Wednesday, August 2, 2017

JALAN JALAN KE SHANGHAI ( PART 2 )

Setelah digodog dan dibolak balik supaya matangnya merata ( apahann seeehhh! ), akhirnya kelar juga postingan part 2 dari Shanghai trip mamiefunky squad. Mariiii kita lanjutkan ceritanya....Eitsss, buat yang belom baca part 1 nya, silakan klik disini ya : Shanghai Trip Part 1

Okeehh deh, selain Yuyuan Garden dan area The Bund yang kemaren udah kita jelajahin siang dan malam, tempat lain yang juga kita kunjungin di Shanghai antara lain :


East / West Nanjing Road
Dari hotel kita yang di daerah Yuyuan Garden, naek subway cuma satu station doang udah sampe di area shopping street ternama di kota Shanghai yaitu Nanjing Road. Nah kayak gini deh shopping streetnya, jalanannya cukup lebarnya, di kiri kanannya toko2 tempat shopping....
Disini ada Apple store yang gede banget tokonya, jadi agak amazed aja liatnya. Kepengen masuk, tapi keliatan rame di dalamnya. Lagipula, kagak bakal beli juga, ngapain liat2, ntar malah kebawa mimpi ah....hahaha
Jadi shopping street ini panjang banget kalo dari ujung ke ujung, makanya ada yang namanya East Nanjing, ada juga West Nanjing. Sampe disediain mobil berbentuk kereta untuk mengangkut yang kecapean atau males jalan kaki. Kayaknya bayar sekitar RMB 2 gitu deh...
Mobil keretanya ada yang warnanya unyu2 nih....
Suasananya rame juga, banyak orang lalu lalang....
Gedung2nya disini juga bentuknya bagus2 buat berfoto....
Di depan toko yang namanya Shanghai Fashion Store.....
Welcome to Mini Sooooo! Ehh disini ada Miniso juga loh.....di Jakarta kan lagi happening banget tempat ini selalu rame pengunjungnya. Disini mah biasa aja, gak rame2 banget.
Dan saking gak ada kerjaan plus bingung mau shopping apaan, ehhh liat2 di Miniso malah berbuah dua kantong gede yang isinya tuh hasil comot sana comot sini. Yah setelah dibanding2in harganya, disini lebih murah lumayan banyak dibanding Jakarta. 
Jadi kita rela deh nenteng2 kantong belanjaan itu keliling2 disini dan sampe malem kita masih jalan lagi ke the Bund juga kan...sampe pegel nenteng2nya..hahaha. Demi deh...demikian!
Oh iya, di Shanghai ini ada juga bis hop on hop off buat turis city tour...
Yah biarpun gak shopping banyak2, disini cukup puas deh window shopping aja. Gua pribadi gak kepengen tuh shopping baju kek, sepatu kek, tas kek.....kayaknya males yaa bawanya. Apalagi macam pernak pernik dan souvenir, udah BIG NO deh! Gak kepengen lagi segala gantungan kunci, tempelan kulkas, kayaknya cuma jadi penunggu lemari doang, gak bakal kepake. Jadi mending lenggang kangkung aja....menikmati pemandangan dan mending wisata kuliner.
Di tengah2 jalan itu, ada photobooth dengan nuansa Shanghai jaman dulu plus mobil antiknya...Gua lagi mikir, mau foto gak yaa..foto gak yaa...ahhhh, kalo bayar mah ogah deh..hahaha
Saking jauh jalannya, kita sampe duduk2 ngaso aja kerjaannya...udah lelah hayati bang...
Semakin sore semakin rame sih...mungkin lebih bagus lagi kalo malem2 kesini, pasti penuh lampu2 dari signboard yang ada di sepanjang jalan ini.
 Ternyata gak cuma di Jakarta aja yang kalo ada tempat makanan yang lagi kekinian orang2 pada rela antri belinya, disini juga ada satu toko yang jualan roti atau bapau gitu deh yang antrinya sampe panjangg.
 Oh iya, ini penting nih. Kalau mau jalan2 di China, lebih baik bawa duit RMB nya banyakan aja deh. Waktu itu duit RMB kita udah mefet banget, jadi kita mau tukerin USD di money changer. Ternyata kagak gampang yaa sodara2. Pertama, gak ada money changer di daerah Nanjing Rd, kita harus cari bank dan bank nya yang ada di daerah situ adalah Bank of China. Yahhh ampun, nyari bank ini pun kelilingnya sampe jalan kaki berapa kilometer tau rasanya. gak nemu2. Udah tanya orang berapa kali ( tentunya dengan bahasa Tarzan...you know I know lahh ..wkwkwkwk ), sampe nanya ke counter tour guide yang ada disitu dan udah ditunjukin katanya ke kanan pun, teuteup gak nemu. Ahhh elahh, taunyaa ya, bank nya lagi di renov, jadi jalanan gang depan bank itu ditutup dan kita harus jalan melalui mall. Harus masuk ke dalam mall dulu dan keluar dari pintu belakang mall yang nembus ke gang dimana bank itu berada. Yaolohhhh, meneketehe yaaa? Inipun ketemu karena feeling aja mereka-reka dimana bank itu berada....
 
 Udah ketemu bank nya, bukan berarti langsung gampang urusannya. Ya ampunnnn, orang China tehhh yaaa, bikin emosi jiwa melulu ihhh! Sebelll! Kita kan lagi butuh duit, yahh kaliii cuma nukerin USD 500 doang sampe disuruh isi form berapa biji tau dan ditanya2 bisnis apa, nomor telepon lokal berapa, dll,  padahal dinegara2 lain yang gua pernah nukerin duit di money changer mah unjukin passport aja juga beres. Ini mahh geloo dah urusannya. Sampe ada kali 45 menit kita "diteror" kayak penjahat aja, banyak prosedurnya. Huhhhh bete dah! Bank macam apa ituhh! Kalo nukernya USD 5.000.000 tuhh boleh dehh tahan kita lama2, boleh tanya deh tuh duit darimana...KZL! 
 
Saat kita tadi keliling2 cari bank, eh kita malah nemu bioskop di daerah Nanjing Rd ini. Tempat jual tiketnya kayak begini doang....masih kerenan di Jakarta ah ( terutama Flix Cinema ).
Sebenernya pengen cobain nonton disini sihh, soalnya pas diputer film Wonder Woman yang belom sempet gua tonton. Tapi dengan resiko kagak bakal ngerti dengan text huruf kanji terjemahannya. Akhirnya gak jadi nonton, kita lebih milih makan aja...hahaha
 Udah beres urusan sama bank, kita langsung berasa lapar. hahaha...saking keselnya kali yaa. Terus di sebelah mall tadi, ada gang yang isinya kios2 tempat jualan makanan. Dan ada satu rumah makan yang jualan bakmi dan rame pengunjungnya. Langsung deh  melipir kesini dan cobain bakminya. Wahh ternyata emang enak rasanya. Harganya pun gak mahal2 banget, makan ber 4 total kerusakan RMB 68 aja.
Di ujung jalan East Nanjing, dipisahkan oleh jalan raya yang cukup lebar, ada sebuah mall yang udah masuk kawasan West Nanjing. Nahhh di dalam mall inilah tempat museum Madam Tussaud berada.
Kita pun mampir ke sini sekedar lihat2, kalo gak salah ada di lantai 11. Pas masuk udah terlihat antrian orang2 yang mau beli tiket masuk ke dalam.
Gua masih berharap bakal ketemu patung lilin orang2 terkenal di dunia yang ditaro diluar museumnya, siapa kek gitu, biar bisa foto2 diluar doang gak harus beli tiket. Kayak waktu itu yang di Bangkok kan ada patung Brad Pitt di taro diluar, jadi bisa foto2 biarpun gak masuk ke dalamnya. Ehh taunya disini ada sihhh patungnya, tapi gua gak kenal siapa, jadi males fotonya. *belagu amatt, si amat aja gak belagu! wkwkwkwk...Ada yang tau ini siapa? Sekilas sih kayaknya familiar mukanya, tapi susah nyebut namanya. Maklum deh gua bukan penggemar berat artis2 China...
Nahhh kalo yang ini sihh pasti pada kenal dongg...Jacky Chen. Tapi mau foto disini dibatasin pake pagar, kayaknya harus beli tiket masuk dulu baru bisa foto disamping si Jacky...Yahhh kembali gua kecewa..gak ada yang gratis2 nihhh disini! hahaha *dasar muka gratisan!
Yahh udah, cukup foto diri sendiri ajaa dahhh...udah mirip patung lilin seseorang belom? Artis Nigeria yang paling putih nih kulitnya....LOL!
Di kawasan West Nanjing ini ada taman gede dengan monumen yang gede juga, kalo gak salah namanya People's Park.
Disini pun gedung2 pencakar langitnya berarsitektur Eropa gitu...
 Nah di depan mall yang ada museum Madam Tussaud itu, disitu ada halte bus tour hop on hop off untuk city tour.
 
 Ada bus yang dalamnya di design dengan thema Barbie....semuanya serba pink. Lucu juga yaa
  Jadi macem2 yaa bentuk bus nya....ada juga yang warna merah ini...

Nahh ini view People's Park dari atas station subway...


Xintiandi 
Hari berikutnya kita ke daerah yang namanya Xintiandi. Kita naek subway dan turun di station Xintiandi yang tembus ke mall Xintiandi Style.
Begitu keluar mall, ketemu jalan yang kanan kirinya ditumbuhi pohon2 rindang dan berjejer sepeda dan motor di parkiran di atas trotoar.....tapi suwer dahh, hari itu panas warbiasahhh! Tadi mall dingin banget adem2, ehhh sampe di jalan raya ini langsung keringetan ngucur. Hawanya ngelekep banget.
Keliatan asri dan bersih yaa lingkungan sini....
Berjalan sedikit ke ujung jalan, ketemu dengan bangunan yang kece plus pohon2 rindang...
Dan terlihat ada antrian orang2 pada mau masuk ke gedung yang satu ini....Gua pikir ini cafe atau restaurant yang lagi heits disini, karena Xintiandi itu kan terkenal sebagai tempat hangout dengan cafe2 dan restaurant2 yang model gedungnya bagus2 gitu.
Ternyata itu adalah bangunan memorial something gitu dehh...panjang banget namanya! Dan gua sebagai orang yang kagak suka akan sejarah, udah pasti skip tempat ini...jadi ga tau juga ada apa didalamnya...
Nahh kalo urusan lihat2 pemandangan, baru deh gua suka. Jadi tempat ini instagramable banget dehh...
Banyak tempat2 asik buat foto....
 
Bergaya ala2 the Beatles lagi nyebrang...tapi kurang satu nihh membernya...hahaha. Atuhh ntar siapa yang foto in yaaa kalo empat2nya bergaya...
 
Design outdoor dari bangunan2nya unik2 dan keren...
Nahh ini bagian ujung dari gedung Memorial tadi, semakin siang malah semakin rame rombongan turis yang mau masuk ke dalam...hmmm, jadi penasaran juga sihh! Tapi ogahh ahh ngantri masuk kesana.
Gak jauh dari gedung Memorial tadi, ketemu deh gang yang isinya cafe2 gitu....
Walk with mamie funky style....Tsahhhhh! ( udah mau muntah belom liatnya? hihihii ). Ini dimaklumin aja yaa, berhubung kalo jalan2 model begini gak cocok bagi anak2 gua buat pepotoan, jadinya emaknya aja deh yang eksis narsis surasis, soalnya tukang potonya udah napsu liat spot foto beginian, udah gatel pengen jepret2, sementara fotomodelnya pada ogah2an. Gimana kagak ogah2an....disini tuhh panas warbiasahhh! Jadi pengen cepet2 ngadem di mall yang tadi..
Tapii, tentunya harus ada foto cici sama "adik2nya" tercintahh dunk yaaa....Eh malahan di belakang sana tuh ada fotographer profesional dengan modelnya yang lagi photo sesiong, sampe ada make up artisnya segala ....berarti gang ini famous banget kali yaa...
Jadi udah kayak labirin deh gang nya...belok sana belok sini mirip2 gang nya, tapi tentunya dengan cafe yang berbeda.
Bisa maen cing umpet disini....Peek a boo!
Keluar dari gang tadi, ketemu dehhh area cafe yang lebih luas dengan pohon2 di outdoornya, semacam di La Piazza Kelapa Gading gitu lah kali...
Bangunannya bagus2, masih model2 Eropa gitu...
Nahhh lebih jelasnya kayak gini deh, cafe2 nya disepanjang jalan ini...tinggal pilih aja mau nongkrong sebelah kiri atau sebelah kanan. Gua sih ngelirik harga2nya doang...hiks! Sayang juga ah makan disini..kenyang kagak, mahal udah pasti. hahaha *emak hemat bin irit always and foreva!
Jadi kita mah cuma lewat doang disini...yah namanya juga jalan2 ....ye kannnn! Gak harus makan disini toh! Lagipula panas banget makan di outdoor gitu siang2 mah.....*alibi
Hampir sampe diujung jalan, ketemu air mancur dengan patung dan background bangunan resto yang lumayan bagus....
Setelah puas keliling2 di Xintiandi street, kita balik ke subway di mall Xintiandi Style tadi dan kembali naek subway.

Qipulu Clothing Market
Dari Xintiandi naek subway ke Qipulu Road dan turun di Tiantong Rd station lalu keluar dari gedung subway ( yang jadi satu sama mall apa gitu ), kita nemu restoran di ujung jalan dan memutuskan makan siang disini. Terus di luarnya itu ada jual minuman dingin, sosis goreng dan buah2 segar juga.
 
Ini jenis makanan yang kita pesen, dan ternyata rasanya enak2 semua. Porsinya gede bisa bikin kenyangnya awet sampe sore nih. hehehe. Harganya juga gak mahal2 banget, makan ber 4 total kerusakan sekitar RMB 78 udah plus minum beberapa botol air putih.
Ada apa di Qipulu Road ini? Disini adalah pusat shopping grosiran untuk fashion. Jadi segala macem baju2 untuk bayi, anak2, laki2,perempuan, jenis kaos, celana pendek, legging, topi, tas, assesoris, sepatu, sendal, baju winter, lengkap banget ada di area ini.
Tapi siang ini kok puanas banget yaa hawanya, padahal langitnya mendugn2 gitu. Gua sampe pake payung deh daripada kulit gosong.....
Terus kerjaan kita adalah mall hopping, pindah dari mall satu nyebrang ke mall sebelah...jadi ada jembatan untuk nyebrang ke mall sebrang jalan.
Pemandangan dari atas jembatan...jalan rayanya kok sepi banget ya. Bayangin kalo di Mangga Dua tuh jalanannya sepi kayak gini, pasti enak banget yaa..
Jadi disini ada kelompok2 nya juga...ada bangunan yang dari lantai 1 sampai atas tuh jualan fashion khusus cewek...ada yang khusus cowok..
Jadi kita tinggal pindah2 mall aja deh. Berhubung kita juga gak jelas mau beli apahan, yah rata2 dimasukin lah mall nya, dan begitu ketemu barang2 yang kita gak minat, langsung keluar lagi. Terus konyolnya tuh si Alvin dan si Miko, berhubung udah dibilang bahwa hari ini adalah hari terakhir shopping dan mereka mah cuma kepengen barang2 mainan semacam figurine dan mainan anak yang lagi kekinian banget yaitu spinner, jadilah kita sampe nyebrang sana sini cuma mau cari mainan di pusat fashion dan clothing begini, mana dapet yaaaa!  Ampunn dehh bikin gua gak ada waktu cari barang untuk diri sendiri....hiks hiks! Waktunya abis cuma mau cari figurin dan spinner doang!
Kira2 kayak gini lah dalemnya. Terus gua nemu store semacam Miniso, namanya Mumuso...dan nemu dompet lucu..jadi beli kayak gituan doang deh shoppingnya. Bingung juga yaa mau beli apahan, gua mah inget karena gak bawa koper jadi males belanja belenja. Udah beli tas gede sihh buat bawa baju kotor dan tinggal masukin bagasi, tapi kayaknya juga udah penuh karena sebagian pindah ke backpack.
Dan akhirnya mereka tumbang....nyerahh dehhh gak nemu figurin dan spinner disini. yahh eyahh lahh yaa, pusat fashion tapi carinya mainan. Mana adaa kakakkk! Yahh udah mereka pada duduk ngaso aja dulu dahhh yaaa....
Sementara mamie masih minta perpanjangan waktu buat cari2 baju disini....Yahhh gitu deh harganya rata2 sekitar RMB 100 an...( berarti Rp. 200.000 ). Dan gua mana rela beli baju kagak branded tapi ratusan ribu. Pilih2nya yang murmer aja...masih ada sihhh baju2 murah gitu asal pinter2 aja pilihnya.

Udah puas liat2 di Qipulu Market, kita balik ke hotel dengan naek subway lagi. Di dalam subway ketemu orang yang belanja dengan paper bag Nike sampe segitu banyaknya. Yaolohhh, itu belanjanya dimana ya sis? Lagi big sale kaliii yaa si Nike...sampe borong abisss! Bikin sirik ajee....hahaha

Ujungnya2 mah, si Alvin dan si Miko nemu mainannya di toko sebelah hotel dan harganya dooongg..semua serba RMB 10! Murah meriahhh bo! Gubrakkk dehh! Kenapa gak dari kemaren ajaa yaaa liat2nya di toko sini. Hadeuhhh, sampe rasanya nyesel waktu belanja di Qipulu Market tadi jadi berkurang karena fokus cari mainan. Emaknya kagak dapet belanjaan nihh. Yahh, namanya juga anak2 yaaa....
Oh iya, gua mau sharing tips dan trik cara berinternet ria di China nih. Awalnya sebelum berangkat gua banyak baca di beberapa forum betapa susahnya mau internetan di China karena di blokir sana sini, google gak bisa lah, Facebook gak bisa, udah beli kartu lokal pun susah konek nya lah. Lemot lah, gak ada koneksi lah. Banyak hal lah yang bikin gua juga pasrah aja berangkat tanpa persiapan sim card dan aplikasi apapun. Udah niat HP gua bakal berfungsi jadi kamera doang. Si Alvin dan si Miko pun waktu gua kasih tau bahwa kita bakal puasa internet buat 14 hari karena gak ada internet di China udah pada kecewa dan mulai komplen kenapa gak beli kuota atau apa. Mereka tuh udah nyandu sama game online dan medsos, jadi gak rela kalau jalan2 tanpa internet. Termasuk gua juga sihh...wkwkwkwk ( ketauan kan keturunan siapa anak dua ituhh! ). Dan mereka kan udah lebih canggih dari gua yaa, mereka pada googling sendiri cari2 info. Saat kita touchdown di airport Pudong, mereka berdua ternyata bisa update Instagram gitu. Whattt?!! Emaknya ketinggalan nihh! hahaha. Taunya mereka udah pada donlot aplikasi VPN Master, dan aplikasi2 yang berbau2 VPN gitu deh. Nahh jadi begitu ketemu free wifi, tinggal aktifin aja VPN masternya itu, tau2 terkoneksi dehhh dan bisa masuk ke medsos yang katanya orang2 di blokir segala macem itu. Ihhhh, gua pun begitu nyampe hotel dan ketemu wifi, langsung donlot VPN Master itu dan udahhh dehhhh langsung autis maenan IG dan FB dengan lancar jaya, walaupun kecepatannya alakadarnya, tapi gak lemot2 banget kok. Intinya, kita semua happpy! Bagi kita gak ada masalah sama sekali dengan internet di Shanghai ini. Gak sesusah yang kita bayangin dari cerita2 orang lain. Yahhh ini sih pengalaman kita yaa, mungkin aja waktu itu gua googling dan ketemu infonya orang2 yang bilang susah susah doang internetan di sini. padahal udah banyak yang sharing juga soal mengakali internet di China supaya gak keblokir situs2 yang kita mau buka. Mudah2an aja info ini berguna nihh buat yang mau halan2 ke China.

Oh iya, urusan toilet juga nihh, selama muter2 dan jalan2 di sini kok gua gak berasa kepengen ke toilet yaa? Saking udah mindset nya tuhh di China jorok2 semua toiletnya. Terus kalo udah kepaksa banget baru deh ke toilet dan so far sih yang gua temuin toiletnya masih oke lah, gak terlalu jorok banget. Apalagi kalo bisa gua pipisnya di mall yang gede2, jadi yakin toiletnya juga bersih.

Nahhh yang jorok tuh sebenernya adalah : orang2 China sono kok rata2 pada suka bersihin tenggorokan dengan bunyi yang kenceng dan menjijikkan bagi gua, gak cewek gak cowok, rata2 pada begitu. Terus abis itu ngeludah dehhh sembarangan. Yakkkk! Ini yang bikin geli ....kok mereka punya kebiasaan begitu sihh! Untungnya di subway kagak begitu....

Nahhh begitu deh jalan2 di tempat yang heits di Shanghai. Cuma segitu yang bisa diexplore sama mamiefunkysquad. Karena dari total 14 hari itu, kita total cuma sekitar 2 1/2 hari ada di kota Shanghainya sendiri. Sisanya kita berkelana ke tempat lain. Kemanaaaa tuhhhhh??? Tunggu aja lanjutannya ya ( sok misterius! biar penasaran hihihii ). Sabaarrrr tapinya...dijamin bakal lama! hahaha, karena milih fotonya aja udah mabok nihh..( padahal minum air putih, tapi udah mabok. apakabarnya kalo minum arak?! eyahhh! ). Udah dulu yaa, sabar menanti next post. See you babaayyy. Ciaobella!

16 comments:

  1. ya ampun susah banget ya cuma mau nuker duit doang... hehehe.

    nyari spinner di china susah ya? kirain bakal banyak kan asal muasalnya produksinya china semua tuh ya. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya agak rese Man nuker duit di bank...gak tau sihh kalo di money changernya gampang atau susah kayak gitu juga. Spinner sih banyak yang jual, cuman saat itu kita carinya di Qipulu market yang jualan baju, jadi gak nemu....

      Delete
  2. akhirnya part 2 udah kelar digodok nya ci. hehehe.
    mau nanya ttg public toilet nya ci disana, jorok2 ga? soalnya baca2, umumnya blg jorok.. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm...yang aku masukin sih toiletnya gak sampe jorok banget, masih oke lah, apalagi kalo mall2 gede, toiletnya bersih.

      Delete
    2. soalnya temen baru plg dr china, tapi ke kota yang di pinggiran kota, katanya toilet nya jorok banget. sampe bikin ga nafsu makan katanya. hahaha..

      ish, suka ngeludah sembarangan ya org lokal nya.. >.<
      kalo baca2, banyak yg blg org lokal suka bgt nyerobot antrian & bs kencing sembarangan. jadi bawaan nya udah horor duluan..hehehe.

      Delete
    3. oh iyaa cyn...kalo kota2 kecil mahh jorok toiletnya...hehehe, dan soal nyerobot2 itu memang bener banget! Gak ada manner nya lahh pokoknya...apalagi kalo kita lagi foto, mereka bisa lewat2 tanpa dosa atau malah berenti tepat di depan kamera...huhhh! emosi jiwa lahh

      Delete
  3. ya ampun ci.. poto2nya bikin mupeng banget. Pengen bikin shopping juga jadinya. Beneran baru tau kl shanghai bagus juga ya ternyata. =D

    btw itu tas selempang cc ada tulisan mamie funky nya gt? lucuuu.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya selfi....aku baru tau juga di Shanghai ada tempat semacam xintiandi ini yang bagus buat foto2

      Delete
  4. Dulu aku jg pernah hampir pusing ga makan di kaki 5 dan makan resto aja gegara kehabisan hkd mau tuker usd cadangan. Ternyata tuker di bank itu masya oloh, d tanya lah buku tabungan. Mana ada kan.. sampe mau pingsan. Dasar rejeki ad org mau bantuin buat tuker usd d bank.

    Berbekal pengalaman itu, kemaren pas ke hk ama china ngeborong lah yuan ama hkd di itung kira2 keluar berapa. Shopping d mall kalo kurang pake cc aja.

    D tunggu part berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ribet amat yaaa bank di china..mungkin banyak kejahatan terkait nuker2 valuta asing disana, jadi segitu ribet prosedurnya....tapi jadi punya pengalaman juga ya, kalo gak nuker di bank mah gak tau juga ada keribetan begini. biasa praktis mah emang di money changer di airport sih..

      Delete
  5. ahaha.. info internet dan wc tuh emang yg banyak dicari.. berarti aman ya disana untuk 2 urusan itu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah xiao...abis yang paling diexpose masalah dua itu sih yaa yang banyak di komenin orang2...

      Delete
  6. gedungnya cakep2 ya ci... itu yang shanghai fashion store ngingetin sama film kabut cinta hahahahaha.... gedungnya mirip2 gitu hahahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus2 mel.....wah aku mah udah lupa sama setting film kabut cinta...udah belasan tahun lalu nontonnya..hahaha

      Delete
  7. Ciiii.... Gue langsung hajar bleh baca bagian satu dan dua loh! Hahahaha. Dan seperti biasa, tiap gue liat liburan keluarga lu, kaki gue serasa berteriak, ku tak sangguppp!! Kalian ini hebat2 sekali deh ah! Buat shopping kayaknya China memang dahsyat ya. Btw, di sana gimana sih perbandingan barang asli dan KW? Soalnya semua org taunya barang KW kan dari China (dan Thailand?). Penasaran aja apa kayak mangdu jg di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya le..asli cape sihh memang jalannya. Wahh kebetulan gua gak masuk ke tempat2 shopping branded things, jadi ga tau juga perbandingan barang2nya...hehehe

      Delete