya dingin-dingin segerrrr! Apalagi pas hawa panas-panas. Bisa bolak balik beli jus terus..pilihan jus nya juga banyak banget, bisa galau pilihnya. hahahha
Nahhh, udah abis makan, muter-muter bentar sambil cuci mata liatin dagangan sepanjang Bugis street. Eh persis di pinggir jalan raya, ketemu deh yang selama ini gua idam-idamkan kalo ke Singapore. Apalagi kalo bukan duren! Duren nya bukan sembarang duren, tapi ini duren yang terkenal karena enak dan mahalnya! Namanya Musang king. Yahh soal murah dan mahal kan balik lagi yaaa ke pribadi orang masing2. Kalo bagi gua sih mahal...hahaha. Yaeyahh lahh, biasa makan duren monthong aja udah bilang mahal ( mamie hemat always and forever..hihihihi alasan.com ). Lhaa yang ini? Sekitar Rp. 300.000 an ajahhh sodara! Uhukkk..keselek biji duren. Tapi namanya aja udah cita-cita, yahhh enjoy aja dahh! Yang penting rasanya enak, dan gak sering2 juga tohh. Sekotak ini gua makan sendiri! Busettt dahh....makannya mulai dari berdiri sampe akhirnya numpang duduk di warung si engko. wkwkwkwk

HAJI LANE
Sebagai orang yang suka ikut-ikutan kekinian, gua juga harus nyampe di Haji Lane dongg. Jalannya lumayan jauhhhhhh dan agak ribet nyarinya. Karena letaknya di gang kecil gitu....
Haji Lane ini ada di kawasan Kampong Glam, inget aja ciri khas nya ada mesjid berkubah warna emas. Kita aja nyasar2 carinya dan patokannya ke mesjid ini ( karena keliatan kubahnya dari jauh...hehehe ).
Emang apahan sihh Haji Lane ituu? Seperti kata pepatah : Don't listen to what they say. Go see."  And I see now. Disini tuh isinya deretan boutique dan cafe resto yang tampilannya dibikin warna-warni eye catching....
 dengan lukisan2 unik di temboknya.
 
 Ini tembok salah satu cafe di Haji Lane....
 
Dan bagi kita ( gua dan si Papoy ) yang termasuk golongan bukan pecinta shopping di boutique dan bukan juga orang yang suka nongkrong ngopi2 atau minum2 di cafe, begitu ketemunya beginian semua di sepanjang lorong ini, langsung berasa malesin amat keliling disini, gak ada apa2nya. Hehehe..... Mana udaranya panas gilaaa...bikin pengen cepet2 menghilang aja dari sini! hahahha.....Kagak enjoy banget dahh!
Ditambah lagi kita pake nyasar dan muter2 disini sampe kaki berasa mau copot. Udah gitu konyolnya, gua kan tadi ngeborong coklat2 yang biasa di duty free harganya mahal, pas tadi di Bugis Street lagi diskon 50 %, jadi keliling2 bawa tas isinya coklat yang beratnya aujubilaah itu sesuatu banget dahh! Bener2 yahh kalo udah ketemu diskon udah kagak rasional. Akhirnya berasa bego sendiri, itu coklat dibawa keliling siang2 panas terik begini mah udah pada lumer juga keleus! Hadeuhh *jedotin kepala ke tembok. Makanya begitu ketemu bangku, rasanya happy banget...*bahagia itu sederhana. wkwkwwk
Eh kagak sengaja ketemu satu toko dengan pernak pernik unik....Instagramable bingit dahh! Jadi balik lagi mood nya...*mungkin tadi kena efek panas plus kurang tidur, jadi bawaannya kagak napsu sama daerah sini.
Yahh pokoknya cuma segitu deh yang bisa kita explore di Haji Lane ini. Bagi yang suka nongkrong di cafe sih mungkin seneng2 aja jalan disini. Kalo kita mahh skip aja lah lain kali..*ogah balik lagi. Yang penting udah ikut kekinian....*kagak kudet. Sekian reportase dari Haji Lane. hihihii


GARDEN BY THE BAY
Berhubung kita gak ada tujuan kemana-mana lagi, jadi lah siang2 sekitar jam 2 kita udah sampe di gerbang masuk Garden By The Bay. Cuacanya cerah bikin hawa panasnya menggila disini.
Emang ada yang mau panas-panasan foto di tengah sini? sepertinya sihh kagak ada yaa selain sayahhh...hahaha *the power of narsis..
Ahh padahal tadi udah dumel2 karena panas bangettt disini, jalan cepet2 cari tempat ngadem, eh ketemu view di jembatan ini kagak tahan kalo kagak foto dulu.
Ketemu bangku kepengennya ngegelosor aja dahh, gak pengen jalan lagi. Aseli panas banget!
Garden by The Bay itu dibagi 2 kawasan : Flower Dome dan Cloud Forest. Sebelum berangkat, kita beli tiket masuk di online store. Namanya liburankeren.com . Harga tiket Rp.230.000 per orang ( kalau harga di konter nya SGD 28 ). Jadi tinggal unjukin print an tiketnya aja ( gak perlu tukar tiket aseli ), nanti di cap sama petugasnya.
Lorong masuk ke flower dome...layarnya bebungaan semua.
Nahhh sampe dehhh di dalam Flower Dome....sebuah bangunan berkubah gelas yang isinya tanaman dan bebungaan.
Asiknya lagi, disini tuh ber AC ....thanks God! Jadi kita nyaman banget keliling disini gak pake leleran keringet. Karena hawa di luar itu panas warbiasahh.
Ini view dari atas ke bawah.....
Bunga-bunga yang berhasil di "koleksi" oleh kamera si Papoy...
Bunga beraneka ragam dan warna....
Merah kuning putih biru ungu....
Sekumpulan sukulen mini....kalo nanemnya banyak gini jadi bagus yaa
Jenis sukulen lainnya.
Hmmm, kenapa keliatannya cuma ijo-ijo ajaa yaa? Rasanya timing nya kurang tepat nih pas kesini. Kalo seperti Natal atau Tahun baru Imlek pasti bunganya lebih semarak dan thematik. Saat kesini kagak ada event apa2 nih, jadi sepi2 aja kurang banyak bunganya. Nyesek juga yaa...begitu gua balik Jakarta eh kagak lama disini themanya bunga tulip kayak di Kekeunhof Belanda itu lohhh! *nangis guling2....minta balik lagi.
Ada hiasan bergambar lucu...
Bunga-bunganya gak terlalu banyak dan ngerombol gitu...jadi keliatan gersang-gersang aja ya..Kalo cuma begini sihhh Taman Bunga Nusantara di Puncak kagak kalah lah.
Hore...ketemu bunga sakura...
Saat kesini tuh themanya sakura gituu dehh....Cuma sayang banget bunga sakura nya belom mekar semua, masih jarang2 dan cuma keliatan batang2 pohon doang yang lebih dominan.
Bayangin kalo sampe mekarnya barengan semua...pasti bagus banget yaa...serasa di Jepang *ngimpi.
Setelah itu kita masuk ke Cloud Forest....
Ketemu air terjun persis setelah pintu masuk....bbbrrrrr, udah ruangannya ber AC dingin, ditambah lagi cipratan air terjun, bikin menggigil juga loh.
Di area sini lebih menarik dari flower Dome menurut gua, karena kita bakal jalan muter2 area "forest" dan bakal ada di ketinggian seperti gambar dibawah ini.
Dari sini bisa berfoto dengan latar belakang gedung Marina Bay Sand...cuma tiba-tiba aja cuaca diluar mendung dan mau hujan.
Karena udah agak gelap cuacanya, lampu2 di pinggir jembatan mulai menyala....
dan keluar efek asap2....( asal jangan keluar dinosaurus ajaa! )
Lumayan lah, keliling di dalam sini bisa sekitar 40 menitan loh, karena kita masih harus naek ke atas situ.
View ke arah supertree.....sayang banget diluar cuacanya hujan, jadi agak gelap...
Begitu keluar dari Cloud forest, kita keliling sebentar di luar gedungnya. Hujannya udah berenti, tapi masih mendung2 sedikit.
Di tengah jalan menuju ke supertree, ada jam raksasa yang dihias dengan tanaman dan bunga. Unik juga.
Nyampe dehh di kawasan supertree grove....hawanya udah mulai adem karena memang udah sore juga sekitar jam 6 an.
Inilah yang dinamakan Supertree.....pilar2 tinggi dengan lampu warna warni dan tanaman menjalar di badan pilarnya. Ada jembatan yang menghubungkan 2 buah pilar besar  yang disebut OCBC sky.
Sebelumnya kita baca pengumuman kalo OCBC sky ini lagi ditutup untuk maintenance. Sempet kecewa berat. Tapi untungnya kita ngeliat ada antrian orang yang lagi beli tiket mau naek ke jembatan itu, kita ikutan antri aja dan dapet deh tiketnya seharga SGD 5 per orang. Mau naek lift ke atas jembatan itu juga antri dan cuma dikasih waktu 15 menit aja.
Dan inilah yang jadi tujuan utama kita kesini. Harus naek ke OCBC sky dan bisa liat pemandangan dari atas. Pas pula jam nya saat golden hour.
Dari atas sini bisa liat view ke arah Singapore flier dan gedung2 bertingkat......
Kumpulan supertree dengan lampunya yang bernuansa ungu....
Ke arah Marina Bay Sand...
Tongsis nya berguna banget disini...hahaha
Karena durasinya cuma 15 menit, yahh kita jadi agak buru2 dehi....karena kan banyak orang yang mau foto juga, sementara kalo mau antri nunggu sepi waktunya abis *dilema. Yahh udah deh..pasrah aja banyak photobombernya di belakang ...Lagipula, jembatannya berasa banget goyang2 nya, apalagi sore2 begini anginnya agak kencang, bikin petugasnya bolak balik ngingetin seluruh pengunjung untuk cepet turun kalo udah selesai...*bikin parno aja.
Nahh, setiap jam 19.45 dan 20.30 akan ada lightshow di supertree grove sini..jadi kita tungguin aja sambil duduk di rumput ...
Lumayan rame juga yang duduk disini. Begitu mulai lightshow nya, pada anteng dehh menikmati pertunjukan lampu warna warni yang berganti2 mengikuti lagu.
Pokoknya bagus lah lightshow nya...apalagi gratis...

Saking asiknya ngeliatin lampu kelap kelip sampe lupa foto berdua. Untung aja sempet foto saat lampunya masih warna warni, beberapa detik kemudian lampunya mati dan balik ke format lampu standard yang gak warna warni...hahaha...

Format standard lampu di supertree sepertinya yang kayak gini deh...dominan hijau
Dan akhirnya sekitar jam 9 an malam barulah kita keluar dari Garden by the Bay. Dari jembatan yang tadi siang kita foto, terpampang view ke arah Flower Dome dan Cloud Forest,
Supertree Grove dari kejauhan...
RESORT WORLD SENTOSA
Besok paginya...eh udah siang ding...( karena kita bangun sekitar jam 9 an pagi ), kita masih punya banyak waktu buat berkeliling lagi seharian. Tapi kita gak maen sampe jauh-jauh kok, cukup di sekitar Resort World Sentosa aja karena kita menginap di sekitar sini ( review hotel menyusul di postingan tersendiri ).
Kita cukup jalan sebentar ke arah belakang hotel ( atau menyusuri sampingnya dari Universal Studio Singapore ) maka kita akan ketemu icon Sentosa dengan patung Merlion nya.

Keliatannya sih adem banyak pepohonan hijau2, kenyataannya hawanya puanass poll!
Ngaca dulu ah, sepertinya udah kurusan nihh abis "sauna"...kena panas terus dari kemaren.
Harus kah melalui jalan yang panjang tak berujung ini di tengah teriknya matahari?
Dan sampailah kita di Siloso dan harus jalan kaki sekitar 500 meter lagi sih ke pantainya.
Masih ada yang ingat sama Song of the Sea? Ternyata udah ganti nama jadi Wings of Time....gua juga baru tau...Terakhir nonton Song of the Sea tahun 2011.
Nahhh ini lah yang dinamakan pantai Siloso. Gua baru tau kalo Singapore punya pantai seperti ini.
View ke arah laut.....
Jejeran cafe di sepanjang pantai Siloso....
Ternyata pantainya panjang juga nih....ada baywatch nya juga loh disini.
Udah latihan kena panas di Maldives, tapi panasnya Singapore lebih cetar lagiii dahh...Pokoknya panasnya menyengat kulit.
Di kejauhan terlihat bangunan hotel Siloso
Hmm...kenapa mereka terlihat santai ajaa yaa kena panas matahari? Sementara gua udah rempong kipas2 dan neduh cari tempat adem. hahaha...*bukan putri pantai.
Emang susah sihh yaa kerabat Sun Go Kong mahh, kagak boleh aja liat pohon, kepengennya menclok di pohon mulu nih... wkwkwwk
Tsahhhhh....bilangnya panas panas melulu, begitu disuruh foto mah teuteup aja pasang pose...
Disini juga ada skyline luge...keliatan seru banget bisa meluncur dari atas gitu...
Saking panasnya, yang naek cable car ini juga pake payung gitu....
Inikah yang dinamakan hubungan jarak jauh? *edisi iseng
 
Sebenernya banyak banget game dan atraksi di Sentosa sini..googling aja ya. Kita ga sempat kelilingin semuanya karena mau balik ke hotel.
Kita sempet makan siang dulu di McD yang ada deket cable car ini. Udah males jalan kaki jauh2 cari resto, yang terdekat yah si McD ini, sekalian ngadem juga soalnya panas banget pas jam 12 siang muter2 disini. 
Terus dari Siloso sini kita kagak jalan kaki lagi untuk balik ke hotel, tapi langsung naek kereta Sentosa express ke Vivo City. Dari Vivo City baru naek kereta Sentosa express lagi turun di Waterfront dan jalan ke area Universal Studio Singapore. Eh lagi mau foto disini, malah dimintain tolong buat fotoin orang....sampe dua kali pula. Untung aja mereka puas sama hasil jepretan gua....hehehe
Lhaaa giliran kita mau foto yang mana nunggu latar belakangnya sepi...kagak ada orang yang bisa dimintain tolong. Yahh udahh, tongsis beraksi dehh...
Kagak lupa kalo kesini harus beli popcorn yang endang bambang gulindang ituuhh. Harganya udah lupa, sekitar SGD 7 buat sekantong kecil rasa macadamia something...( lupa juga nama tepatnya ...parahhh nih mengingat kejadian 2 bulan lalu aja lupaaa! ).
Haisss...akhirnya kita udah balik ke hotel lagi sekitar jam 1/2 2. Mau ngapain cepet2 balik ke hotel? Kan pesawatnya masih jam 8 malam? Mau tau jawabannya? Ikutin terus postingan berikutnya yaaa....hahaha. Ciaobella!

14 comments:

  1. Singapore itu emang ga pernah buat bosan ya cik Yance. Hahahaha .. (pokoke liburan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener do, ada aja yang baru dan belom sempet diexplore dalam sekali kunjungan. Hehehe

      Delete
  2. Bagus banget ya ci view dr ocbc sky bridge nya.. dulu aku ga sempet naek, krn udah ditutup aja tuh jembatan.. :(
    terus jg ga nonton supertree yg lampu nya ganti2 warna krn ujan waktu show time nya. Langsung ngibrit cari tempat teduh. Hehehe..
    coba nanti mampir lg ke garden by the bay pas mau natal / imlek ci, dekorasi nya lebih kece buat foto2. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh untung juga waktu gua ke garden by the bay, ujannya cepet berenti. Udah pasti yaa klo natal dihiasnya bagus2...OCBC sky bridge harus naek cyn, baru keliatan bagus nya

      Delete
  3. aaah bulan depan gw baru ke sana nih.... gw ngebayangin ntar anak gw ke garden by the bay entah gimana reaksinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa stroler aja fun..gua sih mungkin udah faktor U yah, cepet cape muter begini doang..hahaha

      Delete
  4. Iih bikin pingin jalan2 deh tiap kali liat postingan cici...ikutan dong ciii jalan2 bareng mamie funky..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,jadi bikin kamu ngiler aja yaa rib...

      Delete
  5. ci... aku ngebayanginnya cape hahahaha... jadi inget dulu waktu hamil ke singapore... jalan ngiterin marina aja uda engap hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebayangin aja udah cape mel, kenyataannya lebih cape dobel2 dahh pokoknya, gak boleh liat bangku, kepengennya langsung duduk mogok jalan..hahaha

      Delete
  6. Eh buset itu AirAsia kok gitu banget ya mindahin jam penerbangannya? Bukannya beda sejam, dua jam tapi kok sampe 12 jam gitu? Astagaaa....

    Ah, tapi Singapore memang keren sih!! Hehehe. Aku suka Gardens by the Bay-nya ituu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ko, pindahinnya "seenaknya" gitu, bikin kita terdampar lebih lama lagi. Garden by the bay nya yang pas banyak tulip lebih bagus lagi, jadi kan gak perlu ke Belanda..hehehe...perginya kecepetan, cuma beda sebulanan.

      Delete
  7. Aduh mih bisa saja nih membuat saya pengen jalan jalan, btw tapi itu habis berapa berliburnya kayanya banyak sekali ya pengeluarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah hayuu jalan2...cari yang murah meriah aja...

      Delete