Saturday, November 18, 2017

JALAN JALAN KE SHANGHAI DISNEYLAND

Wohoooo!......this is the last episode of our Shanghai trip....kita mau ke Disneyland Shanghai! Asikkk kann! *loncat loncat senang. Tentunya bagi para pecinta Disney mah udah pasti gak bakal ngelewatin theme park ini dong ya, apalagi secara openingnya juga terbilang masih baru, tahun 2016 lalu. Baru setaon doang, kita belom terlalu ketinggalan dongggg gaes....*ngomong ke Alvin en Miko. Mangkanya kita excited banget punya kesempatan bisa ngunjungin Disneyland. Biarpun gua bukan fans berat Disney, tapi urusan ke Disneyland sih sepertinya kudu dan harus yaaa, bahkan gua punya cita2 bisa pergi ke Disneyland yang ada di seluruh dunia. Wewww! Ngayal nya tinggi banget kannn! Banyak maunya! *ditimpukin kerupuk sekampung. Coba aja dihitung, ada berapa Disneyland tuh yaa kalo semuanya mau dipergihin? Kenapa juga sihh harus Disneyland?
Padahal udah tau juga, kalo ke theme park macam begini tuh kerjaannya cuma pepotoan doangan di dalem, mana tiket masuknya juga rada mehong, ditambah lagi kagak berani juga naek wahana2 extreme yang bisa bikin jantung melayang. Tapi yahhh cita-cita kan bolehh donggg yaa..siapa tau ntar ada hamba Alloh yang ngajak kesono. Ye kannn!

Sebenernya tahun 2007 waktu ke Hongkong tuh kita sempet mampir ke Disneyland HK yang waktu itu juga baru buka, cuma kita kagak masuk ke dalem. Cuma foto2 aja di luarnya..wkwkwk. Soalnya waktu itu banyak yang bilang jelek, wahananya masih sedikit, trus si Alvin juga gak minat ke Disneyland, umurnya masih 7 tahun waktu itu. Si Miko lebih unyil lagi, masih didorong2 pake stroler. Jadi ini mah gak termasuk hitungan lah yaa....tapi siapa tau ada yang mau baca, klik disini :  Disneyland HK  .Terus barulah  5 taon kemudian di tahun 2012 saat ke Jepang, gua beneran masuk ke Disneysea Tokyo, mimpi pun kagak nihhh bisa ke sini ..( baca disini : Disneysea Tokyo  ). Itu pun cuma beberapa jam doang dikasih waktu mainnya. Mana cukup yaa explore semuanya.... Ehh sekarang 5 tahun kemudiannya lagi, tahun 2017, salah satu mimpi gua terwujud lagi nihhh dengan mengunjungi Shanghai Disneyland...hmmmm, pikir2 masa sihhh setiap 5 taon? Kebetulan amat yaaa? Apa kabarnya 5 taon lagi yaa? Jangan sampe aja ntar udah rambut putih dan kaki udah gak kuat baru bisa ke Disneyland yang lain nihh...wkwkwkwk. Ahhh, Disneyland mah gak kenal umur lahhh, jadi dare to having big dreams ajaa. Yang namanya rejeki kan ada aja tohh? Tohhhh! Yahh udahhh, berdoa yang kenceng dah mulai sekarang. Niscaya doa orang tulus dan baik hati kayak gua inih akan terkabul....Semua bilang apahhhh? Aminnn! Yang bantu aminin akan dapet ucapan terimakasih ....hihihii.

Tapii, yang namanya ke theme park yang diincar banyak orang, tentunya yahhh penuh perjuangan juga lohhh. Pertama, kita harus bangun pagi! Ini nihh sebenernya yang bikin males. Tapi saking excitednya, rasa ngantuknya dibuang jauh2 dulu dah. Yang ada jam 1/2 8 an pagi kita udah ada di subway yang ruameee aujubilah sama orang2 yang mau pergi kerja. Di kereta sempet tanya2 sama orang lokal yang duduk disebelah, meyakinkan diri kalo kita naek keretanya udah bener. Untung aja dia bisa bahasa Inggris, untung aja gua nanya soalnya dia kasih tau kalo di stasiun apa gitu kita harus turun dan ganti kereta yang khusus ke jurusan Disneyland. Coba kalo kagak nanya, bisa2 kita duduk di subway itu aja terus...entah nyampe dimana...hahaha. Untung juga yang sebelah gua ini baik hati mau kasih tahu. Ah banyak untungnya dahh, mungkin juga dia liat muka gua muka orang baik hati yaa...jadi dia rela bantuin. hihihihi....prett! Oh iya, mamiefunky squad punya kostum seragaman nihh : kaos bergambar kepala Mickey Mouse...biar menyatu dengan suasana theme parknya...Tsahhhh! Cici lagi ajak adek2nya halan2 ke Disneyland, walaupun mukanya masih muka bantal karena bangun kepagian....hihihhi...

Dan akhirnya sampe deh kita di stasiun Disneyland. Begitu turun kereta agak hip hip hura hura yahh rasanya ngeliatin ratusan orang keluar kereta menyerbu pintu exit stasiun dan semua pada buru2 jalan ke area masuk theme park. Sementara kita agak rempong nih karena harus urus tiket subwaynya yang salah pilih jurusan waktu beli di vending machine tiket tadi, jadi kita tadi tuh pilihnya cuma sampe stasiun mana yang bayarnya cuma RMB 3, padahal harusnya langsung pilih aja stasiun Disney, tinggal ganti kereta. Jadi  kita ke loket tiket disini dan tinggal tambah duit dan dikasih kartu baru buat tap keluar stasiun. Kalo gak diurus, kita gak bisa keluar dari stasiun...kan cilaka butut namanya! Ahh udah beres urusannya, baru lega dehh. Kita juga sekalian beli tiket subway buat pulangnya supaya nanti malem pulangnya gak usah antri beli tiket subway lagi. Ini penting lohh!  Makanya kita keluar stasiun paling akhir nih saat udah agak sepi..
Terus abis itu kita lewatin toko roti, jadi mampir dulu beli roti dan snack2 lainnya. Secara yaa, kemaren udah browsing cari info katanya harga makanan di dalam itu mahal banget, jadi kita bawa bekal roti dan snack2 aja deh, sambil berdoa aja semoga tahan lapar cuma makan roti doangan...*mangkanya baca mantera dulu sebelom masuk...wkwkwkwk.

Weleee, secara ini masih pagi yaa, tapi orangnya udah rame banget kakakkkk! Kita sampe takjub. Itu baru liat sekilas di pintu kedatangan. Terus kita buru2 jalan ke gerbang masuknya yang jaraknya lumayan jauh....
Bersaing dengan ratusan orang lainnya yang jalan berduyun2 ke gerbang. 
Dan sampe gerbang masuknya, kita lebih takjub lagi....itu orangnya udah ribuan yang antri disini!Ini lah alasan kedua kenapa males ke theme park tersohor yaa....
 Pegimane ceritanya nihh baru jam 8 an udah "rusuh" begini? weleee....kuatkan hatimu anak ku..
Di gerbang ini kita antri sekitar 45 menit cuma buat security check. Gua lupa disini diperiksa tas nya pake alat scan atau manual deh. Pokoknya bikin lama lahh antrinya. Termasuk urusan makanan nihh..kalo ada yang bawa makanan dari rumah kayak nasi dan lauk pauknya, itu sepertinya sih dilarang. Soalnya ada orang yang bawa makanan di kotak gitu lalu terpaksa makanin dulu makanannya itu, mungkin sayang kalo dibuang kali yaa. Inilah yang bikin antrian lama. Ya keleus tiap satu orang bawa tas terus diperiksa ada makanan yang gak masuk standard aturan Disneyland, terus orangnya masih mau makanin dulu mah...ampunnnnn dijeeee! Bisa tengah malem kita bisa masuk ke dalam kali yee....*lebayyy!
Dan ini nihh peraturannya Disneyland...( setelah gua googling ke website resminya )...silakan deh diapalin bagi yang mau ke Disneyland yaa, ini salah satu yang gak boleh dibawa masuk :

Food (unless the food is commercially packaged, sealed, unopened and ready to be consumed without any preparation or processing). Food items not permitted to be brought into the Park include but are not limited to, instant noodles requiring addition of hot water to consume, food in containers with reheating capabilities, and home-prepared food.
Kalo kita kan cuma bawa roti dan snack2 yang beli di minimarket di depan tadi, jadi lolos gak ada masalah.
Oh iya, kita beli tiket masuk Disneyland online di website Klook.com  seharga Rp. 690.000 per orang. Jadi kita udah bawa print tiketnya dan gak perlu ditukerin. Ini penting juga loh, karena kita bisa menghemat waktu. Bayangin aja dengan kondisi orang yang ribuan gini, kalo kita belom punya tiket masuk, kita masih harus antri beli tiket, belom lagi antri mau masuknya...wahh bisa-bisa tengah hari bolong baru bisa masuk ke dalam. Setelah lewatin security check, masih ketemu lagi antrian untuk lewatin gerbang pengecekan tiket ....wewww! Ini nih kenapa kita harus pagi2 banget dateng kesini.....karena lewatin dua gerbang pengecekan yang antriannya lumayan makan waktu...
Antriannya panjang juga nih, mana hawanya udah mulai puanas ngelekep, udah banyak yang buka payung masing2 deh..Jadi jangan lupa bawa payung dan kipas kecil nihh buat antri, lumayan ngebantu bikin adem, supaya gak cepet emosi jiwa ngeliat orang desek2an begini...
Nahh pas giliran kita dongg.....begitu diperiksa tas nya, ehhh ada tripod! Langsung kena cekal dehh....Jadilah kita diantar petugasnya ke tempat penitipan barang dulu. Yahh elahh, beginilah kalo kurang browsing2 sebelum pergi. Disini tripod kan barang haram! Bahkan di seluruh Disneyland around the world gak boleh bawa tripod. Kita semua ngomel2 ke si Papoy, ngapain juga bawa2 tripod sihh....hahaha...si Papoy emang biang keroknya nih. Belio itu punya ambisi mau foto kembang api ntar malem, jadi sampe rela gotong2 tripod kesini. Macam fotografer profesional aja...*ngomel panjang2, gak pake pendek...hahaha. Lagian kita juga sihh perginya kagak pake browsing2 dulu...maen pergi aja. Taunya kita dicegat dan tripodnya harus dititipin. Di tempat penitipan pun antri panjang karena banyak yang mau titip barangnya. Ini ketemu orang yang nginep di hotel dalam sini, mungkin dia udah check out tapi mau maen dulu disini, jadi mereka pada mau nitip kopernya pula, bikin antrian tambah panjang aja. Oh iya, untuk penitipan barang kita harus setor jaminan RMB 80 ( sekitar Rp. 160.000 ) dan dikasih kartu untuk tanda terima dan pengambilan. 
Hadeuhh...ini waktunya udah kebuang lagi sekitar 20 menitan deh. Tadinya gua usul tripodnya gak usah dititipin, tapi "dilempar" aja ke pepohonan di pinggir situ, toh gak ada juga yang mau ambil. Ide yang cemerlang kann! hahahha, daripada antri lama. Belom lagi kepikir ntar pulangnya juga bakal antri lagi mau ambilnya. Eh tapinya petugasnya ngintilin kita terus loh, biarpun dia berdiri agak jauh, tapi matanya selalu melirik tajam ke arah kita. Belom lagi kamera CCTV dimana2.  Jiper dehh jadinya...wkwkwkwk! Btw, gua kan bawa tongsis, tapi lolos tuh gak disuruh titip. Aneh juga ya, katanya tongsis juga gak boleh. Entah lah....pas hoki kali kitanya.

Yang enak sih memang nginep aja di Disneyland Hotel yang ada di dalam sini. Paling cuma RMB 1650 ( sekitar Rp. 3,3 juta ) per malam....Wewwww! Horang kaya sih gak masalah yaaa....hihihii. Tapi kamarnya gede lohh bisa untuk 4 orang dewasa dan 2 anak2...Tuhhh yang mau pergi ramean, bisa patungan dehh...Seru kann! Kalo kita mahh masih di level kagak rela bayar hotel segitu mahal....itu bisa buat 3 malem di hotel yang biasa2 aja...hiks! *nasib kuli.

Akhirnyaaa.....setelah cobaan demi cobaan kita lewatin, akhirnya tibalah kita di depan gerbang masuknya......tadaaa! Baca mantera : foto yang banyak...foto yang banyak! hahahaha...Perhatiin gak, bunganya ituh bentuknya muka si Micky Mouse....bagus yaa...
Gak penting kemana jalan-jalannya, as long as we are together....ye kannn!
 
Orang udah mulai berduyun2 masuk ke theme park...
 And here we are....di depan gerbang masuk theme park yang lagi ngerayain 1st Anniversary...
Oh iya, disini juga langsung terkoneksi dengan wifi loh...tapi kita kan gak punya nomor lokal, jadi gak bisa pake karena nanti notifikasi passwordnya dikirim lewat sms ke nomor kita. Padahal lumayan kann kalo ada wifi kita bisa liat official apps nya Shanghai Disneyland yang isinya  lengkap mulai dari waiting time setiap rides, lokasi toilet, resto, digital map dan schedule parade serta fire works. Canggih kann...cuma kitanya yang kurang canggih! hahaha

Nyampe disini sekitar jam 10.10.....udah harus atur strategi, mau ngapain duluu. Tapi percuma di atur2, begitu ketemu spot foto, lahh kita kanclep pepotoan dulu disini. hihihi. Yahh keleus , masa dilewatin begitu aja?! Disini tuh fotonya harus pake kecepatan the Flash, karena orangnya rame pake banget.Siapa cepat dia dapat.... Huahhh keliatan kann castle nya dari kejauhan...
 Begitu masuk, point of view nya langsung ke arah castle.....
Oh iya, katanya castle di Shanghai Disneyland ini beda sama Disneyland lainnya...(entahlah, kan gua belom pernah ke Disneyland yang laen selain yang di Tokyo Disneysea ). Biasa warnanya kalo gak biru muda kayak di cerita Cinderella atau pink punya Sleeping Beauty.....Nahh yang di Shanghai ini warnanya perpaduan biru dan pink gitu yang disebut Enchanted Storybook Castle...ihh girly banget yaaa warnanya....me like!
Jadi wajib dan kudu lahhh foto di depan castle ini.....family mandatory photo
Ahhhh, perasaan gua tak bisa diungkapkan dengan kata-kata dehh...bisa berdiri foto disini..
Yang dari awal udah excited banget kepengen ke sini udah kesampean dehhhh....dan gak udah2 pengen foto yang banyak disini....hahaha. Banci foto sing gak ada lawan!
Yeayyyyy.....the happiest place on earth!
Masih aja berdecak kagum sama castle yang ikonik inih.....ya olohhh cakeppp yaaa castlenya.
Rasa bahagia tak terperi dahhhh....berada di alam impian negeri dongeng yang semuanya indah..
Jangan kira foto2 kita disini tuhh seorang diri, disini tuh banyak yang antri mau foto juga. Yahh eyahh lahhh! gak diragukan lagi.....
Pokoknya rame banget dehh, jadi harus gercep....gercep....: gerak cepat kakak! Kalo masih mau tacap tacap atau sisiran rambut dulu mahhh...yahhhh siape lo! bisa dikerubuti massa! hahaha
Dari arah belakang castle juga teteup aja cakeppp castle nya....
With my hunny bunny sweety ...prett! hihihi...abis ini ajak eneng ke castle Disneyland yang laen dong bang....*langsung ditoyor.
Udah puas pepotoan, udah mulai cari2 wahana yang paling heits disini. Tinggal liat map nya aja dahh
Akhirnya kita nyampe deh ke area tempat wahana Pirates of Caribbean berada. Ini adalah tujuan pertama kita, setelah sempat bimbang mau masuk ke wahana yang mana dulu.
Eh lagi asik2nya liat ke kiri ke kanan, tau2 mendadak ujan turun....aarrghhhh....ada-ada aja sihh! Jadi inget ya, jangan percaya ramalan cuaca, pokoknya selalu bawa jas hujan atau payung, soalnya cuacanya udah gak bisa ditebak lagi. Biarpun gak hujan, payung berguna juga buat nahan panas, jas hujan bisa dipake untuk naek wahana yang basah2.
Nyampe di depan wahananya, kita udah hopeless aja liat antriannya. Dipapan petunjuknya di info in kalo mau naek wahana ini bakal antri sekitar 1,5 jam. Males banget kann! Lhaaa, tapii....mau ke tempat lain pun dijamin antri, bahkan mungkin lebih lama lagi. Jadi yahh udah lah pasrah ajaa antri yang ini dulu.
 
Dan beginilah antriannya yang bikin emosi jiwa dan raga...
 Tempat antriannya itu ada yang tertutup dan ada ruang terbuka juga, jadi pas gerimis2 hujan kita harus berpayung ria deh...masih untung hujannya gak lebat nih...kalo hujan angin gak kebayang gimana ngantrinya berjam jam begini...
Kita mulai antri dari luar ruang, dibawa masuk ke dalam ruangan, kirain udah deket, taunya di dalam masih berputar putar lagi, ada area outdoor nya lagi, masuk ke ruangan lagi...muter lagi dan lagi...gak berujung dehh....bikin hopeless...

Kita antri puanjaaaaaang banget, udah puanasss, sumpek, pegelll dan dalam situasi begitu masih ada juga yang belagak gila maen nyelak2, cutting the line. Mending kalo nyelak antrian itu satu dua orang mah yahh udah dehh lu duluan ajee, gak beda banyak ini. Lhaaa ini? Serombongan manusia egois tiba2 nyeruduk dari belakang dan kita kedorong2 parah. Gua kan orangnya emosian, gak tahan lagi lahh saat itu...Maafkan akuh hanya manusia biasa yang gak luput dari dosa....tsahhhh! Gua harus take action, gak bisa diem aja, biarpun udah tahu percuma yang model begini kan buanyakkkk, ngapain dilawan. Ngerti bahasanya juga kagak, wasting your energy. Tapi namanya juga lagi emosi dan kebawa suasana disitu, yahhh  kalo kita cuma diemin aja mah keenakan mereka lah,  berasa gak bersalah dan nyelak itu udah wajar adanya. Huhh! Terakhir ada emak2 yang maen nyeruduk aja dan dia lah yang jadi pelampiasan amarah gua. Gua omelin aja pake bahasa mandarin sebisanya : Paidui! Paidui! yang artinya : Antri lo! atau Antri gak lo? atau Antri dong!...hahaha *terjemahan secara bebas oleh mamie funky yang lagi emosi tingkat dewa.

Entah dia ngerti atau kagak, harusnya sih ngerti dari bahasa tubuh gua sih. Buktinya dia berhenti tuh. Dia bilang, anaknya udah duluan di depan. Ihhhh mana peduli...meneketehe. Itu sih derita elo. Bagusss....Dia yang akan jadi sasaran empuk nihhh. *tanduk iblis gua langsung numbuh sambil asah golok. wkwkwkwk. Terus, yang sekeliling kita beberapa orang lokal yang kedorong2,  termasuk ada engko2 gendong anaknya yang gendut di punggungnya pake tali cukin gitu, anaknya mana lagi tidur, ikutan kedorong2 juga kann, jadilah semua pada ngomelin itu enci2. Ada satu orang enci2 yang berani tuhh, dia maki-maki enci yang nyerobot tadi abis-abisan dahh pake bahasa sesama mereka!  Bagus kannn jadinya, mendidik orang2 model si enci itu biar ngerti budaya antri. Gua ikut komporin, bantuin si enci2 tadi omelin yang nyerobot itu, terserah mereka ngerti atau kagak, yang penting kepuasan batin gua..... wkwkwkwk. Biar rasa lohhh! Emang elo doang yang mau masuk. Pokoknya drama banget dahhh antri beginiiii....awas aja ntar kalo di dalem show nya kagak bagus mah! Bisa gua acak2 nihh....hahahaha *orang stress! Tapi itu mah cuma sesaat doang kok, jangan sampe merusak mood sepanjang hari...karena udah terlampiaskan, abis itu gua malah ketawa2 terus, ngetawain diri sendiri kenapa konyol juga marah2in orang....*sama gilanya ya. Ingat : kita semua punya tujuan mulia dan niat suci datang ke sini yaitu mau play and enjoy, jadi jangan sampe rusak cuma gara2 beginian doang. Catet! 

Akhirnya tibalah giliran kita.....di dalem itu gelap2, dan gak boleh foto pake kamera kan. Jadilah foto seadanya aja pake hp. Ceritanya kita naek perahu gitu dan ketemu bajak laut,
 Ada Captain Jack Sparrownya lagi ngomong tapi pake bahasa Mandarin..jadi lucu...
Dan adegan berantem2 yang ada efek hi tech 3D....kerenn euy, gak usah pake kacamata 3D pun kita nontonnya udah berasa 3D. Canggih yaa. Trus ada adegan perahunya naek dari dasar laut ke permukaan kayak di filmnya itu..dan kita berasa terangkat juga.Wahhh ini yang super kerennn! Kan themanya emang the Battle for the sunken treasure. Mantappp dahhh!
Kerennnn dahhh pokoknya. Gak sia2 deh kita antri berjam2.  Ini wajib dan harus dimasukin wahananya, jangan sampe diskip biarpun antrinya lama selama-lamanya...hahaha.  Kalo mau liat, cari aja link youtube nya yang udah diposting orang2. Tapi menurut gua, kalo mau kesini mending jangan liat2 dulu, supaya berasa efek surprised nya....

Dan ternyata ada foto saat kita lagi naek ride nya di dalam itu. Nanti fotonya dipajang di layar LCD area pintu exit nya. Kalo kita berminat, sepertinya kita bisa tebus fotonya ituh...Yahh kita mah ogah ahhh tebus fotonya, cukup di jepret aja pake hp...trus simpen deh..hihihi *tips hemat.

Keluar dari sini kita baru berasa lapar berat beng beng! Walaupun tadi sambil antri kita makanin roti, ternyata kagak nendang, masih berasa lapar. Yahh udah, mumpung deket area resto, mampirlah kita ke resto yang masih ada di kawasan Pirates of Caribbean yaitu Barbosa Bounty.
 
Aduhh, disini pun ternyata antri banget bo! Rameee banget yang mau  makan. Jadi kita bagi tugas, si Papoy sama Alvin antri beli makan, gua dan si Miko muter2 cari tempat duduk.
  Cari meja pun jadi PR tersendiri yaaa....dimana2 penuh.
 Oh iya, interior restonya pun berthema bajak laut gitu dehh..
 Yang ada harus sabar2 aja nungguin orang selesai makan....
Dan inilah makanan kita....beli paket ayam aja seharga RMB 70 ( sekitar Rp. 140.000 ) per paket udah include minuman nya. Hmmm....syedapp ya harganya. Makanannya yahhh lumayan enak lah rasanya.
Kalo mau beli minuman, silakan dipilih2 aja dahh mau yang mana....keliatan kann harganya...yang paling murah air putih RMB 20 ( sekitar Rp. 40.000 ) sebotol kecil itu. Glek...
 
Nahh akhirnya kita dapet juga tempat duduk di salah satu pojok dari resto yang sebenernya luas, cuma pengunjungnya lebih banyak lagi, jadi harus sabar2 kalau mau makan disini...
Nahhh, tips supaya hemat nihh, kalau kesini bawalah botol kosong. Nanti bisa refill di water station yang biasanya ada di sebelah toilet. Tapi juga jangan berharap enak aja langsung dapet air, harus antri dulu kakak! Hadeuhhhh *elap keringet ngeliat antrian yang mau refill air...
Inihh rakyat disini aja udah banyak banget yaa...ditambah lagi turis mancanegara, yahhhh bisa kebayang dong dimana2 antri. Gua coba ke toilet juga lumayan antri, tapi untung cuma 10 menit an antrinya, kalo kagak mah udah bisa terkewer kewer nahan pipis. Toiletnya tergolong bersih lah, gak sampe parah jorok yang digembar gemborin orang itu. Gak tercium bau pesing nya banget....Gua kan udah parno waktu dibilang disini tuh jorok minta ampun, jadi bayanginnya udah yang the worst nya deh. Tapi ternyata, fine fine ajaa....*lega.

Abis makan tuh kita sekitar jam 2.15 an, kita masih sempet foto2 di area wahana Pirates of Caribbean ini.
  Ehh ternyata ada sesi foto dengan Captain Jack Sparrow KW super lohh...mirip banget inihhhh!
Tapi begitu gua mau antri, ternyata sesi fotonya udah selesai. Hadeuhhhh......terlambat! *nangis guling2....yang ada cuma bangku ini doangan...yah udah dehh jadi Ratu Tengkorak ajaa dulu...hiks!
Di area deket Pirates of Caribbean ini ada wahana Explore Canoes...
Terdapat kapal2 bajak laut...
Pengunjung bakal naek perahu dan bakal diajak mendayung untuk menemukan goa harta karun dan bangkal kapal yang sudah ratusan tahun...tapi kita mah skip wahana ini ah, gak menarik..
Terus diarea Fantasy land entah ada wahana apa aja, kita ski juga deh...bahhh, banyakan yang di skip yaaaa...mau apaa jadinya disini? hahaha
Ada wahana jetcoaster mini yang namanya Seven Dwarfs Mine Train kalo gak salah....
Trek nya gak tinggi, cocok buat anak2...cuma yang gak tahan satu doang : antriannya bo!
Nahhh tuhh....masih mau naek kalo udah liat antrian kayak begini?
Dengan perkiraan antri 1 s/d 1.5 jam...kita mah say NO lahhh....bhayy! Pilih yang lain aja...

Terus deket sini ada spot Alice in Wonderland Maze...Kita mah ikut2an orang aja masuk kesini...kebanyakan anak kecil semua. Dan ini rame banget sampe macet mau masuknya. 
Heran kenapa orang pada berebutan masuk ke dalam yaa, kan cuma taman doang...dalam hati : ah biasa aja kalo cuma begini sihh...( kita kan gak cari spoiler tentang Shanghai Disneyland sebelum pergi , jadi yahh begitu dehh...sotoy jadinya ).
 
 
Tapii makin ke dalam.....kok ternyata bagusss yaaa!
 Dan semua orang antri buat foto2...yahhh elahhh!
 Dan gua pun jadi ikutan antri deh... foto bareng the Red Queen..*anaknya gak mau ketinggalan.
 Dari sini bisa foto dengan background ke arah castle...
 Wahhh ini diserbu sama anak2 cewe.....demen banget sama replika kue2 di tea party mad hatter...
Dan dari atas sini fotonya malah lebih bagus lagi lohhh....gak nyesel juga udah masuk ke dalamnya.
 Wajib masuk ke taman ini soalnya cuma ada di Shanghai Disneyland .....
Udah jam 2.30 dan sepertinya udah waktunya parade show. Bener aja, begitu kita nyampe di area parade, sepanjang jalanan itu udah penuh sama orang yang duduk di pinggir jalan. Ahh kita sih gak baca2 jam2 pertunjukan, jadinya gak ngeh bakal ada parade jam segini. Untung aja belom ketinggalan nihh, jadi bisa ikutin dari awal. Nahh awal2 pembukaan paradenya itu, ada mobil yang berisi 3 orang dengan mukanya sih muka Indo yaa. Entahlah mereka itu siapa, mungkin pemenang undian....mungkin orang yang beruntung...mungkin horang kaya yang bayar tiket sehingga bisa muncul di parade ini...*sirikk. hahahha.
 Pokoknya mereka dadah2 dari mobil biru itu...

Selanjutnya baruu muncul dehh rombongan si Mickey Mouse dkk.....
 
 Bersama sama dengan penari kabaret...
Ada Pluto, Daisy, Minnie dan Guffy....
Dumbo kann inih?
 Donald Duck...
 Seven Dwarfs...hmmmm, kok gua gak liat Sleeping Beauty nya ya?
 Rombongan Toy Story...
 Woody ! Woody! aahhhh dia dadah dadah ke sayaa!
 Buzz Lightyear
 Rapunzel from Tangled...
 
 Serasi yaaa Rapunzel sama si Flynn nya...
Ini rombongannya siapaa hayoo?
 
Nemo dan Dori....
 Dan muncul lah si Elsa dan Anna from Frozen...
Anna dan Elsa yang populer di kalangan kita semuahhh sampe sekian lamanya...
 Sibuk ber dadah dadah ria....
 Mereka juga berakting dari atas sana loh....liat aja gayanya totalitas banget yaa..
 Ini kereta saljunya bagus banget yaaa....kepengen ikutan naek dan foto di atas situ jadinya...hahaha
Woaaahhhh!
Hayoo rombongan siapa kah ini?
Ada yang bisa tebak?
 Mulan....( gak pake Kwok ya....wkwkwkwk ).
 Winnie The Pooh and Friends....and Aladin
 Judy nya Zootopia yang katanya baru masuk dalam parade Disney kali ini...
 The Elastigirl...
 Captain Hook..di belakangnya ada si Pinokio..
Wahhh seruuu banget dehh nonton parade inihhh. Gua sukaaa! Kebawa euforia nya dadah2 gak jelas ke mereka...sampe si Miko nanya : "mamie ngapain dadah dadah? emangnya mereka liat? emangnya mereka peduli?" Hadeuhhh inih anak capa cihhh....pengen gua jitak! hahahhaa....



Selesai nonton parade show, kita lanjut jalan ke bagian tengah dan nemu spot lucuk nih...yang sebenernya ini adalah pagar gerbang tempat menyimpan kendaraan2 di dalamnya...

 Tapi bagus yaa buat foto2...mamiefunky squad in action!
Nahh beginilah bagian tengah dari entah zona bagian mana ini....
Ketemu juga sama patung Walt Disney, jangan sampe terlewatkan....
The Enchanted Storybook Castle..

Terus ternyata didepan castle juga ada stage show dengan karakter2 film gitu....ada Moana...
Ada Nemo dll...dengan air mancur show juga. 
 Ada Ariel...bukan Ariel Noah atau Ariel Peter Pan lohh yaaa....*salah fokus..
 Keren sih...Tapi kita udah agak ketinggalan, jadi gak dapet posisi nonton yang bagus.
Lagian ini pas jam 3 sore dimana mataharinya ada di atas panggung gitu, jadi nontonya silau banget! Ahhh sayang banget nih....padahal bagus show nya, tapi semua lagu2 Disneynya pake bahasa mandarin gitu....jadi lucu aja dengernya...

Dan gua baru inget, kenapa gua gak foto sama karakter2 Disney itu semua yaa? Itu karena kita selalu males kalo udah liat antriannya yang panjang kayak ular. Tau sendiri dong, yang kepengenan pepotoan  begitu kan cuma daku seorang.  Si Papoy mana mau diajak antri cuma foto sama Mickey...princess princess yang ada di castle...Alvin en Miko juga ogah. Arrgghhhh...*jambak2 rambut. Disneyland ini begitu luasnya, segitu kita gak bisa kelilingin semuanya ...gua gak ketemu sesi photo lagi kecuali si Jack Sparrow tadi itu. Jadi gak ada tuhh foto bareng princess2 Disney atau karakter2 Disney lainnya , padahal apa artinya yaa kalo kagak foto bareng mereka......cedihhh ih! Hiks hiks! Begini dahhh kalo bukan fans sejati Disney....hahaha, asal pergi aja yang penting nyampe...gak baca schedule2 nya juga padahal brosurnya tadi dikasih di pintu masuk, cuma taro di tas dan sibuk sendiri mau menjelajah kemana dulu.
Akhirnya sebagai penghibur hati, yang ada fotonya di castle lagi...castle lagi...I like the castle so much...
 So pardon me....fotonya disini lagi disini lagi...

Dari sini kita lanjutin jalan lagi ke wahana yang terdekat yaitu studio Marvell...
Wohoooo, langsung semangat lagi dehh kita jalan masuk ke dalamnya.
Udah pasti di dalamnya dipenuhi dengan karakter2 superhero nya si Marvell dong yaa...
 Kesukaannya si Alvin nihh...Spiderman!
 Gua mah suka kagak suka, foto aja dulu....hihihihi
Dan kesukaan gua adalah si Captain America. Tapi sadiss banget nihhh, kan ceritanya ada sesi foto sama imitasinya Captain America, ehhhh lhaaaa pas giliran kita dibilang sesinya udah selesai, quota udah ditutup. Bengong dong! Gilaaa...kesel banget! Cuma tinggal selangkah lagi doang ajaa! Huahhhh......akhirnya cuma foto sama latar belakangnya aja dahh. Hiksss...tadi tuhhh ada si Captain Americanya disiniiiii....*histeris.
Terus ada lagi antrian buat sesi foto yang masuk ke dalam ruangan, kita ikutan aja antri. Taunya di dalam itu ada si Spiderman...asik lahh bisa foto sama doi...biarpun cuma pake kamera hp, karena gak boleh foto pake kamera gede.

Sebenernya kita dikasih photopass yang bentuknya kayak gini....
Nanti foto dari photografer Disneynya bisa kita download ke hp kita, tinggal bayar berapa duit gitu...tapi seperti biasa , kalo udah urusan bayar berbayar, mamie mahh skip aja dahh...Kabuurrr! hahahaa

Terus ada juga Iron Man dengan berbagai macam kostum...tinggal pilih deh  mau foto sama yang mana.
Ada juga Ant Man dan siapa tuhh yaa yang hitam..gua lupa...hahaha  
 Pokoknya I like superhero Marvel very much!
 
Abis itu kita ke area Tomorrow Land yang ada wahana Tron Lightcycle power run coaster nya itu. 
 
Disini bagusnya kalo udah sore2 menjelang malam, karena banyak lampu2nya sehingga lebih dapet kesan "tomorrow" nya...lebih futuristik lahh! 
Sayang banget kita kurang malem nihh kesini nya, jadi lampu2 nya yang neofuturistik gak begitu keliatan.
Di halaman depan wahana2 berada, ada panggung yang punya kubah bundar..disini ada pertunjukan dance dan DJ nya...
 Ceritanya si Miko udah napsu kepengen naek wahana Tron itu. Sementara gua sama Alvin pilih aman, gak mau naek karena yakin gak kuat naek wahana begituan. Takut juga ahh....kalo gua udah jelas faktor U, kalo si Alvin gak jelas kenapa, takut aja katanya. hahahha...*anak mamie emang. Nahhh si Papoy udah janji nihh nemenin si Miko, berdua itu udah ngilang duluan mau antri naek Tron. Eh udah 15 menit, tau2 mereka muncul dan bilang antriannya sekitar 1,5 jam, males lahh! Astagaaaa! Si Miko bilang, itu sih alasan si Papoy doang bilang antriannya panjang, males nunggunya, padahal sebenernya si Papoy juga kagak berani naek Tron itu....*anaknya cemen. hahahaha...Yang ada si Miko ngedumel2....kecewa berat....Ahhh kasian. Tapi mau gimana lagi...antriannya emang gila nihh disini...dimana2 antri panjang saking kebanyakan manusia nya. Kalo mau cepet bisa aja beli fast pass, tinggal beli aja di guest service sekitar RMB 120 per wahana...ahhh, mana relaa yaaa kita! hihihihi...Jadi diskip aja deh Tron nya...padahal kata Miko : YOLO mi...kapan lagiiii? Masa harus balik lagi ke sini? Mamie cuma senyum kecut...sambil liatin orang2 ini pada tereak2 histeris...
 Udah tau takut, kenapa juga naek yaaa? *bingung....hihihii
 
 Tereakannya aujubilahhh dahhh ...memekakkan telinga....hahaha. Yahh eyah lah, wahana ini diklaim sebagai coaster yang tercepat bo....hiyyy serem gak coba? *maklum jiwa mamak2..
 Mungkin ini salah satu faktor si Papoy jadi jiper naek inih...ngedenger teriakan mereka bikin horor duluan...
 Ehhh tambahan lagi pas kita disini turun hujan lebat. Yah udahh kita abisin waktu nya di dalam sini sambil liat2 supercar yang dipajang disini...
 Mobil keluaran tahun berapa yah ituu? Futuristik banget..
Sebenernya mobil ini ada aplikasinya buat foto in kita seakan2 kita lagi naek mobil dan nanti muncul di layar LCD nya....tapi gua kagak ngerti pencet2 menu nya yang dalam huruf kanji..daripada antriannya jadi panjang dan ditontonin orang, jadi gua mah suruh si Papoy fotoin aja dahh...
 Disini ada berbagai aplikasi dan game juga, tapi kita mah liat2 doang sambil nunggu ujan berenti.
Sebenernya di area Tomorrowland ini masih ada wahana lainnya, gak cuma Tron aja. Ada Jet Pack dan Star Wars Launch Bay....cuma antriannya juga kagak kira2, bisa-bisa waktu kita habis cuma buat antri ini doang...

Nahhh, karena kita dititipin sodara yang mau beli boneka Woody Toy Story, jadilah kita mampir ke Disney Storenya.

Beruntung gua gak punya anak cewe....beruntung anak gua cowok pun gak suka banget2 sama barang2 Disney. Jadi kagak ada drama2 ngerengek minta beli ini itu disini, taro kata pengen beli pun, cukup dibujuk gak usah beli pun mereka nurut. Karena harga barang2 Disney kan bisa bikin copot jantung mamienya. hahaha....
Gak jelas banget dehh disini harganya tuhh bisa bikin gua kejengkang pingsan...*lebay! Iyahh, terus terang aja sebenernya gua bisa aja kalap beli ini itu, tapi untung otak waras masih menguasai, jadi cepet2 kabur dehh dari sini.....bhayyyy!
Keluar dari Disney store, kita jalan lewatin komidi puter.....Ini udah sore jadi lampu2 nya udah mulai nyala. Mau antri naek ini pun dibatalin karena liat antriannya yang gak masuk akal. 
Sebell banget yaa...padahal cita2 mau foto di komidi puter ini kayak yang ada di IG orang2....ahhh batal deh....cuma bisa memandang sedih dari pinggiran...ngebayangin seandainya gua yang naek kuda pink itu...hiks!
 

 
Ngeliat ke arah castle udah mulai nyala lampunya....
Terus, abis ini kita mau ngapain dong? Kita ikutan gilaaa....ini baru sekitar jam 6 an...dan orang2 udah ngetem, udah booked tempat, udah nge cup in tempat di area castle buat nonton firework yang bakal di mulai jam 8 malem. 
Aduhh makk...mau nangis liatnya ...uyek2an susah jalan...mana lah udah dikasih batas tali-tali gitu...semua pada mau cari posisi terbaik untuk liat fireworks...
Ngeliat sikon sepertinya kalo kita entar entar ke sininya bakal kagak dapet tempat, mangkanya kita ikutan duduk-duduk juga disini... hayoo dehh  mau nyelak di mana nihh duduknya?
 
 Kita dapet posisinya agak dipinggir nihh, gak bisa gerak kemana mana lagi...
 
Di barisan belakang sini juga ada yang lagi berantem beranteman gak jelas...semua pada berebut kekuasaan.. posisi enak...hadeuhhh!
 

 Dari langitnya terang....
Sampe langitnya agak gelap...
Gelooo kannn! Ngapain cobaaa?! Ampunnn dahh yaa. Gak nyangka loh sampe sebegininya. Kirain mah kita bisa santai entar entar aja kesininya kalo udah deket showtime fireworksnya. Eh taunya orang2 udah menyemut disini. Kalo ketinggalan udah pasti dapetnya di ujung pintu keluar dahhh...gak bakal bisa liat dari deket. Untung aja kita tadi gak antri naek Tron, bisa gawat dahh. Ini aja posisi kita gak di tengah, tapi di samping kanan dari castle nya. Kita nunggu sampe pantat mati rasa, kaki kesemutan, udah gak bisa gerak kiri kanan, semua tumplek blek uyek2an disini. Demi apahhh?! Demi..kiannnn sodara...hahaha. Yahhh demiii mau liat fireworks yang konon katanya cetar membahana ituhhh!

Udah bersyukur lahhh...Dan disini pun banyak drama2 nya. Banyak orang berantem gak jelas karena "perebutan lahan", cutting line.... atau bahkan ada yang diseret petugas karena mereka lewatin taman dan injek2 bunga cuma buat dapetin posisi di agak depan....atau bahkan berdiri di depan kita yang lagi duduk, emangnya kita mau liat pantat situ! huh! Gila banget dehh, banyak orang kagak tau aturan banget di sini. Gua sama anak2 sampe bengong sebengong2nya. This was the craziest thing we've been through so far....
Dannn, ternyata setelah gua baca2 nihh, si Disneyland Shanghai ini punya resto di Royal Banquet Hall yang mana kita bisa beli Special Viewing Area buat nonton fireworks...harganya kalo gak salah RMB 200 ( sekitar Rp. 400.000 ) per orang. Huahhhhh, kalo gua pergi sendiri sihh gua udah beli aja kali yaaa..Tapi ini harus dikali 4, beuhhhh 1,6 jt cuma buat dapet posisi enak nonton fireworks doangan? Mending gua lesehan disini aja dahhh...hahahha...Gila yaaa, as long as you have money, apapun bisaaaa! *harus korupsi dimana nih?


Ihhh ini balonnya lucukkk banget...berharap si Papoy mau beli in..tapi buat apahhh juga yaa? harganya sekitar RMB 70 kalo gak salah ( Rp. 140.000 ), busetttt! gak jadi dehh! hahaha

Akhirnya tibalah fireworks show nya.....cukup bikin mood jadi bagus lagi ngeliatan keindahannya. Dengan lampu2 laser warna warni: Cool!    
 Awesome!
 Wonderful! Projection mappingnya cakepppp makk!
 Beautiful!
 Amazing!
 Spectacular!
 You can name it all!
 Ignite the dream....
Dan show ditutup dengan kembang api beruntun dan durasinya terus menerus sekitar beberapa detik.
 Wohooooo! Fireworks galore...
 Semua bersorak sorai mengagumi fireworks nya. Gak salah dehh kalo dikasih thema A Nighttime Spectacular of Magic and Light....So like it very much!

Dan jleb.....tiba2 gelap dan musik pun berenti berputar, selesai lah sudah. Lalu semua orang yang ribuan itu berduyun2 menuju pintu keluar, termasuk kita yang juga masih mau mampir ke tempat penitipan barang. Untung antrian pengambilan barang gak terlalu lama, karena kita masih harus mengejar naek kereta lagi. Untung aja kita udah beli tiket pulangnya, karena begitu liat ke arah vending machine, itu antriannya luar biasa panjangnya. Ampun ampunnnn! Apakah ini yang disebut sebagai : The happiest place on earth? Gua bilang : KAGAK! ....*abis ini dilempar balok sama fans Disneyland whole over the world.

Setelah pala benjut dilempar balok, gua berubah pikiran ding....hahahaha , jadi galau. Yeahh i may say : this is the happiest place on earth after all....Yahhh, overall sih bagus2 aja theme park nya, kan masih baru, dan katanya sihhh theme park terbesar Disney dengan wahana2 menggunakan teknologi  mutakhir macam Tron yang dan Pirates of Carribean yang punya hi tech animasi yang cuma ada di Shanghai Disneyland ini...gak ada di Disneyland park negara lainnya, jadi bangga juga dongg udah pernah kesini. Recommended kok untuk dikunjungi kalo pas ke Shanghai. Kita juga happy2 aja, apalagi ditutup hari ini dengan magical fireworks nya bikin mood kita juga happy dan penuh kenangan akan Shanghai Disneyland.
Kalo sampe ada yang bikin gak happy seperti antrian di sana sini, dengan orang2 nya yang serabat serobot kayak orang udik dari hutan belantara, terus kita cuma bisa naek satu wahana doang padahal kita punya berapa jam di dalam situ karena waktunya habis buat antri dan antri, ketinggalan atraksi dan show2 nya seperti Tarzan show dan Frozen show...arggghhhh banyak wahana yang ke skip karena gak memungkinkan waktunya.....Yahh dimaafkan lahh..... tidak ada yang sempurna di dunia ini tohh? Karena kesempurnaan itu hanya milik Alloh semata. Bagi yang punya budget lebih mah gak pusing, bisa beli fast pass, atau nginep di hotel sini biar bisa berhari2 ngunjungin theme park sampe puas, sampe bisa naekin semua wahananya, bisa foto dengan semua karakter Disney...argghhh itu baru deh puas maksimal namanya, baru bisa bilang : this is the happiest place on earth dengan lantang dan tanpa ragu. Akhir kata, yang penting kita udah pernah kesini......semoga aja kenangan indah doang yang akan kita ingat tentang Shanghai Disneyland....Kalo sampe ditanya : mau balik lagi gak? Hmmmm, situ mau bayarin saya? Okeehhh, berangkatttt!
Sampe ketemu lagi di trip story berikutnya ....Babayy...Ciaobella!

31 comments:

  1. Hahahaha.. cici. Tapi paling kaga up to date ya sama disneyland yg baru. Hihihihi. Dimana2 emang theme park rame semua yaa. Kadang nanya.. gak pada kerja apa tuh orang? Wkwkwkkww...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyaa nihh gak ngefans banget sihhh...jadi gak update dehh

      Delete
  2. wkwkwwkkw kalo di USS aja sebenernya males ngantrinya juga tapi dijabanin demi anak. tapi kalo di disneyland, begini antrinya, jiper duluan dah... hahahaha gw cuma mau nonton paradenya doank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masuk sini mah gak bisa berharap bakal naekin semua ride nya lahh...antriannya lama banget...

      Delete
  3. Kayaknya Disneyland dimanapun patut dinobatkan sebagai DCA, saingan BCA. CA bukan California, tapi Capek Antri hahahaha. Tapi bedanya kalau di Shanghai, banyak orang nggak sopan yang nyerobot, sementara di tempat lain jauh lebih teratur. Harap maklum deh yeeee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Le, mendingan kan kalo udah cape antri, terus tertib antrinya. kalo ketemu yang serabat serobot mah bikin emosi jiwa..hahaha..

      Delete
  4. ci... itu rame banget... kalo bawa balita yang modelnya petakilan kayak jayden, ngeri anaknya hilang ya kalo dilepas... makanya aku masih belom berani ajak jayden ke theme park gitu... ntar aja lah tunggu anaknya gedean... siapa tau disneyland jadi lebih sepian hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ruameee minta ampun..makanya kasian liat yang bawa bayi belom ngerti...antri berjam2..

      Delete
  5. wuiii rame banget ya.. kayaknya lebih parah antriannya dibanding disneyland disini. hahaha.

    tapi itu ada beberapa foto lu di depan castle yang gak ada orang sama sekali. kok bisa tuh yan? kemana orang2 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mau foto di castle itu juga antri Man...kudu sabar2 aja nunggunya...hahaha..semua antri makanya waktunya abis gak jelas...

      Delete
  6. Lah ci di sana Fast Pass nya bayar? Di Disney2 lain kayanya ga ada yang fast pass nya bayar ya. Disney nya keliatan bagus banget, gede banget, dan RUAMEEE banget ya. Btw ngakak banget sama Miko: "Mami ngapain dadah2? Emang mereka liat? Emang mereka peduli?" HAHAHA. Anak ABG emang resek ye. Apalagi cowo. Ga paham banget sama emaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, sepertinya harus bayar din, kalo kagak bayar, semua pilih fast pass pastinya...hahaha, berebutan juga ujung2nya. iya gede dan lumayan bikin kaki mau copot...

      Delete
  7. itu rame amat pas mo masuk aja udah kaya cendol. tambah diselak2 mah bisa murka kali hahaha. nungguin fireworks lama juga ya,J jadiin catetan nih kalo mo liat fireworks disneyland, mesti booking tempat dlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseli kayak cendol empet2an ngel...dimana2 orang..dimana2 antri, bikin lelah dan emosi, jadi harus punya trik khusus nihh kalo kesini misalnya beli fast pass ( yg tentunya jadi tambah mahal ), atau nginep di disney resort ambil paket yang dapet tiket masuk disneyland juga, jadi bisa berhari2 deh tuh ke disneylandnya..hahaha

      Delete
  8. dari foto keliatan rame banget tuh.. itu perginya pas weekend?
    serem juga yah, apalagi harus adu sikut ama orang sana. ga tau nih bocah2 udah gedean masih demen ga ke disney

    ReplyDelete
    Replies
    1. perginya hari biasa, hari kamis...gak tau kenapa rame banget...abis gajian kali..hahaha. anak2 cowok rasanya kagak seexcited anak2 cewek kali yaa yang suka baca dongeng dan dunia fantasinya lebih mengawang awang....

      Delete
  9. Wow itu mah lama di ngantrinya ya. Gila banget antriannya, gak cuma di wahananya doang tapi di tempat-tempat umum/terbukanya >.< .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, antriannya nggilani...hahaha, pasrah aja dehh

      Delete
  10. "mamie ngapain dadah dadah? emangnya mereka liat? emangnya mereka peduli?" - Asli ini ngakak parah dikantor sampe diliatin..bahahahhaa..

    Kira2 kalo nutup Se-Disney ini terus nikmatin sama keluarga doang perlu brp duit ya? *efek baca novel rich2.. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh yang bisa begitu salah satunya si richie rich dehh..hahaha

      Delete
  11. wow.. gw kira tokyo disneyland udah WOW rupanya ada yang lebih WOW lagi .. hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan di atas langit ada langit madam....hahhaha..gak ada puasnya dah....

      Delete
    2. Wow perjuangannya maksudnya. gw empet banget pas di tokyo kan bayar sejuta seorang. kok cuma demi foto doang. mau ini antri 2 jam maen 5 mnt. pas show firework juga gitu. aduh. bagus sih emang tapi ga segitunya.
      makanya pas di HKDL, gw seneng. meski kata orang biasa aja, kecil lah inilah. Yang penting gw ga antri. maen bisa bolak balik 2x haha.
      gw setuju bgt ama lu bilang "the happiest place on earth" pas di TKDL gw bilang : happy darimana? hidup gw susah gini. mo apa2 bayar, cuma air keran ama pipis aja gratis.
      lebih enak car free day kali ya kalo gini. haha

      Delete
    3. Ohhh begono tohhh maksud wow elo ituhhh.....emang nggilani lahh antriannya..tapi kalo datar2 aja mah ceritanya kurang seru kali yee..gak gereget...wkwkwk. tuh cfd pas lagi demo juga riweuh dahh..gak asik lagi...

      Delete
  12. Mamie itu parade seven dwarf bukan sama sleeping beauty aka aurora tapi sama snow white....hehehe...

    Saya ada rencana ke sana tp kok kayanya rame banget ya soalnya bawa bocah 3 tahun yang ga suka panas. Apalagi antriannya begitu. Mungkin beda tanggal beda keramaian ya. Sya uda baca seluruh 2 mgu mamie di shanghai. Seru ya. Pengen cepet kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..ketauan dehh bukan fans nya princess princess an...keliatan mirip2 semua..iyaa beda2 situasinya saat summer..musim liburan sekolah..dll. ini sekarang saat libur Natal katanya ga begitu antri kok...hoki hoki an aja deh

      Delete
  13. Halo sis, mau nanya kmrn wkt lburan ke disney shanghai sis stay d hotel apa ya? bulan 4 thn dpan planning mau ke disney nya, cm lg bingung mw stay d hotel mna hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Renaissance Yuyuan Garden...bisa baca postingannya sebelum postingan ini.

      Delete
  14. It's not my first time to go to see this web site, i am visiting this website dailly and
    take pleasant information from here all the time.

    ReplyDelete
  15. Waktu itu buat visa china ya ci?...krn rencananya cuma ke disney shanghai trus pergi ke HK
    Mksdnya biar gapake buat visa gtu *mode irit
    Hahhaha

    ReplyDelete
  16. Kalau ke China harus pake visa, Hongkong free visa...padahal kan skrg Hongkong udah under negara China ya, gak jelas kenapa bisa kasih orang indo free visa..

    ReplyDelete