Saturday, April 30, 2016

TRANSIT DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Kemarin itu waktu mau ke Maldives, kita transit di Changi airport sekitar 10 jam. Yahh ampunnn...lama banget gak sihh? Keburu mati bosen dahh nunggu flight berikutnya...hahaha. Tapi yang namanya airport Changi mah tenang aja lahhh. Biarpun seharian nunggu flight disini, rasanya kagak bakal bosen dah.  Terbukti kayak kita kemaren itu, tau-tau malah waktunya udah tiba untuk penerbangan selanjutnya. Sebenernya kita bisa aja ikut city tour gratis sekitar 5 jam, tapi harus daftar di konter yang ada di terminal 2. Sedangkan kita naek Air Asia mendarat di terminal 1. Itu pun kalo kebagian, siapa tahu udah penuh juga dan gak bisa ikut city tour gratisnya. Malesin banget kann?! Akhirnya, karena kita mah aliran males dan santai beibeh, jadi biarkan sajalah waktunya berlalu dan memutuskan untuk hanging around di airport aja. Apalagi bagi seorang mamie funky yang eksis narsis suresis mah betahhh aja dahh di sini seharian dengan segala macem spot-spot menarik buat difoto dan dijelajahin. So, ngapain ajaahhh kalo sampe "terdampar" seharian di airport Changi? Cekidot dehh...


Seperti yang kita ketahui, bahwa airport Changi itu punya 3 terminal, yaitu Terminal 1, 2 dan 3. Jadi kita mah jelajahin aja semua. Selama ini kan kalo ke Singapore begitu sampe terminal kedatangan misalnya di terminal 1 kek, terminal 2 kek, atau terminal 3 kek, kita pasti langsung keluar dan gak tau ada apa aja sebenernya di dalam masing2 terminal itu. Nahh berhubung kita punya waktu lebih, kita berkesempatan deh menjelajahi ketiga-tiganya....*kurang kerjaan. Judulnya piknik di airport Changi gitu dehh yaa...hahaha ( untung aja kagak segala gelar tiker disini sekalian....).
Jangan lupa, begitu ketemu komputer model begini di lorong terminal kedatangan ( biasanya dekat toilet ), langsung aja scan passport kita buat dapetin password wifi. Yah kalo sampe kelupaan dan udah kelewatan, bisa juga minta di konter informasi.
Abis itu, jangan lupa juga ambil brosur2 di dekat2 konter informasi, berguna banget buat jadi petunjuk muter2 disini.

Okay, karena kita nyampenya di terminal 1, kita mulai dari sini aja yaa...

Terminal 1

Social Tree
Ketemu lagi deh sama si social tree di area transit terminal 1...ajang narsis dimana kita bisa foto selfie dan nanti foto kita bisa ditampilin dilayar "tree" nya itu. Tapi sekarang tampilannya kecil2, gak seperti tahun 2013 saat gua kesini, satu layar itu nampilin foto kita. Kalo sekarang, dikasih theme kartun2, jadi tampilannya kecil2.

Cactus Garden
Lokasinya ada di area transit terminal 1, di lantai 2. Tenang aja, petunjuknya jelas kok, pasti ketemu.
  Gak nyangka kann taman ini adanya di sebuah airport?
Kalau siang2 kesini sih lumayan panas juga hawa nya...mending ngadem di dalem terminal yang AC nya dingin. hahaha *anaknya takut panas.

Ada pub nya juga, bisa beli minuman kalo haus. Tapi di ujung taman ini, ada tap water, bisa hemat, cari yang gratis aja. hehehe


Kinetic Rain Sculpture
Nahh gua juga baru tahu kalo airport Changi punya Kinetic Rain. Lokasinya ada di public area terminal 1.
Bandul2 yang tergantung di ujung tali itu akan naik turun bergerak harmonis dan bagus banget. Jadi betah berdiri disini liatin benda itu naik turun menari2.
Kalo belom kebayang juga bergeraknya seperti apa, klik aja video nya yaa :
Untuk urusan makan, mumpung masih ada di terminal 1, kita bisa cobain makan di kantin karyawan Changi airport yang suka direkomen di komunitas backpacker. Letaknya ada di luar terminal 1, jadi kita harus clear imigrasi dulu ( kalo baru tiba disini ), lalu cari pintu exit belok kiri ( lewatin Burger King ), nanti ada tulisannya canteen. Ikutin aja dan turunin tangga ke bawah ( letaknya kayak di basement gitu ). Pas kesini rame juga nih yang makan, yang antri mau beli nasi ayam hainam pun rame.
 Memang sih kalo buat karyawan sendiri harganya sekitar SGD 2,5 - 4 gitu deh, lebih murah. Kalau untuk pengunjung luar ( selain karyawan ) yah harganya hampir sama lah rata2 sekitar SGD 5-6.
Sebenernya di terminal 1 itu masih ada Lily garden, tapi pas kita lihat kok biasa2 aja gak ada bunga lily nya, jadi gak difoto. Terus disini juga ada swimming poolnya, tapi kita gak mampir, karena gak mungkin juga berenang, males keluarin baju renang dan beresin baju basahnya.

Terminal 2
Kita lanjut ke terminal 2....
Belum apa-apa udah ketemu bebungaan disini...
Kanclep deh foto dulu disini...hihihihi, serasa ada di taman bunga, jadi betah deh.


Orchid Garden
Lokasinya ada di area transit terminal 2.
 
Ada kolam ikan koi nya juga...gede-gede ikannya.
Anggreknya bagus-bagus...

  Tampak dari atas....

Peranakan & Porcelain of Asia Exhibition
Lokasinya ada di area transit terminal 2. Porcelainnya yang ini berbentuk kendi....kalo digosok2 mungkin bisa keluar jin nya?
 
Toplesnya gede banget nih..kalo di isi kacang, muat berapa kilo yaa? hahaha, bisa pinjem buat sinciaan nih....
Saya diangkat jadi anak paling tua di keluarga ini. Gak ngerti juga, maksudnya peranakan itu apa sih yaa?
Nahhh, walaupun jalan2 ala backpacker, gak perlu selalu memanggul ranselnya kesana kesini, taro aja di troli, beres dehh kita mau kemana aja gak pake ribet dan cape.

Sunflower Garden
Lokasinya ada di area transit terminal 2  di lantai 2 ( di area outdoor ).
 
Pas kesini pas lagi terik-teriknya matahari.....
 
 Bunga mataharinya sedang mekar2nya....gede-gede banget nih bunganya.
 
 Walopun panas, dijabanin juga jepret jepret disini...daripada jauh-jauh ke Thailand sana...hehehe
 
 Hmm, kalo tanam di rumah bisa numbuhnya kayak gini gak yaa? Mekar sempurna...
 
Terminal 3
Lanjut lagi jalannya ke terminal 3....jauh juga nih jalannya, mana harus panggul2 ransel kalo lagi naek eskalator begini...*troli mana...mana troli!
 
 Baru kali ini "ngelayap" nya sampe ke terminal 3....wahhhh, keliatan lega amat yaa disini?
 
 Nemu spot cantik mah kagak dilewatin dahh....
 
Sementara orang2 lagi pada happening sama sakura blossom di Jepang dan Korea, gua juga ikutan gak mau kalah foto bareng sakura tree di sini....udah mekar duluan nihh kayaknya...hahahha
 

Butterfly Garden
Lokasinya di area transit terminal 3. 
 Namanya aja taman kupu-kupu, yah pasti nya banyak kupu-kupu nya dongg yaa...
Kupu2nya gede-gede juga nih...
Corak sayap nya pun bagus-bagus...kayak batik.
Cakep yaaa....bunga dan kupu2nya.
Disini aja bisa betah loh liatin kupu2 yang beraneka macam warnanya...

Sementara si Papoy sibuk dengan kupu2nya, gua sih udah ngegelosor aja di foodcourt area sebelah butterfly garden. Kakinya udah minta diselonjorin, gak kuat lagi diajak muter2...hahaha, cape banget dehh ahhh walopun cuma jalan2 di airport doangan.



Makan malemnya kita kembali beli nasi hainam ayam dan bebek.
Rasanya udah pasti enak lahh....cuma harganya juga enak, sekitar SGD 6 atau 7 per porsi.
Arrghhh..ini dia yang dinanti2...mijit betis dulu ahhh....mumpung sepi ( kagak mau gantian..hehehe ). Kira-kira 30 menit ada kali...lumayan hilangin pegal2.
Nahh begitu dehh cara kita mengisi waktu kalo transit lama di Changi airport Singapore. Lumayan kann, biar gak mati bosen menunggu waktu keberangkatan. Semoga infonya berguna....( harusnya yaa! ). Sampe ketemu lagi di travelling story lainnya....Ciaobella!

50 comments:

  1. Di erpot aja fotonya segini banyakkk ya ci~ udah beneran petualang sejati dahh, di mana2 bisa ngeksis! Ntap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah the...ntap dah! Disini juga betah seharian kalo fasilitasnya kayak gitu mah

      Delete
  2. Ci, kl ga salah, katanya bs nonton bioskop jg ya di changi? Apa aku yg salah baca ya? Hehehe.
    emang fasilitas di airport nya banyak bgt ya, ga mungkin bosen nungguin transit. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ada cyn...cumaa kita ga masuk, ga ada waktunya lagi..hahaha. ntar gua tambahin keterangan deh di postingannya. Tq

      Delete
  3. Gilaaaa ini mah satu airport beneran dijelajahi abis!! SALUTTTT!!! Ahahahaha....

    Btw, karena biasanya kalo ke Singapore naik AirAsia terus jadi aku turunnya seringnya di Terminal 1 kan (sekalinya gak naik AirAsia, waktu itu naik Emirates, yang mana pake Terminal 1 juga, ahahaha), kemarin sewaktu naik Garuda ke Amsterdam (transit di Singapore) kan mereka berhentinya di Terminal 3 tuh. Terminal 3 kereen yaaa... . Bagusan Terminal 3 daripada Terminal 1, ahahaha...

    Ah, aku penasaran sama staff canteen-nya nih. Terkenal sih memang, tapi terkenal karena 'murah'-nya atau karena enak-enak sih? Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kareana saking ga ada kerjaan ko..,hahaha, dikelilingin aja dah. Terminal 3 emang keren dah, suka banget sama langit2nya itu. Kantinnya lebih banyak pilihan variasi makanan, kayak nasi rames yang pilih2 sendiri sayurnya apa juga ada disini.

      Delete
  4. iya ci..mending maen di airportnya, daripada keluar, entar buru2 lagi.. yang bisa menjelajah airportnya ya yang transit lama gini ya.. biasanya kan cuma sebentar aja.. ga sempet keliling kemana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener fun, apalagi kalo panikan orangnya..hahaha, kebayang kan buru2nya kayak apa..

      Delete
  5. bunga matahariiiinya duh pengen diambil semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, bunga mataharinya gede2 banget, bikin pengen nyomot aja..hahaaha

      Delete
  6. Gile keren banget ya. Banyak banget taman taman bunga nya. Yg sunflower paling keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak bebungaan nya Man...bikin yang narsis jadi kumat...hahaha

      Delete
  7. Ciciii entar muka elu masuk buletin changi lhooo hahaha
    itu raindrop lu masih inget ga sih? dipake ama turis cina stress buat main akrobat. google deh. masih ada ceritanya
    gw klo di changi dah default makan bakut teh yg di T2 ama laksa yang sebelahnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh yul, makanya gua gak foto2 lagi disitu, takut masuk buletin.hahaha. hmm yang raindrop ntar gua googling lagi dah, gak ikutin berita orang china stress itu.ho oh, laksa nya enak juga disini. gua juga makan laksa kemaren, lupa difoto..wkwkwk

      Delete
  8. wah aku baru tau di terminal 1 ada kantinnya nanti cobain ah...hehe duhh bunga mataharinya baguss bangett ciii...bawa pulang boleh ga?wkwkwkkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kantinnya lumayan jadi buah bibir dikalangan backpacker sih nat...hehehe. bunga matahari nanem di jakarta bisa tumbuh gak yaa? *balik nanya

      Delete
  9. Wah cik yance jadi ketua RT nya Changi airport sekarang. Jangan korupsi ya hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, inih saking gak ada kerjaan jadi sampe ke pelosok2 juga di jabanin dehh.

      Delete
  10. kalo 10 jam bisa aja keluar airport, bisa ikut tour gratis 5 jam. cuman kita males keluarnya..suka parno nanti buru2

    ReplyDelete
  11. jadi kalo ga punya kartu karyawan changi, harga makanan di kantin staff ga beda jauh ama foodcourt ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Xiao, kalo bukan karyawan mah beda2 tipis lahh harganya sama yang di foodcourt di dalem terminal.hehehe

      Delete
  12. Mbaaa.. betah banget igh 10 jam di airport. Salut. Aku dulu 12 jam di Singapore langsung kabur keluar main USS dll.. hahahaha..

    Tapi di Changi mah emang kayaknya banyak yang bisa dikerjain yaa. Jadi ga mungkin bosen. :D Makasih infonyaaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sih ya be, kita tuh type pemalesan, gak kejar target mau ngapain di singapore, jadi lewatin begitu aja dah. Wong otaknya udah ke Maldives aja....hahaha

      Delete
    2. mbak bebe,
      transtis 12 jam boleh kah keluar bandara misal mau ke universal gitu?trus balik penerbangan selnjutnya?

      Delete
    3. sy bantu jawabin deh : boleh kok...

      Delete
    4. Maaf..ci..mau ty juga donk...
      Klo mau ke universal/tpt wisata lainnya..kt tggl ikut tour gratis dr airport ya..dan akan dianter balik ke airport tepat wkt ya(soalnya parno tkt telat utk cek in penerbangan selanjutnya)..seumpama kt transit msh 20jam?pls infonya ya.ci..tq

      Delete
    5. karena saya gak ikut dan tanya2 di konter....ini sih logika saya aja ya....mungkin nanti petugas konternya ada pilihan2 tour nya mau berapa jam dan akan diantar balik ke airport biasanya 2 jam sebelum flight nya....semoga infonya berguna ya

      Delete
  13. changi keren banget ya ci..
    jadi pengen ke sana, main di changi aja #loh? wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah fen, Changi mah udah termasuk airport idola dehh..betah berlama2 disini liat aja tuh, terdampar 10 jam aja foto2nya udah segambreng, serasa piknik di airport aja..hehehe

      Delete
  14. Mantepp nih si cici the explorer saingan nya dora...kapn2 kalo ad waktu transit byk mau juga ah cobain...ci bunga mataharinya dibawa aja buat bikin kuaci :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..dapet julukan baru yance the explorer....mantap yaa bunga mataharinya...jadi pengen nanem sendiri...

      Delete
  15. Changi fasilitas nya lengkap dan enak buat jalan2 liat orang berlalu lalang. Kmrn aku transit juga 7 jam tapi malem jadi buat tidur aja selonjoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah cum, kalo udah ngantuk mah biarpun banyak fasilitasnya, teuteup molor nomor 1

      Delete
  16. bagus yah ci. aku kalo ke airport changi, langsung aja masuk ke boarding room-nya. laen kali kudu di explore yah. hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh, laen kali kudu kelilingin pi...biar ketemu yang antik2 disini..hehehe

      Delete
  17. Ci, ini salah 1 keinginan yang belum kesampean nii buat explore changi airport. Selalu mentok di T3 doank, huhuhu tapi kalo ke kantin karyawannya uda pernah :D enak2 makanannya, hehehehe.. Nice info ci, next time kudu explore nii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kalo ada waktu transit cukup lama, boleh lah explore disini, cobain pengalaman baru. Hehehe

      Delete
  18. Kalo di Changi mah transit seharian juga bakal betah kali yah Ci. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ri, betah2 aja gua mah, makanan banyak, spot foto banyak, entertainment ada, kayak di rumah aja...hehehe

      Delete
  19. Wah artikelnya detail bgt ttg spot2 bagus d changi.. btw sy msh bingung, klo qt naik AA d terminal 1, qt harus keluar imigrasi dulu atau ga ya untuk explore smp k T3? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry bgt baru baca komennya. Iya..keluar imigrasi dulu, baru masuk lagi

      Delete
  20. Hallo Mamie Fungky, artikel nya TOP banget. Bisa jadi referensi buat saya dkk. Rencananya 2mgg lagi saya dkk akan main ke Sin, turun di T1. Saya harus explore dulu T1, T2, T3 baru keluar imigrasi bukan ya? Soalnya seperti yang saya baca semua tmpt diatas rata2 ada di dlm Bandara Changi ya? Tp ada beberapa yg di luar. Saya jadi bingung. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya juga sedikit lupa. Sepertinya kita harus clear kmigrasi dulu dan masuk lagi.

      Delete
  21. Halo Mbak, kalau transit pindah peswat di Changi kita perlu check in atau urus bagasi ga Mbak? Atau langsung ke migrasi dn ke ruang tunggu setelahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget saya sih klo ganti pesawat harus ambil bagasi dan cek in lagi. Otomatis clear imigrasi dulu sblm ambil bagasi. Kecuali transfer kali ya..Saya jg biasa travelling bawa 1 ransel gak pake bagasi.

      Delete
  22. Hai mba, izin link ke blognya sama cantumin foto komputer wifi-nya yaa
    https://peregrinat10n.wordpress.com/2017/02/05/thailand-trip-2017-day-1-singapore/

    ReplyDelete
  23. Halo mba. Aku bakal transit juga di changi. Sampai sana tengah malam, flight berikutnya baru jam 7an. Apa sampai sama aku harus langsung clear imigrasi? Yg dibutuhkan apa aja ya? Setelah itu apa bisa langsung masuk area transit? Naik jetstar nih. Mohon info ya. Pertama kali ke LN sendiri hehe. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo connecting flight dan tidak ada bagasi rasanya ga usah clear imigrasi. Kalo saya karena mau ke kantin di terminal 1 maka kita clear imigrasi aja.siapin passport aja...semoga membantu. Tenang aja, tanya petugas disana pasti dilayani dengan ramah kok..di konter informasi aja...

      Delete
  24. Kak, mau tanya dong. saya rencana mau ambil connecting flight (dari bangkok - ina) dan dengan jeda transit di changi sekitar 23jam. saya sengaja ambil jeda transit lama supaya bisa sekalian explore singapore seharian hehehe. tapi ini pertama kalinya saya ambil connecting flight, jd agak takut+deg2an salah. estimasi saya tiba dari bangkok ke changi itu jam 19.15malam, dan flihht lanjutannya ke ina itu besoknya jam 18.25malam. karna jeda transit yang superrrr panjang, aku rencana nginep semalam di hotel tapi bukan sekitar bandara. nah pertanyaannya adalah begitu aku turun dr pesawat kan biasanya lgsg ke bagian imigrasi, kalau transit itu lgsg ke area transit? nah kalau sudah di area transit boleh gak sih keluar bandara untuk tidur di hotel?

    nah kalau boleh, besoknya begitu saya mau balik ke bandara, harus checkin lagi di counter maskapai ybs apa langsung balik ke transit area untuk nunggu flight selanjutnya?
    dibantu ya kak hehe maaf panjang banget. makasiiiiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sebaiknya kamu bertanya di kounter transit saat nyampe di bandara sana, dan bertanya yang jelas bagaimana aturannya kalo mau keluar dan besok mau masuk lagi apakah harus cek in atau tidak. Saya tidak pernah mengalami kayak gitu, jadi gak punya jawaban yang kamu tanyain ...hehehe

      Delete