Thursday, June 28, 2018

JALAN JALAN KE LABUAN BAJO ( PART 1 )

Holaaa!
Ketemu lagi kitahhh di cerita jalan-jalan tahunan nya mamie funky squad. Liburan kali ini kita go local aja lah yaww. Kita harus bangga dong sama negeri sendiri, masih banyak kok daerah di Indonesia yang bagus dan indah-indah  *gaya aja ngomongnya begini, kalo ada tiket murah ke manca negara juga udah pasti kabur ke negara orang....wkwkwk. Bukannya sok luar negeri, masalahnya tuh ya, tiket dan biaya trip ke Labuan bajo ituhh lebih mahal daripada ke luar negeri kakak! Ciyus?! Iyahhh ciyus lahh! Ini aja trip ke Labuan Bajo 5 hari rasanya setara dengan harga ke Shanghai buat 14 hari seperti trip kita taon lalu. Hueeee....*mau pacul2 tanah dulu cari berlian. Mangkanya selama ini kita belom minat buat jalan-jalan ke sana walaupun udah berseliweran tuh view yang indah2 dari pulau sebelah timur Indonesia ini. Jadi awalnya entah kenapa, kita tuh tahun kemaren kayaknya gak mood hunting tiket promo, gak kepikir mau jalan-jalan ke negara mana. Kelamaan mikir mau kemana, akhirnya gak dapet dehhh tiket murahnya ...*nangis guling2. Malahan tadinya udah pasrah libur Lebaran bakal di Jakarta aja keliling keliling kota, melihat dengan asik pemandangan yang ada...*kok jadi nyanyi? *akibat stress.

Tapi mana mungkin gua sepasrah ituh meratapi nasib, gua teuteup berjuang dong hunting tiket pesawat yang cocok tempat wisatanya, cocok juga harganya. Akhirnya lewat deh tuh iklan pop up tiket promo Garuda Indonesia dengan tujuan Labuan Bajo yang langsung gua pesan dengan napsu besar seakan akan tak ada hari esok lagi. Yang penting kepuasan batin udah punya tiket di tangan buat libur Lebaran ini. Tapi sepertinya, urusan harga tiket pesawat mah sesuai amal ibadah masing2 orang aja ya. Buktinya gua beli tiket Garuda yang lagi promo, tapi ya gak murah2 banget kok. Itupun pake acara transit di Bali 4 jam, bukan penerbangan langsung. Pas ketemu orang di hotel ngobrol2 nanya tiket dia, eh punya dia murah banget pake Batik Air dengan penerbangan langsung sampe Labuan Bajo tanpa transit di Bali , harganya hampir separo tiket gua....* mau pengsan gak sih! KZL!
Gua memang lagi napsu aja sihh pas beli tiketnya, karena udah gak ada tiket promo lain lagi. Sebagai gambaran, tiket Garuda Indonesia yang gua beli itu PP sekitar Rp. 3,4 juta per orang..silakan aja dikali 4 udah berapa duit. Sementara yang orang ketemu di hotel itu dapet promo Rp. 2 juta PP...tuhh cobaaaa berapa bedanya!!! *emosi jiwa. Tapi itu juga katanya pake kartu kredit BRI, yehhh gua kan gak punya kartu BRI, adanya BNI ...beda2 dikit sihh yaa, tapi efeknya warbiasahhh! wkwkwk.
Mangkanya urusan harga2 mah sensi banget dah..kalo emang udah niat pergi ke sini, yah udah di imanin aja gak usah kepoh2 dan banding2in harga orang lain, daripada sakit ati nanti bisa ngerusak mood jalan2. Buat yang mau ke Labuan Bajo, silakan rajin cek aja promo airlines lain selain Garuda Indonesia seperti Batik Air, Wings Air, Lion Air, Nam Air, Sriwijaya dll.

Dan seperti biasa, trip2 mamiefunky mah selalu penuh dengan drama rumahtangga bukan drama Korea, mulai dari awal sampe akhir. Ye kannn! Cusss dehh disimak aja,  the story begins...

Karena kita naek pesawat Garuda Indonesia...*ciyehhh naek kasta nihh ( biasa kan jalan2 mamiefunky squad mah naek budget airlines mulu! hihihi ), jadilah kita boardingnya di Terminal 3 Bandara Soetta yang baru. Kalo dulu naek Air Asia kan Terminal 3 yang lama, kalo sekarang Terminal 3 nya yang udah keren ituhh lohh. Yahh kalo gua sih udah dari awal dibuka T3, udah wara wiri disini buat urusan tugas negara yang maha mulia ituh....*sombong! Kalo si Papoy dan kids baru pertama kali inihh nihh boarding disini. Jadi lumayan dehh tour mamiefunky tahun ini mengalami peningkatan ya....wkwkwk.
Kita nyampe airport sekitar jam 4.30, dan itu pun udah rame banget loh penumpangnya. Maklum deh kan lagi musim liburan dan arus mudik, jadi banyak yang barengan deh nih ke bandaranya. Kita udah web check in semalem, jadi tinggal drop bagasi doang. Tapi biarpun cuma drop bagasi, teuteup aja harus ikutan antri. Cepet juga kok, karena petugasnya banyak.
 Setelah beres urusan bagasi, baru tenang deh. Dan seperti biasa, namanya juga bocah ya, begitu liat jejeran tukang makanan, langsung berasa lapar. Padahal kalo di rumah mana pernah kepengen makan saat pagi2 begini. Lhaa ini sih bocah yang kecil langsung melipir aja pengen makan roti katanya. Oke deh, kita temenin makan roti dulu di JJ Royal Cafe.
 Bocah yang gede belom kepengen makan katanya. Tapi begitu lewatin counter Breadtalk, langsung cacing2 di perutnya juga teriak2 minta makanan. Okeh lah, mampir lagi ke sini buat jajan. Enak deh di T3 mah, banyak jajanan. Santaii aja, boarding nya masih lama kok...
 Jajan udah kenyang, kita nunggu sebentar aja di ruang tunggu, ngeliatin pesawatnya udah parkir dari tadi, tapi kok belom disuruh boarding juga. Taunya bukan itu pesawatnya...hahaha, kita masih harus naek bis lagi menuju pesawat yang parkirnya jauh di tengah sana.
 Dan akhirnya kita boarding juga nih...telat sekitar 20 menit an dari jadwal. Kita udah duduk manis nih di dalam pesawat.
 Untung aja pagi ini cuacanya cerah, sehingga mulus2 aja penerbangannya.
 Makanan di pesawat ada 2 pilihan, omelet dan nasi goreng.
  Rasanya enak2 semua lah...apa lagi lapar yaa? Entahlah...
 Transit dulu di Bali sekitar 4 jam an...siggh! Pesawatnya yang tadi kita naekin lanjut ke kota Kupang yang adalah ibukotanya Nusa Tenggara Timur.
 Eh ketemu pak Jokowi nihh, asik juga diboncengin naek sepeda. Pelan2 aja ya pak, ojo kesusu toh!
 Sebelum boarding, kita makan dulu di Bakmi Naga. Herann yaa, ini perut kok rasanya lapar mulu.
 Bakminya yah xoxo lah rasanya, es tehnya dong harganya Rp. 25.000. Hueeee....mehong amat ya..
 Menunggu boarding selanjutnya....lamaaa banget rasanya...
Akhirnya kita boarding lagi nih sekitar jam 14.00 waktu Bali ( lebih cepat 1 jam dibanding Jakarta ).
Dan dari Bali ke Labuan Bajo, kita naek pesawatnya jenis ATR dong...baling baling bambuuuu! Welee, seru kali yaaa. Bener-bener pengalaman baru nih...
Kebanyakan bule2 nih yang barengan flight kita kali ini. Naeknya cuma bisa lewat pintu belakang aja.

Seat nya masih yang 2 2 per row...lupa difoto pula. Terus lumayan juga nih kita dapet snack berupa roti, kacang dan minuman.
Udaranya juga cerah banget nihh, dan menurut gua naek pesawat baling2 gini malah tenang banget loh, gak berisik bunyi mesinnya. hahaha, yang penting cuacanya bagus aja yaa. Kalo kena badai mah metong dehhh, bisa sport jantung sepanjang jalan. Bentuk sayap pesawatnya aja beda banget yaa sama yang airbus...yahh eyah lahh!
Kalo gak salah inget, dari Bali ke Labuan Bajo sekitar 1 jam 20 menit gitu deh. Lama juga yaa. Mendaratnya lumayan hard landing mungkin karena landasan pendek kali ya.
Dan inilah mamiefunky squad di Bandara Komodo Labuan Bajo...
Bandara nya gak terlalu besar, tapi bentuknya udah modern lah ya.
Di terminal kedatangannya juga cuma ada ruang untuk ambil bagasi dan toilet, setelah itu langsung pintu keluar.
Oh iya, katanya operator telepon yang udah bagus tuh cuma Telkomsel dan XL. Jadi kalo mau kesini, silakan pakai kedua operator telepon itu ya. Gua pake telkomsel lumayan kencang sinyalnya 4G disini. Kita lagi nunggu yang jemput nih...udaranya udah berasa panas juga nihh disini.
Nah ini lah mobilnya yang akan mengantar kita ke hotel La Prima. Jadi kita akan check in hotel dulu dan istirahat di hotel.
Begitu sampe di lobby hotel, tak lupa foto dulu.
 Lumayan luas juga lobby nya...
Dari lobby hotel udah keliatan kolam renangnya dan pantai....huahhh langsung kepengen nyebur jadinya.
Beginilah kamar hotelnya. Lumayan luas juga. Kalo cek di Agoda sih rate hotel ini sekitar Rp. 900 ribuan - Rp. 1 jutaan saat lagi black out date gini. Jadi kalo mau pergi ke sini, silakan cek2 harga di Agoda atau website penyedia voucer hotel lainnya. Kalo kita sih menginap disini udah include harga paket trip yang kita ambil, jadi diurus sama agen tour yang kita pilih.
Toiletnya juga oke lah gak ada masalah. Yang penting bersih. Lagipula kita cuma semalam aja kok nginep disini.
Sayang nih kamar kita view nya ke arah jalan raya.  Jadi kayak gini deh pemandangan dari balkon kamarnya :
 Di balkonnya tersedia kursi dan meja untuk duduk2 disini.
Tapi yang penting ada wifi nya dong, walaupun di kamar sinyalnya putus nyambung macem abege pacaran, yah kalo mau kencang terpaksa ke lobby deh.

Kalo dari jendela lorong kamar kita, bisa intip view ke arah laut...widihhh cakep nyaaa. Ini view waktu sore hari....
Apalagi menjelang sunset begini, bagus banget deh.
 Asiknyaaa kalo dapet kamar yang view nya langsung ke laut gini yaa..pasti betah deh nginep disini.
Setelah taro tas, anak2 sih langsung kepengen berenang. Lumayan juga bisa ngadem2 di kolam.
Gua mah pepotoan aja dah disini, males basah2an, besok udah harus check out lagi kan.
 View hotelnya dari kolam renang...
Abis berenang, jalan2 ke pantai belakang hotel....pantainya bukan jenis pantai yang bisa untuk berenang sepertinya...
Terus jalan ke dermaganya buat liat sunset..
 Wahhh liat begini aja kita udah seneng banget....
 Padahal cuma di belakang hotel, tapi berasanya udah bagus banget yaa...
 Cocok juga buat foto outdoor prewed...eh postwed ding...

View ke arah hotelnya dari dermaga...
  Pokoknya betah juga disini...pepotoan terus....
Selesai mandi, kita dijemput untuk diantar ke resto Artomoro buat dinner. Wah restonya rame banget nih.
Lokasinya dipinggir dermaga, jadi viewnya ke arah laut gitu deh.
Kalo di tripadvisor sih termasuk resto yang recommended di Labuan Bajo sini. Banyak bule2nya yang makan disini. Menunya sebagian besar seafood gitu deh. Sayang nih mau pesen kepitingnya lagi kosong katanya.
Ini dia pesanan kita...kita pesan mulai dari cumi, udang dan ikan bakar. Cuma sayang, ikan bakarnya telat dibikin karena pelayannya lupa. Haiyaaa...bisa gitu ya. Akhirnya kita bilang cancel aja karena udah keburu kenyang nunggu ikan bakarnya gak dateng2.
 Rasa makanannya lumayan enak2 juga lah. Tak lupa kita minum bir dong...hahaha...Kita?? Alvin dan si Papoy aja keleus!
 Akhirnya, malam ini kita bakal tidur nyenyak nih, kekenyangan plus memang ngantuk banget karena tadi pagi bangun nya kan jam 3 pagi buat uber waktu ke bandara.

Besok paginya, saat jalan di lorong menuju lift, kita lewatin kamar depan kita yang view nya ke laut, kebetulan kamarnya lagi dibersihin cleaning service dan  tamunya udah check out. Kita ijin masuk sebentar buat ambil foto2. Dan emang bagus banget yaa kalo bisa dapet kamar sea view gini...
 Pagi2 bangun tidur kalo ketemu view begini sih rasanya gimanaa gitu yaa...
 Yang warna warni itu membentuk tulisan Labuan Bajo...
Ternyata hotel ini dekat dengan pelabuhan, makanya disini banyak kapal aneka rupa bentuknya yang wara wiri di tengah laut.
 Wah keren nih kapalnya....harganya pasti sesuai sama bentuknya nih...mehong dah pasti...
 Banyak banget deh kapalnya...namanya aja pelabuhan yaa.
 Nahh dermaga hotel La Prima ini bisa buat naek turun tamu yang mau ke pelabuhan juga nih.
Abis itu kita sarapan dulu di resto hotel.
Fotonya saat sore2 lewat mau ke kolam renang, makanya sepi gak ada orang. Kenyataan pagi2 mah rame banget yang sarapan, tingkat hunian hotelnya penuh sepertinya.
Menunya lumayan lengkap juga lah, ada nasi goreng, nasi putih, lauk pauk, sayur, roti, kue, kopi, jus, buah.
 Aneka roti...
 Ada pisang rebus segala...hahaha
 Siapa nihh yang makannya paling banyak ya?
 Masih muka bantal semua...
Abis sarapan sempetin sebentar ke dermaga lagi buat liat suasana pagi, beda dengan waktu sore.
Pagi ini cerah banget cuacanya.
 Nanti kita bakal balik lagi nihh ke hotel ini....( harusnya dalam paket tripnya begitu...)
Jadi udah cita2 mau minta kamarnya yang seaview...Tapi namanya takdir, ternyata buyar deh cita2nya. ( baca next postingan yaa...).
 Ketemu kapal-kapal lagi yang udah mulai mau berlayar...
Semua kapal yang mau berlayar rata2 udah mulai jalan jam 9.00 pagi....sementara kita masih di hotel belum dijemput. Duhh jadi gak sabar mau cepet2 ke laut ....
Nahh begitulah intro dari trip Labuan Bajo kita di hari pertama, masih receh-receh dan belum masuk ke trip utamanya. Intinya postingan ini mah cuma perjalanan dari Jakarta ke kota Labuan Bajonya aja. Postingan berikut baru deh isinya bakal banyak info2 seputar wisata Labuan Bajo, seperti paket trip nya apa, kemana aja, dapetnya apa, dll. Cepet2 diposting begini dulu daripada nanti keburu lupa karena udah harus balik ke kehidupan nyata, udah kerja ngantor lagi, udah mulai urus cucian, masak, baking, nyapu, ngepel, en the brai en the brei. Banyak banget dahh! Kadang gua sampe heran, kerjaan gua apahan siih. Ibu rumah tangga iyah, wanita karier iyah, blogger iyah, kadang merasa jadi pembantu rumah tangga iyah juga, jangan sampe aja ditunjuk jadi ketua RT atau ketua ibu PKK. Bisa mati berdiri dehhh eikeh...wkwkwkwk.

Tunggu postingan selanjutnya yaa, lagi digodog dulu biar empyukkk. .....stay tune! Babayy Ciaobella!

Lanjutannya baca disini : PULAU KELOR, PULAU RINCA DAN PULAU KALONG atau disini : PULAU PADAR, PINK BEACH, TAKA MAKASSAR & GILI LAWA atau disini : PULAU KANAWA & HOTEL ECHO LABUAN BAJO

1. ci....harga tiketnya lumayan banget itu... trus bandaranya bagus ya...

baca tulisan cici jadi pengen ke labuan bajo, nanti tunggu anak uda pada gedean deh hahahaha... ditunggu ci cerita selanjutnya...

1. iya nyesek juga kalo tau tiketnya dapet yang mahal mel...hahaha. bandaranya udah lumayan bagus lah untuk daerah timur sih yaa...

2. halo salam kenal ya ci, aku suka tulisannya komplit banget.. apalagi nanti aku juga mau ke labuan bajo, ditunggu postingan selanjutnya ya :)

1. halo carol...wah mau ke labuan bajo juga yaa? enjoy the trip deh

3. Pesawat ATR memang pintu penumpangnya di belakang doang, soalnya yang "pintu depan" itu untuk masuk ke ruangan kargonya doang, hahahaha :P . Iya pesawat baling-baling memang relatif lebih tenang ya, terutama kalau duduknya di bagian belakang pesawat :D . Ah tapi itu DPS-LBJnya cuma dikasih snack begitu doang ya? Sama kayak CGK-JOG dah :P

*Ini ceritanya lost focus sama pesawatnya, ahahahah*

Ah jadi makin penasaran nih sama Labuan Bajo. Kayaknya keren ya! Dan itu harga makanan di restonya juga masih wajar-wajar aja ya!

1. hahaha, pesawat mah emang udah hobby kamu sih ya ko, jadi hapal deh tetek bengek nya. iya snacknya dapetnya roti kacang doang. Untung juga harga makanan di resto nya gak terlalu mahal banget, masih oke lah....

4. This comment has been removed by a blog administrator.

1. iya bagussss banget laut dan pemandangannya....

5. ci ngeliat harga PPnya emang better pergi ke LN ya. bahkan harganya lebih murah. tapi YOLO ci. YOLO. hahahahaha.. Yang penting enjoy, bisa nyangkul lagi buat liburan lagi. hahaha

1. iya pi..murahan ke luar negeri..hehehe. Bener, YOLO dehh

6. Wahh.. Jadi private trip.. Tau gitu ikutt ya Ci :D

1. ho oh py, ujung2nya private trip lebih nyaman deh..

7. nah ini dia cerita yang gw tungguin..
    jadi pengen punya CC BRI
    hahahaa..

1. agak susah tuh bikin BRI Xiao, gua gak lolos2 udah 2x..wkwkwk

8. wah seru banget tripnya...jadi pengen coba ke sana..kemarin ada temen yang ngajak liburan cuman akunya lagi bokek..heheh

9. Ci pengen tau dong kalo info2 tiket pomo gitu huntingnya gimana? Mau ke labuan bajo juga ni rencananya wehehe

1. Biasa sihh ke website2 airways...atau yg paling top skrg yah di traveloka

2. Siap makasih ya ci infonya. Mau mulai hunting2 dulu hehehe

10. salam kenal ci
    ci liburan nya sebentar banget. sayang d ongkos heheheeeee. next trip kita mo ke labuan bajo

11. Iya, sesuai paket nya soalnya, bingung mau kemana lagi...enjoy your trip then

12. Asik ya. Tahun ini rencana saya mau kesana juga.